ABSTRAK
Usriyah. 2021. Meningkatkan Kemampuan Berhitung 1-10 Melalui Metode Bermain Kartu Gambar pada Anak Kelompok A Di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik.
Â
Kata Kunci: Kemampuan, Berhitung, Kartu Gambar.
Meningkatkan Kemampuan Berhitung 1-10 Melalui Metode Bermain Kartu Gambar pada Anak Kelompok A Di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik.
 Pada anak usia dini dibutuhkan upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir 0-8 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan pada jenjang berikutnya. Pendidikan PAUD merupakan pondasi awal pertumbuhan dan perkembangan anak untuk menempuh tahap selanjutnya. Anak-anak usia dini mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Tak terkecuali dalam berhitung. Berhitung merupakan dasar utama untuk mempelajari matematika. Banyak anak yang masih kurang tepat dalam kemampuan berhitungnya. Hal ini disebabkan anak cenderung suka bermain sendiri dan tidak mempedulikan penjelasan guru. Selain itu, mereka juga mempunyai rasa takut dan cemas karena berpisah dari orang tua selama proses belajar mengajar. Sebagai seorang pendidik juga terkadang memiliki kelemahan dalam pengajaran. Guru mungkin kurang dapat mendemonstrasikan peraga bilangan 1 -10 pada anak. Atau bisa saja pendidik itu melakukan kesalahan dalam penggunaan metode sehingga kurang menarik minat anak dalam memfokuskan diri mereka pada kegiatan berhitung.
 Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dengan dua siklus. Pada tiap siklus terdapat empat tahapan yaitu,  perencanaan ( planning ), pelaksanaan tindakan, pengamatan ( observasi ) dan refleksi. Pada saat kegiatan pembelajaran guru menggunakan media kartu gambar untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak. Media Kartu gambar adalah kartu-kartu bergambar berisi tentang benda, huruf, angka, binatang dan lain sebagainya. Biasanya gambar atau kertas untuk membuat kartu gambar memiliki warna yang mencolok dan menarik. Dengan adanya media  gambar yang menarik, maka anak akan terangsang untuk mengetahui  mencoba membaca kata-kata atau kalimat yang ada pada kartu gambar.
      Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pengajaran berupa media kartu gambar  dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak  kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik. Oleh karena itu media kartu gambar dapat dijadikan sebagai salah satu media alternatif pada bidang pengembangan bahasa dan matematika.
                                                          Â
                                                           KATA PENGANTAR
         Puji syukur ke hadirat Illahi Robbi yang mana telah memberikan Karunia serta Hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Penelitian Tindakan Kelas ini dengan judul "Meningkatkan Kemampuan Berhitung 1-10 Melalui Metode Bermain Kartu Gambar Pada Anak Kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik". Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Nabi besar Muhammad SAW yang senantiasa menjadi panutan. Karena beliaulah yang akan menunjukkan jalan keselamatan bagi umat islam kelak di hari kiamat.
         Dalam penyusunan laporan ini, penulis tidak lepas dari bantuan dan dukungan dari banyak pihak, diantaranya:
Bapak Afandi, Ketua Yayasan Dharma Wanita Persatuan Punduttrate. Â yang telah mengijinkan penulis untuk melakukan penelitian tindakan kelas di Unit Kerja TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate.
Ibu Sutiana, S.Pd, Â Kepala TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate, yang telah mengijinkan penulis untuk melakukan penelitian tindakan kelas di Unit Kerja TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate.
Rekan-rekan Guru TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik.
- Bapak M. Habib Mr, S.Pd.I yang dengan do`a dan fasilitasnya telah memberi kekuatan dan kelancaran sehingga peneliti mampu menyelesaikan tugas ini.
- Anak-anakku yang tercinta yang selalu menentramkan hati dan menjadi semangat bagi peneliti untuk terus belajar.
- Semua pihak yang telah membantu proses penyusunan laporan ini yang tidak dapat peneliti sebutkan satu persatu.
Peneliti sangat menyadari bahwa laporan penelitian ini masih banyak kekurangan . Untuk itu peneliti mohon maaf yang sebesar-besarnya dan peneliti mengharap kritik dan saran yang membangun demi sempurnanya tulisan ini.
Semoga semua kebaikan akan mendapatkan berkah dan ridlo dari Allah SWT. Semoga penelitian ini dapat bermanfaat. Â Aamin
      Penulis mengakui bahwa laporan ini masih banyak kekurangan karena pengalaman yang penulis miliki sangat kurang. Oleh kerena itu penulis mengharapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan maupun kritikan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan laporan ini.                     Â
                                               Â
                                                Gresik, 06 April 2021
                                                       Penulis
DAFTAR ISI
Â
HALAMAN JUDUL................................................................................................................ .............................................................................................................. i
LEMBAR PENGESAHAN ................................................................................................................ .............................................................................................................. ii
ABSTRAK................................................................................................................ ............................................................................................................. iii................................................................................................................
KATA PENGANTAR................................................................................................................ ............................................................................................................. iv................................................................................................................
DAFTAR ISI................................................................................................................ .............................................................................................................. v................................................................................................................
DAFTAR LAMPIRAN................................................................................. Â viii
Â
BAB I Â Â Â PENDAHULUAN
Latar Belakang 1.................................................................................................
Rumusan Masalah dan Pemecahan Masalah 3.................................................................................................
Tujuan Penelitian 3.................................................................................................
Manfaat Penelitian 3.................................................................................................
BAB II Â Â KAJIAN PUSTAKA
- Kemampuan Berhitung .................................................................................................... .................................................................................................. 5
Pengertian Berhitung.............................................................................................. ............................................................................................ 7
Tujuan Pengembangan Berhitung.............................................................................................. ............................................................................................ 8
Manfaat Berhitung.............................................................................................. ............................................................................................ 9
- Media Pembelajaran.................................................................................................... .................................................................................................. 9
Hakikat Media Pembelajaran.............................................................................................. ............................................................................................ 9
Fungsi Media Pembelajaran.............................................................................................. .......................................................................................... 10
Jenis-jenis Media Pembelajaran.............................................................................................. .......................................................................................... 11
- Media Kartu Gambar.................................................................................................... ................................................................................................ 12
- Pengertian Kartu Gambar........................................................................................ ...................................................................................... 7
- Kelebihan Kartu Gambar........................................................................................ ...................................................................................... 8
- Meningkatkan Kemampuan Berhitung.................................................................................................... ................................................................................................ 13
- Peningkatan.................................................................................................... ................................................................................................ 13
- Hipotesis.................................................................................................... ................................................................................................ 13
BAB III Â Â Â Â Â PELAKSANAAN PENELITIAN PERBAIKAN
- Subjek Penelitian .................................................................................................... ................................................................................................ 14....................................................................................................
- Tempat, Waktu dan Lama Penelitian.................................................................................................... ................................................................................................ 14....................................................................................................
- Prosedur Penelitian Perbaikan Pembelajaran.................................................................................................... ................................................................................................ 14
- Teknik Analisis Data.................................................................................................... ................................................................................................ 17
Â
BAB IV Â Â Â Â Â HASIL DAN PEMBAHASAN
Deskripsi Per Siklus                  .......................................................................  35                Â
Perencanaan Siklus 1 Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â 35
Rencana Kegiatan Siklus I Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â 35
RPPM................................................................................................ ............................................................................................ 37
Pelaksanaan Siklus 1 Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â 26
Skenario Perbaikan Siklus I Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â 26
Perencanaan Siklus II Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â 43
Rencana Kegiatan Siklus II Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â 43
Pelaksanaan Siklus II Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â 48
Skenario Perbaikan Siklus II Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â 48
- Hasil Penelitian dan Pembahasan setiap siklus.................................................................................................... ................................................................................................ 50
Hasil Penelitian Siklus I dan Tabel................................................................ ............................................................ 50
Hasil Penelitian Siklus II dan Tabel................................................................ ............................................................ 50
BAB V Â Â Â Â Â Â KESIMPULAN DAN SARAN
- Kesimpulan .................................................................................................... ................................................................................................ 50....................................................................................................
Saran        51    Â
DAFTAR Â LAMPIRAN
Lampiran                                           Halaman
2. Rencana Kegiatan Siklus I (RKM) .............................................................
3. Rencana Kegiatan  .......................................................................................
4. RKH ke 1 (Siklus I) .....................................................................................
5. RKH ke 2 (Siklus I) .....................................................................................
6. RKH ke 3 (Siklus I) ......................................................................................
7. RKH ke 4 (Siklus I) ......................................................................................
8. Â Â Â RKH ke 5 (Siklus I) .......................................................................................
9. Â Â Â Hasil Pengamatan Siswa Studi awal ..............................................................
10. Â Hasil Pengamatan Siswa Siklus I ....................................................................
11. Data Hasil Penilaian Berhitung .......................................................................
12. Hasil Pengamatan Aktivitas Guru dalam Pembelajaran ..................................
Â
Â
Â
BAB I
PENDAHULUAN
Â
Latar Belakang
 Pendidikan Anak Usia Dini merupakan pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir yaitu usia 0-8 tahun dengan pemberian rangsangan pendidikan untuk  pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani ke jenjang pendidikan berikutnya. Pendidikan PAUD merupakan pondasi awal pertumbuhan dan perkembangan anak untuk menempuh tahap selanjutnya.
Perkembangan dipengaruhi oleh faktor kematangan dan belajar. Apabila anak telah menunjukan kematangan untuk berhitung, seharusnya orang tua dan guru memberikan bimbingan dan pendampingan  dan tersalurkan dengan sebaik-baiknya menuju perkembangan kemampuan berhitung yang optimal ( Depdikdas, 2007 :4 )
 Menurut Suyanto, S (2005 : 6 ) anak usia dini adalah sekelompok individu yang berada pada rentang usia antara 0-8 tahun. Pada masa ini otak anak berkembang sangat pesat,  sehingga harus diberikan ransangan untuk keselarasan perkembangan otaknya.
Setelah anak berusia 8 tahun perkembangan otaknya mencapai 80% dan pada usia 18 tahun mencapai 100%. Â Menurut Hartati, S ( 2005 : 8-9 ) anak usia dini memiliki ciri khusus, karena anak usia dini tumbuh kembangnya dengan banyak cara yang berbeda. Karakteristik anak usia dini sebagai berikut: 1) memiliki sikap egosentris, 2) merupakan pribadi yang unik, 3) suka berfantasi dan berimajinasi, 4) masa potensial untuk belajar, 5) rasa ingin tahu yang besar , 6) memiliki rentan daya konsentrasi yang pendek, 7) merupakan bagian dari mahluk sosial.
Pendidikan Anak Usia Dini adalah upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir usia 0-8 tahun yang dilakukan melalui pemberian stimulus pendidikan agar membantu perkembangan dan pertumbuhan baik jasmani maupun rohani sehingga anak memiliki kesiapan memasuki pendidikan lebih lanjut ( Yamin, M Â & Jamilah, 2012: 1).
Tujuan PAUD secara khusus, yaitu (1) membangun landasan bagi berkembangnya potensi anak agar menjadi manusia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kritis, kreatif, inovatif, mandiri, percaya diri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab, (2) Mengembangkan potensi kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial anak pada masa emas pertumbuhannya dalam lingkungan bermain yang edukatif dan menyenangkan (Trianto, Â 2011: 25 ).
Anak-anak usia dini mempunyai kemampuan yang berbeda-beda, tak terkecuali dalam berhitung. Berhitung merupakan dasar utama untuk mempelajari Matematika. Pada tingkatan yang paling mendasar ini, dari 15 anak Kelompok  A di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik terdapat 3 anak saja yang dapat menyebutkan dan mengurutkan angka 1-10 dengan baik. Selebihnya masih kurang tepat dalam kemampuan berhitungnya. Hal ini disebabkan anak cenderung suka bermain sendiri dan tidak mempedulikan penjelasan guru. Selain itu, mereka juga mempunyai rasa takut dan cemas karena berpisah dari orang tua selama proses belajar mengajar.
Sebagai seorang pendidik juga terkadang memiliki kelemahan dalam pengajaran. Tak terkecuali dalam perhitungan. Guru mungkin kurang dapat mendemonstrasikan peraga bilangan 1 sampai dengan 10 pada anak. Atau bisa saja pendidik itu melakukan kesalahan dalam penggunaan metode sehingga kurang menarik minat anak dalam memfokuskan diri mereka pada kegiatan berhitung.
Memperhatikan penjelasan tersebut sehingga diperlukan penelitian tindakan perbaikan pembelajaran dengan judul "Meningkatkan Kemampuan Berhitung 1-10 Melalui Media Bermain Kartu Gambar Pada Anak Kelompok A Di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik  ".
Â
 Rumusan MasalahÂ
Berdasarkan permasalahan yang dikemukakan di atas .  Masalah peneliti ini dapat di rumuskan, apakah media kartu gambar dapat meningkatkan kemampuan berhitung 1-10 pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik  Tahun Pelajaran 2020 / 2021?
Tujuan Penelitian
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung 1-10 melalui media bermain kartu gambar pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik Tahun Pelajaran 2020 / 2021 .
Manfaat Penelitian
Manfaat hasil penelitian ini adalah:
- Bagi Anak
Untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak sehingga mampu menghitung benda-benda atau gambar dengan baik.
- Bagi Guru
Menambah wawasan guru dalam pembelajaran permainan dengan menggunakan alat permainan edukatif, serta akan menciptakan kreatifitas dalam membuat metode-metode pembelajaran dan media pembelajaran yang baru.
- Bagi Sekolah
Penelitian ini ditujukan bagi TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik sebagai saran dan masukan untuk meningkatkan kualitas dan kinerja yang berlangsung dalam setiap kegiatan yang ada di sekolah.
Â
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
Â
Kemampuan Berhitung (Kognitif)
Kognitif adalah perkembangan anak usia 0-8 tahun yang mempunyai kemampuan intelektual dalam berfikir melalui sebuah pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh dari belajar tetapi kecapatan setiap anak berbeda pada masing-masing individu.
 Anak lahir (0-8 tahun) sudah mempunyai kematangan dalam kemampuan intelektual yang diperoleh dari pengetahuan melalui belajar selama periode waktu yang panjang". Misalnya ketika anak masih berada di dalam kandungan, anak sudah diberikan pendidikan dari orangtua yaitu berupa stimulasi ( Hurlock, 1978).
 Anak usia dini adalah anak usia 2-6 tahun yang telah memasuki kategori anak prasekolah",perkembangan kognitif anak prasekolah yaitu bersifat kreatif dan mempunyai bakat unik yang awalnya dilihat dari pengalaman anak baik itu pengalaman lingkungan keluarga, lingkungan sekolah maupun dilingkungan masyarakat yang menjadi suatu pengetahuan yang baru bagi anak sebelum memasuki pendidikan selanjutnya ( Santrock, 2009)
Kognitif adalah proses dimana manusia berfikir secara internal, proses berfikirnya itu terdapat di pusat susunan syaraf. Piaget mengembangkan teori perkembangan kognitif  yang cukup dominan, dalam teorinya (Piaget  dalam Suyanto, 2005),  membahas pandangannya tentang bagaimana anak belajar, menurutnya dasar belajar adalah "aktivitas anak saat berinteraksi dengan lingkungan sosial dan lingkungan fisiknya, pertumbuhan anak merupakan suatu proses sosial", namun pada kenyataannya anak tidak berinteraksi dengan lingkungan fisiknya sebagai individu, tetapi sebagai dari kelompok sosial, akibatnya lingkungan sosialnya berada diantara lingkungan anak.
Teori ( Piaget Dalam Santrock, 2007), Â mengemukakan tentang kemampuan kognitif yang berhubungan dengan usia anak yang mencakup empat tahapan yaitu tahap sensorimotor, tahap pra-operasional, tahap operasi konkret dan tahap operasi formal. Tahap-tahap tersebut tidak terpisah atau berbeda-beda, namun melainkan lebih merupakan sub bagian dari suatu pola perkembangan kognitif yang berkesinambungan.
Menurut (Vygotsky dalam Santrock, 2009),  bahwa anak-anak secara aktif membangun pengetahuan dan pemahaman mereka..Teori Piaget  mengatakan bahwa  " anak-anak mengembangkan cara-cara berpikir dan pemahaman melalui tindakan dan interaksi mereka dengan dunia fisik ", sedangkan teori Vygotsky mengatakan bahwa " anak-anak lebih sering digambarkan sebagai makhluk sosial". mereka mengembangkan cara-cara mereka dalam berpikir dan pemahaman, terutama melalui interaksi sosial (Gauvain, 2008; Gauvain & Parke, 2010),  perkembangan kognitif mereka bergantung pada alat yang disediakan oleh masyarakat, dan pikiran mereka dibentuk oleh konteks budaya tempat mereka tinggal (Gredler, 2008; Holzman, 2009).
Menurut ( Piaget dalam Danim), perkembangan kognitif terjadi antara umur 2-7 tahun sebagai tahap praoperasional. Â Pada tahap ini, anak-anak meningkatkan penggunaan bahasa dan simbol lainnya, mereka menirukan perilaku dan permainan yang dilakukan oleh orang dewasa. Dalam penggunaan kemampuan berbahasa, seorang anak akan menggunakan bahasa untuk memaknai simbol-simbol sesuai dengan tingkat penalaran mereka. Â Kebanyakan anak-anak yang masih dalam usia prasekolah tidak memiliki kemampuan numerik yang sama dan jenis pengalaman menarik pada pengolahan informasi sebagaimana yang dimiliki oleh orang dewasa. Mereka cenderung kurang memperhatikan atau tidak mudah fokus pada hal-hal tertentu. Anak-anak seringkali memiliki rasa ingin tahu yang melekat tentang dunianya, yang menuntut kebutuhan untuk belajar sebanyak mungkin dan secepat mungkin.
Pengertian Berhitung
Dapat di telaah dengan lebih memahami pengertian berhitung. Dari sejumlah referensi dijelaskan dapat kita maknai bahwa berhitung merupakan bagian dari matematika terutama konsep bilangan yang merupakan juga dasar bagi pengembangan kemampuan matematika.
Bagi anak usia dini, kemampuan tersebut disebut dengan kemampuan berhitung, yakni kemampuan yang dimiliki setiap anak untuk mengembangkan kemampuannya, karakteristik perkembangannya dimulai dari lingkungan yang terdekat dengan dirinya, sejalan dengan perkembangan kemampuannya anak dapat meningkat ke tahap pengertian mengenai jumlah, yang berhubungan dengan penjumlahan dan pengurangan (Susanto, 2011).
 Matematika adalah ilmu tentang bilangan-bilangan, hubungan antar bilangan, dan prosedur operasional yang digunakan dalam penyelesaian persoalan mengenai bilangan ( Sujiono, YN, dkk. 2011:  113 )
Kegiatan berhitung untuk anak usia dini disebut pula kegiatan menyebutkan urutan bilangan atau membilang buta. Anak menyebutkan urutan bilangan tanpa menghubungkan dengan benda-benda konkret. Pada usia 4 tahun mereka dapat menyebutkan urutan bilangan sampai sepuluh. Sedangkan usia 5 sampai 6 tahun dapat menyebutkan bilangan sampai seratus (Sriningsih, 2008).
Dapat disimpulkan bahwa berhitung adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap anak dalam hal matematika seperti kegiatan mengurutkan bilangan atau membilang dan mengenai jumlah untuk menumbuh kembangkan ketrampilan yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, yang juga sebagai dasar pengembangan kemampuan matematika maupun kesiapan mengikuti pendidikan dasar bagi anak.
Tujuan Pengembangan Berhitung
 Tujuan pembelajaran berhitung anak usia dini sebagai logico-mathematical learning atau belajar berpikir logis dan matematis dengan cara yang menyenangkan dan tidak rumit. Sehingga bukan agar anak dapat menghitung sampai seratus atau seribu, tetapi memahami bahasa matematis dan penggunaannya untuk berpikir ( Suyanto, 2005)
Menurut ( Depdiknas, 2007:1-2 ), berhitung pada anak usia dini memiliki tujuan secara umum dan khusus sebagai berikut:
Tujuan Umum
Secara umum permainan berhitung permulaan di TK, untuk mengetahui dasar-dasar pembelajaran berhitung sehingga pada saatnya nanti anak akan lebih siap mengikuti pembelajaran berhitung pada jenjang selanjutnya yang lebih kompleks.
Tujuan Khusus
Dapat berpikir logis dan sistematis sejak dini, melalui pengamatan terhadap benda-benda kongkrit, gambar-gambar atau angka-angka yang terdapat di sekitar anak.
Dapat menyesuaikan dan melibatkan diri dalam kehidupan bermasyarakat yang dalam kesehariannya memerlukan keterampilan berhitung.
Memiliki ketelitian, konsentrasi, abstraksi dan daya apresiasi yang tinggi.
Memiliki pemahaman konsep ruang dan waktu serta dapat memperkirakan kemungkinan urutan sesuatu peristiwa yang terjadi di sekitarnya.
Memiliki kreatifitas dan imajinasi dalam menciptakan sesuatu secara spontan.
Jadi, tujuan pembelajaran berhitung anak usia dini, yaitu untuk melatih anak berpikir logis dan sistematis sejak dini dan mengenalkan dasar-dasar pembelajaran berhitung sehingga pada saatnya nanti anak akan lebih siap mengikuti pembelajaran berhitung pada jenjang selanjutnya yang lebih kompleks.
Manfaat Berhitung
Menguasai berhitung adalah kunci utama untuk melangkah ke jenjang matematika berikutnya. Selain itu, berhitung dapat mengoptimalkan fungsi otak kanan dan otak kiri pada anak.
Manfaat utama pengenalan matematika, termasuk di dalamnya kegiatan berhitung ialah mengembangkan aspek perkembangan dan kecerdasan anak dengan menstimulasi otak untuk berpikir logis dan matematis (Suyanto, 2005).
Permainan Matematika mempunyai manfaat bagi anak-anak, dimana melalui berbagai pengamatan terhadap benda disekelilingnya dapat berfikir secara sistematis dan logis, dapat beradaptasi dan menyesuiakan dengan lingkungannya yang dalam keseharian memerlukan kepandaian berhitung. Memiliki apresiasi, konsentrasi serta ketelitian yang tinggi. Mengetahui konsep ruang dan waktu  Mampu memperkirakan urutan sesuatu. Terlatih, menciptakan sesuatu secara spontan sehingga memiliki kreativitas dan imajinasi yang tinggi. Anak-anak yang cerdas matemati-logika anak dengan memberi materi-materi konkrit yang dapat dijadikan bahan percobaan. Kecerdasaan matematika --logika juga dapat ditumbuhka n melalui interaksi positif yang mampu memuaskan rasa ingin tahu anak. Oleh karena itu, guru harus dapat menjawab pertanyaan anak dan memberI penjelasan logis, selain itu guru perlu memberikan permainan-permainan yang memotivasi logika anak (Siswanto, 2008 : 44 ).
Media Pembelajaran
Hakikat Media Pembelajaran
 Media adalah bentuk jamak dari medium yang berasal dari bahasa latin medius yang berarti tengah. Dalam bahasa Indonesia kata medium diartikan sebagai "antara' atau "sedang" (Latuheru, 1988: 14).
Media Pembelajaran adalah Segala bentuk dan saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan/informasi (AECT, 1977).
 Media pembelajaran adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan anak yang dapat merangsangnya untuk belajar (Gagne, 1970 ).
Media Pembelajaran adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar. Buku, film, kaset, film bingkai adalah contoh-contohnya (Briggs ,1970 ).
Menurut  ( Latuheru 1988: 14)  media pembelajaran adalah semua alat (bantu) atau benda yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar, dengan maksud menyampaikan pesan (informasi) pembelajaran dari sumber (guru maupun sumber lain) kepada penerima (dalam hal ini anak didik atau warga belajar).
Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima pesan. Dalam hal ini adalah proses merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sehingga proses belajar dapat terjalin ( Sadiman , 2008: 7).
Berdasarkan pendapat ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran alat bantu untuk menyampaikan pesan dari sumber kepada penerima.
Fungsi Media Pembelajaran
Media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang tidak berdiri sendiri, tetapi saling berhubungan dengan komponen lainnya dalam rangka menciptakan situasi belajar yang diharapkan ( Zaman, B, & Meid, 2005 : 33 ) .
Menurut (Sadiman,AS,1996:16-17) Secara umum media pembelajaran mempunyai manfaat sebagai berikut  :
Memperjelas pengajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalitis dalam bentuk kata-kata atau lisan belaka.
 Mengatasi keterbatasn ruang dan waktu serta daya indera, seperti objek yang terlalu besar bisa digantikan realita, gambar, film, bingkai, atau model dan sebaliknya serta gerak yang terlalu lambat atau terlalu cepat dapat dibantu dengan timplapse atau high-spedd photography, kejadian masa lalu bisa ditampilkan lagi, obyek yang terlalu komplek bisa disajikan dengan model, diagram dan lain-lain.
c. Dengan menggunakan media pembelajaran secara tepat dan bervariasi dapat diatasi sikap pasif anak didik. Dalam hal ini media pembelajaran berguna untuk, menimbulkan kegairahan belajar, memungkinkan interaksi yang lebih langsung antara anak didik dengan lingkungan dan kenyataan.
   Menurut ( Kemp dan Dayton, 1985), mengemukakan beberapa manfaat media pembelajaran yaitu:
a. Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
b. Â Pembelajaran dapat lebih menarik
c. Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
d. Waktu pelakasanaan pembelajaran dapat diperpendek
e. Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
f. Proses pembelajaran dapat berlangsung kapan pun dan dimana pun diperlukan
 g.Sikap positif siswa terhadap materi pelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan
 h. Peranan guru ke arah yang positif
Tanpa media maka proses pembelajaran tidak akan berjalan dengan efektif. Keefektifan proses pembelajaran akan terjadi apabila ada komunikasi antara sumber pesan dengan penerima pesan.
Jenis-jenis Media Pembelajaran
Menurut (Fadillah,M.2011-2013) Secara umum, media pembelajaran dapat diklasifikasikan kedalam 3 jenis yaitu:
Media Visual; media yang hanya dapat dilihat menggunakan indera penglihatan
Media Audio; media yang mengandung pesan dalam bentuk auditif (hanya dapat didengar) yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan anak-anak untuk mempelajari isi tema yang disampaikan.
Media Audio-visual; media yang menkombinasi atau menggabungkan dua jenis media pembelajaran yang secara lengkap menggunakan indera pendengaran dan penglihatan secara bersamaan sehingga akan mengoptimalkan penyajian isi tema kepada anak-anak.
Media Kartu GambarÂ
Pengertian Kartu Gambar
Menurut (Gagne dalam Sadiman, 2008: 6), media adalah komponen sumber belajar di lingkungan peserta didik yang dapat merangsangnya untuk belajar.
Menurut (Briggs) Â bahwa, media harus didukung sesuatu untuk mengkomunikasikan materi (pesan kurikuler) supaya terjadi proses belajar, yang mendefinisikan media sebagai wahana fisik yang mengandung materi instruksional.
Menurut ( Schramm, W dalam Sadiman, 2008: 27) mencermati pemanfaatan media sebagai suatu teknik untuk menyampaikan pesan, di mana ia mendefinisikan media sebagai teknologi pembawa informasi / pesan instruksional.
Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pikiran, perasaan, dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi (Sadiman, 2003: 6).
 Media gambar adalah suatu gambar yang berkaitan dengan materi pelajaran yang berfungsi untuk menyampaikan pesan dari guru kepada siswa. Media gambar ini dapat membantu siswa untuk mengungkapkan informasi yang terkandung dalam masalah sehingga hubungan antar komponen dalam masalah tersebut dapat terlihat dengan lebih jelas (Sadiman, 2003:21).
Kelebihan Kartu Gambar
Dalam menyampaikan pelajaran, pendidik biasanya menggunakan strategi dalam pembelajaran kepada peserta didiknya. Strategi inilah yang disebut dengan metode. Metode digunakan untuk menciptakan suasana kegiatan belajar dan mengajar yang kondusif dan efektif sehingga menarik minat bagi para peserta didik.
Menurut (Jean Piaget dalam buku  Hergenhahn, BR dan Olson,MH,  2009:318), anak usia sekitar dua sampai empat tahun berada dalam tahap pemikiran prakonseptual (pra-operasional) dimana anak-anak mulai membentuk konsep sederhana dan mulai mengklasifikasi benda-benda dalam kelompok tertentu berdasarkan kemiripannya.
Dalam tahapan tersebut, anak-anak juga mulai belajar berhitung sebagai dasar dari pelajaran matematika. Disini, peneliti menggunakan kartu gambar sebagai metode untuk menarik minat para siswa dalam berhitung. Dengan bantuan gambar anak akan lebih mudah berhitung karena melihat secara langsung jumlah benda secara nyata.
                                     Â
Meningkatkan Kemampuan Berhitung
Anak-anak usia dini mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Tak terkecuali dalam berhitung. Berhitung merupakan dasar utama untuk mempelajari matematika. Pada tingkatan yang paling mendasar ini, seorang anak dituntut untuk dapat menyebutkan angka-angka agar kelak akan dengan mudah melanjutkan tingkatan pembelajaran dalam bidang perhitungan atau sering disebut dengan matematika.
PeningkatanÂ
Melalui metode kartu gambar, anak akan lebih mudah menghitung. Mereka akan merasa senang karena belajar dengan menggunakan kartu gambar.
Hipotesis
Anak Kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik Tahun Pelajaran 2020 / 2021 Â dapat berhitung 1 sampi 10 dengan baik dan benar melalui metode kartu gambar.
Â
Â
Â
BAB III
PELAKSANAAN PENELITIAN PERBAIKAN
Â
Subjek Penelitian
Lokasi Penelitian
Tempat Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik.
Kelas atau kelompok
Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah seluruh peserta didik kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate berjumlah 15 anak, yang terdiri dari 4 anak laki-laki dan 11 anak perempuan.
Tema
Tema yang dipilih dalam penelitian ini menggunakan tema Alat Komunikasi dengan sub tema Elektronik pada Siklus I Â dan Tema Alat Komunikasi dengan sub tema Non elektronik pada Siklus II.
Waktu penelitian
Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 13-20 April 2021 ( Siklus I ) dan 22-26 April 2021 (Siklus II ) yang dilaksanakan pada waktu kegiatan belajar mengajar pada pukul 07.00 s/d 09.30 WIB.
Deskripsi Per Siklus
Rancangan penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui tahapan 14 siklus. Tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang dicapai dalam variabel penelitian. Prosedur pelaksanaan penelitian tindakan kelas terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu 1) Merencanakan, 2) melakukan tindakan, 3) mengamati dan, 4) refleksi, dengan alur sebagai berikut:
Merencanakan
Refleksi                      Melakukan Tindakan
             Mengamati
      Gambar 1.1
Penjelasan alur di atas adalah:
Rancangan / perencanaan awal, sebelum mengadakan penelitian peneliti menyusun rumusan masalah, tujuan dan membuat rencana tindakan, termasuk di dalamnya instrumen penelitian dan perangkat pembelajaran.
Pelaksanaan dan pengamatan, meliputi tindakan yang dilakukan oleh peneliti sebagai upaya membangun pemahaman konsep serta siswa mengamati hasil atau dampak diterapkannya metode Bermain Kartu Gambar.
Refleksi, peneliti mengkaji, melihat dan mempertimbangkan hasil atau dampak dari tindakan yang dilakukan berdasarkan lembar pengamatan yang diisi oleh pengamat.
Perencanaan
Langkah-langkah yang dilakukan sebagai persiapan melaksanakan tindakan adalah menyusun Rencana Kegiatan Mingguan (RKM) dan Rencana Kegiatan Harian (RKH) yang memuat tema, indikator, kegiatan pembelajaran, metode, alat/sumber dan instrumen observasi dan evaluasi pembelajaran. Tahapan langkah  yang dipersiapkan sebagai berikut :
Persiapan
Persiapan yang dilakukan adalah:
Peneliti sekaligus guru Kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik Tahun Pelajaran 2020 / 2021 dengan mempersiapkan perangkat pembalajaran.
Mempersiapkan alat peraga yang digunakan sebagai alat perbaikan pembelajaran.
Mempersiapkan alat evaluasi.
Â
Pelaksanaan
Pada tahap pelaksanaan yang dilakukan adalah melakukan pembelajaran bidang pengembangan kognitif khususnya menumbuhkan minat terhadap kemampuan berhitung dengan metode permainan kartu gambar awal nama-nama benda dengan langkah-langkah sebagai berikut:
Kegiatan Awal
Pada kegiatan awal guru menunjukkan tujuan pembelajaran, dan memberikan motivasi belajar. Guru akan memberi kegiatan pada anak dengan model pembelajaran sentra (persiapan, rancang bangun, seni, kreativitas, alam dan agama).
Kegiatan Inti
Guru membimbing anak bermain kartu gambar. Anak memainkan kartu gambar 1-10 dengan cara menghitung dan menjumlahkan benda yang ada pada gambar.
Kegiatan Akhir
Pada kegiatan akhir guru melakukan evaluasi pembelajaran dengan observasi  hasil kegiatan. Guru membimbing dan memotivasi anak agar lebih disiplin untuk merapikan alat permainan yang digunakan.
Evaluasi dan Rencana Tindakan
Pada tahapan evaluasi dan analisis pelaksanaan, peneliti mengumpulkan hasil evaluasi dan evaluasi tanya jawab. Dari analisis tersebut peneliti bisa menyampaikan apa yang sudah didapatkan.
Pengamatan (Observasi)
Kegiatan pengamatan (observasi) adalah melakukan pengamatan pada kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan aktivitas anak dalam kegiatan belajar dan mengajar. Kegiatan observasi ini dilakukan bersamaan dengan kegiatan pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan ini dilakukan oleh teman sejawat sebanyak dua orang sebagai pengamat. Satu orang mengamati kegiatan guru dan satu orang lagi mengamati kegiatan siswa. Pada tahap ini guru bersama teman sejawat mengenali, merekam dan mendokumentasikan seluruh kegiatan dan hasil perubahan yang terjadi dalam proses pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi.
Refleksi
Refleksi dilakukan pada tahap akhir. Kegiatan yang dilakukan dalam refleksi adalah sebagai berikut:
Menganalisis hasil observasi kegiatan yang dilakukan anak. Data-data yang diperoleh dianalisis dengan kriteria dan indikator keberhasilan yang telah ditentukan.
Guru sebagai peneliti dan observer melakukan analisis tentang hasil observasi yang dilakukan.
Berdasarkan hasil observasi dan analisis maka dapat diketahui keberhasilan dan kekurangan pelaksanaan perbaikan pembelajaran yang dilakukan.
C. Â Â Teknik Analisis Data
Kegiatan analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan hasil observasi kegiatan perbaikan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, aktivitas anak dan hasil prestasi belajar anak. Untuk memperoleh data dengan menggunakan instrumen:
Aktivitas Pembelajaran
Untuk melakukan observasi kemampuan guru dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan instrumen:
Tabel 3.1
 Observasi Aktivitas Guru
Nama Guru yang disupervisi
Usriyah
Hari/Tanggal
Sabtu, 13 April 2021
Mata Pelajaran / Materi Pokok
Berhitung
Kelas / Semester
A / II
Tahun Pelajaran
2020 /2021
Â
Tabel 3.2
ASPEK YANG DINILAI
Â
NO
KEGIATAN
      KATEGORI
Â
Â
Â
4
3
2
1
I
PembukaanÂ
Â
Â
Â
Â
1
Membuat kesepakatan awal
v
Â
2
Membangkitkan motivasi siswa
v
Â
Â
3
Menggali pengetahuan awal siswa atau mengingat pelajaran sebelumnya
v
4
Menghubungkan materi dengan keseharian anak
v
5
Mengajukan pertanyaan menantang
v
6
Menuliskan/menyampaikan/menegaskan tujuan/indikator yang akan dicapai pada Pembelajaran
v
II
Kegiatan IntiÂ
7
Membuat keseimbangan kerja individu dan kelompok
v
8
Memberi perhatian secara merata
v
9
Memberi pujian pada siswa
v
10
Membimbing siswa
v
11
Menggunakan metode dan strategi yang tepat
v
12
Menciptakan komunikasi interaktif
v
13
Membimbing siswa mencipta karya
v
14
Memfokuskan pada tujuan pembelajaran/ indikator
v
15
Menggunakan alat peraga/media pembelajaran yang sesuai
v
16
Memanagemen waktu dengan efektif
v
17
Penampilan menarik
v
18
Alur pembelajaran sistematis
v
III
PenutupÂ
19
Memberi kesimpulan/kata kunci
v
20
Memberi penguatan/follow up
v
21
Melaksanakan penilaian dengan baik
v
Centang () yang diperoleh
Jumlah Skor Â
Persentase = Â Jumlah skor yang diperolehÂ
                 Skor maksimal
Â
AÂ
Â
 Â
Â
Kriteria Penilaian :
85-100 % Â : Sangat BaikÂ
65-84% Â Â : Baik
55-64% Â Â : Cukup
0-54 % Â Â Â : Kurang
Aktivitas Belajar Anak
Untuk mengetahui aktivitas belajar anak dengan menggunakan instrumen:
Tabel 3.3
Observasi Aktivitas Belajar Anak
NO
NAMA SISWA
KEAKTIFAN
KETERANGAN
A
B
C
1.
Azril
V
Â
2.
Rifqi
V
Kriteria Skor
3.
Raka
V
adalah sbb:
4.
Azka
V
A : 3
5.
Valen
V
B : 2
6.
Syifa
V
C : 1
7.
Shafa
V
8.
Siska
V
9.
Sabrina
V
10.
Calista
V
11.
Mila
V
12.
Lifi
V
13.
Rere
V
14.
Wilda
V
15.
Dinda
V
Centang () yang diperoleh
Jumlah Skor
Nilai Persentase = Â Jumlah skor yang diperolehÂ
                 Skor Maksimal
Prestasi Belajar
Untuk mengetahui hasil belajar tentang kemampuan berhitung dengan menggunakan instrumen:
Tabel 3.4
Instrumen Observasi Kemampuan Menghitung 1-10
No
Nama
Keaktifan
 Ketelitian
Kesesuaian
Jml
Ket
BSH
MB
B
BSH
MB
BB
BSH
MB
BB
1
Azril
V
V
V
2
Rifqi
V
V
V
3
Raka
V
V
V
4
Azka
V
V
V
5
Valen
V
V
V
6
Syifa
V
V
V
7
Shafa
V
V
V
8
Siska
V
V
V
9
Sabrina
V
V
V
10
Calista
V
V
11
Mila
V
V
V
12
Lifi
V
V
V
13
Rere
V
V
V
14
Wilda
V
V
V
15
Dinda
V
V
V
Skala nilai indikator Kecerdasan emosional:
Skor 3 (BSH) Â Â Â = Jika anak mampu menyebutkan angka 1-10, menjumlah dan mengenal konsep bilangan dengan baik yang berdasarkan keaktifan, ketelitian dan kesesuaian.
Skor 2 (MB) = Jika anak cukup mampu menyebutkan angka 1-10, menjumlah dan mengenal konsep bilangan dengan baik yang berdasarkan keaktifan, ketelitian dan kesesuaian.
Skor 1 (BB) Â = Jika anak belum mampu mampu menyebutkan angka 1-10, menjumlah dan mengenal konsep bilangan dengan baik yang berdasarkan keaktifan, ketelitian dan kesesuaian.
Kriteria kesuksesan pada penelitian perbaikan pembelajaran ini adalah:
Anak tuntas pembelajaran individu mencapai nilai KKM 75.
Secara klasikal mencapai ketuntasan belajar siswa mencapai 75%.
Untuk menghitung persentase ketuntasan belajar digunakan rumus sebagai berikut.
Â
BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
Â
Deskripsi Penelitian Perbaikan Per Siklus
1.  Perencanaan Siklus  I
a. Â Rancangan Satu Siklus
Siklus       : 1
Tema        : Alat Komunikasi
Sub Tema   : Elektronik
Kelompok    :  A
Tanggal      : 13 -- 20 April  2021
b. Â Tujuan Perbaikan
Meningkatkan kemampuan berhitung dengan melalui media kartu gambar pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik.
c. Â Â Identifikasi Masalah
1. Kemampuan berhitung peserta didik yang umumnya masih relatif rendah.
2.Tuntutan orang tua yang menginginkan anaknya bisa cepat menghitung.
3. Perlu adanya pembelajaran yang menarik untuk anak didik.
4. Penggunaan media pengajaran dalam proses pembelajaran.
d. Â Â Analisis Masalah
Dari ke empat masalah yang teridentifikasi. Masalah yang akan dipecahkan adalah kurangnya kemanpuan anak dalam  kegiatan menyebut urutan angka sehingga menyebabkan kemampuan berhitung anak kurang berkembang. Penyebab masalah tersebut adalah karena kurang seringnya guru mengajak anak untuk menyebutkan urutan angka dalam kegiatan pembelajaran, serta kurangnya guru dalam memotivasi anak dalam kegiatan belajar.
e. Â Â Perumusan Masalah
       Bagaimana upaya meningkatkan kemampuan berhitung melalui media  kartu gambar bagi anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik.
2. Rencana Kegiatan Siklus I
Â
Tabel 4.1
Rencana Kegiatan Siklus 1
             Â
WAKTU
MATERI / MUATAN Â PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
07.00 - 07.15
SOP Penyambutan
 Circle time
Membuat lingkaran, ikrar, membaca dua kalimat syahadat
- 07.45
II. Materi pagi
Do'a, Sholawat,Surat  An-Nashr, Al-Kafirun
Calistung
Meniru huruf  X
- 09.00
Mengenal macam aggota tubuh (melompat meloncat berlari dll) FM 3.3,4.3.3)
Sabar menunggu giliran SE.2.7.1
Sentra
- Pijakan lingkungan (SOP setting lingkungan)
Guru setting lingkungan sesuai dengan tema
- Pijakan sebelum main (SOP sebelum main)
Berjalan lurus kedepan
Antri menunggu giliran saat berjalan
Menjelaskan permainan yang ada di sentra
Membuat aturan permainan
Mewarnai gambar seni. 2.4-3
Memahami hubungan gambar dengan kata B. 3.12-4.12-5
Mengenal lambang bilangan K.3.6.6
Menyanyi lagu anak SENI. 2.4.1
- Pijakan saat bermain (SOP saat main)
Mewarnai (jempol ke atas) gambar anak yang patuh terhadap aturan menggunakan radio
Menghubungkan gambar radio dengan namanya
 Menyebut angka 1-3 gambar radio
Menyanyi lagu "telepon bordering
- 09.15
Pendidikan makan (SOP break time)
Mencuci tangan, do'a sebelum dan sesudah makan, membersihkan sisa makanan
- 09.30
- Pijakan setelah main( SOP setelah main)
Mengulas kegiatan hari ini
Diskusi kegiatan esok hari
Do'a pulang
Â
Â
Â
Â
BAB III
PELAKSANAAN PENELITIAN PERBAIKAN
Subjek Penelitian
- Lokasi Penelitian
Tempat Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik.
Kelas atau kelompok
Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah seluruh peserta didik kelompok A TK Dharma Wanita Punduttrate yang berjumlah 15 anak, yang terdiri dari 4 anak laki-laki dan 11 anak perempuan.
Tema
Tema yang dipilih dalam penelitian ini menggunakan tema Alat Komunikasi dengan sub tema Elektronik pada Siklus I Â dan Tema Alat Komunikasi dengan sub tema Non elektronik pada Siklus II.
Waktu penelitian
Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 13-20 April 2021 ( Siklus I ) dan 22-26 April  2021 (Siklus II ) yang dilaksanakan pada waktu kegiatan belajar mengajar pada pukul 07.00 s/d 09.30 WIB.
Deskripsi Per Siklus
Rancangan penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui tahapan 2 siklus. Tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang dicapai dalam variabel penelitian. Prosedur pelaksanaan penelitian tindakan kelas terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu 1) Merencanakan, 2) melakukan tindakan, 3) mengamati dan, 4) refleksi, dengan alur sebagai berikut:
Merencanakan
Refleksi                      Melakukan Tindakan
             Mengamati
      Gambar 1.1
Penjelasan alur di atas adalah:
Rancangan / perencanaan awal, sebelum mengadakan penelitian peneliti menyusun rumusan masalah, tujuan dan membuat rencana tindakan, termasuk di dalamnya instrumen penelitian dan perangkat pembelajaran.
Pelaksanaan dan pengamatan, meliputi tindakan yang dilakukan oleh peneliti sebagai upaya membangun pemahaman konsep serta siswa mengamati hasil atau dampak diterapkannya metode Bermain Kartu Gambar.
Refleksi, peneliti mengkaji, melihat dan mempertimbangkan hasil atau dampak dari tindakan yang dilakukan berdasarkan lembar pengamatan yang diisi oleh pengamat.
Perencanaan
Langkah-langkah yang dilakukan sebagai persiapan melaksanakan tindakan adalah menyusun Rencana Kegiatan Mingguan (RKM) dan Rencana Kegiatan Harian (RKH) yang memuat tema, indikator, kegiatan pembelajaran, metode, alat/sumber dan instrumen observasi dan evaluasi pembelajaran. Tahapan langkah  yang dipersiapkan sebagai berikut :
Persiapan
Persiapan yang dilakukan adalah:
Peneliti sekaligus guru Kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik Tahun Pelajaran 2020 / 2021 dengan mempersiapkan perangkat pembalajaran.
Mempersiapkan alat peraga yang digunakan sebagai alat perbaikan pembelajaran.
Mempersiapkan alat evaluasi.
Â
Pelaksanaan
Pada tahap pelaksanaan yang dilakukan adalah melakukan pembelajaran bidang pengembangan kognitif khususnya menumbuhkan minat terhadap kemampuan berhitung dengan metode permainan kartu gambar awal nama-nama benda dengan langkah-langkah sebagai berikut:
Kegiatan Awal
Pada kegiatan awal guru menunjukkan tujuan pembelajaran, dan memberikan motivasi belajar. Guru akan memberi kegiatan pada anak dengan model pembelajaran sentra (persiapan, rancang bangun, seni, kreativitas, alam dan agama).
Kegiatan Inti
Guru membimbing anak bermain kartu gambar. Anak memainkan kartu gambar 1-10 dengan cara menghitung dan menjumlahkan benda yang ada pada gambar.
Kegiatan Akhir
Pada kegiatan akhir guru melakukan evaluasi pembelajaran dengan observasi  hasil kegiatan. Guru membimbing dan memotivasi anak agar lebih disiplin untuk merapikan alat permainan yang digunakan.
Evaluasi dan Rencana Tindakan
Pada tahapan evaluasi dan analisis pelaksanaan, peneliti mengumpulkan hasil evaluasi dan evaluasi tanya jawab. Dari analisis tersebut peneliti bisa menyampaikan apa yang sudah didapatkan.
Pengamatan (Observasi)
Kegiatan pengamatan (observasi) adalah melakukan pengamatan pada kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan aktivitas anak dalam kegiatan belajar dan mengajar. Kegiatan observasi ini dilakukan bersamaan dengan kegiatan pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan ini dilakukan oleh teman sejawat sebanyak dua orang sebagai pengamat. Satu orang mengamati kegiatan guru dan satu orang lagi mengamati kegiatan anak. Pada tahap ini guru bersama teman sejawat mengenali, merekam dan mendokumentasikan seluruh kegiatan dan hasil perubahan yang terjadi dalam proses pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi.
Refleksi
Refleksi dilakukan pada tahap akhir. Kegiatan yang dilakukan dalam refleksi adalah sebagai berikut:
- Menganalisis hasil observasi kegiatan yang dilakukan siswa. Data-data yang diperoleh dianalisis dengan kriteria dan indikator keberhasilan yang telah ditentukan.
- Guru sebagai peneliti dan observer melakukan analisis tentang hasil observasi yang dilakukan.
Berdasarkan hasil observasi dan analisis maka dapat diketahui keberhasilan dan kekurangan pelaksanaan perbaikan pembelajaran yang dilakukan.
C. Â Â Teknik Analisis Data
Kegiatan analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan hasil observasi kegiatan perbaikan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, aktivitas siswa dan hasil prestasi belajar siswa. Untuk memperoleh data dengan menggunakan instrumen:
Aktivitas Pembelajaran
Untuk melakukan observasi kemampuan guru dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan instrumen:
Tabel 3.1
 Observasi Aktivitas Guru
Nama Guru yang disupervisi
Usriyah
Hari/Tanggal
Sabtu, 13 April 2021
Mata Pelajaran / Materi Pokok
Berhitung
Kelas / Semester
A / II
Tahun Pelajaran
2020 /2021
Â
Tabel 3.2
ASPEK YANG DINILAI
Â
NO
KEGIATAN
      KATEGORI
Â
Â
Â
4
3
2
1
I
PembukaanÂ
Â
Â
Â
Â
1
Membuat kesepakatan awal
v
Â
2
Membangkitkan motivasi siswa
v
Â
Â
3
Menggali pengetahuan awal siswa atau mengingat pelajaran sebelumnya
v
4
Menghubungkan materi dengan keseharian anak
v
5
Mengajukan pertanyaan menantang
v
6
Menuliskan/menyampaikan/menegaskan tujuan/indikator yang akan dicapai pada Pembelajaran
v
II
Kegiatan IntiÂ
7
Membuat keseimbangan kerja individu dan kelompok
v
8
Memberi perhatian secara merata
v
9
Memberi pujian pada siswa
v
10
Membimbing siswa
v
11
Menggunakan metode dan strategi yang tepat
v
12
Menciptakan komunikasi interaktif
v
13
Membimbing siswa mencipta karya
v
14
Memfokuskan pada tujuan pembelajaran/ indikator
v
15
Menggunakan alat peraga/media pembelajaran yang sesuai
v
16
Memanagemen waktu dengan efektif
v
17
Penampilan menarik
v
18
Alur pembelajaran sistematis
v
III
PenutupÂ
19
Memberi kesimpulan/kata kunci
v
20
Memberi penguatan/follow up
v
21
Melaksanakan penilaian dengan baik
v
Centang () yang diperoleh
Jumlah Skor Â
Persentase = Â Jumlah skor yang diperolehÂ
                 Skor maksimal
Â
AÂ
Â
 Â
Â
Kriteria Penilaian :
85-100 % Â : Sangat BaikÂ
65-84% Â Â : Baik
55-64% Â Â : Cukup
0-54 % Â Â Â : Kurang
Aktivitas Belajar Anak
Untuk mengetahui aktivitas belajar anak dengan menggunakan instrumen:
Tabel 3.3
Observasi Aktivitas Belajar Anak
NO
NAMA SISWA
KEAKTIFAN
KETERANGAN
A
B
C
1.
Azril
V
Â
2.
Rifqi
V
Kriteria Skor
3.
Raka
V
adalah sbb:
4.
Azka
V
A : 3
5.
Valen
V
B : 2
6.
Syifa
V
C : 1
7.
Shafa
V
8.
Siska
V
9.
Sabrina
V
10.
Calista
V
11.
Mila
V
12.
Lifi
V
13.
Rere
V
14.
Wilda
V
15.
Dinda
V
Centang () yang diperoleh
Jumlah Skor
Nilai Persentase = Â Jumlah skor yang diperolehÂ
                 Skor Maksimal
Prestasi Belajar
Untuk mengetahui hasil belajar tentang kemampuan berhitung dengan menggunakan instrumen:
Tabel 3.4
Instrumen Observasi Kemampuan Menghitung 1-10
No
Nama
Keaktifan
 Ketelitian
Kesesuaian
Jml
Ket
BSH
MB
BB
BSH
MB
BB
BSH
MB
BB
1
Azril
V
V
V
2
Rifqi
V
V
V
3
Raka
V
V
V
4
Azka
V
V
V
5
Valen
V
V
V
6
Syifa
V
V
V
7
Shafa
V
V
V
8
Siska
V
V
V
9
Sabrina
V
V
V
10
Calista
V
V
11
Mila
V
V
V
12
Lifi
V
V
V
13
Rere
V
V
V
14
Wilda
V
V
V
15
Dinda
V
V
V
Skala nilai indikator Kecerdasan emosional:
Skor 3 ( BSH) Â Â Â = Jika anak mampu menyebutkan angka 1-10, menjumlah dan mengenal konsep bilangan dengan baik yang berdasarkan keaktifan, ketelitian dan kesesuaian.
Skor 2 (MB) = Jika anak cukup mampu menyebutkan angka 1-10, menjumlah dan mengenal konsep bilangan dengan baik yang berdasarkan keaktifan, ketelitian dan kesesuaian.
Skor 1 (B) Â = Jika anak belum mampu mampu menyebutkan angka 1-10, menjumlah dan mengenal konsep bilangan dengan baik yang berdasarkan keaktifan, ketelitian dan kesesuaian.
Kriteria kesuksesan pada penelitian perbaikan pembelajaran ini adalah:
Anak tuntas pembelajaran individu mencapai nilai KKM 75.
Secara klasikal mencapai ketuntasan belajar siswa mencapai 75%.
Untuk menghitung persentase ketuntasan belajar digunakan rumus sebagai berikut.
Â
Â
BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
Â
Deskripsi Penelitian Perbaikan Per Siklus
1.  Perencanaan Siklus  I
a. Â Rancangan Satu Siklus
Siklus       : 1
Tema        : Alat Komunikasi
Sub Tema   : Elektronik
Kelompok    :  A
Tanggal      : 13 -- 20 April  2021
b. Â Tujuan Perbaikan
Meningkatkan kemampuan berhitung dengan melalui media kartu gambar pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik.
c. Â Â Identifikasi Masalah
1. Kemampuan berhitung peserta didik yang umumnya masih relatif rendah
2.Tuntutan orang tua yang menginginkan anaknya bisa cepat menghitung.
3. Perlu adanya pembelajaran yang menarik untuk anak didik.
4. Penggunaan media pengajaran dalam proses pembelajaran.
d. Â Â Analisis Masalah
Dari ke empat masalah yang teridentifikasi. Masalah yang akan dipecahkan adalah kurangnya kemanpuan anak dalam  kegiatan menyebut urutan angka sehingga menyebabkan kemampuan berhitung anak kurang berkembang. Penyebab masalah tersebut adalah karena kurang seringnya guru mengajak anak untuk menyebutkan urutan angka dalam kegiatan pembelajaran, serta kurangnya guru dalam memotivasi anak dalam kegiatan belajar.
e. Â Â Perumusan Masalah
       Bagaimana upaya meningkatkan kemampuan berhitung melalui media  kartu gambar bagi anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate Kecamatan Benjeng  Kabupaten Gresik.
2. Rencana Kegiatan Siklus I
Â
Tabel 4.1
Rencana Kegiatan Siklus 1
             Â
WAKTU
MATERI / MUATAN Â PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
07.00 - 07.15
SOP Penyambutan
a. Â Circle time
Membuat lingkaran, ikrar, membaca dua kalimat syahadat
- 07.45
II. Materi pagi
Do'a, Sholawat,Surat  An-Nashr, Al-Kafiruun
Calistung
Meniru huruf  X
- 09.00
Mengenal macam aggota tubuh (melompat meloncat berlari dll)FM 3.3,4.3.3)
Sabar menunggu giliran SE.2.7.1
Sentra
- Pijakan lingkungan (SOP setting lingkungan)
Guru setting lingkungan sesuai dengan tema
- Pijakan sebelum main (SOP sebelum main)
Berjalan lurus kedepan
Antri menunggu giliran saat berjalan
Menjelaskan permainan yang ada di sentra
Membuat aturan permainan
Mewarnai gambar seni. 2.4-3
Memahami hubungan gambar dengan kata B. 3.12-4.12-5
Mengenal lambang bilangan K.3.6.6
Menyanyi lagu anak SENI. 2.4.1
- Pijakan saat bermain (SOP saat main)
Mewarnai (jempol ke atas) gambar anak yang patuh terhadap aturan menggunakan radio
Menghubungkan gambar radio dengan namanya
 Menyebut angka 1-3 gambar radio
Menyanyi lagu "telepon bordering
- 09.15
Pendidikan makan (SOP break time)
Mencuci tangan, do'a sebelum dan sesudah makan, membersihkan sisa makanan
- 09.30
- Pijakan setelah main( SOP setelah main)
Mengulas kegiatan hari ini
Diskusi kegiatan esok hari
Do'a pulang
Â
Â
Â
Â
Â
PERENCANAAN SIKLUS II
a. Rancangan Satu Siklus
Siklus         : II
Tema         : Alat Komunikasi
Kelompok      : A
Tanggal       : 22 -- 26 April 2021
b. Â Tujuan Perbaikan
Meningkatkan kemampuan berhitung melalui media kartu gambar untuk kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate Kecamatan  Benjeng Kabupaten Gresik.
c. Â Â Identifikasi Masalah
1. Kemampuan berhitung peserta didik yang umumnya masih relatif rendah.
2. Tuntutan orang tua yang menginginkan anaknya bisa cepat menghitung .
3. Perlu adanya metode pembelajaran yang menarik untuk anak didik.
4. Penggunaan media yang menarik untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak didik.
d. Â Â Analisis Masalah
Dari keempat masalah yang teridentifikasi, masalah yang akan dipecahkan adalah kurangnya kemanpuan anak dalam kegiatan berhitung. Penyebab masalah tersebut adalah karena kurang seringnya guru mengajak anak untuk menyebutkan dan mengurutkan angka dan kurangnya guru dalam memotivasi anak dalam kegiatan tersebut.
e. Â Â Perumusan Masalah
Bagaimana cara meningkatkan kemampuan berhitung melalui media kartu gambar pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate Benjeng Gresik.
Â
Â
7. PELAKSANAAN SIKLUS II
a. Pelaksanaan Siklus II (pertemuan 1)Â
Kelompok            : A
Tema               : Alat Komunikasi
Waktu               : 07.00-09.30 WIB
 I.  Pembukaan ( 30 Menit )
- Bel masuk, anak-anak berbaris di depan kelas dan membaca ikrar.
- Selesai membaca ikrar masuk kelas tapi sebelumnya berjabat tangan dengan guru secara bergantian  Â
- Anak-anak duduk melingkar untuk berdoa sebelum kegiatan.
- Sesudah berdoa masuk rumah dan guru mengajak anak-anak berbagi dan bertanya
- Guru bersama anak-anak tanya jawab tentang alat komunikasi (non elektronik)
Berjalan lurus ke depan
 II. Inti ( 60 Menit )
Guru menyampaikan pada anak anak kegiatan yang akan dikerjaka pada hari ini.
Guru menjelaskan satu persatu kegiatan yang akan dikerjakan anak didik yaitu:
Mewarnai ( jempol ke atas  )gambar anak yang patuh terhadap aturan menggunakan radio
Menghubungkan gambar radio dengan namanya
 Menyebut angka 1-3 gambar koran
Menyanyi lagu "telepon berdering"
Guru membuat kesepakatan dengan anak-anak tentang aturan pelaksanaan  kegiatan.
Anak-anak diberi kebebasan untuk memilih yang ingin dikerjakan secara bergantian.
Guru memotivasi anak saat mengerjakan dan membantu anak yang masih belum bisa
Jika anak sudah mengerjakan kegiatan satunya maka anak dipersilahkan untuk melanjutkan pekerjaan yang ke dua dan seterusnya.
Setelah selesai semua anak-anak diajak merapikan dan loker masing-masing.
 III.  Istirahat ( 30 Menit )
    1. Anak-anak mencuci tangan secara bergantian.
    2.  Berdoa sebelum makan dan minum.
    3.  Makan dan minum sambil duduk.
    4.  Berdoa sesudah makan dan minum
 IV. Penutup ( 30 Menit )
1. Bel masuk anak-anak kembali masuk kelas dan duduk melingkar.
2. Guru mengajak anak-anak berbagi makanan ringan.
3. Guru mengajak anak-anak menyimpulkan kegiatan dari awal sampai akhir dan besok.
4. Guru membantu anak-anak melakukan refleksi atau evaluasi terhadap proses kegiatan yang telah mereka lakukan.
5. Berdo'a bersama-sama mengakhiri pelajaran.
6. Guru mengucapkan salam dan anak-anak menjawab salam guru.
7. Anak-anak berjabat tangan dengan guru kemudian keluar dari kelas satuÂ
  persatu dengan tertib.
Â
Â
Â
Â
Â
BAB V
SIMPULAN DAN SARAN
Â
A. Simpulan
     Berdasarkan hasil penelitian, analisis dan pembahasan yang dilakukan pada siklus pertama hingga siklus kedua, maka secara umum dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan kemampuan berhitung melalui media kartu gambar dan kartu huruf pada anak-anak A TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate. Keberhasilan ini dapat dijabarkan dalam beberapa kesimpulan antara lain:
Peningkatan kemampuan dari tiap aspek pengamatan yang dilakukan pada anak mulai dari siklus pertama hingga siklus kedua memperlihatkan bahwa ransangan yang diberikan dalam kegiatan menghubungkan gambar dengan angka telah mampu meningkatkan kemampuan berhitung anak-anak A Â TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate.
Di samping memberikan rangsangan pada peningkatan kemampuan berhitung pada anak-anak TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate, Â dalam proses pembelajaran yang menggunakan pendekatan dalam kecerdasan sosial, interpersonal serta kecerdasan logisnya. Kemampuan anak dalam bersosialisasi dengan membantu, teman yang kesulitan, pengembangan kemampuan untuk berfikir secara kritis, dan dan memupuk sikap pantang menyerah dalam menghadapi permasalahan menjadikan dasar peningkatan kecerdasan-kecerdasan tersebut.
Wawasan guru dalam mengelola kelas agar menarik serta ketetapan guru dalam memberikan motivasi yang positif bagi anak juga semakin meningkat dengan  menggunakan media gambar. Keterampilan guru dalam mengajukan pernyataan, bimbingan anak TK menjadi anak mandiri juga semakin meningkat. Disamping itu juga wawasan guru TK tentang strategi pembelajaran beserta penerapannya di kelas juga semakin meningkat.
B. Â Saran
      Dari hasil penelitian ini maka peneliti menyarankan agar para guru TK  mencoba untuk menerapkan metode pembelajaran dengan media kartu gambar dalam upaya meningkatkan kemampuan berhitung anak. Sebelum menerapkan pendekatan guru TK harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik agar dapat menarik perhatian anak, sehingga pendekatan ini tetap mengenai sasaran dan tujuan yang diharapkan.
      Di samping itu juga peneliti juga menyarankan agar dilakukan penelitan lebih lanjut. Hal ini dilakukan mengingat adanya perbedaan permasalahan yang terjadi di masing-masing sekolah dengan subyek yang berbeda pula. Alternatif yang diberikan dalam melakukan  studi penelitian lanjutan adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran yang berbeda.
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI