BAB IIÂ
TINJAUAN PUSTAKA
Â
2.1   Manajemen Pemasaran    Â
      Menurut Indrasari (2019:08) mendefinisikan manajemen pemasaran sebagai sekumpulan tindakan yang mencakup analisis, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pengendalian suatu kegiatan pemasaran dengan tujuan untuk mencapai target perusahaan secara efektif dan efisien. Selain itu, manajemen pemasaran dapat digunakan sebagai alat untuk analisis, perencanaan, penerapan serta pengendalian suatu program dalam perusahaan yang sudah dirancang untuk menciptakan, membangun, dan juga mempertahankan bisnis. Selanjutnya, manfaat ini digunakan untuk mencapai tujuan utama sebuah bisnis atau perusahaan.
      Menurut (Satriadi, et al., 2022:8) Manajemen pemasaran terjadi ketika setidaknya satu pihak dari pertukaran potensial memikirkan cara untuk mendapatkan tanggapan dari pihak lain sesuai dengan keinginan. Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi, dan distribusi ide, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi tujuan individu dan organisasi. Jadi, manajemen pemasaran adalah proses yang melibatkan analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian tergantung pada pertukaran dan dengan tujuan menghasilkan kepuasan bagi pihak-pihak yang terlibat.
2.1.1 Â Â Fungsi Manajemen Pemasaran
       Menurut Panjaitan (2018:19), beberapa fungsi manajemen pemasaran adalah sebagai berikut:
1) Perencanaan Pemasaran
Perencanaan segala sesuatu sebelum dilakukan kegiatan pemasaran maka meliputi tujuan, strategi, kebijaksanaan serta taktik yang akan dijalankan.
2) Implementasi Pemasaran
Proses pemasaran yang mengubah strategi dan rencana pemasaran menjadi tindakan pemasaran yang digunakan untuk mencapai sasaran. Implementasi mencakup aktivitas sehari-hari secara efektif melaksanakan rencana pemasaran. Kegiatan ini dibutuhkan program tindakan yang menarik semua orang atau semua aktivitas serta struktur organisasi formal yang dapat berperan penting dalam mengimplementasikan strategi pemasaran.
3) Pengendalian atau Evaluasi kegiatan pemasaran