Mohon tunggu...
Operariorum
Operariorum Mohon Tunggu... Buruh - Marhaenism

Operariorum Marhaenism, merupakan Tulisan-tulisan mengenai ditindasnya orang Minoritas didalam realitas dan pola-pola diskriminasi yang dilakukan oleh pemilik otoriter, korporat dan kapitalissecara semenang-menang dan tidak adanya keadilan bagi kaum maniver mikro.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Review Buku (Handbook Studi Perdamaian dan Konflik)

25 April 2023   11:40 Diperbarui: 25 April 2023   11:48 441
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Judul Buku                             : Handbook Studi Perdamaian dan Konflik
Penulis                                     : Johan Galtung dan Charles Webel
Penerbit                                  : Nusa Media
Tahun Terbit                         : Cetakan 1 2018
Nama Mahasiswa                : Salmawati Rumadan
Program Studi / Tahun     : Doktor (Pascsarjana S3) Teologi Agama dan Kebangsaan / 2022
Mata Kuliah                           : Filsafat Ilmu
Kampus                                    : Universitas Kristen Indonesia Maluku

                                                                                                                                                

MENUJU FILSAFAT DAN METAPSIKOLOGI PERDAMAIAN

 

1. APA PERDAMAIAN ITU DAN SEPERTI APA IA? 

Mungkin perdamaian adalah seperti kebahagiaan keadilan kesehatan dan cita-cita manusia lainnya sesuatu yang setiap orang dan budaya mengklaim menginginkannya dan memuliakannya tetapi sedikit Jika ada yang mencapainya, setidaknya secara Abadi titik Mengapa perdamaian, keadilan kebahagiaan begitu diinginkan, tetapi juga begitu tidak berwujud dan sulit dipahami? Tetapi mungkin perdamaian berbeda dari kebahagiaan, Karena tampaknya Ia membutuhkan harmonis sosial dan pemberian hak politik, sedangkan kebahagiaan tampaknya, setidaknya dalam budaya barat sebagian besar menjadi masalah pribadi.

Perdamaian adalah yang terpenting dari harmoni sosial, keadilan ekonomi dan keadilan politik, tetapi perdamaian juga terus terganggu oleh perang dan bentuk lain konflik kekerasan. Seperti kebahagiaan kedamaian tetap begitu dekat... namun, seperti Cinta Abadi, begitu jauh.

Jika perdamaian seperti Kebahagiaan adalah sebuah ideal normatif dalam artian prinsip regulatif dan kebijakan etis yang menunjukkan Bagaimana seharusnya kita berpikir dan bertindak Sekalipun kita sering gagal untuk melakukannya serta kebutuhan psikologis sesuatu yang kita biasanya tidak sadari tetapi terkadang kita sadari maka Mengapa kekerasan perang yang jelas bertentangan dengan perdamaian sosial, atau perdamaian luar serta ketidakbahagiaan dan penderitaan wujud kurangnya kedamaian batin begitu Umum bukan hanya di zaman kita tetapi hampir semua Catatan sejarah manusia mengingat fakta sejarah dan pemahaman yang terus berkembang tentang alam genetik dan Harmoni kita, Apakah perdamaian bahkan dapat dibayangkan, apalagi mungkin?

Perdamaian seperti banyak istilah teori itu sulit untuk didefinisikan tetapi juga seperti kebahagiaan Harmoni cinta keadilan dan kebebasan kita sering mengenalinya oleh ketidakhadirannya sehingga John Dalton dan lain-lain telah mengusulkan perbedaan penting antara perdamaian positif dan negatif perdaan positif menunjukkan keberadaan simultan dari banyak keadaan pikiran dan masyarakat yang diinginkan seperti Harmoni keadilan kesetaraan dan lain-lain perdamai negatif secara historis menunjukkan titik adanya perang dan bentuk konflik kekerasan lain yang luas

Banyak tradisi filsafat, agama dan budaya menyebutkan perdamian dalam arti positifnya. Dicina misalnya kata Di Cina misalnya kata happing menunjukkan perdamaian dunia perdamai diantara bangsa-bangsa Sedangkan kata an dan Ningsih menunjukkan kedamaian batin keadaan tenang dan harmonis pikiran dan diri mirip dengan kondisi mental meditasi bahasa lain juga membangkai perdamaian dalam dimensi dalam dan luar

Diksikon bahasa Inggris mempunyai banyak istilah yang merujuk pada dan menunjukkan perdamaian dalam website new International dictionary misalnya makna perdamaian didefinisikan dengan jelas mula-mula dalam websters perdamaian didefinisikan secara negatif sebagai bebas dari keributan dan kekacauan sipil dan secara positif sebagai keadaan masyarakat yang tenang ini menunjukkan perdamaian negatif dan positif dalam arti politik atau luasnya What start selanjutnya mendefinisikan perdamaian politik atau luar secara positif sebagai keadaan aman atau ketertiban dalam masyarakat yang diatur oleh hukum adat atau opini publik.

Definisi khas kedua Webster tentang perdamaian adalah kondisi mental atau spiritual yang ditandai oleh bebas dari pikiran atau emosi yang menggelisahkan atau menindas kedamaian negatif dalam arti pribadi atau batin serta ketenangan pikiran dan hati ketenangan jiwa kedamaian batin positif ketiga kedamaian didefinisikan sebagai keadaan yang tenang bebas dari gangguan luar dan pelecehan kedamaian kedamaian menunjuk pada harmoni dalam hubungan manusia atau pribadi kerukunan bersama dan saling menghargai ini adalah apa yang akan saya sebut kedamaian antara pribadi atau Inter subjektif.

Selanjutnya perdamaian didefinisikan oleh Webster sebagai satu keadaan Harmoni antara pemerintah tidak adanya permusuhan atau perang kedamaian luar positif yang disebabkan oleh kedamaian luar negatif 2 periode bebas dari perang kedamaian luar negatif definisi keenam adalah tidak adanya aktivitas dan kebisingan keheningan yang dalam ketenangan kedamaian batin positif yang disebabkan oleh kedamaian luar negatif dan arti leksikal terakhir dari kedamaian dalam bahasa Inggris versi Amerika melambangkan kedamaian sebagai suatu yang membuat memberikan atau mempertahankan ketenangan seperti Tuhan sebagai Sebab utama perdamaian di bumi dan seperti yang didefinisikan dengan Damai atau Damai itu sendiri kedamaian Ilahi atau Kedamaian.

2.  DEFENISI DEALEKTIS PEDAMAIAN

Perdamaian sering didefinisikan atau ditentukan secara negatif perdamaian adalah tidak adanya perang perdamaian adalah tidak adanya kekerasan dan sebagainya kita mengetahui perdamaian dengan ketiadaannya kita pasti setuju bahwa perang dunia ke-2 jelas bukan waktu damai setidaknya untuk sebagian besar belahan bumi utara Tetapi bagaimana banyak belahan bumi selatan dari 1919 sampai 1945 Apakah sub Sahara Afrika sebagian besar Amerika Latin dan wilayah negara-negara anzus damai karena mereka bukan medan pertempuran dan bagaimana dengan periode perang dingin Apakah itu adalah perdamaian dingin juga perdamaian adalah dialektis di dunia ini perdamaian bukan esensi apa di substansial ideal yang tidak berubah atau nama belakang tanpa acuan bentuk tanpa isi perdamaian seharusnya tidak dianggap abstrak oleh metafisika esensialis atau dianggap Tanpa Tujuan oleh dekonstruksi postmodermis dan skeptis atau mengiringi

Perdamaian juga bukan semata-mata tidak adanya perang dalam dunia konflik kekerasan tanpa akhir hobisin perdamaian adalah sarana transformasi etika pribadi dan kolektif dan aspirasi untuk membersihkan planet dan kehancuran yang dilakukan manusia sarana dan tujuan ada dalam evolusi terus-menerus dialektis kadang-kadang mundur selama periode konflik keras yang akut dan kadang-kadang maju tanpa kekerasan dan kurang keras untuk mewujudkan keadilan politik dan keadilan sosial seperti sejarah dan kehidupan perdamaian adalah makhluk terestrial yang berjuang untuk bertahan hidup dalam lingkungan yang terus mengubah dan kadang-kadang mengancam.

3.  MEMIKIRKAN PERDAMAIAN

Dalam berpikir dan memikirkan perdamaian adalah berguna membuat perbedaan jelas antara apa perdamaian dan kemungkinannya dan apa yang bukan perdamaian dan seharusnya bukan berpikir negatif krisis atau dialektis penting untuk dicatat bahwa perdamaian tidak hanya ketenangan ia bukan dominasi aktif atau halus dan manipulasi oleh-oleh aktor-aktor yang lebih kuat atau ketenangan negatif perdamaian juga bukan ketenangan dan persetujuan oleh penduduk yang dikenangkan ketenangan positif yang diberi roti dan sirkus oleh kerajaan atau otokrat yang baik hati sebaliknya dalam perdamaian dalam metode progresif atau dialitisnya menunjukkan individu aktif dan menentukan nasib sendiri kolektif dan memperdayakan emansipasi perdamaian memerlukan penjagaan perdamaian dan menciptakan perdamaian perdamaian terus-menerus dan penciptaan perdamaian membutuhkan transformasi personal dan kolektif yang aktif dan terus-menerus cinta damai bukan menenangkan dalam cara perkembangan psikologis dan politiknya. Pasifisme sejati bukan pisimi pasifisme sejati adalah transformasi dan aktivitas menggunakan cara dan kekerasan dalam perubahan sosial dan pribadi untuk melawan pendasan perang dan ketidakadilan dan untuk meningkatkan integritas moral pribadi dan sosial dan cara-cara damai radikal untuk mengubah konflik dan pelaku. Dan perdamaian di atas bumi Mungkin sebenarnya tidak dapat dicapai setidaknya untuk dijangkau waktu terus-menerus ini tidak membatalkan perjuangan untuk mencapai dunia dengan keadilan dan kesetaraan yang lebih besar dan tanpa kekerasan atau setidaknya dengan kekerasan ketidakadilan dan ketimpangan yang minimal sebaliknya Perjuangan tanpa kekerasan untuk membebaskan manusia dari cara-cara nya menghancurkan diri dan memperbudakan diri adalah tujuan itu sendiri tidak adanya jaminan berhasil dalam upaya untuk membawa perdamaian bagi manusia dan mungkin nyata kegagalan percobaan manusia tidak merusak Upaya mewujudkan perdamaian melainkan memberinya semacam keluhuran eksistensial dan kebijakan politik.

4. PERDAMIAN DAN ANTITESISNYA : TEROR DAN TERORISME

Antisisis perdamaian bukanlah konflik konflik secara historis muncul tak terelakan dan mungkin secara sosial diinginkan Jika ia menghasilkan kemajuan pribadi dan atau politik konflik mungkin tampak paradoks dapat mempromosikan dan meningkatkan perdamaian dan mengurangi kekerasan jika pihak-pihak yang bertikai bernegosiasi dengan etika baik untuk mencapai solusi pada masalah yang dapat dicapai dan ditoleransi sekalipun mungkin tidak ideal.

Bangsa-bangsa yang cenderung perang dapat menjadi cenderung damai Swiss negara-negara skandavia dan Costarica misalnya jika keamanan nyata dan dirasakan dan Kebutuhan sumber daya mereka terpenuhi dan tentara aktif mereka banyak dikurangi atau pensiun bahkan figur pribadi yang paling terkenal dengan penyatuan pemikiran perdamai dan menciptakan kedamaian MS Gandhi percaya bahwa dalam kondisi tertentu adalah lebih baik untuk sesekali melakukan kekerasan daripada tidak pernah sama sekali ganda berkata lebih baik bagi seseorang untuk menjadi keras jika ada kekerasan di dada kita daripada mengenakan jubah Anti Kekerasan untuk menutupi kelemahan kekerasan adalah lebih baik daripada ketidakberdayaan ada harapan bagi seseorang yang keras untuk menjadi tanpa kekerasan tidak ada harapan untuk yang lemah. ( sebaliknya lawan dari kedamaian adalah kekerasan atau ancaman kekerasan yang digunakan untuk kekerasan itu sendiri yaitu atas nama terorisme politik atau kriminal atau untuk tujuan utama tercapai mempertahankan dan atau memperluas kekuasaan pribadi atau kekuasaan politik untuk menaklukkan dan dominasi perdamaian dan tindakan refleksi kekerasan internasional dilakukan seketika karena ancaman nyata dan atau dengan ancaman pada keberadaan seseorang atau orang yang ia cintai tidak selalu saling menafikan. Seperti halnya perjuangan revolusioner menggunakan kekerasan yang terkendali dan umumnya tidak mematikan terhadap wakil-wakil negara yang jelas Tirani dan menindas semakin sedikit kekerasan semakin baik tetapi dalam dunia pembunuhan dan pembunuhan sering tidak mungkin meskipun diinginkan secara etis untuk secara bersama mempunyai keadilan dan tangan yang bersih.

Perdamaian dan konflik tidak bertentangan terutama jika pihak-pihak yang bertikai menggunakan cara-cara dan kekerasan-kerasan minimal dan tidak mematikan dalam resolusi dan transformasi konflik bahkan perdamaian dan perang tidak selalu antitesis jika para pihak yang mendapati diri mereka enggan terjun ke dalam perang melakukan segala upaya untuk mengurangi insiden yang mematikan dan konflik kekerasan dan operasi selama perang dan dengan itikad baik mengakhiri kekerasan secepat mungkin dan tidak menimbulkan kekerasan pada warga sipil dan militer yang tidak ikut perang.

Tidur dan terus bagaimanapun tidak sesuai dengan perdamaian penciptaan perdamaian dan perjuangan untuk menenangkan keadaan seperti yang telah saya Kemukakan di tempat lain terorisme adalah fenomena ganda taktik yang digunakan oleh negara-negara terorisme dari atas dan oleh aktor-aktor non negara terorisme dari bawah Untuk menimbulkan rasa takut pada orang-orang di teror untuk tujuan mempengaruhi populasi lain yang kurang rentan seperti pejabat pemerintah kedamaian dalam dunia batin kita berarti antara lain bebas dari kecemasan dan teror yang ditimbulkan atau diancamkan dari atas dan dari bawah.

5. MENJADI DAMAI : MENUJU METAPSIKOLOGI PERDAMIAN

Metos psikologi adalah istilah yang digunakan oleh freon untuk menunjukkan sejumlah esensi yang ditulis persis setelah mulainya perang dunia pertama dimulai dengan dua makalah yang ditulis pada tahun 1915 naluri dan perubahan-perubahan dan ketidaksadaran dan berlanjut 2 tahun kemudian dengan ratapan dan melankonelia dalam studi autobiografi keren mengatakan bahwa yang dimaksud dengan Meta psikologi adalah Metode pendekatan di mana setiap proses mental dipertimbangkan dalam hubungannya dengan 3 koordinat yang masing-masing saya sebut sebagai dinamis, topografi dan ekonomi. Dan bagi saya ini tampaknya mewakili tujuan terjauh yang dapat dicapai psikologi.

Mita psikologi freon adalah upaya  teoritis untuk menyediakan potret tiga dimensi dinamika kehidupan emosi sebagai ditentukan oleh proses mental yang sebagian besar tidak sadar dalam tulisan Ini saya mengambil dan merevisi gagasan freon tentang Meta Psikologi dan saya menggunakannya untuk menunjukkan gambaran 3 dimensi dari psikologi politik terbentuknya perdamaian dan konflik.

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya ada tiga wilayah atau spektrum dialektik dinamika dari perdamaian yang lebih besar atau lebih kecil yang pertama adalah ranah dalam apa perdamaian psikologis Saya akan menggunakan IP atau perdamaian psikologis untuk mencocokkan gambaran spektrum topografi atau ruang batin teori Meta psikologi pemikiran tidak sadar prasadar dan sadar impuls kebutuhan keinginan dan persepsi membentuk kehidupan mental dan emosi manusia.

Bagian kedua dari spektrum ini adalah wilayah luar perdamaian Sosio politik domestik dan internasional ini adalah arena ekonomi baik dalam arti psikodinamis ekonomi dorongan naluri dan perubahan-perubahan yang berjalan kira-kira menurut dan melampaui prinsip kesenangan dan dalam arti harfiah istilahnya kekuatan makro ekonomi dan politik membentuk bidang yang umumnya dipahami sebagian besar global dan lokal dan agen dan lembaga kekuasaan.

Dan yang ketiga dan wilayah yang paling sedikit dibahas dalam studi perdamaian dan penelitian konflik adalah perdamaian Inter subjektif atau interpersonal ATP ini sesuai dengan elemen dinamis dari teori metal psikologi frame ini adalah bidang perilaku interaksi manusia dalam kehidupan dan aktivitasnya sehari-hari.

Dengan demikian 3 zona perdamaian dalam luar dan inter subjektif tidak pernah statis dan selalu dalam interaksi sebuah Meta psikologi perdamaian akan mendasari dinamika struktur interaksi ini komponen deskriptif menilai kekuatan dan kelemahan keselarasan sejarah mereka saat ini komponen analitik dan mengusulkan strategi praktis untuk mediasi kembali ketimpangan dan penyimpangan di bidang masing-masing IP, OP, ITP ketiganya komponen background tip atau terapi adalah tantangan besar bagi para peneliti perdamaian dan juga mencipta perdamaian

6. TEORI SPEKTRUM PERDAMAIAN

Perdamaian adalah seperti cahaya tidak berwujud tetapi dapat dirasakan oleh ketiadaannya atau oleh munculnya sporadisnya dan sering mengejutkan seperti kilatan petir di langit gelap perdamaian adalah kondisi latar belakang atau persepsi sesuatu yang lain fenomena fisik yang mempengaruhi semua makhluk sesuatu yang ada atau tidak adanya paling baik diukur pada continuous atau spektrum.

Di ujung lain spektrum adalah apa yang akan saya sebut perdamaian Lemah atau rapuh perdamaian negatif dalam istilah golting di mana mungkin tidak ada perang dan kekerasan yang nyata lain yang meluas dalam budaya masyarakat atau negara-negara tertentu tetapi di dalamnya juga ada ketidakadilan yang meresap ketimpangan dan perpecahan dan ketidakpuasan pribadi sangat sedikit budaya manusia dan masyarakat dalam sejarah memenuhi syarat untuk perdamaian kuat sementara sangat banyak cenderung ke perdamaian lemah spektrum yang mengukur keberadaan atau ketiadaan relatif kondisi yang diperlukan dan mencukupi bagi perdamaian Kuat atau lemah sosial budaya dan nasional menerapkan apa saya sebut perdamaian eksternal internal (EIP)

Spektrum ini juga menggambarkan kehidupan mental atau emosi individu yang berkisar dari sangat bertentangan atau Harmoni lemah serupa tetapi tidak sama dengan psikotik sampai bebas konflik atau Harmoni kuat apa yang pernah disebut psikolog ego sebagai zona bebas konflik dari sitonis ego ini adalah ukuran perdamaian internal internal individu perorangan (IIP).

Amerika Serikat turun tangan sejak tahun 1941 telah berombang-ambing antara periode perdamaian lemah dan berperilaku sangat keras dan suka berperang baik secara internal dalam negeri maupun internasional spektrum yang menempatkan negara bangsa dan budaya pada kontinum mulai dari perang yang memakan banyak korban terus-menerus sampai tidak ada perang dan tidak ada korban adalah ukuran perdamaian eksternal eksternal (EEP).

Tapi perdamaian juga memancar dengan cara lain perdamaian tampaknya sangat ilusif hampir seperti hantu ia kadang-kadang sekilas dan nyaris tidak terlihat seperti penampakan terutama selama masa-masa perang terus-menerus dan kekerasan kolektif perdamaian adalah. Akhir masa depan atau tujuan perang di hampir semua budaya dan masyarakat peran dianggap dilakukan demi perdamaian dari masa Homer sampai sekarang Dengan demikian perdamaian adalah visi sering Dunia Lain tentang kondisi manusia dan individu yang bebas dari kekerasan teror.

Evi bukan lapar damaian negatif ada perdamaian positif tetapi digabungkan keduanya dalam apa yang saya sebut perdamaian kuat (SP) di tingkat internal dan eksternal SP bukanlah perdamaian abadi meskipun pembangunan perdamaian dan penjaga perdamaian seperti orang yang dengan tulus berjuang untuk keadilan kebahagiaan mempunyai PP sebagai ideal regulative mereka sebaliknya perdamaian Kuat atau tidak sempurna menunjukkan titik-titik pada kontinum EEP, EIP, IIP dan IEP yang bergerak ke arah ujung spektrum non kekerasan dan harmonis

7.  KESIMPULAN : PERDAMIAN TIDAK SEMPURNA TETAPI TAHAN LAMA? 

Perdamaian tidak akan mungkin tidak dapat sempurna atau tanpa akhir Setidaknya di daratan bumi yang kita kenal sekarang tetapi itu tidak berarti bahwa perdamaian juga tidak masuk akal dan tidak ada dalam gen kita sebaliknya perdamaian seperti keadilan dan kebahagiaan adalah kondisi yang secara historis berubah dalam sifat individu dan kolektif kita dalam jiwa dan pemerintah kita yang kadang-kadang kurang terlihat dan pada saat-saat bersejarah lainnya bersinar di Cakrawala paling jauh dari imajinasi dan keinginan kita.

Perdamaian seperti semua cita-cita dan kebutuhan manusia yang diinginkan dan diperlukan selalu ada dalam diri kita Meskipun mungkin sulit untuk dikenali dan tampaknya mustahil untuk dicapai upaya membangun perdamaian mungkin tampak seperti Lamunan tetapi itu adalah bagian dari daya penggeraknya membangun perdamaian adalah dan seharusnya heroik perdamaian adalah dan harus menjadi pencarian heroik Milenium baru ini jika kita ingin bertahan hidup.

 

 

 

 

 

 

 

 

2. PENDAHULUAN

PERDAMAIAN DENGAN MENGUBAH KONFLIK SECARA DAMAI PENDEKATAN TRANSCEND (JOHN GULTOM)

 

1. MENUJU MODEL YANG MENGHUBUNGKAN KONFLIK, KEKERASAN DAN PERDAMAIAN.

Apa yang baru dalam pendekatan ini sudah ada dalam judul pertama fokusnya adalah pada perdamaian hubungan antara para pihak tidak pada keamanan tujuan yang kompatibel mendorong pada tingkat perdamaian keramahan yang lebih tinggi dan tujuan yang tidak kompatibel konflik ditangani secara damai pendekatan keamanan yang masih kombinaan termasuk Dewan Keamanan PBB bukan dewan perdamaian dan atau perdamaian dan keamanan melihat para pihak sebagai ancaman yang perlu dihalangi atau dilenyapkan tidak ada fokus pada memperbaiki hubungan tetapi mungkin ada ruang untuk kedua pendekatan ini.

Kedua perdamaian tergantung pada perubahan hubungan lain antara para pihak konflik dan kebalikan dari perdamaian kekerasan dipandang sebagai hasil dari konflik yang belum dirubah tetapi perubahan konflik dalam dunia harus damai agar tidak membuat situasi lebih buruk dengan menabur benih baru kekerasan di masa depan.

Ketiga untuk mengubah konflik itu perlu transendensi melampaui tujuan para pihak menciptakan sebuah realitas baru seperti masyarakat Eropa sehingga para pihak dapat hidup dan berkembang bersama seorang anak mungkin berpikir keras pada soal nomor 5- 7 tetapi matematika baru dengan angka negatif mengakomodasi masalah banyak politik dilakukan oleh orang-orang dengan masalah 5 -7 dan tidak ada ide angka negatif.

Keempat sementara mediasi klasik membawa para pihak kepada bersama-sama dengan negosiasi dan kompromi pendekatan transcenden mulai dengan satu pihak pada  satu waktu dan dalam dialog yang mendalam dan dalam pencarian kreatif Bersama sebuah realitas baru setelah itu kemudian dilakukan pendekatan klasik mempertemukan mereka pada negosiasi dengan fasilitator.

Kelima ada kelebihan pada pendekatan ini daripada mediasi pendekatan ini holistik dengan model proses dinamis yang menghubungkan konflik dan perdamaian Tetapi studi perdamaian dan konflik harus berjuang untuk membangun pondasi mungkin karena mereka dianggap mengganggu pada norma atau mapan keamanan seperti penelitian medis pada gereja di zaman dulu.

Kita jelas memerlukan hal yang sama Dalam order kekerasan perdamaian kita berhadapan dengan aktor manusia individu dan kolektif kekerasan atau perang atau ancaman daripadanya mirip dengan penyakit sakit ada sesuatu yang tidak beres tetapi apa dalam jenis proses yang kita berada? Apa yang merupakan belogen yang mendorong pada kekerasan atau perang dan patokan yang mungkin tidak hanya ada di dalamnya tetapi menghasilkan perdamaian yang berkelanjutan? Apa yang kondisi konteks utamanya? Termasuk perilaku sendiri?.

Tetapi tidak dapat kekerasan tertentu, seperti penyakit tertentu komam dan kejahatan tertentu tesis durkem berguna, membuat mekanisme untuk mencegah mereka dan memperbaiki kerusakan? Seperti penyakit yang disebabkan oleh TBC sekali seminggu memproduksi antibodi yang juga dapat mencegah kanker prostat? Mungkin titik tetapi pada umumnya kita merasa lebih aman Dengan perdamaian dengan cara damai.

Untuk  pemahaman ya lebih baik kami mengajukan pertanian yang sama seperti untuk penyakit: apa yang terjadi sebelum kekerasan, sengaja menimbulkan sakit dan bahaya pada manusia? Sebelum agresi, termasuk aspek batin, kebencian sampai menimpa hati seseorang pada orang lain bahkan dirinya sendiri?. Jawaban polarisasi, di mana De humanisasi pada orang lain menghilangkan keengganan yang memiliki manusia untuk membunuh dan membuat Jenderal sesama spesies dan sebelum polarisasi? Sejenis frustasi dan dari mana prestasi itu berasal? Dari tujuan yang dihalangi. Jawaban dia lebih spesifik dari tujuan yang dihalangi karena diri dan atau orang lain mengejar tujuan yang tidak kompatibel. Dan itu berarti konflik antara tujuan, dan antara membawa tujuan, diri orang lain. Lebih tepatnya baru konflik yang tidak dirubah, hubungan permasalahan bukan pelaku, orang, bangsa, negara yang menjadi masalahnya.

 baru konflik yang dirubah adalah the login utama ia menjadi seperti luka borok apa yang terlihat bagi mata yang tak terlihat atau terletak lebih di bagian bawah tubuh kepribadian struktur dan atau budaya seperti tumor yang diprogram sebelumnya secara genetik penelitian medis mengidentifikasikan sistem kekebalan tubuh seperti sinogen yang mencegah penyakit dan Sudir perdamaian mengidentifikasikan kemampuan dan niat untuk menyeleksi konflik, untuk mengubahnya, mengatasi tradisi, seperti sogen utama bagian pencegahan menjadi profilaksis primer dengan menghilangkan patogen atau biogen dan profesi sekunder dengan membuat sinogen atau paku gens kapasitas penyembuhan diri memperluas visi ini.

Jika konflik sama dengan tujuan yang tidak kompatibel atau bertentangan, dari mana tujuan berasal?. Kita dapat Mengidentifikasi tiga kategori jawaban dari alam kebudayaan dan struktur titik alam ada dalam diri kita dan sekitar kita budaya dalam diri kita sebagai integralisasi nilai dan normal dan struktur ada di sekitar kita sebagai aturan yang dibanggakan, positif dan negatif.

Mars berfokus pada alam sebagai kebutuhan dasar pada struktur sebagai hubungan kelas dan tidak menyinggung kebudayaan frame berfokus pada alam sebagai ID dorongan pada Kebudayaan sebagai perjuangan antara spesies untuk mempertahankan hidup dan pelestarian ras unggulan dan tidak menyinggung budaya dan struktur gabungan tiga Fokus dari satu tidak mencukupi tetapi mereka diperlakukan kita tidak dapat melakukannya tanpa ketiganya.

Kita dapat menggunakan jawaban marx bahwa tujuan adalah kepentingan didorong sampai struktur jawaban peran bahwa tujuan adalah nilai-nilai yang  ditularkan oleh orang lain dan fokus Darwin pada pelestarian diri dan spesies kebutuhan pertama paling utama untuk bertahan hidup. Dan kemudian menambah tujuan pribadi aktor.

Mari kita ulangi latihan ini kali ini dari atas ke bawah

  • aktor individu dikondisikan, ditentukan, oleh alam dan budaya dalam diri kita, dan alam dan struktur di luar kita, memberi kita manusia jendela kebebasan bagi kapasitas rohani kita untuk naik.
  • Ada aktor kolektif seperti gender dan generasi, dan ras dan kelas, negara dan bangsa, daerah dan peradaban
  • aktor mempunyai tujuan, diantaranya adalah kebutuhan dasar yang berasal dari alam, nilai-nilai dari budaya dan kepentingan dari struktur.
  • gabungan tujuan dapat positif harmonis dan kompatibel negara tidak harmonis tidak kompatibel atau positif dan negatif jika mengejar satu tujuan adalah produktif kontraproduktif atau sia-sia mengajar tujuan lain.
  • di mana ada frustasi mungkin ada polarisasi menyusun dunia dalam dan di luar sebagai gestal dualis diri versus orang lain.
  • di mana ada polarisasi mungkin ada imunisasi pada orang lain titik di mana ada dehumanisasi, frustasi dapat diwujudkan menjadi agresi dengan kebencian tumbuh di dunia batin sikap dan kekerasan tubuh di tumbuh di dunia luar perilaku semuanya memperkuat satu sama lain dalam proses ekstasi titik
  • di mana ada kebencian dan kekerasan akan ada traumatisasi korban kerugian oleh kekerasan dan perilaku dirugikan oleh kebencian mereka sendiri dan oleh mempunyai trauma korban di mana ada trauma korban mungkin bermimpi balas dendam dan mencari orang yang hilang dan perilaku memimpin kejayaan yang lebih besar disimpan dalam mudah dan struktur sebagai nilai-nilai dan kepentingan dalam sejarah sebagai Umpama balik yang kejam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. MODEL TRANSCEND MEMBACA VERTICAL DAN HORITONTAL 

 

Tabel 2.1 Dapat dibaca Dua arah aliran kondisi konsekuensi membentuk model sesuatu yang dapat diklasifikasi, bukan hanya sebuah tipologi titik Mari kita baca secara vertikal dengan mendalam horizontal baris 1 sampai dengan 4 adalah diagnosis dan mencakup ketidakseunan yang belum terselesaikan, kontradiksi, konflik-konflik akar. Konflik mungkin kurang lebih atas tujuan yang dipegang kuat. Jika tujuan adalah kebutuhan dasar kelangsungan hidup kesehatan kebebasan identitas terdefinisi tidak dapat dianegosiasikan konflik adalah mendalam titik jika dibiarkan tidak terselesaikan, menjadi luka borok, lebih dalam ke bawah lebih dalam konflik, dan mulai mengaktifkan baris 5 sampai dengan 9 dan itu adalah prognosis.

Jika konflik akar yang belum terselesaikan adalah penghinaan berlogonik pada sistem aktor sadar atau partai kurang sadar maka, di mana kapasitas perlawanan yang menyembuhkan diri untuk menahan penghinaan tersebut?

Jawaban di kolom 4 terapi sejauh para pihak sebagai aktor sadar tentang apa yang sedang terjadi dan mereka sadari mampu menerapkannya seperti pasangan yang baik, mereka mungkin mampu memenuhi kebutuhan, hak dan martabat masing-masing, dan membangun struktur budaya perdamaian dan perdamaian mikro di dalam dan di sekitar mereka sangat penting, mereka mungkin telah melakukan pengendalian diri dalam penciptaan tujuan mereka sendiri, seperti belajar untuk tidak menuntut terlalu banyak pada diri mereka sendiri dan orang lain. Dan mereka mungkin telah mengembangkan kapasitas mediasi dalam diri mereka sendiri dan diantara mereka berdua titik dilengkapi dengan kapasitas ini, mereka seharusnya berada dalam posisi untuk melawan banyak badai titik fokus pada hubungan yang Perkawinan semacam ini dan tidak hanya pada satu pihak banyak membantu.

Tetapi diperlakukan hal ini Jika frustasi menghasilkan agresi yang meningkat Menimbulkan trauma dan siklus yang semakin ganas. Kontrol kemarahan, membangun perdamaian di tengah-tengah perjuangan menjauh kekerasan fisik dan verbal, dan upaya untuk mendamaikan dan menemukan proyek kehidupan baru bersama adalah diperlukan jika sistem  kekebalan tubuh Terapi Diri tidak dapat mengatasi, maka mungkin sangat diperlukan terapi lain, intervensi, bantuan. Kolom 1 lebih dipilih agamawan dan psikologi dan kolom 2 lebih dipilih sosiologi antropologi ilmuwan politik dan ekonomi adalah versi dalam dan luar dari narasi umum ini kolom 3 adalah versi relasional dan antara.

Atur manusia selalu berada antara tekanan dari kebudayaan dan struktur dan dorongan alam, tetapi kita dapat menggunakan semangat ni kita untuk membangun lebih banyak ruang kita mampu merenung termasuk bagaimana kita di program, dan melakukan transendensi untuk menciptakan realitas baru. Di era kita kita mengenali dengan mudah semangat pencipta ilmiah dan membalasnya dengan hadiah pencipta ekonomi, disebut interpreneur, dihargai dengan keuntungan kita lebih embigo dan pada jenius etis seperti Gandhi dan genus agama kita oksigen sebagai tikus.

Berpijak pada konteks alam struktur, budaya, kita kemudian bergerak lebih dalam, segitiga yang dalam apa yang membentuk budaya yang mendalam emosi dan kognisi adalah masalah yang selalu diperselisihkan titik di sini disebut dengan bawah sadar kolektif dan frame dan juga masih menjadi pemandu terbaik kita untuk membawa sadar individu dan kolektif.

Tetapi ini tidak berarti penerimaan buta dengan mengabaikan aksioma sederhana seperti dibawah ini ;

1. Ada sesuatu jauh di dalam, menemukan pikiran ucapan perilaku.

2. Untuk menguasai diri Anda, Sadarilah bahwa sadar itu.

3. Tanaman kesadaran yang lebih baik untuk bawah sadar yang lebih baik.

Apa yang mengembang di bawah sana mungkin adalah unsur-unsur, atom pola dasar emosi kognitif dan kondisi emotif seperti yang terpilih sebagai orang atau kelompok homo oleh tuan, sejarah atau apapun di atas kejayaan masa lalu masa depan, dan trauma disakiti atau dirugikan oleh yang tidak dipilih, dipenuhi dengan iri unsur-unsur yang saling memperkuat tersebut dapat muncul bersama-sama dalam sindrom seperti molekul CGT. Trauma kemudian diambil sebagai bukti kepeliharaan Martir dan mimpi kejayaan menurut banyak ketabahan, di bawah pimpinan di atas seseorang dengan sindrom ini yang dibangun dalam kepribadiannya secara kejiwaan dapat dianggap sebagai penderita megalomania narsisme (Sisi CG) dan paranolia (Sisi T). Dalam sebuah bangsa, sindrom yang sama dapat disahkan secara budaya sebagai patriotisme. Dalam kedua kasus, sindrom mungkin patologis dalam konsekuensinya.

Sindrom Line adalah DNA, dualisme mekanisme Armageddon membagi  dunia menjadi dua bagian, baik dan jahat, dalam pertempuran tanpa kompromi, tanpa transendensi, hanya kemenangan satu pihak atas pihak lain. Aktor dengan muatan ini telah terbagi sebelumnya, tidak membutuhkan prestasi dari konsentrasi yang belum terselesaikan atau persiapkan mental dan berlaku agresi melalui dewanisasi lain termasuk pada Alter egonya sendiri dan ada pola dasar penangkal: persatuan kesetaraan dan perdamaian titik mereka membutuhkan penguatan.

3. KONSEPTUALISASI KONFLIK DAN MODEL KEAMANAN MAINSTREAM 

Model mempunyai tiga kolom untuk 3 aspek konflik A, B DAN C. Konflik berasal dari konflik mengejutkan bersama-sama cocok dengan interpretasi perilaku Anglo Amerika umum sebagai para pihak mengejutkan bersama-sama dalam kekerasan tetapi juga membuka interpretasi sikap subjektif dalam dunia batin aktor lebensweten sebagai kejutan batin yang dapat menyebabkan kebencian yang dapat diungkapkan sebagai kekerasan kemudian interpretasi kontradiksi Trans subjektif, relasional. Apa yang mengejutkan bersama-sama adalah tujuan yang dipegang oleh para pihak ketika realisasi satu tujuan menghalangi realisasi tujuan-tujuan yang lain ada ketidakcocokan, atau kontradiksi tujuan, seperti antara kemerdekaan untuk provinsi, dan negara kesatuan untuk negara. Tidak ada kekerasan antara aktor yang terjadi atau tidak juga bahwa yang mengejutkan diketahui aktor, pemilik tujuan-tujuan yang tidak cocok tidak menyiratkan aktor yang tidak cocok.

Karena ketiga interpretasi semuanya valid kita merangkum ketiganya konflik = sikap + perilaku + kontradiksi. Tetapi definisi kita condong mendukung orientasi C kami mendefinisikan aspek C sebagai konflik akar dan A dan B sebagai metakonflik setelah C.

Definisi umum ini memungkinkan kita untuk berbicara tentang orientasi A, B dan C dalam teori dan praktik konflik tentang fase A, B dan c dalam dinamika konflik seperti yang juga dilakukan di atas dan tentang pendekatan A, B dan C di mana solusi menjadi tujuannya seperti yang akan dilakukan di bawah setiap orientasi A, B atau C satu- susu akan sangat mendistorsi penelitian konflik, teori dan prakrek. Sehingga harys A, B dan C.

Behaviorisme berfokus pada aspek luar manusia, membangun orang-orang seperti gerombolan hewan, kawanan ikan, mobil dalam studi lalu lintas: mengejutkan dalam kekerasan, perjuangan kekuasaan titik penelitian mengidentifikasikan sebab dan kondisi, efek dan konsekuensi, seperti musim, iklim, setiap korelasi eksternal dengan perilaku kekerasan tetapi bukan realitas batin manusia seperti bangunan ah historis teroris yang dipicu oleh Kementerian buta saja, tanpa dasar.

Kita makan mungkin cocok ke dalam orientasi  A, keluhan tidak, menjadi lebih berorientasi C lebih realitional. 7 adalah psikologis dan dapat mengundang kontrol jiwa selain kontrol kekerasan jika kontrol jiwa dan kontrol kekerasan tidak berhasil, suatu negara dapat diserang. Jika diri dibiarkan tidak merugi masalah a dan b ada pada orang lain, sebagai aktor, bukan dalam diri titik fokusnya adalah autistik tidak timbal balik pihak tidak ada fokus C pada hubungan diri orang lain.

Tetapi semua reduksionalisme adalah bermasalah orientasi a mengabaikan kontradiksi yang tidak tercermin dalam dunia kehidupan pihak, pada tingkat tinggi kesadaran titik tidak ada ruang untuk freon, Jung dan Marx. Dan orientasi C murni tidak memanusiakan konflik menjadi kontradiksi abstrak, tanpa mempertimbangkan sikap dan perilaku titik sehingga kami menambahkan reduksionisme dan kesalahan liberal klasik dan marxis pada reduksi seisme realitas di atas.

Bagaimana ia menjadi seperti itu mudah dilihat jika diri ingin menguasai dunia, beberapa orang mungkin tidak tunduk titik akan ada masalah keamanan ketika niat baik dari berbenturan dengan kemampuan jahat orang lain. Fokus A untuk orang lain mungkin memberi orang lain suara yang lebih baik dibiarkan tidak terdengar titik fokus B untuk diri dan fokus C untuk hubungan mungkin menimbulkan keraguan serius pada diri sehingga orientasi A untuk diri orientasi B untuk orang lain dan C tidak untuk keduanya hasil autisme ini adalah studi keamanan dan praktek media saat ini studi perdamaian dan Konflik Harus berfokus pada A, B dan C secara  simetris

4. DUA WACANA UNTUK MENGATASI KEKERASAN KEAMANAN DAN PERDAMAIAN.

Paragraf sebelumnya dapat digunakan untuk menganalisis jenis keamanan dan perdamaian yang mengalir dari cara konflik dan konstitualisasi keamanan arus utama menerapkan A dan B pada orang lain dengan mengorbankan C wacana perdamaian berfokus pada C kadang-kadang dengan pengorbanan a dan b.

Pendekatan Keamanan Didasarkan Pada 4 Komponen

  • Pihak yang jahat dengan kemampuan yang kuat dan niat jaha
  •  bahaya kekerasan yang jelas dan hadir nyata atau potensial
  •  kekuatan untuk mencegah untuk mengalahkan pihak yang jahat pada giliran yang menghasilkan
  • keamanan yang merupakan pendekatan terbaik pada perdamaian pendekatan ini bekerja ketika pihak-pihak yang jahat atau yang kuat atau yang aktif dilemahkan melalui pencegahan atau kekalahan dan atau diubah menjadi baik atau pasif.

Pendekatan perdamaian juga didasarkan pada empat komponen yang pertama

  • konflik yang belum diselesaikan atau dirubah
  • bahaya kekerasan untuk menyelesaikan konflik sekali dan selamanya
  •  mengubah konflik empati kreatif tanpa kekerasan menghasilkan
  •  perdamaian yang merupakan pendekatan terbaik pada keamanan pendekatan ini bekerja melalui hasil yang diterima dan berkelanjutan.

Pendekatan keamanan mengandaikan kekuatan yang unggul dari jenis apapun suntuk dan klausewitch menyehatkan ketidaksetaraan superioritas pendekatan damai mengadakan hasil konflik diterima semua pihak dan berkelanjutan menyiratkan kekerasan partisipasi juga dalam proses.

Apa yang mendukung pilihan pada pendekatan keamanan?

  • budaya dualisme atau mekanisme atau Armageddon yang mendalam, membaca keras agama-agama Ibrahim pendekatan keamanan adalah versi sekuler kebaikan dan atau Tuhan Kristus versus kejahatan setan atau antikristus dengan perang sebagai Hakim terakhir
  • gambar orang lain sebagai jahat Tanpa Tujuan yang sah didorong oleh kekerasan atau iri hati seseorang tanpa keluhan untuk dirugikan atau konflik untuk dipecahkan mengandung permusuhan dan penghancuran pengendalian atau pengubahan konversi
  •  tidak adanya keragaman dengan kesetaraan sebagai kategori kekeliruan Columbus ada kode sosial vertifikasi mendasar untuk dilaksanakan berdasarkan apa yang dianggap kategori seperti jenis kelamin generasi kelas kasta bangsa negara cara yang berbeda dari rendah atau yang unggul empat presentasi pada struktur ketimpangan pembacaan homes pada tatanan sosial
  • ungkapan kelas berbahaya atau jenis kelamin generalisasi atau ras atau bangsa atau negara berbahaya mempengaruhi jahat atau setara dan penyihir membakar dekat dengan kategori besar pembunuhan genosida kumaras dan bangsa dalam modernisasi kamu menjadikan pertahanan diri terbaik sebagai hal terpenting
  • monopoli pada ultimateratio Regis atau regnum fokus pada cara pemaksaan dalam negara atau dalam komunitas negara-negara seperti NATO dan Uni Eropa yang didefinisikan melalui monopoli mereka Weber untuk menekan hukum dan ketertiban dengan paksa dan di delegasi oleh dasar panjang ancaman
  • untuk orang yang mempunyai Palu dunia tampak seperti paku membuat mesin keamanan memperkuat diri dengan Polisi rahasia untuk menilai beberapa quote kemampuan orang lain dan bekerja jahat motivasinya dengan polisi mata-mata dan menangkap tersangka operasi rahasia dan terbuka untuk mendahului eksekusi ekstra Yudisial, dan kekuatan luar biasa untuk mengalahkan dan menghalangi.

Dan Apa Yang Mendukung Profesi Pada Pendekatan Perdamian?

  • Satu budaya kesatuan umat manusia, membaca lembut pada agama-agama Ibrahim dan pada orang lain seperti Ubuntu Afrika pembacaan arus utama pada hinduisme atau buddhisme dan terorisme dengan perempuan berfokus pada kasih sayang dan ideologi seperti Liberty egalite fraternite tidak ada agama dan sebagai Hakim final namun upaya-upaya terus-menerus untuk mencari solusi
  • ada sesuatu dari Tuhan pada setiap orang siapa yang berarti tujuan yang sah pada setiap pihak bagaimanapun keras dan bencinya cara mengidentifikasi tujuan yang sah adalah saling meneliti dengan kata lain dengan dialog
  • keanekaragaman sebagai sumber saling memperkaya mengandaikan rasa ingin tahu rasa hormat dialog untuk saling mengeksplorasi dan belajar timbal balik dan simetri harus diperluas ke pihak lain dengan tujuan yang sah seperti ini definisikan oleh legalitas hak asasi manusia dan kebutuhan dasar manusia keragaman dengan ketidaksetaraan adalah kemiskinan atau sama lain dan begitu juga kesetaraan dengan keseragaman dengan kesetaraan mendasari perdamaian titik
  • provinsi pada struktur kesetaraan titik Dengan demikian keamanan diletakkan di sebelah kanan politik dan perdamaian sebelah kiri perdamaian adalah proposisi berorientasi kesetaraan ada yang mengatakan revolusioner demokrasi dan hak asasi manusia menjadi dasar kesetaraan besar ketimpangan adalah norma tidak ada menginginkan perdamaian maka berikan kepada orang lain apa yang anda inginkan jika mereka juga menginginkannya
  •  budaya dan praktik kekuatan pengembang tanpa kekerasan didasarkan pada identitas yang kuat tingkat tinggi kemandirian dan banyak keberanian tidak ketahuan untuk melawan pencucian otak suap dan ancaman
  •  budaya dan praktek mengubah konflik tidak hanya untuk spesialis lebih seperti gaya hidup bersih dan sehat bagi setiap orang untuk mempraktikkannya dengan mengidentifikasi tujuan yang sah pada semua pihak dan jembatan secara kreatif kontradiksi antara tujuan pembangunan perdamaian juga untuk para pihak sendiri untuk melakukannya tidak dengan menggali spesialis luar.

Argumen perdamaian melawan pendekatan keagamaan adalah kuat ia bekerja seperti perban di atas luka boros terbentuknya konflik pada pihak dengan tujuan di mana ada terlalu banyak ketidakcocokan harus diubah ke dalam pembentukan perdamaian dengan menjembatani tujuan yang sah tanpa kekerasan secara empiris kreatif konflik yang belum dirubah akan menghasilkan kembali kekerasan cepat atau lambat tidak harus ke Akar masalah mengatasi kondisi mendorong spiral kekerasan dan kontra kekerasan.

  • INTERVENSI UNTUK MENGUBAH KONFLIK SECARA DAMAI : SEBUAH ULASAN

Setelah membaca model yang ditunjukkan dalam tabel kami telah mencoba menjelaskan dua masalah penting konseptualisasi konflik berorientasi a b atau c versus berorientasi a, b dan c dan wacana wacana keamanan arus utama versus wacana perdamaian sekarang masalah terapi kolom 4 dan eksplorasi Apa yang ditawarkan model trend tandingan ini.

Poin Pertama Adalah Keragaman 9 Pendekatan Baik Untuk Tahap Pencegahan Maupun Tahap Kuratif Sejarah Alam Kekerasan Dengan Pekerjaan Yang Baik Yang Dilakukan Di Semua Tahap Akibat Mengerikan Menyuburkan Lingkaran Jahat Kekerasan Dengan Trauma Yang Terendap Dalam Budaya Dan Struktur Yang Mendalam Seperti Nilai Dan Kepentingan Harus Dihindari.

Perbendaharan adalah beragam pengetahuan dan keterampilan bersedia di dunia saat ini beberapa di tingkat pertama 9 pendekatan dapat menjadi bidang di Kementerian perdamaian tapi kebanyakan pemerintah berfokus pada wacana keamanan karena faktor-faktor yang mendukung pendekatan ini bahwa wacana utama juga wacana negara Utama 2 negara yang paling agresif di dunia di Amerika Serikat dan Inggris namun peringatan sembilan tugas tidak mudah seperti akan dijelaskan di bawah seperti untuk kesehatan persiapan adalah studi Universitas lengkap bukan program sekolah musim panas dan luka karya akan ada profesionalisasi dengan bahaya perlembagaan yang berlebihan perdamaian sekolah seperti obat sekolah melawan perdagangan rakyat.

Hari ini peningkatan keamanan adalah perdamaian sekolah dengan pendekatan seperti model 9 langkah seperti obat sekolah banyak uang yang terlibat bisnis keamanan adalah bisnis yang baik pendekatan transien adalah murah kami telah menyuruhnya tujuan dari 9 langkah budaya perdamaian atau struktur mediasi membangun perdamaian, non kekerasan, konsensus siklus Mulia, semua dengan diagon, sering disebutkan, empati, non kekerasan, kreativitas. Atau perdamaian dengan cara damai daftar periksa.

  • BUDAYA PERDAMAIAN

Masalah mendasar adalah banyak unsur dalam dua sadar kolektif mendelegalitas kekerasan langsung atau struktural dalam sindrom seperti CGT terpilih kejayaan trauma dan DMA dualisme mekanisme Armageddon bergabung dalam wacana keamanan dan lain-lain. Ada tujuan satu menolak unsur-unsur yang menghambat perdamaian dengan cara damai dan 2 membawa budaya perdamaian bahwa sadar ke permukaan mencoba untuk membangun budaya perdamaian di tingkat sadar dan bawah sadar sebuah contoh adalah berpikir Yin Yang untuk menumbuhkan absolutisme benar atau salah baik atau buruk horizontalis kesetaraan sebagai pilihan mode interaksi dan pragmatisme sebagai efek memariksa secara empiris tidak dihormatis Apakah ia bekerja sebagai lawan dualisme utama, vertikal dan dogmatisme.

Ada praktek seperti meningkatkan kesadaran tentang hologen dan sanogen tentang apa yang menghambat dan mempromosikan perdamaian melalui pendidikan perdamaian besar-besaran contoh kesadaran bahwa hal-hal semacam ini sebagai nama jalan untuk dampak terhadap pikiran kolektif secara laki-laki yang kuat dalam nama-nama Jalan Paris dan sebagai alat perubahan ini adalah kerja budaya yang mendalam, melibatkan antropologi budaya, filsafat, secara ide-ide, dan lain-lain instrumen utama adalah pendidikan perdamaian. Tetapi orang-orang mengaitkan dengan pendidikan sekolah dan berpikir bahwa mereka lulus dari sekolah. Jadi kita perlu jurnalisme perdamaian mengamati dan melaporkan peristiwa dalam wacana perdamaian berorientasi solusi, tidak hanya dalam wacana keamanan berorientasi dan keamanan.

Lalu ada lingkungan budaya yang menyeluruh terutama di ruang publik, nama-nama Jalan disebutkan, Monumen, museum, struktur ruang publik sampai Apakah ia disebut untuk parade militer atau untuk keramaian keramahan Santai di Taman? Pesan sarana untuk komunikasi, bahasa, apalagi seni, Tentu juga ada di dalamnya

  • STRUKTUR PERDAMAIAN

Masalah mendasar adalah peran infrastruktur menghubungkan garis patahan sampai dengan gender generalisasi ras, kelas ekonomi politik militer budaya Normal atau menyimpang, bangsa, wilayah sampai pada tingkat individu dan tingkat negara atau bangsa dan distribusi entropi tinggi atau rendah para aktor, tidak diseimbangkan dan diseimbangkan titik ada tujuan infrastruktur dengan kesetaraan, keadilan dan timbal balik di semua garis patahan untuk memfasilitasi transformasi konflik, untuk mencegah genosida, dan disyarahkan oleh budaya dalam perdamaian.

Dan ada praktik Perjuangan tanpa kekerasan untuk kesetaraan dan keadilan di seluruh garis patahan. Lihat kembali jenis pekerjaan ini sedang berjalan hari ini terampil atau tidak berhasil atau tidak untuk 20 semuanya bahkan untuk kesetaraan dalam pembunuhan oleh perang rakyat yang menyeimbangkan kemampuan membunuh super power mengembangkan nuklir adalah metode kuno terorisme dengan sabuk bom bunuh diri terhadap terorisme negara jarak 40.000 kaki dan melawan kekejaman negara adalah hal ini hal lain pendekatan damai akan membangun kesetaraan dengan penggunaan dua Senin kekerasan pendekatan asetif termasuk dalam model ini

Jelas ini adalah kerja politik membawa mobilisasi pengetahuan dan keterampilan yurisprudensi yang mungkin ilmu politik dan militer studi internasional dan ekonomi hukum dan poligologi telah berbuat lebih banyak untuk syukur kekuasaan politik yang ekaliter daripada ekonomi untuk hubungan ekonomi yang egaliter dan disiplin yang ketinggalan ini dari sudut perdamaian keadilan masih dapat didefinisikan.

Bagaimanapun ini adalah pekerjaan berjuta orang ditekankan dalam struktur 3 egaliter yang sekarang menyeluruh bahwa waktu untuk kesetaraan telah datang wakil-wakil LSM dari masyarakat sipil dunia dapat semakin bernegosiasi dalam lingkungan yang egaliter bukan dalam sopan santun kesetaraan diplomat dari sistem negara yang tidak egaliter.

  • MEDIASI
  • Masalah mendasar adalah kontradiksi antara tujuan dan sasaran dengan sikap yang cenderung pada kebencian dan perilaku kekerasan pada semua yang mendasar segitiga A, B, dan C.
  • Mediasi mempunyai tujuannya sendiri sebuah realitas baru dapat diterima dan berkelanjutan di mana para pihak merasa di rumah dengan satu sama lain karena bertentangan tidak tajam tumpul, dan sikap dan perilaku juga melunak. Kita tidak berbicara dalam arti absoluditas tentang solusi resolusi atau penyelesaian kita berbicara tentang transformasi konflik, berarti mengumpulkan dan melembutkan ke tingkat Di mana para pihak dapat hidup bersama dan menangani sendiri dengan empati satu sama lain kreativitas dalam mencari sesuatu yang baru dengan perilaku ucapan dan bahkan jika mungkin pikiran dan kekerasan. Cintai musuhmu mungkin menuntut terlalu banyak tetapi jangan terlalu membenci musuhmu mungkin sudah membantu.
  • Ada praktik yang menghubungkan masalah dan tujuan: dialog dengan semua aktor 1 untuk memetakan terbentuknya konflik pihak tujuan dan kontradiksi 2 membuat menilai absah, atau tidak absahnya semua tujuan, dan 3 untuk menjembatani tujuan yang sah dengan kompatan kreatif membayangkan sebuah realitas baru, dengan mengatasi kontradiksi, dan konflik yang dirubah. Banyak empati diperlukan.
  • Dalam konflik yang mendalam mediator bertemu dengan satu pihak pada satu waktu mereka berdialog dengan bertanya kepada satu sama lain bertujuan pada realitas baru seperti masyarakat Eropa, bukan pada kompromi hangat-hangat kuku. Ada urutan waktu. Umumnya pelunakan A dan B akan lebih mudah bila kemajuan dibuat pada C Bukan sebaliknya. Melembutkan A dan B tanpa kemajuan c adalah penenangan, bukan perdamaian titik bekerja pada A, B dan C haruslah menjadi kegiatan yang pararel dengan Fokus utama pada C pecahan C dan sinar matahari di ujung terowongan akan mencairkan A dan B yang bekum titik dibutuhkan kreativitas seniman mempunyai pengetahuan dan keterampilan arsitek dan Insinyur tanpa kekerasan.
  • MEMBANGUN PERDAMAIAN
  • Masalah mendasar adalah dualisme mental dan perilaku membeku menjadi galstat dan struktur. Dunia batin hanya melihat baik dan jahat dan hanya yang positif dalam diri dan negatif dalam orang lain dunia luar dibagi dalam dua blok dengan semua interaksi positif di dalam dan semua interaksi negatif, atau tidak ada interaksi sama sekali, di antara titik polarisasi mental menegatimasi polarisasi perilaku, yang pada gilirannya memperkuat yang pertama setelah beberapa waktu, orang lain tidak lagi dilihat sebagai manusia, tetapi sebagai objek jahat yang siap untuk dibunuh, dilegitimasi oleh slogan seperti tidak ada orang Jerman yang baik kecuali orang Jerman yang sudah mati.
  • Ada tujuan depolarisasi humanisasi tidak ke humanisasi karena mungkin Belum ada gambaran positif atau gambar apapun sebelumnya ini berarti gambar yang normal tentang diri dan orang lain dengan warna abu-abu dan campuran hitam dan putih pada keduanya. Manusia, bukan terlalu manusia.
  • Ada banyak praktik untuk dilakukan, dan dikembangkan, dalam membangun perdamaian titik praktek Dasar adalah   pembangkangan sipil membangun kontrak dengan musuh yang ditunjuk, namun terlibat dalam hubungan positif, membantu, kooperatif. Tugas mental adalah ketidaktaatan kognitif atau emosi menolak untuk membangun dunia batin dalam cara yang terpolarisasi, juga mengidentifikasi hal negatif dalam diri dan hal positif pada orang lain. Menghindari perangkap membenci diri yang dibarengi dengan mencintai orang lain itu hanya polarisasi terbalik bukan mengubah polarisasi.
  • Dengan demikian membangun perdamaian menggerakkan orang tidak hanya ke dalam tindakan baru, tetapi juga membicara perbincangan baru dan pengalaman baru. Syarat utama adalah pikiran terbuka, tidak tertutup, dengan memperluas ruang batin, dan kemudian kemauan dan kemampuan untuk mengambil resiko berpikir, berbicara dan bertindak ke atasnya. Seperti berbicara dengan teroris negara teroris dan negara penyiksa. Kita sebut apa orang yang mampu melakukan ini? Semua membangun perdamaian pekerja perdamaian menjadi istilah umum untuk semua sembilan langkah.
  • NON KEKERASAN
  • Masalah mendasar adalah bahwa kekerasan melahirkan kekerasan, sebagai pertahanan terhadap serangan, dan sebagai balas dendam atas trauma yang ditimbulkan ada tujuan: mengurangi dukkha, meningkatkan suka: mendapatkan hasil tanpa kekerasan dengan menggunakan cara-cara tanpa kekerasan titik perdamaian adalah jalan.
  • Ada praktek: memutus lingkaran jahat dengan tanpa kekerasan, sebagian menyebut Dilema keamanan, menolak untuk menggunakan kekerasan, sebaliknya terlibat dalam tindakan konstruktif di semua batas-batas konflik.
  • Dan kekerasan sebenarnya mempunyai dua arti titik arti pertama lebih luas, kurang lebih sama luasnya dengan apa yang di sini disebut perdamaian dengan cara damai, termasuk sebagian besar langkah dan terapi dalam model. Dan arti kedua lebih sempit melihat non kekerasan sebagai cara yang lebih baik untuk melakukan pekerjaan yang sah yang memerlukan kekerasan seperti pertahanan terhadap serangan kekerasan langsung, dan serangan terhadap kekerasan struktural.
  • Dalam penafsiran sempit ada dan kekerasan pihak pertama kedua dan ketiga, semua mengambil resiko pengawasan politik, penjara, cidera, dan pembunuhan. Tanpa mengambil resiko tidak ada Non kekerasan titik tetapi menulis dan berbicara pertemuan, resolusi, demokrasi, pemberdaharaan gerakan perdamaian klasik, juga sangat berharga. Filosofi yang mendasari adalah kesiapan untuk menerima kekerasan tanpa mengembalikannya, memutus siklus kekerasan untuk kepentingan semua menggugah hati nurani yang tidur pendapat Gandhi titik non kekerasan pihak pertama dapat dirancang untuk mematahkan kekuatan kekerasan struktural, seperti melalui boikot ekonomi besar-besaran detik dan kekerasan pihak kedua dapat dirancang sebagai pertahanan melawan  penduduk, seperti melalui pengembangan sipil besar-besaran dan non kekerasan pihak ketiga dapat dirancang untuk peran antara sebagai saksi untuk perdamaian, menemani korban dan dan yang lain untuk menenangkan konflik yang mempertemukan para pihak.
  • KONSILIASI
  • Masalah mendasar adalah trauma, luka pada tubuh pikiran dan jiwa korban (K) dan Pelaku (P), termasuk luka bagi masyarakat, bersamaan yang keutuhannya telah dilukai oleh karakter K-P dan ia sendiri menjadi korban.
  • Ada tujuan: menyembuhkan dan menutup: bahwa trama tidak lagi menyakitkan, dan bahwa kekerasan bersama bahwa trauma, Meskipun tidak Terlupakan, dapat diletakkan di belakang kita. Peristiwa kekerasan tertentu di masa lalu dapat dihapus dari agensi politik, membebaskan agenda untuk tindakan kooperatif konstruktif. Pada pihak sikap untuk menutup bak atau buku, dan membuka lembaran baru. Ada praktik menghubungkan masalah mendasar dan tujuan ini, seperti menyajikan pendekatan pada konsiliasi Dalam Seminar dengan para pihak, mendorong diskusi pendekatan mana yang akan digunakan titik 1 pengalaman empiris adalah bahwa dialog tersebut, membuka proses mengatasi yang lebih spiritual, dalam dirinya adalah mendamaikan.
  • Pada tingkat yang lebih dalam, ada dua celah untuk di jembatan titik pertama antara sadar dan bawah sadar, pada korban dan perilaku, membuat kenangan dan efek mendalam trauma sadar, untuk konsiliator dan satu sama lain. Kedua Kesenjangan antara korban dan pelaku, jika mungkin sebagai proyek seumur  seumur bersama gua mah seperti yang sering terjadi ketika pernikahan diperbarui atau seperti yang terjadi dalam masyarakat Eropa atau Uni Eropa, di mana Jerman sebagai P dan yang lain sebagai K mungkinkah ini terjadi pada Israel dan Palestina dalam masyarakat Timur Tengah?
  • Tugas konsiliator berbeda dari mediator mediator lebih kognitif, membawa pengetahuan yang luas tentang transformasi konflik yang sukses, merangsang terbentuknya ruang politik baru. Konsleator lebih terlibat, mendorong P dan K untuk melupakan trauma yang membuat mereka tawanan masa lalu titik urutan waktu berlaku konsiliasi tanpa mediasi dapat menjadi pengamanan.
  • MENCIPTAKAN SIKLUS MULIA
  • Jika kita melalui semua ini, akan ada ketiadaan kekerasan langsung yang dilibatkan oleh militer dan yang lain. Dan bekerja pada struktur dan budaya mendorong pada ketiadaan kekerasan struktural, penelitian lambat yang tidak diniatkan tetapi masih oleh struktur ekonomi, politik dan budaya: dan ketiadaan kekerasan budaya yang menggelegasi kekerasan langsung dan atau kekerasan struktural semua ketiadaan ini menambah pada perdamaian negatif. Pendekatan yang lebih sederhana adalah saling menjauhi, tanpa struktur dan budaya bersama.
  • Tetapi peradaban positif akan hilang dilihat pada tabel 2.1.

  • Ini adalah 6 tugas perdamaian, 3 ketiadaan dan 3 kehadiran titik pertama, dengan menghilangkan kekerasan langsung yang menyebabkan penderitaan, struktur yang menyebabkan penderitaan melalui ketidakadilan ekonomi atau dinding politik yang memisahkan orang-orang Yahudi atau Palestina dan tema-tema budaya yang membenarkan diri sendiri atau pihak lain kedua dengan membangun perdamaian langsung struktural dan struktur parafiat bertukar kebaikan layanan, bukan keburukan dan tindakan merugikan, seperti kekerasan. Kerjasama dibangun ke dalam struktur sebagai sesuatu yang otomatis dan berkelanjutan di bawah judul keadilan ekonomi dan kesederajatan pemerintah titik timbal balik, bersama hak, manfaat dan martabat, apa yang anda inginkan untuk diri sendiri juga bersedia untuk diberikan kepada orang lain. Dan kemudian budaya damai menopang dan mendorong semua kehadiran ini dalam siklus perdamaian yang memperkuat diri titik perdamaian sangat holistik. Sehingga tugas yang dikenal sebagai gencatan senjata hanya seperenam dari proses perdamaian yang lengkap namun yang keliru Dianggap sebagai tugas satu-satunya.


  • PENELITIAN, PEMENUHAN KEBUTUHAN-HAK-MARTABAT-, PENGENDALIAN TUJUAN DAN MENGUBAH KEMARAHAN

Mari kita menyimpulkan dengan beberapa penjelasan tentang terapi atau tugas perdamaian yang belum disoroti penelitian pemenuhan kebutuhan- hak - martabat, menahan diri dari tujuan dan mengubah kemarahan titik kebetulan, tidak mempunyai total 7 ditambah 4 terapi = 11,3 tidak 9 karena ada tiga untuk langkah 2.

Hal yang paling penting tentang penelitian perdamaian adalah membuka ruang baru untuk aksi damai, sering dilakukan melalui konseptualisasi titik contohnya adalah triple diagnosis, prognosis, terapi yang diambil dari studi kesehatan titik jelas bahwa diagnosis dan prognosis lebih deskriptif, masalah lalu dan masa depan, karena diagnosis didasarkan pada data, dan hanya masa lalu yang dapat menghasilkan data, sedangkan pada produksi ada proyeksi ke masa depan yang bebas data di sisi lain terapi adalah perspektif pikiran yang mencari akan mengidentifikasi kategori keempat yang hilang resep, atau terapi masa lalu, menjadikan pada waktu itu, apa yang dapat atau seharusnya dilakukan sebagai pertanyaan besar dalam dialog mediasi.

Poin penting tentang kebutuhan hak, martabat adalah status mereka sebagai syarat dasar yang diperlukan bagi perdamaian titik pekerjaan sulit untuk memenuhinya juga dapat disebut pembangunan, atau setidaknya sebagai bagian utama pekerjaan titik itu membuat pembangunan satu syarat untuk perdamaian: tanpa pembangunan tidak ada perdamaian. Tetapi perdamaian juga merupakan syarat untuk pembangunan karena kekerasan menghina semua kebutuhan ia menghina kelangsungan hidup melalui pembunuhan dan Kesehatan melalui cedera dalam perang dan kemudian kebebasan dan nilai represi dan intensitas melalui keterasingan dalam pendudukan berikutnya itu membuat konsep perdamaian dan pembangunan sangat dekat satu sama lain.

Hal penting tentang pengendalian tujuan adalah upaya untuk mencegah konflik dengan menempatkan beberapa pembatasan pada tujuan titik perdebatan batas pertumbuhan dapat berfungsi sebagai contoh yang baik, menggunakan rumusan Gandhi ada cukup untuk kebutuhan setiap orang tetapi tidak untuk keserakahan setiap orang. Batas egoisme adalah salah satu syarat untuk pernikahan yang harmonis dan Apa artinya? Bukan dalam perpisahan untuk mengejar tujuan masing-masing tetapi ucapan selamat datang untuk pertanyaan, apa ini berarti untuk pasangan saya?. Dasarnya terletak pada perbedaan diantara tujuan yang harmonis, tidak harmonis dan tidak peduli idealnya kurva kepuasan bagi pasangan dan anggota keluarga pada umumnya harus selesai Selaras apa yang baik atau buruk untuk satu orang adalah baik atau buruk bagi orang lain tetapi Meskipun demikian keluarga yang harmonis di tingkat atas masyarakat dapat menjadi bencana untuk masyarakat, merampas sarana pembunuhan, dan selanjutnya bagi negara yang harmonis di bagian atas masyarakat dunia. Banyak komunisme dan pandangan ke depan yang diperlakukan untuk analisis konsekuensi Terlewatkan dalam beberapa budaya tertentu.

Paling penting tentang mengendalikan kemarahan adalah upaya untuk memutus hubungan frustasi, agresi atau setidaknya menyisipkan langkah-langkah, penundaan titik menarik nafas dalam-dalam adalah salah satu pendekatan, menguburnya adalah pendekatan lain. Jarang di negara seperti Afghanistan di mana kegagalan untuk merespon negara agresi kebencian dan kekerasan terhadap prestasi penghinaan dihadapi dengan tuduhan anda bukan laki-laki titik kontrol kemarahan mungkin termasuk pelatih respon ucapan seperti ini adalah masalah anda bukan masalah saya, atau lalu apa? Atau mengubah menyalurkan energi kemarahan untuk tujuan yang lebih konstruktif.

 

 

Definisi Perdamaian menurut Johan Galtung Konsep perdamaian pertama kali muncul dari sebuah tulisan karya Johan Galtung. Di mana Galtung memberikan tiga model pendekatan dalam mencapai perdaiamain, yakni peacemaking, peacekeeping, dan peacebuilding. Peacebuilding menjadi konsep pertama yang dicetuskan sendiri oleh Galtung. Pendekatan ini mencoba untuk menghubungkan kekerasan langsung dengan struktural. Perang atau konflik yang terjadi kebanyakan adalah konflik vertikal. Di mana minoritas mencoba bebeaskan diri dari dominasi mayoritas.

            Penelitian perdamaian, menurut Galtung, adalah studi tentang prasyarat untuk mendekati perdamaian atau, setidaknya menghindari perang. Poin mendasar dari perdamaian adalah hubungan yang dibentuk oleh dua pihak atau lebih. Pihak tersebut bisa perseorangan, negara, atau bangsa wilayah atau peradaban. Perdamaian adalah milik kedua belah pihak, hal itu tidak mengurangi pentingnya niat dan kemampuan partai untuk membangun hubungan damai. Peacebuilding merupakan proses pembentukan yang tertutup pada impelemntasi praktis perubahan sosial secara damai melalui rekonstruksi dan pembangunan politik, sosial, serta ekonomi.
            Terdapat tiga dimensi peran aktor dalam proses peacebuilding, yaitu: Mengubah struktural yang kontradiktif Mengubah struktural yang kontradiktif cukup penting untuk mencapai perdamaian yang berkelanjutan. Elemen penting dalam mengubah struktural yang kontradiktif adalah state-building dan demokratisasi.

            Meningkatkan hubungan antara pihak-pihak yang berkonflik Bagian integral dari peacebuilding untuk mengurangi efek dari sebuah konflik. Hal ini dicapai dengan program rekonsiliasi, membangun kepercayaan, membangun komunikasi dan lain-lain.

Mengubah sikap dan perilaku individu Bentuk penguatan kapasitas perdamaian pada masing-masing individu. Hal ini bisa dicapai dengan memberdayakan individu yang sebelumnya terkesampingkan, pemulihan trauma, dan luka psikologis. [1]

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun