Mohon tunggu...
Rangga Aris Pratama
Rangga Aris Pratama Mohon Tunggu... Buruh - ex nihilo nihil fit

Membaca dan menulis memiliki kesatuan hak yang sama, seperti hajat yang harus ditunaikan manusia setelah makan dengan pergi ke toilet setiap pagi.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Bagaimana Mar Doyot Jadi Penulis

21 April 2022   16:17 Diperbarui: 23 April 2022   12:21 863
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://komunitaskretek.or.id/opini/2017/07/merokok-di-ruang-privat-bukanlah-urusan-bima-arya/

***

Paginya buna sari mendapat sebuah amplop," surat?" terkanya dalam batin. Dibukanya surat itu dan menemukan secarik kertas bertuliskan. " Nama pena ku adalah ISAR LIONA " dibumbui dengan puisi bernuansa pagi dan tanda hati di sisi kanan atas. Dilemparkannya kertas itu setelah meremasnya jadi bola, melesat lurus mengenai hidung mar doyot yang sedang tidur.

Dulu saat jadi orator, buna sari sangat vokal menentang ketidakadilan, sangat gigih menyuarakan aspirasi sampai tuntutannya tercapai dan sampai ada pergerakan nyata dari pemerintah yang menjabat.

Tapi saat buna sari jadi istri mar doyot suaranya tak lagi lantang, hak-hak nya terpinggirkan tanpa ada keinginan lagi untuk melawan. Rupanya ada yang lebih tebal daripada telinga pejabat, yaitu telinga suaminya, mar doyot.

" Tak suka kah kau dengan nama penaku?"

Buna sari diam dan maju jalan.

***

" Kemana perginya semua buku-ku buna sari ?"

" Mana kutahu ISAR LIONA!, bukankah kau penguasa buku - buku itu?"

" Tadi semuanya masih ada di rak sebelum aku tinggal pergi ke warung"

" Salahmu sendiri tidak berpesan pada buku-bukumu untuk diam saja seperti dirimu selama ini "

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun