Mohon tunggu...
us riyah
us riyah Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya senang konten dunia pendidikan terutama pendidikan anak usia Dini ( PAUD )

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Upaya Meningkatkan Kecerdasan Majemuk Anak melalui Bermain Merangkai Gelang Karet Warna-warni di Kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Punduttarte

29 Februari 2024   04:00 Diperbarui: 29 Februari 2024   04:19 183
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN MAJEMUK ANAK MELALUI BERMAIN MERANGKAI GELANG KARET WARNA WARNI DI KELOMPOK B TK DHARMA WANITA PERSATUAN PUNDUTTRATE

 

Usriyah

TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate, Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik.

usriyah30@gmail.com

 

Abstrak

TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik merupakan lembaga pendidikan Taman Kanak-kanak swasta yang terus berupaya meningkatkan kecerdasan majemuk anak.

Terlihat pada hasil capaian perkembangan anak ditemukan peningkatan hasil capaian perkembangan anak dari siklus I ke siklus II. Perbaikan pembelajaran dilaksanakan pada siklus I dan siklus II. Pada hasil akhir pelaksanaan perbaikan pembelajaran siklus I, terlihat observasi dari hasil akhir pelaksanaan perbaikan pembelajaran siklus I dan II pada anak yang berhasil ditingkatkan sebagaimana tabel, pada siklus I mencapai nilai 63,2 % dan di siklus II hasil akhir pelaksanaan perbaikan pembelajaran dalam bentuk prosentase mencapai hasil 94,7 % kemampuan anak yang berhasil ditingkatkan.

Dari hasil pencapaian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan permainan Gelang Karet Warna-Warni sesuai digunakan dan dikembangkan pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik.

Kata Kunci : Kecerdasan majemuk, bermain, merangkai gelang karet warna warni

KATA PENGANTAR

Dengan ucapan Alhamdulillah puji syukur kami ucapkan  kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat sehat jasmani dan rohani sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis yang berjudul “ Meningkatkan Kecerdasan Majemuk Anak Melalui Bermain Merangkai Gelang Karet Warna-Warni Di Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan  Punduttrate  “.

            Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Nabi besar Muhammad SAW yang senantiasa menjadi panutan. Karena beliaulah yang akan menunjukkan jalan keselamatan bagi ummat islam kelak di hari kiamat.

Tujuan penulisan karya tulis ini adalah untuk meningkatkan mutu di TK  Dharma Wanita Persatuan  Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten  Gresik serta sebagai syarat dalam memenuhi tugas guru berprestasi.

Dalam pelaksanaan dan penyusunan karya tulis ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Oleh karenanya, penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

1. Ibu Sutiana, S.Pd selaku Kepala TK DWP Punduttrate beserta segenap rekan Dewan Guru yang selalu memberikan dukungan

2. Keluargaku tercinta yang selalu memberikan dukungan luar biasa dan do’a yang selalu mengalir setiap saat.

 3. Semua Pihak yang telah membantu sehingga terselesainya Laporan PTK ini.

Penulis Menyadari bahwa dalam penelitian ini masih banyak kekurangan, hal ini disebabkan masih terbatasnya ilmu dan teori penelitian yang penulis kuasai. Oleh karena itu kepada pembaca kiranya dapat memberikan masukan dan saran-saran yang bersifat membangun.

 Akhir kata, apabila ada kesalahan kata yang kurang berkenan, kami selaku penulis memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Gresik, 18 Juli 2022

Peneliti

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL                                                                          i

LEMBAR PENGESAHAN                                                                        ii

KATA PENGANTAR                                                                        iii

DAFTAR ISI                                                  iv

BAB I      PENDAHULUAN                                  1

Latar Belakang.......................................................................................... ........................................................................................ 1

Fokus Penelitian.......................................................................................... ........................................................................................ 2

Tujuan Penelitian.......................................................................................... ........................................................................................ 2

Manfaat Penelitian.......................................................................................... ........................................................................................ 2

BAB II    LANDASAN TEORI                                  3

Pengertian Keterampilan Motorik........................................................................................ ...................................................................................... 3

Pengertian Motorik Halus........................................................................................ ...................................................................................... 4

Pengertian Metode Demonstrasi........................................................................................ ...................................................................................... 4

Pengertian dan Tujuan Menggunting........................................................................................ ...................................................................................... 5

BAB III   METOLOGI PENELITIAN                                  7

Subyek Penelitian........................................................................................ ...................................................................................... 7

Metode Penelitian........................................................................................ ...................................................................................... 7

Instrumen Penelitian........................................................................................ ...................................................................................... 7

BAB IV   ANALISIS DATA                                  8

Tabulasi Data.......................................................................................... ........................................................................................ 8

Analisis Kritis.......................................................................................... ...................................................................................... 10

BAB V     KESIMPULAN DAN SARAN                                  12

Kesimpulan.......................................................................................... ...................................................................................... 12

Saran.......................................................................................... ...................................................................................... 12

DARTAR PUSTAKA                                  13

LAMPIRAN

DAFTAR TABEL

 

Tabel 3.1 Data Peserta  Kelompok B ....................................................................  7

Tabel 3.2 Rencana Kegiatan satu Siklus (Siklus I )  ............................................ 11

Tabel 3.3 Lembar Observasi Pencapaian Anak Siklus I .....................................  12

Tabel 3.4 Rencana Kegiatan Siklus II .................................................................. 15

Tabel 5.5 Lembar Observasi Pencapaian Anak Siklus II ..................................... 16

Tabel 4.6 Perbandingan Nilai dan Prosentase siklus I dan II ............................... 17

BAB I 

PENDAHULUAN

 

           

A. Latar Belakang

Pendidikan merupakan tombak kehidupan untuk itu baik dari pemerintah maupun agama menganjurkan bagi setiap manusia untuk menuntut ilmu. Pendidikan Anak Usia Dini memiliki karakteristik yang unik yaitu berupa aktivitas langsung dan berbagai sutuasi yang berkaitan dengan minat dan pengalaman. Mereka lebih cocok dengan pola pembelajaran konkret dengan aktivitas motorik.  Praktik yang sesuai dengan kebutuhan serta perkembangan anak belum seluruhnya diterapkan.

Kecerdasan majemuk dapat saja dimiliki oleh setiap individu, hanya saja dalam taraf dan porsi yang berbeda. Kecerdasan ini tidak berdiri sendiri, terkadang bercampur dengan kecerdasan yang lainnya. Dengan kata lain, stimulasi terhadap satu kecerdasan akan menstimulasi kecerdasan yang lainnya.

Pentingnya pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk adalah peserta didik dapat belajar sambil meningkatkan seluruh potensi yang ada pada dirinya karena kecerdasan dapat distimulasi, dikembangkan sampai batas tertinggi melalui pengayaan, dukungan yang baik dan pengajaran.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan dalam proses belajar mengajar terhadap peserta didik Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate menunjukkan bahwa kemampuan anak pada kegiatan kognitif aspek kecerdasan majemuk masih rendah. Dari 19 anak yang kemampuan kognitifnya sudah baik hanya 2 anak saja. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka, peneliti mengambil Judul “ Meningkatkan Kecerdasan Majemuk  Anak Melalui  Bermain Merangkai Gelang Karet Warna-Warni Di Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate  ”.

B. Identifikasi Masalah

       Berdasarkan hasil pengamatan dan pengalaman mengajar pada anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate, maka dapat di identifikasi masalah sebagai berikut :

1.  Kemampuan anak pada aspek kecerdasan majemuk masih rendah.

     2. Pembelajaran guru kepada anak menggunakan buku paket anak terkesan menjenuhkan bagi anak .

3. Anak-anak berlarian dan mencari kegiatan lain saat pembelajaran.

C. Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian yang terdapat pada latar belakang masalah diatas maka dalam penelitian ini dirumuskan masalah sebagai berikut :

1. Apakah peningkatan kemampuan kognitif kecerdasan majemuk melalui media gelang karet warna warni kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan  Punduttrate?

2. Bagaimana media gelang karet berwarna - warni dapat meningkatkan kemampuan kognitif kecerdasan majemuk pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan  Punduttrate ?

D. Pemecahan Masalah

       Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka diharapkan media karet gelang warna-warni dapat menjadi upaya peningkatan kemampuan kognitif kecerdasan majemuk media yang sesuai dan diminati anak Kelompok B di TK  Dharma Wanita Persatuan  Punduttrate.

E. Tujuan Penelitian 

Berdasarkan rumusan masalah yang telah diuraikan di atas, maka dapat dirumuskan tujuan penelitian ini adalah :

1. Meningkatkan kemampuan kognitif kecerdasan majemuk dengan media yang sesuai dan diminati anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan  Punduttrate.

Untuk mencari media yang tepat dan menarik sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif kecerdasan majemuk pada anak Kelompok B di Dharma Wanita Persatuan Punduttrate.

3. Meningkatkan kemampuan pembelajaran guru.

F. Manfaat Penelitian

 Adapun manfaat penelitian ini adalah sebagai berikut :

1. Bagi anak

 a. Anak dapat meningkatkan kemampuan kognitif kecerdasan majemuk dengan media yang sesuai dan diminati anak-anak.

b. Anak sebagai objek penelitian diharapkan dapat memperoleh pengalaman langsung mengenai pembelajaran yang menyenangkan dan menantang melalui media yang menarik

2. Bagi Guru

a.  Upaya mengatasi permasalahan dalam pembelajaran

b. Mengembangkan kemampuan guru dalam menggunakan media yang lebih menarik dan menyenangkan sehingga tercipta suasana pembelajaran yang lebih baik.

3. Bagi Sekolah

 a. Dapat dijadikan referensi dan acuan untuk kegiatan pembelajaran yang menarik yang dapat meningkatkan mutu pendidikan dan perkembangan anak .

b. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan yang positif kepada penyelenggaraan lembaga pendidikan.

G. Batasan Masalah 

Adapun batasan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah :

 1. Objek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B ( usia 5-6 tahun )

2. Kemampuan yang ingin ditingkatkan adalah aspek kognitif kecerdasan majemuk dengan metode bermain

3. Media yang digunakan adalah media karet warna-warni

BAB II

KAJIAN PUSTAKA

 

A. Pengertian Kecerdasan Mejemuk 

Menurut Gardner (Hernowo, 2005:65-69), kemajemukan inteligensi merupakan kumpulan kepingan kemampuan yang ada di beragam otak. Semua kepingan ini saling berhubungan tetapi juga bekerja sendiri, yang terpenting inteligensi tidak statis atau ditentukan sejak lahir.  Sementara itu pendapat lain menyatakan bahwa kecerdasan majemuk adalah macam kecerdasan lebih dari satu yang dimiliki setiap individu di mana setiap individu memiliki kedelapan jenis kecerdasan dengan kadar yang berbeda, artinya tergantung jenis kecerdasan mana yang dominan (Gardner dalam Manurung, 2013:50).

B. Bermain

Menurut Montessori (2013: 77) pembelajaran yang sejati muncul dari kebebasan anak-anak untuk memilih kegiatan mereka dan untuk menyempurnakannya juga memerlukan perumusan kembali tentang apa makna dari seorang pengajar. Dalam kelas konvensional, para pengajar, biasanya mengambil posisi di panggung pusat, sering kali berjuang untuk mendorong dan melibatkan sekelompok anak-anak yang memiliki tingkat kesiapan dan kemampuan yang berbeda-beda. Karena itu pendidik ketika mengajari anak didik yang masih usia dini harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan.

Dari paparan singkat di atas, maka artikel ini akan membahas tentang bermain sebagai metode pembelajaran bagi anak usia dini. Pembahasan dimulai dari pengertian pendidikan anak usia dini, urgensi pendidikan anak usia dini, prinsip-prinsip pendidikan anak usia dini, peranan keluarga terhadap pendidikan anak usia dini, pengaruh dan manfaat bermain, serta macam-macam metode bermain bagi anak-anak usia dini.

C. Media Gelang Karet 

Gelang karet memiliki banyak istilah atau sebutan diantaranya gelang rubber, gelang bracelet dan juga wristband. Gelang karet adalah adalah asesoris berbentuk melingkar yang digunakan di pergelangan tangan yang terbuat dari karet.

D. Pengertian Warna 

Warna adalah unsur pertama yang terlihat oleh mata dari suatu benda. Menurut Depdiknas warna adalah kesan yang diperoleh mata dari cahaya yang di pantulkan oleh benda-benda yang kenainya. Unsur penting dari warna adalah objek (benda) yang kemudian diterima oleh mata karena adanya pantulan dari cahaya yang mengenai benda. Dengan demikian secara umum, warna didefinisikan sebagai unsur cahaya yang dipantulkan oleh sebuah benda dan selanjutnya di intrepetasikan oleh kerja otak mata berdasarkan cahaya yang mengenai benda.

BAB III

METODE PENELITIAN

 

A. Subyek Dan Lokasi Penelitian 

Subyek dan lokasi dalam penelitian tentang peningkatan Kecerdasan Majemuk anak melalui permainan Gelang Karet Warna-Warni ini adalah  peserta didik kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik dengan rentang usia 5-6 tahun dengan jumlah 19 anak. Adapun Jumlah Nama-nama peserta didik kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate sebagai berikut :

Tabel 3.1 

Data Peserta Didik  Kelompok B

 

No

Nama

Kel

No

Nama

Kel

1.

Adelia Natasya Putri

B

11.

M. Ridhwan Rifa’i

B

2.

A. Fairuz Arka Hamizah

B

12.

M. Rizal  Kurniawan

B

3.

Arsya Nur Salsabilah

B

13.

Nadira Safitri

B

4.

Arya Yuda Wibisana

B

14.

Nadya Maulida Nurhusna

B

5.

Daffa Ibnu Hafidz

B

15.

Nur Yatimawati

B

6.

Dimas Adi Pratama

B

16.

Raffasya Alfarizqi Mulyono

B

7.

Dinara Queen Diyonifah

B

17.

Rasyqul Ahmad Budi S

B

8.

Laudya Chintya Bella

B

18.

Septi Adinda Nurdiya

B

9.

M. Fabian Harahap

B

19.

A. Adya Surya

B

  • B. Waktu Penelitian 
  •      Waktu Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 tahapan, yaitu :
  • Siklus I
  • Hari                   :  Senin s.d Kamis
  • Tanggal             :  06 Juni s.d 09 Juni 2022
  • Waktu                :  07.00-09.30 Wib

  • Siklus II

Hari                   :  Senin s.d Kamis

Tanggal             :  13 s.d 16 Juni 2022

Waktu                :  07.00-09.30 Wib

C. Tema 

Dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas ini, Peneliti menggunakan satu tema tetap selama 2 siklus perbaikan, yaitu tema “Alam Semesta”. Dengan rincian penggunaan tema sebagai berikut :

  • Penelitian Siklus I, Peneliti menggunakan subtema “ Benda-benda langit” dengan sub-sub tema seperti ; 1) Matahari ; 2) Bulan; 3) Bintang ; 4) Awan
  • Penelitian Siklus II, Peneliti menggunakan subtema “ Gejala Alam ” dengan sub-sub tema sebagai berikut, yaitu; 1) Pelangi; 2) Hujan ; 3) Gunung Meletus ; 4) pagi,  siang dan malam ;

D. Teknik Analisa Data 

                Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif komparatif dan analisis kritis, teknik deskriptif komparatif digunakan untuk data kuantitatif, yakni dengan membandingkan hasil antara siklus. Peneliti membandingkan hasil sebelum penelitian dengan membandingkan hasil pada akhir setiap siklus (Suwandi, 2008:70)

                      Teknik komparatif dalam penelitian ini dilakukan dengan membandingkan hasil penelitian siklus pertama dan kedua. Hasil komparasi tersebut digunakan untuk mengetahui indikator keberhasilan dan kegagalan dalam setiap siklus. Indokator yang berlum tercapai diperbaiki pada siklus berikutnya sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa.

Untuk memperoleh informasi yang valid dan reliabel dari pelaksanaan penelitian tindakan ini, maka perlu kelengkapan data, kualitas alat pengumpul data dan ketepatan alat analisisnya. Rumus yang digunakan dalam penelitian ini adalah :

  

 

Keterangan :

P = Jumlah Presentase yang diperolah

F = Jumlah pencapaian target nilai siswa

N = Jumlah seluruh siswa

Indikator keberhasilan didasarkan kepada ketentuan sebagai berikut:

1. Kemampuan anak dikategorikan berhasil dengan baik minimal 80 %.

2. Kemampuan anak dikategorikan cukup apabila hasil mencapai 60% -79%. 3. Kemampuan anak dikategorikan kurang apabila hasil hanya mencapai 60%

BAB IV

HASIL DAN PEMBAHASAN

 

 

Deskripsi Tiap Siklus

1. SIKLUS I

            Peneliti pada siklus I akan melakukan perbaikan kegiatan pengembangan Kecerdasan Majemuk anak melalui kegiatan permainan Gelang Karet Warna-Warni. Langkah-langkah perbaikan untuk siklus satu dijabarkan pada rancangan satu siklus.

Rancangan satu siklus merangkum rencana pengembangan selama 4 hari dalam satu siklus. Adapun rancangan siklus I tersebut akan dijabarkan sebagai berikut :

 

RANCANGAN SATU SIKLUS

Siklus              : I (Satu)

Tema               : Alam Semesta  / Benda-Benda Langit

Kelompok       : B ( Usia 5-6 Tahun )

  • Tujuan Pembelajaran :
  •  Meningkatkan Kecerdasan Majemuk Anak melalui  Bermain Merangkai Gelang Karet Warna-Warni Di Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate.

  • Identifikasi Masalah : 

a. Anak-anak berlarian dan mencari kegiatan lain saat pembelajaran.

b. Kemampuan anak pada aspek kecerdasan majemuk masih minim.

c.Pembelajaran guru kepada anak menggunakan buku paket anak terkesan menjenuhkan bagi anak.

Analisis Masalah :

Berdasarkan hasil identifikasi masalah, maka diperoleh analisis masalah yang ditemukan adalah Anak-anak berlarian dan mencari kegiatan lain saat pembelajaran kemampuan anak pada aspek kecerdasan majemuk masih minim

dibawah target atau harapan guru. Pembelajaran guru kepada anak menggunakan buku paket anak terkesan menjenuhkan bagi anak.

  • Rumusan Masalah :

Berdasarkan uraian analisis masalah diatas maka dalam penelitian ini dirumuskan masalah sebagai berikut :

1. Apakah peningkatan kemampuan kognitif kecerdasan majemuk melalui media gelang karet warna warni kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate?

2. Bagaimana media gelang karet berwarna - warni dapat meningkatkan kemampuan kognitif kecerdasan majemuk pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate?

 

Tabel 3.2

Rencana Kegiatan Satu Siklus

 

Uraian

Kegiatan Awal

Kegiatan Inti

Kegiatan Akhir

RPPH 1

Diskusi tentang Matahari

Bermain merangkai gelang karet warna-warni

Bernyanyi lagu anak  “ matahari “

RPPH 2

Diskusi tentang Bulan

Bermain merangkai gelang karet warna-warni

Membedakan Matahari dan Bulan

RPPH 3

Berdiskusi tentang Bintang

Bermain merangkai gelang karet warna-warni

Bernyanyi lagu

“ Bintang “

RPPH 4

Tanya Jawab tentang Awan

Bermain merangkai gelang karet warna-warni

Mengelompokkan warna karet yang sejenis

  • Tabel 3.3
  • Lembar Observasi Pencapaian Anak Siklus I

No

Nama Anak

               Kecerdasan Majemuk

                      Siklus 1

     BB

    MB

   BSH

   BSB

1

Adelia Natasya Putri

v

2

A. Fairuz Arka Hamizah

v

3

Arsya Nur Salsabilah

v

4

Arya Yuda Wibisana

v

5

Daffa Ibnu Hafidz

v

6

Dimas Adi Pratama

v

7

Dinara Queen Diyonifah

v

8

Laudya Chintya Bella

v

9

M. Fabian Harahap

v

10

M. Nailun Nabhan

v

11

M. Ridhwan Rifa’i

v

12

M. Rizal  Kurniawan

v

13

Nadira Safitri

v

14

Nadya Maulida Nurhusna

v

15

Nur Yatimawati

v

16

Raffasya Alfarizqi M

v

17

Rasyqul Ahmad Budi S

v

18

Septi Adinda Nurdiya

v

19

A. Adya Surya

v

Jumlah

7

6

4

2

 Berdasarkan Tabel diatas terlihat dari 19 anak, yang mencapai perkembangan yang diharapkan adalah 12 anak dengan prosentase 63,2% yang mencapai target perkembangan, sedangkan kemampuan 7 anak lainnya masih rendah.

Dari data di atas dapat dilihat bahwa guru (peneliti) dalam penguasaan materi dan interaksi terhadap anak cukup maksimal. Jadi perlu diperbaiki dan ditingkatkan dalam penguasaan terhadap materi dan interaksi terhadap anak. Peneliti terus melakukan upaya pengembangan kegiatan pembelajaran agar perkembangan anak berkembang semakin baik.

2. SIKLUS II

Rencana perbaikan pada siklus II akan dilaksanakan pada tanggal  07 Juni  2022 sampai 15 Juni 2022. Pada siklus II masih berlanjut perbaikan dengan Kompetensi Dasar Kecerdasan Majemuk Tujuan yang ingin dicapai adalah agar siswa memiliki Kecerdasan Majemuk yang baik dalam proses pembelajaran.

RANCANGAN SATU SIKLUS

Siklus                                         : II (Dua)

Tema / Sub Tema                      : Alam Semesta / Benda-Benda langit ( Matahari )

Kelompok                                  : B

Tujuan Pembelajaran                  :Meningkatkan Kecerdasan Majemuk Anak melalui Bermain Merangkai Gelang Karet Warna-warni Di Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan  Punduttrate.

Identifikasi Masalah :

 a. Anak-anak berlarian dan mencari kegiatan lain saat pembelajaran

 b. Kemampuan anak pada aspek kecerdasan majemuk masih minim Pembelajaran guru kepada anak menggunakan buku paket anak terkesan menjenuhkan bagi anak

 

Rumusan Masalah :

Berdasarkan uraian analisis masalah diatas maka dalam penelitian ini dirumuskan masalah sebagai berikut :

     1. Apakah peningkatan kemampuan kognitif kecerdasan majemuk melalui  media gelang karet warna warni kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate?

     2. Bagaimana media gelang karet berwarna - warni dapat meningkatkan kemampuan kognitif kecerdasan majemuk pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan  Punduttrate?

 

Tabel 3.4

Rencana Kegiatan  Siklus 2

 

Uraian

Kegiatan Awal

Kegiatan Inti

Kegiatan Akhir

RPPH 1

Berdiskusi tentang Pelangi

Bermain merangkai gelang karet warna-warni

Bernyanyi lagu anak  “ Pelangi “

RPPH 2

Bercakap -cakap tentang hujan

Bermain merangkai gelang karet warna-warni

Bernyanyi lagu bunyi hujan

RPPH 3

Berdiskusi tentang Bintang

Bermain merangkai gelang karet warna-warni

Bernyanyi lagu

“ Bintang “

RPPH 4

Tanya Jawab tentang Awan

Bermain merangkai gelang karet warna-warni

Mengelompokkan warna karet yang sejenis

Tabel 3.5

 Lembar Observasi Pencapaian Anak Siklus II

No

Nama Anak

               Kecerdasan Majemuk

                      Siklus II

     BB

    MB

   BSH

   BSB

1

Adelia Natasya Putri

v

2

A. Fairuz Arka Hamizah

v

3

Arsya Nur Salsabilah

v

4

Arya Yuda Wibisana

v

5

Daffa Ibnu Hafidz

v

6

Dimas Adi Pratama

v

7

Dinara Queen Diyonifah

v

8

Laudya Chintya Bella

v

9

M. Fabian Harahap

v

10

M. Nailun Nabhan

v

11

M. Ridhwan Rifa’i

v

12

M. Rizal  Kurniawan

v

13

Nadira Safitri

v

14

Nadya Maulida Nurhusna

v

15

Nur Yatimawati

v

16

Raffasya Alfarizqi M

v

17

Rasyqul Ahmad Budi S

v

18

Septi Adinda Nurdiya

v

19

A. Adya Surya

v

Jumlah

1

5

9

4

 

Berdasarkan Tabel dan  diatas terlihat dari 19 anak, yang mencapai perkembangan yang diharapkan adalah 18 anak, dengan prosentase 94,7 % yang mencapai target perkembangan, dan hanya  1 anak yang kemampuannya masih rendah.

Dari data di atas dapat dilihat bahwa guru (peneliti) dalam penguasaan materi dan interaksi terhadap anak berhasil dengan baik.

 

Tabel 3.6

Perbandingan Nilai dan Prosentase Rata-rata Siklus I dan Siklus II

Siklus

Jumlah NIlai

Prosentase Nilai

I

12

63,2 %

II

18

94,7 %

Observasi dari hasil akhir pelaksanaan perbaikan pembelajaran siklus I dan II pada anak yang berhasil ditingkatkan sebagaimana tabel, pada siklus I mencapai nilai 63,2 % dan di siklus II hasil akhir pelaksanaan perbaikan pembelajaran dalam bentuk prosentase mencapai hasil 94,7 % kemampuan anak yang berhasil ditingkatkan.

Dari hasil pencapaian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan permainan gelang karet warna-warni sesuai digunakan dan dikembangkan pada anak kelompok B di TK dharma Wanita Persatuan Punduttrate.

BAB V

SIMPULAN DAN SARAN

 A. Simpulan 

Dari kegiatan perbaikan pembelajaran Meningkatkan Kecerdasan Majemuk Anak melalui  Bermain Merangkai Gelang Karet Warna-Warni   di Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate yang dilakukan melalui kegiatan perbaikan pembelajaran selama dua siklus, dapat diperoleh peningkatan hasil dari anak tentang kegiatan perbaikan pembelajaran. Peningkatan ini cukup baik dari siklus I ke siklus II, melalui media karet gelang warna-warni, anak lebih tertarik dan mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan dan dalam suasana yang riang gembira.

Melalui media karet gelang warna-warni anak melakukan proses belajar sambil bermain sehingga proses belajar yang didapat anak akan bertambah dan menjadi memori yang tersimpan dengan baik sepanjang waktu. Pemberian kegiatan ini juga tidak lepas dari pemberian stimulasi dan dorongan yang tinggi pada anak sehingga anak tertarik dan senang untuk mengikuti kegiatan.

Observasi dari hasil akhir pelaksanaan perbaikan pembelajaran siklus I dan II pada anak yang berhasil ditingkatkan sebagaimana tabel, pada siklus I mencapai nilai 63,2 % dan di siklus II hasil akhir pelaksanaan perbaikan pembelajaran dalam bentuk prosentase mencapai hasil 94,7 % kemampuan anak yang berhasil ditingkatkan. Dari hasil pencapaian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan permainan Gelang Karet Warna-Warni sesuai digunakan dan dikembangkan pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate  Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik.

B. Saran 

Dari hasil penelitian tindakan Meningkatkan Kecerdasan Majemuk Anak melalui Bermain Merangkai Gelang Karet Warna-Warni di Kelompok B  TK Dharma Wanita Persatuan  Punduttrate, diperoleh dari uraian sebelumnya agar proses pembelajaran lebih efektif dan memperoleh hasil yang optimal bagi anak, maka disampaikan saran sebagai berikut :

1. Untuk melaksanakan proses pembelajaran dalam berbagai aspek perkembangan guru hendaknya mempersiapkan dengan mantap persiapan baik tempat, media maupun strategi pembelajaran.

 2. Dalam menyampaikan kegiatan pembelajaran hendaknya guru harus menyampaikan dengan menarik dan gembira agar anak tidak jenuh/bosan.

 3. Guru hendaknya lebih kreatif dalam memberikan materi pembelajaran pada anak serta menggunakan media atau alat pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

4. Dalam meningkatkan kecerdasan majemuk pada anak, guru hendaknya lebih sering melatih anak dengan berbagai metode pembelajaran jangan terpacu dengan metode hanya satu misalnya metode pemberian tugas, apabila guru menggunakan berbagai macam metode walaupun sederhana, anak akan menemukan pengetahuan baru dan pengalaman baru, memperoleh konsep dan keterampilan, sehingga anak dapat memecahkan masalah yang dihadapinya.

DAFTAR PUSTAKA

 

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. (2010). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemendiknas.

Kurniasih, Imas. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Edukasia.

Montessori, Maria. (2013). Metode Montessori: Panduan Wajib untuk Guru dan Orangtua Didik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), diterjemahkan oleh Ahmad Lintang Lazuardi dari The Origin of an Educational Innovation.

Masitoh. (2008). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta : Universitas Terbuka.

Montolalu. (2009). Bermain Dan Permainan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka.

Musbikin, Imam. (2010). Buku Pintar PAUD (dalam Perspektif Islam).Yogyakarta: Laksana.

Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Musfiroh, Tadkiroatun. (2010). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta : Universitas Terbuka.

Nurunnisa, E. C. (2017). Melek kecerdasan interpersonal anak usia dini. Tunas Siliwangi, 2(2), 10–17.

Nurnaningsih. (2011). Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional. Skripsi. Cicalengka: Universitas Pendidikan Indonesia

Risaldy, Sabil. (2004). Manajemen Pengelolaan Sekolah Usia Dini, Jakarta:  Luxima.

Sudarsana. (2014). Pendidikan Anak Usia Dini Berkarakter. Yogyakarta: Genius Publisher.

Wardhani, Igak & Wihardit, Kuswaya. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka

Yus, Anita. (2005). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta : Depdiknas.

Gardner, Howard. (2013). Multiple intelegences (terjemahan). Jakarta: Daras Books.

Sabri Sanan, Jamilah dan Martinis Yamin. (2013). Panduan PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. Jambi: Referensi

Sabri Sanan, Jamilah dan Martinis Yamin. (2013). Panduan PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. Jambi: Referensi

Suyadi & Maulidya Ulfah. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya

LAMPIRAN-LAMPIRAN :

Lampiran 1                  :  Siklus 1

Lampiran 2                  :  RPPH Siklus 2

Lampiran 5                  :  Tugas Tutorial (Simulasi 2 Siklus )

Lampiran 7                  :  Lembar refleksi Siklus 1

Lampiran 8                  :  Lembar refleksi Siklus 2

Lampiran 9                  :  Alat Penilaian Simulasi 1

Lampiran 10                :  Lembar refleksi Siklus 2

Lampiran 1

RPPH DAN SKENARIO PERBAIKAN SIKLUS 1

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)

TK DWP PUNDUTTRATE

 

Semester / Bulan / Minggu Ke:  II / Juni / 16

Hari / Tanggal                         : Senin, 06 Juni 2022

Kelompok / Usia                     : B (5-6 Tahun)

Waktu                                     : 07.00 – 09.30 WIB

Tema/Sub Tema/Sub sub tema: Alam Semesta / Benda-benda langit /Matahari

Pilar Karakter                         : Percaya diri , kreatif dan kerja keras

Strategi Pembelajaran             : Model Kelompok dengan sudut pengaman

  • Materi Dalam Kegiatan: 

- Do’a sehari-hari dan surat-surat pendek

- Pengembangan keterampilan motorik kasar dan halus

- Perilaku / sikap bertanggung jawab

- Membuat coretan bentuk angka dan huruf

- Menenal benda-benda langit untuk mengembangkan pengetahuan

- Membuat berbagai hasil karya dengan berbagai media

  • Materi Pembiasaan :

- Pembiasaan nilai karakter

- Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan

- Do’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan dan mengenal aturan

   ( tata tertib)masuk kedalam SOP pembukaan

- Mencuci tangan masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan ( istirahat )

  • Alat dan Bahan 

- Lembar Kerja

- Buku,  pensil,  spidol,  krayon

- Gambar Matahari

- Karet Gelang warna warni

A.  Pembukaan ( 30 Menit )

  • Penerapan SOP pembukaan
  • Berdiskusi tentang Matahari
  • Menyanyi lagu “ matahari “
  • Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

 

B. Inti / Kegiatan di Kelompok ( 90 Menit )

  • Pijakan Sebelum Main
  • Anak duduk pada lingkaran,  Guru mengenalkan semua tempat,  bahan dan alat bermain masing-masing kegiatan dan cara bermain
  • Anak dipandu guru mengucapkan aturan bermain dan do’a sebelum kegiatan
  • Ragam Kegiatan Kelompok :
  • Kelompok 1 : Bermain merangkai gelang karet warna-warni
  • Kelompok 2 : Menulis Kata Matahari
  • Kelompok 3 : Menghubungkan Jumlah matahari dengan Angka
  • Kelompok 4 :  Mewarnai Gambar matahari

  • Pijakan Saat Bermain
  • Anak memilih salah satu permainan bersama pasangannya,  dan melakukan sampai tuntas.
  • Anak melaporkan pada Guru bila telah selesai,  dan memilih permainan yang lainnya.
  • Guru Mengamati dan memastikan semua anak melakukan kegiatan bermain.
  • Guru memberi contoh cara bermain pada anak yang belum bisa menggunakan alat / bahan.
  • Guru mencatat yang dilakukan anak
  • Mengingatkan bila waktu akan berakhir kemudian mengumpulkan hasil kerja anak

  • Pijakan Setelah Main ( Recalling )
  • Merapikan alat-alat yang telah digunakan
  • Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
  • Menanyakan kegiatan yang telah dilakukan / dimainkan anak hari ini
  • Penguatan pengetahuan yang didapat anak

C.  Istirahat ( 30 Menit )

-   Bermain di dalam dan di luar,  cuci tangan

-   Berdo’a sebelum dan sesudah makan

D.  Penutup ( 30 Menit )

-  Menanyakan perasaan anak hari ini

-  Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini,  mainan apa yang paling disukai

-  Menginformasikan kegiatan untuk esok hari

-  Penerapan SOP penutupan

Mengetahui,

Kepala TK DWP Punduttrate                         Guru Kelas

 

 SUTIANA, S.Pd                                                     USRIYAH, S.Pd

 

SKENARIO PERBAIKAN

SIKLUS I

Tujuan Pembelajaran : Meningkatkan Kecerdasan Majemuk Anak melalui  Bermain Merangkai Gelang Karet Warna-Warni di Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate

Siklus ke                       : I

Hari/tanggal                  : Senin, 06 Juni  2022

Hal yang diperbaiki/ditingkatkan       :

A. Kegiatan pengembangan I ( Pembukaan ) : 

Judul kegiatan : Mewarnai gambar Matahari

Pengelolaan Kelas : Guru melakukan pembelajaran tatap muka ( PTM )

a. Penataan kelas

 terdapat karpet di depan papan tulis untuk kegiatan Circle Time. Meja dan kursi anak dibagi menjadi tiga kelompok      

b. Pengorganisasian Anak

Pada kegiatan pembukaan anak-anak diajak guru berdiri melingkar untuk gerak dan lagu bersama. Duduk bersama dalam lingkaran untuk berdo’a dan bercakap-cakap menyamakan persepsi serta menjelaskan aturan bermain.

Langkah – langkah perbaikan :

1. Guru mengucap salam dan mengajak anak berdoa bersama sebelum belajar

 2. Guru mengajak anak berdiskusi untuk mengenal Tema Alam Semesta Sub Tema Benda-benda langit sub sub tema Matahari.

B. Kegiatan Pengembangan II ( Inti ) 

Judul Kegiatan : Bermain Merangkai Karet Warna-Warni

Pengelolaan Kelas : Guru melakukan pembelajaran tatap muka ( PTM )

a. Penataan kelas

 terdapat karpet di depan papan tulis untuk kegiatan Circle Time. Meja dan kursi anak dibagi menjadi tiga kelompok

  

  

  

b. Pengorganisasian Anak

Pada kegiatan inti, Guru menjelaskan atau mendemonstrasikan kegiatan yang akan dilakukan anak. Kemudian anak menempati posisi meja yang diinginkan.

  • Langkah – langkah perbaikan :
  •  1. Guru menyiapkan alat dan bahan

     2. Guru menjelaskan cara pelaksanaan kegiatan

     3. Anak-anak dipersilahkan memilih kagiatan

    C. Kegiatan Pengembangan III ( Penutup ) 

    • Judul kegiatan : Bergiliran menyanyikan  lagu matahari
    • Pengelolaan Kelas

      • a. Penataan ruang :
    • karpet digunakan untuk kegiatan Circle Time pada waktu penutupan.
       
      Keterangan :

                                      :  papan tulis

                                       :  Karpet

                                                 

      b.Pengorganisasian anak

      Guru mengajak anak-anak untuk duduk melingkar di karpet yang disediakan untuk melakukan kegiatan penutupan bersama-sama

      • Langkah-langkah perbaikan :

        • Bernyanyi lagu anak secara bergiliran
        • Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
        • Menginformasikan kegiatan untuk besok

      • Penutup
      • 1. Guru menanyakan perasaan dan mengulas tugas hari ini
      • 2. Penerapan SOP penutupan



    •  

      RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)

      TK DWP PUNDUTTRATE

       

      Semester / Bulan / Minggu Ke:  II / Juni / 16

      Kelompok / Usia                     : B (5-6 Tahun)

      Hari / Tanggal                         : Selasa, 07 Juni 2022

      Waktu                                     : 07.00 – 09.30 WIB

      Tema / Sub Tema                   : Alam Semesta / Benda-benda langit ( Bulan )

      Pilar Karakter                         : Percaya diri , kreatif dan kerja keras

      Strategi Pembelajaran             : Model Kelompok dengan sudut pengaman

      • Materi Dalam Kegiatan: 
    • - Do’a sehari-hari dan surat-surat pendek

      - Pengembangan keterampilan motorik kasar dan halus

      - Perilaku / sikap bertanggung jawab

      - Membuat coretan bentuk angka dan huruf

      - Menenal benda-benda langit untuk mengembangkan pengetahuan

      - Membuat berbagai hasil karya dengan berbagai media

      • Materi Pembiasaan :
    • - Pembiasaan nilai karakter

      - Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan

      - Do’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan dan mengenal aturan

         ( tata tertib)masuk kedalam SOP pembukaan

      - Mencuci tangan masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan ( istirahat )

      • Alat dan Bahan 
    • - Lembar Kerja

      - Buku,  pensil,  spidol,  krayon

      - Gambar Alam Semesta

      - Karet Gelang warna warni

 

A. Pembukaan ( 30 Menit )

- Circle time,  ikrar berdo’a

- Menyanyi bersama

- Olah Tubuh / gerak dan lagu

- Diskusi tentang Tema

- Menirukan membaca surat pendek

B. Inti / Kegiatan di Kelompok ( 90 Menit )

  • Pijakan Sebelum Main
  • Anak duduk pada lingkaran,  Guru mengenalkan semua tempat,  bahan dan alat bermain masing-masing kegiatan dan cara bermain
  • Anak dipandu guru mengucapkan aturan bermain dan do’a sebelum kegiatan
  • Ragam Kegiatan Kelompok :
  • Kelompok 1 : Menyebutkan benda langit pada malam hari (Bulan )
  • Kelompok 2 : Membedakan Matahari dan Bulan
  • Kelompok 3 : Bermain merangkai gelang karet warna-warni

  • Pijakan Saat Bermain
  • Anak memilih salah satu permainan bersama pasangannya,  dan melakukan sampai tuntas.
  • Anak melaporkan pada Guru bila telah selesai,  dan memilih permainan yang lainnya.
  • Guru Mengamati dan memastikan semua anak melakukan kegiatan bermain.
  • Guru memberi contoh cara bermain pada anak yang belum bisa menggunakan alat / bahan.
  • Guru mencatat yang dilakukan anak
  • Mengingatkan bila waktu akan berakhir kemudian mengumpulkan hasil kerja anak

  • Pijakan Setelah Main ( Recalling )
  • Menanyakan kegiatan yang telah dilakukan / dimainkan anak hari ini
  • Menguatkan konsep tema

C.  Istirahat ( 30 Menit )

-   Bermain di dalam dan di luar,  cuci tangan

-   Berdo’a sebelum dan sesudah makan

D.  Penutup ( 30 Menit )

-  Mengucapkan hamdalah setelah menyelesaikan kegiatan

-  Menanyakan perasaan anak hari ini

-  Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini,  mainan apa yang paling disukai

-  Menginformasikan kegiatan untuk esok hari

-  Berdo’a setelah belajar dan pulang sekolah

 

Mengetahui

Kepala TK DWP Punduttrate                         Guru Kelas

 

 

 SUTIANA,S.Pd                                              USRIYAH,S.Pd

  • SKENARIO PERBAIKAN 
  • SIKLUS 1
  •  
  • Tujuan Pembelajaran : Meningkatkan Kecerdasan Majemuk Anak Melalui  Bermain Merangkai Gelang Karet Warna-Warni Di  Kelompok B  TK Dharma Wanita Persatuan  Punduttrate
  • Siklus ke                     : I
  • Hari/tanggal                : Selasa, 07 April 2022
  • Hal yang diperbaiki/ditingkatkan :
  • A. Kegiatan pengembangan  I ( Pembukaan ) :
  • Judul kegiatan : Menyebutkan benda langit pada malam hari (Bulan )
  • Pengelolaan Kelas : Guru melakukan pembelajaran tatap muka (PTM)
  • Langkah – langkah perbaikan :
  • 1. Guru mengucap salam dan mengajak anak berdoa bersama sebelum belajar
  • 2. Guru mengajak anak berdiskusi untuk mengenal tema Alam Semesta
  • B. Kegiatan Pengembangan II ( Inti )
  • Judul Kegiatan : Membedakan Matahari dan Bulan
  • Langkah – langkah perbaikan :
  • 1. Guru menyiapkan alat dan bahan
  •  2. Guru menjelaskan cara pelaksanaan kegiatan
  •  3. Anak-anak dipersilahkan mengerjakan
  • C. Kegiatan Pengembangan III ( Penutup ) 
  • Judul kegiatan : Bermain merangkai gelang karet warna-warni
  • Langkah-langkah perbaikan :
  • 1. Guru menyiapkan media Karet Gelang warna warni
  • 2. Guru mempraktekkan cara bermain dengan media karet gelang warna warni

     3.Guru mempersilahkan anak praktek permainan bersama teman/anak-anak lain

  • 4. Pendidik mendokumentasikan kegiatan anak

  • Penutup
  • 1. Guru menanyakan perasaan dan mengulas tugas hari ini
  • 2. Berdoa bersama
  • 3. Salam penutup



 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)

TK DWP PUNDUTTRATE

 

Semester / Bulan / Minggu Ke:  II / Juni / 16

Kelompok / Usia                     : B (5-6Tahun)

Hari / Tanggal                         : Rabu, 08 Juni 2022

Waktu                                     : 07.00 – 09.30 WIB

Tema / Sub Tema                   : Alam Semesta / Benda-benda langit (Bintang)

Pilar Karakter                         : Percaya diri , kreatif dan kerja keras

Strategi Pembelajaran             : Model Kelompok dengan sudut pengaman

  • Materi Dalam Kegiatan: 

- Do’a sehari-hari dan surat-surat pendek

- Pengembangan keterampilan motorik kasar dan halus

- Perilaku / sikap bertanggung jawab

- Membuat coretan bentuk angka dan huruf

- Menenal benda-benda langit untuk mengembangkan pengetahuan

- Membuat berbagai hasil karya dengan berbagai media

  • Materi Pembiasaan :

- Pembiasaan nilai karakter

- Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan

- Do’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan dan mengenal aturan

   ( tata tertib)masuk kedalam SOP pembukaan

- Mencuci tangan masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan ( istirahat )

  • Alat dan Bahan 

- Lembar Kerja

- Buku,  pensil,  spidol,  krayon

- Gambar Alam Semesta

- Karet Gelang warna warni

A. Pembukaan ( 30 Menit )

- Circle time,  ikrar berdo’a

- Menyanyi bersama

- Olah Tubuh / gerak dan lagu

- Diskusi tentang Tema

- Menirukan membaca surat pendek

B. Inti / Kegiatan di Kelompok ( 90 Menit )

  • Pijakan Sebelum Main
  • Anak duduk pada lingkaran,  Guru mengenalkan semua tempat,  bahan dan alat bermain masing-masing kegiatan dan cara bermain
  • Anak dipandu guru mengucapkan aturan bermain dan do’a sebelum kegiatan
  • Ragam Kegiatan Kelompok :
  • Kelompok 1 : Menebali kata Bintang
  • Kelompok 2 : Mewarnai gambar bintang
  • Kelompok 3 : Bermain merangkai gelang karet warna-warni

  • Pijakan Saat Bermain
  • Anak memilih salah satu permainan bersama pasangannya,  dan melakukan sampai tuntas.
  • Anak melaporkan pada Guru bila telah selesai,  dan memilih permainan yang lainnya.
  • Guru Mengamati dan memastikan semua anak melakukan kegiatan bermain.
  • Guru memberi contoh cara bermain pada anak yang belum bisa menggunakan alat / bahan.
  • Guru mencatat yang dilakukan anak
  • Mengingatkan bila waktu akan berakhir kemudian mengumpulkan hasil kerja anak
  • Pijakan Setelah Main ( Recalling )
  • Menanyakan kegiatan yang telah dilakukan / dimainkan anak hari ini
  • Menguatkan konsep tema

C.  Istirahat ( 30 Menit )

-   Bermain di dalam dan di luar,  cuci tangan

-   Berdo’a sebelum dan sesudah makan

D.  Penutup ( 30 Menit )

-  Mengucapkan hamdalah setelah menyelesaikan kegiatan

-  Menanyakan perasaan anak hari ini

-  Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini,  mainan apa yang paling disukai

-  Menginformasikan kegiatan untuk esok hari

-  Berdo’a setelah belajar dan pulang sekolah

 

Mengetahui

Kepala TK DWP Punduttrate                         Guru Kelas

 

 

 SUTIANA, S.Pd                                                     USRIYAH, S.Pd

SKENARIO PERBAIKAN

SIKLUS 1

 

Tujuan Pembelajaran    :Meningkatkan Kecerdasan Majemuk Anak melalui   Bermain Merangkai Gelang Karet Warna-Warni di Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate

Siklus ke                     : I

Hari/tanggal                : Rabu, 08 April 2022

Hal yang diperbaiki/ditingkatkan :

A. Kegiatan pengembangan I ( Pembukaan ) :

  • Judul kegiatan : Menebali kata Bintang
  • Pengelolaan Kelas : Guru melakukan pembelajaran tatap muka ( PTM )
  • Langkah – langkah perbaikan :

1. Guru mengucap salam dan mengajak anak berdoa bersama sebelum belajar

 2. Guru mengajak anak berdiskusi untuk mengenal tema Alam Semesta

 

B. Kegiatan Pengembangan II ( Inti ) 

  • Judul Kegiatan : Bernyanyi lagu “ Bintang “
  • Langkah – langkah perbaikan :

1. Guru menyiapkan alat dan bahan

2. Guru menjelaskan cara pelaksanaan kegiatan

3. Anak-anak dipersilahkan praktek bernyanyi

C. Kegiatan Pengembangan III ( Penutup ) 

  • Judul kegiatan : Bermain merangkai gelang karet warna-warni
  • Langkah-langkah perbaikan :

1. Guru menyiapkan media Karet Gelang warna warni

     2. Guru mempraktekkan cara bermain dengan media karet gelang warna warna

     3. Guru mempersilahkan anak praktek permainan bersama teman/anak lain di dalam kelas

     4. Pendidik mendokumentasikan kegiatan

  • Penutup

1. Guru menanyakan perasaan dan mengulas tugas hari ini

2. Berdoa bersama

3. Salam penutup

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)

TK DWP PUNDUTTRATE

 

Semester / Bulan / Minggu Ke:  II / Juni / 16

Kelompok / Usia                     : B (5-6Tahun)

Hari / Tanggal                         : Kamis,  09 Juni 2022

Waktu                                     : 07.00 – 09.30 WIB

Tema / Sub Tema                   : Alam Semesta / Benda-benda langit ( Awan )

Pilar Karakter             : Percaya diri , kreatif dan kerja keras

Strategi Pembelajaran : Model Kelompok dengan sudut pengaman

  • Materi Dalam Kegiatan: 

- Do’a sehari-hari dan surat-surat pendek

- Pengembangan keterampilan motorik kasar dan halus

- Perilaku / sikap bertanggung jawab

- Membuat coretan bentuk angka dan huruf

- Menenal benda-benda langit untuk mengembangkan pengetahuan

- Membuat berbagai hasil karya dengan berbagai media

  • Materi Pembiasaan :

- Pembiasaan nilai karakter

- Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan

- Do’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan dan mengenal aturan

   ( tata tertib)masuk kedalam SOP pembukaan

- Mencuci tangan masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan ( istirahat )

 

  • Alat dan Bahan 

- Lembar Kerja

- Buku,  pensil,  spidol,  krayon

- LKS

- Karet Gelang warna warni

A. Pembukaan ( 30 Menit )

- Circle time,  ikrar berdo’a

- Menyanyi bersama

- Olah Tubuh / gerak dan lagu

- Diskusi tentang Tema

- Menirukan membaca surat pendek

B. Inti / Kegiatan di Kelompok ( 90 Menit )

  • Pijakan Sebelum Main
  • Anak duduk pada lingkaran,  Guru mengenalkan semua tempat,  bahan dan alat bermain masing-masing kegiatan dan cara bermain
  • Anak dipandu guru mengucapkan aturan bermain dan do’a sebelum kegiatan
  • Ragam Kegiatan Kelompok :
  • Kelompok 1 : Menggunting gambar awan
  • Kelompok 2 : Mengelompokkan warna karet yang sejenis
  • Kelompok 3 : Bermain merangkai gelang karet warna-warni

  • Pijakan Saat Bermain
  • Anak memilih salah satu permainan bersama pasangannya,  dan melakukan sampai tuntas.
  • Anak melaporkan pada Guru bila telah selesai,  dan memilih permainan yang lainnya.
  • Guru Mengamati dan memastikan semua anak melakukan kegiatan bermain.
  • Guru memberi contoh cara bermain pada anak yang belum bisa menggunakan alat / bahan.
  • Guru mencatat yang dilakukan anak
  • Mengingatkan bila waktu akan berakhir kemudian mengumpulkan hasil kerja anak.

  • Pijakan Setelah Main ( Recalling )
  • Menanyakan kegiatan yang telah dilakukan / dimainkan anak hari ini
  • Menguatkan konsep tema

C.  Istirahat ( 30 Menit )

-   Bermain di dalam dan di luar,  cuci tangan

-   Berdo’a sebelum dan sesudah makan

D.  Penutup ( 30 Menit )

-  Mengucapkan hamdalah setelah menyelesaikan kegiatan

-  Menanyakan perasaan anak hari ini

-  Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini,  mainan apa yang paling disukai

-  Menginformasikan kegiatan untuk esok hari

-  Berdo’a setelah belajar dan pulang sekolah

 

Mengetahui

Kepala TK DWP Punduttrate                         Guru Kelas

 

 SUTIANA,S.Pd                                              USRIYAH,S.Pd

  • SKENARIO PERBAIKAN 
  • SIKLUS 1
  •  
  • Tujuan Pembelajaran : Meningkatkan Kecerdasan Majemuk Anak melalui  Bermain Merangkai Gelang Karet Warna-Warni Di  Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate
  • Siklus ke                     : I
  • Hari/tanggal                : Kamis, 09 April 2022
  • Hal yang diperbaiki/ditingkatkan :
  • A. Kegiatan pengembangan I ( Pembukaan ) : 
  • Judul kegiatan : Menggunting gambar Awan
  • Pengelolaan Kelas :Guru melakukan pembelajaran secara tatap muka
  • Langkah – langkah perbaikan :
  • 1. Guru mengucap salam dan mengajak anak berdoa bersama sebelum belajar
  • 2. Guru mengajak anak berdiskusi tentang alam semesta
  • 3. Guru memberikan contoh cara menggunting
  • 4. Guru melakukan pendampingan / membantu anak yang belum bisa menggunting
  • B. Kegiatan Pengembangan II ( Inti )
  • Judul Kegiatan : Mengelompokkan warna karet yang sejenis
  • Langkah – langkah perbaikan :
  • 1. Guru menyiapkan alat dan bahan
  • 2. Guru menjelaskan cara pelaksanaan kegiatan
  • 3. Anak-anak dipersilahkan mengerjakan

  • C. Kegiatan Pengembangan III ( Penutup ) 
  • Judul kegiatan : Bermain merangkai gelang karet warna-warni
  • Langkah-langkah perbaikan :
  • 1. Guru menyiapkan media Karet Gelang warna warni
  • 2. Guru mempraktekkan cara bermain dengan media karet gelang warna warni
  • 3. Guru mempersilahkan anak praktek permainan bersama teman / anak lain di dalam kelas
  • 4. pendidik mendokumentasikan kegiatan peserta didik
  • Penutup
  •  1. Guru menanyakan perasaan dan mengulas tugas hari ini
  •  2. Berdoa bersama
  •  3. Salam penutup

Lampiran 2

RPPH DAN SKENARIO PERBAIKAN SIKLUS II

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)

TK DWP PUNDUTTRATE

 

Semester / Bulan / Minggu Ke:  II / Juni / 17

Hari / Tanggal                         : Senin, 13 Juni 2022

Kelompok / Usia                     : B (5-6 Tahun)

Waktu                                     : 07.00 – 09.30 WIB

Tema/Sub Tema/Sub sub tema: Alam Semesta / Gejala Alam  / Pelangi

Pilar Karakter                         : Mandiri dan bertanggung jawab

Strategi Pembelajaran             : Model Kelompok dengan sudut pengaman

 

  • Materi Dalam Kegiatan: 

- Membiasakan mengucapkan kalimat pujian terhadap Tuhan

- Kebiasaan menjaga kebersihan

- Sabar menunggu giliran

- Mengenal keaksaraan awal

- Menenal benda-benda langit untuk mengembangkan pengetahuan

- Membuat berbagai hasil karya dengan berbagai media

  • Materi Pembiasaan :

- Pembiasaan nilai karakter

- Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan

- Do’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan dan mengenal aturan

   ( tata tertib)masuk kedalam SOP pembukaan

- Mencuci tangan masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan ( istirahat )

  • Alat dan Bahan 

- Lembar Kerja

- Buku,  pensil,  spidol,  krayon

- Gambar alam semesta

- Karet Gelang warna warni

A. Pembukaan ( 30 Menit )

- Circle time,  ikrar berdo’a

- Diskusi warna pelangi

- Diskusi tentang Gejala Alam

- Menirukan membaca surat pendek

B. Inti / Kegiatan di Kelompok ( 90 Menit )

  • Pijakan Sebelum Main
  • Anak duduk pada lingkaran,  Guru mengenalkan semua tempat,  bahan dan alat bermain masing-masing kegiatan dan cara bermain
  • Anak dipandu guru mengucapkan aturan bermain dan do’a sebelum kegiatan
  • Ragam Kegiatan Kelompok :
  • Kelompok 1 : Membuat gambar pelangi
  • Kelompok 2 : Mewarnai gambar pelangi
  • Kelompok 3 : Bermain merangkai gelang karet warna-warni
  • Pijakan Saat Bermain
  • Anak memilih salah satu permainan bersama pasangannya,  dan melakukan sampai tuntas.
  • Anak melaporkan pada Guru bila telah selesai,  dan memilih permainan yang lainnya.
  • Guru Mengamati dan memastikan semua anak melakukan kegiatan bermain.
  • Guru memberi contoh cara bermain pada anak yang belum bisa menggunakan alat / bahan.
  • Guru mencatat yang dilakukan anak
  • Mengingatkan bila waktu akan berakhir kemudian mengumpulkan hasil kerja anak
  • Pijakan Setelah Main ( Recalling )
  • Merapikan alat-alat yang telah digunakan
  • Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
  • Menanyakan kegiatan yang telah dilakukan / dimainkan anak hari ini
  • Penguatan pengetahuan yang didapat anak

C.  Istirahat ( 30 Menit )

-   Bermain di dalam dan di luar,  cuci tangan

-   Berdo’a sebelum dan sesudah makan

D.  Penutup ( 30 Menit )

-  Menanyakan perasaan anak hari ini

-  Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini,  mainan apa yang paling disukai

-  Menginformasikan kegiatan untuk esok hari

-  Penerapan SOP penutupan

Mengetahui

Kepala TK DWP Punduttrate                         Guru Kelas

  SUTIANA,S.Pd                                              USRIYAH,S.Pd

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun