Mohon tunggu...
Aliyah Sultan
Aliyah Sultan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

I love learn language, right now I can speak 5 languages

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Teori belajar perkembangan kognitif (Piaget)

25 Januari 2025   10:42 Diperbarui: 25 Januari 2025   10:42 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Teori belajar perkembangan kognitif (Piaget)

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Pengenalan Singkat

Pendidikan adalah upaya sadar yang dilakukan dengan membimbing, mengajar, dan melatih peserta didik yang dapat menyebabkan perubahan pada peserta didik dengan tujuan mencapai keselarasan antara peserta didik dan lingkungannya. Teori yang mendasari pendidikan pada dasarnya terbagi menjadi teori induktif yang berorientasi pada asosiasi, yang berarti bahwa dalam pengembangan pendidikan, teori ini didasarkan pada satuan-satuan pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk menjadi satuan-satuan yang lebih universal. Aliran dalam teori ini adalah aliran behaviorisme atau yang lebih dikenal sebagai aliran stimulus-respons, yaitu aliran yang beranggapan bahwa pendidikan diarahkan pada penciptaan perilaku baru pada peserta didik.

          Belajar adalah bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari proses pendidikan. Belajar merupakan proses perubahan perilaku dan pola pikir yang dialami oleh individu. Teori belajar kognitif menekankan bahwa hal yang paling penting dalam proses pendidikan adalah bagaimana proses itu terjadi, bukan hanya hasil yang dicapai.

Teori yang melandasi pendidikan pendidikan pada dasarnya dapat dibagi dua yaitu teoriasosiasi yang berorientasi induktif artinya bangunan ilmu dalam pengembangan pendidikan didasarkan atas unuit-unit pengetahuan,sikap,dan keterampilan menjadi unit yang lebih universal,aliran dalam teori ini adalah aliran behaviorisme atau lebih dikenal dengan aliran Stimulus- Respon (S-R) yaitu aliran yang beranggapan bahwa pendidikan diarahkan pada terciptanya perilaku-perilaku baru pada peserta didik melalui stimus respon yang diberikan selama proses pembelajaran berlangsung. Kemudian yang kedua adalah teori lapangan (Field Theory) yang justru berbeda dengan teori asosiasi, teori ini lebih mengarah pada deduktif artinya pengetahuan diperoleh dari suatu untuk menemukan kebenaran-kebenaran dari unit-unit yang ada dalam pembelajaran. Teori ini memiliki dua aliran yaitu kognitvisme dan humanism

         Pendidikan dan manusia tidak dapat dipisahkan. Pendidikan selalu melibatkan kejiwaan manusia, sehingga landasan psikologi merupakan salah satu landasan yang penting dalam bidang pendidikan. Sementara itu keberhasilan pendidik dalam melaksanaan berbagai peranannya akan dipengaruhi oleh pemahamannya   tentang   seluk   beluk   landasan   pendidikan   termasuk   landasan   psikologis   dalam pendidikan.  Bicara pendidikan juga menyangkut kata belajar dan pembelajaran.  bahasan dalam tugas ini mengupas tentang teori belajar menurut aliran psikologi kognitif serta implikasinya dalam proses belajar dan pembelajaran.

Pendidikan  merupakan  suatu  usaha  sadar  yang  dilakukan  dengan  caramembimbing,  mengajar  dan  melatih  peserta  didik  yang  dapat  menimbulkan perubahan dalam diri peserta didik dengan tujuan agar dapat tercapai kesesuaian antara diri peserta didik dengan lingkungannya.Teori yang melandasi pendidikan pada dasarnya dibagi teoriasosiasi yang berorientasi induktif  artinya bangunanilmu  dalam pengembangan  pendidikan  didasarkan  atas unit-unit  pengetahuan,sikap dan keterampilanmenjadi unit yang lebih universal,aliran dalam teori ini adalah  aliran  behaviorismeatau  lebih  dikenal    dengan  aliran  stimulus-respon. Aliran yang beranggapan bahwa pendidikan  diarahkan padaterciptanya perilaku-perilaku baru pada peserta didik. Belajar merupakan salah satu bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dengan proses pendidikan. Belajar merupakan proses perubahan  perilaku  dan  pola  pikir  yang  dialami  oleh  individu.  Teori belajar kognitif menekankan bahwa yang terpenting dalam proses pembelajaranadalah implementasi bagaimana proses tersebut terjadi daripada hasil yang dicapai.

1.2. Tujuan artikel

1. Tinjauan Teori Perkembangan Kognitif Piaget

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun