Mohon tunggu...
Azrina Khalwa Hanani
Azrina Khalwa Hanani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya Jurusan Bimbingan dan Konseling

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Model Pengembangan Kurikulum Pendidikan

5 Juni 2022   20:42 Diperbarui: 5 Juni 2022   20:46 944
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Konsep Pengembangan Kurikulum Pendidikan

Azrina Khalwa Hanani

Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

zrinahanaa@gmail.com

Abstrak

                Pendidikan merupakan proses kegaitan transfer ilmu pengetahuan atau ketrampilan. Pendidikan dijalankan dengan mengacu pada kurikulum. Kurikulum merupakan konsep rencana isi pendidikan yang disesuaikan dengan luaran yang diharapkan dalam pendidikan tersebut. Kurikulum dikembangkan melalui empat fase yaitu fase I (perencanaan), fase II (isi dan metode), fase III (implementasi), fase IV (evaluasi dan pelaporan). Fase perencanaan merupakan dasar bagi langkah pengembangan kurikulum. Fase dua menentukan hasil yang dimaksudkan (apa yang dapat dilakukan peserta didik setelah berpartisipasi dalam kegiatan kurikulum), isi (apa yang akan diajarkan), dan metode (bagaimana itu akan diajarkan). Fase implementasi meliputi: 1) saran untuk menemukan dan mengevaluasi materi yang ada; 2) kriteria evaluasi; dan 3) saran pembuatan materi kurikulum. Evaluasi merupakan fase dalam model pengembangan kurikulum sekaligus langkah spesifik. Model pengembangan kurikulum dibagi menjadi 3 yaitu terpusat pada subjek, terpusat pada masalah, dan terpusat pada pelajar.

Kata Kunci :  Pendidikan, Kurikulum, Model, Pengembangan, Jenis

Abstract

Education is a process of transferring knowledge or skills. Education is carried out with reference to the curriculum. The curriculum is a concept of an educational plan that is adapted to the expected outcomes of the education. The curriculum is developed through four phases, namely phase I (planning), phase II (content and methods), phase III (implementation), phase IV (evaluation and reporting). The planning phase is the basis for the curriculum development step. Phase two determines the results that can be done (what students do after participating in the activity), content (what will be taught), learning methods to be taught). Implementation phase: 1) suggestions for finding and finding existing materials; 2) Evaluation criteria; and 3) suggestions for making curriculum materials. Evaluation is a phase in curriculum model development as well as a specific step. The curriculum development model is divided into 3, namely based on the subject, attention to problems, and attention to students.

Keywords : education, curriculum, model, development, type

PENDAHULUAN

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun