Mohon tunggu...
zaldy chan
zaldy chan Mohon Tunggu... Administrasi - ASN (Apapun Sing penting Nulis)

cintaku tersisa sedikit. tapi cukup untuk seumur hidupmu

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Fiksi Humor Ramadan: Alasan Engkong Tak Lagi Beternak Sapi

12 April 2023   23:02 Diperbarui: 12 April 2023   23:06 1433
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tapi hari ini, pos ronda Gang Sapi sepi.

***

Biasanya selama bulan ramadan, pos ronda tak hanya diisi oleh Engkong dan tiga sekawan itu. Ayahku, juga beberapa orang yang aku tak tahu namanya, sering ikut meramaikan duduk-duduk.

Tentu saja, mendengarkan beragam cerita sambil sambil menunggu bunyi beduk dari musalla sebagai tanda berbuka. Termasuk tadi sore kemarin.

Dan, aku masih mengingat lekat percakapan yang tak akan pernah kulupakan, saat menemani Ayahku duduk di pos ronda tadi.

"Sudah kuputuskan! Tahun depan, aku tak lagi berternak sapi!"

Dan, seperti biasa, Engkong lebih dulu memulai percakapan. Awalnya, tiga sekawan itu diam membisu. Termasuk, Aku dan Ayahku.

"Kenapa? Masih ada yang protes tentang aroma kandang sapi itu? Siapa orangnya? Biar nanti aku..."

Suara Om Kape yang asli Makassar terdengar, seperti suara petir yang menggelegar. Kulihat, segaris senyum di bibir Engkong, sambil gelengkan kepala.

"Bukannya pasaran harga sapi bagus? Apalagi sapi Engkong jenis lamborghini, kan?"

Pakde Rud yang pengusaha kuliner, dan sangat tahu pergerakan harga jual sapi jenis lamborghini, juga ikut heran dengan keputusan Engkong.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun