Oleh : Anditori Ramadhan & Endy Gunanto Marsasi
Salah satu industri paling kompleks dan dinamis di dunia adalah pariwisata dan industri perhotelan. Namun, industri ini terus menderita karena kondisi globalisasi, berbagai perubahan dalam perilaku konsumen, dan kemajuan teknologi. Sebagian besar pasar di industri ini adalah milik PT Trinusa Travelindo atau Traveloka. Traveloka adalah delapan perusahaan yang paling mempengaruhi cara global perencanaan dan pelaksanaan perjalanan mereka di Asia Tenggara. Perusahaan-perusahaan ini adalah kekuatan terbesar di mana-mana dan memiliki pengaruh global yang signifikan. Ini berfungsi sebagai inovasi teknologi perjalanan yang memberikan kontribusi besar bagi perubahan di industri pariwisata dan pariwisata di Asia Tenggara mulai tahun 2012. Pada tahun 2012, platform ini didirikan sebagai mesin pencari tiket pesawat, tetapi ini lebih dari sembilan tahun yang lalu.
Konsep dari Bab 13 sampai 15 Bab 13 JVC dalam buku Innovation and entrepreneurship (3rd ed.), Pertumbuhan, Manajemen pengetahuan, dan Kekayaan Intelektual
Ilustrasi konsep dengan acuan slide Joint ventures company dalam slide 3, Bab 13 terdapat istilah Perusahaan patungan: Inovasi yang dikembangkan oleh perusahaan besar baik melalui unit bisnis internal mereka sendiri atau melalui kolaborasi eksternal dengan perusahaan lain. Bab 13, Slide 3.
Traveloka juga melakukan ini dengan merilis produk dan layanan baru yang bukan hanya berfokus pada pemesanan tiket pesawat dan hotel. Coba perhatikan tawaran Traveloka Xperience -- ini adalah contoh dari diferensiasi yang dibahas di Bab 13, Slide 7. Dengan engan memungkinkan berbagai aktivitas unuk dipesan -- tiket nonton, kelas beladiri, bahkan kelas memasak
Titik ini adalah bagian dari strategi Traveloka, di mana Traveloka tidak lagi tentang bepergian tetapi menjadi gaya hidup dan kebutuhan pasar sebagai konsumen kontemporer. Ini tidak hanya memperluas jailan n pelanggan, tetapi juga membuka arus pendapatan baru perusahaan.
Bisnis Bab 13 --- Slide 4: Usaha Internal Perusahaan Usaha internal perusahaan --- bagaimana cara memanfaatkan sumber daya perusahaan besar, namun tetap menyediakan lingkungan yang mendukung inovasi radikal terhadap sumber daya tersebut? Misalnya, Traveloka punya cara ini, seperti membangun inkubator bisnis secara internal, seperti PayLater. Cara ini menjamin konsumen untuk bepergian tanpa perlu membayar semuanya di muka, membuka segmen pasar yang berharga yang sebelumnya mungkin memiliki tantangan anggaran.
Tindakan Traveloka sangat selaras dengan Slide 6 dan 7 di Bab 13, motivasi untuk memulai perusahaan. Layanan seperti PayLater telah membantu Traveloka untuk;
Menyebarkan risiko
Semua ini dilakukan melalui diversifikasi layanan masing-masing, di mana Traveloka menggunakan diversifikasi strategis, di mana Traveloka telah mengambil langkah berani setelah penerbangan dan hotel. Sementara itu, Traveloka telah menyediakan model pembayaran PayLater di mana konsumen dapat melakukan pemesanan, dan membayarnya dengan cicilan 0%. Pada dasarnya, melakukan hal ini adalah metode untuk menarik konsumen yang mungkin merasa sulit untuk memberikan uang yang dicairkan serta menstabilkan pembeli bahwa mereka terburu-buru untuk mendapatkan kompensasi. Akuisisi keterampilan belajar untuk menjelajah ke fintech