Mohon tunggu...
zaldy chan
zaldy chan Mohon Tunggu... Administrasi - ASN (Apapun Sing penting Nulis)

cintaku tersisa sedikit. tapi cukup untuk seumur hidupmu

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Aku dan Cerita Bapakku tentang Singkong Ibuku

6 April 2023   12:26 Diperbarui: 6 April 2023   12:40 575
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrated by: pixabay.com

Empat potong kecil singkong yang dibungkus daun pisang, diletakkan di atas daun tikar pandan kecil, alas tidurku malam tadi. Tikar itu tak cukup lebar untuk menutupi tanah merah basah, yang tergesa ditutupi Bapak tadi malam dengan terpal kusam untuk menjemur kopi.

"Makanlah!"

Aku bergeming. Tangan Ibu mengambil potongan singkong yang paling kecil. Dan potongan singkong dingin itu, segera melesat senyap di mulut ibu.

"Kau tak mau? Ibu habiskan, ya?"

Tangan ibu sudah meraih potongan singkong yang paling besar. Tangan kananku segera merebutnya dari tangan ibu.

Tak banyak yang kuingat tentang peristiwa malam tadi. Aku ingat tiba-tiba tubuhku sudah berada di pelukan erat ibu yang berjalan dengan tangis tertahan. Aku juga ingat, ibu tertatih menggendongku menjauh dari rumah, menembus kegelapan malam.

Terakhir yang kuingat adalah teriakan ketakutan dari orang-orang yang berlarian tanpa arah. Akupun ikut berteriak dan sambil menangis.

Gempa! Tolong!
Gempa! Tolong!

Kulihat ibu tersenyum sambil mengusap pelan rambutku. Kugigit sedikit makanan pertama yang kupegang dengan tanganku.

"Aku mau gula aren, Bu?"
"Tak ada, Nak! Di belakang tenda, Ibu lihat ada pohon cabai rawit. Kau mau?"
***

Lais, 2007

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun