PENDIDIKAN CALON GURU PENGGERAK Â ANGKATAN 7 KABUPATEN BANYUWANGI
DEMONSTRASI KONTEKTUAL MODUL 2.2
PEMBELAJARAN SOSIAL DAN EMOSIONAL
Oleh Istiqomah,S.Pd  Tks Budhi Mulyo Cgp Angkatan 7 Kab Banyuwangi
Fasilitator Bapak Dr. Nurul Iskandar,S.Pd,M.MPd
Pengajar Praktik Bapak Suryadi ,S.Pd, M.M
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) BERDIFERENSIASI TERINTEGRASI KOMPETENSI SOSIAL DAN EMOSIONAL ( KSE ) TK (Kelompok A )
Kali ini saya akan memaparkan Modul 2.2.a.6 Demonstrasi Kontekstual tentang Pembelajaran Sosial Emosional yaitu membuat rancangan RPPH berdasarkan KSE belajar siswa dan Penerapan Strategi Sosial Emosional
Pada Demonstrasi Kontekstual kali ini saya membuat RPPH Sosial EMOSIONAL yang Sesuai dengan mata pelajaran yang saya ampu ( Pendidikan Anak Usia Dini ) RPPH yang saya pilih berdasarkan KSE berbasis kesadaran penuh yang akan di integrasikan dalam RPPH tersebut dan sesuai dengan karakteristik murid pada jenjang pendidikan yang saya ampu (TK)
Pembelajaran Sosial Emosional
Merupakan proses pengembangan Ketrampilan, sikap dan nilai-nilai yang diperlukan untuk memperolehkompetensi sosial dan emosional sebagai modal berintegrasi dengan orang lain Selain itu, pembelajaran Sosial Emosional merupakan Pembelajaran yang bertujuan melatih kompetensi sosial emosional peserta didik sehingga tercapai keseimbangan antara kompetensi akademik dan soasial emosional yang dapat mengantarkan mereka menjadi individu-individu yang selamat dan bahagia
Indikator Pembelajaran Sosial dan Emosional yang berkaitan dengan kelas dan Sekolah :
Pengajaran eksplisit Integrasi dalam praktek mengajar guru dan kurikulum akademik Penciptaan iklim kelas dan budaya sekolah Penguatan KSE Pendidik dan tenaga kependidikan (PTK ) di Sekolah
Kesadaran Penuh (Mindfulness)
Kesadaran penuh(mindfulness) menurut Kabat-Zinn ( dalam Hawkins,2017,hal.15) dapat diartikan sebagai kesadaran yang muncul ketika seseorang memberikan perhatian secara sengaja pada kondisi saat sekarang dilandasi rasa ingin tahu(tanpa menghakimi) dan kebaikan (The awarness that arises when we pay attension, on purpose, in the present moment, with curiosity and kindness)
5 Kompetensi Sosial Emosional ( KSE )
Kesadaran Diri (self Awarness) Pengelolaan Diri (Self management) Kesadaran Sosial (Social Awarness) Keterampilan Berelasi (Relation Ship) Pengambilan keputusan yang Bertanggung Jawab
Kesadaran Diri
Contoh
Kemampuan untuk memahami perasaan, emosi, dan nilai-nilai diri sendiri, dan bagaimana pengaruhnya pada perilaku diri dalam berbagai situasi dan konteks kehidupan
Dapat menggabungkan Identitas pribadi dan identitas sosial
Dapat menghubungkan perasaan, pikiran dan nilai-nilai
Mengidentifikasi emosi-emosi dalam diri menununjukkan integritas dan kejujuran
Mengidentifikasi kekuatan/aset diri dan budaya
Management Diri
Mengelola emosi dan melatih fokus) Merupakan kemampuan untuk mengelola emosi, pikiran, dan perilaku diri secara efektif dalam berbagai situasi dan untuk mencapai tujuan dan aspirasi, kita harus bertindak dan bersikap ketika kita sedang menghadapi masalah dalam menjalankan tugas kita sebagai guru, salah satunya dengan mengelola waktu dengan baik dan bersikap positif dalam setiap tindakan contoh : mengelola emosi diri, merancang tujuan pribadi dan bersama
Kesadaran Sosial
Merupakan kemampuan untuk memahami sudut pandang dan dapat berempati dengan orang lain termasuk mereka yang berasal dari latar belakang, budaya, dan konteks yang berbeda-beda Selain itu, kesadaran sosial dapat diartikan bagaimana kita bisa merasakan/mengenali secara mendalam tingkat emosi yang dihadapi dan dapat mengidentifikasi jenis emosi yang dialami seperti sedih, kecewa atau bahagia
Keterampilan Berelasi
Kemampuan untuk membangun dan mempertahankan hubungan-hubungan yang sehat dan suportif, contoh: Berkomunikasi dengan efektif, mengembangkan relasi/hubungan positif, memperlihatkan kompetensi kebudayaan, menunjukkan sikap kepemimpinan dalam kelompok, dapat melawan tekanan sosial yang negatif
Pengambilan keputusan yaang bertanggung jawab
Kemampuan untuk menentukan pilihan-pilihan membangun yang berdasar atas kepedulian, kapasitas dalam mempertimbangkanstandar-standar etis dan rasa aman, dan untuk mengevaluasi manfaaat dan konsekuensi dari bermacam-macam tindakanda perilaku untuk kesejahteraan psikologis (well-being) diri sendiri, masyarakat dan kelompok. Contohny antara lain; menununjukkan rasa ingin tahu dan keterbukaan pikiran, belajar membuat keputudan yng masuk akal setelah menganalisis informasi, fakta dan data, mengantisipasi dan dan mengevaluasi konsekuensi-konskuensi dari tindakannya.
MINDFULNESS
Merupakan kesadaran yang muncul ketika seseorang memberikan perhatian secara sengaja pada saat situasi sekarang, dilandasi rasa ingin tahuan kebaikan untuk melatih mindfulness ini , kita perlu mempelajari teknik STOP
TEKNIK STOP
 merupakan teknik berhenti pada apa yang sedang dilakukan , berhenti sejenak dan mengambil momen penting untuk menyegarkan kembali pikiran/perasaan yang sudah lelah karena pekerjaan
S TOP
Berhenti sejenak dari kegiatan yang dilakukan, ambil jeda sejenak
T AKE A BREATH
Tarik nafas dalam sadari nafas masuk dan keluar rasakan udara yang masuk dan keluar dari hidung kita lakukan 2-3 kali
O BSERVE
Amati apa yang anda rasakan pada tubuh anda dengan intens ,yang didasari rasa ingin belajar dan kebaikan
P ROCEED
Lanjutkan kegiatan dengan perasaan yang lebih tenang
BERIKUT RPPH SOSIAL EMOSIONAL TK (Kelompok A)
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI ( PENERAPAN PSE ) TKS BUDHI MULYO
Â
Â
Semester/Bulan/Minggu : 2 / 1 / 4
Hari/Tanggal / Tahun : Senin/24 Januari 2023
Kelompok usia : 4-5 tahun
Tema/sub tema : Aku sayang Bumi/Benda langit
Kompetensi Dasar : 1.1-3,8-2.14-3.1-4.1-3.4-4.4
Alokasi Waktu : 150 menit
Kegiatan bermain : Kelompok , dengan karakter mandiri
Capaian Pembelajaran : Anak mampu mengenali bagian dari Ciptaan Allah , yaitu Alam beserta isinya yang begitu banyak
Diantaranya benda langit(matahari) sebagai sumber kehidupan semua mahluk hidup
TP / Tujuan Pembelajaran: - Anak mensyukuri dan mempercayai Alam semesta sebagai Ciptaan Tuhan Yang Maha Esa - Anak mampu menjawab pertanyaan yang diberikan guru - Anak mampu menggunting dan menempel bentuk matahari - Anak mampu menyebutkan Alam semesta (Matahari) serta manfaat bagi mahluk hidup - Anak mampu membuat matahari dari balok - Anak terbiasa bersikap mandiri, mengontrol emosinya dalam bermain dan berbagi mainan dengan teman yang lain. Â Â Â Â Â Â
Langkah - langkah Pembelajaran A. Kegiatan Awal ( Pendahuluan ) ( 30 menit) - Menerapkan budaya berbaris, salam dan berdo'a ( NAM: 3.1-4.1 ) - Membaca Surat pendek ice breaking sesuai tema - Guru menanyakan perasaan anak pada hari itu ( Penerapan PSE ) - Appersepsi, mengenalkan kegiatan dan mengingatkan keyakinan kelas - berdiskusi tentang Manfaat matahari
B. Kegiatan pembelajaran/ Inti (60 menit)
Guru menyampaikan materi kegiatan serta tujuan pembelajaran hari itu (Diferensiasi konten)
* Anak - anak diajak berdiskusi tentang kegiatan hari ini yaitu akan belajar tentang ciptaan Allah yaitu matahari. Guru menjelaskan tentang sub tema matahari anak di pacu untuk dapat bertanya kepada teman /guru terkait tema yang diterangkan. Siapa yang tau ini gambar apa ? , siapa yang pernah melihat Matahari ? Matahari itu bersinarnya kapan ya?Hari ini kita akan belajar tentang Matahari, apa saja manfaat Matahari bagi kehidupan kita? * Anak - anak , bunda ada 2 kegiatan hari ini , Untuk Kegiatan satu anak-anak akan menirukan menulis kata Matahari seperti contoh tulisan yang ada di papan tulis, kemudian anak-anak juga akan menempel bentuk matahari yang sudah bunda sediakan * Untuk kegiatan yang ke dua Anak anak bisa mengambil bentuk balok Lingkaran,setengah lingkaran dan segitiga contohnya seperti matahari yang sudah bunda buat
Anak -anakmemilih kegiatan yang diminatinya ( Diferensiasi Proses ) membagi anak-anak menjadi 2 kelompok sesuai dengan minat dan kesiapan belajar anak, guru mengingatkan anak-anak untuk saling bekerja sama ( Penerapan PSE ) * Anak melaksanakan kegiatan sesuai dengan kegiatan yang sudah diinstruksikan guru pada setiap kelompok belajar Kelompok 1 menggunting dan menempel bentuk matahari Seni:4.15 ) kemudian menuliskan nama matahari ( FM:4,3 ) kelompok 2 Mencari balok bentuk lingkara setengah lingkaran dan segitiga kemudian membentuk matahari ( Kog: 3.6 ) Siswa menampilkan hasil kegiatannya hari itu ( Diferensiasi produk ), guru memotivasi anak untuk percaya diri dalam menampilkan hasil karyanya ( Penerapan PSE ) Anak-anak menampilkan hasil kegiatannya , menceritakan apa yang telah dilakukan
C. Istirahat (30 menit)
- Cuci tangan, Berdoa sebelum makan - Berdo'a sesudah makan dan bermain
- Membuang sampah pada tempatnya,lalu Beres - beres mainan yang digunakan ( penerapan PSE )
D. Penutup / Recalling ( 15 menit )
- Menanyakan perasaan selama melaksanakan kegiatan hari ini - menyanyikan lagu Matahari ( Bhs:4.11 ) - Menginformasikan kegiatan besuk - Berdo'a sesudah belajar (surat Al falaq doa sebelum dan sesudah tidur)
E. Evaluasi/Assesment ( 15 menit )
- Melakukan tanya jawab terkait kegiatan kegiatan membuat matahari dari balok dan Menempel matahari - Penilaian unjuk kerja menggunakan instrumen penilaian diantaranya: kerapian, ketepatan, kemandirian dengan kriteria kemampuan yang dicapai B (Belum mampu.).M =(Mampu) - Penilaian Observasi, yang dilakukan selama proses kegiatan anak-anak berlangsung mulai dari kegiatan awal sampai akhir
Proses Kegiatan Akhir
* Bagi anak-anak yang sudah dapat mendengarkan Instruksi dengan baik, dapat menggunting dan menempel, menirukan tulisan matahari , dapat melaksanakan secara mandiri * Bagi anak-anak yang dapat mendengarkan instruksi namun hanya hanya beberapa langkah saja, maka akan di bantu oleh guru untuk mengulangi Instruksi dan menjelaskan Instruksi secara perlahan-lahan * Bagi anak didik yang belum dapat mengikuti Instruksi sama sekali, dapat di bantu oleh guru
Rencana Penilaian Program Pengembangan Kompetensi Dasar Indikator Nilai Agama dan Moral 3.1-4.1 Pembiasaan mengucapkan salam ,serta doa sebelum dan sesudah kegiatan Sosial emosional 1.1 Pengendalian emosi dalam berinteraksi dengan teman Kognitif 3.6. Menyebutkan manfaat dari matahari Bahasa 2.14 Bernyanyi lagu " Matahari " Fisik Motorik 3.4 Mampu membuat matahari dari balok Seni 4.4 Menggunting lalu menempel bentuk matahari dari kertas lipat
Indikator Penilaian Unjuk Kerja
B : Belum Mampu
M : Mampu
Terima Kasih semoga bermanfaat
Tergerak,Bergerak,Menggerakkan
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H