Mohon tunggu...
Della Safitri
Della Safitri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Islam Negeri Kiai Ahmad Siddiq Jember

Assalamualaikum teman -teman bertemu lagi dengan saya dela safitri saya mahasiswa Uin Khas Jember,hobi saya mebaca ,umur saya 19 tahun .Saya berdomisili di desa kalibaru,banyuwangi .

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Implementasi Pembelajaran Pencapaian Konsep

6 Juni 2024   17:12 Diperbarui: 6 Juni 2024   17:17 123
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

  • Definisi Model Pembelajaran Pencapaian Konsep

  • Secara umum, "model" adalah kerangka konseptual yang berfungsi sebagai peta jalan untuk melaksanakan suatu tugas. Dengan kata lain, "model" dicirikan sebagai tiruan atau penggambaran benda sebenarnya, seperti bola dunia yang merupakan model Bumi. Model pembelajaran digambarkan sebagai kerangka konseptual kegiatan pembelajaran karena belajar bukanlah sesuatu yang bersifat fisik.
  • Model pembelajaran adalah suatu struktur konseptual yang menggambarkan prosedur-prosedur metodis dalam menyiapkan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu, menurut Winataputra (dalam M. Imamuddin). Ini berfungsi sebagai peta jalan bagi para pendidik dan perancang pembelajaran ketika mereka mengatur dan melaksanakan kegiatan pembelajaran. Dengan kata lain, model pembelajaran menawarkan kerangka sistematis untuk mengarahkan proses pembelajaran dan menghasilkan hasil yang diharapkan.[1].
  •  
  • Pada dasarnya, model pembelajaran adalah suatu bentuk pembelajaran yang diuraikan dari awal hingga akhir dan disajikan secara unik oleh guru. Dengan kata lain, model pembelajaran adalah panduan atau kerangka kerja untuk melaksanakan suatu cara, metode, dan teknik pembelajaran.
  •  
  • Syaiful Sagala juga menyatakan bahwa model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang menjelaskan prosedur sistematis dalam mengatur kesempatan belajar bagi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Guru dan perancang pembelajaran dapat menggunakan model ini sebagai acuan ketika mengatur dan melaksanakan desain pembelajaran[2].
  •  
  • Salah satu cara untuk menilai efektivitas pembelajaran guru adalah dengan melihat seberapa kreatif siswa dalam memperoleh materi baru. Oleh karena itu, pemilihan model pembelajaran yang tepat sangat penting untuk mendukung guru dalam mengajar.
  •  
  • Topik Model Pembelajaran Prestasi merupakan salah satu teknik pembelajaran yang bertujuan untuk membantu siswa dalam memahami suatu mata pelajaran tertentu. Model ini awalnya dikembangkan oleh Joyce dan Weil dengan tujuan untuk mendorong analisis dan pengembangan konseptual bersama dengan pemikiran induktif. Hal ini berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan Jerome Bruner dan kawan-kawan. Model Pencapaian Konsep, secara teori, adalah metode pendidikan yang menginstruksikan siswa tentang konsep melalui penggunaan data. Dalam metodologi ini, siswa diminta mengamati data setelah guru memberikan contoh atau data kepada mereka. Siswa akan membuat abstraksi berdasarkan penemuan ini..
  •  
  • Dalam model ini, aktivitas dan interaksi siswa dikendalikan oleh guru. Kegiatan pengendalian dapat dilakukan dalam bentuk dialog bebas. Penyelenggaraan kegiatan bertujuan untuk mendorong siswa lebih menunjukkan inisiatif dalam melakukan proses induksi dan sekaligus meningkatkan pengalamannya dengan berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.
  •  
  • Model Pembelajaran Pencapaian Konsep merupakan salah satu jenis model pembelajaran pengolahan informasi, di mana model ini lebih menekankan pada proses atau pengolahan informasi untuk meningkatkan keterampilan siswa selama proses pembelajaran. Menurut Eggen dan Kauchak, Model Pencapaian Konsep dirancang untuk membantu siswa dari berbagai usia mengembangkan dan memperkuat pemahaman konseptual serta melatih keterampilan berpikir kritis. Dalam model ini, siswa menemukan konsep melalui contoh-contoh yang menonjolkan karakteristik konsep tersebut, bukan diajarkan cara merumuskannya[3].

 

Richard E. Mayer menyatakan bahawa mayer menekankan pentingnya pembelajaran aktif dan konstruktif untuk mencapai pemahaman konseptual yang mendalam.Pendekatan tujuan pendekatan pendidikan bertujuan untuk memberikan siswa informasi untuk menyediakan terstruktur dan relevan dalam format yang sesuai.Ini juga mendorong pemikiran kritis dan membangun hubungan dengan pengetahuan sebelumnya [4].

 

Ada dua hal penting dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran pencapaian konsep:

 

1. Menilai Tingkat Realisasi Konsep

 

Kompleksitas ide dan perkembangan kognitif peserta didik mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prediksi tingkat pencapaian konsep peserta didik. Meskipun beberapa siswa mampu memperoleh konsep pada tingkat taksonomi atau formal yang lebih tinggi, siswa lainnya mempelajari konsep pada tingkat konkrit atau identifikasi yang lebih rendah.

 

2. Analisis konsep

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
  15. 15
  16. 16
  17. 17
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun