Mohon tunggu...
Lois Marta
Lois Marta Mohon Tunggu... Guru - Guru

Kindergarten's teacher

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Kemampuan Menganyam Melalui Penggunaan Kertas Tebal pada Kelompok B TK Baptis

13 Desember 2022   13:10 Diperbarui: 13 Desember 2022   13:27 280
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Struktur kurikulum PAUD memuat program-program pengembangan yang mencakup 6 aspek, yaitu nilai agama moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, dan seni. Keenam aspek perkembangan tersebut sangat penting untuk dikembangkan dalam diri anak usia dini. Pendidik dan orangtua perlu bekerja sama untuk memberikan ransangan atau stimulus kepada anak sehingga anak mampu meraih berbagai kemampuan dalam dirinya. Salah satu aspek perkembangan yang juga penting adalah fisik motorik.

Sujiono (2017:1.3) menjelaskan bahwa motorik adalah semua gerakan yang mungkin dapatkan oleh seluruh tubuh, sedangkan perkembangan motorik dapat disebut sebagai perkembangan dari unsur kematangan dan pengendalian gerak tubuh. Menurut Sujiono (2017:1.13) gerakan motorik halus hanya melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu saja dan dilakukan oleh otot-otot kecil, seperti keterampilan menggunakan jari jemari tangan dan gerakan pergelangan tangan yang tepat. Contohnya adalah menyikat gigi, menyisir, mengancingkan baju, menggunting, menempel, sampai yang lebih kompleks adalah menganyam.

Bagi anak usia dini, kegiatan menganyam akan melatih keterampilan motorik halus anak yaitu kemampuan yang menggunakan otot-otot jari jemari tangan dan koordinasi mata. Selain itu, dengan menganyam akan melatih logika berpikir dan juga melatih konsentrasi anak.

Dalam prakteknya, mengajarkan cara menganyam kepada anak usia dini tidak selalu berjalan dengan mudah. Pendidik menghadapi berbagai kesulitan ketika membimbing anak dalam menganyam. Seperti yang dialami oleh peneliti di sekolah tempat peneliti mengajar yaitu di Kelompok B TK Baptis. Saat tema kebutuhanku, peneliti melakukan kegiatan menganyam di kelas. Ketika melakukan evaluasi, terlihat hanya dua anak yang mampu menganyam dengan baik. 

Dari hasil kegiatan tersebut, peneliti mendapatkan hanya 13% dari jumlah anak yang mampu melakukan kegiatan dengan hasil yang sesuai harapan, sedangkan 87% lainnya masih perlu bimbingan sepenuhnya. Peneliti menyadari beberapa kesalahan pada pembelajaran hari itu, yaitu terdapat pada media yang digunakan. Kertas yang digunakan adalah kertas yang tipis, dan berukuran relatif kecil untuk dipegang anak-anak usia 5-6 tahun. Maka dari itu, peneliti hendak melakukan perbaikan pembelajaran dengan merancang pembelajaran yang lebih efektif dan variatif dalam upaya meningkatkan kemampuan anak dalam menganyam.

Dengan berbagai ulasan yang ada, maka peneliti bermaksud ingin melakukan penelitian dengan judul “Meningkatkan Kemampuan Menganyam melalui Penggunaan Kertas Tebal pada Kelompok B TK Baptis”.

B. Rumusan Masalah

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan kertas tebal dapat meningkatkan keterampilan menganyam pada kelompok B TK Baptis?

C. Tujuan Perbaikan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun