Mohon tunggu...
Ares Brilatin
Ares Brilatin Mohon Tunggu... Guru - Penjaga Mimpi

Tinggal di Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Demonstrasi Kontekstual Modul 3.3 Guru Penggerak Angkatan 9 Kota Yogyakarta

13 Maret 2024   19:31 Diperbarui: 13 Maret 2024   19:37 467
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hai, saya Ares Brilatin, CGP Angkatan 9 dari Kota Yogyakarta. Kali ini saya kana berbagi tulisan terkait tugas pada Demonstrasi Kontekstual Modul 3.3.

Tujuan Pembelajaran Khusus:

Calon Guru Penggerak nantinya bisa mengembangkan ide dalam ruang kolaborasi menjadi prakarsa perubahan lewat perencanaan program/kegiatan. Yakni dengan menggunakan model manajemen perubahan BAGJA.

Dasar Filosofi Ki Hajar Dewantara

Dasar filosofi KHD merupakan landasan pendidikan yang bertujuan menuntun siswa menjadi insan berdaya guna di masyarakat. Filosofi KHD mengartikan pendidikan sebagai tempat persemaian benih-benih kebudayaan dalam masyarakat, menyadarkan kami para pendidik bahwa untuk menciptakan manusia Indonesia yang beradab maka salah satu kunci untuk mewujudkannya yaitu melalui pendidikan. Pendidikan dapat menjadi ruang berlatih, wadah bertumbuh kembangnya nilai-nilai kemanusiaan yang dapat diteruskan atau diwariskan.

Poin atau Komponen Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan

1. Mandiri

Program BANG TAMIJO (Bintang Perpustakaan SDN Bumijo). Program ini sebagai ajang mengembangkan keterampilan kepemimpinan siswa. Siswa bisa mengajak orang lain untuk giat berliterasi. Melalui program ini, siswa belajar mandiri mulai dari pemilihan bahan bacaan hingga mandiri membuat kegiatan-kegiatan literasi.

2. Gotong Royong

Program BANG TAMIJO menjadi sarana mengembangkan kemampuan bersosial dan berkolaborasi secara gotong royong. Seorang Bintang perpustakaan akan bekerjasama dengan kader-kader di setiap kelas untuk menggiatkan literasi.

3. Bernalar Kritis

Program BANG TAMIJO mampu menumbuhkembangkan kemampuan bernalar kritis siswa. Mereka dituntut untuk mampu kritis dalam memahami isi bacaan yang dipilih, berpikiran terbuka dalam menanggapi pendapat orang lain secara kritis dan logis. Guru berperan sebagai pengontrol dan fasilitator untuk siswa dalam mengembangkan cara berpikir yang sistematik terbuka dan kritis.

4. Kreatif

Melalu program BANG TAMIJO, siswa mampu mengembangkan kreativitas siswa. Salah satu kegiatan dalam program BANG TAMIJO adalah kegiatan ruang literasi. Siswa mengisi kegiatan ruang literasi dengan cara memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna dan berdampak.

Karakteristik Lingkungan Pendidikan Tumbuhnya Kepemimpinan Murid yang Akan Dikembangkan

  • Lingkungan yang mengembangkan keterampilan berinteraksi sosial secara positif, arif, dan bijaksana.
  • Lingkungan yang menempatkan murid sedemikian rupa sehingga terlibat aktif dalam proses belajarnya sendiri

Prakarsa Perubahan 

Mengembangkan keterampilan mengajak dan mempengaruhi orang lain untuk giat berliterasi

Perumusan Strategi Pelaksanaan Program

Menerapkan pendekatan Inkuiri Apresiatif atau IA lewat BAGJA

Tahapan BAGJA

BAGJA merupakan singkatan dari lima tahapan kunci dalam metode inkuiri apresiatif pada program guru penggerak, yakni mencakup langkah-langkah berikut beserta tujuannya : 

 

1. Membuat Pertanyaan

a. Pertanyaan

  • Bagaimana mengembangkan kompetensi kepemimpinan siswa?
  • Bagaimana peran siswa dalam memimpin pengembangan literasi warga sekolah?
  • Bagaimana cara siswa mempengaruhi dan mengajak orang lain untuk meningkatkan kemampuan literasi (memahami isi bacaan)?
  • Bagaimana siswa bisa terlibat aktif dalam proses belajarnya sendiri ?

b. Tindakan

  • Sosialisai program ke seluruh warga sekolah
  • Seleksi Bintang Perpustakaan tiap kelas
  • Pengukuhan Bintang Perpustakaan Sekolah
  • Bintang Perpustakaan membentuk kader
  • Kader bersama Bintang Perpustakaan membuat kegiatan dan jadwal
  • Seluruh siswa berperan menjadi anggota yang berperan aktif menggiatkan literasi.
  • Guru sebagai pengontrol programc.

c. Rencana Pelibatan Murid (Voice, Choice, Ownership)

Strategi Suara/ Voice 

  • Melibatkan siswa tentang membuat kegiatan yang memunculkan gemar literasi di sekolah
  • Melibatkan siswa untuk menentukan waktu pelaksanaan ajang bintang perpustakaan
  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan saran dan pendapatnya tentang kegiatan ajang bintnag perpustakaan

Pilihan 

  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menentukan sendiri buku/ teks bacaan yang akan dibaca dan dipelajari.
  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjadi kader ajang bintang perpustakaan
  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengelola kegiatan

Kepemilikan.

  • Memberikan siswa kesempatan untuk berpartisipasi aktif di dalam kelas saat menceritakan kembali buku yang telah dibacanya
  • Memberikan apresiasi kepada siswa atas kreatifitas siswa dalam menyusun kegiatan
  • Memposting kegiatan ajang bintang perpustakaan ke sosial media
  • Memberikan penghargaan kepada siswa yang terbaik dalam kegitan ajang bintng perpustakaan

d. Asset/Kekuatan Sumber Daya

Modal manusia yang terdiri atas murid-murid, rekan guru, dan kepala sekolah

e. Waktu / Penanggungjawab

  • Waktu:

Sosialisasi dilakukan sejak awal semester kepada seluruh warga sekolah melalui pengumuman Sosialisasi melibatkan komite, pengawas sekolah, dan pihak terkait melalui rapat. Setiap perwakilan kelas tampil menceritakan isi buku di depan seluruh siswa setiap akhir semester. Melalui kolaborasi bersama komite, dilakukan penilaian kepada peserta Ajang Bintang Perpustakaan. Pemenang Ajang Bintang Perpustakaan Sekolah diberikan apresiasi berupa piala bergilir dan menjadi duta Bintang Perpustakaan selama 1 semester. Setiap siswa terlibat dalam menggiatkan literasi melalui kegiatan ruang literasi yang disusun secara terjadwal oleh Bintang Perpustakaan dan kader. Jadwal tampil di ruang literasi adalah setiap hari Senin usai upacara bendera.

  • Penanggung jawab: wali kelas.

2. Ambil Pelajaran

a. Pertanyaan

  • Kegiatan apa yang harus dilakukan untuk menarik minat literasi siswa?
  • Bagaimana kebijakan sekolah yang mendukung peningkatan minat literasi ?
  • Bagaimana kebijakan sekolah yang mendukung keaktifan murid untuk melakukan kegiatan literasi ini?

b. Tindakan

  • Melakukan observasi kegiatan literasi yang selama ini berjalan di dalam kelas 1 sampai kelas 6.
  • Mengajukan pertanyaan terbuka supaya bisa menggali minat literasi siswa

c. Rencana Pelibatan Murid (Voice, Choice, Ownership)

  • Voice: Melakukan sesi diskusi atau curah pendapat bersama dengan murid untuk mengetahui program literasi yang telah berjalan selama ini. Melakukan curah pendapat tentang hal apa saja yang bisa menarik minat mereka mengenai literasi selama ini
  • Choice : Siswa memilih sendiri kegiatan literasi yang dia minati.
  • Ownership : Siswa bertanggung jawab terhadap pilihannya.

d. Aset/Kekuatan Sumber Daya

  • Modal manusia yang terdiri dari murid-murid, rekan guru, serta kepala sekolah.
  • Modal fisik adalah ruang kelas, perpustakaan, halaman sekolah, panggung literasi.
  • Modal politik adalah kebijakan sekolah, kerjasama dengan perpustakaan keliling kota (PUSPITA)

e. Waktu / Penanggungjawab

  • Waktu: 3 -- 4 hari (setiap Selasa, Rabu, Kamis dan Jum'at )
  • Penanggung jawab : wali kelas

3. Gali Mimpi

a. Pertanyaan

  • Apakah kebiasaan baru yang kami bayangkan terjadi saat budaya literasi berhasil tercapai ?
  • Bagaimana perasaan kami ketika memiliki siswa-siswa literat?
  • Apa saja hal baru yang bisa kami lakukan setelah terwujudnya mandiri dan aktif terlibat?
  • Apa hal atau sumber daya yang dibayangkan akan tersedia dalam mempertahankan budaya literasi mandiri?

b. Tindakan

  • Mengajak rekan guru dan murid untuk membuat daftar harapan dan evaluasi tentang perubahan yang akan terjadi mulai dari merasakan sebelum dan sesudah BANG TAMIJO dilaksanakan.
  • Memajangnya di dalam kelas masing-masing

c. Rencana Pelibatan Murid (Voice, Choice, Ownership)

  • Voice: Melakukan sesi berbagi bersama dengan siswa kelas 1 sampai kelas 6 untuk saling melengkapi daftar harapan serta evaluasi dari adanya pelaksanaan BANG TAMIJO. 
  • Choice: Siswa memilih sendiri bahan bacaan sesuai minatnya.
  • Ownership : Siswa bertanggung jawab atas pilihannya

d. Asset/Kekuatan Sumber Daya

Modal manusia yang terdiri atas siswa, petugas perpustakaan, serta rekan guru.

e. Waktu / Penanggungjawab

  • Waktu: 3 sampai 4 hari (setiap Selasa, Rabu, Kamis, dan Jum'at )
  • Penanggung jawab : wali kelas

4. Jabarkan Rencana

a. Pertanyaan

  • Apa langkah sederhana atau langkah awal yang bisa dilakukan?
  • Berapa lama target mencapai budaya mandiri dan aktif berliterasi
  • Apa saja pendorong upaya dalam menciptakan budaya mandiri dan aktif berliterasi?
  • Bagaimana cara mengukur kemajuan dan melanjutkan langkah?

b. Tindakan

  • Mendiskusikan dengan cermat rancangan program BANG TAMIJO bersama para wali kelas
  • Mendata buku yang ada di dalam setiap kelas
  • Memantau siswa dalam berlatih membaca dan memahami isi bacaan
  • Mengoordinasikan rencana jadwal pelaksanaan BANG TAMIJO bersama komite dan wali kelas
  • Membuat catatan perkembangan serta evaluasi program

c. Rencana Pelibatan Murid (Voice, Choice, Ownership)

  • Voice : Mendiskusikan jadwal dan teknis pelaksanaan program BANG TAMIJO
  • Choice : Siswa memilih perwakilan setiap kelas, terkait dengan seleksi Ajang Bintang Perpustakaan
  • Ownership : Siswa mendukung perwakilan dari kelasnya

d. Asset/Kekuatan Sumber Daya

  • Modal manusia diantaranya terdiri dari murid, rekan guru, komite, dan kepala sekolah
  • Modal fisik ruang kelas, perpustakaan, halaman, panggung literasi, buku bacaan, serta sosial media sekolah
  • Modal politik terdiri dari kolaborasi warga sekolah

e. Waktu / Penanggungjawab

  • Waktu : 3 -- 4 hari (setiap Selasa, Rabu, Kamis dan Jum'at )
  • Penanggung jawab : walikelas

5. Atur Eksekusi

a. Pertanyaan

  • Siapa saja yang nantinya akan terlibat dalam mewujudkan rencana ini ?
  • Apa saja peran yang diperlukan dan siapa yang mengisi peran tersebut ?
  • Siapa yang akan bertanggung jawab untuk memonitor agar BANG TAMIJO bisa berjalan baik dan berkelanjutan ?
  • Kapan BANG TAMIJO ini bisa dimulai ?

b. Tindakan

  • Penyusun tim memantau yang mana terdiri atas kepala sekolah dan wali kelas, tim pelaksana terdiri atas komite kelas
  • Membuat SK untuk tugas tim pemantau (monitoring) serta tim pelaksana
  • Mengajak orang tua murid untuk ikut serta memantau perkembangan literasi murid
  • Menyusun jadwal pelaksanaan pada satu semester ini

c. Rencana Pelibatan Murid (Voice, Choice, Ownership)

  • Voice: Melakukan koordinasikan pembagian tugas dalam kepengurusan kelas. 
  • Choice: Siswa melakukan pemilihan petugas.
  • Ownership: Siswa terlibat ketugasan, misalnya ketua kelas berperan sebagai kontroling target pembaca murid di kelasnya. Sekretaris sebagai pencatat buku yang dibaca dalam satu minggu. Kemudian penanggung jawab karya sebagai pengatur hasil resume buku di dalam kelas. Kader bertugas menggiatkan literasi teman lain di kelasnya.

d. Aset/Kekuatan Sumber Daya

  • Modal manusia diantaranya murid, rekan guru, komite, dan kepala sekolah
  • Modal fisik diantaranya ruang kelas, perpustakaan, panggung literasi, buku bacaan, dan sosial media sekolah
  • Modal politik adalah kolaborasi warga sekolah

e. Waktu / Penanggungjawab

  • Waktu : 3 sampai 4 hari (setiap Selasa, Rabu, Kamis dan Jum'at)
  • Penanggung jawab : wali kelas

Kesimpulan

Itulah demonstrasi kontekstual modul 3.3 yang saya susun mengenai contoh Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid di SD Negeri Bumijo Yogyakarta. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun