Mohon tunggu...
ISTIQOMAH ISTIQOMAH
ISTIQOMAH ISTIQOMAH Mohon Tunggu... Guru - Guru kelas TKS BUDHI MULYO SARIMULYO CLURING

Guru TKS BUDHI MULYO GP Angkatan 7

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Demonstrasi Kontekstual Modul 2.2

6 Juni 2023   21:05 Diperbarui: 6 Juni 2023   21:08 6297
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PENDIDIKAN CALON GURU PENGGERAK  ANGKATAN 7 KABUPATEN BANYUWANGI

DEMONSTRASI KONTEKTUAL MODUL 2.2

PEMBELAJARAN SOSIAL DAN EMOSIONAL

Oleh Istiqomah,S.Pd  Tks Budhi Mulyo Cgp Angkatan 7 Kab Banyuwangi

Fasilitator Bapak Dr. Nurul Iskandar,S.Pd,M.MPd

Pengajar Praktik Bapak Suryadi ,S.Pd, M.M

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) BERDIFERENSIASI TERINTEGRASI KOMPETENSI SOSIAL DAN EMOSIONAL ( KSE ) TK (Kelompok A )

Kali ini saya akan memaparkan Modul 2.2.a.6 Demonstrasi Kontekstual tentang Pembelajaran Sosial Emosional yaitu membuat rancangan RPPH berdasarkan KSE belajar siswa dan Penerapan Strategi Sosial Emosional

Pada Demonstrasi Kontekstual kali ini saya membuat RPPH Sosial EMOSIONAL yang Sesuai dengan mata pelajaran yang saya ampu ( Pendidikan Anak Usia Dini ) RPPH yang saya pilih berdasarkan KSE berbasis kesadaran penuh yang akan di integrasikan dalam RPPH tersebut dan sesuai dengan karakteristik murid pada jenjang pendidikan yang saya ampu (TK)

Pembelajaran Sosial Emosional

Merupakan proses pengembangan Ketrampilan, sikap dan nilai-nilai yang diperlukan untuk memperolehkompetensi sosial dan emosional sebagai modal berintegrasi dengan orang lain Selain itu, pembelajaran Sosial Emosional merupakan Pembelajaran yang bertujuan melatih kompetensi sosial emosional peserta didik sehingga tercapai keseimbangan antara kompetensi akademik dan soasial emosional yang dapat mengantarkan mereka menjadi individu-individu yang selamat dan bahagia

Indikator Pembelajaran Sosial dan Emosional yang berkaitan dengan kelas dan Sekolah :

Pengajaran eksplisit Integrasi dalam praktek mengajar guru dan kurikulum akademik Penciptaan iklim kelas dan budaya sekolah Penguatan KSE Pendidik dan tenaga kependidikan (PTK ) di Sekolah

Kesadaran Penuh (Mindfulness)

Kesadaran penuh(mindfulness) menurut Kabat-Zinn ( dalam Hawkins,2017,hal.15) dapat diartikan sebagai kesadaran yang muncul ketika seseorang memberikan perhatian secara sengaja pada kondisi saat sekarang dilandasi rasa ingin tahu(tanpa menghakimi) dan kebaikan (The awarness that arises when we pay attension, on purpose, in the present moment, with curiosity and kindness)

5 Kompetensi Sosial Emosional ( KSE )

Kesadaran Diri (self Awarness) Pengelolaan Diri (Self management) Kesadaran Sosial (Social Awarness) Keterampilan Berelasi (Relation Ship) Pengambilan keputusan yang Bertanggung Jawab

Kesadaran Diri

Contoh

Kemampuan untuk memahami perasaan, emosi, dan nilai-nilai diri sendiri, dan bagaimana pengaruhnya pada perilaku diri dalam berbagai situasi dan konteks kehidupan

Dapat menggabungkan Identitas pribadi dan identitas sosial

Dapat menghubungkan perasaan, pikiran dan nilai-nilai

Mengidentifikasi emosi-emosi dalam diri menununjukkan integritas dan kejujuran

Mengidentifikasi kekuatan/aset diri dan budaya

Management Diri

Mengelola emosi dan melatih fokus) Merupakan kemampuan untuk mengelola emosi, pikiran, dan perilaku diri secara efektif dalam berbagai situasi dan untuk mencapai tujuan dan aspirasi, kita harus bertindak dan bersikap ketika kita sedang menghadapi masalah dalam menjalankan tugas kita sebagai guru, salah satunya dengan mengelola waktu dengan baik dan bersikap positif dalam setiap tindakan contoh : mengelola emosi diri, merancang tujuan pribadi dan bersama

Kesadaran Sosial

Merupakan kemampuan untuk memahami sudut pandang dan dapat berempati dengan orang lain termasuk mereka yang berasal dari latar belakang, budaya, dan konteks yang berbeda-beda Selain itu, kesadaran sosial dapat diartikan bagaimana kita bisa merasakan/mengenali secara mendalam tingkat emosi yang dihadapi dan dapat mengidentifikasi jenis emosi yang dialami seperti sedih, kecewa atau bahagia

Keterampilan Berelasi

Kemampuan untuk membangun dan mempertahankan hubungan-hubungan yang sehat dan suportif, contoh: Berkomunikasi dengan efektif, mengembangkan relasi/hubungan positif, memperlihatkan kompetensi kebudayaan, menunjukkan sikap kepemimpinan dalam kelompok, dapat melawan tekanan sosial yang negatif

Pengambilan keputusan yaang bertanggung jawab

Kemampuan untuk menentukan pilihan-pilihan membangun yang berdasar atas kepedulian, kapasitas dalam mempertimbangkanstandar-standar etis dan rasa aman, dan untuk mengevaluasi manfaaat dan konsekuensi dari bermacam-macam tindakanda perilaku untuk kesejahteraan psikologis (well-being) diri sendiri, masyarakat dan kelompok. Contohny antara lain; menununjukkan rasa ingin tahu dan keterbukaan pikiran, belajar membuat keputudan yng masuk akal setelah menganalisis informasi, fakta dan data, mengantisipasi dan dan mengevaluasi konsekuensi-konskuensi dari tindakannya.

MINDFULNESS

Merupakan kesadaran yang muncul ketika seseorang memberikan perhatian secara sengaja pada saat situasi sekarang, dilandasi rasa ingin tahuan kebaikan untuk melatih mindfulness ini , kita perlu mempelajari teknik STOP

TEKNIK STOP

 merupakan teknik berhenti pada apa yang sedang dilakukan , berhenti sejenak dan mengambil momen penting untuk menyegarkan kembali pikiran/perasaan yang sudah lelah karena pekerjaan

S TOP

Berhenti sejenak dari kegiatan yang dilakukan, ambil jeda sejenak

T AKE A BREATH

Tarik nafas dalam sadari nafas masuk dan keluar rasakan udara yang masuk dan keluar dari hidung kita lakukan 2-3 kali

O BSERVE

Amati apa yang anda rasakan pada tubuh anda dengan intens ,yang didasari rasa ingin belajar dan kebaikan

P ROCEED

Lanjutkan kegiatan dengan perasaan yang lebih tenang

BERIKUT RPPH SOSIAL EMOSIONAL TK (Kelompok A)

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI ( PENERAPAN PSE ) TKS BUDHI MULYO

 

 

Semester/Bulan/Minggu : 2 / 1 / 4

Hari/Tanggal / Tahun : Senin/24 Januari 2023

Kelompok usia : 4-5 tahun

Tema/sub tema : Aku sayang Bumi/Benda langit

Kompetensi Dasar : 1.1-3,8-2.14-3.1-4.1-3.4-4.4

Alokasi Waktu : 150 menit

Kegiatan bermain : Kelompok , dengan karakter mandiri

Capaian Pembelajaran : Anak mampu mengenali bagian dari Ciptaan Allah , yaitu Alam beserta isinya yang begitu banyak

Diantaranya benda langit(matahari) sebagai sumber kehidupan semua mahluk hidup

TP / Tujuan Pembelajaran: - Anak mensyukuri dan mempercayai Alam semesta sebagai Ciptaan Tuhan Yang Maha Esa - Anak mampu menjawab pertanyaan yang diberikan guru - Anak mampu menggunting dan menempel bentuk matahari - Anak mampu menyebutkan Alam semesta (Matahari) serta manfaat bagi mahluk hidup - Anak mampu membuat matahari dari balok - Anak terbiasa bersikap mandiri, mengontrol emosinya dalam bermain dan berbagi mainan dengan teman yang lain.            

Langkah - langkah Pembelajaran A. Kegiatan Awal ( Pendahuluan ) ( 30 menit) - Menerapkan budaya berbaris, salam dan berdo'a ( NAM: 3.1-4.1 ) - Membaca Surat pendek ice breaking sesuai tema - Guru menanyakan perasaan anak pada hari itu ( Penerapan PSE ) - Appersepsi, mengenalkan kegiatan dan mengingatkan keyakinan kelas - berdiskusi tentang Manfaat matahari

B. Kegiatan pembelajaran/ Inti (60 menit)

Guru menyampaikan materi kegiatan serta tujuan pembelajaran hari itu (Diferensiasi konten)

* Anak - anak diajak berdiskusi tentang kegiatan hari ini yaitu akan belajar tentang ciptaan Allah yaitu matahari. Guru menjelaskan tentang sub tema matahari anak di pacu untuk dapat bertanya kepada teman /guru terkait tema yang diterangkan. Siapa yang tau ini gambar apa ? , siapa yang pernah melihat Matahari ? Matahari itu bersinarnya kapan ya?Hari ini kita akan belajar tentang Matahari, apa saja manfaat Matahari bagi kehidupan kita? * Anak - anak , bunda ada 2 kegiatan hari ini , Untuk Kegiatan satu anak-anak akan menirukan menulis kata Matahari seperti contoh tulisan yang ada di papan tulis, kemudian anak-anak juga akan menempel bentuk matahari yang sudah bunda sediakan * Untuk kegiatan yang ke dua Anak anak bisa mengambil bentuk balok Lingkaran,setengah lingkaran dan segitiga contohnya seperti matahari yang sudah bunda buat

Anak -anakmemilih kegiatan yang diminatinya ( Diferensiasi Proses ) membagi anak-anak menjadi 2 kelompok sesuai dengan minat dan kesiapan belajar anak, guru mengingatkan anak-anak untuk saling bekerja sama ( Penerapan PSE ) * Anak melaksanakan kegiatan sesuai dengan kegiatan yang sudah diinstruksikan guru pada setiap kelompok belajar Kelompok 1 menggunting dan menempel bentuk matahari Seni:4.15 ) kemudian menuliskan nama matahari ( FM:4,3 ) kelompok 2 Mencari balok bentuk lingkara setengah lingkaran dan segitiga kemudian membentuk matahari ( Kog: 3.6 ) Siswa menampilkan hasil kegiatannya hari itu ( Diferensiasi produk ), guru memotivasi anak untuk percaya diri dalam menampilkan hasil karyanya ( Penerapan PSE ) Anak-anak menampilkan hasil kegiatannya , menceritakan apa yang telah dilakukan

C. Istirahat (30 menit)

- Cuci tangan, Berdoa sebelum makan - Berdo'a sesudah makan dan bermain

- Membuang sampah pada tempatnya,lalu Beres - beres mainan yang digunakan ( penerapan PSE )

D. Penutup / Recalling ( 15 menit )

- Menanyakan perasaan selama melaksanakan kegiatan hari ini - menyanyikan lagu Matahari ( Bhs:4.11 ) - Menginformasikan kegiatan besuk - Berdo'a sesudah belajar (surat Al falaq doa sebelum dan sesudah tidur)

E. Evaluasi/Assesment ( 15 menit )

- Melakukan tanya jawab terkait kegiatan kegiatan membuat matahari dari balok dan Menempel matahari - Penilaian unjuk kerja menggunakan instrumen penilaian diantaranya: kerapian, ketepatan, kemandirian dengan kriteria kemampuan yang dicapai B (Belum mampu.).M =(Mampu) - Penilaian Observasi, yang dilakukan selama proses kegiatan anak-anak berlangsung mulai dari kegiatan awal sampai akhir

Proses Kegiatan Akhir

* Bagi anak-anak yang sudah dapat mendengarkan Instruksi dengan baik, dapat menggunting dan menempel, menirukan tulisan matahari , dapat melaksanakan secara mandiri * Bagi anak-anak yang dapat mendengarkan instruksi namun hanya hanya beberapa langkah saja, maka akan di bantu oleh guru untuk mengulangi Instruksi dan menjelaskan Instruksi secara perlahan-lahan * Bagi anak didik yang belum dapat mengikuti Instruksi sama sekali, dapat di bantu oleh guru

Rencana Penilaian Program Pengembangan Kompetensi Dasar Indikator Nilai Agama dan Moral 3.1-4.1 Pembiasaan mengucapkan salam ,serta doa sebelum dan sesudah kegiatan Sosial emosional 1.1 Pengendalian emosi dalam berinteraksi dengan teman Kognitif 3.6. Menyebutkan manfaat dari matahari Bahasa 2.14 Bernyanyi lagu " Matahari " Fisik Motorik 3.4 Mampu membuat matahari dari balok Seni 4.4 Menggunting lalu menempel bentuk matahari dari kertas lipat

Indikator Penilaian Unjuk Kerja

B : Belum Mampu

M : Mampu

Terima Kasih semoga bermanfaat

Tergerak,Bergerak,Menggerakkan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun