Mohon tunggu...
Operariorum
Operariorum Mohon Tunggu... Buruh - Marhaenism

Operariorum Marhaenism, merupakan Tulisan-tulisan mengenai ditindasnya orang Minoritas didalam realitas dan pola-pola diskriminasi yang dilakukan oleh pemilik otoriter, korporat dan kapitalissecara semenang-menang dan tidak adanya keadilan bagi kaum maniver mikro.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Review Buku (Heidegger dan Mistik Keseharian)

25 April 2023   09:30 Diperbarui: 25 April 2023   09:32 632
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tulisan ini dimaksudkan agar teman-teman yang lainnya bisa dapat memperoleh ilmu dari Buku Heidegger Dan Mistik Keseharian

Judul Buku                             : Heidegger Dan Mistik Keseharian
Penulis                                     : Hardiman, F. Budi
Penerbit                                  : Kepustakaam Populer Gramedia
Tahun Terbit                         : 2003
Nama Mahasiswa                : Salmawati Rumadan
Program Studi / Tahun     : Doktor (Pascsarjana S3) Teologi Agama dan Kebangsaan / 2022
Mata Kuliah                           : Filsafat Ilmu
Kampus                                    : Universitas Kristen Indonesia Maluku

                                                                                                                                                

Kemanakah Allah tanya netze kita sudah membunuhnya kalian dan aku kita semua membunuhnya kondisi kemudian telah meneruskan kehidupan religius Akankah orang tidak lagi terbuka pada dasar-dasar kenyataan dan kehidupan sehari-hari dan terus menjadi kerumunan telah hilangnya yang mistis dewasa ini tidak Begitulah jawaban Martin hidegan manusia memang memikul nasehat tertentu di satu sisi manusia selalu mengalami kejatuhannya pun larut dalam keseharian dan karena itu terasing dari adanya namun di sisi lain Manusia adalah makhluk penanda-nandanya Pada momen ini menurut heideger kecemasan anus yang menyebut keluar dari keseharian itu beringi mistik di gurun dihilisme pada zaman yang tidak lagi religius ini berkat kecemasan dasar-dasar keselarasan kita menjadi transparan selubung yang memalsukan sang aku di koyo kecemasan melancangi manusia sebagai ada yang terlempar dan menuju kematian sekaligus memberi tawaran untuk bermukmin dalam rumah eksistensi.

Bisa ke Serang adalah inti pemikiran heideger dalam Saint unzoid ada dan waktu tahun 1927 yang akan saya bahas dalam buku ini bukan mistik dalam arti perleburan makhluk dengan penciptanya perkawinan sakral antara pendo'a dan yang dia Ilahi ataupun penyatuan mikro dan mikromosi yang dimaksud di sini melainkan mistik keseharian membuka diri terhadap penyingkapan dasar-dasar kenyataan dan kehidupan sehari-hari.

Hai denger tidak begitu saja melanjutkan isme-isme dunia pemikiran entah itu rasionalisme empirisme idealisme materialisme dan seterusnya semua itu menjadi rapuh di hadapannya sehingga filsafat sebelum dan setelah digeger ditandai oleh satu patahan badan yang dihembuskan pemikiran heidigger sebagaimana pandai karya plato yang menerpa kita selama berabad-abad tulis Hanan Aren bukan berasal dari abad ini badai itu datang dari zaman yang sangat purba apa yang ditinggalkan adalah sesuatu yang paripurna dan seperti segala yang Paripurna dapat dikembalikan kepada zaman purba.

Melampaui deskriptif memperlihatkan Bagaimana subjek atau kesadaran itu hanyalah Salah satu cara realitas yang menyingkapkan dirinya kesadaran bukan segalanya bahkan kesadaran merupakan suatu kelupaan akan realitas karena itu berbeda dari semua filsuf yang mendahului heideger tidak ingin terjebak dalam salah satu aspek realitas melainkan mengangkat totalitas realitas sebagai saham refleksinya realitas sebagai suatu keseluruhan dalam filsafat disebut ada atau sains filsafat sebagai hideger adalah pemikiran tentang ada dan pemikiran ada diyakinkan dapat meluruskan segala kesalahpahaman yang terjadi akibat pemikiran-pemikiran yang  terbatas pada aspek-aspek realitas belaka tidak redupsionis melainkan total dan radikal menyelami Ada Dan Tiada itulah karakter pemikiran heideger.

Buku ini terdiri dari 6 bab 1 merupakan pengantar biografi sosok Martin hidenger bab 2 menjelaskan metode fenomenologi yang dipakai oleh hidekker dalam Saints bab 3 mengulas struktur isi proyeksi bab 4 membahas dunia and Design yang merupakan titik tolak analisis dalam buku ini

Bab 1

  •  Sang Pelihat Dari Messkirch

Haideger lahir di kota mestris pada 26 September tahun 1889 dari pasaran friend Rich dan Johanna heideger ayahnya bekerja sebagai coaster gereja ST Martin di kota itu nama Martin diambil dari nama Santo pelindung gereja ini hedeger diasuh dalam suasana kesalehan Katolik dalam film di atas terlihat betapa kentalnya budaya petani penduduk kota kecil itu di samping tradisi Katolik yang ketat mengherankan Martin juga ingin menjadi imam dan masuk seminari.

Setelah meninggalkan pendidikan Imamat heideger mempelajari fenomenologi yang ketika itu menjadi Mode di universitas-universitas Jerman fenomenologi dipelopori oleh Edmund Husein 1859 1938 dan menjadi satu disiplin baru dalam filsafat Pada masa itu pernah bercerita bagaimana saat pertama kali meminjam Karya Utama husert logis C unterugen peneliti Peneliti logis 1900 buku itu yang sulit sehingga nyaris tak pernah dipinjam para mahasiswa dibacanya sampai halaman terakhir dan ia ingat hingga detail-detailnya sangat memuja buku besar itu yang selalu menjadi acuan dalam karir intelektualnya bukan hanya bukunya heideger juga suka mendengar huser dan mengikuti kuliah kuliahnya ia tertarik Bagaimana Profesor ini yang ketika itu sedang naik daun mengajar filsafat lewat latihan-latihan fenomenologi untuk bisa mengalami pendekatan fenomenologi orang harus cermat melihat karena itu yang dilatih oleh huserat adalah bagaimana melihat fenomenologi.

Jika mencermati karya-karya awal dari heidegar kita akan menemukan minatnya yang kuat terhadap suasana hati atau stimum yang kelak berkembang dalam Sein und Zeit. Hideger promosi pada 1913 dengan tema di fompul in psikologismus teori putusan Dalam psikologisme yang membahas pertentangan antara psikologisme dan logisme psikologisme berpendapat bahwa dua kali dua sama dengan 4 karena berdasarkan proses psikis yakni perhitungan kita ada 4 Adapun logisme berpendapat bahwa dua kali dua sama dengan 4 dan 4 ini berasal dari perhitungan kita saja melainkan merupakan kenyataan di luar pikiran kita.

Pada tahun 1915 ia studi untuk menjadi Profesor dengan menulis habilitationship karya tulis untuk menjadi Profesor di Jerman bertema filsafat politik die kategorian UN BD autums hots dari dunns cortus tentang kategori-kategori dan makna heideger adalah seorang pemikir yang sungguh menguasai filsafat pada abad pertengahan khususnya metafisika dan berkembang pada masa itu di dalam filsafat abad pertengahan ideal Allah menjadi pusat pemikiran metafisis dan dunscotus 1266 sampai 1308 termasuk salah seorang filsuf besar zaman itu di samping Thomas aquinas menurut kesaksian gadamer juga sangat ahli dalam filsafat Yunani kuno kuliah-kuliahnya tentang Aristoteles pada 1922 sewaktu ia bekerja di marbleg membenarkan kekuatan magis yang menarik banyak mendengar dalam bidang ontologis sejak tahun 1923 sudah dijuluki sebagai filosofi konin Raja filsafat oleh mahasiswanya karena kepiawannya.

Beberapa karya yang dituliskan pasca sein und zeit misalnya tentang teknik dituangkannya dalam gambaran-gambaran tentang keterjeratan manusia dalam teknologi dan saran heide girl untuk melampaui Nasib itu adalah dengan gelashein membiarkan dengan sikap rela sebut ajaran tikus besar Jerman Mister X hard tahun (1260-1326) yang diambilnya.

Bukanlah mistik biasa melainkan mistik dalam zaman yang tak lagi religius tak seorangpun demikian safransky yang telah membiarkan pengalaman religius tetap terbuka di zaman yang tidak religius ia telah menemukan pemikiran yang mendekatkan kenyataan dan menjaganya dari kemerosotan ke dalam banalitas.

Di suatu pagi pada 26 Mei 1976 heideger terjaga sejenak sebelum melanjutkan tidurnya dan menghembuskan nafasnya yang terakhir jenazahnya dikuburkan di kota kelahirannya di misscrich 2 hari kemudian Martin hedger memang mengambil jarak terhadap dogma-dogma Gereja Katolik antara lain lewat filsafatnya Tetapi dia tidak religius mahasiswanya bernama Max Miller pernah bercerita Bagaimana hide girls saat hiking di hutan lalu mengambil ke suatu couple membuat tanda salib dengan air suci dan berlutut Mila bertanya apakah dengan tindakan itu hedegan tidak menunjukkan sikapnya yang tak konsekuen orang Harus berpikir historis jawabannya dan dimanapun orang banyak berdoa di sana yang Ilahi dekat dengan cara yang sangat khusus Apakah ini suatu pengakuan iman kembali Entahlah namun satu hal yang cukup jelas kita akan keliru jika menganggapnya seorang atheis seperti juga yang dapat salah memahami orang yang berseru tuhan-tuhan sebagai seorang religius manusia jauh melampaui agama

Bab 2 

  • Fenomenologi-Membiarkan ada Terlihat

Untuk memahami buku sains unsite kita harus lebih dahulu memahami pendekatan fenomenologi yang dipakai oleh hideger fenomenologi adalah pendekatan yang dirumuskan oleh Edmund Husein pada awal abad ke-20-an kata fenomenologi Berarti ilmu atau logo tentang hal-hal yang menampakkan diri atau pynomenon dalam bahasa Yunani payness Thai berarti yang menampakkan diri apa yang menampakkan diri bisa macam-macam perasaan benda peristiwa pemikiran lembaga sosial dan seterusnya segala yang terlihat oleh kesadaran yang kita sebut sebagai fenomena.

Kita cenderung menafsirkan fenomena yang kita lihat maka fenomena tidak selalu menampakan diri pada apa Yangnya bukan hanya itu fenomena yang kita lihat misalnya operasi jantung sering sudah dimuat anggapan-anggapan masyarakat sehingga operasi jantung tidak tampak apa adanya fenomenologi tidak puas dengan cara yang mendekati fenomena seperti yang kita lakukan sehari-hari pendekatan ini menyikapi fenomena asli sebelum ditafsirkan oleh masyarakat atau kebudayaan yakni fenomena apa adanya operasi jantung misalnya Jangan pertama-tama dilihat sebagai tindakan penyelamatan medis melainkan sebagai aktivitas manipulasi fisik manusia yakni sebagai sesuatu yang netral dan penilaian sebab itu fenomenologi adalah suatu pendekatan deskriptif murni bukan normatif.

  • Bersikap sebagai pemua 

Ada satu istri yang diberikan oleh Marcnatason untuk memahami apa itu femenologi fenomenologi adalah orang harus bersikap sebagai pemula atau bagian R pemula dalam hal apa dalam segala hal orang bisa saja menjadi pemula misalnya dalam menyetir mobil bermain tenis berbicara dalam bahasa Jerman ataupun mengelola usaha tetapi pemula pemula ini bukan pemula dalam segala hal melainkan hanya dalam hal-hal tertentu saja pemula dalam segala hal ini tidak dalam kenyataan mungkin hanya bayi yang baru lahir dapat dianggap sebagai pemula pemula dalam segala hal adalah suatu sikap seolah-olah dan sikap semacam ini adalah yang memungkinkan kita melihat fenomena apa adanya seolah-olah bagaimana seolah-olah fenomenologi itu pertama kali dilihat Bagaimana mungkin bukankah kita merasa sudah selalu melihat misalnya pohon di depan rumah kita atau matahari di atas kita justru merasa sudah selalu melihat inilah yang patut kita selidiki matahari di atas kita atau pohon di depan kita dalam keserahan sering kita andaikan begitu saja sikap taken for greated ini disebut oleh huser naturage einstellum sikap alamiah yaitu kepercayaan Naif bahwa dunia di luar itu adalah begitu fenomenologi anti terhadap natural ini jika melihat matahari seolah-olah baru pertama kalinya kita akan percaya begitu saja bahwa benda itu ada di sana atau di atas sana yakni di luar kesadaran kita kita akan bertanya apakah Mataram itu hasil rekaan pikiran kita saja aku memang ada di luar pikiran ini ini bukan sugesti dalam sulap atau sihir melainkan suatu teknik untuk mendekati fenomena  senurni mungkin.

Andaikan kita melihat tata krama yang pergaulan seolah-olah untuk pertama kalinya sebagai pemula dalam hal ini kita akan heran bahwa sistem sopan santun itu ada orang di jalan bertekur Sapa yang mudah menghormati yang tua sebelum masuk ke dalam rumah tetangga orang mengetuk pintu dulu orang tidak langsung menyantap hidangan sebelum dipersilahkan tuan rumah dan seterusnya tata krama ini tak tergantung lagi pada persoalan melainkan melampauinya mengatasi individu-individu dan memaksakan mereka untuk menaatinya bersifat objektif dan tak dipersoalkan lagi seorang yang bertanya Mengapa tak boleh menyantap hidangan sebelum dipersilahkan akan dianggap aneh oleh lingkungan fenomenologi justru sangat berniat untuk tahu bagaimana tata krama itu menjadi objektif sehingga orang mempersoalkannya dianggap aneh fenomenologi bertanya misalnya Apakah sistem tata krama itu konstruksi berdasarkan kita atau memang sudah ada di luar kesadaran dan Bagaimana konstruksi menampakkannya dengan kata lain fenomenologi ini Menjelaskan asal-usul sikap Natural itu Itulah bersifat sebagai pemula dalam segala hal bersifat sebagai pemula oleh futsal dirumuskan sebagai reduksi fenomenologi sudah ada sudah dalam atau di luar kesadaran yang dianggurkan atau menggunakan istilah substrat diberi tanda kurung dan tata krama dibiarkan menampakan diri apa adanya yang diperoleh lewat reduksi ini bukan tata krama sebagaimana dipahami secara ini oleh sosiologi atau etnologi melainkan sebagaimana dihayati oleh para pelakunya dunia itu sendiri oleh para aktor sosial inilah yang menjadi objek penelitian feminologi usung menyebut dunia macam itu dunia kehidupan atau lebih dunia kehidupan adalah dunia kehidupan sehari-hari sebelum ditafsirkan oleh pendekatan ilmiah akademis dunia semacam ini semakin Raib dalam timbuan penafsiran ilmiah semboyan Husein kembalilah ke hal-hal itu sendiri dapat dimengerti sebagai upaya untuk mendekati fenomena mungkin dan dunia kehidupan seutentik mungkin.

Cobalah melihat fenomena ekonomi ekonomi tidak pernah tampak apa adanya karena sudah selalu ditafsirkan oleh para ahli misalnya di teropong sebagai bentuk sosialisme liberalisme ataupun Neo liberalisme Tetapi apakah fenomena ekonomi itu pada dirinya dia merupakan bagian interaksi sosial suatu fenomena pertukaran barang dan jasa itulah yang salah dialami oleh para aktor dalam dunia kehidupan mereka percakapan tentang neoliberalisme atau kapitalisme hanyalah konstruksi rasional yang memberi bentuk pada pengalaman Naif sehari-hari itu bayi atur ekonomi lari pada sepenuhnya kebutuhan lewat pertukaran Bagaimana ekonomi dihayati oleh para atur dalam dunia kehidupan inilah yang diminati oleh fenomenologi ekonomi hal itu tidak berarti bahwa konstruksi konstruksi rasional seperti New liberalisme atau kapitalisme Global tidak dibahas konstruksi konstruksi itu dimasukkan ke dalam tanda kurung yakni pertengahan yakni ditangguhkan dulu agar ekonomi tampak sebagaimana dihayati dalam dunia kehidupan para aktor.

  • Medekati Ada Sebagau Fenomen 

Pertanyaannya sekarang Mengapa haidiger memakai fenomenologi untuk merenungkan makna ada Bagaimanakah kita kaitkan antara fenomenologi dan juga ontologi perenungan tentang adab sebelum menjawab pertanyaan ini marilah kita memahami lebih dahulu Apa itu ontologi ada banyak ilmu tentang kenyataan-kenyataan di bidang-bidang tertentu seperti ekonomi antropologi sosiologi fisika arsitektur manajemen dan juga psikologi ilmu ilmu ini sudah dikenal umum karena orang sering memakainya dan dapat mengambil manfaat praktis darinya diantara cabang-cabang ilmu tersebut kita belum menemukan ilmu yang membahas kenyataan itu sendiri Kita tahu bahwa meja kelereng bar kolam pidato Presiden sebagai kenyataan-kenyataan tapi apakah kenyataan itu sendiri Kita harus memikirkan segala kenyataan khusus semacam itu dalam satu paket yaitu suatu kategori agar semuanya dapat dipikirkan sebagai satu objek pikiran Apakah kategori yang mencakup semua kenyataan itu ada semua kenyataan itu dapat dikemas dalam satu kata yaitu yang ada Ilmu yang membahas yang ada tetapi juga yang tiada inilah ontologi memasuki ilmu semacam.

Ada seolah bermain dengan menyingkap dalam ketersembunyiannya dan bersembunyi dalam ketersengkapannya fenomenologi lalu dapat dipakai untuk mengakses ada Yakni dengan membiarkan ada terlihat hedeger menunjukkan konvergensi arti logos dan phenomenon logos adalah membiarkan sesuatu yaitu fenomena yang terlihat.

Pendekatan itu yang dipakai oleh ontologi sebagai fenomenologi berarti bahwa ada menampakan dirinya di sini pendekatan heideger berbeda dari huser heideger meradikannya konsep huser tentang intensionallitas yaitu keterarahan kesadaran kesadaran kita menurut huruf sel selalu berarah pada suatu di luarnya bagi usulan internasional adalah kesadaran akan sesuatu misalnya sadar akan sepeda yang hampir menyerempetku jadi kesadaran selalu memiliki isi atau tema meradikannya konsep internasional ini menurut kesadaran bukan kesadaran kesadaran akan sesuatu yaitu memiliki isi tematis tertentu melainkan terlibat kesadaran dalam berbagai sesuatu Apa maksudnya kita tidak sekedar menyadari sesuatu melainkan sesuatu itu turut membentuk kesadaran kita jadi karena kita hidup dalam suatu dunia dunia itu membentuk kesadaran kita itulah kesadaran dalam suatu Bukankah hanya itu kesadaran dalam dunia juga memiliki banyak bentuk misalnya sesuatu Eh misalnya suasana hati tertentu maka kesadaran itu juga tanda dalam bentuk ke suatu hati itulah kesadaran sebagai sesuatu dan kata lain tak ada kesadaran murni sebagai kebanyakan oleh bursa kesana itu tidak pernah perawan selalu bebas sih oleh situ kesadaran itu dengan demikian kita berbicara secara radikal artinya secara berdasar bukan kesadaran yang lebih utama daripada Adam melainkan sebaliknya ada lebih utama daripada kesadaran adalah cara kesadaran adalah cara ada menampakkan diri jadi fenomena sosial adalah suatu etis teknologi karena menyangkut pengetahuan tentang Dunia Sementara fenomenologis karena menyangkut kenyataan. Hal 50

            Di sini kita menyaksikan Bagaimana heideger berupaya untuk mengatasi filsafat modern yang berproses pada kesadaran atau subjektivitas bahwa filsafat modern renedicrates tahun 15 96 sampai dengan 1650 berpendapat kenyataan bahwa aku sadar menunjukkan bahwa aku ada artinya kesadaran akan aku adalah sama dan bangunan dengan adaku kok gitu ergosum aku berpikir maka aku ada demikian kata-kata deskratis yang termansyur dengan kata lain kenyataan atau ada itu diciptakan oleh kesadaran misalnya aku menyadari danau di luar diriku maka danau itu ada pandangan destratus semacam ini ditolak oleh deger menurutnya ada Stratos lalai karena ia tidak lebih dahulu memikirkan makna sum ada dalam ko gitu ergosum itu.

Apa itu sejarah ada kita harus membayangkan seluruh sejarah manusia dan alam semesta ini sebagai satu cerita tentang penampakan diri ada dalam berbagai makna dalam penggalan tertentu yang kita sebut zaman modern ada lebih ditangkap sebagai kesadaran atau subjektivitas tetapi ini tidak berlaku untuk segala zaman.

Maksud kesadaran hendaknya menjadi makin tajam dan makin besar sehingga orang tidak ditipu oleh lingkungannya atau kekuasaan satu hal yang kerap dilupakan dalam pencairan kesadaran atas subjektivitas ini setiap subjek mengadakan objek maka hubungan subjek dan objek pun ditetapkan di sinilah Akar segala manipulasi dan eksploitasi aliansi dan represi yang juga merupakan gejala-gejala modern.

Kesadaran Jangan dilihat sebagai persoalan hubungan dominasi subjek atas objek kesadaran adalah suatu peristiwa ada atau salah satu cara ada membuka dirinya bagi kita maka kesadaran diraih selebih dengan membuka diri dan berkotak dengan Abda daripada dengan menguasai sesuatu yang sebagai asap objek revolusi proletar alamat di mana kaum proliter menyingkirkan kaum kapitalis memang menghasilkan kesadaran kritis kaum proletar tetapi kesadaran kritis macam ini tak kurang daripada dominasi orang dalam hal ini tidak membuka diri terhadap adab melainkan cenderung mereduksi ada pada kesadaran belaka hedegan menawarkan strategi lain dalam mendekati fenomena kesadaran membuka diri terhadap ada dan realitas dalam-dalamnya sebagai suatu peristiwa yang pewahyuan diri Adam bukan hanya setajam berpikir yang dibutuhkan disini melainkan terlebih keheningan dan keheningan berpikir dengan pendekatan semacam ini header menurut saya tampil dan lebih sebagai seorang filsuf yang penyair penyair atau seniman-seniman daripada seorang ilmuwan yang kering dan analitis.

Bab 3

  •  Latar Belakang, Strujtur, Dan Proyek Destruksi Metafisika

Buku Heideger

Signinside dalam bahasa kita diterjemahkan menjadi ada dan waktu dari judulnya Dapat diguna diduga bahwa buku ini ingin membahas ada dalam kaitannya dengan waktu Sain und zeit dit       zerbitkan oleh Max to begin penerbit buku-buku fenomenologi memang Sain und zeit terbit pertama kali sebagai edisi khusus majalah fenomenologi yang diasuh oleh Hustle dan Max shelder Jackson fire filopi und phanomrnologische Forschung ( jurnal tahunan filsafat dan penelitian fenomenologi tidak mengherankan bila pada bagian awal tertulis bahwa buku itu mempersembahkan oleh penulis sebagai penghormatan dan persahabatannya dengan Emon husser sebenarnya tulisan ini merupakan permintaan Dekon Universitas Smartphone untuk mempromosikan menggantikan Nikolay Hartman yang sejak tahun 1925 dipindah tugaskan ke kolom Dan seperti kita ketahui buku ini tidak selesai ditulis yang dengar berhenti menulisnya pada 8 April tahun 1926 tengah malam ketika badai salju menyimpan dan balkon-balkon pondoknya di nowberry bergetar Meskipun demikian tulisan itu diterbitkan juga setelah diberi komentar oleh Jazz yang secara seri dikoreksi oleh Husserl.

Sain und zeit terbit pertama kali 1927 sebelum itu pada 1916 sampai 1927 adalah masa hubungan kreatif heger Pada masa itu heideger banyak dipengaruhi oleh baca-bacaan yang bukan hanya karya-karya husrah melainkan juga beberapa tokoh lain kita tidak perlu heran melihat gaya penulisan hideger dalam Sain und zeit dia itu penulis dengan klarifikasi konsep-konsep diterimanya dari Karl Mart 1886 sampai 1968 dalam komentarnya atas romear brive surat kepada Jemaat di Roma yang terbit pada 1918 juga banyak dipengaruhi oleh teologi psikologi Sorong 1813 sampai 1855 di samping teks klasik

Martin Luther dan Blaise Pascal 1623 sampai 1662 pemikiran mereka menggugah minat heideger untuk menempatkan angsa cemas di pusat pemikirannya dan sejauh bersentuhan dengan teologi juga banyak berdiskusi dengan Rudolf butman tahun 1884 sampai 1976 yang menjadikan sahabat sejak 1923 seorang teolog yang mengembangkan konsep demitologi sasi dalam eksegaf teks-teks kitab suci Kristiani dalam analisisnya tentang waktu header banyak dipengaruhi oleh wilheld Dil Hai 1833 sampai 1911 koresponden toko hermonetic ilmu-ilmu sosial ini dengan grafientwork tentang hakikat intuisi dan waktu memainkan peran kunci dalam Sain und zeit jika kita mengikuti dinamika Sain und zeit yang berfokus pada pengalaman-pengalaman negatif seperti dekadensi ambivalensi dan kekerabutan pengaruh pemikiran Oswald Bangles 1880 sampai 1936 mengenai runtuhnya peradaban Barat Dalam untergang disabendaldes keruntuhan barat tahun 1918 tidak boleh diabaikan Sain und zeit memang ditulis dalam situasi krisis politis dan historis yang parah di Eropa suasana hati yang Murung dan serba tak pasti disebarkan penulisnya dari pengalaman ke halaman buku tersebut sia-sia kita mencari kegembiraan tawa cinta atau kebahagiaan sebagai sesuatu yang positif dalam buku ini sebaliknya kecemasan dan kematian menjadi pemenang merah untuk menjerujui seluruh isinya ini semua tentu berakar pada konteks sejarah buku ini ditulis yaitu krisis dalam masyarakat Eropa diantara dua Perang Dunia 2.

  • Melampaui sejarah metafisika

Sain und zeit diawali dengan prolog yang kurang lazim untuk buku ilmiah prolog yang seolah datang dari surga rupanya penulis ingin memberi efek dramatis pada seluruh isi karyanya pelaku yang dijuluki oleh Allah filsafat barat oleh waller fard rafting muncul header mengutip aforia dari dialog sophietes 244a nah Kalian tentu sudah lama percaya begitu saja dengan apa yang kalian maksud kalau kalian memakai istilah ada namun yang kita dahulu yakin telah mengerti hal itu sekarang kebingungan proyek Sain und zeit dapat diketahui dari prolog ini heideger menggugat dua macam kelupaan akan ada sainsfer head yakni setelah melupakan apa itu ada dan juga telah melupakan kelupaan akan ada kebingungan yang dialami oleh para peserta dialog platform menurut heidigger berlangsung sampai dewasa ini dengan prolog itu ideal mementaskan dirinya sebagai seorang tokoh yang memegang suara era-era kelupaan akan ada penggolongan konkret pertanyaan tentang makna ada demikian merumuskan proyek itu adalah maksud pembahasan berikut interpretasi waktu sebagai Horizon yang mungkin dari setiap pemahaman tentang ada adalah tujuan sementara jadi tujuan sesungguhnya adalah menguak makna ada dan deskripsi metafisika tradisional untuk itu kita harus Melalui analisis tentang kemewaan Desain dengan kata lain ulasan Sain und zeit itu sendiri sebetulnya bukan tujuan sesungguhnya yang lain kan jalan menuju ke sana.

Buku ini terdiri atas dua bagian bagian pertama tentang interpretasi desain berdasarkan kemauan dan penjelasan tentang sebagai horizona Trans dental pertanyaan tentang adab bagian kedua tentang ciri-ciri dasar deskripsi fenomenologi atau sejarah ontologi berdasarkan benang merah problematika temporalitas bagian pertama terdiri dari tiga fragmen yaitu analisis pendahuluan yang fundamental tentang desain-design dan kemakwan dan waktu ada mulai fragmen ketiga dari bagian pertama dan seluruh bagian kedua tidak pernah diselesaikan oleh dager ia mengalami kemunculan berpikir di sini dan menjadi alasan kehree kembalikan dari kehree ini orang lalu membedakan 1 sampai pada Sain und zeit yang berfokus pada analisis desain dan hideger 2 pasca Sain und zeit yang memusatkan diri pada soal adab kita masih bisa mengetahui isi bagian kedua yang direncanakannya yaitu tentang Ajaran Immanuel kant 1724 sampai 1804 tentang waktu tentang konsep waktu Aristoteles.

Dari pendahuluan kita dapat mengikuti Proyek besar heideger buku ini tidak sekedar ingin memperlihatkan pertalian Antara Ada dan waktu dalam paragraf 6 tertulis proyek itu adalah deskripsi sejarah ontologis berpendapat bahwa Konsep waktu sejak lama ditandaikan begitu saja di dalam metafisika dunia abadi dan dunia fana misalnya adalah dua macam wilayah mengadai yang ditentukan oleh dua macam kriteria waktu dalam metafisika tradisional ini dia bikin waktu dipahami sebagai aliran-aliran saat-saat dan keabadian seolah-olah berada di luar aliran itu heidegger  menunjukkan bahwa seluruh tradisi pemikiran modern sejak dari descrates didasari oleh Konsep waktu tertentu tetapi kaitan antara waktu dan aku berpikir terselubung dalam kegelapan dan tak sekalipun dipersoalkan.

  • Sesuatu die kehre

Pemikiran heideger setelah Sain und zeit yaitu heideger 2 topik topik yang dibahasnya berkisar sekitar ada bahasa dan pemikiran dalam Sain und zeit humanisme surat tentang humanisme filsuf Prancis ini yang dipandangnya sebagai humanisme berbeda dari humanisme yang memahami manusia sebagai makhluk yang menentukan ada heiger berpendapat bahwa ada itu sendirilah yang meningkatkan diri kepada manusia melalui bahasa bahasa demikian katanya adalah rumah ada (das Haus des seins)". Dan manusia bermukim di dalam bahasa penyair dan pemikiran adalah penjaga rumah adat ini di hadapan ada manusia mengambil sikap dan disebutnya fasilitas bijak yakni membuka diri dengan cara ini heidenger mau meninggalkan cara berpikir argumentatif yang mendominasi pemikiran barat sejak Aristoteles pemikiran fundamental menurutnya bukan menganalisis melainkan mengingat ada agar ada itu terwahyukan.

Menurut heideger seni mengandung tegangan antara menyembunyikan dan menyingkap kebenaran mencipta sekaligus menyimpan yakni memberi tempat yang kudus kepada ada akhirnya ada juga berkaitan dengan teknik seperti terungkap dalam teks difragenage Dark taking persoalan teknik tahun 1953 teknik menurutnya menyelubungi ada alih-alih menyikapinya selubung itu sebetulnya bingkai ada yang beranggap dalam bingkai ini tidak menyatakan diri melainkan justru terabaikan teknik menjadi mimpi buruk bagi kita tetapi hideger masih menaruh harapan dengan mengutip holdren is watch does out Dimana ada bahaya disitulah bertambah juga yang menyelamatkan akhirnya karena bahasa metafisika tidak mampu menangkap ada hedeger pun mencoba mengembangkan bahasa sendiri dengan membaca puisi-puisi holdering Disini memakaian bahasa semi sakral yang menandaiger 2 mencapai puncak

BAB 4 

  • Membuat keseharian tembus pandang (asal usul kita diciptakan)

Untuk mengetahui poros filsafat Heidegger kita dapat mempertanyakan, bagaimana filsafat ini dapat memahmai seluruh realitas. Jawaban pertanyaan poros yang kit acari itu. Poros ini dalam pemikiran Heidegger adalah suatu distingsi induk yang dosebut pembedaan ontologis (ontologiache Differenz), yakni antara sein dan seindes. Kita dapat menejrjemahkan sein denga nada dan seindes dengan mangada. Sementara kata sein adalah kata dasar atau infinitive, kata seined adalah partizip I seperti ing-form dalam Bahasa inggris yang menunjukan suatu aktivitas, sehingga kita terjemahkan menjadi 'mengada". Untuk jelasnya kita ikuti bagaimana Heidengger membedakan keduannya.

Dan apakah ada (sein) ? jika kita mencakup segala entitas yanga da, apakah kita akan menemukan ada? Menurut Heidegger tidak. Ada bukanlah kumpulan atau jumlah mengada-mengada. Ada jelas sifatnya lebih umum. Tetapi bukanlah sekedar cakupan yang paling luas dari segala cakupan.

Betapa sulitnya memikirkan ini bila kita terpaku hanya pada hal-hal yang kasat mata. Hedegger bukan pesulap yang ingin menipu untul menyengkan kita, juka bukan duku yang menyimpulkan sesuatu dari kekuatan-kekuatan tak tampak. Heidengegr ingin mengajak kita memikirkan ini: jika mengada-mengada itu "ada" apa arti 'ada" itu sendiri? Kita sering berkata "O ya, saya "ada" disana" atau yah itu ada disan. Ia berkata bahwa "ada" mengada-mengada tentulah seusatu yang lain dari pada mengada-mengad aitu sendiri. Itulh yangs erring dilupakan orang.

menanyakan ada maksudnya tak lain adalah tidak sekedar menjalani hidup seperti orang utan atau tergeletak saja di garasi seperti mobil melainkan bergumul dengan dirinya sendiri dan bertanya Mengapa dia ada orang utan ada begitu saja dan mungkin tidak mengambil jarak terhadap adanya maka dia tak pernah menemukan adanya yang bisa melakukan itu hanyalah desain inilah nama baru yang manusia hehehe pernah menyebut manusia dalam bukunya karena istilah ini bisa bermakna keumuman suatu spesies.

Apa itu desain kata Jerman Ini berarti ada di sana kata ini tentu masih kabur maknanya sehingga orang akan bertanya lagi ada di mana jawabannya tetap ada di sana tetapi di sana itu di mana sampai di sini kita harus menjalani pemula dalam melihat Manusia lain Pak Soekarno yang berdiri di depan itu ada di sana di depan kita bagaimana ia bisa di sana betul dia datang dari Wonosobo ke Jakarta dan sekarang hadir di kantor kita tetapi asal Ini belum yang asli asal yang asli adalah kelahirannya ke dunia ini itulah kemungkinan ke di sananya jadi Pak Soekarno untuk pertama kalinya di sana saat ia dilahirkan oleh ibunya dan menjadi berada di dalam dunia tetapi kelahiran Ini juga masih belum asli betul karena masih bersifat biologistik dan belum ontologis asal yang lebih asli daripada kelahiran fisik adalah kenyataan bahwa Ia ada begitu saja kenyataan ini tidak hanya menjadi kelahiran biologis itu melainkan setiap kali melahir melihat Soekarno kita akan heran bahwa Ia ada begitu saja itu di sana dia hadapan kita.

Pada Dasein ini kita ditanyakan bahwa asal usul kita dicipatakan didunia ini dari mana sehingga merujuk pada suatu penciptaan yang telah mencipatakan kita mislanya manusia ataupun binatang dan yang lainnya. Artinya manusia tidak dapat berbentuk begitu saja tetapi ada yang menciptakannya itulah disebut dengan dasein. Ya ia disana yaknia da didalam dunia begitu saja tanpa mengetahui dari mana dan mau kemana. Itulah yang disbeut dengan faktisitas (faktizitat). Yakni kita ada diduina ini karna bersifat keniscayaan. Kita ada begitu saja, kita di sana di dalam dunia. Heidengger menyebutnya dengan keterlambatan (Geworfenheit). 

Orang saleh akan protes dnegan pendpaat ini, akrena agama jelas memberitahu bahw amanusia berasal dari Allah dan akan  Kembali kepada-Nya. Tetapi menurut Heidegger kesadaran ini harus ditangguhkan dulu, yakni diamsukan dalma tanda kurung dulu. Agama meskipun sangat holistic dan mendlaam hanyalah slaah satu cara untuk memhamai keterlambatan, tetapi faktisitas tetap, yakni bahwa kita "ada begitu saja". Jadi menurut Heidegger keterlambatan itu sendiri adalah primordial daripada cara-cara memahaminya.

Kita tentusaja dapat memeprosalkan pandnagan heidegegr itu. "leterlambatan" (Geworfenheit mengandung asumsi tentang tempat sebelumnya, misalnya bola terlempar drai tangan. Jadi kita akan bertanya terlempar dari mana? Jika dmeikian maka tentu ada sala dari keterlambatan itu entah apa. Tidakkah dengan dmeikian faktisitas bukan kata akhir? Masih ada runag untuk penjelasan bagi asal dasein, meski hal itu tidak ingin dimasukan oleh Heidegger

Maksud dari pendapat heideger dengan keterlambatan ini apa? Apakah keterlemabatan manusia diciptakan diduin atau keterlambatan manusia dalam memhami makna dia berada didunia ini. 

Kembali pada soal faktisitas itu. Mengada-mengada yang lain "ada begitu saja", tetapi mempersoalkan fakta tentang "ada begitu saja" ini, karena tidak mempunyai kases kea da mereka. Mengada-ngada lain itu seolah-olah tertutup pada dirinya sendiri. Dasein bisa mennayakan ada karena memiliki hubungan dengan Adanya, yakni terbuka terhadap Ada-nya,

artinya kita dapat menanykana ada begitu saja karna jika tidak memiliki akses kea da mereka (Tuhan) kita tidka daoat menjustivikasikan seustau karna kita tidak dapat terhubung terdap sesuatu yang mecipatakan kita didunia ini karna karna bersifat privat dalam penciptaan kita. Dasein dapat mepertanyakannya karana memiliki relasi dengannya. 

Artinya jika kita mengatakan aku ada apa arti ada di sini ada kita bukanlah sesuatu yang sudah jadi seperti jika orang bicara pensil itu ada kita ada berarti kita juga sedang mengada dan mengada berarti dalam proses menjadi ada maka dia lebih tepat mengatakan bahwa kita itu mungkin ada karena kita juga mungkin tiada Andaikan manusia itu tak dapat mati dia juga tidak mungkin Tiada Dan karena itu adanya bukan sesuatu mungkin ada melainkan ada berarti batu Muku atau pohon dengan kata lain Dasar adalah sesuatu menjadi karena terus-menerus mengada dan belum ada secara penuh dalam arti inilah edeger lalu menyebutnya bahwa desa adalah kemungkinan itu sendiri ada desain terdapat daripada sesuatu yang ia Tentukan sendiri

Maksud dari heidegegr bahwa kita tidak terbentuk begitu saj tetapi kita belum sbeenuhnya langsung ada tetapi melalui proses artinya kita Ketika ada didunia ini tidak mungkin langsung ada tanpa adnaya proses kita drai dilahirkan-menjalani kehidupan-bahkan smapai kita mati. Selama kita masi dikatakan makhluk hidup maka disitulah kita selalu berproses. 

 

  • Bermukim di Dunia dan Bergerak dalam Keseharian (manusia bukanlah benda)

Satu data yang krusial yangs erring kit abaikan bahwa kita ini adalah Manusia atau Dasein, berada didalam dunia, adakah yang istimewa dari kalimat itu yah berada didunia.

Tetapi Sebutan In-der-welt-sein untuk manusia itu merupakan sebuah pendirian mendasar bahwa eksistensi manusia desain terbatas di dunia ini di dalam agama-agama eksistensi manusia tidak terbatas di dunia ini melainkan ada pra eksistensi jiwa seperti dalam filsafat Plato ataupun dalam hinduisme dan budisme atau ada eksistensi pasca kematian seperti yakin dalam yudaisme kekristenan dan juga Islam dengan sebutan desain sebagai inderean berarti tidak ada dunia kedua bagi desain Manusia adalah makhluk yang hidup di dunia ini titik begitu dia tidak lagi ada dalam dunia ini dia tidak lagi desain artinya dia tidak lagi disebut sebagai manusia.

Hedenger mengatakan bahwa berada di dalam bagi desain atau manusia merupakan ciri dasarnya yang bersifat eksistensial berada di dalam dunia adalah nama lain dari desain artinya secara keseluruhan desain tak lagi daripada berada dalam dunia seperti yang telah Disinggung di atas ditampik kemungkinan bahwa manusia itu makhluk yang mengandung Keabadian Katakanlah berada di luar dunia Mati berarti tidak ada di dunia lagi bahasa Indonesia cukup bagus melukiskan itu yaitu meninggal dunia menurut berada dalam dunia adalah vaksin niscaya yang tak terbantahkan sebaliknya misalnya suatu Mengapa yang berada di luar dunia tidak dapat dikenakan pada ada desain.

Zuhan denes adalah benda-benda yang terlihat terlibat dan memiliki relasi dengan kita suatu landscape yang kita pandang dengan berjarak diwarnai oleh suasana hati kita entah sedih ceria atau takjub sehingga landscape itu adalah Yohanes sesuatu yang kehilangan cheatnya sebagai untuk sesuatu atau Netral terhadap keterlibatan kita akan kehilangan adanya sebagai zoones misalnya rongsokan yang tak terpakai lagi.

Pertanyaan selanjutnya apa yang mengesankan dari pendapat itu bukankah kita semua tahu bahwa alat-alat selalu untuk sesuatu sehingga tak perlu ontologi heideger Untuk itu kita bisa salah paham Kak lagi di sini dengan menguak struktur untuk sebagai cara mengada alat-alat heger menyumbangkan sesuatu yang penting distingsi cara-cara mengadai itu sekaligus memperlihatkan Bagaimana seharusnya bersikap terhadap mengada-ngada itu jadi sikap terhadap alat-alat adalah memanipulasi atau mempererat dan sikap ini tidak tepat jika ditetapkan pada desain atau manusia yang memiliki cara mengada yang bukan untuk sesuatu lain seorang budak misalnya adalah manusia atau desain yang diperlakukan sebagai Johan dan sebagai benda bukan sekedar baik atau buruk yang dipersoalkan di sini melainkan bahwa manusia dan alat secara ontologis berbeda yaitu secara adanya modus berbeda seseorang sebelum memikirkan cara berada alat-alat suatu metafisika atau seperti ini dan di sini juga ada ikut menghasilkan aliran dalam filsafat teknologi itu

poinnya Jadi maksudnya bahwa kita tidak bisa menyamakan antara manusia dan juga Zuhandenes atau ataupun benda atau teknologi dari sudut pandang ini melihat bahwa lancarnya atau munculnya teknologi itu transformasi itu menghasilkan manusia itu seperti benda manusia tidak dilihat sebagai cara pandang dia sebagai makhluk atau seseorang yang memiliki kehidupan tapi cara pandang itu berubah menjadi sesuatu hal yang dilihat dalam bentuk benda atau jenis seperti paku papan gergaji ataupun Palu teknologi melihat Manusia itu sebagai material sebagai benda bukan melihat manusia sebagai hakikatnya dia sebagai manusia

  • Larut dalam Keseharian (kehidupan Sosial/makhluk sosial-manusia serinh tidak menjadi dirinya dalam kehiupan sosial)

Mengada maca, ketiga yang ditemui Dasein dalam keseharian adalah Mitdasein. Kata mit berarti Bersama atau dengan. Mitdasein berarti berada disana Bersama-sama. Istilah yang elegan untuk menanndakan manusia adalah makhluk sosial.

Maksudnya keberadaan kita bersama orang-orang lain tidak bersifat kebetulan atau ditempelkan begitu saja melainkan termasuk cara mengada kita di dunia ini kita mengenal ada kita tidak hanya melalui diri kita sendiri melainkan juga melalui ada orang-orang lain atas dasar ada dalam dunia secara bersama ini Demikian tulisannya dunia sudah selalu merupakan dunia yang bersama dengan orang-orang Lain Dunia desain adalah dunia bersama ada dalam adalah bersama orang-orang lain.

Desain dalam keseharian berbedakah dia dari dasar yang tidak dalam keseharian menurut heideger manusia dan kesehatan memiliki cara mengadai yang berbeda dari cara mengada manusia yang sesungguhnya jadi manusia berbeda itu tidak dikenal diri Ia menyembunyikan dirinya yang sejati tetapi bukan dengan maksud menipu diri melainkan memang begitu cara mengada manusia sehari-hari yaitu terasing dari adanya sendiri perhatikanlah tetangga anda atau orang yang baru saja anda kenal di lobby hotel orang-orang ini mungkin dulu anda kenal lewat posisi sosialnya entah mereka dokter dosen monitor montir bos di suatu kantor atau Lurah begitu juga mereka mengenal anda dalam hal posisi sosial ini setiap orang dapat digantikan oleh sembarang orang lain itu tidak mengenal ada orang itu kecuali emblem sosialnya siapapun tahu bahwa emblem sosial macam ini dangkal dan tak mencerminkan diri sejatinya pandangan Celakanya kita terhadap gerak terhanyut dalam identitas keseharian ini jangan lupa akan ada kita.

Cara berbeda desain dalam kesehatan ini disebut oleh hedigger dasman kata impersonal yang berarti orang dalam bahasa Indonesia kata orang bersifat impersonal tidak menunjuk pada hidup seorang pribadi pun anonim kata orang begini orang begitu tak jelas Siapa yang berkata dan bilang kebersamaan demikian.

Drama desa yang terjadi di dua sisi pertama apabila dia melarutkan diri sepenuhnya pada cara mengada jasmani yakni menjadi anonim dengan mengikuti mode sebagai contoh orang kawin bukan karena keputusan personal tetapi karena orang tua dan kawan-kawannya kawin inilah pengasingan desain dari adanya kedua jika desain mengalami patahan dari alunan kesehariannya atau Katakanlah menyebul keluar kolam keseharian dan bergumul dengan adanya Pada momen inilah rasa cemas yang nanti masih akan kita bicarakan muncul pada momen ini orang mengambil keputusan eksistensial misalnya untuk menyukai seorang pribadi lain maka apa dramatis sesuatu dramatis bila ada ketegangan yang menimbulkan bersama ambigu yang ganjil itulah yang terjadi dalam drama desain drama itu tidak lain daripada paradoks yang ganjil antara penyingkapan dan ketersembunyian ada desain itu sendiri menurut pendapat heideger sejati sekaligus palsu bukan karena orang sengaja menjadi sejati sekaligus palsu melainkan karena ada manusia itu sendiri tidak bersikap seluruhnya seperti juga tidak seluruhnya terselubung.

Bab 5 

  • Drama Eksistensi Dari Keterlemparan Ke Kematian (tidak adanya keterbukaan       pada kehidupan sehari).

Dasein tidak pernah keluar sepenuhnya dari kesehariannya. Dasein juga tidak berasal dari sesuatu yang diatas kesehariannya, melainkan sudah senantiasa berada dalam kubangan keseharinnya. Sudah sejak awal dasein lupa-akan-ada dan bersifat ontis. Dia terlempar dalam keseharian. Itulah kedisanaannya. Heidegger memiliki istilah sendiri untuk kenyataan ini, yaitu, verfallenheit, yang artinya kejatuha, jatuh dari mana? Kejatuhan Dasein, kata Heidegger, tak boleh dimengerti sebagai jatuh dari suatu keadaan asali yang murni dan lebih tinggi Dasein sebagai yang terjatuh sudah jatuh dari dirinya sendiri sebagai berada didalam dunia yang bersifat faktis". Jadi larut dalam keseharian sudah merupakan ciri ada Dasein itu sendiri.

Bisakah saran haidiger menyarankan pembukaan diri membiarkan hati terbuka melihat ada atau membiarkan ada sendiri mewahyukan diri di dalam hati yang terbuka tersinggung kapan ada merupakan ciri eksistensial desain dengan kata lain desain adalah Lechtung. Arti kata ini adalah pembukaan atau pembersihan hutan namun heihor lebih mengaitkannya dengan leac yaitu cahaya maka berarti penerapan bahwa ada menyikapi diri berarti juga bahwa kebenaran adalah ketersembunyian atau dalam bahasa Yunani Alexia dalam ketersingkapan ini ada menampakkan diri sebagai jurang yang mengisap sebagai ketiadaan yang menyergap manusia dalam segala misterinya pada pembagian ini saya akan menjelajahi bagian-bagian sein und zeit dramatis dan menyangkut pembukaan diri.

b. Keterlemparan dan suasana Hati

            Dari mana Aku ke mana Aku dan mengapa aku ada pertempuran itu menggelisahkan hati setiap manusia yang dilahirkan ke dunia ini di mana mencari jawaban agama memberikan keyakinan berikut Tuhan telah menciptakan kita dialah asal dan tujuan hidup manusia dan kita ada untuk memuliakannya dan berbahagia di dunia ini jawaban-jawaban ini kedengarannya nyaman karena seolah pasti tetapi lihatlah apa Yang dilaporkan kemajuan sains manusia hanyalah setitik debu yang di permukaan butiran kecil bernama planet bumi sangat bermaknakah manusia? Atau dia hanya kebetulan ada sebagai organisme Katakanlah semacam improvisasi dalam proses evolusi kosmetik Andaikan sejak kecil ia tidak disosialisasikan dengan ajaran agama apa yang tersisa dalam kesadaran kita? Heidegger mencoba menjawabnya bukan secara teologis tetapi secara filosofis.

            Kritikus ang wes tikus keseharian menarik perhatian kita pada satu data umur ini kita manusia dan keserasian kita selalu menghayati suasana hati tertentu entah sedih marah senang atau dasar datar-datar saja itulah timun atau gerakan hati sehingga melihat sesuatu yang lebih dalam daripada siklus itu yakni suasana hati yang ada cara berada desain itu sendiri Kita menurut heideger sudah senantiasa ditala seperti senar gitar di tala suasana hati menala desain terhadap dunianya menandakan bahwa manusia tidak terkurung di dalam dirinya masih seperti batu melainkan membuka diri terhadap dunia suasana hati demikian hedeger membuat jelas Bagaimana seorang adat dan menjadi dalam Bagaimana seorang ada inilah suasana hati membawa ada sehingga di sana dannya menghayati suasana hati bagi Geger adalah suatu cara untuk.

Agama mungkin bisa membantu memberikan jawaban yang menenangkan tetapi ada saat-saat seseorang mengalami krisis hidup dan jawaban agama seolah tidak berfungsi untuk memenangkannya di dalam situasi macam itu keterlemparan bisa lebih berbicara dalam krisis hidup eksistensi dialami sebagai suatu kesenangan.

Suasana hati yang cukup kuat berkaitan dengan keberadaan desain di dalam dunia adalah rasa takut perasaan ini dihadapkan heideger bukan sekedar emosi rasa takut manusia lain daripada rasa takut seekor kucing terhadap anjing rasa takut manusia yang mengguncang dunia maknanya seorang pembawa paspor palsu misalnya merasa takut menghadapi kontrol ketat para pengawas di bandara setakut akan kemungkinan tertangkap itu sekedar mencengang emosinya melainkan juga membuatnya merasa tidak kerasan di tempat itu ketidakkerasan itu menandakan suatu menyangkut cara berada di dunia bukan sekedar emosi melainkan suatu gangguan terhadap keberadaannya di dalam dunia ini.

Hedigger kita perlu hati-hati di sini hideger tidak sedang berbicara tentang komunikasi verbal sehari-hari melainkan tentang komunikasi esensial kontak dengan ada desain maka secara tidak lazim heideger memahami ketiga fenomena Komunikasi itu sebagai suasana suasana hati seperti memahami berciri tidak reflektif menafsirkan juga berakar pada para paham yang diterima dari penafsir begitu saja dan tak didiskusikan dan para paham ini berkaitan dengan kata-kata ini Dikembalikan pada makna dasarnya memiliki lebih dahulu Melihat lebih dahulu dan menangkap lebih dahulu

c. kecemasan dan kejatuhan (Angsh kecemasan pada diri manusia, mempertannyakan serta penasaran terhadap sesuatu yang baru)

            ada satu suasana hati dasar yang mendahului atau lebih orimordiak daripada segala suasana hati yang lain. Suasana hati itu adalah (angst). Suasana hati ,acam itu tidak bersifat keseharian, meliankan menukik ke dalam ada Dasein itu sendiri. Rasa cemas, menurut Heidegger berbeda dari rasa takut (furcht). Objek rasa takut itu jelas , yaitu suatu entitas. Misalnya polisi yang Ketika berada dikuburan yang gelap membuat bulu kuudp berdiri. Objek kecemasan, kata Heidegger adalah berada d dalam dunia itu sendiri. Angst. Rasa cemas, timbul dari totalitas disposisi dasar kita yang beradadi dalam dunia.

            Jangan kata lain kecemasan di satu pihak adalah suasana hati dasarnya yang menyingkapkan keterlemparan desain tetapi di lain pihak adalah suasana hati yang timbul dengan latar belakang persingkapannya keterlemparan itu dalam suatu momen eksistensial geocemasan demikian desain pada berada dalam dunia yang tak dapat dipertukarkan dengan orang lain berkaitan dengan ada suasana hati ini menghempaskan kita pada eksistensi kita di dunia ini yaitu menyingkap bahwa kita ini ada untuk kemungkinan kita sendiri atau sein zum eigensten sein-konnen). Jadi kecemasan menguap kebebasan eksistensial kita kita cemas karena menyadari kebebasan kita dan kita bebas dalam kecemasan itu.

manusia cemas Justru karena melompat ke dalam kekosongan rasa cemas itu selalu dihayati sebagai-unheilace yaitu yang asing ganjil mengerikan dan tidak nyaman orang tidak hanya terdampar ketiadaan melainkan juga tak di manapun Apakah ini merupakan gaungsilisme yang disebutkan di akhir abad ke-19 oleh Nabi sekuler Netzen ini bertanya sukar untuk harus dijawab hati-hati.

Dasar ada manusia adalah suatu Palung tanpa dasar suatu ketiadaan dasar suatu Niche atau kediadaan maksudnya ada manusia itu secara mendasarnya adalah suatu ketiadaan dirinya sendiri bagaimana memahami paradoks ini keterlemparan dasar itulah yang menunjukkan bahwa ada mendesain adalah suatu ketiadaan karena desain tak ada suatu asal pun yang diketahuinya dan menuju ke atas suatu tujuan pun yang sudah ditetapkan sebelumnya seperti sudah dikatakan di atas desain adalah begitu saja tetapi ketiadaan sama sekali tidak berarti tak adanya melainkan suatu ketiadaan menentukan ada desain ini keterlantarannya

            Harus dikatakan bahwa di dalam pemikiran hedigger ini tidak ada iman yang baginya lebih otentik daripada iman sesuatu yang baginya akan memberi kepastian kepada manusia adalah kizimasan ekstensial angs manusia autentik tidak lari dari kecemasannya ke dalam iman karena bermukim dalam kecemasan adalah akses ke dalam adanya.

Seperti sudah di singgung di atas hedinger membedakan antara ontis dan juga ontologis. Pararel dengan ini ia juga membedakan otentitas dengan inotentitas dosen menjadi otentik jika membuka diri terhadap adanya dengan mencandra keseharian secara mendalam desain menjadi inotentik jika larut dalam kisaran menjadi dasman kecemasan adalah tanda momen otentik tetapi suasana hati ini tidak nyaman maka orang cenderung lari darinya. Kecemasan adalah tanda kebebasan.

Larut dalam keseharian dan benanitasnya berarti juga membiarkan diri diseret oleh rasa ingin tahu kata ini dikembalikan ke arti dasarnya itu Gear yang artinya kerakusan dan new yang artinya baru orang yang diseret rasa ingin tahu ingin melihat tetapi tidak untuk mengerti yang dilihat melainkan hanya untuk melihat Entah mengapa dan untuk apa dia hanya ingin mencari yang baru untuk merasakan kebaruan itu tanpa tahu mengapa itu baru.

Keinginan dan obrolan adalah suasana suasana hati keseharian jasmani yang membuat desain lupa akan kecemasannya dan menjadi tidak otentik dengan dirinya sendiri heiger menyebut larut desain dalam keseharian das Verffalen yang berarti kejatuhan kemerosotan kemunduran keruntuhan kejatuhan desain tulis heidege r tidak boleh dimengerti sebagai kejatuhan dari suatu keadaan asal yang lebih murni dan lebih tinggi desain sebagai yang jatuh sudah jatuh dari dirinya sendiri sebagai berada dalam dunia yang bersifat faktis.

Jadi keterlampean itu sendiri sudah merupakan kejatuhan yang membuat keterlantaran inotetik karena dosen sejak awal sudah condong untuk lari darinya keterlemparan makin tidak otentik jika dasar membiarkan dirinya diseret keseharian dengan gerak kejatuhannya mulai dari golongan melalui kenyamanan dan keterasingan menuju keterjebakan jika demikian Apakah manusia yang otentik itu eksistensi yang autentik jawabnya bukanlah sesuatu yang melayang-layang di atas keseharian yang jatuh melainkan secara eksistensial hanyalah suatu upaya menangkap keseharian secara termodifikasi krisis ini Sentral keseharian bukanlah sesuatu yang negatif melainkan netral dan merupakan tanah air bagi autentitas itu sendiri Sementara otentitas adalah rasa puas diri terhadap keseharian autentitas bisa dilihat sebagai sikap sadar akan keseharian manusia yang autentik tidak berada di luar keseharian ia berada di dalamnya tetapi tidak ikut arus se olah Mendayung kapal eksistensialnya dengan kesadaran penuh akan arus yang melawannya arus itu cara berada dalam keseharian dasman dan perlawanan itu adalah kecemasan eksistensial pergumulan dengan adanya keterangan dari keterlemparan kesadaran inilah yang mencemaskan karena ia tahu bahwa ia tak tahu dari mana ke mana tetapi toh harus bergerak menuju ke suatu arah.

Kita boleh mengatakan bahwa Sein und zeit merupakan cara berfilsafat sesudah netze mengumumkan Allah sudah mati Jika Allah sudah mati suatu pandangan ini semua yaitu vacuum nilai-nilai terhampar dihadapan manusia tetapi manusia terpaksa menentukan sendiri Bukankah hal ini tidak lain daripada memahami keterlantaran melalui rancangan seperti yang dimaksud oleh Geger dalam bukunya

d. ada-menuju-kematian (sorge ; masa depan, terlmpar di dunia dan larut dalam keseharian, akhir dari kehidupan manusia yakni tod kematian. Manusia yang tidak mempersiapkan diri hanya mengamnggap kematian sebagai hal yang nanti akan terjadi dan mereka mengasingkan diri dnegan cara tidak memikirkan kematian, dasein atau manusia yang otentik merukana manusia yang mempersiapkan kematiannya atau disebut dengan antisipasi)

            Heideger mencoba menemukan Suatu sikap purba dalam diri manusia sikap fundamental dan total terhadap adanya di dunia ini sikap itulah yang menurutnya menjadi akar-akar eksistensial suasana suasana hati yang telah dibahas di atas atau dengan kata lain sikap itu merupakan struktur total ada desain yang merangkum segala keter situasinya baik yang entitas maupun ontologis sikap itu disebut sorge Jika ditanya Apakah ada desain yang dicari-cari itu jawabannya adalah sorge manusia tanpa surga bukanlah manusia karena ia tidak ada sebagai manusia tetapi manusia semacam itu tentu tidak ada seorang pembunuh berdarah dingin pun yang tampaknya tidak takut mati dan tak cemas sibuk menyiapkan pistol dan menjaga diri agar tidak cepat mati karena ia  berstruktur sorge mencakup seluruh eksistensi manusia.

Filsuf ini merumuskan konsep sorga dalam satu kata panjang sebagai berikut : Sich-vorweg-schon-sein-in-(der-Welt-)als sein-bei (innerweltlich begegnendem seiende). Iya harus diucapkan sebagai satu kata-kata aneh yang menegangkan warlah kita tilik artinya ; (1) sich vorweg berarti mendahului dan inilah eksistensialitas Dasein (2) schon sein in der welt berartu sudah ada di dalam dunia dan inilah faktisitas dasein (3) sein bei innerweltlich begegnendem seienden berarti bermukim pada entitas  yang dijumpai di dunia ini Dan inilah kejatuhan desain Apa yang dimaksud di sini sorge adalah keseluruhan ada desain yang serentak memuat tiga hal yakni mengantisipasi masa depan terlempar di dunia dan larut dalam keseharian serentak ya karena dalam surga keterlemparan antisipasi dan kelarutan untuk menjadi satu dalam satu sikap yang paling mendasar sebagai manusia surga tak lain dari sini ringkas drama desain sebagai dalam dunia ada satu hal lagi yang belum dibicarakan di atas yaitu unsur antisipasi masa depan itulah kematian.

Kedua dan tak ada eksistensi kedua maka sorge Ada Karena manusia ada begitu saja larut dalam kelupaan akan ada dan ada Menuju Akhir tragis atau herois tidak kedua-duanya melainkan vaksisitas conditio humana yang tak terrelakan en tadi tanggapi secara tragis ataupun herois sama saja fasilitas itu niscaya Andaikan manusia tidak berakhir kita tidak dapat membayangkan bahwa manusia memiliki surga dan jika surga tidak ada seluruh makna dan pemaknaan hidup desain atau manusia yang bertumpu pada Horizon masa depannya juga sirna jadi kematian penting untuk kehidupan dan merenungan kematian lain daripada merentungan kehidupan itu sendiri.

Renungan tentang kematian terletak di jantung Sein und zeit sebagai keseluruhan dari keseluruhan struktur desain sorga merupakan suatu gerak atau dinamika yang belum definitif bahwa salah satu momennya sick War Wing mendahului berarti bahwa surga adalah peningkatan terus-menerus ada desain adalah kemungkinan maka ada di ini lebih merupakan suatu gerakan terus-menerus menuju dirinya daripada merupakan suatu yang sudah jadi rumusan filosofisnya adalah demikian manusia itu lebih menjadi daripada ada dalam arti selama desain sebagai mengada-ngada ia tak pernah mencapai keseluruhannya.

Kapan Dasan mencapai totalitas adanya dalam kematian tut kematian adalah Zain totalitas ada desain tetapi persis pada titik itu pula desain kehilangan adanya suatu Nadir ontologis karena desain berhenti sebagai berada di dunia absurd inilah paradoks Dan Tiada di satu titik yang disebut kematian seperti sebelum kelahiran tak ada pra eksistensi jiwa sebagaimana dipikirkan Plato begitu juga setelah kematian tak ada Keabadian seperti dibayangkan oleh agama-agama monoteis desain berhenti dengan kematian dan berubah menjadi entah mayat atau tak terpakai misalnya bahan optis. Kedengaran seperti absuritas ini tidak Absolut melainkan praktis yaitu memang malaikat pada eksistensi manusia itu sendiri selebihnya misalnya Keabadian ada di luar jangkauan ada desain namun menyisakan suatu ruang untuk menghormati desain yang telah berhenti itu manusia yang mati lebih daripada sungguh daging dan menjadi almarhum yang bermartabat kontak dengan adanya tidak berhenti bukan Keabadian jiwa yang diacu di sini melainkan pengalaman akan dunia bersama Masih Membekas pada mereka yang tinggalkan hubungan dengan mati seolah masih bermukim di dalam dunia bersama itu sehingga yang mati lebih daripada sekedar jenazah ciri lebih itu dikatakan semacam sedimentasi memori hasil kebiasaan kontak makna dengan selama ini.

Tak ada yang lebih menenangkan daripada pikiran bahwa kita tidak sendiri mengalami kematian tetapi itu hanyalah pikiran karena dalam kenyataan kita selalu mengalami kematian seorang diri dan sendirian masih banyak hiburan atau bius selain Misalnya kata-kata ini mereka Para pahlawan telah mati demi bangsa dan negara yang dipersoalkan bukan kematian isi kalimat ini melainkan fungsinya dengan kata-kata ini kematian tidak hanya menjadi eksternal dengan kata-kata ini kematian tidak hanya menjadi eksternal terhadap kita melainkan juga dikehendaki kata-kata semacam itu mula-mula menggoda desain untuk melupakan kematiannya sendiri yang datang menyongsong setiap saat lalu menenangkannya dan akhirnya mengasingkannya.

Apa Kata dosen yang telah terasing itu ah jangan terlalu dipikirkan Semua orang pasti mati katanya sambil mulai sibuk lagi mengetik di telepon pintar untuk mengurus bisnisnya tetapi Itulah ciri jasmani itu lari dari kecemasan dengan menguburnya dalam aktivitas anggapan umum orang bilang tulisan hideger kematian pasti datang tetapi sementara ini belum dengan tetapi ini orang menyangkal kepastian kematian dengan begitu orang menyelubungi kekhasan ke pasien kematian bahwa ia mungkin setiap saat dengan menganggapnya sebagai hal umum yang niscaya ciri kemungkinannya bilang sehingga tak perlu dijelaskan lagi di sini orang tidak hanya lupa akan adanya melainkan juga lupa akan kemungkinan ketiadaannya.

Bagaimana dengan desain yang otentik ia akan menyongsong kematiannya sebagai kemungkinannya sendiri untuk sikap otentik itu hedegan menciptakan istilah vorlaufen arti kata ini adalah lari ke depan kita bisa mengartikannya sebagai antisipasi mengantisipasi kematian menjadi manakala kita menjadi keterlambatan dalam kecemasan eksistensial yaitu Saat krisis untuk mengambil keputusan penting menentukan arah hidup bahwa kita menjadi kesendirian dengan diri kita sendiri pada saat itu hal itu merupakan antisipasi kematian itu terjadi manakala kita menyadari keterlambatan dalam kecemasan eksistensial yaitu Saat krisis untuk mengambil keputusan penting yang menentukan arah hidup bahwa kita menjadi sendirian dengan diri kita sendiri isolasi ini Demikian heideger menguap bahwa segala ada pada kesibukan sehari-hari dan setiap kebersamaan dengan orang-orang lain tidak berfungsi lagi jika itu menyangkut kemungkinan yang paling asli keputusan menjadi otentik jika mengantisipasi kematian yaitu kalau keputusan itu tidak disesali menjelang kematian Bagaimana kematian dan keputusan eksistensial berhubungan satu sama lain keputusan selalu mengantisipasi yang akan datang kita boleh dihadapkan dengan kemungkinan kita sendiri atau harus lompat ke dalam kemungkinan itu sikap berani menghadapi kemungkinan yang paling khas Ini lain daripada sikap membuka diri terhadap kematiannya sendiri karena dengan kematian kita dihadapkan dengan kemungkinan kita yang paling singular jadi aku autentik tidak hanya dalam obrolan ataupun membiarkan diri diseret keinginannya untuk tahu urusan orang lain melainkan berupaya memahami keterlantarannya dan bercakap-cakap secara eksistensial dengan rancangan hidup dengan mengantisipasi kematiannya desain tidak hanya menyadari terbenamnya di dalam jasmani atau keseharian melainkan juga di bawah kepada kemungkinannya untuk menjadi diri sendiri inilah yang mengalami kebebasan eksistensial yang menurut herider tak lain daripada kebebasan menuju kematian (Freiheut zum Tode).

e.. Moralitas atau Natalitas (manusia yang memiliki haran dalam memeprsiapkan kematiannya)

            Berada dalam dunia sebagai berada menuju kematian merupakan sebuah pendirian ontologis yang meyakinkan pertama kematian memiliki ciri keniscayaan tidak dapat dielakan oleh siapapun sebagaimana keterlantaran kematian juga merupakan faktivitas kedua kematian merupakan tetapi Horizon eksistensi desain sebagai berada di dalam dunia dalam arti ini benar bahwa eksistensi desain tidak awal dibayangi oleh kematiannya sedegan adalah salah seorang filsuf barat yang merenungkan kematian secara radikal dan menempatkannya di pusat eksistensi manusia.

Gila kematian sebagai tepi Horizon eksistensi manusia yang ia sebut berada Menuju Akhir memaknai eksistensi manusia kematian menjadi dasar memakna eksistensi ataupun secara eksistensi tidak lain daripada kematian tindakan dengan demikian moralitas mendapat prioritas atas eksistensi pandangan ini membuat harapan manusia menjadi tidak masuk akal karena berpikir dengan kesia-siaan tidak ada yang lebih absurd daripada berada untuk tiada perspektif ontologis akan berubah bila eksistensi tidak dimaknai dari kematian melainkan dari harapan harapan selalu merupakan pelampawan ketiadaan maka di dalamnya eksistensilah yang mendapat prioritas moralitas yang sekalipun berada menuju kematian manusia memiliki harapan melihat kematian KUA berada Menuju Akhir secara berbeda-beda daripada manusia yang tidak berharapan bukan kematian makna eksistensi yang melainkan eksistensi memaknai kematiannya bahkan dengan makna yang melampaui keberagaman

pemahaman atas eksistensi manusia tentu sangat berbeda bila alih-alih kematian kelahiran ditempatkan pada pusat eksistensi juga kalau kelahiran dipandang sebagai keterlantaran kelahiran memberi makna yang berbeda pada eksistensi karena dalam kelahiran ada permulaan baru Maka fenomena harapan dapat diletakkan di sana dalam natalitas ekstensi mendapat prioritas atas moralitas manusia tidak lahir sekali saja sejauh kita memahami kelahiran sebagai kemampuan untuk memulai sesuatu secara baru memang aliran biologis itu sekali saja tetapi secara eksistensial manusia bisa lahir berkali-kali Karena manusia mampu memulai lagi berkali-kali yaitu dengan bertindak pendirian berbeda dari dapat kita temukan dalam pemikiran orang yang sangat dikenal oleh Tuhan dengan menempatkan Natalis di pusat eksistensi berada dalam dunia tidak perlu dipahami sebagai berada menuju kematian melainkan sebagai beranda untuk  memulai lagi.

BAB 6

  •  Menjinakkan Waktu Dengan Mencandra Keseharian

            Jika ingat kembali pada proyek sein und zeit yakni destruksi mata fisika kehadiran kita dapat memahami mengapa seluruh pemikiran heiger dalam karunia itu bermuara pada waktu yaitu karena waktu merupakan Horizon pemahaman akan ada segala permulaan dengan ada sains sebenarnya sudah mengusung waktu Zeit di dalamnya berangkatlah dari skema umum ke terlemparan keseharian dan kematian maka struktur waktu sudah terbayang di dalamnya sekurangnya dalam bentuk kasar vulgar yaitu lalu Kini Dan Nanti Jika desain adalah berada menuju kematian maka ia bukan sekedar ada Saya ingin melainkan menjadi werden dan menjadi adalah suatu gerak atau perubahan terus-menerus ada desain adalah kemungkinan dan ini persis gerak perubahan menjadi adalah adanya artinya manusia itu ada dengan menjadi dan menjadi dengan adanya itulah ungkapan lain dari ungkapan bahwa hakikat desain terletak pada eksistensinya yang tertulis di awal buku heideger itu mendengarkan.

Pada hemat saya hideger dapat disebut penjinak waktu liarkah waktu-waktu itu liar jika manusia diseret dan didikte olehnya sehingga tak lebih mampu menghayati ke dalam hidup Time is money slogan menjamin Franklin ini merupakan bagian dari didiktoran oleh tak seorangpun di satu pihak uang yang tak lain daripada kode person atau kesibukan keseharian melindas dan mendefinisikan waktu di lain pihak waktu itu tidak lagi di Candra sebagai waktu melainkan sebagai zuhan Den piranti sebagai model atau entitas yang bisa dieksploitasi dan dimanipulasi waktu itu jinak bukan jinak manusia mampu mengontrolnya melainkan membuka diri terhadapnya dan menghayatinya sebagai dirinya sendiri waktu yang jinak tidak eksternal terhadap manusia Karena manusia itu sendiri waktu menjinakkan waktu dan mistik keseharian adalah suatu dan yang sama karena mencret ke dalam kesaren secara seluas-luasnya dan sedalam-dalamnya berarti juga mencandra waktu kita bisa menyebut petugas mercusuar penjaga pintu rel kereta penjaga malam dan seterusnya sebagai penjinak waktu karena mereka tidak dikejar-kejar waktu selalu punya waktu dan berteman dengan kesunyian.

b. Waktu dan Kemewaktuan (waktu yang dimaksudkan disini merupakan waktu struktur-struktur manusia sehingga bersifat eksistensial. Keberadaan waktu, maksudnya wkatu kita bayangkan sebagai sekuensi titik-titik waktu yang muncul satu setelah yang lain titik yang lewat kita sebut masa lalu, titik yang berada kita sebut masa kini dan titik yang bekum dating kita sbeut masa depan. Innerzeitigket adalah apa yang diatas kita bicarakan sebagai waktu objektif. Allah atau malaikat yang dibayangkan dalam metafisika dan agama-agama ada diluar sekuensi waktu sehingga bersifat abadi. Kemaktuan lebih primordial dan lebih otentik dari pada detik-detik, menit-menit, jam-jam, gari-hari dan seterusnya yang kita ukur secara objektif.)

Apakah waktu itu dia ada di luar sana atau di dalam sini tanyakan kepada orang lain di jalan apa itu waktu maka orang itu akan menunjukkan zuhan Deni yakni piranti-peranti pengukur waktu seperti arloji Klender petunjuk waktu pada telepon seluler atau pada komputer kronometer ini tidak hanya mengukur waktu melainkan juga mengontrol waktu sedemikian rupa sehingga semua orang mematuhinya akan menyatukan pengalaman sesuai dengan angka-angka yang ditunjukkan oleh kronolog waktu itu. Tetapi sesungguhnya waktu yang telah memiliki kita pada hari itu.

Manusia memang cenderung mengukur waktu mulai dengan jam matahari jam air jam pasir lalu jam mekanik jam atom dan cahaya kalau tak ada ini semua sekurangnya musim-musim atau peredaran matahari dan bulan bisa menangkap waktu sesuatu kali ini di satu desa di lereng gunung ungkaran saya bertanya kepada salah seorang penduduk berapa lama waktu yang mereka perlukan untuk turun ke pasar satu isapan Kretek jawabannya yakni satu hisapan kritik sebagai satuan yang sangat tidak pasti ini adalah ungkap upaya menangkap waktu dan menguasainya dengan cara-cara di atas kronometer kalender dan satu hisapan Kretek waktu itu dalam sini objektifnya akan menjadi waktu di luar sana waktu kita kontrol sekaligus mengontrol kita.

Dunia modern adalah dunia yang suka mengukur kecepatan untuk mempercepat proses dan dengan cara ini waktu dikontrol.

Ungkapan membosankan atau membuang waktu bisa saja menyesatkan sebab kalau tidak melakukan sesuatu kita pasti melakukan sesuatu yang lain agar tidak membuang waktu artinya waktu selalu dipakai untuk sesuatu entah berceloteh atau menunggu. Waktu tergantung pada pemaknaan waktu yang bisa berbeda dari kultur ke kultur modernitas sudah menekankan diktatorannya sendiri dengan mencanangkan Time is money sebagai informatif universal yang sejajar lahan membuat penghayatan terhadap waktu yang berorientasi pada pemberi perhatian kepada orang lain makin tergeser oleh pemakaian waktu sebagai sumber daya yang bisa habis. Bahwa waktu berbeda dari kultur ke kultur sudah memperlihatkan bahwa waktu tidak sekedar di luar sana melainkan juga di dalam sini.

Presisi satuan durasi ini sangat mengesankan waktu dibayangkan berbagai segmen-segmen yang bisa dibelah-belah yang satu terjadi setelah yang lain dan satu rentetan itulah durasi yang terbagi-bagi menjadi yang lalu yang kini dan yang nanti tapi jika dicermati akan tampak bahwa detik objek itu merupakan objektivasi durasi yang sesungguhnya yaitu durasi dalam sini atau jam hati Bagaimana jam hati berdetak detak jam hati bukan detik maka tak tetap bisa melar.

Waktu heran direnungkan oleh heidgger dalam sein und zeit juga tidak di luar sana Tetapi apakah waktu di dalam sini Apakah waktu psikis dibicarakan di dalam buku ini seperti diulas dalam Bab 1 heidegan memakai pendekatan fenomenologis dan pendekatan ini merupakan suatu upaya mengatasi baik psikologis maupun logisme karena itu waktu yang dibicarakan oleh hideger tidak identik dengan waktu psikis yang baru saja dibahas di atas waktu bukanlah fenomena psikis belaka melainkan menyangkut struktur ada manusia sehingga bersifat eksistensial menyangkut ada desain waktu ada di dalam sini sekaligus di luar sana.

Hedenger membedakan dua macam waktu inner zaitun keit dan zaytic keit 2 kata ini pasti sulit dimengerti bukan hanya oleh pembacaan Indonesia saja melainkan juga oleh mereka yang berbahasa Jerman karena mengandung pengertian tak ada dalam kamus Jerman kata ini adalah pembedaan dari Inter Z Di Dalam waktu maka inerzating dapat diterjemahkan sebagai keberadaan di dalam waktu apa yang dimaksudnya waktu selalu kita bayangkan sebagai sekuensi titik-titik waktu yang muncul satu setelah yang lain titik yang lewat kita sebut masa lalu titik tempat kita berada kita sebut masa kini dan titik yang sebelum datang kita sebut masa depan kita membayangkan bahwa semua benda dan makhluk di dunia ini ada di dalam aliran waktu tersebut seperti batu-batu di dalam Sungai yang mengalir Konsep waktu macam ini disebut vulgaris konsep vulgar tentang waktu dan menjadi asumsi dasar tidak hanya dalam filsafat sejak art melalui kan sampai higer melainkan juga dalam fisika sejak Newton inerzating Cate adalah waktu yang di atas kita bicarakan sebagai waktu objektif konsep vulgar ini menurut Geger tidak cocok untuk desain melainkan untuk mengada-ngada lain konsep Keabadian sesuatu yang dibayangkan dalam agama-agama dan juga filsafat selama berabad-abad juga berpihak di luar sekuensi waktu atau menetap dalam kekinian kucing yang menunggu makanan ada di dalam siklus waktu Allah atau malaikat yang dibayangkan dalam metafisika dan agama-agama ada di luar sekuen waktu sehingga bersifat abadi.

Menurut heideger zaidlicate hanya cocok untuk desain kata zaylik dalam bahasa Jerman berarti sementara dan menyangkut waktu atau temporer kata ini tak bisa disamakan dengan temporalitas Karena hideger memaknainya untuk ada sein bukan desain untuk mengada-ngada lainnya karena itu saya menyarankan kata bentukan dalam bahasa Indonesia kemaktuan kalaupun mau dikaitkan dengan temporalitas kemauan adalah temporalitas desain desain itu zaidlic yaitu kemauan waktu karena berbeda dari mengada-ngada lain selain tidak sekedar pasif ada di dalam waktu melainkan aktif 5 waktu jadi berbeda dari kucing yang menunggu makanan manusia tidak sekedar Menanti kedatangan saat makan menurunkan juga memaknai saat-saat menunggu itu menunggu sebagai aspek waktuan keadaannya mirip dengan ada di dalam dunia yang bagi desain tak sekedar berarti terletak di satu titik dalam dunia lain dunia ini melainkan aktif menyiapkan atau meruangkan dunia Jadi Ger mengatakan bahwa konsep vulgar tentang waktu inner singkat berakar padat 5 waktuan konsep vulgar tentang waktu tulisannya berasal dari penyamaran waktu asal waktu asalnya yaitu ke waktu yang berbeda-beda dari orang ke orang dipukul berapa menjadi waktu objektif maka waktu objektif ini berasal dari kemung waktuan atau kemampuan lebih primodial dan lebih entitas daripada detik-detik menit-menit jam-jam hari-hari dan seterusnya yang kita ukur secara objektif.

c. Mencandra Kemewaktuan (manusia menunggu yang dating menghampirinya, apa yang dating menghampirinya kematian, dasein adalah menuju kematian masa depan adalah kematian yang dating menghampirinya. Dasein adalah kemewaktuan itu sendiri, kemewaktuan yang dihayati,)     

            Penjinakan waktu dan mistik keseharian adalah satu dan sama demikian selesai singgung di atas waktu atau lebih tepatnya ke mangkuan dosa yang dicari dengan mencandra kecarian keseharian adalah bersibuk dengan alat-alat menunggu seseorang membiarkan hal-hal terjadi lupa akan sesuatu ikut kata orang mengambil keputusan memahami berbincang-bincang dengan teman-teman main kartu sampai pagi di gardu jaga malam dan sebagainya sehingga semua waktuan juga dapat ditemukan di situ berarti memang ada waktu untuk anda maka berapa lama juga merasakan pendekatannya juga.

Untuk memahami jumlah waktuan yang dimaksud oleh hedigger marilah kita membayangkan bahwa semua pengukur waktu yang ada di sekitar kita dan di dunia ini dilenyapkan kalender kalender dibakar Ar Rojak arloji dibuang jauh-jauh musik kronometer pada telepon seluler dihapus penunjuk waktu pada komputer dimatikan siaran-siaran berita dijauhkan dari catatan waktu mungkin memori waktu masih ada maka perlahan-lahan juga harus sirna Andaikata keadaan vakum mengukur waktu ini terdiri sempurna Andaikata waktu objektif hilang apa yang tersisa manusia tanpa waktu objektif tetap mengarahkan diri kepada masa depan yakni membuka diri terhadap yang akan datang menghampirinya apa yang menghampirinya itulah kematian dari kematian inilah seluruh kemauan manusia ditentukan dengan khawatir manusia tidak lagi mau waktu-waktu bersesudahan pada kematian sehingga kematianlah yang menstrukturkan kemauan manusia orang berkata tentang orang yang menjelang ajal sudah hampir tiba saatnya kata-kata ini tepat sekali melukiskan bagaimana kematian dan waktu saling berkaitan dalam diri manusia.

Kata hedigger seperti yang sudah dibicarakan di atas desain adalah berada menuju kematian dan dalam menuju kematian itu dasar berhadapan dengan kemungkinannya sendiri yang paling khas miliknya kalau demikian masa depan terkait erat dengan kemungkinan Ini masa depan di sini lanjutannya tak berarti yang sekarang sebelum sesungguh-sungguh jadi atau baru akan ada melainkan kedatangan yang di dalamnya desain datang menghampiri dirinya sendiri dengan kemungkinan yang paling khas miliknya masa depan adalah kematian yang datang menghampiri pesimisme apa yang disebarkan dalam tesis semacam ini ini bukan fasisme melainkan penunjuk keniscayaan eksistensi manusia hanya karena kita bisa mati maka hidup mempunyai makna dan akan ada waktu untuk mengisi hidup Andaikan Manusia tak dapat mati Bukan saja hidup kehilangan maknanya karena rancangan Hidup Hanya membikin dalam Horizon kematian tetapi waktu dan waktu Tuan juga tidak mungkin.

Mencandra ke maklumat adalah mencret keseharian keseharian telah dijelaskan di atas sebagai beradab di dalam dunia ke di dalam desain berbeda dari mengada-mengada lain yang terletak di suatu ruang manusia aktif menduniakan ruangan tempat ia berada yakni lewat kesibukan praktis terhadap alat-alat dan benda-benda dan memelihara atau memperlihatkan orang-orang lain.

Desain dengan jalan itu dosen memahami keberadaan di dunia ini menyusun rencana hidup untuk mewujudkan kemungkinan-kemungkinannya memang saat tenggelam dalam obrolan atau diseret terasa ingin tahu orang menjadi tidak bening terhadap dirinya sendiri ia jatuh ke dalam cara berbeda dasman antara lain ikut merasa menghendaki atau berpikir sama seperti tetangganya.

Sudah dijelaskan bahwa sorge ada lah ada desain manusia bukan satu-satunya mana ada yang sekedar memiliki sorge kata memiliki terlalu eksternal lebih tepat apabila dikatakan bahwa manusia satu-satunya mana ada yang menyingkapkan diri sebagai surga karena ada di sana adalah surga dan surga prioritas masa depan kemungkinan saya juga merupakan ada desain Apa artinya kemungkinan adalah ada desain artinya masa depan merupakan struktur ada desain dan karena masa depan adalah tema waktu yang primordial kita juga boleh mengatakan bahwa ada tulisan adalah semua waktuan yang lain daripada makna Surga itu sendiri lalu tak sulit melangkah kesimpulan akhir ini Dasar adalah kemauan itu sendiri dalam arti inilah Dasar adalah 5 waktuan itu sendiri dalam arti inilah mencandra kemauan Tuhan tidak bisa lain secara lewat bencana kisaran ditandai oleh surga dan tempat itulah yang dilakukan oleh deger seluruh struktur-struktur keseharian disimaknya sebagai struktur kemewaan desain itu sendiri merancang memelihara memperhitungkan mengharapkan dan mengurus misalnya memiliki acuan acuan waktu surga tak lain adalah Kim waktuan yang dihayati

D. Momen-Momen Kemewaktuan (manusia lupa akan menanyakan mengapa mereka adan dna untuk apa mereka ada, jadi masa depan bukanlah sekuensi waktu vulgar, melainkan ketersingkapan dasein sebagai kemungkinan, jangan cari masa depan pada kalender atau arloji, namun pada manusia yang sedang menyadari dirinya sebagai kemungkinan, yakni pada seseorang yang terhempas pada dirinya dan cemas menghadapi kebebasan. Kebebasan itulah masa depan yang primodial; tanggal-tanggal dalam kalender adalah objektifitas watu asali. eksistensitas adalah masa depan fasilitas adalah masa lalu kejatuhan adalah masa kini)

Penjinakan waktu dan mistik keseharian adalah satu dan sama demikian selesai singgung di atas waktu atau lebih tepatnya ke mangkuan dosa yang dicari dengan mencandra kecarian keseharian adalah bersibuk dengan alat-alat menunggu seseorang membiarkan hal-hal terjadi lupa akan sesuatu ikut kata orang mengambil keputusan memahami berbincang-bincang dengan teman-teman main kartu sampai pagi di gardu jaga malam dan sebagainya sehingga semua waktuan juga dapat ditemukan di situ berarti memang ada waktu untuk anda maka berapa lama juga merasakan pendekatannya juga.

Untuk memahami jumlah waktuan yang dimaksud oleh hedigger marilah kita membayangkan bahwa semua pengukur waktu yang ada di sekitar kita dan di dunia ini dilenyapkan kalender kalender dibakar Ar Rojak arl...

Jika mengamati Semua ini karena akan menyimpulkan bahwa manusia adalah makhluk yang bekerja homo Faber heidenger melihat lain bukan kerja yang menentukan konsumsi bagi manusia melainkan bergaul dengan sesuatu Yakni dengan lingkungan orang lain dan diri sendiri itulah bersorgan dan for sorgan yang berulang kali kita sebut di atas bergerak purba yang mengerahkan borusen dan ini adalah surga.

Jika cermat kita akan menemukan tiga aspek dalam surga yang sudah diuraikan di atas pertama desain mengorientasikan diri ke arah kemungkinan-kemungkinan yang sendiri belajar memberi kuliah memeriksa pasien memperbaiki Jalan menyusui anak semuanya terarah kemungkinan-kemungkinan di depan yakni bagi orang yang itu menjadi diri mereka sendiri entah meraih gelar meneliti karir menjadi suami yang baik menjadi Ibu yang baik dan sebagainya kedua desain tak hanya aktif mengarahkan diri ke kemungkinan-kemungkinan itu melainkan juga pasif terlempar ke dalam kemungkinan-kemungkinan itu orang sudah selalu ada beberapa dirinya sendiri yakni seorang yang harus hidup tanpa tahu mengapa ketiga desain yang terlempar dan meraih kemungkinan-kemungkinannya juga larut dalam besar gen dan sorgen sehari-hari dokter dosen mahasiswa dan pekerja tak hanya mau menjadi diri mereka atau merenungkan keterlemparannya melainkan juga lari dari hal-hal yang mencemaskan itu ke dalam alunan keseharian asik dengan komputer dengan cangkul atau dengan buku-buku sehingga lupa mempersoalkan mereka Mengapa dan untuk apa mereka ada.

Di depan bawah Digger menyebut yang pertama ekstensialitas yang kedua faksisitas dan yang ketiga kejatuhan ketiga momen itu merupakan suatu gerak di dalam surga suatu gerak ekstensi dalam desain yang menstrukturkan adanya suatu gerak berada menuju kematian yang tak bisa dibayangkan sebagai gerak suatu entitas melainkan sebagai bentangan desain karena desain menyingkapkan dirinya ketiga momen itulah waktu Azali yang tersisa Andaikata semua menunjuk dan mengukur waktu yang dipakai di dunia ini disingkirkan    eksistensitas adalah masa depan fasilitas adalah masa lalu kejatuhan adalah masa kini    seperti sudah dikatakan di atas lahir dan mati secara ekstensial tidak terjadi sekali melainkan bisa berkali-kali merebak dari keseharian desain selesaikah ulasan tentang waktu sampai sini begitulah mudahkah.

Hidenger memberi suatu diferensiasi yang teliti atas struktur kemana tuan desain lewat pembedaan antara ke dalam ontologis dan ke dangkalan ontis antara ontitas dan otentitas dan antara persoalan eksistensial dan eksistensi yang dicermati berkali-kali berangkat dari pembedaan itulah antropomy kemewaan desain menampakan diri kepada kita dulu kita dan nanti dalam momen-momen cuma waktuan dan gerak dan sosial oleh heideger disebut ekstensif waktu heger juga memakai kata artinya keadaan Trans namun aksi Dasar adalah membawa keluar atau kita bisa menerjemahkan makna dukung adalah kata Jerman yang sepadan dengan kata Yunani eksasis yang mengacu pada meningkatnya keadaan emosional dan kesadaran getaran lain orang seperti masuk ke dunia lain yang berbeda dari keseharian seperti yang dialami oleh para peserta peserta anggur.

Marilah kita membahas ekstensif waktu tersebut jelaslah bahwa yang menjadi prioritas momen-momen yang lain adalah masa depan istilah yang diberikan oleh hideger adalah sukun yaitu Zoon komen datang menghampiri masa depan autentik disebut h for lauvenien yang artinya antisipasi maksudnya adalah bahwa desain sebagai kemungkinan sendiri yang paling khas membiarkan diri menghampiri dirinya sendiri . Untuk membawa ini kita mengacu lagi pada pria yang duduk di taman merenungkan nasibnya itu manakala orang itu membuka diri terhadap kemungkinannya itulah momen masa depan autentik pemecatan telah membuatnya sadar bahwa ia bisa menjadi apa saja dan itu tergantung pada dirinya saat ia menyadarinya sebagai kemungkinan saat itulah masa depan otentik Jadi masa depan bukanlah sekuensi waktu yang belum tiba seperti dibayangkan dalam konsep waktu vulgar melainkan ketersing kapan datang sebagai kemungkinan jangan cari masa depan pada kalender atau arloji namun pada manusia yang sedang menyadari dirinya sebagai kemungkinan yakni pada seorang yang Terhempas pada adanya dan cemas menghadapi kebebasannya kebebasan itulah masa depan yang primodial tanggal-tanggal dalam kalender adalah objektivasi waktu asali.

Masa depan yang otentik disebut does gewarte gen artinya menunggu-nunggu terpenuhinya suatu klaim pria di atas lalu menunggu-nunggu yang akan datang misalnya mengharapkan balasan surat-surat lamaran yang telah dikirimnya ia mulai lupa akan kecemasan yang masa depan otentik ini berasal dari the sorgen atau kesibukan sehari-hari sedangkan yang otentik berasal dari kesadaran diri sebagai kemungkinan Oh tanggal 8 nanti lamaran harus sampai ke sana katanya tanggal ini adalah waktu publik yang dirumuskan dari situasi thesurgent jadi merupakan pembunuhan tanggal atas masa depan otentik.

            masa depan kini disebut DIY wind War masa kini yang autentik disebut augen beli mata blik pandangan yang bisa diterjemahkan menjadi momen fisik kata ini dalam bahasa Jerman berarti saat atau sebentar jadikan membedakan augently dari jet yang artinya sekarang karena sekarang atau termasuk waktuan melainkan konsep vulgar tentang waktu waktu sebagai konsekuensi kita simak perumusan heidegger untuk masa kini otentik momen visi adalah pelantampawan desain di TekaDi namun ditahan dalam kebulatan tekad keterperosotan akan apa yang dijumpai dalam situasi keadaan keadaan dan kemungkinan-kemungkinan yang bisa ditangani rumusan ini rumit sungguh tak memungkinkan kita memahami ini barangkali ulasan tentang masa depan autention dapat menolong kalau masa depan autentik adalah keterbukaan terhadap kemungkinan sendiri masa kini otentik bukan sekedar keterbukaan melainkan momen kebulatan tekad yakni persis saat pria di taman itu menempatkan keputusannya Ya saya akan mencari kerja lagi dan tidak membiarkan diri terpuruk momen keputusan itulah yang diacu di sini sebagai motivasi tepat pada momen ini desain melampaui dirinya dalam kebulatan tekadnya kita lihat di sini bahwa momen visi yang adalah masa depan kini otentik itu dihasilkan dari masa depanmu nanti karena kebulatan tekad berasal dari antisipasi kemungkinan di depan

e.. Masa Lalu Otentik 

            Masa lalu yang otentik disebut hide gerdas vergestion yang artinya kelupaan bahwa merupakan termasuk dalam fenomena waktu Cukup jelas dari kenyataan bahwa orang yang melupakan sejarah juga kehilangan dimensi masa depan silam pria tadi segera lupa akan keterlemparannya saat ia menuruti ajakan temannya untuk mengurung atau sibuk mengurus surat-surat misalnya dalam besorgannya. Waktu itu surut dan lenyap ke belakang sekuensi waktu vulgar kelupaan menurut sedegger bukanlah tak adanya keinginan keingatan melainkan justru sebaliknya binatang itu mungkin karena kelupaan sejarah tak lain daripada ingatan yaitu melawan kelupaan jadi karena yang surut ke belakang itu bisa Raib kita berusaha dalam persorekan kita untuk mengingat-ingatnya juga di sini ada kesatuan eksis antara masa depan kini dan lampau otentik kelupaan masa lalu otentik seperti juga dia hadirkan masa kini otentik dan dihasilkan oleh sikap siap menghadapi masa depan autentik kita bisa melupakan karena siap menghadapi sesuatu yang di depan dalam situasi kesibukan praktis sehari-hari

f. Kesatuan Ekstatis dan Kemewaktuan Suasana Hati (masa depan yang juga masa kini dan masa lalu karena dalam masa kini kita sudah ada antisipasi kemungkinan seperti juga masa lalu sudah mengantisipasi kemungkinan di depan semua waktuan lanjutannya menghasilkan dirinya sebagai masa depan yang udah ada dan sekaligus hadir.,

            Kita pasti akan salah memahami hadir jika momen-momen itu kita bayangkan sebagai lalu ini dan nanti yang muncul satu setelah yang lain hapuslah bayangan itu cuma waktuan demikian menghasilkan dirinya dalam setiap eksistensi secara menyeluruh yaitu totalitas keseluruhan struktur efisiensi fasilitas dan kejatuhan berdasarkan pada kesatuan eksistensi masing-masing penghasilan kemewaan secara penuh itulah kesatuan struktur Apa maksud tesis yang sulit ini menurut hedeger kita tidak boleh memahami ekstasi suatu sebagai sekuensi atau yang satu setelah yang lain masa lalu tidak lebih dahulu daripada masa kini dan masa depan tidak lebih di kemungkinan daripada masa kini Lalu bagaimana kita harus membayangkan bahwa masa depan memiliki prioritas di atas kedua eksistensi waktu yang lalu jadi 5 waktuan adalah masa depan yang juga masa kini dan masa lalu karena dalam masa kini kita sudah ada antisipasi kemungkinan seperti juga masa lalu sudah mengantisipasi kemungkinan di depan semua waktuan lanjutannya menghasilkan dirinya sebagai masa depan yang udah ada dan sekaligus hadir.

Bila kita kembali pada struktur surga kita dapat memahaminya demikian dalam keterlemparannya manusia sudah mengantisipasi kemungkinannya sekaligus larut dalam keseharian saat larut dan keseharian manusia juga mengantisipasi kemungkinannya sekaligus menyadari kelemparannya dan dalam mengatasi fase masa depan manusia menyadarinya sekaligus sudah larut dalam kesehariannya dan dalam mengantisipasi masa depan manusia menyadari ke terlemparan sekaligus larut dalam keseharian istilah teknisnya berbunyi faksisitas eksistensitas dan kejatuhan serentak ada dalam satu momen kesatuan dalam struktur sorge ini dan kesatuan eksistensi lalu Kini Dan Nanti adalah satu dan sama.

Setelah ulasan kita juga memahami bahwa kemauan berhubungan dengan suasana hati Uraikan tentang eksistensi kemanuel bantuan terdapat dalam paragraf 68 tentang kemampuan pemahaman artinya pemahaman berjangka pada masa depan seperti telah diulas di atas bagaimana dengan suasana hati yang lain suasana hati manusia tidak hanya menyingkapkan diri sebagai cara Berada manusia dalam dunia melainkan juga sebagai kemampuannya di sini misi keseharian mencapai maksudnya sebagai mencandra cuma waktuan.

Suasana hatiku tersintuan atau bevin Click mengacu pada asistensi waktu masa lalu yaitu keterlemparan jika takut menurut heideger kita tidak sekedar menunggu-nunggu ancaman dari sekuensi waktu vulgar melainkan siap menghadapi namun dalam kesiapan itu kita terlempar dalam diri kita sendiri sehingga ketakutan muncul makna keterlemparan pun tidak dihadapi dengan kebeningan melainkan dalam kekacauan hati dalam hati inilah ketakutan bersifat masa lalu inotetik dalam struktur kemewaan desain cirinya adalah merupakan hal yang terpenting yaitu dirinya atau adanya sendiri sudah umum diketahui penghuni rumah yang terbakar misalnya kerap menyelamatkan hal yang tidak berarti barang-barang yang di dekatnya kecemasan juga masa lalu tetapi otentik karena kecemasan mengembalikan kita pada keterlantaran yakni mengambil kembali ke terlemparan kita maka cirinya adalah pengulangan atau pengambilan kembali dalam kecemasan dunia yang menjadi tak bermakna dan keseharian menjadi hampa maka kecemasan mengembalikan kita pada kesendirian kita dalam keterlampaan kekinian kecemasan menurut kita pada situasi dengan suasana hati untuk membulatkan tekad dan memahami momen visi untuk melompat yakni untuk memutuskan sesuatu.

            

 

             

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun