LK 3.1 Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Â
Â
Â
Lokasi
SDN 34 Pontianak Kota
Lingkup Pendidikan
Sekolah Dasar
Tujuan yang ingin dicapai
- AKSI 1 :
-  Peserta didik dapat menganalisis proses penyaluran dan distribusi  listrik dari PLTA ke rumah-rumah.
- Â Peserta didik dapat Menyajikan karya tentang berbagai cara melakukan penghematan dari usulan sumber alternatif energi listrik
- AKSI 2:Â
- Pesera didik dapat menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan dan menghemat energi listrik.
- Peserta didik mampu menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca.
- AKSI 3 :
- Pesera didik dapat merancang petunjuk pengisian  formulir pendaftaran
- Peserta didik dapat menganalisis  sifat-sifat  magnet  dalam kehidupan sehari-hari.
- AKSI 4 :
- Peserta didik dapat menganalisis cara membuat magnet dengan gosokan, induksi, dan aliran listrik.
- Menganalisis manfaat teks formulir pengiriman barang dalam kehidupan sehari-hari.
Penulis
Widya Ismi Aulya, S.Pd
Tanggal
- AKSI 1 : 17 Oktober 2022
- AKSI 2 : 31 Oktober 2022
- AKSI 3 : 16 November 2022
- AKSI 4 : 31 November 2022
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
AKSI 1 :
 Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran
ini adalah :
- Peserta didik sungkan untuk mengajukan pertanyaan.
- Peserta didik malu untuk berpendapat.
- Kurangnya kerjasama anatra anggota kelompok
- Â Â
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?
Praktik pembelajaran ini sangat penting bertujuan untuk agar :
- Peserta didik mampu menganalisis proses penyaluran dan distribusi listrik dari PLTA ke rumah-rumah dengan benar.
- Peserta didik mampu menyimpulkan proses penyaluran dan distribusi listrik dari PLTA ke rumah-rumah dengan benar. Peserta didik mampu menyelesaikan skema proses penyaluran dan distribusi listrik dari PLTA ke rumah-rumah dengan urutan yang benar.
- Peserta didik dapat Melaksanakan kegiatan persentasi skema penyaluran dan distribusi listrik ke rumah-
- Peserta didik mampu menelaah isi dari teks  eksplanasi dengan tepat.
- Peserta didik mampu menyimpulkan  informasi penting dari teks dengan benar.
- Peserta didik dapat menentukan hasil penggalian informasi penting dari teks "Proses Penyaluran dan Distribusi Listrik" dengan tepat.
- Peserta didik mampu melaksanakan kegiatan persentasi hasil pengalian informasi penting dari teks pada LKPD dengan benar.
Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini?
Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini yaitu :
Memastikan bahwa kondisi dalam  proses pembelajaran berjalan dengan baik, kondusif sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang terdapat di RPP.
Menjadi fasilitator peserta didik di dalam menguasai pembelajaran sesuai dengan tujuan.Â
AKSI 2Â
Â
Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran
ini adalah :
- Ketika presentasi peserta didik yang masih ragu-ragu dan malu dalam menyampaikan pendapatnya.
- Ketika belajar secara kelompok, peserta didik yang pintar akan lebih dominan dalam kelompoknya.
- Peserta didik takut untuk mengajukan pertanyaan .
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?
Praktik pembelajaran ini sangat penting bertujuan agar :
- Peserta didik mampu menganalisis cara menghemat energi listrik dalam kehidupan sehari-hari dengan benar
- Peserta ddidik mampu mengaitkan hubungan menghemat energi listrik dan globalisasi dengan benar.
- Peserta didik mampu menentukan cara menghemat energi listrik dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
- Peserta didik mampu melaksanakan persentasi  cara menghemat energi listrik dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
- Peserta didik mampu menelaah informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca dengan kalimat sederhana.
- Peserta didik mampu menganalisis informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca menggunakan  kalimat efektif dan kosakata baku dengan sistematis.
- Peserta didik mampu melakukan penggalian informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca menggunakan  kalimat efektif dan kosakata baku dengan sistematis.
- Peserta didik mampu mempresentasikan tentang penggalian informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca menggunakan  kalimat efektif dan kosakata baku dengan sistematis.
Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini?
Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini yaitu :
Memastikan bahwa kondisi dalam  proses pembelajaran berjalan dengan baik, kondusif sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang terdapat di RPP.
Menjadi fasilitator peserta didik di dalam menguasai pembelajaran sesuai dengan tujuan. Â Dan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang terjadi di aksi ke 1.
AKSI 3 :Â
Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran
ini adalah :
- Ketika presentasi peserta didik yang masih ragu-ragu dan malu dalam menyampaikan pendapatnya.
- Ketika belajar secara kelompok, peserta didik yang pintar akan lebih dominan dalam kelompoknya.
- Peserta didik takut untuk mengajukan pertanyaan.
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?
Praktik pembelajaran ini sangat penting bertujuan agar :
- Peserta didik mampu merancang petunjuk pengisian formulir dengan benar.
- Peserta didik mampu menyusun  petunjuk pengisian formulir dengan benar.
- Peserta didik mampu menentukan hasil pengamatan tentang komponen, tujuan, dan manfaat teks formulir dalam kehidupan sehari-hari.
- Peserta didik mampu melaksanakan kegiatan persentasi hasil pengamatan tentang komponen, tujuan, dan manfaat teks formulir dalam kehidupan sehari-hari.
- Peserta didik mampu menganalisis sifat-sifat magnet secara tepat.
- Peserta didik mampu menyimpulkan sifat-sifat magnet secara tepat.Â
- Peserta didik mampu mendesain laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat magnet secara benar.
- Peserta didik mampu melakukan kegiatan presentasi hasil percobaan tentang sifat-sifat magnet secara benar.
Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini?
Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini yaitu :
Memastikan bahwa kondisi dalam  proses pembelajaran berjalan dengan baik, kondusif sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang terdapat di RPP. Mendampingi peserta didik dalam melakukan percobaan sifat-sifat  magnet. Menjadi fasilitator peserta didik di dalam menguasai pembelajaran sesuai dengan tujuan.  Dan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang terjadi di aksi ke 2.
AKSI 4Â
Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran
ini adalah :
- Ketika presentasi peserta didik yang masih ragu-ragu dan malu dalam menyampaikan pendapatnya.
- Ketika belajar secara kelompok, peserta didik yang pintar akan lebih dominan dalam kelompoknya.
- Peserta didik takut untuk mengajukan pertanyaan.
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?
Praktik pembelajaran ini sangat penting bertujuan agar :
- Peserta didik mampu menganalisis cara membuat magnet dengan gosokan, induksi, dan aliran listrik dengan benar.
- Peserta didik mampu merancang langkah-langkah cara membuat magnet dengan gosokan, induksi, dan aliran listrik dengan benar.
- Peserta didik mampu membuat laporan membuat magnet menggunakan benda yang ada di sekitar dengan benar.
- Peserta didik mampu menganalisis manfaat teks formulir pengirirman barang dalam kehidupan sehari-hari dengan benar. Â Peserta didik mampu merancang komponen pada teks formulir pengiriman barang dengan benar.
Setelah berdiskusi dengan teamn kelompok, peserta didik mampu menentukan teks formulir pengiriman barang dengan benar. Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini?
Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini yaitu :
Memastikan bahwa kondisi dalam  proses pembelajaran berjalan dengan baik, kondusif sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang terdapat di RPP. Mendampingi peserta didik dalam melakukan percobaan sifat-sifat  magnet. Menjadi fasilitator peserta didik di dalam menguasai pembelajaran sesuai dengan tujuan.  Dan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang terjadi di aksi ke 2.
Â
Â
Â
Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat?
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?
Yang menjadi suatu tantangan untuk mencapai tujuan tersebut adalah :
- AKSI 1 :
- Mengkondisikan peserta didik ketika pembelajaran  kelompok.
- Â Mengkondisikan peserta didik ketika kegiatan presentasi.
- AKSI 2 :
- Mengkondisikan peserta didik ketika pembelajaran  kelompok.
- Â Mengkondisikan peserta didik ketika kegiatan presentasi.
- Menumbuhkan rasa percaya peserta didik untuk bertanya.
- AKSI 3 :Â
- Mengkondisikan peserta didik ketika pembelajaran  kelompok.
- Mengkondisikan peserta didik ketika kegiatan presentasi.
- Menumbuhkan rasa percaya peserta didik untuk bertanya.
- Peserta didik yang hanya fokus pada percobaannya saja, sehingga mengerjaan laporan yang terdapat di LKPD Â melewati batas waktu yang telah di tentukan
- AKSI 4 :Â
- Peserta didik ketika melakukan percobaan membuat magnet  tidak mengikuti langkah-langkah di LKPD, sehingga memunculkan pertanyyan berulang ke guru.
Siapa saja yang terlibat?
Guru terlibat sebagai pengajar
Peserta didik terlibat sebagai subjek penelitian
Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
- AKSI 1 Â :Â
- Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut:Â
- Mengkomunikasikan peserta didik ketika pembelajaran secara kelompok agar mengikuti pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah yang terdapat di LKPD
- Mendampingi dan memimpin peserta didik ketika melakukan presentasi dan tanya jawab
Strategi apa yang digunakan?
Strategi yang digunakan guru dalam pemilihan model pembelajaran inovatif yaitu dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) serta memahami karakteristik peserta didik dan karakteristik materi
Bagaimana prosesnya?
Proses pemilihan model ini dilakukan dengan cara:
Tahap 1 : Orientasi peserta didik pada masalahÂ
Peserta didik menonton video tentang gangguan penyaluran listrik
Peserta didik diberikan  kalimat pemantik berdasarkan video yang ditonton oleh peserta didik (critical thinking)
Tahap 2:Mengorganisasikan peserta didik  untuk belajar
Peserta didik di bimbing guru untuk membentuk kelompok
Peserta didik diberikan  tugas kelompok untuk menyelesaikan masalah dengan mengerjakan LKPD.
Peserta didik dibagikan beberapa artikel pendukung sebagai bahan untuk menemukan informasi terkait masalah.
Peserta didik berdiskusi dan membagi tugas untuk mencari data/bahan yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah. (Collaboration)
Tahap 3 : Membimbing Penyelidikan individu maupun kelompok
Peserta didik melakukan penyelidikan (mencari data/referensi/sumber) untuk bahan diskusi mengenai proses penyaluran dan distribusi listrik dalam mengerjakan LKPD. (Collaboration)
Peserta didik  di awasi atas keterlibatan  dalam berdiskusi dan peserta didik diberi kesempatan bertanya apabila menemukan kesulitan dalam pengerjaan LKPD.
Â
Tahap 4 : Mengembangkan dan menyajikan hasil karyaÂ
Peserta didik melakukan diskusi untuk menentukan solusi pemecahan masalah (collaboration, critical thinking)
Peserta didik melengkapi skema penyaluran dan distribusi listrik untuk memudahkan membuat  pemecahan masalah. (creativity)
Peserta didik dari perwakilan kelompok menyajikan hasil kerja di depan kelas (communication)
Peserta didik dan guru mengamati presentasi hasil diskusi masing-masing kelompok
Â
Tahap 5 : Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
Anggota kelompok  di bimbing guru untuk  memberikan tanggapan kepada kelompok lain. (communication)
Setiap kelompok membuat kesimpulan berdasarkan masukan yang diberikan oleh kelompok lain
Peserta didik diberikan penguatan berupa materi pendukung (Teks Eksplanasi) mengenai penyaluran energi listrik.
Peserta didik diberikan penilaian dan masukan atas hasil pekerjaan peserta didik yang telah didiskusikan.
Peserta didik dibimbing untuk membuat kesimpulan berdasarkan materi yang telah didiskusikan
Peserta didik diarahkan untuk bertanya apabila masih ada yang belum dimengerti dari hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Siapa saja yang terlibat?Â
- Guru terlibat dalam mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan praktek pembelajaran serta mengkondisikan siswa.
- Dosen dan Guru pamong
- Kamerawan terlibat dalam hal pengambilan video praktek pembelajaran yang dilaksanakan
- Peserta didik terlibat sebagai subyek penelitian
Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini?
Yang diperlukan dalam melaksanakan strategi ini yaitu : Alat dan bahan yang digunakan diantaranya laptop, lcd proyektor, Sumber biaya berasal dari guru yang melaksanakan praktek pembelajaran inovatif.
- AKSI KE 2 :
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut:Â
- Mengkomunikasikan peserta didik ketika pembelajaran secara kelompok agar mengikuti pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah yang terdapat di LKPD
- Mendampingi dan memimpin peserta didik ketika melakukan presentasi dan tanya jawab.
- Memfasilitasi peserta didik untuk dilatih agar  percaya diri dalam mengungkapkan pertanyaan yang muncul di fikirannya yang dijadikan permasalahan yang akan di sesesaikan juga secaara bersama.
Strategi apa yang digunakan?
Strategi yang digunakan guru dalam pemilihan model pembelajaran inovatif yaitu dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) serta memahami karakteristik peserta didik dan karakteristik materi
Bagaimana prosesnya?
Proses pemilihan model ini dilakukan dengan cara:
Tahap 1 : Orientasi peserta didik pada masalahÂ
- Peserta didik mengamati gambar melalui powerpoint tentang pemborosan penggunaan energi listrik.
- Peserta didik diberikan  kalimat pemantik berdasarkan video yang ditonton oleh peserta didik
Tahap 2:Mengorganisasikan peserta didik  untuk belajar
- Peserta didik di bimbing guru untuk membentuk 8 kelompok yang berangotakan 4 anak
- Peserta didik diberikan tugas kelompok untuk menyelesaikan masalah dengan mengerjakan LKPD.
- Peserta didik  dibagikan beberapa artikel pendukung sebagai bahan untuk peserta didik menemukan informasi terkait masalah.
- Peserta didik berdiskusi dan membagi tugas untuk mencari data/bahan yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah. (Collaboration)
Tahap 3 : Membimbing Penyelidikan individu maupun kelompok
- Peserta didik melakukan penyelidikan (mencari data/referensi/sumber) untuk bahan diskusi mengenai penghematan energi dan hubungannya dengan globalisasi dalam mengerjakan LKPD. (Collaboration)
- Peserta didik diberi kesempatan bertanya apabila menemukan kesulitan dalam pengerjaan LKPD.
Tahap 4 : Mengembangkan dan menyajikan hasil karyaÂ
- Peserta didik melakukan diskusi untuk menentukan solusi pemecahan masalah (collaboration, critical thinking)
- Peserta didik menuliskan 5 cara menghemat energi listrik untuk memudahkan membuat  pemecahan masalah. (creativity)
- Peserta didik dari perwakilan kelompok menyajikan hasil kerja di depan kelas (communication)
- Peserta didik dan guru mengamati presentasi hasil diskusi masing-masing kelompok
Tahap 5 : Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
- Perwakilan kelompok di bimbing guru untuk memberikan tanggapan ke kelompok . (communication)
- Setiap kelompok membuat kesimpulan berdasarkan masukan yang diberikan oleh kelompok lain
- Peserta didik diberikan penguatan berupa materi pendukung (Teks Eksplanasi) mengenai penghematan penggunaan energi listrik.
- Peserta didik diberikan penilaian dan masukan atas hasil pekerjaan peserta didik yang telah didiskusikan.
- Peserta didik dan guru  membuat kesimpulan berdasarkan materi yang telah didiskusikan
- Â Peserta didik diarahkan untuk bertanya apabila masih ada yang belum dimengerti dari hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Siapa saja yang terlibat?Â
- Guru terlibat dalam mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan praktek pembelajaran serta mengkondisikan siswa.
- Dosen dan Guru pamong
- Kamerawan terlibat dalam hal pengambilan video praktek pembelajaran yang dilaksanakan
- Peserta didik terlibat sebagai subyek penelitian
Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini?
Yang diperlukan dalam melaksanakan strategi ini yaitu : Alat dan bahan yang digunakan diantaranya laptop, lcd proyektor, dan speaker. Sumber biaya berasal dari guru yang melaksanakan praktek pembelajaran inovasI
- AKSI 3 :
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut:Â
- Mengkomunikasikan peserta didik ketika pembelajaran secara kelompok agar mengikuti pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah yang terdapat di LKPD
- Mendampingi dan memimpin peserta didik ketika melakukan presentasi dan tanya jawab.
- Memfasilitasi peserta didik untuk dilatih agar  percaya diri dalam mengungkapkan pertanyaan yang muncul di fikirannya yang dijadikan permasalahan yang akan di sesesaikan juga secaara bersama.
- Membiasakan dan memberikan motivasi peserta didik untuk selalu berani tampil ke depan kelas, berpendapat dan mengutarakan ide idenya.
Strategi apa yang digunakan?
Strategi yang digunakan guru dalam pemilihan model pembelajaran inovatif yaitu dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) serta memahami karakteristik peserta didik dan karakteristik materi
Bagaimana prosesnya?
Proses pemilihan model ini dilakukan dengan cara:
Fase 1 ( Orientasi peserta didik kepada masalah )
- Guru bertanya kepada siswa:  Apakah anak-anak  pernah melihat hiasan yang bisa menempel pada pintu kulkas?
- Peserta   didik   mengamati   macam-macam gambar benda yang ada magnetnya.
- Peserta  didik  mengamati  teks  formulir   yang terdapat  dalam  Buku  Siswa
Fase2( Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar )
- Perseta didik duduk pada kelompoknya masing-masing.
- Peserta didik diberikan kesempatan bertanya tentang materi pelajaran.
- Peserta didik  mengemukakan pertanyaan tentang sifat-sifat  magnet.Â
- Peserta didik mengungkapkan pendapat mereka  tentang sifat-sifat   magnet.Â
- Peserta didik mengemukakan pertanyaan terkait formulir.
- Peserta didik mengungkapkan pendapat mereka  tentang  formulir.    Â
Fase 3( Membantu penyelidikan mandiri dan kelompok )
- Peserta  didik  menerima  lembar  kerja  peserta didik (LKPD) untuk mengamati sifat-sifat magnet.
- Peserta  didik  menerima  lembar  kerja  peserta didik (LKPD) untuk mengamati formulir.
- Peserta  didik  menyelesaikan  permasalahan yang terdapat pada lembar kerja peserta didik (LKPD).
- Perwakilan  kelompok  menulis  jawaban  pada lembar kerja peserta didik ( LKPD ).
- Bersama   kelompok   peserta   didik   diminta mencermati  dan  memahami sifat-siafat magnet.
- Perwakilan kelompok menuliskan jawaban pada lembar kerja peserta didik ( LKPD ).
- Bersama kelompok eserta didik menganalisis berbagai jenis formulir.
- Perwakilan  kelompok  kemudian  menuliskan jawaban  pertanyaan  tentang  formulir  pada lembar kerja peserta didik ( LKPD ).
- Peserta didik mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk percobaan sifat-sifat magnet.
- Peserta  didik  diminta  mencermati  tujuan  percobaan,  yaitu  mengidentifikasi  sifat-sifat magnet.
- Peserta didik memperhatikan LKPD yang ditampilkan pada tayangan slide power point.
- Peserta didik melakukan percobaan dengan panduan LKPD yang ditampilkan pada slide power point
- Peserta didik membuat laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat magnet.
- Peserta didik memperhatikaan video youtube yang ditayangkan pada layar slide powerpoint dengan seksama
- Peserta didik mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk percobaan sifat-sifat magnet.
- Peserta  didik  diminta  mencermati  tujuan  percobaan,  yaitu  mengidentifikasi  sifat-sifat magnet.
Â
Fase 4 (Mengembangkan dan menyajikan hasil karya)
Â
- Masing-masing kelompok membuat kesimpulan dari LKPD yang telah dikerjakan.
- Perwakilan   kelompok   menyampaikan   hasil diskusi.
- Peserta didik dari kelompok lain diberi kesempatan untuk bertanya atau memberi komentar.
- Â Peserta didik mempresentasikan hasil percobaan tentang sifat-sifat magnet,peserta didik yang lain menanggapi
Â
Fase 5 (Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah)
- Guru menanggapi jawaban hasil diskusi kelompok.
- Peserta didik diberi kesempatan bertanya mengenai materi yang belum dipahami.
- Peserta didik diberikan kesempatan untuk menyampaikan hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
- Guru memberikan penguatan dan kesimpulan.
Â
Siapa saja yang terlibat?Â
- Guru terlibat dalam mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan praktek pembelajaran serta mengkondisikan siswa.
- Dosen dan Guru pamong
- Kamerawan terlibat dalam hal pengambilan video praktek pembelajaran yang dilaksanakan
- Peserta didik terlibat sebagai subyek penelitian
Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini?
  Yang diperlukan dalam melaksanakan strategi ini yaitu : Alat dan bahan yang digunakan diantaranya laptop, lcd proyektor,speaker,as, kertas kosong, penggaris bahan plastik, pulpen, pensil, kawat, paku payung magnet, paku, dan klip kertas . Sumber biaya berasal dari guru yang melaksanakan praktek pembelajaran inovatif.
AKSI 4 :
Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut:Â
- Mengkomunikasikan peserta didik ketika pembelajaran secara kelompok agar mengikuti pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah yang terdapat di LKPD
- Mendampingi dan memimpin peserta didik ketika melakukan presentasi dan tanya jawab.
- Memfasilitasi peserta didik untuk dilatih agar  percaya diri dalam mengungkapkan pertanyaan yang muncul di fikirannya yang dijadikan permasalahan yang akan di sesesaikan juga secaara bersama.
Strategi apa yang digunakan?
Strategi yang digunakan guru dalam pemilihan model pembelajaran inovatif yaitu dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) serta memahami karakteristik peserta didik dan karakteristik materi
Bagaimana prosesnya?
Proses pemilihan model ini dilakukan dengan cara:
     Fase 1 Orientasi peserta didik terhadap masalahÂ
Peserta didik menyimak lagu "Cara Membuat Magnet" yang ditampilkan guru melalui LCD.
 Peserta didik dan guru bernyanyi bersama lagu "Cara Membuat Magnet".
Peserta didik mengajukan pertanyaan dari lagu yang dinyanyikan.
 Peserta didik bersama guru menjawab pertanyaan yang diajukan peserta didik.
      Fase 2 Mengorganisasi peserta didik untuk belajar.
Peserta didik dibagi ke dalam 8 kelompok beranggotakan 4 -- 5 orang peserta didik.
Peserta didik bersama kelompoknya diarahkan untuk melakukan eksperimen cara membuat magnet.
Perwakilan setiap kelompok mengambil kartu untuk menentukan percobaan yang akan dilakukan yaitu gosokan, induksi atau elektromagnet.
Tiap kelompok dibagikan LKPD 1.
Peserta didik diberi kesempatan membaca petunjuk LKPD 1.
Fase 3 Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok.Â
Peserta didik menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk melakukan percobaan.
Peserta didik bersama teman kelompoknya melakukan eksperimen membuat magnet.
   Fase 4 Mengembangkan dan menyajikan karya.
Peserta didik menuliskan hasil eksperimennya pada sebuah laporan yang terdapat pada LKPD.
Peserta didik mempresentasikan hasil laporan eksperimen kelompok secara bergantian tiap kelompoknya.
     Fase 5 Menganalisis dan mengevaluasi proses  pemecahan masalah.
Guru memberi penguatan dari presentasi kelompok.
 Peserta didik bersama guru melakukan refleksi dari kegiatan eksperimen.Â
Peserta didik bersama guru melakukan ice breaking.
Peserta didik diarahkan ke materi formulir pengiriman barang.
Peserta didik mengamati slide powerpoint petunjuk pengisian formulir.Â
Peserta didik dibagikan LKPD 2.
Peserta didik mengerjakan LKPD 2 secara berkelompok
Peserta didik menjawab bersama LKPD 2.
Siapa saja yang terlibat?Â
- Guru terlibat dalam mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan praktek pembelajaran serta mengkondisikan siswa.
- Dosen dan Guru pamong
- Kamerawan terlibat dalam hal pengambilan video praktek pembelajaran yang dilaksanakan
- Peserta didik terlibat sebagai subyek penelitian
Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini?
  Yang diperlukan dalam melaksanakan strategi ini yaitu : Alat dan bahan yang digunakan diantaranya laptop, lcd proyektor,speaker,as, kertas kosong, penggaris bahan plastik, pulpen, pensil, kawat, paku payung magnet, paku, dan klip kertas . Sumber biaya berasal dari guru yang melaksanakan praktek pembelajaran inovatif.
Refleksi Hasil dan dampakÂ
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Â Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah langkah yang dilakukan .
AKSI 1 :Â
- Penggunaan media berupa slide power point  sangat membantu pemahaman peserta didik dalam menerima pembelajaran yang disampaikan
- Pemilihan model pembelajaran Inovatif PBL dan aktivitas pembelajaran berpusat pada peserta didik sangat membantu dalam meningkatkan partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran.
- Perubahan yang signifikan terjadi pada tingkah laku, keterampilan karakteristik peserta didik saat pembelajaran berlangsung.
AKSI 2 :Â
- Penggunaan media berupa slide power point  sangat membantu pemahaman peserta didik dalam menerima pembelajaran yang disampaikan.
- Penayangan video sangat menarik perhatian peserta didik sehingga, peserta didik mengetahui dampak pemborosan energi listrik. Dan  tujuan menghemat  energi listrik.
- Pemilihan model pembelajaran Inovatif PBL dan aktivitas pembelajaran berpusat pada peserta didik sangat membantu dalam meningkatkan partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran.
- Perubahan yang signifikan  menjadi lebih baik terjadi pada tingkah laku, keterampilan karakteristik peserta didik saat pembelajaran berlangsung.
AKSI 3 :Â
- Penggunaan media berupa slide power point  sangat membantu pemahaman peserta didik dalam menerima pembelajaran yang disampaikan.
- Penayangan video sangat menarik perhatian peserta didik sehingga, peserta didik mengetahui dampak pemborosan energi listrik. Dan  tujuan menghemat  energi listrik.
- Pemilihan model pembelajaran Inovatif PBL dan aktivitas pembelajaran berpusat pada peserta didik sangat membantu dalam meningkatkan partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran.
- Percobaan benda magnetis dan non magnetis melibatkan peserta didik terlibat aktif secara langsung
- Perubahan yang signifikan  menjadi lebih baik terjadi pada tingkah laku, keterampilan karakteristik peserta didik saat pembelajaran berlangsung.
AKSI 4 :Â
Â
- Penggunaan media berupa slide power point  sangat membantu pemahaman peserta didik dalam menerima pembelajaran yang disampaikan.
- Mengubah lirik lagu "menanam jagung" menjadi 3 cara membuat magnet membuat peserta didik menjadi antusias yang bersemangat untuk menyanyikannya, sehingga dengan menyanyikan lagu tersebut mereka mengetahui 3 cara membuat magnet
- Pemilihan model pembelajaran Inovatif PBL dan aktivitas pembelajaran berpusat pada peserta didik sangat membantu dalam meningkatkan partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran.
- Percobaan membuat magnet peserta didik terlibat aktif secara langsung
- Perubahan yang signifikan  menjadi lebih baik terjadi pada tingkah laku, keterampilan karakteristik peserta didik saat pembelajaran berlangsung.
Â
Apakah hasilnya efektif Atau tidak efektif ?Â
Sebagian besar peserta didik merasa senang dalam pembelajaran inovatif seperti ini, Â pengkondisian kelas yang baik, dan peserta didik terlibat secara langsung pembelajaran menggunakan media pembelajaran yang menarik.
Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan?
Secara umum kegiatan presentasi dan diskusi kelompok yang dilakukan  ketika goggle meet oleh  dosen , guru pamong  dan rekan sejawat mengenai praktek pembelajaran yang saya lakukan mendapaatkan tanggapan dan saran  yang harus saya perbaiki agar di pembelajaran selanjutnya lebih baik.
Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan?Â
Faktor keberhasilan ataupun ketidakberhasilan dalam praktek pembelajaran ini yaitu persiapan yang dilakukan, karena kalau persiapan kita sudah maksimal, maka pembelajaran yang akan dilaksanakan akan berpeluang baik dibandingkan dengan pembelajaran yang tanpa persiapan.
Â
Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut?
- Secara umum praktek pembelajaran yang saya laksanakan telah berhasil membuat peserta didik semakin mudah mengerti mengenai pembelajaran yang saya sampaikan
- Melatih perserta didik untuk saling menghargai pendapat teman kelompok, menumbuhkan rasa kerjasama kekompokan, Â menumbuhkan rasa tanggung jawab tinggi.
- Menumbuhkan rasa percaya n  peserta didik untuk tampil di depan kelas.
Â
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H