Mohon tunggu...
Naurah munabbihatus shobahy
Naurah munabbihatus shobahy Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar PPIP Ar-Rohmah

Sekertaris IST 22'23

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bagaimana Mencetak Generasi Rabbani?

18 April 2023   22:30 Diperbarui: 18 April 2023   22:42 658
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

MOTTO

 

 "Engkau memang harus bersusah payah mencari ilmu, namun suatu saat engkau akan mulia dan dicari karena peroleh ilmu"

  (Ibnu Abbas)

 "Sungguhnya aku percaya akan kekuatan ilmu dan pengetahuan, tetapi aku lebih percaya pada kekuatan pendidikan."

(Ibnu Qayyim)

PERSEMBAHAN

 

Kepada:

Al-Karim Subhanahu wa Ta'ala

Al-Amin Khotimul Ambiya'

Ayahanda Ibunda tercinta

Adik-adik dan sanak saudara

Pahlawan tanpa jasa, jelmaan malaikat tak bersayap pemilik gudang ilmu

Motivator penulis

Serta seluruh penghuni langit dan bumi, terkhusus untuk mereka yang merindukan indahnya keseimbangan.

 

 

KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahim.

Segala puji bagi Allah, Dzat yang telah menjelaskan kepada para hamba-Nya metode pendidikan yang tepat dala Al-Qur'an Al-Majid. Dia juga telah menjelaskan kepada para makhluk-Nya konsep-konsep kebaikan, petunjuk serta kemaslahatan dalam hukum syari'at-Nya yang hanif.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Rasulullah SAW yang telah diutus Allah untuk membina nilai-nilai kemanusiaan. Dia juga orang yang telah dituruni syari'at yang telah merealisasikan fenomena yang paling tinggi nilainya bagi kemuliaan dan keluhuran, sekaligus mampu merealisasikan tujuan paling mulia dan menjadi penerang bagi gelapnya kehidupan. 

Serta pada para sahabatnya generasi terbaik dan suci, yang telah memberikan kepada generasi-generasi selanjutnya suatu model pendidikan anak dan pembentukan umat yang tiada duanya. Serta atas orang-orang yang berperilaku seperti mereka dan mengikuti sepak terjang perjuangan mereka dengan penuh kebajikan sampai hari kiamat kelak.

Setelah itu penulis sampaikan, bahwa:

Pertama, diantara keutamaan Islam bagi umat manusia, ia telah memberikan metode yang tepat dan sempurna bagi mereka dalam mencetak rohani, pembinaan generasi, pembentukan umat, dan pembangunan budaya, serta penerapan prinsip-prinsip kemuliaan dan peradapan. Semua itu dimaksudkan untuk mengubah umat manusia dari kegelapan syirik, kebodohan, kesesatan, dan kerusakan menuju cahaya tauhid, ilmu, hidayah, dan ketentraman.

Kedua, cukuplah jelas akan keagungan dan keutamaan syari'at Islam dengan kesaksian dari musuh-musuhnya perihal perkembangan dan kelestariannya. Dan musuh-musuh Islam benar-benar telah mengakuinya, seperti apa yang telah dikatakan oleh orang-orang bijak dari kalangan non-muslim tentang misi Islam yang abadi dan ajaran-ajarannya yang luhur:

  • Gustaf Le Bon mensitir perkataan Lebre, " Seandainya bangsa Arab tidak tampil dalam pentas sejarah, maka tentu kebangkitan yang dicapai Eropa akan tertunda beberapa abad lamanya."
  • Lean Poole, didalam bukunya yang berjudul " Arab di Spanyol" mengatakan, " ketika Andalusia memimpin ilmu pengetahuan dan panji kebudayaan di dunia, Eropa yang masih buta huruf itu bergelut dengan kebodohan dan kemiskinan."

Keutamaan Islam nampak lebih jelas lagi pada pengakuan orang-orang bijak dan musuh- musuhnya sebagaimana diilustrasikan oleh syair berikut:

                                             

"Manusia senantiasa meyaksikan keutamaan itu, pada musuh sekalipun. Dan keutamaan adalah apa yang disaksikan oleh musuh-musuhnya."

Ketiga, dari kutipan perkataan Sayyid Quthb tentang syari'at Islam bersifat Rabbaniyah yang berdiri diatas konsep-konsep yang tertulis dalam pedoman umat dan perkataan yang keluar dari mulut yang disucikan:

"Muhammad bin Abdullah telah menang pada hari dimana beliau menjadikan para sahabatnya sebagai gambaran hidup dari sebuah keimanan, dalil-dalil tidak dapat berbuat apa-apa, mushaf Al-Qur'an tidak dapat berbuat sebelum menjelma pada diri seseorang, dan konsep-konsep tersebut tidak dapat hidup kecuali jika ia telah menjelma menjadi tingkah laku."

Tujuan Muhammad SAW yang pertama adalah menciptakan manusia-manusia bermoral bukan menyampaikan nasihat-nasihat, menciptakan hati sanubari yang selalu bergantung pada penciptanya bukan memperindah pidato-pidato, serta membina umat bukan menegakkan filsafat.

Keempat, tentang generasi masa kini dan pendidikannya dimana hukum Islam terlepas dari masyarakat Islam, rambu-rambu kekhalifahan Islam lenyap dari permukaan bumi dan musuh-musuh Islam dapat mencapai tujuan mereka yang keji, mengubah dunia Islam menjadi umat yang saling bertengkar, menjadi budak akan nafsunya dan menghalalkan segala cara untuk kesenangan semata, kemuliaan terabaikan menganggap agama ini adalah bencana. Mereka berjalan tanpa arah tujuan, mereka tampak bersatu padahal hati mereka terpecah belah, mereka bagai satu kekuatan padahal sebenarnya hanyalah buih yang dibawa arus.

Kelima, lalu bagaimana mencetak generasi Rabbani? Apa sarana yang digunakan dan bagaimana langkah-langkah pelaksanaannya? Jawabannya terjawab dalam satu bentuk kata singkat yaitu kata "Pedidikan" mencangkup dari pendidikan individualisme, pendidikan keluarga, pendidikan masyarakat, dan pendidikan umat manusia.

Kesekian kalinya, penulis ucapkan jazakumullah khoiron jaza' kepada:

  • Ustadz. Ahmad Zuhdi Sutarjo, S.Pd. I, selaku direktur serta pengsuh pondok pesantren Islam putri Ar-Rohmah.
  • Ustadz. Heru Nur Cahyo, S.Pd. I, selaku kepala sekolah.
  • Ustadzah. Silma Al-Fitroh dan Ustadzah. Azhar Jilul Qur'ani, selaku wali kelas.
  • Ustadzah. Khoirida Fitriana Lathifah selaku pembimbing dalam pembuatan karya tulis ilmiyah ini.
  • Asatidz dan Ustadzat, selaku pendidik dan pengasuh pondok pesantren Islam putri Ar-Rohmah.
  • Ibunda tercinta dan Ayahanda tersayang, bunda Maimunah Sugiarti dan ayah Fathus Shobah, sang pendidik sesungguhnya dalam mendidik penulis.
  • Saudara dan saudari penulis serta keluarga besar penulis dari sanak keluarga maupun keluarga besar Abnaul Akhiroh.
  • Yang penulis banggakan Kifayatul Ahyar Lighoyatil Himmah.
  • Dan semua orang yang berjasa dan ikut andil dalam penyelesaian karya tulis ilmiyah ini.

Semoga karya tulis ilmiyah ini dapat bermanfaat bagi semesta alam dan menjadi pemberat timbangan mizan bagi penulis, serta dapat menambah wawasan untuk para pembaca dan dapat membawa perubahan untuk berubah pada kebaikan.

Sebagai penutup, penulis panjatkan syukur atas penulisan karya tulis ini pada Pemilik matahari dan bintang. Wallahua'lamu bis showab.

Ngawi,   16 Februari 2023

Penulis

Naurah Munabbihatus Shobahy

DAFTAR ISI

PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN   II

MOTTO   III

PERSEMBAHAN   IV

KATA PENGANTAR   V

DAFTAR ISI  VIII

BAB I: PENDAHULUAN   1

  1. Latar Belakang Masalah                                                                                                  
  2. Penjelasan Judul                                                                                                              
  3. Alasan Pemilihan Judul                                                                                                     
  4. Tujuan Penulisan                                                                                                              
  5. Metode Penulisan                                                                                                              
  • Sistematika Penulisan                                                                                                        

BAB II: PEMBAHASAN MASALAH                                                                     

  • DEFINISI GENERASI RABBANI                                                                                                                                                
  • Etimologi                                                                                                                                                      
  • Istilah                                                                                                                                                              
  • Ciri-ciri generasi Rabbani                                                                                                                              
  • GENERASI CEMERLANG                                                                                                                                                 
  • Bagaimana Seorang Muslim Belajar?                                                                                                            
  • Cerdas Dengan Menata Pikiran                                                                                                                      
  • Cerdas Dengan Menata Mental                                                                                                                  
  • Cerdas Dengan Menata Fisik                                                                                                                       
  • PROBLEMATIKA GENERASI MASA KINI                                                                                                                   
  • Sebab Rusaknya Generasi                                                                                                                           
  • Segi eksternal                                                                                                                      
  • Segi internal                                                                                                                                    
  • Perbandingan Karakter Tiap Generasi                                                                                                         
  • CARA MENCETAK GENERASI RABBANI                                                                                                                    
  • Mencetak Individu Rabbani                                                                                                                        
  • Mencetak Masyarakat Rabbani                                                                                                                    
  • Dalam lingkup keluarga                                                                                                   
  • Dalam lingkup masyarakat                                                                                                   
  • Meniti Jalan Pewaris Nabi                                                                                                                            
  • POTRET GEMILANG GENERASI RABBANI                                                                                                                 
  • Imam Abu Hanifah                                                                                                                                       
  • Imam Malik                                                                                                                                                  
  • Imam Syafi'i                                                                                                                                                 

BAB III: PENUTUP                                                                                                    

  • Kesimpulan                                                                                                                                                                              
  • Saran                                                                                                                                                                                     

DAFTAR PUSTAKA   

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

LATAR  BELAKANG

  • Dalam kehidupan ini selalu ada dua pihak yang bertemu, al-haq dan al-bathil. Dan pilihannya ada pada kita, kepada siapa kita memihak. Rusaknya generasi dari zaman ke zaman yang semakin parah dapat disimpulkan pada inti masalah dari kerusakan tersebut yaitu pada inti dari pencetakan pemuda pemudinya.
  • Islam membutuhkan banyak pemuda yang berbasis Rabbaniyah yang dapat memegang estafet perjuangan para pendahulunya. Dalam era globalisasi seperti sekarang ini, berbagai budaya dan keyakinan dengan sangat mudah merusak dan mempengaruhi generasi muda masa kini, begitu banyak anak muda yang salah jalan, mereka bahkan menikmati jalan-jalan yang salah. Maka sekarang saatnya bagi generasi muda untuk bangkit memperjuangkan agama, menjadi pewaris nabi, dan berdiri diatas jalan pewaris nabi, jalan untuk menyelam diterangnya lautan ilmu, jalan untuk menghiasi diri dengan akhlaq Rabbani, hingga diri adalah sosok yang dirindu, baik penghuni langit maupun penghuni bumi.

PENJELASAN  JUDUL

BAGAIMANA :Pron kata tanya untuk menanyakan cara, perbuatan, akibat sesuatu tindakan, penilaian atau suatu gagasan.

MENCETAK    : Membuat.

GENERASI      : Angkatan yang sama hidupnya dalam kurun waktu tertentu.

RABBANI        : Yang berkenaan dengan Tuhan, ketuhanan.

ALASAN  PEMILIHAN  JUDUL

  • Rusaknya generasi masa kini.
  • Dekatnya kehancuran alam semesta.
  • Perlunya berkiprah terhadap umat.
  • Pentingnya aset umat yang terdidik dibawah syari'at.

TUJUAN  PENULISAN

  • Menggapai Ridha Allah SWT.
  • Menyadarkan pemuda pemudi Islam.
  • Membentuk akhlaq Rabbaniyah.
  • Menciptakan pribadi dan masyarakat yang Islami.
  • Memotivasi para pembaca akan keharusan memiliki ilmu dan betapa agungnya orang yang berakhlaq.
  • Salah satu kiprah dalam berdakwah.

METODE  PENULISAN

  • Penulis membuat karya tulis ilmiyah ini dengan metode merangkum, menukil, dan menyimpulkan dari beberapa buku tentang pendidikan anak, sejarah, dan akhir zaman.

SISTEMATIKA  PENULISAN

  • Bagian awal berisi:
  • Halaman judul.
  • Halaman persetujuan dan pengesahan.
  • Halaman motto.
  • Halaman persembahan.
  • Kata pengantar.
  • Daftar isi.
  • Bagian pokok berisi:
  • Bab pertama: pendahuluan
  • Membahas masalah: latar belakang masalah, penjelasan judul, tujuan penulisan, dan sistematika penulisan.
  • Bab kedua   : pembahasan masalah
  • Definisi generasi Rabbani
  • Etimologi
  • Istilah
  • Ciri-ciri generasi Rabbani
  • Generasi cemerlang
  • Bagaimana seorang muslim belajar
  • Cerdas dengan menata pikiran
  • Cerdas dengan menata mental
  • Cerdas dengan menata fisik
  • Problematika generasi masa kini
  • Sebab rusaknya generasi
  • Segi external
  • Segi internal
  • Perbandingan karakter tiap generasi
  • Cara mencetak generasi Rabbani
  • Mencetak individu Rabbani
  • Mencetak masyarakat Rabbani
  •  Dalam lingkup keluarga
  •  Dalam lingkup masyarakat
  • Meniti jalan pewaris Nabi
  • Potret gemilang generasi Rabbani
  • Imam Abu Hanifah
  • Imam Malik
  • Imam Syafi'i
  • Bab ketiga    : penutup
  • Kesimpulan
  • Saran-saran

Daftar pustaka

 

 

BAB II

PEMBAHASAN MASALAH

DEFINISI GENERASI RABBANI

  • Etimologi

Pengertian Rabbani secara etimologi: Rabbaniyin adalah jama' dari kata Rabbani. Kata Rabbani adalah menisbatkan sesuatu kepada Rabb, yaitu Tuhan. Jika dikaitkan dengan orang, kata ini berarti orang yang menjiwai ajaran agama.

Kata Rabbani dinisbatkan kepada kata Rabb mendidik manusia dengan ilmu dan pelajaran pada masa kecil. Menurut Ibnu Abbas, kata Rabbani berasal dari kata Rabbi yang mendapat imbuhan alif dan nun yang menunjukkan makna mubalaghoh. Sebagian ulama berpendapat bahwa kata Rabbani mempunyai arti tokoh ilmuan yang mendidik dan memperbaiki kondisi sosialnya, dan ada juga yang berpendapat bahwa kata tersebut bermakna orang yang ahli dan mengamalkan agama sesuai yang ia ketahui, maka dengan demikian kata tersebut identik dengan al-alim al-hakim, yang mempunyai arti orang yang sempurna iman dan ketaqwaannya.

Rabbaniyyin adalah jama' dari Rabbani yang berarti, orang yang mewakafkan diri untuk mengkhidmati agama atau menyediakan dirinya untuk menjalankan ibadah, orang yang memiliki ilmu Illahiyat, orang yang ahli dalam pengetahuan agama atau seseorang yang baik dan muttaqi, guru yang mulai memberikan kepada murid pengtahuan atau ilmu yang ringan sebelum beranjak ke ilmu-ilmu berat, induk semang atau majikan atau pemimpin, seorang muslih.

  • Istilah 

Generasi Rabbani adalah sekelompok orang yang memiliki pengetahuan tentang Al-Qur'an dan As-Sunnah, lalu mengaplikasikan ilmu yang diketahuinya dalam kehidupan serta mengajarkan kepada masyarakat dari ilmu yang diketahuinya.

Ciri-Ciri Generasi Rabbani

Dalam Jami'ul Bayaan fi Ta'wili Qur'an, disebutkan lima hal yang harus dimiliki seorang Rabbani, yaitu sebagai berikut:

Alim dan mutsaqqof.

Faqih fiid Din.

Al-Bashirah bis Siyasah.

Al-Bashirah bit Tabdir.

Al-qiyam bis Su'unir Ri'iyah li Maslahatid Dunyaa wad Diin.

 

GENERASI CEMERLANG

Bagaimana Seorang Muslim Belajar?

Ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh seorang muslim ketika berada di jalan Tholabul ilmi:

 

Motivasi yang ikhlas.

Dalam Islam faktor niat sangat penting. Dalam belajar motivasi yang harus melandasi adalah mencari keridhoan Allah, bukan karena dorongan motivasi lain. Motivasi yang mendasari aktivitas belajar sangat menentukan cara seseorang memandang kehidupan. Maka seseorang yang belajar kerena terdorong untuk mendapat kerja. Apapun dilakukan sekedar untuk memperoleh kerja. Senang  digunakan, tetapi tidak pernah berfikir untuk diri sendiri.

Keberkahan selalu muncul dari motivasi yang ikhlas. Demikian pula halnya dalam menutut ilmu. Dengan ikhlas, semata mata ingin mencari keridhoan Allah dan kemanfaatan dari ilmu yang ia pelajarinya, InsyaAllah, keberkahan akan mudah diperoleh.

Oleh karena itu, perlu meluruskan niat ketika belajar. Sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Abu Hurairah Rodhiyallahu'anhu. Beliau berkata, bahwa Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wasallam bersabda; "Barangsiapa yang belajar untuk membanggakan diri dengan ulama, atau menentang orang-orang jahil, atau untuk menarik perhatian manusia agar tertuju kepadanya, Allah akan memasukkannya ke dalam Neraka Jahannam." (HR. Ibnu Majah).

Perkataan Adz-Dzahabi dalam kitab Rihlatul 'Ulama' fii Thalabil 'Ilmi karangan Abu Anas Majid Al- Bankani. "Sesungguhnya orang-orang salaf terdahulu menutaut ilmu karena Allah. Maka, mereka mulia dan menjadi imam yang bisa dijadikan anutan."

Belajar dengan sebaik-baiknya.

Aktivitas belajar harus dilakukan sebaik mungkin. Kalaulah ada tugas maka setiap muslim semestinya mengerjakan dengan sebaik-baiknya. Melakukannya dengan etos belajar dan profesionalitas yang tinggi. Jika akan ujian, maka persiapkan sebaik-baiknya. Tidak pernah terbesit sedikitpun dalam dirinya untuk menyontek, karena selain kemaksiatan, menyontek tidak mengukur kemampuan sesungguhnya.

Kebiasaan menyontek saat ujian adalah salah satu penyebab hilangnya keberkahan ilmu. Digunakanya ilmu yang dimiliki untuk bermaksiat kepada Allah juga dapat manyebabkan berkah berubah menjadi laknat. Ibnu Qoyyim Al-Jauziah mengatakan dalam bukunya Jawabul Kafi. "Perbuatan maksiat adalah faktor terbesar yang menghapus berkah usia, rezeki, ilmu, dan amal." Begitu besar efek yang ditimbulkannya. Betapa sering seseorang menyontek agar memperoleh nilai bagus, tetapi apa gunanya semua itu ketika suatu saat nanti ilmu dan ijazah tidak lagi membawa manfaat apa-apa bagi seseorang.

 

Pemanfaatan hasil usaha dengan tepat.

Inilah unsur ketiga dalam memperoleh keberkahan Allah. Setelah seorang muslim berhasil melalui dua tahap sebelumnya, maka setelah mendapat ilmu dengan ditandai dengan keberhasilannya memperoleh gelar kesarjanaan, bagaimana ia memanfaatkan kesarjanaannya dengan tepat. Apakah sekedar untuk kepentingan dirinya sendiri atau dimanfaatkan untuk kepentingan umat Islam.

Belajar dari konsep Sayyid Quthb.

Kesimpulan Sayyid Quthb di dalam bukunya yang mengguncang Mu'alim fi Ath-Thariq memberikan gambaran kepada kita tentang tabiat insan pembelajar dari generasi sahabat. Apa keistimewaan generasi pertama Islam itu, sehingga mereka mampu melakukan lompatan luar biasa memimpin garda peradaban dunia? Sayyid Quthb menjelaskan, "Kehebatan generasi shahabat bukan semata-mata karena di sana ada Rasulullah, sebab jika ini jawabannya berarti Islam tidak Rahmatan lil 'alamin. Kehebatan mereka terletak pada semangat mereka untuk belajar lalu secara maksimal berupaya mengamalkannya."

Ternyata, proses belajar yang harus dilakukan tidak berhenti sebatas pada mempelajari sesuatu, tetapi sekaligus belajar untuk mengaplikasikan. Dari pandangan Sayyid Quthb di atas, menemukan jawaban atas jarak yang membentang antara pengetahuan yang dipelajari dengan pembentukan pola pikir dan pola sikap keseharian.

Generasi sahabat mengetengahkan sebuah pandangan tentang belajar untuk memahami (learning how to think). Rata-rata mereka memiliki semangat prima dalam hal ini. Mereka sangat haus dengan pengetahuan. Kemauan mereka terhadap ilmu melampui keinginan mereka kepada yang lain. Tapi, generasi sahabat juga menjelaskan tentang belajar untuk mengamalkan (learning how to do). Satu unit pengetahuan yang mereka peroleh langsung mereka aplikasikan, begitu yang dapat ditangkap dari penjelasan Sayyid Quthb. Mungkin inilah semangat yang perlu generasi masa kini miliki.

Menjadi muslim pembelajar.

Proses belajar semestinya akan menjadikan diri seseorang lebih cerdas, inovatif, dan memiliki orientasi hidup yang terang dan jernih. Oleh karena itu, kebutuhan untuk mengembangkan diri tidak terkait dengan kerja. Masih banyak bidang-bidang lain di luar profesi seseorang yang harus dipelajari. Paling tidak ada tiga wilayah keilmuan yang harus seorang muslim kuasai.

Ilmu yang terkait dengan dasar-dasar pembentukan karakter dan potensi diri. Ilmu-ilmu yang termasuk dalam kategori ini bisa bersumber dari agama atau ilmu-ilmu pengembangan diri.

Ilmu yang terkait dengan pengetahuan hubungan sosial. Yang termasuk dalam kategori ini adalah ilmu-ilmu humaniora. Kita perlu mempelajari psikologi, politik, ilmu komunikasi, parenting, dan sebagainya.

Ilmu yang berhubungan dengan pengembangan profesi. Ilmu-ilmu ini berhubungan dengan profesi yang akan digeluti. Jika ingin menjadi seorang guru, maka harus menguasai bidang pendidikan dan bidang spesialisasi yang terkait. Biasanya ilmu-ilmu yang dipelajari di ruang kuliah merupakan bidang spesialisasi yang akan digeluti.

Cerdas Dengan Menata Pikiran

"Salah satu cara terbaik untuk menajamkan dan mengontrol pikiran adalah melakukan pekerjaan yang menyenangkan dan bermanfaat. Karena orang-orang yang menganggur adalah orang-orang yang suka menghayal dan menyebarkan berita yang tidak jelas."

Dr. 'Aidh Al-Qarni

 

Inilah langkah awal seseorang untuk mengubah diri, yaitu dengan menata pikiran. Dari pikiranlah tindakan akan dihasilkan. Jika ingin membiasakan diri sebagai muslim pembelajar, maka pertama kali yang harus diubah adalah sekala pemikiran seseorang. Jangan memulai dari kebiasaan-kebiasaan yang bersifat teknis tanpa didahului oleh penataan pikiran.

Orang yang dipenuhi optimis, tidak ada hal yang dapat membuatnya gagal. Namun, bila pesimisme yang memenuhi ruang pikiran seseorang, hal-hal yang tidak menguntungkan akan dianggap sebagai kegagalan. Dari hal tersebut dapat ditemukan sebuah rumus bahwa kegagalan sesungguhnya ditentukan oleh isi pikiran yang membisikkan kata gagal dalam diri dari pada kegagalan itu.

Congnitive setting (penataan pikiran) akan menemukan mental setting (penataan mental, kepribadian). Ibnu Al-Jauzi berkata, "Barangsiapa menggunakan pikirannya yang jernih, hal itu menunjukkan bahwa ia sedang mencari kedudukan yang mulia, dan menghindari kekurangan dalam segala hal." Lalu apa yang harus dilakukan untuk menata pikiran? Ada beberapa hal yang dapat dilakuan, yaitu:

Eliminasi.

Substitusi.

Visualisasi.

Ekspetasi Rabbani (doa).

Eliminasi.

Hilangkan pikiran-pikiran negatif yang ada dalam diri kita. Pikiran-pikiran negatif akan menguras energi jiwa. Ketika energi jiwa terkuras, maka akan kehilangan spirit dan motivasi untuk melakukan tindakan. Padahal spirit dan motivasi menjadi generator yang menggerakkan untuk terus belajar.

Harus ada kemauan kuat untuk menghilangkan pikiran-pikiran negatif dan kurang jernih dari diri. Salah satu langkah yang dapat ditempuh untuk menghilangkan pikiran-pikiran negatif yang melintas dipikiran adalah melawannya dengan berfikir rasional.

Substitusi.

Setelah menghilangkan pikiran-pikiran negatif yang perlu dilakukan adalah mengganti pikiran-pikiran negatif dengan pikiran-pikiran positif. Fungsi utama substitusi adalah melakukan penetapan yang positif, penegasan, atau peneguhan diri.

Visualisasi.

Visualisasi merupakan usaha yang dilakukan untuk membuat gambaran nyata tentang keinginan-keinginan. Visualisasi mencoba melukiskan tujuan dan keinginan seseorang. Dia merupakan cita-cita tinggi yang terlukiskan dengan detail dan memiliki pijakan basis rasionalitas yang kuat.

Visualisasi sangat berbeda dengan menghayal. Menghayal tidak berpinjak pada basis rasionalitas, tidak tersruktur, dan cenderung eskapisme dari keadaan melankolis. Pada akhirnya, menghayal tidak melahirkan energi jiwa untuk bergerak dan berkarya. Sementara itu, visualisasi adalah membayangkan sesuatu dengan nyata melalui pijakan basis rasionalitas yang realistis. Ia terbangun dari proses perenungan yang panjang dengan besutan pengalaman yang terhayati dengan baik.

Ekspetasi Rabbani

Menata pikiran dapat dilakukan dengan doa. Doa memberikan efek penguatan secara emosional. Lafadz doa yang dipanjatkan dengan khusyuk dan dilandasi keyakinan yang kuat bahwa Allah akan mengabulkan setiap permohonan hamba-Nya.

Memperbanyak doa berarti memperbanyak harapan kepada Allah. Langkah ini sanggup memperkuat diri seseorang. Berdoa dengan kesadaran dan kefahaman akan dapat menemukan manfaat luar biasa. Ia dapat menata pikiran seseorang menjadi lebih positif.

Cerdas Dengan Menata Mental

Pikiran menentukan arah, sementara mental memberikan suntikan energi yang akan menghasilkan tindakan. Dalam hal belajar seseorang membutuhkan penataan pikiran agar tidak ada noda-noda pikiran negatif yang akan membentuk mental menjadi negatif.

Seperti yang dilakukan Thoriq bin Ziad tatkala menaklukkan Spanyol, ia membakari perahu-perahu yang digunakan pasukannya untuk menyebrang ke daratan itu. Dan berkata "Di belakang kita hanya terbentang lautan. Perahu-perahun kita telah musnah. Tak ada lagi kesempatan untuk mundur. Sementara itu, kita saksikan di depan kita musuh bersiap menanti. Tak ada pilihan lain bagi kita kecuali menjemput kemenangan atau mati kesyahidan." Pasukan itu mengalami penggandaan semangat dan keberanian yang luar biasa. Thoriq bin Ziyad sedang menepis pikiran pasukannya untuk mundur dan lari dari pertempuran.

Oleh karena itu, penataan pikiran harus diarahkan juga untuk menata mental. Beberapa langkah yang dapat ditempuh dalam menata mental, yaitu:

Menumbuhkan Kemauan.

Kemauan merupakan sumber energi yang menggerakkan seseorang untuk melakukan amal, termasuk di dalamnya adalah belajar. Ia merupakan dorongan dalam diri untuk melakukan sesuatu yang lebih prestatif dan lebih tinggi. Seseorang yang memiliki kemauan kuat tentu akan menggapai kesuksesan dengan baik. Ada dorongan dalam dirinya untuk selalu berbuat dan berkarya. Tidak ada satu potong waktupun yang dibiarkan sia-sia, terutama untuk menutut ilmu dan belajar. Inilah tradisi yang dapat kita temukan dalam diri ulama-ulama sejak masa kenabian, Tabi'in, hingga masa para cendikawan muslim saat ini.

Melahirkan Efikasi Diri.

Setiap pribadi muslim harus memiliki efikasi diri yang baik. Efikasi adalah keinginan yang kuat untuk sukses, yang muncul dari keyakinan diri. Ia merupakan seperangkat keyakinan tentang kesanggupan melakukan sesuatu untuk meraih kesuksesan hidup yang diinginkannya. Dalam belajar ini penting. Efikasi diri akan memberikan dorongan kepada seseorang untuk menyadarkan potensi yang dimilikinya. Orang yang memiliki efikasi diri yang baik akan menjelma menjadi pribadi yang gigih, ulet, dan penuh percaya diri. Sebaliknya, orang yang diliputi oleh efikasi diri yang rendah akan cenderung memandang dirinya dengan kaca mata negatif.

Mendayakan Sabar.

Kalangan salafus shaleh menjadikan kesabaran sebagai bekal untuk mencari ilmu dan belajar. Kesabaran bagi mereka adalah daya tahan diri untuk tetap istiqomah dalam belajar, meskipun kesulitan menghadang. Kesulitan dan penderitaan selama belajar dianggap sebagai bagian dari pembelajaran yang diberikan Allah kepada dirinya. Ia merupakan tarbiyah rabbani yang diberikan Allah untuk menempa dirinya agar semakin dewasa.

Kesabaran bagi mereka juga berarti ketekunan dalam belajar dan mencari ilmu. Hanya dengan kegigihan dan ketekunanlah mereka menyadari akan mendapatkan ilmu. Inilah yang dapat dipahami dari jawaban Asy-Sya'bi ketika ada seseorang yang bertanya kepadanya, "Dengan jalan apa anda mendapatkan semua ilmu anda?" saat itu Asy-Sya'bi menjawab, "Dengan menjauhkan ketergantungan kepada orang lain, melakukan perjalanan ke pelosok negeri untuk mencari ilmu, bersabar seperti bersabarnya benda mati, dan datang pagi-pagi bagaikan burung gagak."

Menciptakan Zona Nyaman.

Hasyim Asy'ari dalam Adabul 'Alim Wa Al-Muta'allim memberikan saran-saran dalam pengelolaan waktu belajar:

Jangan menyia-nyiakan waktu dalam belajar.

Waktu terbaik untuk menghafal adalah waktu sahur atau menjelang subuh.

Waktu terbaik membahas pelajaran adalah pagi hari.

Waktu terbaik untuk menulis adalah siang hari.

Sementara itu, kegiatan mengkaji pelajaran dan berdiskusi sangat efektif dilaksanakan pada malam hari.

Cerdas dengan menata fisik

"Perhatikan hal-hal yang bisa memberikan kekuatan dan kesehatan jasmani. Jauhilah hal-hal yang menyebabkan terganggunya kesehatan."

(Hasan Al-Banna)

"Jika jiwa besar maka tubuh akan kepayahan mengikuti keinginan-keingnannya"

(Al-Mutanabbi)

 

Dasar-dasar penyiapan fisik meliputi, pemenuhan gizi dan nutrisi yang baik sesuai dengan kebutuhan tubuh, olahraga dan gerak tubuh yang teratur dan seimbang dan reaksasi tubuh yang cukup. Selain tiga hal tersebut, juga perlu menghindarkan diri dari hal-hal yang mampu membunuh otak, seperti alcohol, merokok, dan depresi. Langkah-langkah tarbiyatu jismiyah antara lain:

Memperhatikan Apa Yang Dimakan

Makan sayur-sayuran.

Konsumsi buah-buahan.

Ikan laut adalah sumber omega 3

Perbanyak minum air putih.

Mengoptimalkan Gerakan Untuk Kecerdasan.

Salah satu yang perlu ditradisikan adalah kebiasaan berolahraga. Membiasakan berolahraga setiap hari 15 menit. Olahraga ringan akan menjaga vitalitas otak, seperti jogging, jalan kaki, atau senam kebugaran. Dan lakukan olahraga berat selama 1-2 jam dalam sepekan.

Banyak penelitian menjelaskan bahwa olahraga dapat menstimulasi perkembangan otak. Ada banyak manfaat yang diperoleh dari olahraga yang berperan dalam perkembangan otak dan kecerdasan, antara lain meningkatkan rasa percaya diri, mengurangi resiko depresi, membentuk keseimbangan jiwa raga, memperbaiki konsentrasi, menurunkan kadar lemak darah, dan memperbaiki sistem pencernaan.

Istirahat Yang Cukup.

Kepenatan yang bertumpuk-tumpuk menyebabkan seseorang tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Dan juga mendatangkan kelelahan jiwa, yang lambat laun akan menggerogoti kekuatan fisik, diperlukan istirahat yang cukup untuk memperbarui stamina diri seseorang.

PROBLEMATIKA GENERASI MASA KINI

Sebab Rusaknya Generasi

  • Segi Eksternal.
  • Hilangnya ruh tarbiyah Islamiyah secara utuh dan integral.

Ini adalah faktor utama penyebab posisi generasi sekarang merosot dan tidak sesuai dengan posisi mereka yang semestinya. Pada masa kini, umat Islam telah dibelenggu dengan berbagai kesulitan dan rintangan yang silih berganti dan berkelanjutan. Mereka membina dan mendidik generasinya dengan puluhan manhaj, namun belum pernah membina dan mendidik generasinya dengan manhaj Islam yang hanif. Sehingga umat ini kehilangan rahasia keberhasilan. Mereka nampak seperti buih buih yang terombang-ambing dilautan.

Proses tarbiyah yang dilakukan terhadap generasi muda sekarang tidak pernah berlandasan pada penanaman nilai "Muraqabatullah" (merasa pengawasan Allah). Akan tetapi, proses yang terjadi hanya membuat generasi muda merasakan pengawasan dari seorang guru, pendidik, bapak, hakim, atau petugas keamanan, yang jika mereka tidak melihat, para pemuda kini dengan leluasa memuaskan nafsu syahwat dan keinginan mereka.

Sangat berbeda antara orang yang berbuat untuk negri akhirat dengan orang yang berbuat untuk negri duniawi saja. Bukan berarti hal ini kita harus mendidik dan membina generasi muda untuk menjauhi kehidupan dunia atau tidak belajar dan tidak berusaha.

Yang dimaksutkan adalah meluruskan niat dan membetulkan jalan hidup. Sehingga, aktivitas belajar bernilai kebaikan, budi pekertinya bernilai kebaikan, muamalah dan berinteraksi dengan sesama manusia bernilai kebaikan, amal perbuatannya bernilai kebaikan, usaha serta jerih payahnya juga bernilai kebaikan, dan seterusnya.

Pelaksanaan tarbiyah Islamiyah yang sesungguhnya bukan hanya tugas lembaga atau departemen tertentu. Akan tetapi, tugas ini diemban dan menjadi tanggung jawab setiap individu umat ini.

  • Hilangnya Suri Teladan dan Panutan Yang Baik.

Generasi muda sekarang ini sedang diterpa krisis keteladanan dan panutan yang baik dalam hidup mereka. Pembinaan dengan keteladanan jauh lebih baik dari pada pembinaan yang dilakukan dengan ceramah dan tulisan. Tindakan nyata seseorang terhadap seribu orang lebih baik dari pada perkataan seribu orang kepada seseorang.

Seseorang yang mengaku dirinya pendidik atau pembina, sedangkan perbuatannya tidak sesuai dengan perkataannya adalah omong kosong belaka. Justru sebaliknya, ia adalah seorang perusak meskipun kata-kata yang digunakan adalah kata-kata pembangun. Allah berfirman:

 

"Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan."

 (QS.Ash-Shaf:3)

Sejarah kejayaan Islam sangat penuh dengan warna dan corak keteladanan yang baik dan unggul. Bahkan dalam realita sekarang ini,  masih banyak tokoh-tokoh terkemuka yang menggabungkan antara konsisten dengan Islam dalam beribadah dan mengagungkan syiar Islam. Namun yang mereka terabaikan dan tergantikan oleh idola-idola.

Sangat sedikit generasi sekarang yang menjadikan Rasulullah sebagai teladan dan panutan yang baik dalam hidupnya. Padahal sangat mudah jika seseorang ingin meneladani hidup baginda Rosul. Tidak ada pula kesulitan dalam menteladani para sahabat beliau dan orang-orang shaleh. Telah jelas pula dalam firman Allah:

" Sungguh telah ada pada Rosulullah itu suri teladan yang baik bagimu, bagi orang-orang yang mengharap Allah dan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah." (QS.Al-Ahzab:21)

Sesungguhnya teladan dan panutan seseorang itu tidak saja menentukan posisi di dunia, namun ia akan lebih banyak mempengaruhi di akhirat.

  • Frustasi atau Kecewa.

Faktor ini adalah sebab paling utama yang menjadikan kondisi sebagian pemuda hancur dan berantakan. Dari mereka terdengar hanyalah ucapan, "Tidak ada gunanya!". Padahal harapan kepada Allah sebenarnya tidak boleh pupus dan sirna, bahwa Allah akan menolong dan meninggikan umat  ini dan Allah akan mengokohkan agama yang diridhoi-Nya.


  • Media dan Informasi.

Beginilah fenomena yang ada. Banyak sekali kumpulan berita, acara, dan informasi muara akhirnya hanya bertujuan untuk menghina Islam dengan menjadikan pemuda sebagai sasaran utama.

Peranan media dan informasi sangat penting sekaligus juga berbahaya. Betapa bahayanya kondisi media masa sekarang ini, banyak sekali potensi dan harta yang dipersembahkan hanya untuk membangkitkan syahwat, mengobarkan fitnah, menyebar luaskan kehinaan dan membolak balik fakta.

  • Segi Internal
  • Sifat malas.
  • Putus asa.
  • Pergaulan bebas.
  • Sibuknya orang tua.
  • Bencana keyatiman.
  • Perceraian dan kemiskinan.
  • Film-film sadis dan porno.
  • Musik dan media masa.
  • Peperangan.
  • Sifat tertutup, kaku serta tidak sabar.
  • Kebodohan.
  • Fanatisme atau taklid buta.

  • Perbandingan Karakter Tiap Generasi
  • Generasi  Sahabat.
  • Ibnu Abid-Dunya mentakhrij dari Abu Arakah, dia berkata, "Aku pernah shalat subuh bersama Ali Rodhiyallahu 'Anhu. Setelah salam ke arah kanan, dia diam sejenak dan diwajahnya tampak rona kesedihan. Setelah matahari naik di atas dinding masjid setinggi tombak, dia mendirikan dua rakaat. Seusai shalat dia membalikkan badannya seraya berkata, "Demi Allah, telah kulihat para sahabat Rosulullah namun pada hari ini tidak kulihat sedikitpun yang menyerupai mereka. Mereka menjadi kusut, pucat dan ada debu di antara mata mereka, seperti pasukan perang. Pada malam hari mereka banyak bersujud, berdiri dan membaca kitab Allah, merasa senang saat sujud menghujamkan kening dan berdiri. Pada malam harinya mereka banyak berdzikir kepada Allah. Mereka bergerak-gerak seperti pohon yang miring karena dihembus angin. Mata mereka menangis hingga pakaian mereka basah. Demi Allah, seakan-akan orang-orang itu saat ini telah lalai." Kemudian Ali bangkit. Setelah itu tidak pernah terlihat dia tersenyum hingga dia dibunuh Ibnu Muljam, musuh Allah yang fasik.

  • Generasi  Tabi'in.
  • Banyak karakter para tabi'in yang bisa dijadikan teladan untuk generasi muslim saat ini. Misalnya dalam hal kualitas keimanan, ketaqwaan, keilmuan, akhlak mulia, kezuhudan, kewara'an, ketawadhu'an, maupun dalam ketekunan ibadah, juga dalam hal keikhlasan, kesungguhan, kesabaran, ketabahan, maupun keistiqomahan di atas kebenaran.
  • Seperti, Urwah bin Az-Zubair yang menjadi teladan dalam kesabaran, Abu Bakr bin Abdurrahman bin Al-Harits yang digelari "Rahib" kaum Quraisy, Shilah bin Asyyam Al-'Adawi ahli ibadah yang pemberani, Al-Aswad bin Yazid ahli zuhud yang banyak puasa, shalat dan haji.

  • Generasi Baby Boomer.
  • Memiliki karakter yang sulit menerima kritik, namun suka mengritik generasi muda akibat kurang komitmen dan etika kerja, memiliki rasa kompetitif yang tinggi, berorientasi pada pencapaian, punya rasa percaya diri yang tinggi dan serba bisa.

  • Generasi X.
  • Dibanding baby boomer, generasi X lebih memiliki kemampuan bisnis yang lebih baik, menyukai sesuatu yang tidak formal, mandiri dan banyak akal, dapat menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan pribadi.

  • Generasi Y.
  • Lebih terbuka dalam menerima perubahan, rentan mengalami stres dan depesi, beberapa diantaranya juga merasa sulit bergaul.

  • Generasi Z.
  • Lebih mudah bergaul dan bersosialisasi dengan sekitarnya, melek teknologi, kebanyakan mengincar start-up untuk berkarir.

  • Generasi Alpha.
  • Tidak suka dibatasi peraturan, senang berinovasi, tidak takut untuk mencari suatu hal yang baru dan tanpa ragu beralih pada hal tersebut.
  •  

CARA MENCETAK GENERASI RABBANI

  • Mencetak Individu Rabbani.
  • Kenali agama.
  • Membuka kehidupan anak dengan kalimat Laa Ilaha illallah.
  • Mengenalkan hukum halal dan haram kepada anak sejak dini.
  • Menyuruh anak untuk beribadah ketika telah memasuki usia tujuh tahun.
  • Mendidik anak untuk mencintai Rasul, kelurganya, para sahabatnya, dan membaca al-qur'an.
  • Tinggalkan perbuatan dosa dan maksiat.
  • Tambatkan hati dengan masjid.
  • Pendidikan moral.
  • Gemar menyambung tali silaturahmi.
  • Berkata jujur.
  • Saling menolong antar sesama.
  • Menyayangi yang muda dan menghormati yang lebih tua.
  • Menghindari taklid buta.
  • Tidak terlalu larut dalam kesenangan atau kemewahan.
  • Tidak mendengarkan atau melihat musik dan film-film porno.
  • Selektif dalam memilih teman.
  • Beramar ma'ruf nahi munkar.
  • Menjaga waktu untuk selalu melakukan kebaikan.
  • Bijak bermedia sosial.
  • Pendidikan fisik.
  • Menjadi seorang olahragawan.
  • Mengikuti aturan-aturan yang sehat dalam makan, minum dan tidur.
  • Melindungi diri dari penyakit.
  • Merealisasikan prinsip tidak boleh menyakiti diri sendiri dan orang lain.
  • Membiasakan zuhud.
  • Membiasakan bersikap tegas dan menjaukan diri dari pengangguran, menyimpang dan kenakalan (merokok, kebiasaan onani, minum-minuman keras dan narkotika, berzina, homoseksual).
  • Pendidikan sosial.
  • Penanaman prinsip dasar keIslaman yang mulia.
  • Memelihara hak orang lain.
  • Melaksanakan etika sosial.

  •  
  • Mencetak Masyarakat Rabbani.
  • Dalam lingkup keluarga.

Ibnu Qayyim melihat bahwa keluarga memiliki peranan yang besar bagi dunia tarbiyah. Dimulai dari pernikahan yaitu pernikahan yang selektif itu sangatlah mempengaruhi masa depan yang akan dibangun, selektif disini adalah memilih bedasarkan agama, nasab, dan kemuliaan, mengutamakan orang jauh (dari kerabat) dalam perkawinan, lebih mengutamakan wanita yang masih gadis, mengutamakan perkawinan dengan wanita yang subur.

Seorang anak memiliki hak atas kedua orang tuanya dimulai sejak saat lahir, diantara hak-hak yang harus dia terima adalah dipilihkan nama terbaik untuknya, aqiqoh, dan khitan.

Nasehat Ibnu Qayyim dalam mentarbiyah anak:

Agar para ibu memperhatikan anak-anaknya yang masih bayi.

Hendaklah orang tua tidak panik ketika bayinya menangis.

Hak anak untuk mendapat susuan dari ibunya adalah dua tahun.

Hendaklah diperhatikan oleh kaum ibu, jika mereka hendak menyapih anaknya dari susuan, hendaklah dengan cara bertahap dan tidak memaksa.

Mengajarkan anaknya kalimat Laa Ilaha Illallah sejak ia mulai bisa berbicara.

Hendaklah para orang tua selalu menebar keadilan diantara anak-anaknya.

Kewajiban seorang bapak adalah mendidik anak-anaknya dengan pendidikan yang baik dan menyelamatkan mereka dari dekadensi moral.

  • Dalam lingkup masyarakat.

Menurut Ibnu Qayyim, masyarakat yang kuat adalah yang memiliki kekuatan militer dan kekuatan iman, semangat perang, kepandaian berperang yang mumpuni dan keberanian yang tiada tara, mereka senantiasa ingin mencari syahid dan keberuntungan yang agung. Beliau berkata:

"Kemiliteran itu ada empat: Pertama, mahir dalam menunggang kuda, menyerang dan mundur. Kedua, ketepatan sasaran dalam memanah. Ketiga, mahir dalam memainkan tombak. Keempat, lihai dalam memainkan pedang. Barangsiapa yang memiliki kesempurnaan dalam empat perkara ini berarti telah sempurna jiwa kemiliterannya. Dan tidak satupun generasi dari umat ini yang sempurna dalam perkara yang empat ini kecuali generasi sahabat, bahkan disamping kemahirannya dalam menunggang kuda, para sahabat memiliki ketangguhan dalam iman, keyakinan, semangat mencari syahid dan mengorbankan jiwanya demi kecintaan dan ridho Allah. Mereka tidak pernah memerangi suatu kaum kecuali mengalahkan, menghinakannya dan menjadikannya bertekuk lutut di bawah telapak kakinya. Maka tatkala keempat perkara ini menjadi lemah dalam generasi sesudahnya, mereka mudah dicerai-beraikan, dan tatkala keempat perkara ini menghilang semua, mereka akan dijangkiti penyakit wahn (takut mati dan cinta dunia) dan ia lemah."


  • Meniti Jalan Pewaris Nabi.

Suatu waktu, kita akan mengerti. Semakin dalam mempelajari ilmu agama ini kita akan tersadar, bahwa begitu banyak yang harus kita pelajari lagi. Maka ayat ke delapan puluh lima dari surah Al-Isra', "Tidaklah kamu diberi ilmu pengetahuan kecuali sedikit." Telah menyadarkan kita, betapa luasnya ilmu agama ini.

Janji-Nya ketika kita menyeriusi mempelajari ilmu-ilmu syar'i akan diangkatlah dalam derajat yang mulia. Derajat untuk mendekapi kebenaran dan termahkotai kemuliaan. Seorang hamba ketika ia berilmu, ia akan dimudahkan oleh Allah dalam upayanya meniti jalan ke syurga. Para malaikat pun meletakkan sayapnya untuk menaungi jalannya, bahkan seorang pemilik ilmu akan dimintakan ampunan untuknya oleh penghuni langit dan juga bumi, dan alangkah nikmatnya, orang-orang yang berilmu itu, meskipun telah terkubur jasadnya, ia tetap terbanjiri pahala dari mereka yang merenguki ilmu darinya dan memanfaatkannya.

Syaikh Muhammad Hasan Al-Jamal dalam kitabnya Hayah Al-A'immah mengatakan, "Allah menganugerahkan kepada hamba-Nya ilmu pengetahuan serta memberinya kepercayaan untuk menjaga agama dan al-qur'an-Nya. Untuk itu, Allah memilih diantara hamba-hamba-Nya untuk menjadi seorang pionir dan diberikan kepada mereka ilmu pengetahuan serta taufik. Sehingga, mereka tampil sebagai teladan serta obor penerang yang akan menyinari jalan hidup kita, menggugah kesadaran kita dengan baik terhadap seluruh ajaran-ajaran agama. Dan mereka itu adalah para ulama yang agung itu. Mereka menjelaskan hal-hal yang belum kita ketahui tentang ajaran agama, serta memberikan penyelasaian terhadap problematika besar yang terjadi di masyarakat. Dan dengan gamblang mereka menjelaskan kepada kita masalah-masalah akidah, ibadah, perintah-perintah yang harusnya diikuti, larangan-larangan yang semestinya ditinggalkan, serta batas-batas yang telah diletakkan oleh Allah. Dengan demikian, mayoritas umat mengikuti apa yang diajarkan dan difatwakan mereka."

Ilmu adalah harta, tapi kita tak takut orang lain mencurinya. Ilmu adalah yang menyebabkan manusia menjadi mulia dan dilebihkan atas makhluk-makhluk-Nya, kedudukan ilmu disisi iman sebagaimana kedudukan ruh bagi sebuah badan, dan orang yang berilmu merekalah para pewaris ambiya'.

Jalan pewaris nabi memang jalan pilihan. Dan hanya hamba-hamba pilihan yang diberi-Nya kesempatan untuk menitinya. Adakalanya peniti jalan ini memang benar-benar terpilih sejak awal, namun ada juga yang terus menempa diri agar pantas untuk meniti jalan ini, maka kemudian ia terloloskan dan masuk barisan kafilahnya. Tapi semua tetap kembali kepada kata "pilihan". Baik yang terpilih, maupun yang memantaskan diri agar terpilih.

Terkisahkan, tentang seorang ahli ibadah yang tentu saja tekun beribadah. Suatu hari, ia membunuh seekor tikus tanpa sengaja. Ia pun menyesal dan sangat menyesal, sebagai penebus kesalahannya ia kemudian menggantungkan tikus tersebut dilehernya sewaktu beribadah, dengan harapan atas cara seperti itulah dosa-dosanya terampuni atas ketidak sengajaannya membunuh tikus tersebut. Hal itu terus ia lakukan hingga kewafatan menjemput. Ketika dihadapan Allah ternyata semua amalannya tertolak disebabkan najis yang selalu ia bawa ketika beribadah, yaitu bangkai tikus yang ia gantungkan dilehernya.

Begitulah jika amal tanpa ilmu, ilmu adalah imam dan komandan bagi amal perbuatan, Ibnu Qayyim berkata, "Ilmu adalah imam dan komandan bagi amal, dan amal selalu mengikuti dan menjadi makmumnya. Setiap amal yang tidak mau berada di belakang ilmu dan tidak mau mengikutinya, maka amal tersebut tidak akan bermanfaat bagi pelakunya, bahkan justru akan membahayakan pelakunya."

POTRET GEMILANG GENERASI RABBANI

  • Imam Ibnu Hanifah

Sosok pertama yang akan kita kupas dan jadikan inspirasi adalah abu Hanifah. Beliau, bernama lengkap abu Hanifah an-nu'man bin Tsabit bin an-nu'man bin marziban, dilahirkan di Kufah tahun 80 H. Di Kufah, Iraq, ini pula ia tumbuh dan dibesarkan, serta menghabiskan sebagian besar kehidupannya. Terkabarkan bahwa, kota Kufah saat itu merupakan kota besar, penuh dengan para ulama dalam berbagai kedisiplin ilmu pengetahuan. Baik bidang fikih, hadits, filsafat, aqidah dalam berbagai aliran yang beragam serta cabang cabang ilmu lainnya. Abu Hanifah kecil sering mendampingi ayahnya berdagang kain sutra, yang kelak ia pun melanjutkan profesi bapaknya itu.

Namun demikian, tidak seperti layaknya para pedagang lainnya, ada sesuatu yang berbeda dari diri Abu Hanifah, yaitu kebiasaan pergi ke masjid Kufah. Karena kecerdasannya yang gemilang, ia mampu menghafal Al-Qur'an serta ratusan bahkan ribuan hadits, yang saat itu merupakan ciri khas orang-orang beragama.

Sebagai layaknya putra seorang pedagang, Abu Hanifah pun kemudian berprofesi sebagai pedagang seperti layaknya bapaknya. ia mendapatkan banyak keuntungan dari profesi ini. Di sisi lain ia memiliki wawasan yang sangat luas, dan terpancar di wajahnya tanda-tanda kecerdasan yang luar biasa, serta hafalan yang sangat kuat. 

Kesemua hal tersebut dapat diamati oleh siapapun saat menyaksikannya sedang berdialog atau berdebat dengan lawannya, dan tentu saja, dapat dipastikan bahwa mereka terkagum-kagum akan hal itu. kemudian, beberapa ulama dapat menangkap fenomena ini, sehingga mereka menganjurkan untuk pergi berguru kepada para ulama sebagaimana ia pergi ke pasar tiap hari.

Di masa Abu Hanifah menuntut ilmu, Iraq (termasuk di dalam kotanya), disebabkan oleh tiga macam halaqah keilmuan.Pertama, Halaqah yang membahas pokok-pokok aqidah. Kedua, halaqah yang membahas tentang hadis rasulullah, metode dan proses pengumpulan dari berbagai negara, serta pembahasan tentang para perawi dan kemungkinan diterima atau tidaknya pribadi dan riwayat mereka. Ketiga, halaqah yang membahas masalah fiqih dari Alqur'an dan as-sunnah, termasuk membahas fatwa untuk menjawab masalah-masalah baru yang muncul saat itu, yang belum pernah muncul sebelumnya. Dan masalah-masalah seperti ini tentu saja sangat membutuhkan para ulama yang mengajarkan dan memahamkan mereka, berlandaskan Alqur'an dan as-sunnah serta ijtihad para ulama sebelumnya,

Abu Hanifah berinteraksi dengan beragam disiplin ilmu seperti ini dengan menggunakan kecerdasannya yang sangat gemilang, pemikiran yang luas, serta akal yang sangat tercerahkan. Ia terlibat diri dalam dialog tentang ilmu kalam, tauhid dan metafisika. Menghadiri kajian hadis dan periwayatannya sehingga ia mempunyai andil yang besar dalam bidang ini.

Setelah Abu Hanifah menjelajah menjelajahi bidang-bidang keilmuan lainnya secara mendalam, akhirnya beliau pun memilih bidang fiqih sebagai konsentrasi kajian. Beliau mulai mempelajari beragam persoalan fiqih dengan cara berguru kepada salah satu syekh ternama di kota kufah (kota kufah saat itu menjadi tempat domisili bagi para ulama fiqih Iraq). 

Di situ, beliau terus menimba ilmu dari syekhnya hingga rampung. Menurut Abu Hanifah sendiri, seorang penganut ilmu fiqih seharusnya lah berguru kepada berbagai Syah, tinggal di lingkungan mereka, dan disaat yang sama secara terus-menerus harus menemani seorang faqih ternama, sehingga ia bisa menimba ilmu secara tuntas termasuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang pelit dan rumit khas fiqih. "Aku berada di dalam pusat ilmu dan fiqih, maka aku pergauli pakarnya, dan aku selalu menemani seorang faqih diantara mereka "kata beliau.

Beliau belajar fiqih kepada seorang syekh yang ternama, yaitu syekh Hammad. Ada sebuah riwayat yang mengisahkan saat pertama kali beliau datang kepada syekhnya, terlihat belum siap untuk menyampaikan pelajaran. Abu Hanifah pun mengambil inisiatif untuk memberi salam, "assalamualaikum wahai syekh Hammad!" syekh segera menjawab salamnya, lalu memintanya untuk duduk. Tidak lama setelah itu, ia kelihatan telah terlibat pembicaraan dengannya setelah berdialog, sang faqih Hammad kata, "katakanlah terlebih dahulu padaku, siapa namamu?" "Nama saya Abu Hanifah An-nu'man " jawab beliau. 

"Apa ada apa keperluan tertentu? "Tanyanya syekh lagi." Bener ya syekh, saya ingin belajar fiqih kepada anda "jawab Abu Hanifah dengan tegas."Dengan senang hati wahai Abu Hanifah, engkau bisa belajar kepadaku tiga masalah fikih tiap hari "

Abu Hanifah sangat antusias dalam menghadiri dan menyertai gurunya. Hanya saja ia terkenal sebagai murid yang banyak bertanya dan berdebatan dan, serta senantiasa bersikeras dalam mempertahankan pendapatnya, dan terkadang menjadikan syekhnya sangat kesal padanya. Namun karena kecintaan nya pada sang murid, yang merupakan buah dari kecerdasannya, semua itu tak jadi soal. Selama 18 tahun penuh, Abu Hanifah menimba ilmu dari gurunya syekh Hammad bin Abi Sulaiman. Saat itu, ia masih berusia 22 tahun. Karena telah dianggap sanggup, beliau mencari waktu yang tepat untuk dapat mandiri. Namun anehnya, setiap kali beliau mencoba lepas dari gurunya, di waktu yang sama ia merasakan bahwa beliau masih membutuhkannya.

Sampai akhirnya, kabar buruk terhembus dari Basrah untuk gurunya syekh Hammad, seorang keluarga dekat gurunya telah wafat, sementara ia menjadi salah satu ahli warisnya. Ketika ia memutuskan untuk pergi ke Basrah ia meminta Abu Hanifah untuk menggantikan posisinya sebagai pengajar, dan memberi fatwa.

Syekh melihat bahwa Abu Hanifah sangat layak untuk menduduki posisi ini. Beliau menggantikan posisi gurunya, segera saja beliau dihujani oleh pertanyaan-pertanyaan dalam jumlah yang sangat banyak dan terkena sebagian belum pernah IA dengar sebelumnya, maka sebagian ia jawab dan sebagian lain ia tangguhkan. Ketika syekhnya datang dari Basrah beliau segera mengajukan pertanyaan-pertanyaan tersebut, yaitu yang tidak kurang dari 60 pertanyaan. 40 diantaranya sama dengan jawaban Abu Hanifah, dan beberapa pendapat dalam 20 jawaban.

Dari peristiwa ini, ia merasa bahwa masih banyak kekurangan yang ia rasakan. Maka ia memutuskan untuk menunggu sang guru di halaqah ilmu, sehingga ia dapat mengoreksikan kepada ilmu yang telah ia dapatkan, serta mempelajari permasalahan yang belum ia ketahui. Dalam penggambarannya ke daerah di sekitar kota kufah, ia sering ditanya tentang banyak permasalahan, namun ia belum merasa yakin untuk menjawabnya, maka ia memutuskan untuk menunda kepergiannya. Ketika umurnya menginjak 40 tahun, di mana kesiapan untuk mandiri telah sempurna, di sisi lain gurunya syekh Hammad telah wafat, maka ia segera menduduki posisi gurunya. 

Di sini ia menampakkan kemampuan yang luar biasa dalam menyampaikan pengajaran dan fatwa.

Perlu diketahui, bahwa Abu Hanifah tidak hanya mengambil ilmu dari gurunya syekh Hammad saja. Akan tetapi, juga mengambil dari banyak ulama selama dalam perjalanannya ke Baitul loh al haram: Mekah dan Madinah. Ia mengkaji berbagai masalah dengan mereka dan mengambil ilmu dari mereka. Diantara ulama-ulama tersebut adalah: imam Malik bin Anas, ketika ia bertemu dan banyak mendiskusikan banyak permasalahan dengan imam Malik, beliau sangat kagum padanya. Ia juga telah bertemu dengan Zaid bin Ali bin Zainal Abidin, dan Jafar as-shodiq, dan beberapa ulama lainnya yang mempunyai konsen besar terhadap masalah fiqih dan hadis. Banyak sekali pujian para ulama terhadap Abu Hanifah. Diantaranya seperti yang diriwayatkan oleh imam as-Syafi'i.

Suatu hari dikatakan kepada imam Malik, "apakah anda telah bertemu dengan Abu Hanifah?" Imam Malik menjawab, "sudah, subhanallah, aku belum melihat sosok seperti dia. Demi Allah, jika Abu Hanifah berpendapat bahwa sebuah alat terbuat dari emas, maka pasti dia sanggup mengetengahkannya kebenaran atas perkataan yaitu ".

Diriwayatkan dari imam asy-syafi'i bahwa beliau berkata, "barang siapa ingin memperdalam fiqih, maka hendaklah ia menjadi anak asuh bagi Abu Hanifah. Ia merupakan orang yang diberitahukan oleh Allah dalam bidang fiqih". Beliau juga berkata, "barang siapa belum membaca buku-buku Abu Hanifah, maka ia belum memperdalam ilmu, juga belum belajar fiqih".

Imam Ahmad bin hambal juga bercerita tentang Abu Hanifah,"subhanallah, ia berada dalam posisi demikian: keilmuan, waro', zuhud dan mementingkan akhirat tanda, yang tidak dilihat oleh seorangpun. "Ibnu sirin juga berkata, "ketika saya mendatangi Sufyan Ats-tsauri, ia berkata, Anda datang dari mana? Dari Abu Hanifah, jawabku. Tanda telah berkunjung kepada seseorang yang paling faqih sedunia.

  • Imam Malik

Imam Malik dilahirkan pada tahun 93 Hijriyah, di daerah yang bernama wilmarwah, tempatnya agak jauh dari kota Madinah. Setelah waktu berselang, beliau kemudian pindah ke wadil aqiq, dekat dengan kota Madinah. Kedua kota ini terkenal dengan keindahan alamnya, mata air, kebun kurma, serta daerah pertanian. Malik adalah sosok yang bersisik indah. Mukanya tampan, dan sangat putih. 

Sehingga, banyak orang yang menunjukkan ketajabannya Dengan mengatakan, "belum pernah terlihat seorang bocah setampan, seputih, dan semerah wajah malik". Fisiknya juga sangat sehat, dan umurnya tergolong panjang, padahal beliau banyak menghadapi kehidupan yang sangat sulit dan kondisikeras. Saat masih berada di wadil aqiq beliau tinggal bersama ayah dan ibunya, serta selalu menyertai saudaranya Nadhr, ke mana saja ia pergi. Sehingga, pada masa kanak-kanaknya itu ia sering dijuluki, "Malik saudara Nadhr "sedangkan Nadhr sendiri adalah seorang pedagang kain sutra.

Malik walaupun masih kecil ia sudah belajar menjadi pedagang kain juga, maka dengan demikian ia telah mengikuti jejak saudaranya. Dan pekerjaan ini tidak menghalanginya untuk pergi ke majelis ilmu, untuk belajar fiqih kepada seorang ahli fikih yang bernama alqomah bin Abi alqomah Al Madani (beliau ini memiliki ruangan tersendiri di mana ia bisa mengajar tahfidz Alquran, di samping bahasa Arab dan cabang-cabangnya.
Malik kecil juga memiliki hobi lain, di mana ayahnya selalu mencoba untuk menjauhkannya dari hobi itu. Kenapa tanda tanya agar ia bisa lebih berkonsentrasi dalam menuntut ilmu fiqih dan hadis.

Gara-garanya, pada suatu saat ayahnya melontarkan perkataan kepada Malik dan kakaknya. Ternyata jawaban kakaknya benar, sementara jawabannya salah, maka ayahnya berkata, "hobi kamu bermain dengan burung-burung itu yang telah menyebabkan engkau lupa dengan ilmu."

Perkataan ini membuatnya marah, sekaligus melecetkan untuk terus berkonsentrasi dalam memperdalam ilmu.

Ibunda imam Malik sangat ingin agar putranya memperdalam ilmu fiqih. Oleh karena itu, sang bunda mengantarkannya kepada salah seorang syekh yang bernama rabiah bin Abi Abdurrahman. Tatkala itu, sang ibu berwasiat kepada Malik kecil, "belajarlah darinya sopan santun sebelum belajar ilmu". Saat itu, kualitas keilmuan dan akhlak rabiah sangat tersohor di seantero Madinah. Maka, mari kecil pun dengan rajin pergi ke halaqah, dan setiap kali beliau melihat Malik datang, robbiah selalu berkata, "si jenius telah datang".

Ternyata halaqah Syaikh rabiah ini dihadiri oleh sejumlah para ulama dan intelek, serta para pejabat negara seperti gubernur Madinah syahbani Hasyim bin Hasan bin Zaid bin Al Hasan bin Ali, dan para ulama-ulama terkemuka lainnya.

Pada saat itu tidak ada seorang ulama pun yang lebih pandai dari rabiah, dan tidak ada seorangpun yang lebih dermawan darinya, baik kepada kawan maupun lawan. Bahkan, sampai pernah tercatat bahwa ia membantu teman-temannya sebanyak 40.000 dirham.

Malik sangat mengagumi gurunya, syekh rabiah. Hal ini terbukti ketika rabiah telah wafat, "telah sirna manisnya fiqih semenjak rabiah wafat" begitu ia selalu berkata.

Syekh imam Malik lainnya adalah imam Nafi' yaitu Maula dari Abdullah bin Umar, yang dikenal sebagai perawi yang masuk dalam daftar silsilah az-dzahabiyah (rantai emas). Yaitu riwayat hadits dari Syafi'i dari Malik dari Nafi dari Ibnu Umar dari Umar bin Khattab.

Imam Malik selalu menyertai imam Nafi' untuk mendapatkan riwayat hadits darinya. Ia selalu memperhatikan gerak-gerik gurunya, baik saat beliau masuk maupun keluar, agar dapat bertanya kepadanya. Imam Nafi' sangat menyenangi imam Malik sehingga ia selalu mengajaknya untuk duduk bersama yang kemudian meriwayatkan kepadanya banyak hadis.

Imam Malik selalu mencari akal agar bisa menyendiri bersama dengan imam Nafi'. Ia sering menuntutnya dikarenakan beliau buta untuk diajak ke rumahnya dibagi yang jaraknya cukup jauh dari Madinah, agar ia bisa belajar kepadanya sendirian. Itulah rahasianya mengapa dalam kitab Al muwattha'banyak riwayat hadis yang berasal darinya. Bahkan, beliau selalu mengecek kebenaran yang ditulisnya dalam al-muwatha tersebut kepada imam Nafi sampai beliau wafat tahun 147 Hijriyah.

Imam Malik juga banyak mengambil ilmu dari syekh Ibnu hurmuz Abdullah bin Zaid. Selama beberapa tahun, imam Malik berhenti belajar kepada beliau, namun ia segera meneruskan kembali hingga syekh ini wafat pada tahun 148 Hijriyah. Pada riwayat yang menyebutkan bahwa tatkala ada suara ketukan pintu, Ibnu hurmuz berkata kepada pembantunya, "siapa yang mengetuk pintu?" "Imam Malik, "kata pembantunya.

Syeikh pun berkata,"suruh dia masuk, karena dia itu orang paling alim".

Syekh lain imam Malik adalah Ibnu sihabuddin az-zuhri. Beliau terkadang pergi ke Syam, namun saat kembali ke Madinah pintu rumahnya selalu dipenuhi oleh khayalan ramai. Sebagaimana pernyataan dari imam Malik sendiri, "kita sering berdesak-desakan di tangga pintu rumah beliau." Dan imam Malik masuk ke ruangan gurunya itu untuk mengambil hadits darinya. Imam Malik lalu berkata, "tambah lagi wahai syekh." Kalau sudah begitu Ibnu Shihab mengambil batu tulis, lalu berkata tanpa, "bacalah kepadaku hadis," lalu imam Malik membacakan hadis yang diajarkan gurunya kepadanya. Disaat itu Ibnu sihab berkata "sudah pergilah, kamu telah menjadi penampung bagi ilmu".

Imam Zuhri memiliki kedudukan yang tinggi dalam periwayatan hadits dari Rasulullah. Beliau juga memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap pembentukan pemikiran imam Malik. Ini dapat dilihat dari besarnya riwayat beliau yang dimuat oleh imam Malik dalam AL mutawatha yaitu sebesar 132 Harist.

Pernah melontarkan pertanyaan dan dijawab oleh syekh rabiah. Sementara imam Malik diam.

"Mengapa kamu tidak menjawab?" Tanya Ibnu Shihab kepada imam Malik.

Ia menjawab, "sudah dijawab oleh guru kami".

"Coba jawablah pertanyaan itu imam Malik" lalu imam Malik menjawab dengan jawaban yang berbeda dengan jawaban rabiah. Lalu imam Ibnu Shihab berkata "peganglah jawaban imam Malik!"

Muhammad bin A-munkadir yang merupakan tokoh para ahli fiqih baik dalam sisi keilmuan maupun akhlak, juga merupakan salah satu guru imam Malik. Beliau merupakan pelopor dalam bidang qiraat, di samping itu merupakan seorang sosok yang zuhud tanpa titik beliau termasuk salah satu ulama yang turut serta mendidik dan mengajar ilmu Malik, sesuai dengan apa yang telah diajarkan para imam sebelumnya, yang telah menghabiskan umurnya untuk mempersembahkan yang terbaik bagi manusia.

Imam Malik mengambil suku banyak ilmu dari Ibnu Al-munkadir, dan meriwayatkan darinya banyak hadis. Dari sini dapat disimpulkan bahwa Ibnu Al-munkadir merupakan syekh terpenting baginya.

Seluruh kehidupan merupakan proses pengambilan manfaat sebanyak mungkin lalu memberi manfaat kepada orang lain. Untuk itu, ia berusaha mengambil ilmu sebanyak-banyaknya dari ulama-ulama yang ia datangi. Di sisi lain ia pun banyak mengajar orang lain. Jadi kehidupannya hanya diisi dengan belajar dan mengajar. Sehingga orang-orang mengatakan "telah memulai mengajar semenjak umurnya 17 tahun".

Tidak hanya berceramah, imam Malik juga memberikan bakat mengarang, menyusun buku dalam berbagai materi yang cukup menakjubkan. Bakat yang cukup menakjubkan ini menandakan tingkat intelektual imam Malik yang cukup tinggi pada zamannya.

Para penulis biografi berkata, bahwa imam Malik memiliki buku dalam berbagai bidang, diantaranya: perbintangan, perhitungan dan ilmu Falak. Buku-buku tersebut disifati oleh mereka sebagai buku yang baik dan sangat bermanfaat sehingga banyak dijadikan rujukan dalam kurun waktu yang cukup lama.

Beliau juga memiliki buku dalam bidang tafsir, yaitu at tafsir li gorib Alquran. Dan buku imam Malik yang paling terkenal adalah al-mutawatha yang artinya Al-muyassir, atau Al musahhil, atau yang mempermudah.

Dalam buku ini, imam Malik menghimpun hadis rasul, perkataan sahabat dan juga tabiin. Adapun kesepakatan ahli Madinah, tidak beliau masukkan dalam buku ini. Buku al-mutawatha ini terhitung sebagai buku pertama yang dinisbatkan kepada imam Malik, lalu tersebar serta tersohor ke seluruh dunia. Dipelajari oleh umat Islam dari generasi ke generasi hingga saat ini.

Buku ini terhitung sebagai pertama dalam bidang fiqih dan hadis sekaligus, karena sebelumnya para pelajar lebih mengandalkan hafalan daripada tulisan. Dalam menuntut ilmu pun mereka lebih banyak menggunakan pendengaran langsung daripada tulisan dalam buku.

Maka dari sini dapat disimpulkan penyusunan dan penulisan yang sesungguhnya dimulai dengan al-mutawatha. Di dalam buku ini terkumpul hampir 10.000 hadits. Beliau menyeleksi dengan seksama hadis-hadis tersebut dengan atsar dan Akhbar sehingga akhirnya tinggal 500 hadis saja.

Pisahkan pula bahwa imam Malik menunjukkan bukunya itu kepada lebih dari 70 pakar fiqih di Madinah, "seluruhnya menyeleksiku" katanya. Maka, aku me namainya al-mutawatha "lanjutnya." Yang bermakna, yang terseleksi dan disetujui atau tersunting "tutupnya.

Ulama-ulama besar juga memuji al-mutawatha, dan isi yang terkandung di dalamnya, baik berupa ilmu yang bermanfaat maupun hadis-hadis sahih. Imam asy-syafi'i berkata, "tidak ada buku yang lebih bermanfaat setelah Alquran selain Al mutawatha". Beliau juga berkata," tidak ada buku yang dikarang di dunia ini lebih dekat kepada Alquran daripada kitab Malik bin Anas ". 

Sedangkan pada kesempatan yang lain, beliau juga mengatakan pujian yang senada," tidak ada buku di dunia ini yang lebih besar setelah Alquran dari Al mutawathonya imam Malik.: Ketika imam Ahmad ditanya tentang buku imam Malik tersebut pun, beliau berkata, " betapa baiknya orang yang berpegang kepada buku ini ". Jadi, dengan pertanyaan-pertanyaan tersebut, cukuplah bagi kita mengetahui akan keutamaan buku ini.

  • Imam Syafi'i

Dia lahir pada bulan Rajab tahun 150 H. Lama setelah itu ayahnya meninggal, saat itu umur Syafi'i belum menginjak dua tahun. Dia kemudian dibesarkan dan dididik oleh ibunya. Sang ibu memutuskan untuk membawa Syafi'i ke Mekkah, dan tinggal di kampung di sana dekat Masjidil haram, yang disebut kampung al-khaif.

Syafi'i dibesarkan dalam kondisi yatim dan fakir, hidup di atas bantuan keluarganya dari kabilah Quraisy. Namun bantuan yang dia dapatkan sangat minim, tidak cukup untuk membayar guru yang bisa mengajarkan tahfidz Al-qur'an serta dasar-dasar membaca dan menulis. Namun karena sang guru melihat kecerdasan Syafi'i serta kecepatan hafalannya, ini menyebabkannya dibebaskan dari bayaran.

Demikian kondisi Syafi'i, hingga akhirnya dia menghafal Al-Qur'an pada usia tujuh tahun. Dia juga menghafal banyak syair-syair dan matan-matan ilmu bahasa. Terkadang dia pergi ke pedalaman untuk mendengar syair dan kehebatan para penyair-penyair mereka, sehingga dia menyimpulkan bahwa keberadaanya di Kuta b kurang kondusif untuk perkembangan keilmuannya. Maka dia memutuskan untuk pergi ke masjidil haram, untuk belajar kepada ulama-ulama ternama saat itu. Saat itu, dia hidup dalam kondisi yang sangat kekurangan, namun demikian dia sangat suka kepada ilmu, terutama ilmu tentang Al-Qur'an, hadist, fiqih dan sastra.

Dia telah duduk bersama para ulama dalam berbagai bidang sejak dia masih keci, di antaranya Abu Sufyan bin Uyainah dan muslim bin Kholid az-zanji, dan lainya. Karena kefakirannya dia mengumpulkan tulang-belulang yang dapat dipergunakan untuk menulis apa yang dapat dia dapatkan dari gurunya.dia juga sering pergi ke kantor pemerintahan untuk mengambil sisa-sisa kertas bekas yang dapat di tulis pada halaman baliknya, atau sisi-sisi yang masih kosong.

Karena semangatnya dalam menulis ini. Lemari Syafi'i tidak muat lagi untuk menyimpan apa yang telah dia tulis. Kamarnya pun penuh, hingga dia tidak mendapatkan tempat sedikitpun untuk istirahat atau tidur. Oleh karena itu, ia berazzam untuk menghafal seluruh apa yang pernah dia kumpulkan, hingga tidak memerlukan tulang-belulang lagi dan kertas-kertas.

Dia juga memiliki Azzam yang cukup keras tidak mengenal bosan. Dia selalu menghafal, dan beristirahat di setiap apa yang ia lakukan sehingga dapat menyelesaikan hafalanya dengan baik.

Tingkat kemampuannya dalam menghafal sungguh sangat baik. Jika dia membuka buku dan ingin menghafal halaman per halaman buku tersebut, ia berusaha untuk menutup halaman sebelahnya karena takut jika pandangannya tertuju pada halaman itu, lalu ikut terhafalkan. Kekuatan hafalannya ini disebabkan oleh imam yang kuat, keyakinan yang kokoh, dan juga kepercayaan yang teguh.

Syafi'i sangat menyukai belajar bahasa Arab dan seluruh cabang-cabangnya, baik syair, prosa, sastra, nahwu, dan kebenaran dalam berucap. apalagi mendengarkan secara langsung dari orang Arab asli (native speaker).

Oleh karena itu, dia sering pergi ke kampung pedalaman (Badui) yang benduduknya belum berampur dengan masyarakat asing, masih menghafal syair dan meriwayatkan dari generasi sebelum mereka. Ketika dia bertemu dengan syekh masjidil haram, yaitu syekh muslim bin Kholid az-zanji, beliau berkata kepada Syafi'i "hai anak muda, dari mana kamu?"

"Saya penduduk Mekah" kata imam Syafi'i.

" Di mana rumahmu?"

"Di kampung khaif"

"Dari kabilah mana?"

"Dari Bani abdi manaf"

" Wah, hebat kamu, Allah telah memuliakanmu di dunia dan diakhirat. Mengapa kehebatan pemahaman dan hafalanmu tidak engkau arahkan ke fikih agar engkau menjadi lebih baik?"

Dari dialog inilah yang membuatnya memperdalam fiqih, walaupun perhatian kepada syair, belajar sastra dari kampung pedalaman (Badui) tidak diabaikan. Faqih pertama yang dia temui adalah muslim bin Kholid. Selain itu, dia dia juga menghadiri halaqoh pembelajaran Sufyan bin Unaiyah. Dia menulis banyak penjelasan dari alim terakhir ini dalam pelajaran yang beliau sampaikan di hadapan masyarakat umum.

Maka, tak begitu lama, dengan kecerdasannya, dia telah menjadi seorang ahli dalam bidang tafsir serta menguasai ilmu bahasa Arab, padahal saat itu dia masih muda sekali. Bahkan, Sufyan bin Unaiyah, muhadist masjidil haram jika mendapatkan pertanyaan rumit dalam bidang tafsir dan fatwa fiqih, dia menoleh ke arah Syafi'i sambil berkata "coba tanyakan pada anak itu".

Sementara syekh muslim bin Kholid, syekh masjidil haram, yang menjadi guru pertamanya itu, telah mengizinkannya untuk mengeluarkan fatwa pada saat masih berusia 15 tahun. Dia berkata "Berfatwalah kamu hai Abdullah! Demi Allah, engkau sudah layak berfatwa".

Syafi'i juga sudah meriwayatkan hadits ketika masih tinggal di Mekkah, yaitu dari said bin Salim al-qaddah, Daud bin Abdurrahman al-aththar, Abdul Majid Ibnu abdil Aziz bin Abi rawwad al-azdi, semuanya merupakan ulama besar. Dengan demikian, dia telah mempelajari hadits Mekah, telah menghafal fiqih Mekah. Namun demikian, dia tidak berhenti untuk mendalami bahasa Arab di Mekah dan di daerah pedalaman Baduy dan sekitarnya. Pada saat itu, Dia berumur 20 tahun. Maka, benarlah perkataan dari Bisyr Al-marisi, "Aku melihat seorang pemuda di Mekkah jika dia terus hidup, maka dia akan menjadi tokoh yang terkenal sedunia ".

BAB III

PENUTUP

Sebagai penutupan, untaian kalimat syukur Ahamdulillahi Rabbil 'Alamin terlantunkan kepada pemilik bumi dan bintang. Telah usai dan terselesaikan kerya tulis ilmiyah ini. Berkat izin dan ridho-Nya semoga karya tulis ini bisa menjadi bahan motivasi untuk berubah menjadi yang lebih baik di masa depan bagi siapapun yang merindukan kemenangan dan tegaknya kebenaran.

Jazakumullah Khairan Katsiron teruntuk semua yang berjjasa dalam pembuatan karya tulis ini hingga terselesaikan.

Kesimpulan

  • Generasi muda adalah asset berharga bagi umat Islam, merekalah yang akan melanjutkan estafet perjuangan generasi-generasi sebelumnya. Generasi yang berada dalam jalan yang benar di bawah naungan Ilahiyan merupakan urgensi sebuah agama. Amat disayangkan jika generasi tak mengenal agamanya bahkan telah dirusak oleh musuh-musuh Islam. Oleh karana itu, telah menjaddi kewajiban bagi seluruh umat Islam untuk sadar dan bergerak untuk mencetak sebuah generasi Rabbani, baik dalam individual maupun masyarakat.

Saran

  • Wahai generasi muda Islam, bangkit dan sadarlah dari tidur panjangmu, usir kebodohan dalam dirimu, dan mulailah berkiprah!
  • Perlunya seorang panutan dalam mencetak generasi.
  • Waspada dengan makar-makar musuh Islam dalam merusak generasi.
  • Bercermin kepada golden generation.
  • Tebar semerbak harumnya kebaikan dan lempar jauh kemungkaran.

 

DAFTAR PUSTAKA

Abdul Aziz Nashir Al-Jalil 2013, " Kita Dan Akhlak Salaf Potret Keseharian Generasi Teladan." Aqwam, Solo.

Dr. Abdurrahman Ra'fat Basya, "Jejak Para Tabi'in." At-Tibyan, Solo.

Dr. Hasan Bin Ali Hasan Al-Hijazz, " Manhaj Tarbiyah Ibnu Qayyim." Pustaka Al-Kausar, Jakarta Timur.

Dr. Muhammad Musa Asy-Syarif 2009, " Hidup Sekali Bermanfaat Selamanya." Pustaka Arafah, Solo.

Dr. Raghib As-Sirjani 1995, " Menjadi Pemuda Peka Zaman." Aqwam, Solo.

Dwi Budiyanto 2014, " Prophetic Learning Menjadi Cerdas Dengan Jalan Kenabian." Pro-U Media, Yogyakarta.

Fachmy Casofa 2011, " Meniti Jalan Pewaris Nabi." Mumtaza, Surakarta.

https://Www.Gramedia.Com/Literasi/Generasi-Baby-Boomers-X-Y-Z-Alpha/#Kamu-Lintas-Generasi-Yang-Mana.

Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Muhammad Bin Abdullah Ad-Duwaisy 2019, " Gaya Hidup Pemuda Perindu Syurga." Zam-Zam Mata Air Ilmu, Solo.

Prof. Abdullah Nasih Ulwan 2002, " Pendidikan Anak Dalam Islam." Pustaka Amani, Jakrta.

Syaikh Muhammad Yusuf Al-Khandahlawy, " Sirah Sahabat Keteladanan Orang-Orang Di Sekitar Nabi." Pustaka Al-Kausar, Jakarta Timur.

HALAMAN :
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun