3)Feminisme adalah teori tentang persamaan antara laki-laki dan perempuan di bidang politik, ekonomi, dan sosial; atau merupakan kegiatan terorganisasi yang memperjuangkan hak-hak dan kepentingan perempuan. Rumusan ini diambil dari Webster's Ninth New Collegiate Dictionary, 1986, Merriam Webster Inc. Springfiels, Massachusetts, USA, hal. 456.
     4)Elaine Showalter (ed), 1985, The Feminist Criticism, Essays on Women, Literature, and Theory, Pantheon Books, New York, hal. 3.
     5)Jonathan Culler, 1983, On Deconstruction, Theory, and Criticism after Structuralism, Routledge and Kegan Paul, London, hal. 46-51.
     6)Menurut Ariel Heryanto, kedudukan wanita dalam sastra Indonesia sangat paradoks. Ada ketimpangan antara jumlah wanita dan laki-laki dalam puncak sejarah sastra Indonesia. Dapat dibaca dalam Basis XXXV, bulan Januari-Maret 1986,  dengan judul "Mencari Kaidah Estetika Sastra Kontekstual", hal. 33-38, 72-76, dan 107-115.
     7)Maman S. Mahayana, dkk., 1992, Ringkasan dan Ulasan Novel Indonesia Modern, Jakarta: Grasindo, hal. 288.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H