Lev Vygotsky dan Jean Piaget adalah dua tokoh utama dalam psikologi perkembangan. Meskipun keduanya membahas perkembangan kognitif anak, pendekatan mereka berbeda, terutama dalam melihat hubungan antara sosial dan kognitif.
Teori Lev Vygotsky
Lev Vygotsky menekankan pentingnya interaksi sosial dalam perkembangan kognitif. Menurutnya, pembelajaran terjadi melalui interaksi anak dengan orang lain yang lebih berpengalaman, seperti orang tua, guru, atau teman sebaya.
1. Konsep Utama Teori Vygotsky:
Zona Perkembangan Proksimal (ZPD):
ZPD adalah jarak antara apa yang dapat dilakukan anak sendiri dengan apa yang dapat mereka capai dengan bantuan orang lain. Anak belajar paling efektif ketika mereka dibimbing dalam ZPD.
*Scaffolding:
Scaffolding adalah dukungan sementara yang diberikan oleh orang dewasa atau teman sebaya hingga anak mampu menyelesaikan tugas secara mandiri.
*Peran Bahasa:
Bahasa adalah alat utama dalam perkembangan kognitif dan sosial. Melalui komunikasi, anak mempelajari konsep-konsep baru dan membangun pengetahuan.
*Pembelajaran Sosial: