Much. Irzal ArdiansyahÂ
Bimbingan dan Konseling, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya
Email : muchirzal.21003@mhs.unesa.ac.id
Dr. Budi Purwoko, S.Pd., M.PdÂ
Bimbingan dan Konseling, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya
Email : budiwoko@gmail.comÂ
 AbstrakÂ
Penelitian ini bertujuan untuk sarana dalam mendeskripsikan mengenai teknik modeling bisa digunakan untuk meningkatkan self-efficacy akademik pada siswa khususnya di sekolah menengah pertama. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian studi kepustakaan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode dokumentasi.Â
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Untuk menjaga ketepatan pengkajian dan mencegah kesalahan informasi dalam analisis data maka dilakukan pengecekan antar pustaka dan membaca ulang pustaka serta memperhatikan komentar pembimbing. Penelitian ini merujuk pada jenis penelitian studi kepustakaan yang bersumber data sebanyak 4 jurnal dengan pengumpulan data secara dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis isi. Hasil penelitian ini yang merujuk pada sumber jurnal menjelaskan empat poin meliputi : 1) Tingkat self-efficacy akademik pada siswa; 2) Sasaran penggunaan teknik modeling untuk self-efficacy akademik; 3) Keberhasilan penggunaan teknik modeling untuk self-efficacy akademik; 4) Bentuk-bentuk teknik modeling yang digunakan untuk self-efficacy akademik.
Kata Kunci:Â Studi Kepustakaan, self-efficacy akademik, Teknik ModelingÂ
AbstractÂ