UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN MAJEMUK ANAK MELALUI BERMAIN MERANGKAI GELANG KARET WARNA WARNI DI KELOMPOK B TK DHARMA WANITA PERSATUAN PUNDUTTRATE
Usriyah
TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate, Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik.
usriyah30@gmail.com
Abstrak
TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik merupakan lembaga pendidikan Taman Kanak-kanak swasta yang terus berupaya meningkatkan kecerdasan majemuk anak.
Terlihat pada hasil capaian perkembangan anak ditemukan peningkatan hasil capaian perkembangan anak dari siklus I ke siklus II. Perbaikan pembelajaran dilaksanakan pada siklus I dan siklus II. Pada hasil akhir pelaksanaan perbaikan pembelajaran siklus I, terlihat observasi dari hasil akhir pelaksanaan perbaikan pembelajaran siklus I dan II pada anak yang berhasil ditingkatkan sebagaimana tabel, pada siklus I mencapai nilai 63,2 % dan di siklus II hasil akhir pelaksanaan perbaikan pembelajaran dalam bentuk prosentase mencapai hasil 94,7 % kemampuan anak yang berhasil ditingkatkan.
Dari hasil pencapaian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan permainan Gelang Karet Warna-Warni sesuai digunakan dan dikembangkan pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik.
Kata Kunci : Kecerdasan majemuk, bermain, merangkai gelang karet warna warni
KATA PENGANTAR
Dengan ucapan Alhamdulillah puji syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat sehat jasmani dan rohani sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis yang berjudul “ Meningkatkan Kecerdasan Majemuk Anak Melalui Bermain Merangkai Gelang Karet Warna-Warni Di Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate “.
Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Nabi besar Muhammad SAW yang senantiasa menjadi panutan. Karena beliaulah yang akan menunjukkan jalan keselamatan bagi ummat islam kelak di hari kiamat.
Tujuan penulisan karya tulis ini adalah untuk meningkatkan mutu di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik serta sebagai syarat dalam memenuhi tugas guru berprestasi.
Dalam pelaksanaan dan penyusunan karya tulis ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Oleh karenanya, penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1. Ibu Sutiana, S.Pd selaku Kepala TK DWP Punduttrate beserta segenap rekan Dewan Guru yang selalu memberikan dukungan
2. Keluargaku tercinta yang selalu memberikan dukungan luar biasa dan do’a yang selalu mengalir setiap saat.
3. Semua Pihak yang telah membantu sehingga terselesainya Laporan PTK ini.
Penulis Menyadari bahwa dalam penelitian ini masih banyak kekurangan, hal ini disebabkan masih terbatasnya ilmu dan teori penelitian yang penulis kuasai. Oleh karena itu kepada pembaca kiranya dapat memberikan masukan dan saran-saran yang bersifat membangun.
Akhir kata, apabila ada kesalahan kata yang kurang berkenan, kami selaku penulis memohon maaf yang sebesar-besarnya.
Gresik, 18 Juli 2022
Peneliti
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL i
LEMBAR PENGESAHAN ii
KATA PENGANTAR iii
DAFTAR ISI iv
BAB I PENDAHULUAN 1
Latar Belakang.......................................................................................... ........................................................................................ 1
Fokus Penelitian.......................................................................................... ........................................................................................ 2
Tujuan Penelitian.......................................................................................... ........................................................................................ 2
Manfaat Penelitian.......................................................................................... ........................................................................................ 2
BAB II LANDASAN TEORI 3
Pengertian Keterampilan Motorik........................................................................................ ...................................................................................... 3
Pengertian Motorik Halus........................................................................................ ...................................................................................... 4
Pengertian Metode Demonstrasi........................................................................................ ...................................................................................... 4
Pengertian dan Tujuan Menggunting........................................................................................ ...................................................................................... 5
BAB III METOLOGI PENELITIAN 7
Subyek Penelitian........................................................................................ ...................................................................................... 7
Metode Penelitian........................................................................................ ...................................................................................... 7
Instrumen Penelitian........................................................................................ ...................................................................................... 7
BAB IV ANALISIS DATA 8
Tabulasi Data.......................................................................................... ........................................................................................ 8
Analisis Kritis.......................................................................................... ...................................................................................... 10
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN 12
Kesimpulan.......................................................................................... ...................................................................................... 12
Saran.......................................................................................... ...................................................................................... 12
DARTAR PUSTAKA 13
LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel 3.1 Data Peserta Kelompok B .................................................................... 7
Tabel 3.2 Rencana Kegiatan satu Siklus (Siklus I ) ............................................ 11
Tabel 3.3 Lembar Observasi Pencapaian Anak Siklus I ..................................... 12
Tabel 3.4 Rencana Kegiatan Siklus II .................................................................. 15
Tabel 5.5 Lembar Observasi Pencapaian Anak Siklus II ..................................... 16
Tabel 4.6 Perbandingan Nilai dan Prosentase siklus I dan II ............................... 17
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan merupakan tombak kehidupan untuk itu baik dari pemerintah maupun agama menganjurkan bagi setiap manusia untuk menuntut ilmu. Pendidikan Anak Usia Dini memiliki karakteristik yang unik yaitu berupa aktivitas langsung dan berbagai sutuasi yang berkaitan dengan minat dan pengalaman. Mereka lebih cocok dengan pola pembelajaran konkret dengan aktivitas motorik. Praktik yang sesuai dengan kebutuhan serta perkembangan anak belum seluruhnya diterapkan.
Kecerdasan majemuk dapat saja dimiliki oleh setiap individu, hanya saja dalam taraf dan porsi yang berbeda. Kecerdasan ini tidak berdiri sendiri, terkadang bercampur dengan kecerdasan yang lainnya. Dengan kata lain, stimulasi terhadap satu kecerdasan akan menstimulasi kecerdasan yang lainnya.
Pentingnya pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk adalah peserta didik dapat belajar sambil meningkatkan seluruh potensi yang ada pada dirinya karena kecerdasan dapat distimulasi, dikembangkan sampai batas tertinggi melalui pengayaan, dukungan yang baik dan pengajaran.
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan dalam proses belajar mengajar terhadap peserta didik Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate menunjukkan bahwa kemampuan anak pada kegiatan kognitif aspek kecerdasan majemuk masih rendah. Dari 19 anak yang kemampuan kognitifnya sudah baik hanya 2 anak saja. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka, peneliti mengambil Judul “ Meningkatkan Kecerdasan Majemuk Anak Melalui Bermain Merangkai Gelang Karet Warna-Warni Di Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate ”.
B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan hasil pengamatan dan pengalaman mengajar pada anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate, maka dapat di identifikasi masalah sebagai berikut :
1. Kemampuan anak pada aspek kecerdasan majemuk masih rendah.
2. Pembelajaran guru kepada anak menggunakan buku paket anak terkesan menjenuhkan bagi anak .
3. Anak-anak berlarian dan mencari kegiatan lain saat pembelajaran.
C. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian yang terdapat pada latar belakang masalah diatas maka dalam penelitian ini dirumuskan masalah sebagai berikut :
1. Apakah peningkatan kemampuan kognitif kecerdasan majemuk melalui media gelang karet warna warni kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate?
2. Bagaimana media gelang karet berwarna - warni dapat meningkatkan kemampuan kognitif kecerdasan majemuk pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate ?
D. Pemecahan Masalah
Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka diharapkan media karet gelang warna-warni dapat menjadi upaya peningkatan kemampuan kognitif kecerdasan majemuk media yang sesuai dan diminati anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate.
E. Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah yang telah diuraikan di atas, maka dapat dirumuskan tujuan penelitian ini adalah :
1. Meningkatkan kemampuan kognitif kecerdasan majemuk dengan media yang sesuai dan diminati anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate.
Untuk mencari media yang tepat dan menarik sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif kecerdasan majemuk pada anak Kelompok B di Dharma Wanita Persatuan Punduttrate.
3. Meningkatkan kemampuan pembelajaran guru.
F. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Bagi anak
a. Anak dapat meningkatkan kemampuan kognitif kecerdasan majemuk dengan media yang sesuai dan diminati anak-anak.
b. Anak sebagai objek penelitian diharapkan dapat memperoleh pengalaman langsung mengenai pembelajaran yang menyenangkan dan menantang melalui media yang menarik
2. Bagi Guru
a. Upaya mengatasi permasalahan dalam pembelajaran
b. Mengembangkan kemampuan guru dalam menggunakan media yang lebih menarik dan menyenangkan sehingga tercipta suasana pembelajaran yang lebih baik.
3. Bagi Sekolah
a. Dapat dijadikan referensi dan acuan untuk kegiatan pembelajaran yang menarik yang dapat meningkatkan mutu pendidikan dan perkembangan anak .
b. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan yang positif kepada penyelenggaraan lembaga pendidikan.
G. Batasan Masalah
Adapun batasan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah :
1. Objek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B ( usia 5-6 tahun )
2. Kemampuan yang ingin ditingkatkan adalah aspek kognitif kecerdasan majemuk dengan metode bermain
3. Media yang digunakan adalah media karet warna-warni
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A. Pengertian Kecerdasan Mejemuk
Menurut Gardner (Hernowo, 2005:65-69), kemajemukan inteligensi merupakan kumpulan kepingan kemampuan yang ada di beragam otak. Semua kepingan ini saling berhubungan tetapi juga bekerja sendiri, yang terpenting inteligensi tidak statis atau ditentukan sejak lahir. Sementara itu pendapat lain menyatakan bahwa kecerdasan majemuk adalah macam kecerdasan lebih dari satu yang dimiliki setiap individu di mana setiap individu memiliki kedelapan jenis kecerdasan dengan kadar yang berbeda, artinya tergantung jenis kecerdasan mana yang dominan (Gardner dalam Manurung, 2013:50).
B. Bermain
Menurut Montessori (2013: 77) pembelajaran yang sejati muncul dari kebebasan anak-anak untuk memilih kegiatan mereka dan untuk menyempurnakannya juga memerlukan perumusan kembali tentang apa makna dari seorang pengajar. Dalam kelas konvensional, para pengajar, biasanya mengambil posisi di panggung pusat, sering kali berjuang untuk mendorong dan melibatkan sekelompok anak-anak yang memiliki tingkat kesiapan dan kemampuan yang berbeda-beda. Karena itu pendidik ketika mengajari anak didik yang masih usia dini harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan.
Dari paparan singkat di atas, maka artikel ini akan membahas tentang bermain sebagai metode pembelajaran bagi anak usia dini. Pembahasan dimulai dari pengertian pendidikan anak usia dini, urgensi pendidikan anak usia dini, prinsip-prinsip pendidikan anak usia dini, peranan keluarga terhadap pendidikan anak usia dini, pengaruh dan manfaat bermain, serta macam-macam metode bermain bagi anak-anak usia dini.
C. Media Gelang Karet
Gelang karet memiliki banyak istilah atau sebutan diantaranya gelang rubber, gelang bracelet dan juga wristband. Gelang karet adalah adalah asesoris berbentuk melingkar yang digunakan di pergelangan tangan yang terbuat dari karet.
D. Pengertian Warna
Warna adalah unsur pertama yang terlihat oleh mata dari suatu benda. Menurut Depdiknas warna adalah kesan yang diperoleh mata dari cahaya yang di pantulkan oleh benda-benda yang kenainya. Unsur penting dari warna adalah objek (benda) yang kemudian diterima oleh mata karena adanya pantulan dari cahaya yang mengenai benda. Dengan demikian secara umum, warna didefinisikan sebagai unsur cahaya yang dipantulkan oleh sebuah benda dan selanjutnya di intrepetasikan oleh kerja otak mata berdasarkan cahaya yang mengenai benda.
BAB III
METODE PENELITIAN
A. Subyek Dan Lokasi Penelitian
Subyek dan lokasi dalam penelitian tentang peningkatan Kecerdasan Majemuk anak melalui permainan Gelang Karet Warna-Warni ini adalah peserta didik kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik dengan rentang usia 5-6 tahun dengan jumlah 19 anak. Adapun Jumlah Nama-nama peserta didik kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate sebagai berikut :
Tabel 3.1
Data Peserta Didik Kelompok B
No
Nama
Kel
No
Nama
Kel
1.
Adelia Natasya Putri
B
11.
M. Ridhwan Rifa’i
B
2.
A. Fairuz Arka Hamizah
B
12.
M. Rizal Kurniawan
B
3.
Arsya Nur Salsabilah
B
13.
Nadira Safitri
B
4.
Arya Yuda Wibisana
B
14.
Nadya Maulida Nurhusna
B
5.
Daffa Ibnu Hafidz
B
15.
Nur Yatimawati
B
6.
Dimas Adi Pratama
B
16.
Raffasya Alfarizqi Mulyono
B
7.
Dinara Queen Diyonifah
B
17.
Rasyqul Ahmad Budi S
B
8.
Laudya Chintya Bella
B
18.
Septi Adinda Nurdiya
B
9.
M. Fabian Harahap
B
19.
A. Adya Surya
B
- B. Waktu Penelitian
- Waktu Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 tahapan, yaitu :
- Siklus I
- Hari : Senin s.d Kamis
- Tanggal : 06 Juni s.d 09 Juni 2022
- Waktu : 07.00-09.30 Wib
- Siklus II
Hari : Senin s.d Kamis
Tanggal : 13 s.d 16 Juni 2022
Waktu : 07.00-09.30 Wib
C. Tema
Dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas ini, Peneliti menggunakan satu tema tetap selama 2 siklus perbaikan, yaitu tema “Alam Semesta”. Dengan rincian penggunaan tema sebagai berikut :
- Penelitian Siklus I, Peneliti menggunakan subtema “ Benda-benda langit” dengan sub-sub tema seperti ; 1) Matahari ; 2) Bulan; 3) Bintang ; 4) Awan
- Penelitian Siklus II, Peneliti menggunakan subtema “ Gejala Alam ” dengan sub-sub tema sebagai berikut, yaitu; 1) Pelangi; 2) Hujan ; 3) Gunung Meletus ; 4) pagi, siang dan malam ;
D. Teknik Analisa Data
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif komparatif dan analisis kritis, teknik deskriptif komparatif digunakan untuk data kuantitatif, yakni dengan membandingkan hasil antara siklus. Peneliti membandingkan hasil sebelum penelitian dengan membandingkan hasil pada akhir setiap siklus (Suwandi, 2008:70)
Teknik komparatif dalam penelitian ini dilakukan dengan membandingkan hasil penelitian siklus pertama dan kedua. Hasil komparasi tersebut digunakan untuk mengetahui indikator keberhasilan dan kegagalan dalam setiap siklus. Indokator yang berlum tercapai diperbaiki pada siklus berikutnya sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa.
Untuk memperoleh informasi yang valid dan reliabel dari pelaksanaan penelitian tindakan ini, maka perlu kelengkapan data, kualitas alat pengumpul data dan ketepatan alat analisisnya. Rumus yang digunakan dalam penelitian ini adalah :
Keterangan :
P = Jumlah Presentase yang diperolah
F = Jumlah pencapaian target nilai siswa
N = Jumlah seluruh siswa
Indikator keberhasilan didasarkan kepada ketentuan sebagai berikut:
1. Kemampuan anak dikategorikan berhasil dengan baik minimal 80 %.
2. Kemampuan anak dikategorikan cukup apabila hasil mencapai 60% -79%. 3. Kemampuan anak dikategorikan kurang apabila hasil hanya mencapai 60%
BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
Deskripsi Tiap Siklus
1. SIKLUS I
Peneliti pada siklus I akan melakukan perbaikan kegiatan pengembangan Kecerdasan Majemuk anak melalui kegiatan permainan Gelang Karet Warna-Warni. Langkah-langkah perbaikan untuk siklus satu dijabarkan pada rancangan satu siklus.
Rancangan satu siklus merangkum rencana pengembangan selama 4 hari dalam satu siklus. Adapun rancangan siklus I tersebut akan dijabarkan sebagai berikut :
RANCANGAN SATU SIKLUS
Siklus : I (Satu)
Tema : Alam Semesta / Benda-Benda Langit
Kelompok : B ( Usia 5-6 Tahun )
- Tujuan Pembelajaran :
- Meningkatkan Kecerdasan Majemuk Anak melalui Bermain Merangkai Gelang Karet Warna-Warni Di Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate.
- Identifikasi Masalah :
a. Anak-anak berlarian dan mencari kegiatan lain saat pembelajaran.
b. Kemampuan anak pada aspek kecerdasan majemuk masih minim.
c.Pembelajaran guru kepada anak menggunakan buku paket anak terkesan menjenuhkan bagi anak.
Analisis Masalah :
Berdasarkan hasil identifikasi masalah, maka diperoleh analisis masalah yang ditemukan adalah Anak-anak berlarian dan mencari kegiatan lain saat pembelajaran kemampuan anak pada aspek kecerdasan majemuk masih minim
dibawah target atau harapan guru. Pembelajaran guru kepada anak menggunakan buku paket anak terkesan menjenuhkan bagi anak.
- Rumusan Masalah :
Berdasarkan uraian analisis masalah diatas maka dalam penelitian ini dirumuskan masalah sebagai berikut :
1. Apakah peningkatan kemampuan kognitif kecerdasan majemuk melalui media gelang karet warna warni kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate?
2. Bagaimana media gelang karet berwarna - warni dapat meningkatkan kemampuan kognitif kecerdasan majemuk pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate?
Tabel 3.2
Rencana Kegiatan Satu Siklus
Uraian
Kegiatan Awal
Kegiatan Inti
Kegiatan Akhir
RPPH 1
Diskusi tentang Matahari
Bermain merangkai gelang karet warna-warni
Bernyanyi lagu anak “ matahari “
RPPH 2
Diskusi tentang Bulan
Bermain merangkai gelang karet warna-warni
Membedakan Matahari dan Bulan
RPPH 3
Berdiskusi tentang Bintang
Bermain merangkai gelang karet warna-warni
Bernyanyi lagu
“ Bintang “
RPPH 4
Tanya Jawab tentang Awan
Bermain merangkai gelang karet warna-warni
Mengelompokkan warna karet yang sejenis
- Tabel 3.3
- Lembar Observasi Pencapaian Anak Siklus I
No
Nama Anak
Kecerdasan Majemuk
Siklus 1
BB
MB
BSH
BSB
1
Adelia Natasya Putri
v
2
A. Fairuz Arka Hamizah
v
3
Arsya Nur Salsabilah
v
4
Arya Yuda Wibisana
v
5
Daffa Ibnu Hafidz
v
6
Dimas Adi Pratama
v
7
Dinara Queen Diyonifah
v
8
Laudya Chintya Bella
v
9
M. Fabian Harahap
v
10
M. Nailun Nabhan
v
11
M. Ridhwan Rifa’i
v
12
M. Rizal Kurniawan
v
13
Nadira Safitri
v
14
Nadya Maulida Nurhusna
v
15
Nur Yatimawati
v
16
Raffasya Alfarizqi M
v
17
Rasyqul Ahmad Budi S
v
18
Septi Adinda Nurdiya
v
19
A. Adya Surya
v
Jumlah
7
6
4
2
Berdasarkan Tabel diatas terlihat dari 19 anak, yang mencapai perkembangan yang diharapkan adalah 12 anak dengan prosentase 63,2% yang mencapai target perkembangan, sedangkan kemampuan 7 anak lainnya masih rendah.
Dari data di atas dapat dilihat bahwa guru (peneliti) dalam penguasaan materi dan interaksi terhadap anak cukup maksimal. Jadi perlu diperbaiki dan ditingkatkan dalam penguasaan terhadap materi dan interaksi terhadap anak. Peneliti terus melakukan upaya pengembangan kegiatan pembelajaran agar perkembangan anak berkembang semakin baik.
2. SIKLUS II
Rencana perbaikan pada siklus II akan dilaksanakan pada tanggal 07 Juni 2022 sampai 15 Juni 2022. Pada siklus II masih berlanjut perbaikan dengan Kompetensi Dasar Kecerdasan Majemuk Tujuan yang ingin dicapai adalah agar siswa memiliki Kecerdasan Majemuk yang baik dalam proses pembelajaran.
RANCANGAN SATU SIKLUS
Siklus : II (Dua)
Tema / Sub Tema : Alam Semesta / Benda-Benda langit ( Matahari )
Kelompok : B
Tujuan Pembelajaran :Meningkatkan Kecerdasan Majemuk Anak melalui Bermain Merangkai Gelang Karet Warna-warni Di Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate.
Identifikasi Masalah :
a. Anak-anak berlarian dan mencari kegiatan lain saat pembelajaran
b. Kemampuan anak pada aspek kecerdasan majemuk masih minim Pembelajaran guru kepada anak menggunakan buku paket anak terkesan menjenuhkan bagi anak
Rumusan Masalah :
Berdasarkan uraian analisis masalah diatas maka dalam penelitian ini dirumuskan masalah sebagai berikut :
1. Apakah peningkatan kemampuan kognitif kecerdasan majemuk melalui media gelang karet warna warni kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate?
2. Bagaimana media gelang karet berwarna - warni dapat meningkatkan kemampuan kognitif kecerdasan majemuk pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate?
Tabel 3.4
Rencana Kegiatan Siklus 2
Uraian
Kegiatan Awal
Kegiatan Inti
Kegiatan Akhir
RPPH 1
Berdiskusi tentang Pelangi
Bermain merangkai gelang karet warna-warni
Bernyanyi lagu anak “ Pelangi “
RPPH 2
Bercakap -cakap tentang hujan
Bermain merangkai gelang karet warna-warni
Bernyanyi lagu bunyi hujan
RPPH 3
Berdiskusi tentang Bintang
Bermain merangkai gelang karet warna-warni
Bernyanyi lagu
“ Bintang “
RPPH 4
Tanya Jawab tentang Awan
Bermain merangkai gelang karet warna-warni
Mengelompokkan warna karet yang sejenis
Tabel 3.5
Lembar Observasi Pencapaian Anak Siklus II
No
Nama Anak
Kecerdasan Majemuk
Siklus II
BB
MB
BSH
BSB
1
Adelia Natasya Putri
v
2
A. Fairuz Arka Hamizah
v
3
Arsya Nur Salsabilah
v
4
Arya Yuda Wibisana
v
5
Daffa Ibnu Hafidz
v
6
Dimas Adi Pratama
v
7
Dinara Queen Diyonifah
v
8
Laudya Chintya Bella
v
9
M. Fabian Harahap
v
10
M. Nailun Nabhan
v
11
M. Ridhwan Rifa’i
v
12
M. Rizal Kurniawan
v
13
Nadira Safitri
v
14
Nadya Maulida Nurhusna
v
15
Nur Yatimawati
v
16
Raffasya Alfarizqi M
v
17
Rasyqul Ahmad Budi S
v
18
Septi Adinda Nurdiya
v
19
A. Adya Surya
v
Jumlah
1
5
9
4
Berdasarkan Tabel dan diatas terlihat dari 19 anak, yang mencapai perkembangan yang diharapkan adalah 18 anak, dengan prosentase 94,7 % yang mencapai target perkembangan, dan hanya 1 anak yang kemampuannya masih rendah.
Dari data di atas dapat dilihat bahwa guru (peneliti) dalam penguasaan materi dan interaksi terhadap anak berhasil dengan baik.
Tabel 3.6
Perbandingan Nilai dan Prosentase Rata-rata Siklus I dan Siklus II
Siklus
Jumlah NIlai
Prosentase Nilai
I
12
63,2 %
II
18
94,7 %
Observasi dari hasil akhir pelaksanaan perbaikan pembelajaran siklus I dan II pada anak yang berhasil ditingkatkan sebagaimana tabel, pada siklus I mencapai nilai 63,2 % dan di siklus II hasil akhir pelaksanaan perbaikan pembelajaran dalam bentuk prosentase mencapai hasil 94,7 % kemampuan anak yang berhasil ditingkatkan.
Dari hasil pencapaian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan permainan gelang karet warna-warni sesuai digunakan dan dikembangkan pada anak kelompok B di TK dharma Wanita Persatuan Punduttrate.
BAB V
SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan
Dari kegiatan perbaikan pembelajaran Meningkatkan Kecerdasan Majemuk Anak melalui Bermain Merangkai Gelang Karet Warna-Warni di Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate yang dilakukan melalui kegiatan perbaikan pembelajaran selama dua siklus, dapat diperoleh peningkatan hasil dari anak tentang kegiatan perbaikan pembelajaran. Peningkatan ini cukup baik dari siklus I ke siklus II, melalui media karet gelang warna-warni, anak lebih tertarik dan mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan dan dalam suasana yang riang gembira.
Melalui media karet gelang warna-warni anak melakukan proses belajar sambil bermain sehingga proses belajar yang didapat anak akan bertambah dan menjadi memori yang tersimpan dengan baik sepanjang waktu. Pemberian kegiatan ini juga tidak lepas dari pemberian stimulasi dan dorongan yang tinggi pada anak sehingga anak tertarik dan senang untuk mengikuti kegiatan.
Observasi dari hasil akhir pelaksanaan perbaikan pembelajaran siklus I dan II pada anak yang berhasil ditingkatkan sebagaimana tabel, pada siklus I mencapai nilai 63,2 % dan di siklus II hasil akhir pelaksanaan perbaikan pembelajaran dalam bentuk prosentase mencapai hasil 94,7 % kemampuan anak yang berhasil ditingkatkan. Dari hasil pencapaian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan permainan Gelang Karet Warna-Warni sesuai digunakan dan dikembangkan pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik.
B. Saran
Dari hasil penelitian tindakan Meningkatkan Kecerdasan Majemuk Anak melalui Bermain Merangkai Gelang Karet Warna-Warni di Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate, diperoleh dari uraian sebelumnya agar proses pembelajaran lebih efektif dan memperoleh hasil yang optimal bagi anak, maka disampaikan saran sebagai berikut :
1. Untuk melaksanakan proses pembelajaran dalam berbagai aspek perkembangan guru hendaknya mempersiapkan dengan mantap persiapan baik tempat, media maupun strategi pembelajaran.
2. Dalam menyampaikan kegiatan pembelajaran hendaknya guru harus menyampaikan dengan menarik dan gembira agar anak tidak jenuh/bosan.
3. Guru hendaknya lebih kreatif dalam memberikan materi pembelajaran pada anak serta menggunakan media atau alat pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
4. Dalam meningkatkan kecerdasan majemuk pada anak, guru hendaknya lebih sering melatih anak dengan berbagai metode pembelajaran jangan terpacu dengan metode hanya satu misalnya metode pemberian tugas, apabila guru menggunakan berbagai macam metode walaupun sederhana, anak akan menemukan pengetahuan baru dan pengalaman baru, memperoleh konsep dan keterampilan, sehingga anak dapat memecahkan masalah yang dihadapinya.
DAFTAR PUSTAKA
Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. (2010). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemendiknas.
Kurniasih, Imas. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Edukasia.
Montessori, Maria. (2013). Metode Montessori: Panduan Wajib untuk Guru dan Orangtua Didik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), diterjemahkan oleh Ahmad Lintang Lazuardi dari The Origin of an Educational Innovation.
Masitoh. (2008). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta : Universitas Terbuka.
Montolalu. (2009). Bermain Dan Permainan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka.
Musbikin, Imam. (2010). Buku Pintar PAUD (dalam Perspektif Islam).Yogyakarta: Laksana.
Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Musfiroh, Tadkiroatun. (2010). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta : Universitas Terbuka.
Nurunnisa, E. C. (2017). Melek kecerdasan interpersonal anak usia dini. Tunas Siliwangi, 2(2), 10–17.
Nurnaningsih. (2011). Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional. Skripsi. Cicalengka: Universitas Pendidikan Indonesia
Risaldy, Sabil. (2004). Manajemen Pengelolaan Sekolah Usia Dini, Jakarta: Luxima.
Sudarsana. (2014). Pendidikan Anak Usia Dini Berkarakter. Yogyakarta: Genius Publisher.
Wardhani, Igak & Wihardit, Kuswaya. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka
Yus, Anita. (2005). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta : Depdiknas.
Gardner, Howard. (2013). Multiple intelegences (terjemahan). Jakarta: Daras Books.
Sabri Sanan, Jamilah dan Martinis Yamin. (2013). Panduan PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. Jambi: Referensi
Sabri Sanan, Jamilah dan Martinis Yamin. (2013). Panduan PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. Jambi: Referensi
Suyadi & Maulidya Ulfah. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya
LAMPIRAN-LAMPIRAN :
Lampiran 1 : Siklus 1
Lampiran 2 : RPPH Siklus 2
Lampiran 5 : Tugas Tutorial (Simulasi 2 Siklus )
Lampiran 7 : Lembar refleksi Siklus 1
Lampiran 8 : Lembar refleksi Siklus 2
Lampiran 9 : Alat Penilaian Simulasi 1
Lampiran 10 : Lembar refleksi Siklus 2
Lampiran 1
RPPH DAN SKENARIO PERBAIKAN SIKLUS 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TK DWP PUNDUTTRATE
Semester / Bulan / Minggu Ke: II / Juni / 16
Hari / Tanggal : Senin, 06 Juni 2022
Kelompok / Usia : B (5-6 Tahun)
Waktu : 07.00 – 09.30 WIB
Tema/Sub Tema/Sub sub tema: Alam Semesta / Benda-benda langit /Matahari
Pilar Karakter : Percaya diri , kreatif dan kerja keras
Strategi Pembelajaran : Model Kelompok dengan sudut pengaman
- Materi Dalam Kegiatan:
- Do’a sehari-hari dan surat-surat pendek
- Pengembangan keterampilan motorik kasar dan halus
- Perilaku / sikap bertanggung jawab
- Membuat coretan bentuk angka dan huruf
- Menenal benda-benda langit untuk mengembangkan pengetahuan
- Membuat berbagai hasil karya dengan berbagai media
- Materi Pembiasaan :
- Pembiasaan nilai karakter
- Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
- Do’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan dan mengenal aturan
( tata tertib)masuk kedalam SOP pembukaan
- Mencuci tangan masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan ( istirahat )
- Alat dan Bahan
- Lembar Kerja
- Buku, pensil, spidol, krayon
- Gambar Matahari
- Karet Gelang warna warni
A. Pembukaan ( 30 Menit )
- Penerapan SOP pembukaan
- Berdiskusi tentang Matahari
- Menyanyi lagu “ matahari “
- Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. Inti / Kegiatan di Kelompok ( 90 Menit )
- Pijakan Sebelum Main
- Anak duduk pada lingkaran, Guru mengenalkan semua tempat, bahan dan alat bermain masing-masing kegiatan dan cara bermain
- Anak dipandu guru mengucapkan aturan bermain dan do’a sebelum kegiatan
- Ragam Kegiatan Kelompok :
- Kelompok 1 : Bermain merangkai gelang karet warna-warni
- Kelompok 2 : Menulis Kata Matahari
- Kelompok 3 : Menghubungkan Jumlah matahari dengan Angka
- Kelompok 4 : Mewarnai Gambar matahari
- Pijakan Saat Bermain
- Anak memilih salah satu permainan bersama pasangannya, dan melakukan sampai tuntas.
- Anak melaporkan pada Guru bila telah selesai, dan memilih permainan yang lainnya.
- Guru Mengamati dan memastikan semua anak melakukan kegiatan bermain.
- Guru memberi contoh cara bermain pada anak yang belum bisa menggunakan alat / bahan.
- Guru mencatat yang dilakukan anak
- Mengingatkan bila waktu akan berakhir kemudian mengumpulkan hasil kerja anak
- Pijakan Setelah Main ( Recalling )
- Merapikan alat-alat yang telah digunakan
- Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
- Menanyakan kegiatan yang telah dilakukan / dimainkan anak hari ini
- Penguatan pengetahuan yang didapat anak
C. Istirahat ( 30 Menit )
- Bermain di dalam dan di luar, cuci tangan
- Berdo’a sebelum dan sesudah makan
D. Penutup ( 30 Menit )
- Menanyakan perasaan anak hari ini
- Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini, mainan apa yang paling disukai
- Menginformasikan kegiatan untuk esok hari
- Penerapan SOP penutupan
Mengetahui,
Kepala TK DWP Punduttrate Guru Kelas
SUTIANA, S.Pd USRIYAH, S.Pd
SKENARIO PERBAIKAN
SIKLUS I
Tujuan Pembelajaran : Meningkatkan Kecerdasan Majemuk Anak melalui Bermain Merangkai Gelang Karet Warna-Warni di Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate
Siklus ke : I
Hari/tanggal : Senin, 06 Juni 2022
Hal yang diperbaiki/ditingkatkan :
A. Kegiatan pengembangan I ( Pembukaan ) :
Judul kegiatan : Mewarnai gambar Matahari
Pengelolaan Kelas : Guru melakukan pembelajaran tatap muka ( PTM )
a. Penataan kelas
terdapat karpet di depan papan tulis untuk kegiatan Circle Time. Meja dan kursi anak dibagi menjadi tiga kelompok
b. Pengorganisasian Anak
Pada kegiatan pembukaan anak-anak diajak guru berdiri melingkar untuk gerak dan lagu bersama. Duduk bersama dalam lingkaran untuk berdo’a dan bercakap-cakap menyamakan persepsi serta menjelaskan aturan bermain.
Langkah – langkah perbaikan :
1. Guru mengucap salam dan mengajak anak berdoa bersama sebelum belajar
2. Guru mengajak anak berdiskusi untuk mengenal Tema Alam Semesta Sub Tema Benda-benda langit sub sub tema Matahari.
B. Kegiatan Pengembangan II ( Inti )
Judul Kegiatan : Bermain Merangkai Karet Warna-Warni
Pengelolaan Kelas : Guru melakukan pembelajaran tatap muka ( PTM )
a. Penataan kelas
terdapat karpet di depan papan tulis untuk kegiatan Circle Time. Meja dan kursi anak dibagi menjadi tiga kelompok
b. Pengorganisasian Anak
Pada kegiatan inti, Guru menjelaskan atau mendemonstrasikan kegiatan yang akan dilakukan anak. Kemudian anak menempati posisi meja yang diinginkan.
- Langkah – langkah perbaikan :
1. Guru menyiapkan alat dan bahan
2. Guru menjelaskan cara pelaksanaan kegiatan
3. Anak-anak dipersilahkan memilih kagiatan
C. Kegiatan Pengembangan III ( Penutup )
- Judul kegiatan : Bergiliran menyanyikan lagu matahari
- Pengelolaan Kelas
- a. Penataan ruang :
karpet digunakan untuk kegiatan Circle Time pada waktu penutupan.
Keterangan :: papan tulis
: Karpet
b.Pengorganisasian anak
Guru mengajak anak-anak untuk duduk melingkar di karpet yang disediakan untuk melakukan kegiatan penutupan bersama-sama
- Langkah-langkah perbaikan :
- Bernyanyi lagu anak secara bergiliran
- Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
- Menginformasikan kegiatan untuk besok
- Penutup
- 1. Guru menanyakan perasaan dan mengulas tugas hari ini
- 2. Penerapan SOP penutupan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TK DWP PUNDUTTRATE
Semester / Bulan / Minggu Ke: II / Juni / 16
Kelompok / Usia : B (5-6 Tahun)
Hari / Tanggal : Selasa, 07 Juni 2022
Waktu : 07.00 – 09.30 WIB
Tema / Sub Tema : Alam Semesta / Benda-benda langit ( Bulan )
Pilar Karakter : Percaya diri , kreatif dan kerja keras
Strategi Pembelajaran : Model Kelompok dengan sudut pengaman
- Materi Dalam Kegiatan:
- Do’a sehari-hari dan surat-surat pendek
- Pengembangan keterampilan motorik kasar dan halus
- Perilaku / sikap bertanggung jawab
- Membuat coretan bentuk angka dan huruf
- Menenal benda-benda langit untuk mengembangkan pengetahuan
- Membuat berbagai hasil karya dengan berbagai media
- Materi Pembiasaan :
- Pembiasaan nilai karakter
- Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
- Do’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan dan mengenal aturan
( tata tertib)masuk kedalam SOP pembukaan
- Mencuci tangan masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan ( istirahat )
- Alat dan Bahan
- Lembar Kerja
- Buku, pensil, spidol, krayon
- Gambar Alam Semesta
- Karet Gelang warna warni
A. Pembukaan ( 30 Menit )
- Circle time, ikrar berdo’a
- Menyanyi bersama
- Olah Tubuh / gerak dan lagu
- Diskusi tentang Tema
- Menirukan membaca surat pendek
B. Inti / Kegiatan di Kelompok ( 90 Menit )
- Pijakan Sebelum Main
- Anak duduk pada lingkaran, Guru mengenalkan semua tempat, bahan dan alat bermain masing-masing kegiatan dan cara bermain
- Anak dipandu guru mengucapkan aturan bermain dan do’a sebelum kegiatan
- Ragam Kegiatan Kelompok :
- Kelompok 1 : Menyebutkan benda langit pada malam hari (Bulan )
- Kelompok 2 : Membedakan Matahari dan Bulan
- Kelompok 3 : Bermain merangkai gelang karet warna-warni
- Pijakan Saat Bermain
- Anak memilih salah satu permainan bersama pasangannya, dan melakukan sampai tuntas.
- Anak melaporkan pada Guru bila telah selesai, dan memilih permainan yang lainnya.
- Guru Mengamati dan memastikan semua anak melakukan kegiatan bermain.
- Guru memberi contoh cara bermain pada anak yang belum bisa menggunakan alat / bahan.
- Guru mencatat yang dilakukan anak
- Mengingatkan bila waktu akan berakhir kemudian mengumpulkan hasil kerja anak
- Pijakan Setelah Main ( Recalling )
- Menanyakan kegiatan yang telah dilakukan / dimainkan anak hari ini
- Menguatkan konsep tema
C. Istirahat ( 30 Menit )
- Bermain di dalam dan di luar, cuci tangan
- Berdo’a sebelum dan sesudah makan
D. Penutup ( 30 Menit )
- Mengucapkan hamdalah setelah menyelesaikan kegiatan
- Menanyakan perasaan anak hari ini
- Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini, mainan apa yang paling disukai
- Menginformasikan kegiatan untuk esok hari
- Berdo’a setelah belajar dan pulang sekolah
Mengetahui
Kepala TK DWP Punduttrate Guru Kelas
SUTIANA,S.Pd USRIYAH,S.Pd
- SKENARIO PERBAIKAN
- SIKLUS 1
- Tujuan Pembelajaran : Meningkatkan Kecerdasan Majemuk Anak Melalui Bermain Merangkai Gelang Karet Warna-Warni Di Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate
- Siklus ke : I
- Hari/tanggal : Selasa, 07 April 2022
- Hal yang diperbaiki/ditingkatkan :
- A. Kegiatan pengembangan I ( Pembukaan ) :
- Judul kegiatan : Menyebutkan benda langit pada malam hari (Bulan )
- Pengelolaan Kelas : Guru melakukan pembelajaran tatap muka (PTM)
- Langkah – langkah perbaikan :
- 1. Guru mengucap salam dan mengajak anak berdoa bersama sebelum belajar
- 2. Guru mengajak anak berdiskusi untuk mengenal tema Alam Semesta
- B. Kegiatan Pengembangan II ( Inti )
- Judul Kegiatan : Membedakan Matahari dan Bulan
- Langkah – langkah perbaikan :
- 1. Guru menyiapkan alat dan bahan
- 2. Guru menjelaskan cara pelaksanaan kegiatan
- 3. Anak-anak dipersilahkan mengerjakan
- C. Kegiatan Pengembangan III ( Penutup )
- Judul kegiatan : Bermain merangkai gelang karet warna-warni
- Langkah-langkah perbaikan :
- 1. Guru menyiapkan media Karet Gelang warna warni
- 2. Guru mempraktekkan cara bermain dengan media karet gelang warna warni
3.Guru mempersilahkan anak praktek permainan bersama teman/anak-anak lain
- 4. Pendidik mendokumentasikan kegiatan anak
- Penutup
- 1. Guru menanyakan perasaan dan mengulas tugas hari ini
- 2. Berdoa bersama
- 3. Salam penutup
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TK DWP PUNDUTTRATE
Semester / Bulan / Minggu Ke: II / Juni / 16
Kelompok / Usia : B (5-6Tahun)
Hari / Tanggal : Rabu, 08 Juni 2022
Waktu : 07.00 – 09.30 WIB
Tema / Sub Tema : Alam Semesta / Benda-benda langit (Bintang)
Pilar Karakter : Percaya diri , kreatif dan kerja keras
Strategi Pembelajaran : Model Kelompok dengan sudut pengaman
- Materi Dalam Kegiatan:
- Do’a sehari-hari dan surat-surat pendek
- Pengembangan keterampilan motorik kasar dan halus
- Perilaku / sikap bertanggung jawab
- Membuat coretan bentuk angka dan huruf
- Menenal benda-benda langit untuk mengembangkan pengetahuan
- Membuat berbagai hasil karya dengan berbagai media
- Materi Pembiasaan :
- Pembiasaan nilai karakter
- Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
- Do’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan dan mengenal aturan
( tata tertib)masuk kedalam SOP pembukaan
- Mencuci tangan masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan ( istirahat )
- Alat dan Bahan
- Lembar Kerja
- Buku, pensil, spidol, krayon
- Gambar Alam Semesta
- Karet Gelang warna warni
A. Pembukaan ( 30 Menit )
- Circle time, ikrar berdo’a
- Menyanyi bersama
- Olah Tubuh / gerak dan lagu
- Diskusi tentang Tema
- Menirukan membaca surat pendek
B. Inti / Kegiatan di Kelompok ( 90 Menit )
- Pijakan Sebelum Main
- Anak duduk pada lingkaran, Guru mengenalkan semua tempat, bahan dan alat bermain masing-masing kegiatan dan cara bermain
- Anak dipandu guru mengucapkan aturan bermain dan do’a sebelum kegiatan
- Ragam Kegiatan Kelompok :
- Kelompok 1 : Menebali kata Bintang
- Kelompok 2 : Mewarnai gambar bintang
- Kelompok 3 : Bermain merangkai gelang karet warna-warni
- Pijakan Saat Bermain
- Anak memilih salah satu permainan bersama pasangannya, dan melakukan sampai tuntas.
- Anak melaporkan pada Guru bila telah selesai, dan memilih permainan yang lainnya.
- Guru Mengamati dan memastikan semua anak melakukan kegiatan bermain.
- Guru memberi contoh cara bermain pada anak yang belum bisa menggunakan alat / bahan.
- Guru mencatat yang dilakukan anak
- Mengingatkan bila waktu akan berakhir kemudian mengumpulkan hasil kerja anak
- Pijakan Setelah Main ( Recalling )
- Menanyakan kegiatan yang telah dilakukan / dimainkan anak hari ini
- Menguatkan konsep tema
C. Istirahat ( 30 Menit )
- Bermain di dalam dan di luar, cuci tangan
- Berdo’a sebelum dan sesudah makan
D. Penutup ( 30 Menit )
- Mengucapkan hamdalah setelah menyelesaikan kegiatan
- Menanyakan perasaan anak hari ini
- Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini, mainan apa yang paling disukai
- Menginformasikan kegiatan untuk esok hari
- Berdo’a setelah belajar dan pulang sekolah
Mengetahui
Kepala TK DWP Punduttrate Guru Kelas
SUTIANA, S.Pd USRIYAH, S.Pd
SKENARIO PERBAIKAN
SIKLUS 1
Tujuan Pembelajaran :Meningkatkan Kecerdasan Majemuk Anak melalui Bermain Merangkai Gelang Karet Warna-Warni di Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate
Siklus ke : I
Hari/tanggal : Rabu, 08 April 2022
Hal yang diperbaiki/ditingkatkan :
A. Kegiatan pengembangan I ( Pembukaan ) :
- Judul kegiatan : Menebali kata Bintang
- Pengelolaan Kelas : Guru melakukan pembelajaran tatap muka ( PTM )
- Langkah – langkah perbaikan :
1. Guru mengucap salam dan mengajak anak berdoa bersama sebelum belajar
2. Guru mengajak anak berdiskusi untuk mengenal tema Alam Semesta
B. Kegiatan Pengembangan II ( Inti )
- Judul Kegiatan : Bernyanyi lagu “ Bintang “
- Langkah – langkah perbaikan :
1. Guru menyiapkan alat dan bahan
2. Guru menjelaskan cara pelaksanaan kegiatan
3. Anak-anak dipersilahkan praktek bernyanyi
C. Kegiatan Pengembangan III ( Penutup )
- Judul kegiatan : Bermain merangkai gelang karet warna-warni
- Langkah-langkah perbaikan :
1. Guru menyiapkan media Karet Gelang warna warni
2. Guru mempraktekkan cara bermain dengan media karet gelang warna warna
3. Guru mempersilahkan anak praktek permainan bersama teman/anak lain di dalam kelas
4. Pendidik mendokumentasikan kegiatan
- Penutup
1. Guru menanyakan perasaan dan mengulas tugas hari ini
2. Berdoa bersama
3. Salam penutup
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TK DWP PUNDUTTRATE
Semester / Bulan / Minggu Ke: II / Juni / 16
Kelompok / Usia : B (5-6Tahun)
Hari / Tanggal : Kamis, 09 Juni 2022
Waktu : 07.00 – 09.30 WIB
Tema / Sub Tema : Alam Semesta / Benda-benda langit ( Awan )
Pilar Karakter : Percaya diri , kreatif dan kerja keras
Strategi Pembelajaran : Model Kelompok dengan sudut pengaman
- Materi Dalam Kegiatan:
- Do’a sehari-hari dan surat-surat pendek
- Pengembangan keterampilan motorik kasar dan halus
- Perilaku / sikap bertanggung jawab
- Membuat coretan bentuk angka dan huruf
- Menenal benda-benda langit untuk mengembangkan pengetahuan
- Membuat berbagai hasil karya dengan berbagai media
- Materi Pembiasaan :
- Pembiasaan nilai karakter
- Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
- Do’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan dan mengenal aturan
( tata tertib)masuk kedalam SOP pembukaan
- Mencuci tangan masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan ( istirahat )
- Alat dan Bahan
- Lembar Kerja
- Buku, pensil, spidol, krayon
- LKS
- Karet Gelang warna warni
A. Pembukaan ( 30 Menit )
- Circle time, ikrar berdo’a
- Menyanyi bersama
- Olah Tubuh / gerak dan lagu
- Diskusi tentang Tema
- Menirukan membaca surat pendek
B. Inti / Kegiatan di Kelompok ( 90 Menit )
- Pijakan Sebelum Main
- Anak duduk pada lingkaran, Guru mengenalkan semua tempat, bahan dan alat bermain masing-masing kegiatan dan cara bermain
- Anak dipandu guru mengucapkan aturan bermain dan do’a sebelum kegiatan
- Ragam Kegiatan Kelompok :
- Kelompok 1 : Menggunting gambar awan
- Kelompok 2 : Mengelompokkan warna karet yang sejenis
- Kelompok 3 : Bermain merangkai gelang karet warna-warni
- Pijakan Saat Bermain
- Anak memilih salah satu permainan bersama pasangannya, dan melakukan sampai tuntas.
- Anak melaporkan pada Guru bila telah selesai, dan memilih permainan yang lainnya.
- Guru Mengamati dan memastikan semua anak melakukan kegiatan bermain.
- Guru memberi contoh cara bermain pada anak yang belum bisa menggunakan alat / bahan.
- Guru mencatat yang dilakukan anak
- Mengingatkan bila waktu akan berakhir kemudian mengumpulkan hasil kerja anak.
- Pijakan Setelah Main ( Recalling )
- Menanyakan kegiatan yang telah dilakukan / dimainkan anak hari ini
- Menguatkan konsep tema
C. Istirahat ( 30 Menit )
- Bermain di dalam dan di luar, cuci tangan
- Berdo’a sebelum dan sesudah makan
D. Penutup ( 30 Menit )
- Mengucapkan hamdalah setelah menyelesaikan kegiatan
- Menanyakan perasaan anak hari ini
- Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini, mainan apa yang paling disukai
- Menginformasikan kegiatan untuk esok hari
- Berdo’a setelah belajar dan pulang sekolah
Mengetahui
Kepala TK DWP Punduttrate Guru Kelas
SUTIANA,S.Pd USRIYAH,S.Pd
- SKENARIO PERBAIKAN
- SIKLUS 1
- Tujuan Pembelajaran : Meningkatkan Kecerdasan Majemuk Anak melalui Bermain Merangkai Gelang Karet Warna-Warni Di Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate
- Siklus ke : I
- Hari/tanggal : Kamis, 09 April 2022
- Hal yang diperbaiki/ditingkatkan :
- A. Kegiatan pengembangan I ( Pembukaan ) :
- Judul kegiatan : Menggunting gambar Awan
- Pengelolaan Kelas :Guru melakukan pembelajaran secara tatap muka
- Langkah – langkah perbaikan :
- 1. Guru mengucap salam dan mengajak anak berdoa bersama sebelum belajar
- 2. Guru mengajak anak berdiskusi tentang alam semesta
- 3. Guru memberikan contoh cara menggunting
- 4. Guru melakukan pendampingan / membantu anak yang belum bisa menggunting
- B. Kegiatan Pengembangan II ( Inti )
- Judul Kegiatan : Mengelompokkan warna karet yang sejenis
- Langkah – langkah perbaikan :
- 1. Guru menyiapkan alat dan bahan
- 2. Guru menjelaskan cara pelaksanaan kegiatan
- 3. Anak-anak dipersilahkan mengerjakan
- C. Kegiatan Pengembangan III ( Penutup )
- Judul kegiatan : Bermain merangkai gelang karet warna-warni
- Langkah-langkah perbaikan :
- 1. Guru menyiapkan media Karet Gelang warna warni
- 2. Guru mempraktekkan cara bermain dengan media karet gelang warna warni
- 3. Guru mempersilahkan anak praktek permainan bersama teman / anak lain di dalam kelas
- 4. pendidik mendokumentasikan kegiatan peserta didik
- Penutup
- 1. Guru menanyakan perasaan dan mengulas tugas hari ini
- 2. Berdoa bersama
- 3. Salam penutup
Lampiran 2
RPPH DAN SKENARIO PERBAIKAN SIKLUS II
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TK DWP PUNDUTTRATE
Semester / Bulan / Minggu Ke: II / Juni / 17
Hari / Tanggal : Senin, 13 Juni 2022
Kelompok / Usia : B (5-6 Tahun)
Waktu : 07.00 – 09.30 WIB
Tema/Sub Tema/Sub sub tema: Alam Semesta / Gejala Alam / Pelangi
Pilar Karakter : Mandiri dan bertanggung jawab
Strategi Pembelajaran : Model Kelompok dengan sudut pengaman
- Materi Dalam Kegiatan:
- Membiasakan mengucapkan kalimat pujian terhadap Tuhan
- Kebiasaan menjaga kebersihan
- Sabar menunggu giliran
- Mengenal keaksaraan awal
- Menenal benda-benda langit untuk mengembangkan pengetahuan
- Membuat berbagai hasil karya dengan berbagai media
- Materi Pembiasaan :
- Pembiasaan nilai karakter
- Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
- Do’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan dan mengenal aturan
( tata tertib)masuk kedalam SOP pembukaan
- Mencuci tangan masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan ( istirahat )
- Alat dan Bahan
- Lembar Kerja
- Buku, pensil, spidol, krayon
- Gambar alam semesta
- Karet Gelang warna warni
A. Pembukaan ( 30 Menit )
- Circle time, ikrar berdo’a
- Diskusi warna pelangi
- Diskusi tentang Gejala Alam
- Menirukan membaca surat pendek
B. Inti / Kegiatan di Kelompok ( 90 Menit )
- Pijakan Sebelum Main
- Anak duduk pada lingkaran, Guru mengenalkan semua tempat, bahan dan alat bermain masing-masing kegiatan dan cara bermain
- Anak dipandu guru mengucapkan aturan bermain dan do’a sebelum kegiatan
- Ragam Kegiatan Kelompok :
- Kelompok 1 : Membuat gambar pelangi
- Kelompok 2 : Mewarnai gambar pelangi
- Kelompok 3 : Bermain merangkai gelang karet warna-warni
- Pijakan Saat Bermain
- Anak memilih salah satu permainan bersama pasangannya, dan melakukan sampai tuntas.
- Anak melaporkan pada Guru bila telah selesai, dan memilih permainan yang lainnya.
- Guru Mengamati dan memastikan semua anak melakukan kegiatan bermain.
- Guru memberi contoh cara bermain pada anak yang belum bisa menggunakan alat / bahan.
- Guru mencatat yang dilakukan anak
- Mengingatkan bila waktu akan berakhir kemudian mengumpulkan hasil kerja anak
- Pijakan Setelah Main ( Recalling )
- Merapikan alat-alat yang telah digunakan
- Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
- Menanyakan kegiatan yang telah dilakukan / dimainkan anak hari ini
- Penguatan pengetahuan yang didapat anak
C. Istirahat ( 30 Menit )
- Bermain di dalam dan di luar, cuci tangan
- Berdo’a sebelum dan sesudah makan
D. Penutup ( 30 Menit )
- Menanyakan perasaan anak hari ini
- Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini, mainan apa yang paling disukai
- Menginformasikan kegiatan untuk esok hari
- Penerapan SOP penutupan
Mengetahui
Kepala TK DWP Punduttrate Guru Kelas
SUTIANA,S.Pd USRIYAH,S.Pd
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H