Mohon tunggu...
Salsa Sabila
Salsa Sabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Digitech University

Nama saya Salsa Sabila mahasiswa aktif semester akhir di Universitas Teknologi Digital Bandung. Saya mahasiswa jurusan manajemen dengan jurusan konsentrasi manajemen rumah sakit.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Ekstrak Bab II

18 Februari 2024   20:27 Diperbarui: 19 Februari 2024   12:14 212
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Kajian Pustaka

2.1.1    Pengertian Analisis

Menurut Syafitri (2020), analisis adalah aktivitas mengamati sesuatu objek dengan menguraikan komponen pembentuknya dan menyusun kemabali komponennya agar bisa dikaji secara detail.  Sederhananya, analisis merupakan kegiatan untuk mengamati dan memecahkan suatu persoalan agar lebih mudah dipahami.

2.1.2    Kepuasan Pasien

            2.1.2.1 Pengertian Kepuasan Pasien

Menurut Pohan (2007), menyebutkan bahwa kepuasan pasien adalah tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya, setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkannya.

Sedangkan menurut Endang (dalam Mamik, 2010), bahwa kepuasan pasien merupakan evaluasi atau penilaian setelah memakai suatu pelayanan, bahwa pelayanan yang dipilh setidak-tidaknya memenuhi atau melebihi harapan.

Berdasarkan beberapa pendapat para ahli diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kepuasan pasien adalah suatu bentuk emosional atau perasaan puas pada pasien karena tercapainya keinginan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang sesuai.

            2.1.2.2 Mengukur Tingkat Kepuasan 

Menurut Supranto (2001) (dalam Pinem, Giza 2021), menyatakan bahwa dalam pengukuran kepuasan merupakan dengan keputusan pelanggan yang dipantau pada tingkat kualitas yang diinginkan dan melalui pengembangan strategi.  Kepuasan pelanggan atau penerima layanan ditentukan dengan pengukuran.  Harapan pelanggan sudah pasti meningkat dari pengalaman sebelumnya, perasaan keluarga pasien, janji serta bagaimana pelayanan diinformasikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun