Mohon tunggu...
Suci Guspia
Suci Guspia Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Teknologi Digital Bandung

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Analisis Lokasi dan Kualitas Pelayanan dalam Pengambilan Keputusan Penggunaan Jasa Transportasi Ojek Konvensional

18 November 2024   16:27 Diperbarui: 18 November 2024   16:29 126
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Dibuat oleh peneliti 2024

BAB II

KAJIAN LITERATUR

2.1 Manajemen Pemasaran

Pemasaran merupakan bagian yang sangat penting dalam perusahaan. Bagian pemasaran mempunyai tanggung jawab untuk konsumen ke dalam suatu rangkaian kegiatan yang terlaksanakan dengan baik. Kegiatan pemasaran dilakukan melalui sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian. Proses tersebut merupakan fungsi dari manajemen dalam kegiatan pemasaran untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. (Haryanto & Rudy, 2020)

Menurut Kotler dan Keller dalam (Yani, 2019) Pemasaran adalah proses sosial oleh individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui menciptakan, menawarkan, dan secara bebas bertukar produk dan layanan yang bernilai dengan orang lain.

Menurut hasan dalam (Lusinta et al., 2019) Pemasaran adalah proses mengidentifikasi, menciptakan dan mengkomunikasikan nilai, serta memelihara hubungan yang memuaskan pelanggan untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan. Sementara itu, Sudarsono (2020) menambahkan bahwa manajemen pemasaran melibatkan perencanaan, pengaturan, pengarahan, dan koordinasi kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan secara efisien dan efektif.

Berdasarkan pandangan para ahli, manajemen pemasaran adalah aktivitas yang terencana dan sistematis, mencakup distribusi, penetapan harga, dan pengawasan kebijakan untuk mencapai tujuan, yaitu memperoleh posisi pasar yang kuat agar sasaran pemasaran tercapai.

2.1.1 Tujuan Manajemen Pemasaran

Tujuan utama manajemen pemasaran adalah menciptakan nilai bagi konsumen dan mempertahankan keunggulan kompetitif di pasar. Menurut Meithiana Indrasari (2019) dalam (Laraswati, 2022), tujuan manajemen pemasaran sebagai berikut :

Menciptakan permintaan (demand), Permintaan adalah kegiatan menciptakan produk dengan meninjau preferensi dan selera konsumen terhadap barang atau jasa yang akan memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka.

Kepuasan pelanggan, yaitu memenuhi ekspektasi pelanggan dengan memberikan kesan terhadap nilai dari produk tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun