Pendahuluan
Latar Belakang
Pembelajaran berbasis game, atau gamification, mengacu pada penerapan elemen dan prinsip permainan dalam konteks non-permainan untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi peserta didik. Dalam pendidikan, gamification dapat mengubah cara siswa berinteraksi dengan materi pelajaran, menjadikannya lebih menarik dan menyenangkan. Terutama dalam pembelajaran biologi, yang sering kali melibatkan konsep-konsep kompleks dan memerlukan pemahaman mendalam, gamification dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa.
TujuanÂ
1. Menjelaskan konsep dan prinsip gamification dalam konteks pendidikan.
2. Menguraikan cara-cara penerapan gamification dalam pembelajaran biologi.
3. Menyediakan contoh konkret dan studi kasus tentang penggunaan gamification untuk meningkatkan kualitas pembelajaran biologi.
4. Membahas manfaat, tantangan, dan strategi sukses dalam penerapan gamification di kelas biologi.
Konsep dan Prinsip Gamification
a. Definisi Gamification
Gamification adalah penggunaan elemen permainan, seperti poin, lencana, papan peringkat, dan tantangan, dalam konteks non-permainan untuk memotivasi dan meningkatkan partisipasi. Elemen-elemen ini dirancang untuk membuat aktivitas lebih menarik dan menyenangkan, serta untuk mendorong perilaku yang diinginkan.