Mohon tunggu...
Dian S. Hendroyono
Dian S. Hendroyono Mohon Tunggu... Freelancer - Life is a turning wheel

Freelance Editor dan Penerjemah Kepustakaan Populer Gramedia | Eks Redaktur Tabloid BOLA | Eks Redaktur Pelaksana Tabloid Gaya Hidup Sehat | Eks Redaktur Pelaksana Majalah BOLAVAGANZA | Bekerja di Tabloid BOLA Juli 1995 hingga Tabloid BOLA berhenti terbit November 2018

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Sopan Santun Ketika Menelepon

5 Januari 2023   07:53 Diperbarui: 5 Januari 2023   07:52 865
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ada sederet etika ketika menerima telepon atau menelepon, termasuk tersenyum. (Sumber: Chase Chappell/Unsplash)

Sedang sibuk-sibuknya memberi makan para kucing, kemarin siang, tiba-tiba telepon seluler berdering. Bukan berdering sih sebenarnya, melainkan lagu tema serial The Falcon and the Winter Soldier yang saya jadikan ringtone. Anyway, Anda tahu maksud saya.

Ingin saya diamkan saja, tapi khawatir itu kurir pengirim paket meminta keterangan alamat. Kalau harus diterima, saya harus memberi tahu kucing-kucing bahwa saya harus terima telepon, lalu harus cuci tangan juga.

Kemudian, saya lihat ponsel, hanya ada nomor, tidak ada nama, berarti penelepon tidak ada dalam kontak. Juga tidak ada tanda “suspected spam”, berarti aman. Kemudian, terjadilah percakapan berikut:

“Halo....”

“Hai! Ini Dian, ya?”

“Iya, saya Dian. Saya bicara dengan siapa?”

Penelepon adalah laki-laki dan saya MUNGKIN pernah mendengar suaranya, tapi entah kapan dan di mana.

“Tebak, siapa saya.”

Eh, dia yang menelepon, bukannya memberi tahu identitasnya, malah main tebak-tebakan.

Ah, ayolah. Masak tidak tahu suara saya?”

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun