Mohon tunggu...
Sri Jayati Widjaya
Sri Jayati Widjaya Mohon Tunggu... Guru - Guru Kelas VI SD Negeri 07 Baya

sebagai seorang guru Sekolah Dasar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Pratice

16 Februari 2024   22:52 Diperbarui: 16 Februari 2024   22:55 134
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

BEST PRACTICE
PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL
PEMBELAJARAN PADA MATERI MASYARAKAT PEDULI SEJAHTERA.
Disajikan  untuk
Tugas PPL  Pogram  PPG Angkatan III tahun 2023
Mata pelajaran PPKN, BAHASA INDONESIA SD.
Tahun 2023

Oleh

SRI JAYATI WIDJAYA, S. Pd.
Guru Kelas di SD  negeri 07 BAYA
Kabupaten  Bengkayang

PEMERINTAHAN  PROVINSI  KALIMANTAN   BARAT
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
TAHUN  2024

BIODATA PENULISAN

       Data Pribadi :
       Nama                                : SRI JAYAT WIDJAYA, S. Pd.
       Tempat, tanggal   Lahir    : Jakarta, 09 -- 07 - 1973
       Jenis  Kelamin                  : Perempuan
       Agama                              : Islam
       Pendididkan Teakhir        :S I  PGSD
       Alamat                      : Jl. SUNGAI Nyamuk   RT/TW  026/ 04
Kel/Desa  BUMI  EMAS  Kecamatan Bengkayang, Kabupatan   Bengkayang
    E-mail                      : srijayatiw@gmail.com
     Telepon / Ponsel   :  089639008088

                                                           

KATA PENGANTAR
Alhamdulillah,  puji dan syukur penulis panjatkan kehadiran Allah AWT atas segala rahmat dan hidayah yang telah dilimpahkan -- Nya kepada penulis, sehingga dapat merumpungkan penyusunan Bast Practice  penulis dengan judul PENINGKATAN  AKTIVITAS  BELAJAR  PESERTA  DIDIK  DENGAN MENGGUNAKAN  M ODEL  DISCOVERY  LEARNING  PADA  MATERI  MASYARAKAT  PEDULI   LINGKUNGAN .  KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 07 BAYA . Walaupun terdapat kendala yang penuli Alami, namun berkat  bantuhan dan dorongan serta saran-saran dari berbagai pihak maka segala  kesulitan tersebutdapat teratasi.
        Melalui penyusunan  Bast Practice ini  penulis memamparkan pengalaman mengajar PPKN, BAHASA INDONESIA dengan tujuaan untuk mengingkatkan kulitas pembelajaran ,dan motivasi belajar siswa.dalam Bast Practice ini  memuat langkah-langkah pembelajaran,dan kegiatan di dalam kelas. Penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan berkontribusi positifuntuk terselesaikannya tugas penyusunan Bast Practice ini sebagai tugas PPL Program PPG Angkatan III tahun 2023. Penulis juga menyadiri dalam pembuatan Bast Practice ini masih banyak kekuangannya karena kebatasan waktu dan ilmu, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran  yang membangun  demi penyempuranaan karya tulis ini.

Baya, 19 Januari  2024

Penulis

                     

                                                                          DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR1
DAFTAR ISI2
BAB 1 PENDAHULUHAN 3
A.Latar Belakang 4
B.Jenis Kegiatan 5
C.Manfaat Kegiatan 6
BAB II PEMBAHASAN 7
A.Tujuan dan Sasaran8
B.Model dan Metode9
C.Bahan/Materi Kegiatan 10
D.Media dan Instrunmen11
E.Waktu dan Tempat Kegiatan 12
BAB III HASIL KEGIATAN 13
A.Hasil 14
B.Masalah yang Dihadapi15
C.Cara Mengatasi Masalah 16

BAB IV KESIMPULAN DAN REKOMENTASI17
A.Kesimpulan 18
B.Rekomendasi19
DAFTAR PUSTAKa20
LAMPIRAN LAMPIRAN 21

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang.

Guru sebagai pelaksana dalam proses di lembaga pendidikan, seyogyanya dapat memenuhi kebutuhan dan kemampuhan peserta didik dalam suatu proses pelajaran yang menarik, kreatif dan menantang  guna  meningkatkan  aktivitas pembelajaran khususnya pada mata pelajaran PPKN,BAHASA INDONESIA. Didukung dengan pendapat M Desfandi.  ( 2015) bahwa, "Dalam kegiatan  belajar, subjek didik harus aktif berbuat kata lain, bahwa dalam belajar sangat diperlukan adanya aktivitas,tanpa aktivitas proses pembelajaran tidak mungkin berlangsung dengan baik ".Subjek didik yang dimaksud dari kutipan tersebut adalah peserta didik.

Hal ini menjadi tantangan bagi guru untuk merancang kegiatan pembelajaran yang dapat membangun potensi peserta didik, agar peserta didik, agar peserta didik dapat aktif dalam proses pembelajaran khususnya dalam pembelajaran PPKN, BAHASA INDONESIA menurut  A Rahman,M Akhir,KSyanbulan (2015) menyatakan" keaktifan peserta didk menyangkut kegiatan fisik ,mental,dan emosional berdasarkan pendapat tersebut.dalam pembelajaran PPKN, BAHASA INDONESIA kegiatan fisik diantaranya dapat berupakan menyiapkan lembar pengamatan,melakukan kegiatan mengamat, melakukan percobahan dengan video, dan menuliskan hasil pengamatan pada lembar pengamatan.

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara menurut Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 tahun 2003). Pendidikan nasional Indonesia berdasarkan pancasila dan undang-undang dasar negara republik Indonesia tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman. 

Pendidikan nasional mengacu kepada kebudayaan nasional Indonesia karena kebudayaan memiliki peran penting dalam kehidupan bermasyarakat. Kebudayaan sebagai kebutuhan hidup manusia yang hidup dalam ruang dan waktu yang dikelompokkan dengan tujuan yaitu memenuhi kebutuhan kehidupan kerabatan, kebutuhan manusia untuk mata pencarian hidup, kebutuhan penerangan dan pendidikan manusia supaya menjadi anggota masyarakat yang berguna, kebutuhan ilmiah manusia, kebutuhan manusia menyatakan keindahannya dan rekreasi, kebutuhan manusia untuk berhubungan dengan Tuhan atau dengan alam gaib, dan kebutuhan jasmani manusia Koentjaraningrat dalam (Kawuryan, 2009). 

Kebutuhan pada kebudayaan memiliki nilai-nilai budaya dan tradisi leluhur yang penting untuk terus diupayakan dalam melaksanakan kehidupan bermasyarakat, agar pengaruh dari Masyarakat peduli lingkungan  tidak melunturkan kebudayaan bangsa sendiri. Meskipun dunia pendidikan nasional Indonesia menerima tuntunan di era zaman  ini, masih perlu diawasi oleh semua kalangan masyarakat, supaya informasi yang diakses dapat bermanfaat dan sesuai dengan kebudayaan yang berkembang di Indonesia. .

Kebudayaan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia salah satunya menurut Koentjaraningrat dalam (Kawuryan, 2009) adalah kebutuhan akan penerangan dan pendidikan manusia supaya menjadi anggota masyarakat yang berguna. 

Konsep nilai dan tujuan kebudayaan tersebut, terdapat pada pendidikan di Indonesia melalui Kurikulum 2013 memberikan arahan bahwa pembelajaran berpusat pada peserta didik untuk mengembangkan potensi dan membangun karakter dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, bernegara, serta berkontribusi dalam kesejahteraan hidup masyarakat (Permendikbud No. 104 tahun 2014). Hal ini diartikan bahwa karakter nilai dan sikap peserta didik harus sesuai dengan kebudayaan bangsa.

Pelaksanaan pembelajaran mengenai kebudayaan pada kurikulum 2013 di sekolah dasar telah dimuat pada bahan ajar buku tematik peserta didik, diantaranya terdapat pada buku tematik kelas VI Tema MUNUJU MASYARAKAT SEJAHTERA bacaan mengenai peran kita di Masyarakat dan upaya peduli lingkungan pada Masyarakat   Bahan ajar tematik tersebut masih berbasis kegiatan (activity based) yang masih membutuhkan materi dari berbagai sumber bahan ajar.

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru yang dilakukan peneliti di SDN 1 Tanah Abang, bahwa masih kurang sumber bahan ajar yang memberikan konsep pemahaman menarik bagi peserta didik di kelas VI pada subtema Masyarakat Peduli lingkungan . Dengan demikian diharapkan wawasan, minat belajar dan ketertarikan peserta didik bertambah dalam memperoleh informasi dan pengetahuan pada bahan ajar subtema tersebut. Sehingga diperlukan bahan ajar yang menarik dan mampu meningkatkan minat peserta didik untuk belajar, karena bahan ajar yang memberikan kesan menarik kepada peserta didik akan mengakibatkan munculnya motivasi dan keinginan untuk mempelajari bahan ajar tersebut. 

Hal ini perlunya memanfaatkan bahan ajar yang baik, menurut Lestari (2018) manfaat bahan ajar yaitu kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik, kesempatan untuk belajar secara mandiri dan mengurangi ketergantungan terhadap kehadiran guru, serta mendapatkan kemudahan dalam mempelajari setiap kompetensi yang harus dikuasainya. Melalui bahan ajar tersebut diharapkan dapat menarik perhatian peserta didik dan peserta didik dapat menguasai tujuan pembelajaran yang ditentukan.

Dari hasil wawancara tersebut perlu adannya bahan ajar yang menarik dan memberikan daya visual serta menjadikan lebih bersemangat dalam belajar. Salah satu bahan ajar yang dapat mencapai tujuan pembelajaran tersebut yaitu bahan ajar berbentuk Cerita bergambar. Menurut Chris F para peserta didik sekolah dasar memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap gambar visual, dan juga terhadap cerita (dikutip Faizah, 2009). Selain itu, pentingnya lintas budaya yang menanamkan sikap simpati, empati, memahami dan mengapresiasi perbedaan budaya (Rosyhad, 2017). Berdasarkan permasalahan tersebut, menjadi alasan peneliti untuk melakukan penelitian "Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Lintas Budaya pada Subtema Masyarakat peduli lingkungan Berbentuk Cerita Bergambar di Kelas VI SD" yang diharapkan dapat menjadi sumber belajar yang menarik dan menyenangkan.

B.Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mendidik dan memberi informasi kepada Masyarakat mengenai masalah lingkungan semakin kritis. Mengembangkan Masyarakat berkarakter peduli lingkungan dimungkinkan dapat efektif memalui Pendidikan lingkungan di sekolah. Sebagai tempat belajar,sekolah memiliki peran khusus untuk bermain;sekolah dapat membantu siswa untuk memahami dampak periladi bumi ini.Program Adiwiyata dilaksanakan guna mewujukan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam Upaya penlindungan dan mengelolaan lingkung hidup melalui tata Kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembanguanan berkelanjutan. 

Program Adiwijaya menggabungan pembelajaran dan tindak,sehingga memberikan metode yang efektif untuk mengubah perilaku.Sekolah Adiwijaya diharapkan dapat menjadi agen perubahan bagi masyarakat di lingkungan sekitar sekolah. 

Sekolah harus menjadi model dalam mewujudkan lingkungan yang sehat dan nyaman serta menjadi model dalam menwujudkan warga sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Warga sekolah selanjutan di harapan dapat menjadi contoh dan menularkan karakter peduli lingkungan kepada Masyarakat
         C    Jenis Kegiatan yang dilaporkan dalam laporan Bent Practice  ini adalah pembelajaran dengan menggunkan model pembelajaran Problem Based Learning PBL dengan metode eksperimen sederhana pada materi pembelajaran Masyarakat Peduli Sejahtera dengan berorientasi pada pembelajaran HOST di kelas VI SDN 07 BAYA.
        D     Manfaat kegiatan penulisan Bend Practice adalah meningkatkan  kompetensi peserta didik dalam kompetensi dasar,Menganalisis penerapan materi pembelajaran Masyarakat Peduli lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.
 
Kata kunci: Karakter peduli lingkungan,program Adiwijaya.
Pengutipan: Desfandi,M. (2015). Mewujudkan Masyarakat Berkarakter Peduli Lingkungan Melalui.
Program Adiwijaya. SOSIO DIDAKTIKA : Social Science Education Journal, 2(1),2015,3137.doi10.15408/sd.2i1.1661

BAB II
PEMBAHASAN
A.  Tujuan dan Sasaran
          Tujuan penulisan  Bast Practice ini adalah untuk mendeskripsikan Bast Practice penulia dalam menerapkam model pembelajaran  Kooperatif tipe STAD (Student Team Achiivement Division) dengan metode diskusi kelompok,tanya jawab,ceramah, dan penugasan.
          Tujuan dari promram PPL adalah untuk memberikan pengalaman pengalaman kepada peserta didik dalam bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah ,memberikan pengalaman kepada peserta didik dalam rangka melatih dan pengembangkan keprofesionalan dalam bidang keguruan belajar, dan memahami selukbeluk sekolah dengan segala persamasalahannya serta memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran.

Ada berapa tujuan pembelajaan  antara lain:
1.Setelah berdiskusi kelompok,mengnai peduli lingkungan hidup peserta didik dapat menyebutkan 3 kata kunci tentang peduli lingkungan pada judul dengan benar. (C1)
2.Setelah berdiskusi kelompok mengenai peduli lingkungan hidup, peserta didik dapat menjelaskan makna kata-kata kunci yang ada pada judui tesk nonfiksi dengan benar (c2)
3.Setelah membaca tesk nonfiksi,tentang peduli lingkungan hidup peserta didik dapat menganalisis informasi yang dapat dperioleh dari tesk nonfiksi dengan benar (C4)
4.Setelah berdiskusi kelompok tenteng peduli lingkungan hidup, peserta didik dapat melengkapi bagan kata kunci maknanya dengan bena(P3).
5.Setelah mengamai terhadap video dan tanya jawab tentang kewajiban, peserta didik dapat menjelaskan pengertian kewajiban  dengan benar (C3).
6.Setelah mengamati video tentang kewajiban, peserta didik dapat menentukan kewajiban sebagai warga negara Indonesia dengan benar (C3).
7.Setelah berdiksusi kelompok tenteng kewajiaban seorang peserta didik dapat menganalisis kewajiban sehari-hari (C4)
8.Setelah mengamati kelompok tentang kewajiban,peserta didk dapat menijukkan kewajiban sebagai warga negara dengan benar (P3).
 
Sasaran pelaksanaan Bact Practice ini adalah peserta didik kelas VI sekolah Dasar genap tahun pelajaran 2023/2024 di SDN 07 Baya sebanyak 11 orang.
B.Bahan Pembelajaran
          Bahan yang di gunakan dalam Bact Practice pembelajaran ini adalah materi PPKN / Bahasa Indonesia di kelas VI Sekolah Dasar semester Genap  Tahun Pelajaran 2023/2024  pada  pokok bahasan Menuju Masyarakat sejahtera, dengan rincihan  KD sebagai berikut:

Bahasa Indonesia
3.7 Memperkirakan infomasi yang dapat diperoleh dari tesk nonfiksi sebelum membaca (hanya dengan membaca judulnya saja).
4.2Menyampaikan kemungkinan informasi yang diperoleh berdasarkan membaca judul tesk nonfiksi secara lisan,tulis dan visual.
PPkn
3.2 Menganalisis pelaksnaan kewajiban,hak dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam sehari-hari.
4.2 Menyajikan hasil analisis pelaksanaan kewajiban, hak dan tanggung jawab sebagai warga Masyarakat beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.

C.MATERI PEMBELAJARAN
1.Informasi  judul peduli lingkungan hidup
2.Kewajiban warga negara
D.WAKTU PELAKSANAAN
                 Praktek Best Practice ini dilaksanakan dalam satu kali pertemukan yaitu pada hari jumat 19 Januari 2024 di kelas VI SDN 07 Baya.

E.MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model pembelajaran: Problem Based Learning  PBL Pendekatan: Saintifik dan TPACK    (Technological  Pedagogical Content Knowledge)
Motode                            : Diskusi, ceramah, tanya jawab penugasan 4C
 
F.MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Media: video, gambar, power point
Alat: LCD Proyektor, laptop, pointer, sound Sumber belajar papan tulis dan spidol,LKPD.
Anggari, A.S. 2018. Buku Pedoman Guru Tema : Menuju Masyarakat Sejahtera Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).
Anggari, A.S. 2018. Buku Siswa Tema : Menuju Masyarakat Sejahtera Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).
Khristiyono, dkk. 2021. Buku Penilaian Tematik BUPETIK : Menuju Masyarakat Sejahtera 6F. Jakarta: Erlangga.
Media video (youtube), sumber : https://www.youtube.com/watch?v=Wux31dpINeE&t=298s (diakses tanggal 12 Desember 2022)

G.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
KegiatanDeskripsi KegiatanAlokasi
Waktu
Pendahuluan1.Guru memulai pembelajaran dengan salam, menanyakan kabar siswa, dan mengecek kehadiran peserta didik.
2.Guru mengingatkan peserta didik untuk mengucapkan syukur atas nikmat sehat hari ini.
3.Guru meminta salah satu peserta didik memimpin doa bersama.
4.Guru mengajak peserta didik menyanyikan Lagu Garuda Pancasila. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan sikap cinta tanah air.
5.Guru memberikan motivasi untuk peserta didik melalui tepuk.
6.Guru melakukan apersepsi dengan mengadakan tanya jawab sebagai berikut:
"Apa kegiatan yang anak-anak lakukan saat hari Minggu? Adakah yang pernah membantu Ayah dalam kegiatan kerja bakti? Bagaimana perasaan anak-anak setelah membantu Ayah?"
7.Guru menjelaskan tentang tujuan dan kegiatan pembelajaran yang
akan dilakukan.10 menit

Kegiatan Intia.Sintak  1 Orientasi peserta didik kepada masalah
1.Peserta didik diajak mengamati dua buah gambar (gambar 1 yaitu     kegiatan kerja bakti, gambar 2 yaitu kegiatan membayar pajak)
yang ditampilkan pada layar LCD proyektor. (TPACK)
50 menit
 
KegiatanDeskripsi KegiatanAlokasi
Waktu
2.Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang gambar tersebut. Critical thinking
3.Peserta didik menjelaskan pengertian kewajiban. Communication
4.Guru memberikan penguatan tentang arti dari kewajiban.

b.Sintak  2 Mengorganisasikan peserta didik
1.Peserta didik dibagi menjadi 4 kelompokyang terdiri dari 5 anggota kelompok.
2.Guru membagikan LKPD kepada siswa.

c.Sintak  3 Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
1.Guru menampilkan teks nonfiksi yang berjudul "Bentuk Kepedulian Remaja terhadap Lingkungan" pada LCD Proyektor. (TPACK)
2.Sebelum membaca teks, peserta didikdari masing-masing kelompok menyebutkan kata kunci yang terdapat pada Judul teks nonfiksi yang ditampilkan.
3.Peserta didikdari masing-masing kelompok membaca teks tersebut.
4.Peserta didik memberikan penguatan mengenai kata kunci dan informasi yang terdapat pada teks.
5.Peserta didik mengamati video mengenai kewajiban sebagai warga negara. (TPACK)
6.Peserta didik dan guru bertanya jawab mengenai video tersebut.
Critical thinking
7.Peserta didikmenjelaskankewajibansebagaiwarganegara.
communication
8.Peserta didik menganalisis kewajiban siswa sebagai warga masyarakat.
Critical thinking

d.Sintak  4 Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
1.Peserta didik berdiskusi untuk Mengerjakan LKPD. collaboraation
2.Guru memantau jalannya diskusi dan membimbing peserta didik pembuatan laporan sehingga karya setiap kelompok siap untuk dipresentasikan.
3.Setelah selesai mengerjakan LKPD, guru mengajak masing- masing kelompok untuk tepuk agar siswa tetap semangat.
4.Setiap kelompok diberikan kesempatan untuk menampilkan
hasil diskusinya ke depan kelas. communication
 
KegiatanDeskripsi KegiatanAlokasi
Waktu

e.Sintak  5 Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
1.Peserta didik diberi kesempatan untuk menanggapi atau memberi masukan kepada hasil karya kelompok lain. communication
2.Peserta didikdangurumengevaluasihasilkerjayangtelah dipresentasikan. collaboration
3.Guru memberikan penguatan terhadap hasil diskusi yang telah
ditampilkan.
Penutup1.Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
2.Peserta didik dan guru melakukan refleksi kegiatan hari ini
Kegiatan refleksi berikut ini:
a.Apa ysng telsh kamu pelajari hari ini ?
b.Apa yang paling kalian sukai dari pembelajaranhari ini ?
c.Apa yang belum kalian pahami pada pembelajaran hari ini?
3.Peserta didik mengerjakan evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran yang di berikan guru.
4.Guru menyerahkan evaluasib yang telah selesai dikerjakan lembar soal evaluasi kepada setiap peserta didik secara inndividu.
5.Mengajak semua peserta didik berdoa mengakhiri kegiatan pembelajaran hari ini .

10 menit

H.PENILAIAN
a.Teknik Penilaian (terlampir)

i.Penilaian Pengetahuan
1.Prosedur : akhir pembelajaran
2.Teknik : tes tertulis
3.Bentuk : uraian
4.Instrumen : kisi-kisi soal, soal, kunci jawaban, pedoman penskoran (terlampir)

ii.Penilaian keterampilan
1.Prosedur : dalam proses pembelajaran
2.Teknik : unjuk kerja
3.Bentuk : Rating Scale disertai dengan Rubrik
4.Instrumen : rubrik dan kunci rubrik (terlampir)
 
b.Instrumen Penilaian

I.Lembar Pengamatan sikap : terlampir
II.Lembar Pengamatan Keterampilan : terlampir
III.Lembar Evaluasi : terlampir

Mengetahui,                                                           BAYA,19 Januari 2024
Kepala SDN 07 BAYA                                                 Guru Kelas 6

                           
                             JUNAIDI S.Pd SD                                              SRI JAYATI WIDJAYA, S. Pd
Nip : 196601051993121001                                   NIP. 197307092014072001
 
BAB III
HASIL KEGIATAN
A.Hasil

     Hasil kegiatan pembelajaran Menuju Masyarakat Sejahtara dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dengan metode eksperimen sederhana di kelas VI 07 Baya,pesrta didik menjadi lebih aktif dan menumbuhkan  saling bekerja sama untuk menyelesaikan pemasalahan yang diberikan guru.Aktivitas model pembelajaran dengan metode ini menjadikan peserta didik aktif selama proses pembelajaran sehingga menumbuhkan nilai karakter yang diharapkan seperti bertanggung jawab, kemandirian, dan gotong royong.
   Pada pembelajaran sebelumnya penulis belum menerpkan pembelajaran HOTS dan masih menggunakan metode ceramah. Pada saat menggunakan metode ceramah peserta didik cendrung kurang aktif selama proses pembelajaran. Saat mpembelajaran HOTS dengan model probiem Based Learning (PBL) dan metode diskusi peserta didik menjadi lebih aktif dan bisa berfikir kritis selama kegiatan diskusi dan menjadi lebih tanggung jawab untuk menyesaikan tugasnya karena akan hasilnya akan dilihat ,didengar dan bandingkan dengan kelompok lain.
    Dengan menerapkan pembelajaran yang HOTS juga peserta didik dilatik untuk memecahan masalahnya sendiri dengan menyesaikan LKPD menganalisis kasus dalam penerapan kehidupan sehari -- hari yang berhubungan dengan Menuju Masyarakat Sejahtera dan ketuntasan capaian tujuan pembelajaran mencapai hampir 100%.

B. Masalah yang di hadapi.
         
       Masalah yang dihadapi selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan model eksperimen di kela VI SDN 07 Baya adlah peserta didik untuk melatih dan menggali informasi hal ini mengakibatkan alokasi waktu yang dibutuhkan tidak sesuai dengan rencana program pembelajaran yang sudah dibuat dan juga mengakibatkan peserta didik mengerjakan tugas terkesan tergesa-gesa.

C.Cara Mengatasi Masalah .

   Untuk mengenai masalah yang dihadapi penulis dalam pembelajaran ini adalah lebih memperhatikan alokasi waktu dengan membatasi waktu yang memberikan peserta didik melakukan diskusi kelompok lain gurujuga harus lebih sabar dalam membimbing dan mengarahkan peserta didik untuk menyelesaikan masalah dan mandiri dalam mencari informasi yang dibutuhkan saat proses pembelajaran. Selain itu juga peserta didik diberikan arah betapa pentingnya model pembelajaran yang berorientasi HOTS di jenjang sekolah yang akan dating Ketika mereka sudah lulus SMA dan untuk kehidupan sehari-hari.

BAB IV
KESIMPULAN

A.Kesimpulan

Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa :
1.Pembelajaran dengan Model Problem Based Learning dengan metode eksperimen sederhana layak di jadikan sebagai pembelajaran yang berorientasikan Higher Order Thinking Skill (HOTS) karena dapat meningkatkan kemampuan peserts didik dalam berfikir kritis dan menyelesaikan masalah serta meningkatkan aktivitas belajar peserta didik .
2. Pada penyeusunan Model dibuat secara sistematis yang didalamnya berorientasikan HOTS.

B.Rekomendasi.
Berdasarkan hasil pembelajaran yang telah dilakukan, berikut disampaikan rekomendasi yang relevan .
1.Guru seharusnya memiliki inovasi model pembelajaran yang lebih menyenangkan agar peserta didik tidak terpaku dengan hanya satu model pembelajaran, memiliki referensi pembelajaran yang banyak yang menujang kemampuan  professional  guru pada saat proses pembelajaran.
2. Peserta didik diharapkan mampu menerapakan kemampuan berfikir dalam belajar kemampuan belajar seperti ini bisa membantu peserta didik menguasai materi pembelajaran secara lebih mendalam.
3. Dukungan positif sekolah penyediaan secara dan prasarana yang memadai untuk mendukung pembelajaran HOST dan meningkatkan aktifitas belajar peserta didik.

DAFTAR PUSTAKA

Garsel El  Lukman. 2010 The Development of Teachers Creativitas.Jawa Barat: Rahayasa.
Leo Sutrisno. 2010. Pembelajaran Sain untuk mengembangkan Kreativitas. Makalah untuk seminar sehari:Pontianak.
Sardirman 2010 Interaksi Motivasi dan Belajar mengajar. Jakarta: Rajawali  Pers.
Syaiful Bahari  Djamarah 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Lampiran gamabar pembelajaran.

1.Tahap pendahuluan siswa berdoa sebelum belajar
 
2.Siswa memperhatikan penjelasan
 
3.Tahap inti siswa memperhatikan penjelasan melalui sebuah video
 
4.Siswa mengerjkan tugas LKPD

5.Siswa mempresentasikan hasil kerja nya
 
Link lampiran video
*Link video 1 https://youtu.be/jtdTCMz_Nk4?si=_03SSDaCXW2OYt2x
*Link video 2 https://youtu.be/A3URqvr2PD4?si=ae6EqhH769t1DrjV

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KELAS VI SEMESTER 2

TEMA 6 MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA SUB TEMA 1 MASYARAKAT PEDULI LINGKUNGAN

Disusun Oleh:
Nama           :SRI JAYATI WIDJAYA, S.Pd
NIP                 :197307092014072001

SDN 07 BAYA TAHUN
PELAJARAN 2022/ 2023
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan: SDN 07BAYA Kelas/ Semester: VI / 2
Tema: Menuju Masyarakat sejahtera
Sub Tema: Masyarakat Peduli Lingkungan
Pembelajaran1
Alokasi Waktu: 1 Pertemuan (2 x 35 menit)

B.KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4   : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

C.KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR Bahasa Indonesia
NOKOMPETENSI DASAR (KD)INDIKATOR
13.7 Memperkirakan informasi yang dapat diperoleh dari teks nonfiksi sebelum membaca (hanya dengan membaca
judulnya saja).3.7.1Menyebutkan kata kunci yang ada pada judul teks nonfiksi (C1)
3.7.2Menjelaskan makna kata kunci yang ada pada judul teks nonfiksi (C2)
3.7.3Menganalisis informasi yang dapat diperoleh dari teks nonfiksi (C4)
24.2 Menyampaikan kemungkinan informasiyangdiperoleh berdasarkanmembacajudulteks nonfiksisecaralisan,tulisdan
visual.4.7.1 Melengkapi bagan kata kunci,
maknanya, dan informasi yang diperoleh berdasarkan membaca judul teks nonfiksi (P3)

PPKn
NOKOMPETENSI DASAR (KD)INDIKATOR
13.2 Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam3.2.1Menjelaskan pengertian kewajiban (C2)
3.2.2Menentukan kewajiban sebagai warga negara (C3)
 
kehidupan sehari-hari.3.2.3 Menganalisis kewajiban seorang siswa
sebagai warga negara (C4)
24.2 Menyajikan hasil analisis pelaksanaan kewajiban, hak dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-
hari.4.2.1 Menunjukkan kewajiban sebagai warga negara (P3)

D.TUJUAN PEMBELAJARAN
1.Setelah  berdiskusi kelompok, mengenaai peduli lingkungan hidup  peserta didik dapat menyebutkan 3 kata kunci tentang penduli lingkungan pada judul dengan benar. (C1)
2.Setelah berdiskusi  kelompok mengenai peduli lingkungan hidup, peserta didik dapat menjelaskan makna kata-kata kunci yang ada pada  judul teks nonfiksi dengan benar. (C2)
3.Setelah  membaca teks non fiksi,tentang peduli lingkungan hidup peserta didik dapat menganalisis informasi yang dapat  diperoleh dari teks nonfiksi dengan benar. (C4)
4.Setelah berdiskusi kelompok tentang peduli lingkungan hidup, peserta didk dapat melengkapi bagan kata kunci maknanya,dengan benar. (P3)
5.Setelah mengamati terhadap video dan tanya jawab tentang kewajiban, peserta didik dapat menjelaskan pengertian kewajiban   dengan benar. (C2)
6.Setelah  mengamati  video tentang kewajiban , peserta didik dapat menentukan kewajiban sebagai warga negara Indonesia dengan benar. (C3)
7.Setelah ber diskusi kelompok tentang kewajiban seorang peserta didik dapat menganalisis kewajiban sehari-hari. (C4)
8.Setelah mengamati kelompok tenteng kewajiban , peserta didik dapat menujukkan kewajiban sebagai  warga negarna dengan benar. (P3)

E.MATERI PEMBELAJARAN
1.Informasi  judul peduli lingkungan hidup
2.Kewajiban warga negara

F.MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model pembelajaran: Problem Based Learning  PBL
      Pendekatan: Saintifik dan TPACK    (Technological  Pedagogical Content Knowledge)
                          Motode                            : Diskusi, ceramah, tanya jawab penugasan 4C
 
G.MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Media: video, gambar, power point
Alat: LCD Proyektor, laptop, pointer,sound Sumber belajar     :
Anggari, A.S. 2018. Buku Pedoman Guru Tema : Menuju Masyarakat Sejahtera Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).
Anggari, A.S. 2018. Buku Siswa Tema : Menuju Masyarakat Sejahtera Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).
Khristiyono, dkk. 2021. Buku Penilaian Tematik BUPETIK : Menuju Masyarakat Sejahtera 6F. Jakarta: Erlangga.
Media video (youtube), sumber : https://www.youtube.com/watch?v=Wux31dpINeE&t=298s (diakses tanggal 12 Desember 2022)

H.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
KegiatanDeskripsi KegiatanAlokasi
Waktu
Pendahuluan8.Guru memulai pembelajaran dengan salam, menanyakan kabar siswa, dan mengecek kehadiran peserta didik.
9.Guru mengingatkan peserta didik untuk mengucapkan syukur atas nikmat sehat hari ini.
10.Guru meminta salah satu peserta didik memimpin doa bersama.
11.Guru mengajak peserta didik menyanyikan Lagu Garuda Pancasila. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan sikap cinta tanah air.
12.Guru memberikan motivasi untuk peserta didik melalui tepuk.
13.Guru melakukan apersepsi dengan mengadakan tanya jawab sebagai berikut:
"Apa kegiatan yang anak-anak lakukan saat hari Minggu? Adakah yang pernah membantu Ayah dalam kegiatan kerja bakti? Bagaimana perasaan anak-anak setelah membantu Ayah?"
14.Guru menjelaskan tentang tujuan dan kegiatan pembelajaran yang
akan dilakukan.10 menit

Kegiatan Intib.Sintak  1 Orientasi peserta didik kepada masalah
1.Peserta didik diajak mengamati dua buah gambar (gambar 1 yaitu     kegiatan kerja bakti, gambar 2 yaitu kegiatan membayar pajak)
yang ditampilkan pada layar LCD proyektor. (TPACK)
50 menit
 
KegiatanDeskripsi KegiatanAlokasi
Waktu
5.Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang gambar tersebut. Critical thinking
6.Peserta didik menjelaskan pengertian kewajiban. Communication
7.Guru memberikan penguatan tentang arti dari kewajiban.

e.Sintak  2 Mengorganisasikan peserta didik
1.Peserta didik dibagi menjadi 4 kelompokyang terdiri dari 5 anggota kelompok.
2.Guru membagikan LKPD kepada siswa.

f.Sintak  3 Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
1.Guru menampilkan teks nonfiksi yang berjudul "Bentuk Kepedulian Remaja terhadap Lingkungan" pada LCD Proyektor. (TPACK)
2.Sebelum membaca teks, peserta didikdari masing-masing kelompok menyebutkan kata kunci yang terdapat pada Judul teks nonfiksi yang ditampilkan.
3.Peserta didikdari masing-masing kelompok membaca teks tersebut.
4.Peserta didik memberikan penguatan mengenai kata kunci dan informasi yang terdapat pada teks.
5.Peserta didik mengamati video mengenai kewajiban sebagai warga negara. (TPACK)
6.Peserta didik dan guru bertanya jawab mengenai video tersebut.
Critical thinking
7.Peserta didikmenjelaskankewajibansebagaiwarganegara.
communication
8.Peserta didik menganalisis kewajiban siswa sebagai warga masyarakat.
Critical thinking

g.Sintak  4 Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
1.Peserta didik berdiskusi untuk Mengerjakan LKPD. collaboraation
2.Guru memantau jalannya diskusi dan membimbing peserta didik pembuatan laporan sehingga karya setiap kelompok siap untuk dipresentasikan.
3.Setelah selesai mengerjakan LKPD, guru mengajak masing- masing kelompok untuk tepuk agar siswa tetap semangat.
4.Setiap kelompok diberikan kesempatan untuk menampilkan
hasil diskusinya ke depan kelas. communication
 
KegiatanDeskripsi KegiatanAlokasi
Waktu

f.Sintak  5 Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
1.Peserta didik diberi kesempatan untuk menanggapi atau memberi masukan kepada hasil karya kelompok lain. communication
2.Peserta didikdangurumengevaluasihasilkerjayangtelah dipresentasikan. collaboration
3.Guru memberikan penguatan terhadap hasil diskusi yang telah
ditampilkan.
Penutup6.Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
7.Peserta didik dan guru melakukan refleksi kegiatan hari ini
Kegiatan refleksi berikut ini:
d.Apa ysng telsh kamu pelajari hari ini ?
e.Apa yang paling kalian sukai dari pembelajaranhari ini ?
f.Apa yang belum kalian pahami pada pembelajaran hari ini?
8.Peserta didik mengerjakan evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran yang di berikan guru.
9.Guru menyerahkan evaluasib yang telah selesai dikerjakan lembar soal evaluasi kepada setiap peserta didik secara inndividu.
10.Mengajak semua peserta didik berdoa mengakhiri kegiatan pembelajaran hari ini .

10 menit

I.PENILAIAN
1.Teknik Penilaian (terlampir)

a.Penilaian Pengetahuan
1)Prosedur : akhir pembelajaran
2)Teknik : tes tertulis
3)Bentuk : uraian
4)Instrumen : kisi-kisi soal, soal, kunci jawaban, pedoman penskoran (terlampir)

b.Penilaian keterampilan
1)Prosedur : dalam proses pembelajaran
2)Teknik : unjuk kerja
3)Bentuk : Rating Scale disertai dengan Rubrik
4)Instrumen : rubrik dan kunci rubrik (terlampir)
 
2.Instrumen Penilaian

a.Lembar Pengamatan sikap : terlampir

b.Lembar Pengamatan Keterampilan : terlampir

c.Lembar Evaluasi : terlampir

Mengetahui,                                                                BAYA,19 Januari 2024
Kepala SDN 07 BAYA                                                  Guru Kelas 6

JUNAIDI, S. Pd. SD                                        SRI JAYATI WIDJAYA, S. Pd
Nip : 196601051993121001                             NIP. 197307092014072001

PENILAIAN

A. Penilaian Sikap

1.Sikap Spiritual

No.
Nama SiswaKebiasaan BerdoaBerperilaku Syukur
SBB
PBSBBPB
1.Ardi

2.  Andri    
3.Bento
4. Dimas    
5.Erlan
6. Fajar                        
7. Nina
8. Malseda
9. Nina
10. Yuda
11. Yorbeles

Keterangan

SB = Sangat Baik B = Baik
PB = Perlu Bimbingan

Pelaksanaan Pengamatan dilakukan selama pembelajaran dengan memberikan tanda centang (v) pada setiap aspek yang diamati berdasarkan kriteria berikut :

Kriteria penilaian sikap kebiasaan berdoa
SB-Peserta didik berdoa dengan khusyuk dan sungguh-sungguh sebelum dan sesudah pembelajaran
BJika satu dari dua kriteria tampak pada peserta didik
 
PBJika semua kriteria tidak tampak pada peserta didik

Kriteria penilaian sikap Berperilaku Syukur
SB-Peserta didik tidak mengeluh dalam mengerjakan tugas

- Peserta didik selalu mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh
BJika satu dari dua kriteria tampak pada peserta didik
PBJika semua kriteria tidak tampak pada peserta didik

2.Sikap Sosial

No.
Nama SiswaDisiplinTanggunng JawabPercaya Diri
SB      BPBSBBPBSBBPB
1.Ardy
2.Andri
3.Bento

4.Dimas

5.Erlan

6  Fajar

7Fajar

8Marselda

9Nina

10Yorbeles

11Yuda

Keterangan
SB = Sangat Baik B = Baik
PB = Perlu Bimbingan
Pelaksanaan Pengamatan dilakukan selama pembelajaran dengan memberikan tanda centang (v) pada setiap aspek yang diamati berdasarkan kriteria berikut :
 
Kriteria penilaian sikap Disiplin
SB-Peserta didik mengerjakan tugas dengan tertib

-Tertib menaati peraturan sekolah
BJika satu dari dua kriteria tampak pada peserta didik
PBJika semua kriteria tidak tampak pada peserta didik

Kriteria penilaian sikap Tanggung Jawab
SB-Peserta didik menyelesaikan tugas tepat waktu

-Peserta didik menyelesaikan tugas dengan sungguh-sungguh
BJika satu dari dua kriteria tampak pada peserta didik
PBJika semua kriteria tidak tampak pada peserta didik

Kriteria penilaian sikap Percaya diri
SB-Peserta didik mengerjakan tugas tanpa mencontek

-Peserta didik percaya diri tampil di depan kelas
BJika satu dari dua kriteria tampak pada peserta didik
PBJika semua kriteria tidak tampak pada peserta didik
 
3.Penilaian Kognitif
KISI-KISI INSTRUMEN EVALUASI PERTEMUAN 1
Kompetensi
DasarIndikatorTujuanMateriNo. soalRanah
kognitifIndikator
Soal
3.73.7.1Melalui diskusi kelompok, siswadapat menyebutkan katakunci
yangada
padajudul teks nonfiksi dengan benar.Kata kunci5(C1)Melalui deskripsi soal,siswa dapat menyebutkan katakunci
yangada
padajudul teks nonfiksi dengan benar.
Memperkirakan informasi yang dapat diperoleh dariteks
nonfiksiMenyebutkan kata kunci yang ada pada judul teks nonfiksi
sebelum
membaca
(hanya dengan
membaca
judulnya saja).
3.7.2MelaluiMakna4(C2)Melalui
Menjelaskandiskusikata kuncideskripsi
maknakatakelompok,soal,siswa
kunciyangsiswadapatdapat
adapadamenjelaskanmenjelaskan
judulteksmaknakatamaknakata
nonfiksikunciyangkunciyang
adapadaadapada
judulteksjudulteks
nonfiksinonfiksi
dengandengan
benar.benar.
3.7.3MelaluiInformasi6(C4)Melalui
Menganalisismembacadariteksdeskripsi
informasiteksnonnonfiksisoal,siswa
yangdapatfiksi,siswadapat
diperoleh daridapatmenganalisis
teks nonfiksimenganalisisinformasi
informasiyangdapat
yangdapatdiperoleh
diperolehdariteks
dariteksnonfiksi
nonfiksidengan
denganbenar.
benar.
3.2
Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak dantanggung jawabsebagai3.2.1
Menjelaskan pengertian kewajibanMelalui pengamatan terhadap video, siswa dapat
menjelaskanKewajiban1(C2)Melalui deskripsi soal,siswa dapat menjelaskan
pengertian
 
warganegara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.pengertian kewajiban dengan
benar.kewajiban dengan benar.
3.2.2
Menentukan kewajiban sebagai warga negaraMelalui pengamatan terhadap video, siswa dapat menentukan kewajiban sebagai warga negara
dengan benar.Kewajiban sebagai warga negara2(C3)Melalui deskripsi soal,siswa dapat menentukan kewajiban sebagai warga negara dengan benar.
3.2.3
Menganalisis kewajiban seorang siswa sebagai warga
negaraMelalui diskusi kelompok, siswadapat menganalisis kewajiban seorang siswa sebagai warga negara
dengan benar.Kewajiban siswa sebagai warga negara3(C4)Melalui gambar, siswadapat menganalisis kewajiban seorang siswa sebagai warga negara dengan benar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun