Mohon tunggu...
Fahrunnisa
Fahrunnisa Mohon Tunggu... Guru - mahasiswa

hobi saya main bola

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Teori Lev Vygotsky dan Jean Piaget Tentang Perkembangan Sosial dan Kognitif

18 Januari 2025   00:12 Diperbarui: 18 Januari 2025   00:12 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Lev Vygotsky dan Jean Piaget adalah dua tokoh utama dalam psikologi perkembangan. Meskipun keduanya membahas perkembangan kognitif anak, pendekatan mereka berbeda, terutama dalam melihat hubungan antara sosial dan kognitif.

Teori Lev Vygotsky

Lev Vygotsky menekankan pentingnya interaksi sosial dalam perkembangan kognitif. Menurutnya, pembelajaran terjadi melalui interaksi anak dengan orang lain yang lebih berpengalaman, seperti orang tua, guru, atau teman sebaya.

1. Konsep Utama Teori Vygotsky:

Zona Perkembangan Proksimal (ZPD):

ZPD adalah jarak antara apa yang dapat dilakukan anak sendiri dengan apa yang dapat mereka capai dengan bantuan orang lain. Anak belajar paling efektif ketika mereka dibimbing dalam ZPD.

*Scaffolding:

Scaffolding adalah dukungan sementara yang diberikan oleh orang dewasa atau teman sebaya hingga anak mampu menyelesaikan tugas secara mandiri.

*Peran Bahasa:

Bahasa adalah alat utama dalam perkembangan kognitif dan sosial. Melalui komunikasi, anak mempelajari konsep-konsep baru dan membangun pengetahuan.

*Pembelajaran Sosial:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun