Pengaruh Mata Kuliah Retorika Terhadap Kemampuan Berpidato pada Mahasiswa PBSI Semester 5 STKIP PGRI TrenggalekÂ
Oleh :Â
Rahma Hanifa             (2088201002)
Mustika Rahayu .P. Â Â Â Â Â Â Â Â (2088201004)
Pramudya Rizki .S. Â Â Â Â Â Â Â Â (2088201015) Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH TINGGI
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PERSATUAN GURU REPUBLIKÂ INDONESIA (STKIP-PGRI) TRENGGALEK 2021Â
ABSTRAKÂ
Seiring dengan perkembangan zaman, berpidato atau public speaking menjadi salah satu keterampilan atau kemampuan yang dibutuhkan di era milenial sekarang. Munculnya beragam acara seminar ataupun webinar dari berbagai institusi dan memasuki era revolusi digital dan ekonomi membuat kemampuan berpidato dan public speaking menjadi salah satu keterampilan yang banyak dijadikan kualifikasi utama. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu adakah pengaruh mata kuliah retorika dalam kemampuan berpidato mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia semester 5 dimana mereka sudah pernah mendapatkan mata kuliah tersebut saat semester 3. Â Â
Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu sebuah penelitian yang menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data, serta penampilan dari hasilnya yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan antara dua variabel yaitu mata kuliah retorika dan kemampuan berpidato mahasiswa. Dari penelitian yang kami lakukan terhadap mahasiswa semester 5 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Trenggalek, terdapat  pengaruh dari mata kuliah retorika dalam kemampuan berpidato.Â