Mohon tunggu...
Ardi Winangun
Ardi Winangun Mohon Tunggu... Wiraswasta - seorang wiraswasta

Kabarkan Kepada Seluruh Dunia

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana Pilihan

Novel: Para Penggali Kubur

7 Februari 2022   11:41 Diperbarui: 7 Februari 2022   11:43 2304
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Novel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Fotografierende

"Ada apa nduk kamu ke sini?" tanya Mak Sampir pelan dengan sorot mata seperti elang.

"Kamu mengganggu acaraku saja."

"Malam jumat kliwon seharusnya saya harus berhubungan batin dengan Nyi Roro Kidul."

"Maaf mbah, saya telah mengganggu hubungan batin Mak Sampir dengan penguasa laut selatan," ujar Juminah dengan nada ketakutan.

 "Saya ke sini hendak minta  tolong pada mbah."

Mendengar apa yang dikatakan itu, Mak Sampir tertawa cekikikan. Ditatap wajah Juminah dengan sorot tajam. "Kamu minta tolong saya? Memangnya saya dukun," kata Mak Sampir sambil menggoyangkan tongkatnya yang bentuk ukirannya seperti ular.

"Saya bukan dukun, cari saja dukun yang lain," Mak Sampir mengatakan demikian sambil meninggalkan Juminah sendirian di dekat pintu.

"Mbah tolong dong saya," ujar Juminah sambil membuntuti Mak Sampir. Menurut banyak orang yang sudah pernah bertemu dengan perempuan tua itu, perempuan itu gila pujian sehingga Juminah merayu sekaligus memuji agar mau menolong dirinya.

"Mbah tolonglah saya, mbah kan lebih di atas dukun. Ilmu mbah di atas ilmu dukun," ujar Mbok Kiro.

Mendapat pujian yang demikian, Mak Sampir langsung tertawa cekikikan.

"Ya betul katamu, aku lebih di atas dukun," ujar Mak Sampir dengan sombong.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun