Persaingan dunia usaha atau perusahaan di era globalisasi dan digitalisasi ssat ini sangatlah ketat, dimana sudah banyak perusahaan - perusahaan yang tidak mampu untuk bertahan(survive) yang pada akhir bangkrut dan memberhentikan operasionalnya yang s=diebabkan beberapa faktor yang salah satu diantaranya adalah faktor pengembangan SDM. Pengembangan  SDM  sangatlah dibutuhkan perusahaan agar mampu menuju perusahaan yang unggul dan berdaya saing sehingga mampu bertahan dan memenangkan persaingan tersebut.
Sumber daya manusia (SDM) merupakah salah faktor utama dalam meningkatkan kapasitas dan  produktifitas perusahaan karena apabila orang-orang yang bekerja dalam organisasi memiliki  SDM yang tangguh dan unggul serta sesuai dengan tuntutan pekerjaannya, maka akan mampu baik dari segi pengetahuan, keterampilan maupun mental serta karakter produktifnya (Ermaya & Mujdalipah, 2019) sehingga merupakan sumber keunggulan daya saing yang mampu menghadapi berbagai tantangan jika dibandingkan dengan sumber daya lain yang semakin berkurang keampuhannya seperti teknologi produk dan proses produksi (Sugiyanto et al., 2021).
Pengertian Sumber Daya Manusia (SDM)
Menurut Yusuf (2015, p. 25), sumber daya manusia (SDM) adalah merupakan  suatu modal dasar yang paling utama dalam setiap organisasi. Tanpa adanya sumber daya manusia, dapat dipastikan roda organisasi tidak akan bergerak.
Sehingga sumber daya manusia (SDM) dapat didefinisikan sebagai individu yang merancang dan memproduksi  keluaran dalam rangka pencapaian strategi dan tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi. Tanpa SDM yang memiliki keahlian atau kompetensi yang diharapkan  organisasi, maka mustahil bagi organisasi untuk mencapai tujuan, sehingga dapat disimpulkan bahwa sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu faktor utama yang harus dimiliki oleh perusahaan sebagai penggerak operasional untuk mencapai perusahaan yang unggul dan berdaya saing.
Pengertian Perusahaan Unggul Dan Berdaya Saing
Perusahaan unggul dan berdaya saing adalah perusahaan yang memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain  dan memiliki sesuatu yang diingikan perusahaan pesaingnya.
Keunggulan daya saing dapat dicapai dengan cara sebagai berikut.
- Kemampuan yang terus menerus dalam beradaptasi dengan tren dan kejadian eksternal serta kemampuan, SDM yang unggul, dan sumber daya internal.
    2. Mampu memformulasikan, mengimplementasi, dan mengevaluasi strategi yang mengambil keuntungan secara efektif dan            efisien.
Strategi Menuju Perusahaan Yang Unggul Dan Berdaya Saing
Untuk mencapai perusahaan yang unggul dan berdaya saing, maka beberapa strategi yang dapat dilakukan sebagi berikut :