Mohon tunggu...
Sarwo Prasojo
Sarwo Prasojo Mohon Tunggu... Angin-anginan -

Suka motret, tulas-tulis dan ini itu. Dan yang pasti suka Raisa

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Artikel Utama

[Cerpen] Sekarung Senja untuk Is

29 Juni 2016   07:30 Diperbarui: 22 Agustus 2017   12:33 22
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: finheaven.com

Dan beberapa yang lain di jalan sepi itu menatap boncengan sepedaku. Menatap nyala karung, yang sore itu menjadi penerang sepanjang jalan desa yang sepi.

Akhirnya, sepeda aku belokkan ke arah pelataran rumah Is.  Sesaat kemudian, pintu rumah terbuka perlahan. Tak kusangka, gadis itu bersegera keluar. "Mungkinkah ia sudah mencium bau keringatku dari kejauhan?" 

“Kamu bawa apa di belakang itu?” teriaknya agak kencang.

Aku memberi senyum. Menengok sejenak ke belakang. Ke boncengan. Kemudian balik menatap wajah kekasihku. “Ini senja untukmu, Is…. Senja yang pernah aku janjikan.”

Agaknya ia terkesima sembari menanti aku menurunkan sekarung senja yang ikatannya sudah terlepas. Aku membaca pikirannya: ia tengah bimbang, percaya atau tidak.

Aku membopongnya. Mendekatkannya kepada Is. “Apa kamu masih ragu dengan senja yang aku bawa?”

Ia menampakkan rona wajah berseri. Bibirnya terkatup. Ditatapnya sinar yang membuat wajah beningnya terlihat menyala-nyala. “Kamu jadi tampak cantik dengan cahaya senja ini, Is,” ucapku. Dan ia mencubitku keras pada lengan kiri atas.

Aku heran. Makin melewati maghrib, warna senja itu makin menguat sampai tidak tampak bahwa ia terbungkus karung. Maka, orang yang melihat pun mendekat. Satu demi satu mengumpul mengitari sekarung senja. Ramailah suasana pelataran rumah Is hingga malam menjelang.

Berlama-lama Is tertegun. Ia memamerkan kepada setiap yang datang. “Dia yang membawa ke mari.” Aku yang ditudingnya merasa sesak dada. Setidaknya, pemberiaan sore itu mencerah-ceriakan kekasihku, Is.

“Bubar.... Bubar semua!” Lelaki tua Ayah Is tiba-tiba memburu dari dalam rumah, mendekat kerumunan. “Jadi orang jangan kagetan. Jangan gumunan. Barang seperti ini jadi tontonan!”

Sesaat semua terdiam. “Bubar...!” serunya lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun