Mohon tunggu...
Nandeka Meisya
Nandeka Meisya Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - XII MIPA 6

Tugas Bahasa Indonesia dan Sejarah Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Novel Sejarah Laksamana Madya TNI Yos Sudarso

17 November 2021   08:43 Diperbarui: 17 November 2021   08:50 663
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Yos mulai menghubungi pemimpin KRI Macan Kumbang dan KRI Harimau.
"Saya Kapten Yos, ingin memberitahukan bahwa mesin kapal kami mati. Saya sudah mencoba semua cara namun mesin tetap tidak bergerak sesuai fungsinya,"
"...maka dengan ini saya memutuskan akan menjadikan kapal yang saya pimpin untuk memasang badan agar dijadikan umpan sementara kalian menyelamatkan diri. Saya dan tim sudah berusaha semaksimal mungkin. Terimakasih sebelumnya" Lanjut Yos.

Pemimpin KRI lainnya tentu kaget mendengar kabar yang tiba-tiba ini. Dengan segera mereka menjawab,

"Laporan diterima, Kapten."

Dua kapal Republik bergerak menyelamatkan diri. Mereka sudah menerima akan kemungkinan terburuk yang akan terjadi, menerima dengan lapang dada. Yos jelas tahu bahwa kemungkinan terburuk seperti ini jelas akan terjadi---kapanpun. Tapi Yos tidak tahu bahwa ia akan mengalami ini dengan sangat cepat. Terlampau cepat.
Sampai ditengah keheningan ada seorang anggota yang berkata,

"Kapten, sepertinya Belanda siap meluncurkan penyerangan"
"Semua bersiap, kita harus menghadapi kemungkinan terburuk. Kita sudah berusaha semaksimal mungkin dan sekarang waktunya kita berserah diri kepada Tuhan." Kalimat terakhir dari Yos.

Setelah mengucapkan itu, KRI Macan Tutul pun tertembak oleh Belanda. Tembakan yang dilayangkan kapal Belanda mengenai kamar penyimpanan mesin KRI Macan Tutul. Kapal meledak dan secara perlahan mulai tenggelam. Yos terkubur di lautan lepas bersama 24 awaknya, dan Komodor Yos adalah seseorang yang mengorbankan nyawanya demi tugas kepentingan negara yang wafat pada usia yang masih muda, 36 tahun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun