Â
BAB I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang
      Perkembangan motorik dibedakan menjadi motorik kasar dan motorik halus. Keduanya sangat berpengaruh  terhadap perkembangan Anak Usia Dini oleh organ dan fungsi sistem susunan syaraf  pusat. Endang Rini Sukamti(200:15) menyatakan perkembangan motorik merupakan proses kemasakan atau gerak yang langsung melibatkan otot-otot untuk bergerak dan proses pensyarafan yang menjadikan seorang mampu menggerakkan tubuhnya.
        Pada Anak Usia Dini yang sering dijumpai pada pendidikan Taman Kanak-Kanak perkembangan motorik kasar anak dapat terlihat dari kematangan anak  itu sendiri, Perkembangannya diiringi dengan proses pertumbuhan secara genetis atau kemampuan duduk, menendang, berjalan, berlari. Sedangkan  pada motorik halus Anak Usia Dini gerakan yang dilakukan menggunakan otot-otot halus sebagian anggota tubuh yang didapat dari proses belajar dan berlatih.Salah satunya yaitu kegiatan pembelajaran menggunting.
        Salah satu standar tingkat pencapaian anak (STPPA) usia 5-6 tahun dalam bidang pengembangan motorik halus adalah anak mampu melakukan kegiatan mengunting sesuai pola. Dalam proses pembelajaran di TK DWP Wedani di temukan anak kelompok B yang ternyata masih mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan menggunting sesuai pola dengan rapi, dari 18 anak hanya 1 anak(7%) yang mampu sesuai harapan. Terkait dari hal itu akan dilakukan pemecahan masalah dari kegiatan menggunting sesuai pola melalui metode demonstrasi. Karena anak masih mendapatkan hasil yang kurang optimal setelah melakukan kegiatan menggunting. Dalam kegiatan menggunting, anak perlu di beri motivasi, stimulus ataupun dorongan agar termotivasi dalam mengembangkan motorik halusnya.
- Fokus Penelitian
Setelah diadakan observasi di kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate maka peneliti berfokus pada salah satu kegiatan yaitu kegiatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan " menggunting sesuai pola dengan metode demonstrsi "
Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuna untuk:
- Mengumpulkan data mengenai :
- Alasan pendidik melakukan kegitan "Mengguntung sesuai pola dengan metode demonstrsi"
- Tujuan pendidik melakukan kegiatan "Mengguntung sesuai pola dengan metode demonstrsi"
- Membuat analisis kritis mengenai kegiatan " Peningkatan menggunting sesuai pola dengan metode demonstrasi"
- Â
- Manfaat Perbaikan
Penelitian ini bermanfat untuk :
- Manfaaat teoritis
- Penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak
- Manfaat Praktis
- Meningkatkan kemampuan menggunting sesuai pola
- Meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak dan menjadikan anak lebih sabar, ulet, telaten dalam berbagai macam kegiatan yang dilakukan
- Dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan dalam kegiatan meningkatkan kemanpuan motorik halus pada anak
BAB II
LANDASAN TEORI
Pengertian Keterampilan Motorik
   Menurut Lutan (1988), mengemukakan keterampilan motorik merupakan sebuah proses seorang mengembangkan seperangkat respon terhadap suatu gerak yang terkoordinasi, terorganisasi, dan terpadu. Dalam kemampuan motorik pelaksanaan dan peragaan keterampilan yang melekat di masa kanak-kanak berpengaruh dari kemampuan motorik anak itu sendiri. Faktor biologis sangat berpengaruh terhadap kemampuan dasar seseorang, dari situlah kemampuan motorik dasar berperan sebagai landasan bagi ketrampilan.
   Dengan mampu dalam melakukan gerak halus akan sangat mudah mengembangkan keterampilan gerak tubuh. Perkembangan motorik anak sangat bergantung pada kematangan otot dan syaraf. Setelah mekanisme otot berkembang maksimal maka gerakan terampil akan dapat dikuasai. Dalam belajar keterampilan motorik tidak akan terjadi jika system syaraf dan otot belum matang. Melalui keterampilan motoriknya anak dapat menghibur diri dan memiliki perasaan senang. Pada Anak Usia Dini akan sangat lebih mudah mengembangkan motoriknya karena tubuh anak lebih lentur.
    Mengembangkan kemampuan motorik sangat di perlukan anak agar mereka dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Seefel (dalam Moelichaton, 1999) (2015:1.12), menggolongkan tiga keterampilan anak, yaitu:
    1. Keterampilan lokomotorik, seperti: berjalan, berlari, meloncat, meluncur.
   2. Keterampilan nonlokomotorik (menggerakkan tubuh dengan anak diam di tempat): mengangkat, mendorong, melengkung, berayun, menarik.
   3. Keterampilan memproyeksi dan menerima benda, seperti: menangkap, melempar.
     Hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam mempelajari keterampilan motorik adalah kesiapan belajar, kesempatan belajar, kesempatan berpraktik, motivasi, sikap belajar individu, dipelajari secara satu persatu. Cara mempelajarinya yaitu dengan belajar untuk selalu mencoba, meniru, dan pelatihan.
B. Â Pengertian Motorik Halus
Motorik halus merupakan pengorganisasian penggunaan sekelompok otot-otot kecil seperti jari jemari dan tangan yang membutuhkan kecermatan dan koordinasi dengan tangan,keterampilan yang dapat digunakan untuk mengerjakan suatu objek Sumantri (2005:143). Gerakan yang hanya mengunakan otot kecil atau tidak begitu besar tenaga yang dikeluarkan itu juga merupakan motorik halus yang dikemukakan Hurlock (1978). Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) usia 5-6 Tahun dalam motorik Halus menjelasakan Anak harus mampu:
1. Menggambar sesuai gagasannya
2. Meniru bentuk
3. Melakukan eksplorasi dengan melakukan berbagai media dan kegiatan
4. Menggunakan alat tulis dan alat makan dengan benar
5. Menggunting sesuai dengan pola
6. Menempel gambar dengan tepat
7. Mengekspresikan diri melalui menggambar gerakan secara rinci.
     Gerakan motorik halus anak sudah mulai berkembang pesat di usia kira-kira tiga  tahun.  Di usia ini anak sangat mudah sekali meniru apapun gerakan yang dilakukan oleh orang dewasa atau orang tuanya, meski  peniruan yang dilakukan anak dari apa yang dilihat tidak sempurna yang dilakukan orang dewasa.
C. Pengertian Metode Demonstrasi
      Metode Demonstrasi merupakan metode yang dilakukan dengan cara memperagakan serangkaian tindakan berupa gerakan  yang menggambarkan cara kerja atau urutan proses sebuah peristiwa/kejadian. Muhibbin Syah (2000) menyatakan bahwa metode demonstrasi adalah metode mengajar dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan, dan urutan melakukan suatu kegiatan, baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasa atau materi yang yang disajikan. Syaiful Bahri Ojamarah, menyatakan bahwa metode demonstrasi adalah metode yang digunakan untuk memperlihatkan suatu proses atau cara kerja suatu benda yang berkenaan dengan bahan pelajaran. Metode Demonstrasi berfungsi untuk:
Memberikan ilustrasi dalam menjelaskan informasi kepada anak,melihat secara langsung bagaimana suatu peristiwa terjadi akan lebih menarik dan mrangsang perhatian anak
Meningkatkan daya pikir anak usia dini,meningkatkan kemampuan mengenal, mengingat, berpikir konvergen, dan berpikir evaluatif
      Manfaat psikologis pedagosis dari metode demonstrasi secara umum sebagai berikut:
Perhatian anak dapat lebih dipusatkan
Proses belajar anak lebih terarah pada materi yang sedang di pelajari
Pengalaman dan kesan sebagai hasil pembelajaran lebih melekat dalam diri anak
D. Pengertian dan Tujuan Menggunting
      Menggunting adalah kegiatan motorik halus yang sebelumnya dari kegiatan meremas dan merobek kertas pada anak usia dini. Berbagai bentuk aneka kerajinan tangan,bentuk hiasan dan gambar dengan memakai alat bantu pemotong itu juga disebut menggunting. Dikemukakan oleh Sumantri(dalam Indriyani 2014:20) bahwa menggunting adalah memotong berbagai aneka kertas atau bahan lain dengan mengikuti alur,garis,atau bentuk tertentu. Koordinasi mata dan tangan dapat berkembang melalui kegiatan mengunting. Dalam kegiatan menggunting beberapa hal yang perlu dipersiapkan yaitu:
- Menyiapkan gunting
Bagi anak di beri gunting yang bagian depannya agak tumpul agar tidak membahayakan.
- Menyiapkan kertas yang akan digunting sebagai tahap perkembangan menggunting anak yang berbeda, seperti :
Kertas polos (tidak diberi pola)
Kertas dengan pola garis sejajar penuh
Kertas dengan pola garis sejajar patah-patah
Kertas dengan garis zig-zag
Kertas dengan pola garis lengkung
Kertas dengan pola lingkaran
Kertas dengan pola kompleks dengan bentuk-bentuk tertentu
      Pola-pola kertas tersebut untuk memfasilitasi tahap perkembangan mengunting anak yang berbeda-beda.
- Menyiapkan amplop sebagai tempat hasil anak setelah menggunting
- Ini digunakan untuk mendokumentasikan hasil guntingan anak,satu amplop untuk satu anak.
- Tahapan menggunting yang dapat dilakukan bagia anak adalah:
- Tahap ke-1: Menggunting sekitar pinggiran kertas
- Tahap ke-2: Menggunting dengan penuh bukaan gunting
- Tahap ke-3: Membuka dan mengunting terus menerus sepanjang kertas
- Tahap ke-4: Menggunting diantara dua garis lurus
- Tahap ke-5: Menggunting bentuk tapi tidak pada garis
- Tahap ke-6:Menggunting pada garis tebal dengan terkendali
- Tahap ke-7: Menggunting bermacam-macam bentuk
      Tujuan menggunting adalah untuk mempersiapkan anak usia dini menuju pendidikan tahap selanjutnya, seperti kemampuan menulis yang dibutuhkan yaitu kekuatan otot-otot jari dan koordinasi mata yang didapat dari terlatihnya tangan melalui menggunting.
BAB III
METODE LOGI PENELITIAN
Â
- Subyek PenilitianÂ
- Subyek penilitian     : Anak, Pendidik dan Kepala Sekolah
- Tempat penelitian    : TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate
- Alamat             : Desa Punduttrate Benjeng Gresik
- Kelompok          : Usia 5 s.d 6 tahun
- Jumlah anak          : 10 anak
- Tema               :  Tanah Airku
- Waktu pelaksanaan   :  Jum'at, 26 Juli 2021
- Metode Penelitian
- Penelitian ini menggunakan metode intarpretatif yaitu mengintrepretasikan data mengenai fenomena /gejalah yang diteliti dilapangan yaitu mengenai kegiatan"Pengembangan Motorik halus anak dengan metode demonstrasi" pada kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate.
- Instrumen PenelitianÂ
- Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adaah:
- Observasi, yaitu untuk melihat kejadian yang unik atau manarik untuk dijadikan fokus penelitian .
- Wawancara, yaitu untuk mengetahui informasi lebih mendalam mengenai fokus penelitian
- Dokumentasi, yaitu untuk mengumpulkan bukti-bukti dan penjelasan yang lebih luas mengenai fokus penelitian
- BAB IV
- ANALISIS DATA
- Tabulasi Data
Untuk memudahkan analisis data hasil penelitian dibuat tabulasi sebagai berikut
- Observasi
- Wawancara dengan  Siswa dan Guru
- Wawan cara dengan Kepala Sekolah
- Dokumentasi
- Anak-anak dalam kegiatan menggunting dengan asyik dan konsentrasi penuh ,tapi terkadang ada anak yang usil menggangu temannya sehingga temannya menangis
- Aank-anak mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir saat kegiatan menggunting berlangsung
- Anak-anak dengan bangga menujukkan kasil karya nya
- Anak-anak mengikuti kegiatan menggunting sesuai dengan apa yang diperagakan guru
- Anak-anak senang melakukan kegiatan mengguntung karena melihat gambar-gambar yang yang menarik
- Saya berkeyakinan dengan meletakkan dasar yang kuat untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting agar anak tidak bosan/jenuh dalam belajar
- TK DWP Punduttrate berdiri sejak tahun 1999
- Dari hasil dokuentasi , bahwa
- Anak-anak memperhatikan pada saat guru mendemonstrasi kan langkah-langkah kegiatan menggunting
- anak-anak melakukan kegiatan menggunting dengan sabar dan senang
- Anak-anak terbagi dari 3 kelompok
- Anak-anak-berebutan memilih warna yang disukai pada gunting
- Guru memberikan petunjuk sebelum anak-anak melakukan kegiatan mengguntin dengan metode demonstrasi
- Di TK sudah mengembangkan kreatifitas anak melalui kegiatan menggunting yang bertujuan meningkatkan kemampuan motorik halus anak, melatih kesabaran dan anak belajar berkonsentrsi
- Usia kelompok B antara 5-6 tahun
- Kegiatan motorik halus yaitu menggunting sudah sesuai dengan Permendikanas no. 137 tahun 2014
- Saya sebagai pemimpin TK kami lebih menekankan pada pengembangan potensi anak sejak dini yaitu bermain sambil belajar
- Dalam kegiatan dokumentasi bahwa pendidik menggunakan metode demonstrsi, metode Pemberian Tugas dan Unjuk Kerja
- Pendidik membagikan peralatan penggunting dan media yang digunting
- Pendidik memberikan riweed pada siswa yang hasilnya memuaskan
- Kegiatan mengunting sangat menyenangkan bagi anak, karena bahan yang digunakan dalam kegiatan menggunting tidak hanya dari gambar, bisa juga dari yang lain seperti kertas warna dan koran bekas. Selain untuk kegiatan belajar, kegiatan mengunting juga bertujuan untuk mengembangkan konsentrasi anak
- Sebagai Kepala Sekolah TK kami lebih menekankan pada pengembangan potensi anak sejak dini yang kami rencanakan sedemikian rupa sengga anak-anak bukan hanya sekedar bermain tetapi juga terarah pada suatu pencapain kreativitas anak yang optimal
- Dalam dokumentasi alat perga yang digunakan adalah kertas warna/ kertas lipat, gunting dan lem sebagai macam alat komunikasi
- Di dinding kelas ditempeli berbagai hasil gambar anak
- Banyak cara lain yang kami lakukan misalnya untuk meningkatkan kreativitas dan motorik halusnya, anak kami ajak bermain balok dsb.
- Yang ditempel di dinding adalah sebagian hasil karya anak dan hasil karya guru
- Program dirancang bersama-sama sesuai dengan tahap perkembangan anak
- Jumlah anak di TK ini berjumlah 24 anak kelompok A:14, Kelompok B:10
- Jumlah pendidik TK ini berjumlah 3 guru
 Analisis KritisÂ
Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan "pengembangan motorik halus anak melalui metode demonstrasi" di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik merupakan kegiatan yang bermasud untuk meningkatkan motorik halus anak, dan yang merupkan salah satu kemampuan yang dikembangkan di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik. Menurut Muhibbin Syah (2000) menyatakan bahwa metode demonstrasi adalah metode mengajar dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan, dan urutan melakukan suatu kegiatan, baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasa atau materi yang yang disajikan
Apa yang dilakukan di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik yaitu menanamkan dasar pengembangan matorik halus anak yaitu kegiatan menggunting ini akan menimbulkan motivasi untuk balajar pada anak. Menurut Seefel (dalam Moelichaton, 1999) (2015:1.12) Pengembangan kemampuan motorik halus anak sangat berkaitan dengan kesiapan belajar anak. Anak yang telah memiliki kesiapan belajar suatu kreativitas akan lebih unggul bila dibandingkan dengan anak yang belum memiliki kesiapan untuk mempelajari keterampilan tersebut. TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik mengharap pada akhirnya sejak dini anak tersebut memiliki kesiapan dalam mengembangkan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting. Karena mengembangkan kemampuan motorik sangat di perlukan anak agar mereka dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.
 Kegiatan menggunting dan menempel di Dharma Wanita Persatuan Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik adalah tindakan fisik dimana anak melakukan gerakan tangan. Dari kegiatan ini anak menjadi terampil.  Kegiatan ini juga dapat membangun kosentrasi dan kesabaran pada anak. Menurut Sumantri (2005:143) Motorik halus merupakan pengorganisasian penggunaan sekelompok otot-otot kecil seperti jari jemari dan tangan yang membutuhkan kecermatan dan koordinasi dengan tangan, keterampilan yang dapat digunakan untuk mengerjakan suatu objek.
Anak-anak terlibat langsung dalam kegiatan mengguting, dan anak-anak sangat senang dan dengan bangganya menunjukkana hasil karyanya. Di dinding kelas, banyak terdapat hasil-hasil karya anak dan hasil karya guru. Gambar-gambar yang ditempel didinding merupakan model atau contoh bagi anak.
Secara umum TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik telah mempunyai kegiatan yang baik dan terarah. Kegiatan tersebut telah disusun sedemikian rupa sesuai dengan tahap perkembangan anak sehingga anak dapat berkembang dengan optimal.
Â
Â
OBSERVASI KEGIATAN PENGEMBANGANÂ
DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN PUNDUTTRATE
Â
- Subyek / Obyek yang diobservasi  : Anak Kelompok B ( Usia 5-6 Tahun )
- Identitas Subyek / Obyek         : Menggunting sesuai polaAnak kurang terampil dalam kemampuan Motorik Halus Anak melalui kegiatan menggunting sesuai pola
 Identifikasi Aspek Positif Subyek / Obyek (Potensi / Tantangan / Peluang)
- Berkonsentrasi pada saat guru mendemonstrasikan kegiatan menggunting
- Anak dapat menggunting sesuai pola yang sudah disediakan guru
- Anak dengan bangga menunjukkan hasil kerjanya
- Dengan kesabaran dan keuletannya anak mampu menggunting gambar sesuai pola dengan baik dan rapi
      Â
- Identifikasi Aspek Negetif ( Kelemahan / Hambatan /Gangguan)
- Anak memilih warna gunting (sesuai dengan apa yang disukai)
- Ada anak yang menggangu teman nya pada saat mengunting sehingga anak yang dijahili menangis
- Anak yang kurang sabar dalam menggunting, hasil nya kurang baik karena ada senagian gambar yang terpotong
- Anak menangis karena kesulitan menggunting gambar sesuai pola
- Anak yang seringmengganggu temannya harus sering sering di nasehati
Â
Â
Â
OBSERVASI KEGIATAN PENGEMBANGANÂ
DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN PUNDUTTRATE
Â
Â
- Subyek / Obyek yang diobservasi      : Guru / Pendidik
- Identitas Subyek / Obyek             :  Meningkatkan kemampuan Motorik Halus Anak melalui kegiatan menggunting sesuai pola
- Guru kurang terampil dalam Meningkatkan kemampuan Motorik Halus Anak melalui kegiatan menggunting sesuai pola dengan metode demonstrasi
      Â
Identifikasi Aspek Positif Subyek / Obyek (Potensi / Tantangan / Peluang) - Guru mendemonstrasikan langkah-langkah kegiatan menggunting sesuai pola
- Guru memberikan kesempatan pada sisiwa untuk bertanya
- Guru menyediakan alat dan bahan untuk kegiatan menggunting
- Guru membantu siswa yang kesulitan pada saat menggunting
Â- Identifikasi Aspek Negetif ( Kelemahan / Hambatan /Gangguan)
- Guru merasakan kesulitan karena tidak ada guru pendamping
- Media dan bahan terbatas
- Guru kurang kurang terampil pada saat mendemostrsikan langkah-langkah mengunting
 Catatn Khusus / Lain lain- Guru kurang mampu mengontor siswa yang aktif
- Guru memberi rewood pada anak yang hasil kerjanya sesuai dengan yang diharapkan
Â
 HASIL WAWANCARA SETELAH PEMBELAJARAN DENGAN ANAK  DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN PUNDUTTRATE
Â
Tujuan           : Untuk mengetahui pendapat dan tanggapan anak mengenai kesulitan dan pemahaman anak terhadap kegiatan pengembangan motorik halus yaitu menggunting sesuai pola
Jenis             :  Wawan cara bebas terpimpin
Responden        : Kelompok B ( Usia 5-6 Tahun )
Nama            : Lutfi
Â
PERTANYAAN Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â JAWABAN
- Nama nya siapa ,,,,                        Lutfi         Â
- Â
- Tadi belajar apa,,, Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Mengunting, bernyayi
- Gambar apa yang digunting                 Menggunting baju
- Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â kartini
- Apa ada kesulitan dalam kegitan                  ya,,,,,mengguntingnya
- Menggunting,,,, Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â ada yang melengknug
- Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â jadi agak kerepotan,
- Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â tapi aku bisa,,,,,
- Senang tidak belajar mengguntingnya         Senang sekali,,,,tadi aku
- Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â tadi,,,,,, aku dapat hadiah
- Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â dari ibu guru
Dapat Hadiah apa,,,,,                       Hadiah,,,,permen                    Â
Selain menggunting apa lagi yang                      Bernyanyi,,,bertepuk
dilakukan                                tanngan, Oh yah,,,,tadi ada
                                       temanku yang menangis,,,
Siapa                                   Saskiyah
Kenapa Saskiyah menangis                  Dia kan belum selesai
                                       menggunting, terus habibi
                                       bilang,,,, saskiyah
                                       ketinggalan -- saskiyah
                                       ketingglan, terus nangis,,,,,  Â
Lain kali temannya di bilangi                Ya bu,,,,,
mengganggu teman itu tidak baik
Terima kasih mau menjawab pertanyaan             Oke bu,,,,
bu guru, besok hari sabtu lutfhi belajar lagi
lagi kesekolah ya,,,,,
Â
HASIL WAWANCARA SETELAH PEMBELAJARAN DENGAN KEPALA SEKOLAH TK DWP WEDANI
Â
Tujuan           : Untuk mengetahui  informasi mengenai kegiatan pembelajaran di TK Dharma Wanita Persatuan Punduttrtae
Jenis             :  Wawancara bebas terpimpin
Responden        : Kepala Sekolah
Nama            : Sutiana, S.Pd
Â
PERTANYAAN Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â JAWABAN
- Permisi,,saya mau tanya                    Silakan,,,,,,         Â
- Â
- Sudah berapa lama TK yang ibu              Sejak tahun 1999 perkiraan
-  Pimpin ini berdiri                         20 tahun
- Aspek apa yang dikembangkan di Tk          Semau aspek perkembangan
- Ibu,,,,,                                   mulai dari  nilai agam, sosial,
- Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â fisik motorik, kognitif,
-                                        bahasa  dan seni
- Tadi saya melihat anak- anak sedang          Itu aspek fisik motorik halus,
- mengguntig itu termasuk aspek apa,,, Â Â Â Â Â Â Â Â Â melalui kegiatan menggunting
- Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â agar anak tidak bosan/jenuh
-                                        dalam belajar                                                       Â
- Berapa Jumlah pendidik di lembaga           Ada 3, yaitu dua guru kelas
- Ibu,,,,, Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â dan 1 itu saya sebagai kepala
-                                        sekolah                       Â
- Kalau jumlah anak didik                    24 siswa, kelompok A 14
                                       kelompok B 10
- Siapa yang merancang program              Dirancang bersama-sama oleh
dilembaga ibu ,,,,,, Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â guru dan komite supaya
                                       kegiatan belajar mengajar
                                       menjadi lancar dan lrelevan                        Â
- Terima kasih atas waktunya, Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Iya bu sama-sama, bila ada
Mohon maaf apa bila menggagu              yang bisa saya bantu, jangan
Waktu ibu,,,,                             ragu-ragu datang ke sini  ,,,,,                                                                  Â
- Iya bu,,,saya undur diri                     Wa'alaikumsalam
Assalammualaikum,,,, Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
HASIL WAWANCARA SETELAH PEMBELAJARAN DENGAN PENDIDIK TK DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN PUNDUTTRATE
Â
Tujuan           : Untuk mengetahui  informasi mengenai kegiatan pengembangan motorik halus anak melelui kegiatan menggunting
Jenis             :  Wawancara bebas terpimpin
Responden        : Guru Kelompok A
Nama            :  Zuliyani, S.PdÂ
PERTANYAAN Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â JAWABAN
- Permisi,,saya mau tanya                     Silakan,,,,,,         Â
- Â
- Maaf mengganggu bu, boleh saya              Boleh silakan mau bertanya
- bertanya kepada ibu,,,, Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â apa,,,saya akan menjawab
- Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â sesuai kemampuan saya
- Berapa rata-rata usia anak kelompok A Â Â Â Â Â Â Â Â Â Antara 4-5 tahun
- Bu,,,, , Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
- Apakah ada batasan usia untuk masuk          ya ada,,,,batas usia masuk ke Â
- ke TK ini,,,, Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â TK ini harus usia 4 yang ke
- Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â kelompok A tidak boleh
- Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â kurang
- Oh,,,begitu, Bagaimana cara penyusunan        Kami menggunakan panduan
- Rencana kegiatan untukanak di TK ini          dari Permendiknas No. 137
- Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Tahun 2014 Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
Tadi saya melihat ibu melakukan kegiatan       bertujuan meningkatkan
menggunting, apa manfaatnya bagi             kemampuan motorik halus
                                        anak, melatih kesabaran dan
                                        anak belajar berkonsentrsi                                                      Â
Tadi ada anak yang menangis kenapa           itu tadi karena anak yang
Ya bu,,, Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â kurang percaya diri, takut
                                        kegunting gambarnya, jadi
                                        masih perlu bimbingan dan
                                        motivasi                                                                             Â
Terima kasih atas waktunya, Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Iya bu sama-sama
Mohon maaf apa bila menggagu            Â
Waktu ibu,,,, Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
Saya undur diri, Assalammualaikum,,,, Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Wa'alaikumsalam
               TAMAN KANAK-KANAK
   DHARMA WANITA PERSATUAN PUNDUTTRATE                NSS.004 050 109 002
Â
DAFTAR NAMA PENDIDIK
TK DHARMA WANITA PERSATUAN PUNDUTTRATE
TAHUN PELAJARAN 2021 / 2022
Â
NAMAÂ
PENDIDIKAN TERAKHIR
PRODI / JURUSAN
STATUS
GURU
GURU PENDAMPING
SUTIANA, S.Pd
S1
PG PAUD
-
USRIYAH, S.Pd
S1
PG PAUD
-
ZULIYANI, S.Pd
S1
PG PAUD
-
Punduttrate, Â 18 Juli 2021
Kepala TK DWP Punduttrate
SUTIANA, S.Pd
     TAMAN KANAK-KANAK
   DHARMA WANITA PERSATUAN PUNDUTTRATE                  NSS.004 050 109 002
Â
DAFTAR NAMA KELOMPOKÂ
TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA PERSATUAN NDUTTRATE
TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021
Â
Â
Kelompok : B Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Guru Kelas : USRIYAH, S.Pd
No
Nama Murid
JENIS KELAMIN
TEMPAT TANGGAL LAHIR
NAMA ORANG TUA
1
Gresika Arifah Chafsoh
P
Gresik, 13-06-2013
Arifin
2
Isnaini Difaturrohmah
P
Gresik, 17-03-2014
Solokhin
3
Jihan Maulina
P
Gresik, 03-01-2014
Saiful
4
Luthfi Rahman Azhar Putra
L
Gresik, 22-05-2013
Kholipin
5
M.Raihan Maulana
L
Gresik, 05-04-2013
Sutrismo
6
Muhammad Abdul Rozzak
L
Gresik, 30-10-2013
Khoiri
7
M.Rofifur Rosyid
L
Gresik, 18-10 2013
M.Ruslan
8
Muhammad Desta Rizki Setyaji
L
Gresik, 25-12-2013
Sutaji
9
Muhammad Ilham Al Kharismi
L
Gresik, 29-03-2013
M.Zainuri
10
Noval Dennis Pratama
L
Gresik, 13-11-2013
Nur Ali
11
Naisila Faricha Nazwa
P
Gresik, 02-10-2013
Miskan
12
Naura Aqilah Putri
P
Gresik, 08-06-2013
Muslikin
13
Nabila Aisyah Bella
P
Gresik,29-11-2013
Solokin
14
Saskiyah Asmaul Fauziyah
P
Gresik, 04-06-2013
Supardi
15
Raihan Yusuf Habibi
L
Gresik, 22-09-2013
Sayudi
16
Iftinah Asyabiyah Rafifah
P
Gresik, 21-06-2013
M. Jaliani
Punduttrate, Â 18 Juli 2021
Kepala TK DWP Punduttrate
RPPH Model KelompokÂ
Â
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TK DHARMA WANITA PERSATUAN PUNDUTTRATE
USIA Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : Â 5-6 Tahun
SEMESTER/MINGGU Â Â Â Â Â Â Â Â : Â II / XVI
TEMA/SUB TEMA/SUB-SUB Â Â : Â NEGARAKU / TANAH AIRKU / ADAT
HARI/TANGGAL Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : Â JUM'AT, 26 JULI 2021
Â
Â
- Â MATERI DALAM KEGIATAN
- Pengenalan ciptaan Tuhan   ( NAM. 1.1 )
- Aku senang menunggu giliran  ( SOSEM 2.7 )
- Penggunaan anggota tubuh untuk kegiatan motorik kasar dan halus (FM 3.3-4.3)
- Penggunan benda disekitar untuk memecahkan masalah    ( KOG 3.6-4.6 )
- Pengenalan keaksaraan  (BHS 3.12-4.12 )
- Aneka kreasi dengan berbagai media ( SENI 3.15-4.15 )
-MATERI YANG MASUK KE DALAM SOP UNTUK PEMBIASAAN
Menyukuri adanya ciptaan Tuhan
Penyambutan,mengucapkan salam,dan penjemputan dalam (SOP)
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam (SOP) pembukaan
Mencuci tangan masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan
Â
- METODE PEMBELAJARAN
Demonstrasi, Pemberian Tugas dan Unjuk Kerja
- ALAT DAN BAHAN
- Kartu pohon, pensil, LKA, crayon, buah Jeruk
- LANGKAH -- LANGKAH
- Kegiatan Awal  30 menit (07:00-07:30)
- Senam, do'a masuk kelas
- Memasukkan bendera kedalam keranjang buanh   (Sosem)
- Salam, berdo'a sebelum belajar, ikrar, Dll
- Berbagi dan bertanya kabar dan berdiskusi macam macam ciptaan Tuhan
- Kegiatan Inti 60 menit(07:30 -08:30 WIB)
- SOP Sebelum bermain
- Anak duduk melingkar lalu Guru mengajak mengamati alat dan bahan
- Â Â yang disediakan (bendera dan blangkon)
- Mengajak siswa benyanyi lagu Indonesia Raya
- Guru mengenalkan manfaat dari blangkon
- Menirukan kata "Blangkon"
- Mengajak siswa mengurutkan lambang bilangan 1-10 dengan mengunakan blangkon
- Guru memberi kesempatan pada anak untuk bertanya
- SOP Saat bermain
Anak melakukan kegiatan sesuai yang diminati dan digagasnya
- Kelompok 1 : Mewarnai gambar blangkon (Seni)
- Kelompok 2 : Mengurutkan gambar gambar blangkon 1-10 (Kog)
- Kelompok 3 : Menggunting gambar blangkon (Fm)
- Kegiatan pengaman
           Bermain dengan mainan yang disediakan (menata puzzle)
- SOP Setelah bermain
- Anak menceritakan kegiatan main yang telah dilakukan
- Guru menanyakan konsep yang ditemukan anak pada waktu bermain
- Bernyanyi
- Â
- Istirahat 30 menit(08:30 -- 09:00 WIB)
   Berdoa sebelum makan,mencuci tangan,makan bekal dan bermain bebas
- Kegiatan Penutup 30 menit(09:00 -- 09:30 WIB)
- Recolling
- Menanyakan perasaan selama kegiatan
- Mendiskusikan kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini dan kegiatan
- apa  yang paling disukai
- Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
- Menginformasikan kegiatan untuk esok hari
- Berdoaa setelah belajar,salam dan pulang
- Â
Rencana Penilaian
PROGRAM PENGEMBANGAN
KD
INDIKATOR
NILAI AGAMA DAN MORAL
1.1
3.1- 4.1
- Anak dapat mengenal  ciptaan Tuhan
- Anak dapat berdoa sebelum dan sesudah belajar
FISIK MOTORIK
2.1
3.3 -- 4.3
-Anak terbiasa cuci tangan pakai sabun dengan bersih
-Anak dapat menggunting gambar blangkon
SOSEM
2.7
-Anak terbiasa sabar dalam menunggu giliran
KOGNITIF
3.6 -- 4.6
- Anak dapat mengurutkan gambar blangkon 1-10
BAHASA
3.12 -- 4.12
-Anak mampu menirukan kata "Blangkon"
SENI
3.15 -- 4.15
-Anak dapat mewarnai gambar blangkon
- Â
- Tehnik Penilaian
- Catatan Hasil karya, Catatan Anekdot, rating scale
        Mengetahui                            Gedang Kulut, 26 Juli 2021
    Kepala TK DWP Punduttrate                        Guru Kelompok B
Â
Â
      SUTIANA, S.Pd                                USRIYAH, S.Pd
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI