Mohon tunggu...
Tiara Safariah_43121010052
Tiara Safariah_43121010052 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa (Universitas Mercu Buana); Dosen : Dosen: Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak

Hallo semuanya, terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini... semoga bermanfaat!!!

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

TB 2_Etika dan Hukum Plato;The Laws

26 Mei 2022   00:52 Diperbarui: 26 Mei 2022   00:55 683
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Di kehidupan ini kita semua mesti sering menemui, menaati, atau mengerjakan etika dan hukum. Baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun dalam kesibukan berbisnis.

Karena seperti yang kita ketahui dua faktor ini sangatlah penting agar saat kita mengerjakan sesuatu itu serasi dengan norma dan tidak menyanggah aturan yang berjalan.

Akan tetapi banyak juga dari kita yang tidak patuh atau menentang kebajikan dan peraturan, itu terjadi salah satunya karena masih banyak dari kita yang tidak memahami atau mengerti “apa itu pemahaman dan penjelasan dari etika dan peraturan”, “mengapa etika dan hukum itu sangat penting”.

Maka dari itu, pada artikel kali ini kita akan menjelaskan mengenai Etika dan Hukum dari sudut pandang Plato mulai dari artinya etika & hukum, seberapa pentingnya etika dan hukun, serta pembahasan kasusnya.

Agar kita semua semakin mengerti dan paham tentang cara menerapkan etika dan hukum dalam kegiatan sehari – hari dan bisnis.

Pengertian Etika dan HukumPlato seorang ahli filsuf Yunani (Athena) menuliskan di dalam bukunya yaitu The Laws karya Plato yang terakhir, dia menyatakan bahwa Etika dalam pemikiran orang Athena menggambarkan bahwa jiwa adalah penguasa tubuh dan karena itu harus diprioritaskan daripada tubuh.

Namun era ini, kebanyakan orang gagal melakukan kebajikan dan malah asik mencari kecantikan, kekayaan, dan kesenangan dengan mengorbankan kebajikan. 

Akibatnya, mereka terus  mementingkan tubuh daripada jiwa.

Sedangkan dalam (Yunani Kuno) etika biasanya diartikan sebagai egois artinya bahwa penyelidikan etis berada pada pertanyaan mengenai apa kehidupan terbaik bagi seorang manusia.

Dari inti sari ini, berpendapat tentang mengapa seseorang harus menjadi bajik dan dikaitkan dalam kaitannya dengan bagaimana kebajikan berhubungan dengan kesejahteraan.

Dengan kata lain, ahli etika ( Yunani Kuno ) berpandangan bahwa kita mempunyai alasan untuk menjadi bajik; karena, kebajikan inilah yang akan berguna bagi kita untuk menjalani kehidupan yang berhasil dan bahagia.

Pemikiran ini masuk akal jika Platon berpikir kita berkewajiban untuk merawat jiwa dan tubuh, karena kehidupan yang baik membutuhkannya.

Akan tetapi mesti diingat bahwa teori - teori etika masa ini mempunyai fitur - fitur tentang diri sendiri yang dibangun di dalamnya. 

Dan dengan demikian gambaran ini tidak sepenuhnya unik bagi Plato (dan ahli etika Yunani Kuno lainnya).

Tiga aliran etika utama masa ini adalah akhlak tata susila ( diadvokasi oleh Plato ), deontologi, dan konsekuensialisme .

Immanuel Kant, sang ilmuan untuk deontologi, berpandangan bahwa kita mempunyai tanggung jawab untuk mempercantik diri, sementara konsekuensialisme, dalam bentuknya yang paling tradisional , berpandangan bahwa ketika menetapkan bagaimana saya harus bertindak, kesejahteraan pribadi saya dipertimbangkan.

Setelah mengatakan bahwa warga negara harus merawat orang lain, kelompok Athena menawarkan pertimbangan yang menarik dalam membela kehidupan yang bajik.

Inti dari argumennya adalah bahwa kebiasaan buruk berorientasi ke ekstrem emosional, sedangkan kebajikan berorientasi ke kepada kestabilan emosional. 

Karena emosi yang lewat batas akan menyakitkan, maka dengan kehidupan yang bajiklah jiwa akan lebih menyenangkan.

Dengan begitu, kelompok Athena bermaksud untuk memperlihatkan bahwa kehidupan yang bajik akan mengundang lebih banyak kesenangan daripada rasa sakit.

Dan dengan mengamalkan ini, mereka berharap untuk meruntuhkan pemikiran yang terlalu umum, bahwa kehidupan yang buruk, meskipun secara moral meluncur, masih bisa dinikmati.

Menurut Plato etika itu bersifat intelektual dan rasional, sehingga bisa dijelaskan secara logika.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa etika menurut Plato adalah sebuah moral yang didasari oleh pengetahuan dan pengetahuan ini bisa dicapai melalui akal budi. Akal budi inilah yang datang dari cerminan jiwa dan didasarkan dari kebiasaan moral yang berlaku di suatu masyarakat.

Dokpri, plato ; the laws
Dokpri, plato ; the laws
Sedangkan Hukum, Pluto memaparkan kedalam 12 bukunya, yang mana dalam buku – buku ini memaparkan sejumlah jenis teori seperti :

Buku 1 dan buku 2 yang mengupas apa tujuan pemerintah, eksplorasi ini mengandung evaluasi komparatif terhadap praktik-praktik yang ditemukan di tanah air lawan bicara.

- Bagian sebuah etika

Diskusi ini, memaparkan definisi awal mengenai edukasi dan kebajikan ditawarkan. Seperti mengenai asal usul peraturan, apakah peraturan itu berasal dari dewa atau manusia. Sehingga membangun konflik penting antara barang "ilahi" dan "manusia". 

Barang ilahi dijelaskan sebagai sebuah kebajikan, sedangkan barang manusia berupa jenis - jenis kesehatan, kekuatan, kekayaan, dan keindahan.

Kebaikan ilahi nilainya lebih tinggi daripada barang-barang manusia, dalam hal bahwa barang-barang manusia bertumpu pada barang-barang ilahi. Tetapi barang-barang ilahi tidak bertumpu pada apa pun. 

Artinya adalah bahwa kebajikan selalu berkontribusi pada perkembangan pribadi, tetapi hal-hal yang umumnya dianggap demikian, seperti kekayaan dan kecantikan, tidak akan melakukannya kecuali jika seseorang mempunyai kebajikan.

Faktanya, hal-hal serupa kecantikan dan kekayaan di tangan orang yang korup akan memungkinkan dia untuk bertindak dengan cara yang akan mengarah pada kegagalan.

- Bagian psikologi dan edukasi moral

Pada bab ini dijelaskan bahwa orang Athena menerangkan kebajikan seumpama dengan kesepakatan antara kesukaan dan rasa sakit dan catatan yang dipahami atau beralasan.

Uraian ini sepadan dengan pemikiran bahwa kebajikan adalah keseimbangan dalam jiwa ganggang kekuatan psikis yang berbeda.

- Bagian kebahagiaan dan kebajikan

Melanjutkan bobot diskusi seputar pesta minum dan edukasi. Pendidikan musik membentuk tumpuan karakter seseorang karena melalui lagu dan tarian seseorang menumbuhkan respons afektif yang sesuai. 

Dengan menikmati tindakan bajik yang digambarkan dalam lagu dan tarian, seseorang mulai mengembangkan kebajikan. Kebalikannya juga benar, seseorang akan menumbuhkan sifat buruk, jika ia menikmati kelakuan keji yang digambarkan dalam lagu dan tarian.

Karena itu, sangat penting bagi bagian legislatif untuk menetapkan musik apa yang boleh diizinkan di kota—tugas yang menurut kelompok Athena paling baik ditangani oleh orang tua dengan kebijaksanaan mereka.

- Bagian simposium

Plato memaparkan, pesta minum-minum dan mabuk-mabukan harus diperuntukkan bagi warga di umur dewasa pertengahan hingga akhir dan harus diawasi oleh manajer yang bijaksana.

Kaum muda mempunyai banyak energi dan sudah agresif untuk berpartisipasi dalam edukasi musik. Dengan demikian, ikut serta dalam pesta minum-minum akan merangsang kaum muda secara berlebihan dan akan membawa dampak negatif.

Namun, seiring bertambahnya umur, seseorang menjadi putus asa dan kurang tertarik pada lagu dan tarian.
Dengan demikian, pesta minum akan mengembalikan kelompok dewasa yang lebih tua ke suasana muda di mana mereka lebih agresif untuk berpartisipasi dalam pendidikan musik.

Buku 3 membahas asal-usul pemerintah dan nilai konstitusi yang berbeda. Pada kesimpulannya, terungkap bahwa Clinias bertanggung jawab mengembangkan kode hukum kepada koloni baru Kreta, Magnesia.

- Bagian asal – usul perundang – undangan

Orang Athena menganju dengan berbicara mengenai gagasan tradisional bahwa budaya yang berkembang berulang kali dimusnahkan oleh banjir besar. Dari banjir ini muncul budaya primitif, selama ini hidup akan sederhana dan damai.

Karena hanya ada sedikit kelompok, individu suka bertemu satu sama lain dan sumber daya berlimpah . Meskipun tidak mempunyai peraturan formal, kelompok hidup menurut sistem politik yang disebut totaliterisme atau dinasti diperintah, dengan otoritas diturunkan melalui orang tua.

Akhirnya, klan kecil bergabung bersama dan menyelaraskan kota. Begitu ini terjadi, konflik muncul karena ada penatua yang berbeda, masing-masing mengklaim memiliki bahagia.

Selain itu, setiap klan membawa adat agama yang berbeda. Dari konflik ini, lahir undang-undang. Dari penyimpangan-penyimpangan ini pula masuk ke dalam asal-usul legislasi, ada tiga makna yang bisa ditarik.

1. Pertama, kota dan peradaban adalah sirkulasi alami. Orang Athena menolak gambaran bahwa kota dan hukum tidak.
2. Kedua, manusia tidak secara alami bertentangan satu sama lain seperti yang disarankan Clinias dalam Buku 1, tetapi saling berbagi pikiran baik.
3. Ketiga, fitur legislasi yang diperlukan adalah rekonsiliasi konflik kepentingan.

- Bagian sparta

Setelah membahas kebangkitan dan kebangkrutan Troy, kelompok Athena berpindah ke sejarah tiga negara bagian Dorian yang bersekutu di Peloponnese: Sparta, Argos, dan Messene.

Para pemimpin dan warga negara masing-masing negara terikat janji untuk menghormati hak masing-masing dan saling membantu jika diancam.

Namun, kesetiaan itu berhenti dengan hanya Sparta yang selamat dari kebangkrutan dengan segala jenis kesuksesan.
Mengapa kesetiaan itu pudar? Orang Athena menegaskan bahwa itu adalah hasil dari jenis ketidaktahuan yang merupakan ketidaksesuaian antara emosi seseorang dan penilaian seseorang.

Dari sini, disepakati bahwa tidak ada warga negara yang menderita ketidaktahuan ini harus memiliki tingkat kekuasaan.
Ini mengembalikan kita pada ulasan edukasi di Buku 1 dan 2, di mana kita diberitahu bahwa agar sebuah kota berkembang, warganya harus membangun respons afektif yang sependapat.

Pada bab ini di sini, kelompok Athena memperkenalkan gambaran politik utama bahwa konstitusi yang sukses akan mendistribusikan kekuasaan dengan menyatukan berbagai unsur pemimpin.

- Bagian Persia dan Athena

Setelah menerangkan sistem politik moderat di Sparta, Athena membicarakan dua negara yang berdiri berlawanan satu sama lain : Athena & Persia.

Athena mewakili demokrasi ekstrem dan Persia mewakili monarki ekstrem. Menurut Athena, Persia berfluktuasi antara periode keberhasilan dan kegagalan.

Di bawah penguasa Cyrus, ada keseimbangan antara kebebasan dan ketundukan. Tentara diberikan kebebasan berbicara dan raja mengambil dewan dari warga negara yang bijaksana.

Hasilnya tentara memiliki perasaan positif terhadap pemimpinnya dan negara dibimbing ke arah yang bijaksana. Namun, setelah kematian Cyrus, bencana pun terjadi.

Anak-anak Cyrus dibesarkan dalam kemewahan dan tidak pernah dididik dengan baik. Alih-alih memadukan kebebasan dan penundukan seperti yang dilakukan ayah mereka, putra-putranya melakukan kekerasan dan menuntut kepatuhan.

Akhirnya, Darius mengambil alih kekaisaran dan proses ini berulang. Darius menyelamatkan kekaisaran dengan merangkul kebebasan dan penaklukan, tetapi ketika putranya yang dimanjakan, Xerxes, mengambil alih, kekaisaran mengalami penderitaan.

Menurut orang Athena, sejarah Athena sangat bertolak belakang dengan Persia. Jika Persia gagal karena penguasanya tidak memberikan kebebasan yang cukup, Athena gagal karena memberikan terlalu banyak.

Ketika orang Persia menyerang orang Yunani, karena ketakutan dan kebutuhan, orang Athena hidup menurut kode kehormatan tertentu yang mengikat komunitas bersama.

Selama waktu ini, Athena akan secara sukarela menyerahkan diri kepada otoritas dan karena ini Athena berhasil mempertahankannya. Namun, begitu ancaman dari Persia hilang, ketakutan dan kode kehormatan yang menyatukan komunitas dan secara alami membatasi kebebasan, juga pergi. 

Orang Athena mulai menganggap diri mereka sebagai otoritas dalam berbagai hal dan membiarkan kesenangan membimbing mereka. Hal ini membuat banyak warga yang memiliki ketidaktahuan secara kelebihan.
Poin Athena adalah dua kali lipat :

1.Yang pertama adalah sebuah sistem politik akan berhasil, jika didalam sistem itu ada pencampuran dari penindasan dan kebebasan.
Ia harus memberikan kebebasan yang cukup sehingga warga negara tidak tertindas dan tidak membenci para pemimpin, tetapi mengikuti mereka dengan sukarela.

2.Kedua, satu-satunya cara untuk secara konsisten mencapai sistem politik yang seimbang adalah jika warga negara menerima pendidikan yang layak.

Setelah membahas populasi dan geografi Magnesia yang tepat, Buku 4 ini menganalisis metode yang tepat untuk membuat undang-undang.

Metode yang digunakan adalah dengan cara melihat sebuah geografi Magnesia, penjajah dan legislasi.

1.Geografi Magnesia
Magnesia akan berlokasi di pulau Kreta yang terisolasi, kira-kira sembilan atau sepuluh mil ke pedalaman. Meskipun medannya kasar, tanahnya memiliki banyak sumber daya.

Orang Athena senang mengetahui hal ini karena itu berarti bahwa orang Magnesia tidak akan memerlukan banyak perdagangan dengan komunitas yang berbeda. Ini menguntungkan karena akan membatasi pengaruh asing di kota.

2.Penjajah dan legislasi
Penjajah sebagian besar akan datang dari Kreta, meskipun individu dari Peloponnese yang lebih besar akan diterima juga. Awalnya, ini menimbulkan masalah.

Magnesia akan terdiri dari individu-individu dengan adat budaya yang berbeda, jadi bagaimana ini bisa didamaikan di bawah satu sistem hukum? Solusi Athena pada tahap argumen ini adalah bahwa seorang diktator moderat dan legislator yang bijaksana harus mengembangkan kode hukum dan konstitusi.

Keuntungan dari kediktatoran adalah bahwa hukum dan kebiasaan dapat dengan mudah diubah karena kekuasaan terletak pada satu individu.
Perlu dicatat bahwa setelah diktator dan legislator membuat kode hukum, kekuasaan akan ditransfer ke berbagai pejabat.

Proyek selanjutnya adalah menggambarkan konstitusi apa yang akan dibuat oleh diktator yang baik hati ini.
Tidak ada jawaban langsung yang diberikan, sebaliknya orang Athena menawarkan mitos kehidupan selama masa Cronos (ayah Zeus).

Mitos menjelaskan bahwa selama pemerintahan Cronos, hidup diberkati dan bahagia. Cronos, mengetahui bahwa sifat manusia itu rusak, menempatkan makhluk ilahi yang bertanggung jawab atas manusia. Ini sama halnya dengan ketika manusia memerintah hewan ternak mereka.

Pelajarannya adalah bahwa seseorang tidak boleh diperintah oleh yang sederajat, tetapi oleh atasannya. Orang Athena menjelaskan bahwa meskipun pemerintahan Cronos sudah berakhir dan makhluk ilahi tidak lagi membimbing kita, di dalam diri manusia ada unsur ilahi, yaitu akal. 

Dengan alasan berikut, hukum akan mencerminkan aturan ilahi yang terjadi selama masa Cronos dan manusia akan bahagia. Mitos ini menghubungkan pembaca kembali ke topik awal Hukum , yang menyangkut hubungan antara hukum dan yang ilahi. Orang Athena secara eksplisit menghubungkan akal, hukum, dan yang ilahi.

Dari mitos Cronus, jelas bahwa hukum harus rasional, tetapi siapa yang harus dilayani dan di mana letak otoritasnya? Orang Athena berpendapat bahwa hukum apa pun yang tidak melayani kepentingan seluruh kota adalah hukum palsu. Karena itu, mereka yang memegang jabatan politik akan disebut pelayan hukum daripada disebut penguasa.

Karena hukum terhubung dengan yang ilahi, mereka yang melayani kepentingan kota benar-benar melayani para dewa. Dari sini jelaslah bahwa hukum memiliki kekuasaan atas semua warga negara dan bahwa hukum pada dasarnya memperhatikan kesejahteraan seluruh masyarakat dan bukan kelompok atau individu tertentu.

Sedangkan Buku 5 dimulai dengan berbagai pelajaran moral dan kemudian beralih ke penjelasan tentang prosedur yang benar untuk mendirikan Magnesia dan mendistribusikan tanah di dalamnya.

Pada buku ini juga menjelaskan konsep pendahulaun, yang mana pendahuluan ini memberikan landasan moral bagi kota dan menjelaskan tugas umum warga negara.

Tugas-tugas ini berada di bawah tiga judul utama: untuk jiwa, untuk tubuh, dan untuk warga negara lainnya.

Pendahuluan diakhiri dengan upaya untuk menunjukkan bahwa kehidupan yang bajik mengarah pada jumlah kesenangan yang maksimum dan kehidupan yang kejam mengarah pada jumlah rasa sakit yang maksimum.

Buku 5 ini juga membahas stuktur Magnesia dan mencakup beragam topik, seperti pemilihan warga, distribusi tanah, kependudukan, agama, negara ideal, empat kelas properti, unit administrasi negara, fleksibilitas hukum berdasarkan fakta, pentingnya matematika, dan pengaruh iklim. Gagasan filosofis utama dalam bagian buku ini dibahas dalam bagian 3 dan 4 di atas.

Buku 6 menyajikan rincian berbagai jabatan dan kedudukan hukum di Magnesia dan diakhiri dengan pemeriksaan perkawinan.

-Bagian pemungutan suara dan kantor

Dengan geografi dan populasi Magnesia didirikan, Athena mulai menggambarkan berbagai kantor di kota dan proses pemilihan.
Proses pemilihan cukup rumit dan sulit untuk dipahami, tetapi biasanya memiliki empat tahap: pencalonan, pemungutan suara, pengundian, dan pengawasan.

Semua warga negara yang telah bertugas (atau sedang bertugas) di militer akan mencalonkan kandidat dengan menuliskan nama mereka di tablet yang dipajang untuk umum.

Selama waktu ini, mereka diizinkan untuk menghapus nama apa pun yang menurut mereka tidak cocok. Nama-nama yang paling sering muncul akan dirangkai menjadi daftar dari mana warga negara akan memberikan suara mereka.

Proses ini kemudian akan berulang; nama-nama warga negara yang memperoleh suara terbanyak akan dirangkai menjadi daftar lain. Dari daftar ini, akan diambil undian untuk menentukan siapa yang mendapat posisi. Jika nama-nama yang terpilih lolos pemeriksaan, mereka akan dinyatakan terpilih.

Ini paling jelas terlihat dalam diskusi orang Athena tentang kesetaraan. Orang Athena membedakan antara dua jenis persamaan: persamaan aritmatika dan persamaan geometri (ini adalah istilah Aristoteles, Nicomachean Ethics.

Kesetaraan aritmatika memperlakukan semua orang sebagai sama dan sesuai dengan lot, sementara kesetaraan geometris memperlakukan semua orang berdasarkan sifat dan kemampuan mereka dan lebih dekat dengan pemungutan suara.

Orang Athena berpendapat bahwa kesetaraan geometris adalah bentuk kesetaraan yang sebenarnya karena manusia memiliki kodrat yang berbeda dan memperlakukan mereka sebagai setara sebenarnya adalah bentuk ketidaksetaraan. Namun, sebagian besar warga tidak akan melihat hal-hal seperti ini dan dengan demikian memasukkan lot adalah cara untuk menghindari pertikaian. 

Ada berbagai jabatan yang dijelaskan dalam Buku 6, tetapi tiga yang patut dicatat: majelis, dewan, dan penjaga hukum.

-Bagian pernikahan

Dalam melanjutkan penekanannya pada moderasi dan konstitusi campuran, orang Athena mendorong orang untuk menikahi pasangan yang memiliki karakteristik yang berlawanan. Meskipun orang tertarik pada mereka yang seperti mereka, warga negara akan didorong untuk menempatkan kebaikan negara di atas preferensi mereka sendiri.

Namun, karena warga akan menganggap undang-undang tersebut terlalu membatasi, orang Athena hanya ingin mendorong, tetapi tidak mengharuskan, warga untuk menikahi orang dengan kualitas yang berlawanan.

Jika warga negara laki-laki tidak menikah pada usia tiga puluh lima, mereka akan dikenakan denda dan penghinaan.
Hukum-hukum ini mungkin tampak agak kejam; meskipun demikian, seseorang harus mengingat tiga hal. Pertama, hukum pernikahan di Magnesia terinspirasi oleh praktik nyata di Kreta dan Sparta. Kedua, undang-undangnya tidak seberat yang dinyatakan di Republik di mana tidak ada pernikahan pribadi untuk kelas wali (yaitu, tentara dan filsuf).

Buku 7 dan 8 membahas pendidikan musik dan jasmani warga. Didalam Buku 8 ini diakhiri dengan diskusi tentang seksualitas dan ekonomi.

Pendidikan tradisional Yunani melibatkan pelatihan musik dan senam. Pendidikan musik mencakup semua mata pelajaran Muses, mata pelajaran seperti musik, puisi, dan matematika. Senam adalah pendidikan yang berkaitan dengan aktivitas fisik. Ini mencakup hal-hal seperti pelatihan militer dan olahraga.

Buku 7 dan 8 memberikan rincian penjelasan Plato tentang pendidikan, yang mencakup laki-laki dan perempuan. Pendidikan, bagi Plato, sebagian besar datang dalam bentuk permainan dan pentingnya tidak dapat dilebih-lebihkan. Bagian berikut menangkap ide ini, serta konservatisme Plato.

-Bagian pendidikan musik

Puisi dan teater yang diperbolehkan di Magnesia sebagian besar akan menampilkan gambar dan suara yang memberikan pelajaran moral positif. Kebijakan Athena mengenai pendidikan musik memperluas pandangan yang dibahas dalam Buku 1 dan 2 dalam dua cara.

Pertama, kebijakan mencerminkan pandangan bahwa karakter yang kita kembangkan sebagian besar dibentuk oleh apa yang kita anggap menyenangkan dan menyakitkan.
Seni dan hiburan di kota harus sedemikian rupa sehingga kita menikmati hal-hal yang baik dan indah dan disakiti oleh hal-hal yang buruk dan buruk.

Kedua, masuknya komedi mencerminkan pelajaran dari diskusi tentang mabuk; kita hanya bisa belajar untuk menolak melakukan perilaku yang memalukan jika kita memiliki beberapa eksposur untuk itu.

-Bagian olahraga senam

Pendidikan jasmani bertujuan untuk mencapai dua hal: (1) pengembangan karakter yang baik dan (2) pelatihan militer. Karena pendidikan jasmani dimaksudkan untuk memberikan pelatihan militer, olahraga akan dimodifikasi untuk menekankan hal ini. 

Misalnya, teknik yang tidak praktis dan tidak realistis akan dilarang dan kompetisi bersenjata akan ditekankan. Cukup jelas bagaimana pendidikan jasmani dapat mempersiapkan seseorang untuk militer, tetapi bagaimana hal itu berkontribusi pada karakter seseorang? Ada dua cara terkait di mana gerakan fisik mempengaruhi karakter seseorang.

Pertama, orang Athena berpendapat bahwa gerakan fisik secara langsung mempengaruhi emosi seseorang. Misalnya, orang Athena bersikeras bahwa janin dan bayi harus terus-menerus dipindahkan sehingga ketakutan dan kecemasan mereka yang berlebihan dihilangkan.

Contoh lain dari pemikiran semacam ini adalah klaim orang Athena bahwa sejumlah kesulitan fisik diperlukan bagi anak-anak untuk mengembangkan kebajikan; terlalu banyak kemewahan akan membuat seseorang manja dan kekurangan moderasi, tetapi terlalu banyak kesulitan akan membuat seseorang menjadi misantropis.

Kedua, orang Athena berpendapat bahwa manusia mengambil karakteristik dari hal-hal yang mereka tiru. Penari akan menjadi anggun dan berani dengan meniru gerakan anggun dan berani, sementara mereka akan menjadi sebaliknya dengan meniru sebaliknya.

Buku 9 memperkenalkan hukum pidana dan menganalisis faktor-faktor apa yang harus dipertimbangkan ketika menentukan hukuman.

-Bagian tanggung jawab

Dalam apa yang disebut "dialog awal" Platon, Socrates membela klaim paradoks ketidakadilan selalu tidak disengaja karena itu adalah hasil dari ketidaktahuan. Pelaku kejahatan sebenarnya menginginkan apa yang baik, jadi ketika mereka bertindak salah, mereka tidak melakukan apa yang sebenarnya ingin mereka lakukan. Kita dapat memecah pandangan paradoks ini menjadi dua klaim:

Tesis Involuntary : Tidak ada orang yang secara sukarela tidak adil.
Ketidaktahuan Tesis : Semua perilaku maksiat adalah ganjaran dari ketidaktahuan.

Dalam Buku 9 Hukum , Platon akan bergumul dengan kedua klaim. Di satu sisi, kelompok Athena itu bersikukuh bahwa tesis yang tidak disengaja itu tepat, tetapi di sudut lain, dia mengeklaim bahwa semua penyusun hukum tampaknya menyangkalnya.

Orang Athena menolak untuk meninggalkan karangan yang tidak disengaja dan mencoba untuk membereskan kesulitan ini dengan menawarkan perbedaan antara pertentangan dan ketidakadilan.

Luka mengeksplorasi berbagai ragam kerugian dan apa saja yang dilakukan terhadap korban dan apa yang harus dipertanggung jawabkan penjahat untuk korban, keluarga, atau bahkan negara mereka. Ketidakadilan mengeksplorasi kondisi kebatinan di mana kejahatan itu dilakukan. 

Dia menyebutkan tiga kondisi utama: kemarahan ( thumos ), kesenangan, dan ketidaktahuan. Meskipun ada banyak perdebatan ilmiah seputar hal ini, gambaran umum tampaknya bahwa seorang penjahat bisa menyakiti seseorang secara sukarela atau tidak, tetapi tidak pernah bisa tidak adil secara sukarela.

Misalnya, digambarkan dalam kejadian ketika saya sendiei dengan kesengajaan melemparkan cangkir teh saya sehingga tumpah di komputer kamu atau saya tidak sengaja melakukan ini. Yang pertama adalah bahaya yang disengaja, sedangkan yang kedua adalah bahaya yang tidak disengaja. 

Dengan demikian, yang pertama harus dihukum lebih berat daripada yang kedua. Namun demikian, bahkan bagian dalam kejadian ketika saya secara sukarela menghancurkan komputer Anda, saya tidak secara sukarela tidak adil. Ini karena tidak ada yang menginginkan apa yang buruk bagi mereka dan ketidakadilan adalah buruk bagi seseorang, terlihat tidak ada yang menginginkan ketidakadilan.

Jika saya benar-benar sadar apa yang baik atau tidak dikuasai oleh kesenangan atau kemarahan, saya tidak akan terlibat dalam perilaku menyesatkan karena jiwa saya akan adil.

Dengan begitu, Platon ingin memegang tulisan sukarela, sambil tetap (atau memenuhi syarat) tesis ketidaktahuan dengan memungkinkan kemungkinan kemarahan dan kesenangan dapat menggerakkan seseorang untuk berbuat yang tidak adil.

- Bagian hukuman

Pembedaan kelompok Athena antara cedera dan ketidakadilan sesuai dengan komitmennya pada hukuman sebagai sarana pembalasan kurang tujuan dan sebagai obat untuk kriminalitas.

Tujuannya memang bagus dan lebih spesifik dari yang pertama, akan tetapi lebih baik lagi yang perlu dikatakan tentang terakhir. Seperti yang dijelaskan kelompok Athena bagian dalam Buku 1, tujuan kode hukum adalah untuk membentuk warga negara bahagia.

Karena, kebahagiaan terkait dengan kebajikan, hukum harus berusaha membentuk warga negara bermoral luhur. Melihat hukuman seperti kuratif sebenarnya hanyalah perpanjangan dari konsepsi ini untuk penjahat. Jika keadilan adalah keadaan spirit yang sehat, kisah ketidakadilan adalah penyakit jiwa yang perlu disembuhkan melalui hukuman.

Buku 10 membincangkan peraturan-peraturan tentang ketidaksalehan yang mencetuskan definisi tentang teologi. Buku ke-10 ini menjadi bagian pengaturan yang paling terkenal dan banyak dipelajari. Karena, di dalam Kitab ini membincangkan tentang peraturan-peraturan ketidaksopanan yang terdapat tiga macam :

Ateisme : Keyakinan bahwa para dewa tidak ada.
Deisme : Keyakinan bahwa para dewa ada tetapi tidak peduli dengan urusan individu.
Teisme Tradisional : Keyakinan bahwa dewa-dewa itu ada dan bisa disuap.

Orang Athena yakin bahwa ajaran tak bertuhan ini merisaukan untuk merusak fondasi kebijakan dan etika kota. Karena itu, pembentuk undang-undang harus berusaha membujuk warga untuk mengabaikan kepercayaan yang salah ini. Jika warga melanggar, mereka harus dihukum.

- Bagian ateisme

Orang Athena itu menerangkan bahwa penyebab ateisme bukanlah kurangnya pengendalian diri, melainkan kosmologi materialistis. Ateis yakin bahwa asal usul kosmos adalah tubuh unsur pokok yang berinteraksi secara acak satu sama lain melalui usaha yang tidak cerdas.

Kerajinan, yang merupakan proses cerdas, semata-mata berlaku kemudian setelah manusia diciptakan. Ada 2 jenis kerajinan. Pertama, berkaitan dengan usaha alam dan memanfaatkan alam sekitar seperti menjadi petani.

Kedua, ada yang tidak bekerja sama dengan usaha alam dan tidak bermanfaat sebagai hukum dan agama. Oleh karena itu, Ateis berprinsip menduga bahwa kosmos diarahkan melalui kesempatan acak buta dan hal-hal serupa aliran dan hukum adalah produk kerajinan yang tidak bermanfaat.

- Bagian deisme dan teisme tradisional

Setelah mengambil dirinya untuk menolak ateisme, Athena mengambil deisme dan teisme tradisional. Dia memaparkan bahwa banyak pemuda yang percaya bahwa para dewa itu akan tidak ingat dengan urusan pribadi kita karena mereka telah melihat banyaknya orang jahat menjalani kehidupan yang baik.

Orang Athena menanggapi sangkaan ini dengan mengucapkan bahwa para dewa memahami segalanya, semuanya berkuasa, dan sangat baik. Sekarang jika para dewa bisa meninggalkan individu, itu karena ketidaktahuan, kurangnya kekuatan, atau sifat buruk. Namun, karena para dewa jelas tidak seperti ini, para dewa harus peduli dengan urusan individu. Dan kelompok Athena mengeklaim bahwa tidak semua orang akan tersentuh oleh argumentasi ini dan menawarkan mitos yang ia harap akan menguatkan orang yang ragu.

Dan yang terakhir Buku 11 dan 12 dilanjutkan dengan kode hukum. Buku ini berisikan berbagai undang-undang. Sebagian besar pada buku bab ini relatif cukup spesifik dan tidak membutuhkan kritik tambahan.

- Bagian hukum

Buku ini membincangkan: hukum properti, hukum komersial, hukum keluarga dan hukum lain-lain. Dalam ulasan tentang hukum lain-lain, orang Athena membicarakan jabatan penting, "peneliti". Fungsi scrutineer adalah untuk memantau pejabat kota dan menghukum mereka bila perlu. Scrutineers memainkan peran penting dalam peraturan checks and balances di Magnesia.

Tetapi apa yang memperkenankan bahwa para pengawas itu sendiri tidak korup? Untuk memastikan bahwa para scrutineer itu sendiri tidak korup, mereka harus berperan sebagai warga negara dengan reputasi yang terbukti untuk karakter yang baik dan mampu menangani masalah secara tidak memihak.

Namun, jika seorang pejabat mengaku diperlakukan tidak adil oleh scrutineer, mereka bisa menuding scrutineer dan pengadilan akan diadakan untuk menetapkan kebenaran.

- Bagian Dewan Malam

Hukum berakhir dengan ulasan tentang "dewan malam", dinamakan demikian karena mereka bertarung setiap hari dari fajar timbul matahari terbit. 

Jadi, bisa diambil simpulan bahwa ia (Pluto) menafsirkan hukum sebagai sebuah peraturan yang disusun dengan menggabungkan pikiran filosofi politik yang diterapkan dalam undang – undang secara umum untuk kebijakan republik (rakyat) dan kebijakan pemerintah dengan rinci tentang prosedur seperti apa yang harus diterapkan dengan mempertimbangkan banyak hal sehingga dapat tersusun dan terstruktur dengan baik dan semestinya.

dokpri, plato;the laws
dokpri, plato;the laws
Misalnya, apakah mabuk – mabukan diizinkan di dalam sebuah kota, bagaimana menghukum maling atau korupsi, dan bagaimana cara masyarakat untuk berburu. Tujuan dari hukum ini adalah sebagai undang-undang yang tepat yang nantinya bertujuan untuk mengembangkan kebajikan di seluruh tubuh warga negara.

Lalu Mengapa Etika dan Hukum Penting?

Dari ulasan sebelumnya tentang pengertian etika dan hukum bisa disimpulkan bahwa etika mempunyai peran yang sangat penting dalam upaya mewujudkan tercapainya suatu penegakan peraturan hukum. Karena etika sendiri merupakan penilaian baik buruknya perilaku seseorang. Etika juga senantiasa membahas tentang norma, kebebasan, dan tanggung jawab seseorang.

Jadi, bisa dipastikan bahwa ketika seseorang mempunyai etika yang baik dia akan menjadi bagian dalam mengatur perilaku penegak hukum sebagai hukum yang berkeadilan.

Hukum sendiri mencoba menjaga dan mengatur keseimbangan antara kepentingan atau hasrat induvidu yang egoistis dan kepentingan bersama agar tidak terjadi kontradiksi antar sesama.

Dengan adanya hukum ini bisa menjadi salah satu alat pengendalian sosial, di mana penggunaannya lazim dikenal dengan sebutan lawâ€enforcement.

Hukun ini juga bisa mengetahui sampai seberapa jauh efektifitas hukum di dalam fungsinya sebagai alat penyelesaian, maka perlu ditelaah kaidah pengendalian sosial secara keseluruhan.

Intinya dengan adanya etika yang baik dalam tubuh seseorang akan meminimalisir tindakan egoisitas yang menyusahkan orang lain, sehingga pengendalian peraturan yang ada akan berjalan secara adil. Itulah mengapa didalam diri setiap manusia harus mempunyai etika agar kehidupan yang dijalani terasa aman, adil, dan damai.

Selanjutnya terdapat kasus - kasus mengenai pelanggaran etika dan bagaimana hukum kita menyikapi atau memberi hukuman kepada pelanggar tersebut.

1. Kasus pelanggaran etika di sekitar masyarakat.

Saat ini banyak sekali faktor - faktor yang menimbulkan perilaku melenceng pada remaja. Hal ini biasanya karena kurangnya keyakinan atau iman seseorang, padahal jika setiap orang teguh terhadap keyakinannya kepada Sang Pencipta serta melaksanakan agama dengan sungguh-sungguh, tidak perlu lagi adanya pengawasan yang ketat, karena setiap orang bisa menjaga dirinya sendiri sebaik mungkin, tidak akan melanggar peraturan-peraturan dan asas-asas Tuhan. 

Banyak faktor yang menimbulkan timbulnya perilaku melenceng dikalangan para remaja. Diantaranya adalah seperti berikut :

- Pertama, longgarnya keimanan terhadap agama. Di masa yang semakin tumbuh ini sudah menjadi hal lumrah karena perkembangan dari dunia yang semakin kebarat - baratan. Dimana segalanya hampir dapat dicapai dengan ilmu pengetahuan, sehingga   keyakinan   beragama mulai terdesak, akidah kepada Tuhan tinggal simbol, larangan-larangan dan suruhan-suruhan   Tuhan tidak diidahkan lagi.   

Dengan longgarnya pegangan seseorang pada paham agama, maka hilanglah kekuatan pengawas yang ada didalam diri. Dengan begitu satu-satunya alat pengawas dan pengatur  moral yang dimiliki adalah publik dengan hukum dan peraturanya. Namun biasanya kontrol publik itu tidak sekuat kontrol dari dalam diri perseorangan. 

Karena kontrol publik datangnya dari bagian luar, jika orang luar tidak sadar, maka dengan senang hati orang itu akan  berani melawan kaidah-kaidah dan peraturan-peraturan sosial itu dan lingkungan tempat tinggal mereka.

Jadi penyelesaian yang bisa dilakukan adalah :

- Dengan mempertinggi keimanan kita kepada tuhan, dan sebisa mungkin mempersibuk diri dengan kegiatan yang positif agar kita terhindar dari tingkah laku yang melenceng.
- Memilih lingkungan yang baik juga, karena faktor eksternal ini sangat mempengaruhi etika kita.

2. Kasus Perusahaan yang melanggar Etika dalam berBisnis (PT.Megasari Makmur)

Obat nyamuk bercap HIT yang dibuat oleh PT Megarsari Makmur ternyata berbahaya dan ditarik dari penjualannya karena penggunaan zat berbahaya sehingga menyebabkan banyak gangguan kesehatan terhadap orang yang menggunakannya. 

Departemen Pertanian, Komisi Pestisida, menemukan penggunaan pestisida yang akan menganggu kesehatan tubuh manusia seperti keracunan didalam darah, gangguan syaraf, pernapasan seperti asma, gangguan sel tubuh, kanker hati lambung.

HIT yang dicap sebagai obat nyamuk paling ampuh dan murah ternyata sangatlaj berbahaya karena menggunakan bahan aktif kimia yaitu  Propoxur tetapi juga Diklorvos (zat yang sejak puluhan tahun dilarang penggunaannya).

Selan Obat nyamuk HIT yang dibakar, kepolisian juga menyatakan bahaya pada HIT jenis 2,1 A (yang semprot) dan HIT 17 L (isi ulang). Akhirnya Lembaga Bantuan Hukum Kesehatan melaporkan PT Megarsari Makmur ke Kepolisian di tanggal 11 Juni 2006.

Hal ini dikarenakan terdapat korban, yaitu seorang asisten rumah tangga yang mengalami pusing, mual dan muntah akibat keracunan obat tersebut, setelah menghirup udara yang baru saja disemprotkan.

Penyelesaiannya kasusnya :

Pihak (PT. Megasari Makmur) menarik semua produk HIT yang telah dipasarkan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku dan meminta perizinan kembali untuk memproduksi produk HIT yang lebih aman dan telah disempurnakan sehingga bebas dari bahan kimia berbahaya.

Setelah itu di tanggal 08 September 2006 Departemen Pertanian membeberkan bahwa produk HIT Aerosol bisa digunakan untuk rumah tangga sesuai (N0. RI. 2543/9 - 2006/S). Dan menyetujui penjualan kembali produk HIT di seluruh Indonesia.

Akibat pelanggaran etika dalam jual beli :

Pelanggaran etika jual beli itu bisa menurunkan daya saing hasil industry di pasaran internasional. Ini akan terus terjadi jika sikap para pengusaha kita tidak memperhatikan etika bisnis yang berlaku.

Dan akibatnya pengusaha kita kencendrungan untuk melakukan banyaknya pelanggaran etika jual beli. Pengabdian etika jual beli dirasakan akan memengaruhi kerugian tidak saja buat publik, tetapi juga bagi tatanan ekonomi nasional. Disadari atau tidak, para pengusaha yang melanggar etika jual beli akan membinasakan nama mereka pribadi dan Negara.

Seperti kasus PT Megarsari Makmur hal ini pasalnya terjadi dikarenakan kurangnya pengetahuan dan informasi mengenai kandungan-kandungan berbahaya apa saja yang terselip dalam produk tersebut. PT. Megarsari Makmur sudah sangat menyusahkan konsumen nya dengan menurukkan 2 zat berbahaya pada produk mereka yang dampak buruknya dirasakan langsung oleh  pelanggan yang menggunakan produk tersebut.

Perusahaan melakukan permintaan maaf dan berjanji akan menarik produknya. Tetapi sampai saat ini masih banyak produk mereka yang terjual secara bebas. Hal ini menajdi sebuah klise saja untuk perbaikan nama baik. Pdahal hal seperti itu seharusnya tidak boleh terjadi karna mencemarkan nama baik perusahaan.

Saran

Dari kejadian Pelanggaran Etika Bisnis yang dilakukan PT. Megarsari Makmur pengusaha harusnya lebih sadar untuk memaknai prisip kejujuran seperti memberikan peringatan kepada konsumen tentang bagaimana cara menggunakan produknya. Karena efek yqng ditimbulkan dari produk tersebut sangat berbahaya bagi tuubuh.

Contoh peringatan yang bisa digunakan adalah dengan memberikan tanda bahwa ketika produk digunakan (dibakar atau disemprot) konsumen tidak boleh memasuki area tersebut selama 30 menit qtau sampi asap / uap yang di hadilkan hilang.

Dengan cara itu selain bisa menjaga keselamatan pelanggan, hal ini juga bisa menumbuhkan 4ada percayaa dan loyalitas rari pelanggan. Dan hasilnya laba yang dihasilkan akan besar tanpa merugikan siapapun.

Sumber:

Internet Encyclopedia of Philosophy Platon: The Laws; Etika dan Hukum
Heriyono. Tanpa tahun. Urgensi etika profesi hukum sebagai upaya penegakan hukum yang berkeadilan di Indonesia.
e-learning. Stiemp. Tanpa tahun. Kasus perusahaan melanggar etika bisnis.
Della, Zwitta Dea. Tanpa tahun. Kasus pelanggaran di masyarakat

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
  15. 15
  16. 16
  17. 17
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun