Mohon tunggu...
Didik Sedyadi
Didik Sedyadi Mohon Tunggu... Administrasi - Suka berdiskusi tentang matematika bersama anak-anak SMAN 1 Majalengka. Hobby menulis. Tinggal di Majalengka Jawa Barat

Suka berdiskusi tentang matematika bersama anak-anak SMAN 1 Majalengka. Hobby menulis. Tinggal di Majalengka Jawa Barat

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Kembalilah Padaku Topaz Aini

18 Februari 2016   01:15 Diperbarui: 6 April 2016   18:44 391
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="sumber gambar : dakwatuna.com"][/caption]Link Sambungan Cerpen Sebelumnya : KAU TERLAMBAT HILAL

Tanggal 18 Februari 2016.

Hilal menunduk. Hatinya gelisah. Lelaki muda itu mencoba untuk melihat berkeliling ke arah tetamu yang hadir. Wajah mereka ceria. Irama degung yang mengalun sejak pukul 07.00 pagi tadi benar-benar menyayat hatinya. Tenggorokannya berkali-kali terasa kering. Air mineral bening di botol tinggal seperempatnya.

Hari ini adalah hari pernikahan Topaz Aini Tri Astuti, rekan sekerja di SMPIT Nurul Aini. Sekitar tiga tahunan Hilal dan Topaz bersama. Hilal memendam rasa cinta yang dalam namun yang hampir tak terucap. Barulah seminggu yang lalu, dalam suasana yang terdesak laki-laki muda itu memaksakan diri untuk menyatakan cinta kepada gadis itu. Hilal tidak mungkin mengatakan cinta ketika Topaz telah menjadi istri orang. Maka dengan logika yang dipilihnya sendiri, ia beranikan diri menyatakan semuanya kepada Topaz. Aku tidak bersalah. Topaz masih lajang, siapapun masih boleh untuk mengatakan apapun kepada Topaz. Demikian pembelaan diri Hilal.

Hilal sangat kecewa. Kadang ia mengutuki dirinya sendiri yang tidak punya keberanian untuk menyatakan cintanya dulu-dulu. Hingga akhirnya dengan caranya sendiri memberi nama yayasan Nurul Aini, ia mencoba menyatakan cintanya kepada Aini, Topaz Aini. Namun semua sia-sia. Topaz tak mengerti untuk siapa nama Aini itu sebenarnya. Mengapa? Mungkin nama Aini begitu banyak. Rahma Aini, Aini Nurbaina, Qurotul Aini, Aini Shofi Nurul Fajri, serta sederet Aini-Aini yang lain.

Terlambat! Kembali Hilal bergumam. Harusnya ia tak berfikir tentang Safira, adik Topaz. Toh dirinya tak pernah menyatakan apapun kepada Safira. Terlambat….., Hilal mengulangi gumamnya. Nafasnya ia hela dalam-dalam. Beberapa jenak kemudian ia hembuskan perlahan. Secara tak sadar tiba-tiba lelaki muda itu menghentakkan kakinya ke lantai. Hilal kaget sendiri. Beberapa orang yang duduk di dekatnya. Kemudian ia mencoba menata duduknya lebih tenang.

"Pengantin berdua dipersilakan menempati tempat yang telah disediakan! Akad nikah akan segera dimulai!

 Terdengar suara dari pengeras suara. Hilal semakin gelisah. Dari kejauhan  tampak kedua calon mempelai memasuki tempat perhelatan sacral yang diidamkan banyak orang. Calon mempelai laki-laki berjalan begitu gagah. Sementara mempelai perempuan dengan make-up yang tebal menyamarkan wajah aslinya. Dari arah Hilal duduk, mempelai datang memunggungi dirinya.

Tata…. Topaz Aini … Topaz Aini Tri Astuti ….., dalam suasana yang mulai mencekam menjelang akad nikah Hilal mengeja nama perempuan yang dicintainya itu. Inilah saat-saat yang akan menjadi sangat bersejarah dalam hidupnya. Sejarah yang sangat menyakitkan. Sejarah yang akan membuat dirinya sangat kecewa, dan mungkin kekecewaan yang tak akan terobati dalam waktu yang lama.

Hilal menelan ludah. Tenggorokannya terasa mengganjal.

Mohon perhatian, dan disaksikan semua hadirin yang terhormat. Hari ini, keluarga bapak Radite Harjasentika berkenan untuk menikahkan putrinya. Mudah-mudahan sebuah keluarga baru yang beberapa detik lagi akan terbentuk, akan selalu mendapatkan perlindungan Allah saat ini, dan di masa-masa yang akan datang.”

Ketika pembawa acara membacakan pengumuman itu, hati Hilal sudah hancur. Saat itu dirinya sudah merasa tak diperhatkan oleh siapapun. Tak ada yang peduli dan mengerti bahwa gadis yang siap dinikahkan seharusnya dengan dirinya.

Beberapa jenak ketika semuanya telah siap, mempelai perempuan diminta untuk meminta ijin ayahnya menikahkan dirinya.

“Ayahanda, hari ini, ananda mohon keridhoan ayah … untuk…. un …. Untuk menikahkan saya dengan calon suami saya ….. demi men….men…. mencari keriii…keridhoan Allah ….. hhh…hhhh…. “ calon mempelai perempuan tak sanggup untuk meneruskan kalimat permintaan kepada ayahnya untuk dinikahkan. Gadis itu menangis. Beberapa tetamu ikut terharu, bahkan ada yang berlinang air mata. Mata Hilal terasa panas. Bibirnya dikatubkannya lekat-lekat.

Karena inti permintaan anaknya telah tersirat, maka ayah Topaz yang memegang microphone menikahkan putrinya:

“Hari ini ayah akan menikahkanmu wahai putriku yang cantik….” kata ayah Topaz . Beberapa sejenak kemudian mengulurkan tangan untuk menjabat tangan calon menantunya itu. Ketika keduanya telah berjabatan tangan, susana hening.

Wahai Ahmad Abdul Fatah, saya nikahkan engkau dengan anakku Safira Cahyaning Pertiwi dengan maskawin sehelai kerudung sutera berwarna biru…..”

Aku terima, nikahnya Safira ….. aku ter… aku terima nikahnya Safira Cahyaning Pertiwi  dengan maskawin sehelai kerudung sutera berwarna biru….. dibayar tunai!

Sah! Sah! Saaaahhh!

Gemuruh hati Hilal. Safira? Yang menikah adalah Safira. Benarkah Safira? Laki-laki itu menyentuh pundak orang di dekatnya.

“Tadi siapa yang menikah Pak?” tanya Hilal dengan gemetar.

“Ahmad … Ahmad Abdul Fatah…..”

“Yang perempuan.”

“Safira… aaah Safira siapa tadi…”

“Bapak tidak salah dengar Pak?”

“Maksudnya?”

Hilal tak menjawab. Dada Hilal semakin gemuruh. Detak jantunnya tak teratur. Mata laki-laki itu jelalatan ke sana ke mari mencari-cari seseorang. Tak ada. Dengan bergegas Hilal menyibak kerumunan orang banyak, ia berlari ke tempat yang sepi menjauh dari kerumunan orang.

Topaz….. Aini … Ainiii…… angkat! Ayo angkat HPmu! Gumam Hilal dengan bibir bergetar. Jemarinya juga tampak bergetar. Tak ada respon. Laki-laki itu mencoba menghubungi sekali lagi.

“Assalamu’alaikum …..” terdengar suara lembut. suara Topaz Aini! Hilal berbinar. Mata laki-laki itu berkaca-kaca.

“Topaz …. di mana kau? Dimana?”

“Kakak di Majalengka?”

“Iya laahhh ini di Majalengka! Di pernikahanmu, tapi ini seperti mimpi! Apa…. apa yang terjadi Topaz? Kenapa harus Safira? Kenapa? Kau di mana Topaz? Di mana?”

“Saya di Talaga kakak….. “

“Jadi benar yang menikah Safira?”

“Hkkk…hhh…..”

“Jangan menangis Topaz … aku segera ke Talaga, tunggu aku, jangan ke mana-mana? Kau ada di rumah bi Maya kan?”

“Hhhh…. Iya Kak, aku di bibi ..”

Saat itu  Hilal tak peduli dengan pernikahan Safira. Sama sekali tak peduli dengan apa yang terjadi dengan keheranan para tetangga juga rekan-rekan Hilal dari sekolah. Meninggalkan perhelatan sakral,  Hilal memacu mobilnya menuju Talaga bagai kesetanan. Wajah Topaz berkelebat. Wajah Hilal tegang. Ini adalah mimpi baginya.

Ting-ting-tong! Telephone. Hilal melihat layar HP. Topaz menghubungi.

“Kakak….”

“Iya… iya Topaz ada… ada apa?”

“Kakak sampai mana?”

“Sangraja, hampir Kawunghilir!”

“Sangraja? Empat menit? Kakak jangan ngebut. Kakak ngebut kan?”

“Oooh… iii… iya…”

“Kakak santai saja, Topaz tidak akan ke mana-mana. Topaz akan tunggu kakak sampai datang.”

Kata-kata Topaz benar-benar sangat berarti bagi Hilal.  Baginya seperti setetes air di padang gersang. Ada sebersit rasa bahagia mendengar nasehat Topaz.

***

Setengah jam perjalanan Hilal sampai di Talaga. Masuk ke arah selatan dari alun-alun kecamatan, ia menuju rumah bibi Maya, adik ibu Topaz. Rumah itu tampak sepi. Namun Hilal melihat bibi Topaz ada di teras.

“Assalaamu’alaikum ibu….”

“Oooh … ini Pak Hilal temannya Topaz kan?”

“Ahhh syukurlah, ibu masih mengenali saya. Benar Bu, saya Hilal, teman Topaz di SMPIT Nurul Aini.”

“Iya … iya … Topaz juga suka cerita tentang Pak Hilal putranya Pak Alim pemilik yayasan.”

“Aaah bisa saja Topaz …. maaf Bu , Topaznya ada?”

“Ada,silakan masuk … sepertinya dia sudah menunggu Pak Hilal dari tadi. Tuh di ruang tamu …”

Perlahan kaki Hilal melangkah. Dadanya gemuruh. Jantungnya berdetak tak beraturan. Laki-laki muda itu berdeham.

Assalamu’alaikum! Hilal memberi salam. Dari dalam terdengar jawaban salam dan mempersilakan masuk. Hilal melangkah perlahan. Dilihatnya Topaz berdiri dengan wajah kuyu.

“Topaz ……”

“Silakan duduk ….”

“Tidak, kamu kenapa Topaz?”

“Tak apa-apa….” katanya melemah. Walaupun mengatakan tak apa-apa, namun ada dua titik air mata di sudut matanya.

“Topaz …. Jangan menangis…..” kata Hilal seraya mendekat kemudian memeluk gadis itu.

“Jangaan kak!”

“Astaghfirullaaahh…… astaghfirullah  … maaaaf….. maaaafff… Topaz, aku hilaf…..” kata Hilal dengan serta merta melepas pelukannya. Wajah Topaz memerah.

Hilal duduk. Keduanya diam. Topaz menunduk.

“Apa yang terjadi Topaz? Jelaskan?”

“Seperti yang kakak lihat, semua rencana berantakan. Lima ratus undangan yang telah ayah sebar akan menjadi sia-sia dan akan ada rasa malu yang harus ditanggung.”

“Kenapa?”

“Keluarga Kang Misbah membatalkan pernikahan. Kang MIsbah sendiri juga berkata begitu.”

“Iya, kenapa? Mengapa bisa semudah itu?”

“Kang Misbah lebih memilih karir. Sepertinya mentalnya belum siap untuk berumah tangga. Setelah lulus magister, lamaran kerjanya di perusahaan minyak di Dubai diterima. Itu intinya.”

“Hanya masalah sepele seperti itu?”

“Bagi kakak itu masalah sepele, mungkin bagi Kang Misbah itu masalah besar. Masalah itu akan menjadi semakin besar jika ia harus menikahiku.”

“Oooo….”

“Ada pernyataan bahwa ia harus sanggup tidak menikah selama tiga tahun ke depan. Inilah keputusannya. Keluarga Kang Misbah membatalkan pernikahan. Dengan permohonan maaf, mereka mencabut kembali ucapannya.”

Hilal menghela nafas dalam. Punggungnya bersandar di punggung sofa. Dilihatnya wajah Topaz yang beberapa kuyu. Hingga beberapa saat keduanya diam.

"Topaz...."

"Ya kak..." 

“Safira yang jadi korban?” tanya Hilal. Topaz terhenyak dengan pertanyaan Hilal. Gadis itu menggeleng.

“Kakak tidak boleh katakan Fira korban."

"Kenapa?"

"Ketika Fira dinikahkan, ayah tertolong. Artinya tetap ada acara hajatan. Bahkan sebenarnya, justru Firalah yang  ingin menikah lebih dulu, setengah tahun yang lalu. Hanya saja ayah melarang, katanya kasihan aku. Jangan mendahului aku”

"Oooo..."

"Safira beruntung kak ....."

“Ooo jadi, Safira sudah punya calon?”

“Ya begitulah … sebenarnya dia juga dulu katanya ragu, kalau-kalau kak Hilal akan menyatakan suka…. tapi dia ancang-ancang ….”

“Apa maksudnya?”

“Katanya kalau kak Hilal menyatakan cinta, Fira akan menolak.”

“Hah? Begitu? Alhamdulillaaah ya Allah ya Rabb!”

“Kenapa bersyukur? Ditolak kok bersyukur?”

“Karena aku ingat nama yayasanku. Namanya apa?”

“Nurul Aini.”

“Ya, itulah, aku bersyukur karena Insya Allah yayasan kita, sekolah kita akan menjadi benar-benar bermakna.”

“Nggak tahu  … apa maksudnya?”

“Topaz ….. aku yakin Topaz juga bersyukur kan?”

“Maksudnya?”

"Nurul Aini .... Aini yang di depanku, Topaz Aini,  tak akan menjadi rahasia lagi. Apa yang aku mimpikan tentang Aini akan menjadi kenyataan .... semoga ini jalannya...."

Hari itu adalah hari yang membahagiakan Hilal. Kegagalan pernikahan Topaz dengan Misbahul Ulum sepertinya menjadi sebuah syare’at baginya. Topaz sendiri tampaknya juga tak terlalu menyesali kejadian itu. Atau memang malah seperti kata-kata Hilal, Topaz bersyukur.

***

Seminggu setelah pernikahan Safira, usai acara kegiatan di sekolah Hilal memanggil Topaz ke ruang yayasan.

“Ada apa Pak?”

“Ssst … ini bukan panggilan dinas… ini panggilan pribadi!”

“Oooo… ada apa kak?”

“Ada hal penting yang akan aku sampaikan.”

“Apa itu kak?”

“Minggu depan, kepengurusan yayasan akan dirombak, tentu semua atas hasil evaluasi. Aku akan diangkat menjadi ketua yayasan.”

“Ooouuww… selamat Pak Hilal!”

“Pak lagi, Pak lagi!”

“Kan ini urusan yayasan, ini urusan dinas.”

“Ini calon rencanaku nanti, bagaimana kalau Topaz jadi pengurus yayasan juga?”

“Ah nggak mau! Malu dengan teman-teman!”

“Topaz… saya masih ingat kata-kata Topaz tentang prinsip keluargamu. Iya nggak?”

“Yang mana kak?”

“Yang mana yang mana! Itu lhooo … nama yayasan Nurul Aini.”

“Bingung saya kak….”

“Astaghfirullah ….. nama itu adalah symbol perhatianku pada Topaz…”

“Hmh ….”

“Bulan depan Topaz harus jadi ibu ketua yayasan!”

“Maksudnya kak?”

“Astaghfirullah … kau ini pura-pura nggak ngerti ya?”

“Hihihi… kan bulan depan ketuanya kak Hilal!”

“Lah iya itu, ituuu …. Aku ketua yayasan, Topaz jadi ibu ketua …. “

“Kakak bercanda?”

“Aku tidak bercanda Topaz, aku hampir terlambat Topaz. Di saat genting dalam hitungan detik, bahkan aku hampir tak menyadari, kebesaran Allah datang dalam hidupku Topaz ....Aku tak ingin kali ini terlambat sungguhan. Aku mencintai Topaz sudah lama ….”

Gadis itu menunduk. Ia sangat paham apa yang diharapkan Hilal. Misteri Safira yang semula diduga menjadi penghambat keduanya untuk saling menyatakan sikapnya, kini terkuak sudah. Safira sudah menikah. Apa lagi? Pikir Hilal.

“Bulan depan saatnya Topaz. Aku serius. Aku ingin mengagumi Aini tidak hanya dalam simbol. Tak ingin menyanjung Topaz hanya dalam mimpi. Tak ingin bercanda dengan Tri Astuti hanya dalam angan-angan ….. aku serius Topaz……. umurku sudah dua puluh delapan tahun. Sudah layak untuk memiliki seorang istri, apalagi calon istrinya …. Masya Allah …… makhluk yang sangat indah dan mengagumkan.”

“Rayuan gombal ….”

“Serius Topaz, bulan depan Topaz akan tahu bagaimana dalamnya kekagumanku selama ini pada gadis yang satu ini memenuhi buku harianku.”

“Kakak mencatatnya?”

“Ya , aku selalu mencatatnya, sebab aku sudah yakin, bahwa Allah akan mengirimkan Topaz untuk aku ….. bukan untuk yang lain."

"Kaak..... aku jadi ingin.... ingin ..... " kata-kata Topaz tertahan. Air matanya berlinang.

"Ingin apa?"

"Ingin nangis..... " kata Topaz sambil menyeka air mata dengan punggung tangannya.

Hilal tersenyum. Ia sangat suka melihat gadis yang dicintainya itu sibuk menyeka air matanya. Tahu dirinya diperhatikan, Topaz berhenti menyeka air mata.

"Ada apa ngelihatin terus?"

"Suka saja ....." kata Hilal sambil tersenyum.

"Iiih..." Topaz tersipu-sipu.

"Makanya nanti buku harianku bisa kita baca bersama. Iya, kita, aku dan kamu. Hilal dan Topaz Aini…..”

Halaman SMPIT Nurul Aini dirasakan Topaz menjadi sebuah lingkungan yang indah. Bahkan ia sendiri malah sering mengeja Nurul Aini berulang-ulang. Setiap mengulang kata itu, ia ingat bahwa laki-laki bernama Hilal-lah yang menciptakannya. Sebuah awal cinta yang diungkapkan secara simbolik, yang semula tak banyak orang yang tahu.

Hari berikutnya, Hilal mengingatkan sekali lagi :

“Pelaminan akan berdiri sebentar lagi, bulan depan …..”

“Tapi harus mencari hari baik ….” kata Topaz pelan.

“Bersama Topaz Aini, semua hari menjadi baik. Semua hari akan membahagiakan. Aku sudah sudah merasakannya, cinta terpendam saja sekian lama aku bahagia … apalagi nanti Topaz ….”

“Aaah ….”

“Senyum cantiiik….. buat kakak!”

Dengan malu-malu gadis itu tersenyum sambil melihat mata Hilal sekilas. Hilal menatap mata Topaz yang indah. Menikmati senyuman manis dalam beberapa detik. Cantik sekali. Jantung Hilal berdegup cepat bahkan tak teratur. Hilal mengatubkan bibirnya. Laki-laki itu tersenyum. Menggelengkan kepala perlahan.

"Masya Allaaahhh ...... Topaaaaz ..... "

Di hati kecil Hilal, ada rasa terima kasih kepada laki-laki bernama Misbahul Ulum yang telah melepas Topaz kembali dalam harapannya. Syareatnya begitu, hakekatnya tetap Allah yang mempertemukan keduanya.***

 

*edisi request seorang ibu guru

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun