Mohon tunggu...
Marendra Agung J.W
Marendra Agung J.W Mohon Tunggu... Guru - Urban Educator

Write to learn | Lahir di Bekasi, mengajar di Jakarta | Menulis edukasi, humaniora, esai dan fiksi | Kontak: jw.marendra@gmail.com |

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Artikel Utama

Belajar Konsep Dasar Kalimat Efektif dengan Cara Efektif

5 Februari 2022   18:10 Diperbarui: 8 Februari 2022   05:51 1741
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: pixabay.com

Jika maknanya rancu, maka tidak terjadi "kesepahaman" makna, antara penulis dan pembaca. 

Sebagai contoh pada kalimat: "Kami ucapkan bergunung-gunung terima kasih kepada hadirin."

Frasa "begunung-gunung" pada kalimat tersebut membuat kalimat menjadi tidak lugas sehingga kalimat tersebut tidak dapat disebut kalimat efektif. 

Agar menjadi lugas dan efektif maka frasa tersebut perlu dihilangkan. Dengan demikian, bentuk kalimat efektifnya yaitu: "Kami ucapkan terima kasih kepada hadirin".

4. Kalimat tidak efektif karena unsur kalimatnya tidak lengkap

Kalimat efektif yang terkenal ringkas dan tidak bertele-tele itu juga harus melewati prinsip kelengkapan unsur. 

Siswa sebaiknya memahami bahwa kalimat efektif bukan sekedar tidak boros kata melainkan juga harus lengkap unsur-unsurnya sesuai kebutuhan makna.

Sederhananya, jika pesan yang ingin disampaikan oleh penulis memerlukan 8 unsur (kata) maka kalimat disajikan hanya dengan 8 unsur tersebut. 

Jika penulis menyajikan 6 unsur saja, maka kalimat menjadi tidak efektif karena ada kebutuhan makna yang tidak terpenuhi, walau pun lebih ringkas.

Sebaliknya, jika penulis menyusun kalimatnya dengan 9 unsur, maka tetap tidak efektif karena karena tidak hemat dan berpotensi menghilangkan ketegasan makna. Oleh katena itu, penggunaan unsur kalimat harus sesuai kebutuhan makna, tidak kurang dan tidak lebih. 

Sebagai contoh pada kalimat: "Pak Bupati suka olahraga sepak bola, tenis, dan bakso malang."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun