Mohon tunggu...
Titik Nimatul Fadhilah
Titik Nimatul Fadhilah Mohon Tunggu... Guru - Guru TK

Saya seorang pendidik anak usia dini jenjang Taman Kanak-kanak Hobi : Memasak dan Traveling

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penyusunan Best Practices PPL PPG DalJab UNS Kategori 01 Tahun 2022

28 September 2022   12:30 Diperbarui: 28 September 2022   12:32 285
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

LK 3.1 Menyusun Best Practices oleh Titik Ni'matul Fadhilah, S.Pd

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Praktik Pengalaman Lapangan Ke-1

Lokasi

TK TARBIYATUL ATHFAL 39 SEMARANG

Lingkup Pendidikan

TK

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Mengurutkan Benda Sesuai Ukurannya Dengan Media Buah Jeruk

Penulis

Titik Ni'matul Fadhilah, S.Pd

Tanggal

PPL 01 : 26 Agustus 2022 dan 27 Agustus 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

  • Kondisi yang melatar belakangi permasalahan ini adalah
  • Kurangnya perhatian orang tua dalam mengulangi pelajaran dirumah karena kesibukan orang tua
  • Media yang digunakan guru tidak kongkrit hanya sebatas gambar saja sehingga pemahaman anak masih kurang
  • Anak dalam mengurutkan ukuran besar sedang kecil masih terbalik
  • Praktik ini penting dibagikan karena untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengurutkan benda sesuai ukurannya dengan medianya buah jeruk
  • Peran dan tanggung jawab dalam praktik ini adalah
  • Guru sebagai fasilitator  dalam praktik ini guru menyediakan media berupa buah jeruk besar [jeruk bali],jeruk sedang [jeruk ponkam],buah jeruk kecil[jeruk nipis]selain itu guru juga menyediaakan media berupa gelas besa rsedang kecil.guna menunjang pemahaman anak agar lebih terstimulan dengan baik.
  • Guru sebagai motivator harapan guru dengan adanya media yang nyata pemahaman anak semakin berkembang dan semangat dalam mengikuti pembelajaran di sekolah

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

  • Tantangan dalam praktik ini adalah :
  • Keterbatasan media dalam pembelajaran guru harus lebih kreatif dalam menyajikan pembelajaran di sekolahan yaitu media yang digunakan hanya berupa gambar saja.
  • Setting kelas yang kurang bervariasi

  • Yang terlibat dalam praktik ini adalah :
  • Kepala sekolah sebagai koordinator
  • Guru / mahasiswa praktik
  • Teman sejawat / pendamping berperan :
  • Membantu menyiapkan alat dan bahan yang digunakan
  • Membantu VC dengan dosen / guru pamong
  • Membantu proses perekaman dalam praktik
  • Peserta didik
  • Tantangan ini yang menyebabkan guru harus menerapkan media yang sesuai dengan gaya belajar peserta didik dengan model pembelajaran yang mendukung

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah yang dilakukan dalam menghadapi tantangan ini adalah :

  • Penggunaan media belajar sesuai dengan tema, sub tema, sub sub tema
  • Guru menggunakan media yang kongkrit / nyata, dalam aksi ini guru menggunakan media buah jeruk besar sedang dan kecil setelah anak memahami ukuran dengan menggunakan buah jeruk, guru mengulanginya dengan menggunakan media yang berbeda yaitu menggunakan media gelas besar sedang kecil.

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

  • Dampak Aksi
  • Dampak aksi yang dilakukan adalah meningkatkan kemampuan anak dalam mengurutkan ukuran besar sedang kecil dengan media yang nyata membuat anak lebih mudah memahami ukuran dan semangat belajar
  • Respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan
  • Respon dari kepala sekolah sangat baik dan mendukung dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media yang nyata karena anak lebih tertarik dalam belajar dan lebih aktif.
  • Respon teman sejawat juga sangat baik, kami juga berdiskusi dengan teman sejawat tentang kegiatan pembelajaran dan akan mempraktikkan dengan guru lain
  • Respon dari peserta didik (anak) yaitu anak lebih antusias, senang, semangat dalam pembelajaran mengurutkan ukuran besar sedang kecil dengan media buah jeruk
  • Hasil Aksi :
  • Pra pertemuan : 60% paham ukuran dan 40% anak belum bisa mengurutkan ukuran
  • Pertemuan kesatu : 80% anak sudah berhasil dan paham ukuran dan 20% anak belum bisa mengurutkan ukuran
  • Pertemuan kedua : 90% anak sudah berhasil dan paham ukuran dan 10% anak belum bisa mengurutkan ukuran
  • Kesimpulan :

Kesimpulan dari keseluruhan proses pembelajaran yaitu kemampuan anak lebih berkembang dan meningkat ketika proses pembelajaran diterapkan dengan menggunakan media yang kongkrit atau nyata

Praktik Pengalaman Lapangan Ke-2

Lokasi

TK TARBIYATUL ATHFAL 39 SEMARANG

Lingkup Pendidikan

TK

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Membedakan Huruf b-d-p-q Dengan Media Kartu Huruf

Penulis

Titik Ni'matul Fadhilah, S.Pd

Tanggal

PPL 02 : 10 September 2022 dan 13 September 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

  • Yang menjadi latar belakang masalah ini adalah :
  • Kurangnya stimulan dari orang tua
  • Kurangnya perhatian dari orang tua
  • Orang tua sibuk bekerja
  • Media pembelajaran yang digunakan kurang menarik
  • Anak masih bingung membedakan huruf b-d-p-q
  • Praktik ini penting dibagikan karena untuk meningkatkan kemampuan anak dalam membedakan huruf b-d-p-q dengan media kartu huruf
  • Peran dan tanggung jawab dalam praktik ini adalah
  • Guru sebagai fasilitator  dalam praktik ini guru menyediakan media berupa kartu huruf, nampan, keranjang, piring guna menunjang pemahaman anak agar lebih terstimulan dengan baik.
  • Guru sebagai motivator harapan guru dengan adanya media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan pemahaman dalam mengelompokkan huruf b-d-p-q

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

  • Tantangan dalam praktik ini adalah :
  • Keterbatasan media dalam pembelajaran guru harus lebih kreatif dalam menyajikan pembelajaran di sekolahan yaitu media yang digunakan hanya berupa tulisan saja.
  • Setting kelas yang kurang bervariasi

  • Yang terlibat dalam praktik ini adalah :
  • Kepala sekolah sebagai koordinator
  • Guru / mahasiswa praktik
  • Teman sejawat / pendamping berperan :
  • Membantu menyiapkan alat dan bahan yang digunakan
  • Membantu VC dengan dosen / guru pamong
  • Membantu proses perekaman dalam prakti
  • Peserta didik
  • Tantangan ini yang menyebabkan guru harus menerapkan media yang sesuai dengan gaya belajar peserta didik dengan model pembelajaran yang mendukung

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah yang dilakukan dalam menghadapi tantangan ini adalah :

  • Penggunaan media belajar sesuai dengan tema, sub tema, sub sub tema
  • Guru menggunakan media kartu huruf yang sudah diacak dengan huruf lain dibagikan satu kelompok dalam satu nampan kemudian anak disuruh untuk mengelompokkan huruf b-d-p-q akan tetapi dalam praktik ini anak masih berebut karena keterbatasan media. Untuk langkah berikutnya guru menyediakan media yang lebih banyak dan ditaruh di piring setiap anak diberikan huruf b-d-p-q yang telah diacak kemudian anak mengelompokkan sendiri-sendiri tanpa berebut
  • Memberi penguatan dari guru dengan menggunakan media tangan yaitu :
  • Tangan kiri mengepal = huruf b
  • Tangan kanan mengepal = huruf d
  • Tangan kiri mengepal dan dibalik = huruf p
  • Tangan kanan mengepal dan dibalik = huruf q

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

  • Dampak aksi 
  • Dampak dari aksi langkah-langkah yang dilakukan :
  • Dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengelompokkan huruf b-d-p-q
  • Anak lebih tertarik belajar dengan menggunakan kartu huruf
  • Respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan
  • Respon dari kepala sekolah sangat baik dan mendukung dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media kartu huruf karena anak lebih tertarik dalam belajar dan lebih aktif.
  • Respon teman sejawat juga sangat baik, kami juga berdiskusi dengan teman sejawat tentang kegiatan pembelajaran dan akan mempraktikkan dengan guru lain
  • Respon dari peserta didik (anak) yaitu anak lebih antusias, senang, semangat dalam pembelajaran mengelompokkan huruf b-d-p-q dengan media kartu huruf

  • Hasil Aksi :
  • Pra pertemuan : 60% paham huruf b-d-p-q dan 40% anak belum bisa mengelompokkan huruf b-d-p-q
  • Pertemuan kesatu : 80% paham huruf b-d-p-q dan 20% anak belum bisa mengelompokkan huruf b-d-p-q
  • Pertemuan kedua : 90% paham huruf b-d-p-q dan 10% anak belum bisa mengelompokkan huruf b-d-p-q

  • Kesimpulan :

Kesimpulan dari keseluruhan proses pembelajaran yaitu kemampuan anak lebih berkembang dan meningkat ketika proses pembelajaran diterapkan dengan menggunakan media kartu huruf

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun