ABSTRAK
Â
Mas'ud, Ibnu  2021.   "Upaya    Guru    Meningkatkan    Minat    Belajar  Â
Fiqih  dengan   Metode  Demonstrasi   Kelas  X  MAÂ
An-Nur  Kabupaten Ogan  Komering  Ilir" Fakultas Ilmu
Tarbiyah  dan Keguruan Institut  Agama  Islam Negeri
(IAIN)  Raden  Fatah  Palembang 2021.  Pembimbing
M. Hasbi, M, Ag., Eni Zahara, M.Pd.I
Â
Kata kunci:   Meningkatkan    Minat    Belajar   Fiqih  dengan   Metode  Â
Demonstrasi
Â
Keberhasilan   pendidikan  di  madrasah  sangat  tergantung  pada Proses  belajar mengajar di kelas.  Dalam pembelajaran di sekolah,  terdapat banyak  unsur  yang  saling  berkaitan  dan  menentukan keberhasilan dalam proses  belajar  mengajar.  Unsur-unsur  tesebut  adalah :  pendidik  (guru), Peserta  didik  (siswa),  kurikulum,  pengajaran,  tes  dan  lingkungan.
MA An-Nur Tebing Suluh  adalah  satu -- satunya  madrasah  yang  terletak di  Tebing  Suluh  Kecamaan  Lempuing  Kabupaten  Ogan  Komering  Ilir. Berdasarkan  pengamatan  penulis  dalam  mengampu  mata  pelajaran  fiqih di  MA An-Nur,  khususnya  pada  kelas  X dijumpai  kondisi  minat  belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih, khususnya  tentang  materi  sholat jenazah  rendah.  Penggunaan   metode   demonstrasi   diharapkan  dapat  meningkatkan  pemahaman  siswa  akan  materi  yang  di sampaikan  guru.
Berdasarkan latar belakang tersebut penulis merumuskan permasalahan yaitu Apakah  dengan   menggunakan   metode  demonstrasi  dapat meningkatkan  minat  belajar  fiqih  siswa  kelas  X  MA An-Nur  Kabupaten  Ogan  Komering  Ilir?
Penelitian ini dilaksanakan melalui tiga siklus untuk melihat peningkatan minat belajar dan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran mata pelajaran fiqih melalui metode demonstrasi.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Fikih siswa kelas X MA An-Nur Tebing Suluh.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan tiga siklus.
Penelitian ini dilaksanakan di MA An-Nur Tebing Suluh, tepatnya di kelas X dengan jumlah siswa sebanyak 18 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) Tes, (2) Observasi, (3) Wawancara singkat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Fikih mengalami peningkatan setelah dilaksanakannya strategi Demonstrasi di setiap siklus yang dilakukan oleh peneliti. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata di setiap siklusnya.
Pada siklus I nilai yang tuntas sesuai KKM adalah  sebanyak 3 siswa atau  hanya  16,66 %. Dengan  demikian  dapat  diketahui bahwa rata-rata pemahaman  siswa  dalam  materi  ini  masih  lebih  rendah  dari nilai yang ditetapkan sekolah.     Â
Pada siklus II telah  terjadi  peningkatan  hasil  belajar  siswa  yang  mencapai  nilai  KKM yakni meningkat  menjadi 14 siswa  atau (77,78 %).
Sedangkan pada siklus III siswa yang mencapai ketuntasan  berjumlah 18 siswa atau  sebanyak  100 %.  Dengan rincian nilai 80  -  84 sebanyak 2 siswa atau 11,20%,  75  -  79 sebanyak 11 siswa atau 61,60  % dan nilai 70  -  74 sebanyak 5 siswa atau 27,20%.
Sementara itu, respon siswa pada saat penerapan strategi ini yaitu baik sekali, mereka juga senang belajar dengan menggunakan strategi Discovery Learning ini.
Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa, strategi Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar Fikih di kelas X MA An-Nur Tebing Suluh.
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
KATA PENGANTAR
Â
Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan judul "Upaya Guru Meningkatkan Minat Belajar Fiqih Materi Sholat Jenazah Dengan metode Demonstrasi Kelas X MA An-Nur Tebing Suluh Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir".
Penelitian Tindakan Kelas ini kami susun untuk memenuhi salah satu tugas PPL PPG Daljab 2021 yang dilaksanakan di LPTK UIN Raden Fatah Palembang.
Dalam penyusunan Penelitian Tindakan Kelas ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai, .
Dalam penulisan Penelitian Tindakan Kelas ini banyak pihak telah membantu peneliti baik secara langsung atau pun tidak langsung memberikan kontribusi yang sangat berarti, dengan kerendahan hati peneliti mengucapkan banyak terima kasih, terutama :
- M. Hasbi, M, Ag, selaku Dosen Pembimbing Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Kementerian Agama Tahun 2021 Di Universitas Islam  Negeri Raden Fatah Palembang
- Eni Zahara, M.Pd.I, selaku Guru Pamong Pendidikan Profesi Guru Dalanm Jabatan Kementerian Agama Tahun 2021 Di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
- Teritimewa kepada kedua orang tua saya yang telah mengasuh, membesarkan dan mendidik peneliti.
- Teristimewa kepada istri Khumidatunnisa' dan buah hati Najwa Jihan Roihana dan Ahsana Nadia Lailiyah yang selalu memberi motivasi semangat kepada peneliti
- Dosen-dosen Pendidikan Profesi Guru Dalanm Jabatan Kementerian Agama Tahun 2021 Di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
- Panitian Nasional dan Panitia Lokal Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Kementerian Agama Tahun 2021 Di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
- Teman-teman Program Pendidikan Profesi Guru Dalanm Jabatan Kementerian Agama Tahun 2021 Di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang yang selalu setia sebagai teman diskusi dan motivasinya.
- Semua pihak yang telah membantu terselesaikannya penelitian tindakan kelas ini.
- Bapak Ashar, M.Pd.I selaku Kepala Madrasah Aliyah An-Nur Tebing Suluh
Penulis menyadari bahwa penyusunan Penelitian Tindakan Kelas ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.
Penulis
IBNU MAS'UD, S.Pd.I
Â
Â
Â
Â
Â
BAB Â IV
Â
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Â
Â
Â
- Gambaran Umum Lokasi Penelitian
Â
- Identitas Sekolah
Â
No
Identitas Sekolah
Keterangan
1
Nama Madrasah
MA An-Nur Tebing Suluh
2
NSM
131216020011
3
NPSN
10648980
5
Akreditasi   Â
" B "
6
Alamat Madrasah
Jl. Lintas Timur Desa Tebing Suluh Kec. Kab. OKI Sum-sel
7
Kecamatan
Lempuing
8
Kabupaten/kota
OKI
9
Tahun Berdiri
2002
11
Nama Kepala Madrasah
M. Ashar, M.Pd.
12
No Telp. /HP
082381123459
13
Nama Yayasan
Pondok Pesantren An-Nur
14
Alamat Yayasan
Jl. Lintas Timur Desa Tebing Suluh Kec. Kab. OKI Sum-sel
15
No. Telp. Yayasan
082381123459
17
Kepemilikan Yayasan (Status Tanah)
Yayasan
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
- Visi Sekolah
Â
VISI
Â
Menghasilkan lulusan yang berakHlakul karimah, terampil dan berpengetahuan agama dan umum
Â
- Misi Sekolah
Â
MISI
Â
- Membekali Kecakapan Hidup (Life Skill) Berupa Pengetahuan Umum Dan Agama.
Â
- Meningkatkan Profesional Guru, Pegawai Dan Siswa.
Â
- Menciptakan Hubungan Yang Harmonis Di-Kalangan Masyaraka
Â
- Data Guru dan Siswa
Â
- Jumlah Siswa       Â
Â
Kelas X
Kelas XI
Kelas XII
Total
L
P
Rombel
L
P
Rombel
L
P
Rombel
Siswa
Rombel
26
18
2
25
31
2
33
34
2
167
6
Â
Â
- Jumlah Guru  Â
Â
Jenis Kelamin
Status
Pendidikan
L
P
PNS
Non PNS
S1
S2
S3
18
5
1
22
14
6
2
Â
Â
Â
- Hasil Pelaksanaan Tindakan  Kelas  Dalam  Meningkatkan  Minat Belajar Dengan  Metode  Demonstrasi
Â
   1.  Prosedur Penelitian Pada Siklus I
Â
Proses  tindakan  yang  dilakukan  pada siklus I ini meliputi tahapan sebagai berikut:
Â
Â
Â
Perencanaan
Â
Sebelum  melaksanakan  pembelajaran,  peneliti   melakukan koordinasi  dengan  teman sejawat mengenai pembelajaran fiqih kelas X MA An-Nur  Tebing  Suluh Kecamatan Lempuing mengenai  rencana  penelitian yang akan dilakukan.  Koordinasi ini berkaitan dengan  waktu pelaksanaan penelitian ,materi yang diajarkan,  dan  bagaimana  rencana  pembelajaran  yang  akan dilakukan.  Pada  tahap  ini,   peneliti   melakukan   kegiatan-kegiatan  sebagai  berikut:
Â
Membuat  rencana  pembelajaran sesuai tindakan yang akan dilaksanakan
Â
Mempersiapkan lembar observasi
Â
Membuat pedoman observasi
Â
b. Â Tindakan
Â
         Tindakan-tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah :
Â
Pendahuluan
Â
Pada  bagian  pendahuluan  ini  guru   memberikan   appersepsi pembelajaran. Tujuan  appersepsi  disini  adalah  untuk  mengkondisikan  siswa agar siap menerima pelajaran dengan baik.
Â
Kegiatan Inti
Â
Pada  bagian  inti  guru  menyampaikan  materi  pelajaran.  Guru membaca  materi  tentang  pengurusan jenazah, kemudian  guru  memberikan penjelasan tentang bacaan-bacaan sholat jenazah. Siswa memperhatikan gerakan   yang   dicontohkan  guru.  Namun   guru   memberikan kebebasan  pada  siswa  untuk  mencoba  melakukan  sendiri.  Guru memutarkan video media pembelajaran,  kemudian  menyuruh  salah  satu  siswa  untuk  mempraktikanya.
Â
Penutup
Â
Kegiatan  pembelajaran  diakhiri  dengan merefleksi hasil pembelajaran  pada  hari  itu.  Guru  memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan materi  yang  belum  mereka  pahami. Melalui  kegiatan ini dapat diketahui  kesulitan-kesulitan yang siswa hadapi.  Guru menunjuk perwakilan siswa untuk maju  ke depan  untuk  memprakktikan  kembali materi yang telah  dipelajari.
Â
      Penilaian  dilakukan  dengan  tes  tertulis  dilakukan  sendiri dengan  memberikan  tes  setelah  siklus I  dilaksanakan.
Â
c. Â Observasi
Â
            Observasi kegiatan kelas dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung.  Observasi  dilakukan  dengan  menggunakan  lembar pedoman  observasi  yang  berisi  pernyataan  perilaku  siswa  selama mengikuti  proses  pembelajaran.
Â
         Observasi  dilakukan terhadap data tes dan non-tes.  Data tes yang diobservasi  berupa  tes  penjelasan  materi dengan berdasarkan pada hasil  percobaan  yang  telah  dilakukan  siswa  dan  hasil belajar siswa setelah diadakan evaluasi  pembelajaran dengan mengerjakan so'al tes tertulis.  Sedangkan data non-tes yang di observasi  antara lain  angket siswa,  wawancara  dan  dokumen  foto. Tujuan  dilakukanya observasi terhadap  data  non-tes  adalah  untuk mengetahui sikap siswa selama pembelajaran  berlangsung,  hal  ini  penting  dilakukan  sebagai  pendukung  data  hasil tes yang telah dilaksanakan,  baik tes lisan maupun tes  tertulis.
Â
Â
Â
Â
d. Â Refleksi
Â
            Setelah pelaksanaan tindakan, peneliti melakukan analisis  terhadap  hasil tes,  hasil  observasi,  dan  hasil  wawancara  yang  telah dilakukan.  Analisis ini  bertujuan  untuk  mengetahui  kelebihan  dan kekurangan  dalam  penerapan  metode demontrasi dan untuk mengetahui  tanggapan  siswa  terhadap penggunaan metode tersebut dalam pembelajaran  fiqih.
Â
      Berdasarkan  analisis tersebut, peneliti dalam melakukan perbaikan atau  revisi  terhadap  rencana  pembelajaran  selanjutnya,  yaitu  pada siklus II. Jika  hasil dari siklus I belum memenuhi standar minimal yang ditentukan,  maka  akan  dilakukan  tindakan  siklus  II  dan  masalah-masalah  yang  timbul  pada  siklus I  dicarikan alternatif pemecahanya pada siklus  II, sedangkan  kelebihan-kelebihanya  akan dipertahankan Dan ditingkatkan pada siklus II.
Â
Â
2.  Prosedur  Penelitian Pada Siklus II
Â
         Pelaksanaan  siklus  II  melalui  tahap  yang  sama  dengan siklus I, yaitu  perencanaan,  tindakan,  observasi,  dan  refleksi.  Siklus  II  merupakan  kelanjutan  dari  siklus I  dan  merupakan  perbaikan terhadap hasil  kegiatan pada siklus, paparan tiap tahap diuraikan berikut ini :
Â
Perencanaan
Â
Perencanaan  siklus ll dibuat dengan memperhatikan hasil kegiatan siklus l.tahap perencanaan siklus ll ini meliputi:               Â
Â
- penyempurnaan  rencana  pembelajaran  berdasarkan rencana Pembelajaran pada siklus I
Â
2)  menggunakan lembar evaluasi  dengan baik
Â
3) Â Mempersiapkan format observasi
Â
4) Â Mempersiapkan lembar wawancara
Â
b. Â Tindakan
Â
Pelaksanaan  tindakan  pada  siklus  II  merupakan  skenario pembelajaran  sebagai  perbaikan  siklus I.  Tindakan  yang  dilakukan  pada  siklus  II  meliputi :
Â
      1)  Pendahuluan
Â
Pada  tindakan  siklus II, guru  mengawali pembelajaran fiqih dengan  memberi  salam  kemudian  mengabsen  dengan membacakan  buku kehadiran siswa.  Guru bersama siswa mengulas Kembali  materi  yang  telah  dipelajari  sebelumnya atau appersepsi.  Appersepsi  ini  dilakukan  untuk  mengaitkan  materi sebelumnya,  dengan  materi  yang  akan  disampaikan.  Materi pada  siklus  II  adalah  melakukan  percobaan  yang  sama dan menggunakan  cara  yang  lebih  mudah,  terutama  segi  mempraktikkan  dilakukan  bersama
Â
Kegiatan Inti
Â
Dalam  siklus  II  ini  ada  beberapa  perubahan dalam materi namun  tidak  merubah cara atau metode yang akan digunakan. Dalam  tahap  ini  guru  melafalkan  bacaan  sholat jenazah  dan  kemudian  siswa mengikuti secara bersama - sama. Guru  mengulang - ulang  bacaan  yang  diikuti siswa  sampai  siswa  hafal  dengan  lafal  tersebut.Â
Â
Penutup
Â
Pembelajran  ditutup  guru bersama  dengan siswa merefleksi hasil pembelajaran saat itu. Guru  mengulas  kembali  materi  yang  baru  diajarkan.  Guru bertanya kepada siswa dalam siklus ini,  apakah  masih  ditemukan   kesulitan   dalam   melakukan   praktik  gerakan  sholat jenazah.  Kemudian  guru memberikan  motivasi kepada siswa agar selalu mencoba dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Â
- Observasi
Â
Observasi yang dilakukan pada siklus II sama dengan observasi  yang  dilakukan  pada siklus I. Adapun observasi yang  dilakukan  adalah  berupa  observasi  terhadap  data  tes  dan  non-tes. Observasi  data  tes  digunakan  untuk mengetahui nilai tes dengan melakukan  percobaan  dan tes tertulis. Sedangkan observasi pada data  non-tes  dilakukan  pada  observasi  perilaku  siswa  selama pelaksanaan  pembelajaran  dan  wawancara.  Observasi  ini  digunakan  sebagai  penguat  hasil  observasi  data  tes.
Â
Pada  tahap observasi data tes,  peneliti  melakukan  penelitian  terhadap  penjelasan  yang  diberikan  kepada  siswa  melalui praktik  yang  dilakukan  sebelumnya. Penilaian ini hanya dilakukan pada  beberapa  orang  saja  yang  mewakili  seluruh  siswa  yang diobservasi. Perwakilan  siswa tersebut mewakili siswa dengan nilai tes  tertinggi  dan  terendah.  Sedangkan  observasi  terhadap  data Tes  tertulis,  peneliti  memberikan  lembaran  kerja  soal,  yang selanjutnya  peneliti  dapat  melihat  hasil tes masing-masing siswa.
Â
Pada   observasi  non - tes,  peneliti  menyiapkan  lembar pedoman  yang  berisi pernyataan mengenai perilaku siswa selama proses  pemmbelajaran  fiqih. Observasi  pada kegiatan wawancara dilakukan  ketika  akhir  pembelajaran.  Beberapa   siswa   yang mewakili  kelas  diminta  pendapatnya  secara  lisan  tentang  pem- belajaran  yang  baru  saja  dilakukan.     Â
Â
Refleksi
Â
Refleksi pada siklus II merupakan tahap akhir dalam penelitian ini. Peneliti  melakukan  evaluasi  terhadap  pembelajaran  yang  telah dilakukan.  Peneliti  juga melakukan analisis terhadap data non-tes. Dan  wawancara  pada  siklus  II  ini  peneliti  dapat  meng    etahui bagaimana tanggapan  siswa mengenai pembelajaran fiqih  dengan menggunakan  metode  demonstrasi yang sudah dilakukan. Peneliti dapat  melihat  respon  siswa  terhadap penerapanmetode tersebut. Dari refleksi tersebut  peneliti dapat melihat hasil yang telah dicapai siswa  dalam  pembelajaran,  yang  mana  siswa  sudah  berhasil Mencapai  terget  atau  tujuan  yang  diharapkan,  yaitu  mencapai standar  kompetensi  minimal  75.  Oleh  karena  itu  tidak dilakukan tindakan  selanjutnya.
Â
Â
- Hasil  Penelitian  tentang  Meningkatkan  Minat   Belajar  Fiqih Materi Sholat Jenazah Dengan  Metode  Demonstrasi
Â
- Hasil siklus I
Â
- Hasil tes
Â
Hasil  dari tes  digunakan  sebagai  nilai  awal  untuk  perbandingan  dan sekaligus  memperbaiki  hasil  tes  selanjutnya,  yang  mana peneliti akan  melakukan  tindakan  perbaikan  pada  siklus  II  dan  siklus  III shingga  hasilnya  dapat  mencapai  standar minimal  yang diharapkan,  adapun  hasil  tes  siklus I adalah  sebagai  berikut :
Â
TABEL 1
Â
HASIL EVALUASI PEMBELAJARAN SIKLUS I
Â
KELAS X MA AN-NUR TEBING SULUHÂ
Â
KECAMATAN LEMPUING KABUPATEN OKI
Â
TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Â
NO
NAMA
Â
YANG DINILAI
Â
JMLH
NILAI
Kelancaran dalam pembacaan shalat jenazah
Hafalan pada bacaan shalat jenazah
1
Ani Setia Wati
70
70
140
70
2
Anisa Inda Zulifa
50
50
100
50
3
Hana Alya Khafsah
60
60
130
60
4
Luluk Lutfiana
60
60
120
60
5
Mautia Khuzaimah
55
55
110
55
6
Mila Agustin
60
60
120
60
7
Qurota Ayuni
60
60
130
60
8
Rara Delfiana
50
50
100
50
9
Ratna Puspita Sari
60
60
120
60
10
Rency Fetricia
60
60
130
60
11
Rosa Nur Aini
60
60
120
60
12
Roudhotun Nafiah
50
50
100
50
13
Sindi Tri Wulandari
50
50
100
65
14
Siti Kholifah
70
60
130
70
15
Siti Nur Ajijah
70
70
140
70
16
Sofiana Faridha
45
60
110
55
17
Yana Indri Astuti
65
65
140
65
18
Putri Septiani
50
60
110
55
Mendapat Nilai Tuntas
3
Belum Mendapat Nilai Tuntas
15
%  Ketuntasan   Â
16.66 %
Â
Â
Dari tabel di atas jika dipersentasekan adalah sebagai berikut :
Â
TABEL 2
Â
HASIL TES PRA-SIKLUS DALAM BENTUK PERSENTASE
Â
Nilai
Jumlah Siswa
Persentase
85 Â - Â 89
-
-
80 Â - Â 84
-
-
75 Â - Â 79
-
-
70 Â - Â 74
3
16,66 %
65 Â - Â 69
2
11,11 %
60 Â - Â 64
7
38,91 %
55 Â - Â 59
3
16,66 %
50 Â - Â 54
3
16,66 %
45 Â - Â 49
-
-
Jumlah
18
  100 %
Â
            Dari  data  tes  awal  pada  tabel 2 di atas  tergambar bahwa dari 18 siswa kelas X MA An-Nur Tebing Suluh  Kecamatan Lempuing pada semester  I  2021,  masih  ada  15  siswa  belum  mencapai batas  ketuntasan  atau  standar  yang  telah  ditentukan  yaitu minimal 70. Sedangkan  yang  telah  mencapai  batas  ketuntasan  sebanyak 3 siswa atau  hanya  16,66 %. Dengan  demikian  dapat  diketahui bahwa rata-rata pemahaman  siswa  dalam  materi  ini  masih  lebih  rendah  dari nilai yang ditetapkan sekolah.
Â
- Hasil Observasi Siklus I
Â
Â
Lembar Observasi Siswa
Â
Aktivitas Belajar Siswa
Â
Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi (Siklus I)
Â
Â
Â
Â
No
Â
Indikator atau aspek yang Nilai
NilaiÂ
1
2
3
4
1
Siswa membuka pelajaran  dengan berdoa.
P
Â
2
Siswa memberikan respon terhadap pertanyaan atau instruksi yang diberikan oleh guru (Preparation)
P
3
Siswa Belajar secara rapi dan tertib (Preparation)
P
4
Siswa memperhatikan penjelasan umum tentang materi ajar dan penjelasan ten- tang penerapan metode demonstrasi (Preparation).
P
5
Siswa bertugas menanggapi masalah atau pertanyaan yang diajukan guru (Fact-Finding)
P
6
Siswa  mengemukakan   pendapat dan ide-ide tentang pertanyaan yang diajukan (IdeaFinding).
P
7
Siswa berpartisipasi secara aktif ketika diskusi kelas mengenai masalah yang akan diselidiki (Idea Finding).
P
8
Siswa dan guru bersama-sama mencari jawaban yang paling benar (Implementation)
P
9
Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan hal yang kurang dipahami (Implementation)
P
10
Siswa dan guru menarik kesimpulan untuk pembelajaran FIQIH yang dilaksanakan hari ini
P
Â
Â
Â
Keterangan:
Â
1
: kurang baik
3 : baik
2
: sedang/cukup
4 : sangat baik
Â
Â
Lembar Observasi GuruÂ
Â
Aktivitas Mengajar Guru
Â
dengan Menggunakan Metode Demonstrasi (Siklus I)
Â
Â
Â
Â
No
Indikator atau aspek yang Dinilai
NilaiÂ
Â
1
2
3
4
1
Guru memasuki kelas tepat waktu
P
2
Guru menggali pengetahuan awal siswa
P
Â
3
Guru memberikan penjelasan tentang materi ajar atau prosedur kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa dan penggunaan metode demonstrasi
P
4
Guru dapat mengkondisikan siswa untuk belajar secara rapi dan tertib
P
5
Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang sedang di pelajari (Preparation).
P
Â
6
Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk berpikir kritis menjawab pertanyaan yang di ajukan (Fact
Finding).
P
Â
7
Guru memotivasi siswa  untuk mengemukakan ide-ide yang kemudian dituliskan di papan tulis (Idea Finding).
P
Â
8
Guru menghentikan siswa tidak dapat mengeluarkan ide dan mengevaluasi ide yang ada di depan papan tulis (Solution Finding).
P
9
Guru mendiskusikan hasil dari implementation solusi/ide dalam kelas (im plementation).
P
10
Guru bersama siswa menarik kesimpulan untuk pembelajaran FIQIH yang dilaksanakan hari ini.
P
Â
Â
Â
Keterangan:
Â
1
: kurang baik
3 : baik
2
: sedang/cukup
4 : sangat baik
Â
Â
Â
- Hasil Penelitian Siklus  II
Â
- Hasil tes
Â
            Siklus II ini merupakan  tindakan kedua dalam penelitian, dalam siklus ini  dilakukan  kegiatan  pembelajaran  dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman  siswa  yang  dibuktikan  dengan  hasil  belajar  yang  meningkat  melalui penerapan  metode  demonstrasi.  Hasil  dari  pelaksanaan pembelajaran  siklus  II  terdiri  atas  hasil  tes  dan  non-tes.  Adapun  data Hasil  tindakan  siklus II  tersebut diuraikan  secara rinci sebagai berikut :
Â
TABEL Â 3
Â
HASIL EVALUASI PEMBELAJARAN SIKLUS II
Â
KELAS X MA AN-NUR TEBING SULUHÂ
Â
TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Â
NO
NAMA
Â
YANG DINILAI
Â
JMLH
NILAI
Kelancaran dalam pembacaan shalat jenazah
Hafalan pada bacaan shalat jenazah
1
Ani Setia Wati
75
80
155
77.50
2
Anisa Inda Zulifa
65
76
141
70.50
3
Hana Alya Khafsah
60
70
130
65.00
4
Luluk Lutfiana
65
60
125
62.50
5
Mautia Khuzaimah
60
65
125
62.50
6
Mila Agustin
80
74
154
77.00
7
Qurota Ayuni
70
65
135
67.50
8
Rara Delfiana
60
80
140
70.00
9
Ratna Puspita Sari
70
74
144
72.00
10
Rency Fetricia
80
60
140
70.00
11
Rosa Nur Aini
80
80
160
80.00
12
Roudhotun Nafiah
70
70
125
70.00
13
Sindi Tri Wulandari
74
80
154
77.00
14
Siti Kholifah
70
70
140
70.00
15
Siti Nur Ajijah
70
75
145
72.50
16
Sofiana Faridha
67
76
143
71.50
17
Yana Indri Astuti
80
70
150
75.00
18
Putri Septiani
70
70
140
70.00
Mendapat Nilai Tuntas
14
Belum Mendapat Nilai Tuntas
4
%  Ketuntasan   Â
77,8 %
Â
Â
Dari tabel di atas jika dipersentasekan adalah sebagai berikut :
Â
TABEL 4
Â
HASIL TES SIKLUSII DALAM BENTUK PERSENTASE
Â
Nilai
Jumlah Siswa
Persentase
85 Â - Â 89
-
-
80 Â - Â 84
1
5.55 %
75 Â - Â 79
4
22,22 %
70 Â - Â 74
9
50,01 %
65 Â - Â 69
2
11,11 Â %
60 Â - Â 64
2
11,11 %
55 Â - Â 59
-
Jumlah
18
  100 %
Â
Â
Â
            Pada  tabel 4  di atas  siswa yang belum tuntas berjumlah 4 siswa atau  sebanyak  22,22 %.  Sedangkan  siswa  yang  mencapai  ketuntasan belajar sebanyak 14 siswa atau 77,78 %,
Â
Dari  tabel  di atas  terlihat  bahwa  telah  terjadi  peningkatan  hasil  belajar  siswa  yang  mencapai  nilai  ketuntasan standar minimal sebelum diadakan  perbaikan  dan  setelah  diadakan perbaikan yakni dari 3 siswa (16,66 %) meningkat  menjadi 14 siswa  atau (77,78 %).
Â
     Â
Â
- Hasil Non-tes
Â
Hasil  penelitian  terhadap  data  non-tes  pada siklus II ini diperoleh dari  hasil  observasi  dan  wawancara.  Adapun  hasilnya  akan  didiuraikan sebagai berikut :
Â
Hasil observasi
Â
a) Â Aktivitas guru selama proses pembelajaran
Â
      Hasil observasi aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran  pada siklus pertama sudah cukup baik, karena dalam kegiatan ini guru  sudah  menerapkan  apa yang ada di dalam Rencana Pelaksanaan   Pembelajaran  (RPP)  dan  guru  cukup  aktif selama  proses  pembelajaran  berlangsung.
Â
Â
Lembar Observasi GuruÂ
Â
Aktivitas Mengajar Guru
Â
dengan Menggunakan Metode Demonstrasi (Siklus II)
Â
Â
Â
Â
No
Indikator atau aspek yang Dinilai
NilaiÂ
Â
1
2
3
4
1
Guru memasuki kelas tepat waktu
P
2
Guru menggali pengetahuan awal siswa
P
Â
3
Guru memberikan penjelasan tentang materi ajar atau prosedur kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa dan penggunaan metode demonstrasi
P
4
Guru dapat mengkondisikan siswa untuk belajar secara rapi dan tertib
P
5
Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang sedang di pelajari (Preparation).
P
Â
6
Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk berpikir kritis menjawab pertanyaan yang di ajukan (Fact
Finding).
P
Â
7
Guru memotivasi siswa  untuk mengemukakan ide-ide yang kemudian dituliskan di papan tulis (Idea Finding).
P
Â
8
Guru menghentikan siswa tidak dapat mengeluarkan ide dan mengevaluasi ide yang ada di depan papan tulis (Solution Finding).
P
9
Guru mendiskusikan hasil dari implementation solusi/ide dalam kelas (im plementation).
P
10
Guru bersama siswa menarik kesimpulan untuk pembelajaran FIQIH yang dilaksanakan hariini.
P
Â
Â
Â
Keterangan:
Â
1
: kurang baik
3 : baik
2
: sedang/cukup
4 : sangat baik
Â
Â
Aktivits Siswa Selama Proses Pembelajaran
Â
Data  observasi  diambil  ketika  proses  belajar berlangsung. Data  observasi  ini  diambil  bertujuan  untuk  mengetahui sejauh  mana  respon  siswa  dalam  mata  pelajaran  fiqih dengan menggunakan metode demonstrasi.
Â
Hasil  pengamatan  yang  dilakukan  pada  siklus I, diperoleh  dari  lembar  pengamatan  yang  meliputi :
Â
- Keaktifan  siswa dalam menyimak materi pelajaran seperti melafalkan  niat,  bacaan sholat jenazah serta  mempraktikan  gerakan-gerakan takbir.
Â
- Siswa aktif dalam merespon penjelasan dari guru
Â
- Kemampuan  siswa  dalam  mengajukan  pertanyaan -- pertanyaan
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Lembar Observasi Siswa
Â
Aktivitas Belajar Siswa
Â
Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi (Siklus II)
Â
Â
Â
Â
No
Â
Indikator atau aspek yang Nilai
NilaiÂ
1
2
3
4
1
Siswa membuka pelajaran  dengan berdoa.
P
Â
2
Siswa memberikan respon terhadap pertanyaan atau instruksi yang diberikan oleh guru (Preparation)
P
3
Siswa Belajar secara rapi dan tertib (Preparation)
P
4
Siswa memperhatikan penjelasan umum tentang materi ajar dan penjelasan tentang penerapan metode demonstrasi (Preparation).
P
5
Siswa bertugas menanggapi masalah atau pertanyaan yang diajukan guru (Fact-Finding)
P
6
Siswa  mengemukakan pendapat dan ide-ide tentang pertanyaan yang diajukan (IdeaFinding).
P
7
Siswa berpartisipasi secara aktif ketika diskusi kelas mengenai masalah yang akan diselidiki (Idea Finding).
P
8
Siswa dan guru bersama-sama mencari jawaban yang paling benar (Implementation)
P
9
Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan hal yang kurang dipahami (Implementation)
P
10
Siswa dan guru menarik kesimpulan untuk pembelajaran FIQIH yang dil- aksanakan hari ini
P
Â
Â
Â
Keterangan:
Â
1
: kurang baik
3 : baik
2
: sedang/cukup
4 : sangat baik
Â
Â
Â
Hasil  yang  cukup memuaskan  ketika  proses pembelajaran berlangsung  kebanyakan  siswa  cukup respon dan antusias mengikuti  pelajaran  mempraktikan  gerakan-gerakan sholat dan melafalkan bacaan dalam sholat jenazah, meskipun masih ada  beberapa  siswa  yang  kesulitan  mengahafal  bacaan-bacaannya.  Oleh  sebab  itu  perlu  dilakukan tindakan agar mengurangi hambatan pada siswa saat proses pembelajaran  berlangsung.  Hal  ini  menjadi  tugas  peneliti yang  harus  diselesaikan  pada  siklus  berikutnya  dan terus memberikan semangat pada siswa dalam belajar.
Â
- Hasil wawancara
Â
Wawancara  pada  siklus I  dilakukan setelah diletahui Hasil  tes tertulis. Wawancara dilakukan terhadap perwakilan siswa  yang memperoleh nilai  tertinggi dan terendah. Tujuan peneliti  melakukan  wawancara  pada siklus ini adalah untuk mengetahui  tanggapan  atau  sikap  siswa  terhadap  proses pembelajaran  dengan  menggunakan   metode  demonstrasi.
Â
Wawancara   ini   menggunakan   lima  pertanyaan, sebagai berikut :
Â
Bagaimana  pendapat anda tentang penggunaan metode demonstrasi pada pelajaran fiqih?
Â
Selama  mengikuti  pelajaran  fiqih  apakah  anda  merasakan  kesulitan?  Apa saja?
Â
Apakah  anda  pernah merasa bosan mengikuti pelajaran fiqih? Apa penyebabnya?
Â
Apa  yang  anda  rasakan  setelah  mengukuti  pelajaran fiqih?
Â
Setelah   mengikuti   pelajaran   fiqih  apa  yang  anda harapkan?
Â
Berikut adalah uraian hasil wawancara di atas: Dua  dari  empat  siswa  yang  diwawancarai  sebagai Wakil  kelasnya, yang  mewakili nilai  terendah  dan  tertinggi,  mereka  mengungkapkan  pendapatnya  bahwa dengan menggunakan  metode  demonstrasi  mereka merasa lebih mudah menangkap pelajaran dan memahaminya.  Mereka   mengatakan  dengan   menggunakan metode  demonstrasi  ini  lebih  menarik  dan  senang, karena  tidak  menimbulkan  kejemuan dalam belajar dan mereka  bisa  menguasai  pelajaran  dengan  melakukan percobaan / praktik secara langsung.
Â
Yang  kedua  mereka  menjawab,  bahwa  mereka  sering menemukan  kesulitan, terutama ketika menghafal lafal-lafal arab, dikarenakan  kurang  lancarnya  mereka  dalam  bacaan - bacaan arab.  Namun  dengan menggunakan  metode  demonsteasi  ini mereka  lebih  mudah mengahafal karena selain mendengar lafal-lafalnya  mereka juga lebih banyak mengalami dan mempraktikan secara langsung.
Â
Pertanyaan   ketiga  mereka  mengemukakan  jawabanya, bahwa  mereka  sering  jenuh  atau  bosan  dengan pelajaran fiqih ketika menjumpai hafalan-hafalan dalam bahasa arab, sedangkan mereka  sendiri  tidak  memahaminya,  dan  tidak  juga  diiringi dengan  melakukan  percobaan  yang  berkenaan  dengan  lafal- lafal tersebut.
Â
Pertanyaan  keempat  mereka  menjawab  bahwa  setelah menggunakan metode demonstrasi ini mereka merasakan banyak kemudahan   diantaranya   mereka  lebih   mudah   menghafal, memahami  dan  mengingat  materi yang  sudah  diajarkan dibandingkan  dengan  metode  yang  diterapkan  sebelum  metode demonstrasi.
Â
Jawaban yang terakhir dari pertanyaan yang kelima, mereka mengungkapkan,  bahwa  harapan  mereka  setelah  mengikuti pelajaran  fiqih  ini,  metode  demonstrasi  tetap  digunakan  pada materi-materi  yang  memang  diperlukan  khususnya pada materiYang  berhubungan  dengan  tindakan / atau  praktik  seperti materi haji dan sebagainya.
Â
Â
- Refleksi
Â
Adapun keberhasilan dan kegagalan  yang  terjadi  pada  siklus  II adalah sebagai berikut :
Â
- Guru kurang  dapat menguasai  kelas, ini terlihat dari banyaknya siswa  yang  kurang  memperhatikan  hingga  suasana  kelas menjadi  gaduh,  hal  ini  disebabkan  karena  adanya  beberapa siswa yang mengalami  kesulitan dalam melihat media  di depan  kelas  terutama siswa  yang duduk di belakang sehingga siswa  tersebut  kurang  nyaman
Â
Guru  kurang  memberikan  waktu  yang  cukup kepada masing-masing siswa, karena keterbatasan waktu sehingga tidak seluruh siswa  dapat  mempraktikan  sholat jenazah yang diajarkan.
Â
Siswa  yang  aktif  yang  dapat  menguasai  materi  hanya siswa tertentu saja yang  mendapatkan  kesempatan untuk melakukan percobaan.  Hal  ini  karena  guru  hanya  menyuruh sebagian saja dari siwa untuk melukan percobaan.
Â
Â
- Hasil  penelitian  siklus III
Â
Tindakan  siklus  III  ini  merupakan  tindak  lanjut dari  tindakan siklus II, tindakan  ini dilakukan  karena  pada  siklus II dianggap  belum berhasil Karena  belum  mencapai  kreteria  ketuntasan  minimal  (KKM),  yang ditentukan  oleh  sekolah  yaitu  minimal 70. Dengan demikian tindakan siklus II dilanjutkan ke siklus III guna untuk memperbaiki hasil tes yang di anggap belum berhasil pada siklus sebelumnya.
Â
Ada beberapa perubahan yang dilakukan pada tindakan siklus II ini mulai  dari  perencanaan  sampai  dengan  pelaksanaan pembelajaran. Dalam  pelaksanaan  pembelajaran  pada  siklus  III  ini  penggunaan metode demonstrasi lebih difokuskan kepada praktik-praktik yang lebih mudah  dipahami  oleh  siswa.  Adapun data hasil penelitian siswa di uraikan secara rinci sebagai berikut :
Â
- Hasil Tes
Â
Â
TABEL Â 5
Â
HASIL EVALUASI Â PEMBELAJARAN Â SIKLUS Â III
Â
KELAS Â X MA AN-NUR Â TEBING Â SULUHÂ
Â
TAHUN PELAJARAN 2021 / 2022
Â
NO
NAMA
Â
YANG DINILAI
Â
JMLH
NILAI
Kelancaran dalam pembacaan shalat jenazah
Hafalan pada bacaan shalat jenazah
1
Ani Setia Wati
76
80
156
78
2
Anisa Inda Zulifa
70
70
140
70
3
Hana Alya Khafsah
80
78
158
75
4
Luluk Lutfiana
70
70
140
70
5
Mautia Khuzaimah
70
80
150
75
6
Mila Agustin
80
70
150
75
7
Qurota Ayuni
80
80
160
80
8
Rara Delfiana
70
70
140
75
9
Ratna Puspita Sari
70
70
140
70
10
Rency Fetricia
80
60
140
70
11
Rosa Nur Aini
80
70
150
75
12
Roudhotun Nafiah
70
78
148
74
13
Sindi Tri Wulandari
80
70
150
75
14
Siti Kholifah
76
80
156
78
15
Siti Nur Ajijah
70
80
150
75
16
Sofiana Faridha
80
70
150
75
17
Yana Indri Astuti
76
80
156
78
18
Putri Septiani
80
80
160
80
Mendapat Nilai Tuntas
18
Belum Mendapat Nilai Tuntas
%  Ketuntasan   Â
100 %
Â
Â
Â
Dari tabel di atas jika dipersentasekan adalah sebagai berikut :
Â
TABEL 6
Â
HASIL TES SIKLUS III DALAM BENTUK PERSENTASE
Â
Nilai
Jumlah Siswa
Persentase
85 Â - Â 89
-
-
80 Â - Â 84
2
11,20 Â %
75 Â - Â 79
11
61,60 Â %
70 Â - Â 74
5
27,20 Â %
65 Â - Â 69
-
-
60 Â - Â 64
-
-
55 Â - Â 59
-
-
Jumlah
18
  100 %
Â
Â
Â
            Pada  tabel 6  di atas  siswa yang mencapai ketuntasan  berjumlah 18 siswa atau  sebanyak  100 %.  Dengan rincian nilai 80  -  84 sebanyak 2 siswa atau 11,20%,  75  -  79 sebanyak 11 siswa atau 61,60  % dan nilai 70  -  74 sebanyak 5 siswa atau 27,20%.
Â
Dari  tabel  di atas  terlihat  bahwa  telah  terjadi  peningkatan  hasil  belajar  siswa  yang  mencapai  nilai  ketuntasan standar minimal sebelum diadakan  perbaikan  dan  setelah  diadakan perbaikan yakni dari 4 siswa atau  sebanyak  22,22 % meningkat  menjadi 18 siswa  atau 100 %.
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
- Hasil observasi
Â
Lembar Observasi Siswa
Â
Aktivitas Belajar Siswa
Â
Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi (Siklus III)
Â
Â
Â
Â
No
Â
Indikator atau aspek yang Nilai
NilaiÂ
1
2
3
4
1
Siswa membuka pelajaran  dengan berdoa.
P
Â
2
Siswa memberikan respon terhadap pertanyaan atau instruksi yang diberikan oleh guru (Preparation)
P
3
Siswa Belajar secara rapi dan tertib (Preparation)
P
4
Siswa memperhatikan penjelasan umum tentang materi ajar dan penjelasan ten- tang penerapan metode demonstrasi (Preparation).
P
5
Siswa bertugas menanggapi masalah atau pertanyaan yang diajukan guru (Fact-Finding)
P
6
Siswa  mengemukakan   pendapat dan ide-ide tentang pertanyaan yang diajukan (IdeaFinding).
P
7
Siswa berpartisipasi secara aktif ketika diskusi kelas mengenai masalah yang akan diselidiki (Idea Finding).
P
8
Siswa dan guru bersama-sama mencari jawaban yang paling benar (Implementation)
P
9
Siswa diberi kesempatan untuk menan-
yakan hal yang kurang dipahami (Implementation)
P
10
Siswa dan guru menarik kesimpulan untuk pembelajaran FIQIH yang dilaksanakan hari ini
P
Â
Â
Â
Keterangan:
Â
1
: kurang baik
3 : baik
2
: sedang/cukup
4 : sangat baik
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Lembar Observasi GuruÂ
Â
Aktivitas Mengajar Guru
Â
dengan Menggunakan Metode Demonstrasi (Siklus III)
Â
Â
Â
Â
No
Indikator atau aspek yang Dinilai
NilaiÂ
Â
1
2
3
4
1
Guru memasuki kelas tepat waktu
P
2
Guru menggali pengetahuan awal siswa
P
Â
3
Guru memberikan penjelasan tentang materi ajar atau prosedur kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa dan penggunaan metode demonstrasi
P
4
Guru dapat mengkondisikan siswa untuk belajar secara rapi dan tertib
P
5
Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang sedang di pelajari (Preparation).
P
Â
6
Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk berpikir kritis menjawab pertanyaan yang di ajukan (Fact Finding).
P
Â
7
Guru memotivasi siswa untuk mengemukakan ide-ide yang kemudian dituliskan di papan tulis (Idea Finding).
P
Â
8
Guru menghentikan siswa tidak dapat mengeluarkan ide dan mengevaluasi ide yang ada di depan papan tulis (Solution Finding).
P
9
Guru mendiskusikan hasil dari implementation solusi/ide dalam kelas (im plementation).
P
10
Guru bersama siswa menarik kesimpulan untuk pembelajaran FIQIH yang dilaksanakan hari ini.
P
Â
Â
Â
Keterangan:
Â
1
: kurang baik
3 : baik
2
: sedang/cukup
4 : sangat baik
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
BAB V
Â
PENUTUP
Â
Â
Â
KesimpulanÂ
Â
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan demonstrasi pada mata pelajaran Fiqih Kelas X di MA An-Nur Tebing Suluh Kec. Lempuing Kab. OKI Sumsel Tahun 2021 sangat baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan dari hasil siklus I, dan siklus II yang telah memenuhi KKM. Pada siklus I nilai yang tuntas sesuai KKM adalah  sebanyak 3 siswa atau  hanya  16,66 %. Dengan  demikian  dapat  diketahui bahwa rata-rata pemahaman  siswa  dalam  materi  ini  masih  lebih  rendah  dari nilai yang ditetapkan sekolah.     Â
Â
Pada siklus II telah  terjadi  peningkatan  hasil  belajar  siswa  yang  mencapai  nilai  KKM yakni meningkat  menjadi 14 siswa  atau (77,78 %).
Â
Sedangkan pada siklus III siswa yang mencapai ketuntasan  berjumlah 18 siswa atau  sebanyak  100 %.  Dengan rincian nilai 80  -  84 sebanyak 2 siswa atau 11,20%,  75  -  79 sebanyak 11 siswa atau 61,60  % dan nilai 70  -  74 sebanyak 5 siswa atau 27,20%.
Â
Â
SaranÂ
Â
Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, penulis memberikan saran sebagai berikut:
Â
Bagi Guru
Â
Guru sebagai mediator dan motivator, bagi peserta didik sangatlah mempengaruhi kemajuan peserta didik yang dibawanya. Maka, sebagai guru hendaknya memiliki sikap aktif dan kreatif agar mampu mengolah pembelajaran menjadi hal baru setiap harinya dengan mengembangkan berbagai strategi, metode maupun model pembelajaran.
Â
Bagi Sekolah
Â
Setiap sekolah selalu mengharapkan seluruh siswanya menjadi anak-anak yang sukses dan dapat mengharumkan nama sekolahnya. Maka dalam mencapai harapan tersebut sekolah hendaknya memberi dukungan bagi tenaga pendidik yaitu guru untuk memberi fasilitas yang memadai, seperti menyediakan media, alat peraga, dan sumber belajar yang cukup bagi peserta didiknya.
Â
Bagi Peserta Didik Yang Belum Tuntas KKM
Â
Bagi peserta didik yang belum tuntas KKM sebaiknya guru memberikan motivasi yang lebih supaya peserta didik tersebut bisa tuntas dalam semua pelajarannya dan tidak tertinggal jauh dari teman-temannya yang lain.
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
                    DAFTAR PUSTAKA
Â
.
Â
M. Rizal, Pengamalan Fikih.(Solo: Tiga Serangkai Pustaka, 2008)
Â
Semiawan  Conny,  Memupuk  Bakat  dan  Kreatifitas Siswa sekolah Menengah, Jakarta : Gramedia, 1987
Â
Direktorat   Pendidikan  Pada  Madrasah,  Standar  isi  madrasah Ibtidaiyah,  Depag,  2006
Â
Djaali, Haji,  Psikologi  Pendidikan,  Jakarta :  Bumi  Aksara,  2006
Â
Sujana  Nana ,  Statistika,  Bandung : Remaja  Rosda  Karya,  2001
Â
Sumiati,  Metode   Pembelajaran,  Bandung :  CV  .Wacana  Prima, 2008
Â
Yusuf  Tayar,  Metodolog  Pengajaran  Agama  dan  Bahasa  Arab,  Jakarta : PT.Raja Grafindo, 1995
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
RIWAYAT PENULIS
Â
Â
 Ibnu Mas'ud lahir pada tanggal 15 Maret 1983 di Sumber Agung Kecamatan Lempuing Kabupaten OKI Sum-Sel, ia adalah mahasiswa PPG Daljab 2021 di UIN Raden Fatah Palembang.
Â
Dalam pendidikannya, setelah menyelesaikan pedidikan Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah (MII) di Sumber Agung pada tahun 1995,ia melanjutkan studinya di Madrasah Tsanawiyah Darunnajah Sumber Agung dan selesai pada tahun 1998 serta pendidikan Madrasah Aliyah ia selesaikan pada tahun 2001 di MAN Tambak Beras Jombang Ja-Tim.
Â
Setelah menempuh pendidikan di MAN Tambak Beras Jombang Ja-Tim, pada tahun 2002 ia melanjutkan studinya di Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri Ja-Tim Fakultas Tarbiyah Jurusan PAI di naungan Pondok Pesantren Lirboyo dan selesai pada tahun 2006.
Â
Selain sekolah formal ia merangkap sekolah non formal yaitu di Madrasah Diniyah Pondok Pesentren Lirboyo Kediri dan menyelesaikan pendidikan di Diniyah Pondok Pesantren Lirboyo pada tahun 2011.
Â
Pada tahun 2011 ia mengabdi di Pondok Pesantren An-Nur Tebing Suluh baik di pendidikan formal (MA) maupun non formal (Diniyah) hingga sekarang.
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI
- 1
- 2
- 3
- 4
- 5
- 6
- 7
- 8
- 9
- 10
- 11
- 12
- 13
- 14
- 15
- 16
- 17
- 18
- 19
- 20
- 21
- 22
- 23
- 24
- 25
- 26
- 27
- 28
- 29
- 30
- 31
- 32
- 33
- 34
- 35
- 36
- 37
- 38
- 39
- 40
- 41
- 42
- 43
- 44
- 45
- 46
- 47
- 48
- 49
- 50
- 51
- 52
- 53
- 54
- 55
- 56
- 57
- 58
- 59
- 60
- 61
- 62
- 63
- 64
- 65
- 66
- 67
- 68
- 69
- 70
- 71
- 72
- 73
- 74
- 75
- 76
- 77
- 78
- 79
- 80
- 81
- 82
- 83
- 84
- 85
- 86
- 87
- 88
- 89
- 90
- 91
- 92
- 93
- 94
- 95
- 96
- 97
- 98
- 99
- 100
- 101
- 102
- 103
- 104
- 105
- 106
- 107
- 108
- 109
- 110
- 111
- 112
- 113
- 114
- 115
- 116
- 117
- 118
- 119
- 120
- 121
- 122
- 123
- 124
- 125
- 126
- 127
- 128
- 129