Mohon tunggu...
Rumah Kayu
Rumah Kayu Mohon Tunggu... Administrasi - Catatan inspiratif tentang keluarga, persahabatan dan cinta...

Ketika Daun Ilalang dan Suka Ngeblog berkolaborasi, inilah catatannya ~ catatan inspiratif tentang keluarga, persahabatan dan cinta...

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Membangun Mental Juara itu Lebih Penting Daripada Sekadar Menjadi Juara

24 Juli 2016   13:10 Diperbarui: 24 Juli 2016   22:20 272
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tentang lomba-lomba itu…

SUATU hari beberapa waktu yang lalu, si sulung anakku berkata, “ Bu, aku ikut lomba di Singapore. Bawa desain aku  dan teman sekelompok, mewakili perguruan tinggi dari Indonesia. “

Lalu percakapan berlanjut. Aku menanyakan lebih banyak tentang detail lombanya, dan juga “ Siapa aja nanti lawannya ? “

“ Ada dari perguruan tinggi banyak negara, bu, “ cah ayu anakku menjawab. “ Jerman, Australia, Filipina, India, Singapore, lupa sisanya.. Ada sekitar 10 negara yang diundang ke lomba di Singapore itu. “

Dan begitulah, beberapa saat setelah percakapan itu, di suatu subuh kami mengantarkan si sulung itu ke bandara. Dia akan berangkat bersama teman- teman sekelompoknya, membawa rancangan mereka untuk dilombakan di Singapore.

Kami orang tuanya, tak mengeluarkan biaya untuk lomba ini. Biaya pesawat ditanggung oleh perguruan tinggi dimana cah ayu bersekolah, akomodasi di Singapore ditanggung oleh perguruan tinggi penyelenggara lomba tersebut.

***

Beberapa bulan sebelum itu, aku sedang di kantor ketika aku menerima sebuah pesan di telepon genggamku. Dari cah ayu, si sulung itu juga.

" Bu, " begitu isi pesannya. " Alhamdulillah, makalahku diterima. Buat konferensi yang di Taiwan itu. "

Oh. Aku senang sekali.

Beberapa hari kemudian, di akhir minggu, ketika aku menengok anakku ke kota tempatnya kuliah, yang berlainan dengan kota dimana rumah kami berada kami mengobrolkan tentang konferensi itu, dan, aku tercengang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun