BAB II TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran merupakan kegiatan yang direncanakan dan dijalankan oleh perusahaan. Analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan menjaga hubungan yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan organisasi atau tujuan perusahaan dikenal sebagai manajemen pemasaran. Menurut Tjiptono (2016) dalam (Mokoagouw et al., 2023), manajemen pemasaran secara keseluruhan yaitu cara perusahaan melakukan bisnis yang mempersiapkan, menentukan, dan mendistribusikan produk, jasa, dan gagasan yang dapat memenuhi kebutuhan pasar sasaran.
Menurut Sudarsono (2002:2.), manajemen pemasaran adalah proses perencanaan, pelaksanaan (yang meliputi pengorganisasian, pengarahan, dan koordinasi) operasi pemasaran di dalam perusahaan untuk mencapai tujuan organisasi secara efisien dan efektif. Tentu saja, dalam fungsi manajemen pemasaran, ada kegiatan menganalisis, yaitu analisis yang dilakukan untuk mempelajari pasar dan lingkungan pemasarannya. Ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar peluang untuk merebut pasar dan ancaman yang harus dihadapi.
2.1.1 Fungsi Manajemen Pemasaran
Menurut Satriadi et.al., (2021) Fungsi manajemen pemasaran diantaranya ada aktivitas meng-analisis yaitu analisis yang dilakukan untuk mengetahui pasar dan lingkungan pemasarannya sehingga dapat diperoleh seberapa besar peluang untuk merebut pasar dan seberapa besar ancaman yang harus dimiliki.
Manajemen pemasaran memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai berikut:
1) Fungsi Pertukaran
Fungsi pertukaran manajemen pemasaran dibagi menjadi dua fungsi utama: pembelian dan penjualan. Selain itu, fungsi pembelian menunjukkan bahwa peran manajemen pemasaran beroperasi sebagai proses penjualan timbal balik. Oleh karena itu, strategi khusus diperlukan, terutama dalam hal mengetahui apa yang dapat menarik pelanggan untuk membeli. Sementara itu, fungsi penjualan mencakup hubungan antara penjual dan pembeli, yang dapat terjadi secara langsung maupun melalui perantara.
2) Fungsi Fisis
Fokus fungsi fisis manajemen pemasaran adalah waktu, lokasi, dan bentuk produk yang harus diperhatikan saat diangkut, diproses, dan disimpan sampai di tangan konsumen. Jika tidak direncanakan dengan baik, perusahaan dapat mengalami kerugian besar karena penanganan produk yang tidak berkualitas.