Mohon tunggu...
Indra Rahadian
Indra Rahadian Mohon Tunggu... Administrasi - Pegawai Swasta

Best In Fiction Kompasiana Award 2021/Penikmat sastra dan kopi

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Merdeka Atau Mati!

8 November 2020   21:38 Diperbarui: 8 November 2020   21:57 608
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Saat Acung baru saja membakar rokok, terlihat konvoi serdadu-serdadu NICA kian mendekat, dengan menggunakan Truck dan Jeep mereka melaju menuju arah desa Rawa Gede.

Letnan Rusli yang menyadari hal itu berkata pada Acung, "Acung, tiarap!"

Acung pun mematikan rokok ditangan dan memasukkan puntung rokok tersebut kedalam kantung bajunya, kemudian mengambil tempat tiarap disamping Letnan Rusli.

"Waduh, banyak betul serdadu!" Ucapnya sambil melongo.

"Letnan Rusli! Mundur! Perintah komandan!" terdengar dari jauh seseorang memanggil, setelah jauh iring iringan konvoi NICA berlalu.

Pasukan yang bersiaga bersama Letnan Rusli perlahan-lahan meninggalkan tempat itu, Acung dan lima tentara Nasional Indonesia lainnya pun bangkit berdiri.

Acung dan Letnan Rusli saling bertatapan, lima orang Tentara Nasional yang hendak pergi pun menghentikan langkahnya.

Pikiran Acung dan Letnan Rusli seperti terkoneksi satu sama lain, hendak mengganggu iringan konvoi NICA dengan senjata seadanya.

Mereka pun bergerak dengan cepat kearah hutan, memotong jalan menuju batas desa Rawa Gede untuk mencegat konvoi NICA.

"Tanggal berapa ini, Rus?" Acung bertanya pada Letnan Rusli.

" Tanggal Sembilan Desember, kenapa?" Jawab Letnan Rusli.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun