Mohon tunggu...
Ahmad Fuad Rosyidi
Ahmad Fuad Rosyidi Mohon Tunggu... Guru - Guru Fisika & menjabat sebagai PKM Kurikulum di MA Al Muslimun Lamongan

Saya menjadi guru di Lembaga/Yayasan Pendidikan Swasta sejak 2011 hingga sekarang.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

RPP Fisika Materi Hukum Hooke & Susunan Pegas Model Pembelajaran PBL

15 Oktober 2022   21:21 Diperbarui: 15 Oktober 2022   21:27 2946
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

(RPP)

 

Satuan Pendidikan      : MAS Al-Muslimun

Mata Pelajaran              : Fisika

Kelas/Semester             : XI-MIPA / 1 (Ganjil)

Tahun Pelajaran           : 2022/2023

Materi Pokok                 : Elastisitas Bahan

Sub materi                      : 1. Hukum Hooke

                                              2. Susunan Pegas

Alokasi Waktu               : 4 x 45 Menit (2 x pertemuan)

Kompetensi Inti

  • KI 1     : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  • KI 2     : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional".
  • KI 3     : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  • KI 4     : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari hari.

  • Menentukan nilai konstanta pegas.
  • Menganalisis hubungan gaya terhadap pertambahan panjang pegas dari grafik.
  • Menganalisis hubungan nilai konstanta pegas dengan sifat elastisitas pada pegas.
  • Mengidentifikasi susunan pegas seri, paralel, dan campuran.
  • Menentukan nilai konstanta pegas pengganti pada susunan pegas.
  • Menganalisis besarnya nilai gaya dan pertambahan panjang pegas pada susunan pegas.
  • Menerapkan hukum Hooke dan susunan pegas pada permasalahan dalam soal.

Melakukan percobaan tentang sifat elastisitas suatu bahan berikut presentasi hasil percobaan dan pemanfaatannya.

  • Melakukan praktikum tentang hukum Hooke dan susunan pegas.
  • Membuat grafik hubungan gaya dengan pertambahan panjang pegas pada hukum Hooke.
  • Mempresentasikan hasil praktikum hukum Hooke dan susunan pegas.

Tujuan Pembelajaran

  • Setelah mengikuti proses pembelajaran, diharapkan peserta didik mampu:
  • Menentukan nilai konstanta pegas dengan benar.
  • Membuat grafik hubungan gaya dengan pertambahan panjang pegas dengan tepat.
  • Menganalisis hubungan gaya terhadap pertambahan panjang pegas dari grafik dengan tepat.
  • Menganalisis hubungan nilai konstanta pegas dengan sifat elastisitas pada pegas dengan tepat.
  • Mengidentifikasi susunan pegas seri, paralel, dan campuran dengan tepat.
  • Menentukan nilai konstanta pegas pengganti pada susunan pegas dengan benar.
  • Membandingkan nilai konstanta pegas pengganti pada susunan seri, paralel dengan tepat.
  • Menganalisis besarnya nilai gaya dan pertambahan panjang pada susunan pegas seri dan paralel dengan benar.
  • Melakukan praktikum tentang hukum Hooke dan susunan pegas dengan benar.
  • Menerapkan hukum Hooke dan susunan pegas pada permasalahan dalam soal.

Materi Pembelajaran

Pertemuan I

Pengetahuan Faktual

Benda elastis: karet dan pegas

Pengetahuan Konseptual

Hukum Hooke

Konstanta Pegas

Pengetahuan Prosedural

Melakukan praktikum untuk menyelidiki hubungan antara gaya dengan pertambahan panjang pegas dalam menentukan konstanta pegas.

Pengetahuan Metakognitif

Memahami bahwa pegas adalah benda yang menerapkan prinsip-prinsip elastisitas.

Pertemuan II

Pengetahuan Faktual

Double Shockbreaker merupakan susunan pegas paralel

Pengetahuan Konseptual

Susunan Pegas Seri dan Paralel

Pengetahuan Prosedural

Melakukan praktikum untuk menyelidiki karakteristik susunan pegas seri dan paralel.

Pengetahuan Metakognitif

Menganalisis penerapan susunan pegas seri dan paralel dalam kehodupan sehari-hari.

  • Model, Pendekatan, dan Metode Pembelajaran
  • Model                : PBL (Problem Based Learning)
  • Pendekatan     : Scientifik
  • Metode             : Praktikum, diskusi kelompok, presentasi, dan tanya jawab

 

  • Media Pembelajaran       

Media Pembelajaran      : LCD proyector, laptop, dan Power point

Alat Pembelajaran         : Spidol, HP android, dan papan tulis

Alat Praktikum              :

Pegas (diameter 1 cm dan 1,5 cm)  : @1 buah 

Beban gantung 50 gram                  : 5 buah

Mistar 30 atau 40 cm                      : 1 buah

Statif                                                : 1 set

HP Android

Aplikasi lab virtual PhET simulation

https://phet.colorado.edu/sims/html/hookes-law/latest/hookes-law_in.html

 

 Sumber Belajar

  • Handayani, Sri. 2009. Fisika 2 untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Depdiknas
  • Video tentang motocross dan motor matic di sini dan di sini
  • Video tentang shock breaker
  • Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD 1 dan LKPD 2)
  • Bahan Ajar Elastisitas bahan
  • Kegiatan Pembelajaran
  • Pertemuan I (2 x 45 menit)

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

1.

Pendahuluan

  • Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan memimpin berdo'a.
  • Guru mengecek kehadiran peserta didik dan mempersiapkan kondisi kelas untuk belajar.
  • Guru memberikan apersepsi kepada peserta didik tentang materi sebelumnya yaitu benda elastis dengan memberikan pertanyaan.
  • Masih ingatkah kalian tentang benda elastis?
  • Benda-benda apa saja yang termasuk benda elastis?
  • Pernahkah kalian bermain ketapel?
  • Apa yang kalian harus lakukan agar batu bisa terlempar dari ketapel?
  • Jika kalian menarik karet ketapel dengan gaya yang besar, apa yang terjadi dengan panjang karetnya?
  • Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran melalui tayangan power point.
  • Guru memberikan pretest kepada peserta didik.

10 menit

2.

Kegiatan Inti

Fase 1:  Orientasi peserta didik pada masalah 

Guru menayangkan video tentang motocross dan motor matic melalui LCD proyektor.

Guru meminta peserta didik untuk memperhatikan tayangan video.

Guru bertanya kepada peserta didik "Pernahkah kalian melihat aksi balap motocross? Bagaimana seorang pembalap dapat mendarat tanpa menghantam ke tanah bersama motor setelah melakukan lompatan yang cukup tinggi? Bagaimana jika pembalap motocross melompat menggunakan motor matic biasa?

Guru bersama peserta didik mengidentifikasi masalah yang terkait dengan materi hukum Hooke.

10 menit

Fase 2: Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar 

Guru membagi peserta didik ke dalam 5 (lima) kelompok yang heterogen, masing-masing kelompok terdiri dari 4 peserta didik.

Guru membagikan LKPD 1 dan bahan ajar hukum Hooke kepada masing-masing kelompok.

Guru meminta peserta didik untuk mempersiapkan alat praktikum.

5 menit

Fase 3: Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok

Peserta didik secara berkelompok melakukan praktikum tentang hukum Hooke sesuai petunjuk dalam LKPD 1.

Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan hasil praktikum dan menggambarkan grafik hubungan gaya dengan pertambahan panjang pegas.

Guru membimbing dan mengamati peserta didik dalam kegiatan praktikum dan berdiskusi dalam LKPD 1.

25 menit

Fase 4: Mengembangkan dan menyajikan hasil karya 

Guru memberikan kesempatan 1 (satu) perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok dengan percaya diri.

Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik dari kelompok lain untuk memberikan tanggapan terhadap hasil penyajian kelompok yang presentasi.

10 menit

Fase 5: Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah 

Guru membimbing peserta didik untuk membandingkan hasil yang telah dipresentasikan.

Guru membimbing peserta didik untuk merefleksi kegiatan praktikum dalam pemecahan masalah tentang hukum Hooke.

Guru memberikan penguatan hasil pemecahan masalah tentang hukum Hooke.

Guru memberikan latihan/contoh soal kepada peserta didik dalam menerapkan hukum Hooke.

15 menit

3.

Penutup

Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini.

Guru memberikan soal evaluasi kepada peserta didik.

  • Guru memberikan informasi tentang kegiatan pembelajaran pada pertemuan berikutnya, yaitu susunan pegas.

Guru memberikan pesan positif dan motivasi kepada peserta didik untuk tetap semangat belajar.

Guru menutup pembelajaran dengan memimpin berdo'a dan mengucapkan salam.

15 menit

  • Pertemuan II (2 x 45 menit)

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

1.

Pendahuluan

  • Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan memimpin berdo'a.
  • Guru mengecek kehadiran peserta didik dan mempersiapkan kondisi kelas untuk belajar.
  • Guru memberikan apersepsi kepada peserta didik tentang materi sebelumnya yaitu hukum Hooke dengan memberikan pertanyaan.
  • Masih ingatkah kalian tentang hukum Hooke?
  • Bagaimana pengaruh gaya terhadap pertambahan panjang pada pegas?
  • Pernahkah kalian mengamati penggunaan shock breaker pada sepeda motor?Ada berapa macam jenis shock breaker yang kalian ketahui?
  • Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran melalui tayangan power point.

10 menit

2.

Kegiatan Inti

Fase 1:  Orientasi peserta didik pada masalah 

Guru menayangkan video tentang penerapan mono shockbreaker dan double shockbreaker pada sepeda motor melalui LCD proyektor.

Guru meminta peserta didik untuk memperhatikan tayangan video.

Guru memberikan pertanyaan kepada peserta didik.

Pernahkah kalian mengendarai sepeda motor dengan mono shockbreaker atau double shockbreaker?

Bagaimana rasanya ketika kalian mengendarai sepeda motor yang memiliki mono shockbreaker dengan double shockbreaker?

Jika diberikan beban, mana yang lebih kuat antara mono shock dengan double shock?

Bagaimana hubungannya dengan konsep susunan pegas?

Guru bersama peserta didik mengidentifikasi masalah yang terkait dengan materi susunan pegas.

10 menit

Fase 2: Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar 

Guru membagi peserta didik ke dalam 5 (lima) kelompok yang heterogen, masing-masing kelompok terdiri dari 4 peserta didik.

Guru membagikan LKPD 2 dan bahan ajar hukum susunan pegas kepada masing-masing kelompok.

Guru meminta peserta didik untuk mempersiapkan alat praktikum berupa HP android.

5 menit

Fase 3: Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok

Peserta didik secara berkelompok melakukan praktikum tentang susunan pegas sesuai petunjuk dalam LKPD 2.

Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan hasil praktikum susunan pegas.

Guru membimbing dan mengamati peserta didik dalam kegiatan praktikum dan berdiskusi dalam LKPD 2.

25 menit

Fase 4: Mengembangkan dan menyajikan hasil karya 

Guru memberikan kesempatan 1 (satu) perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok dengan percaya diri.

Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik dari kelompok lain untuk memberikan tanggapan terhadap hasil penyajian kelompok yang presentasi.

10 menit

Fase 5: Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah 

Guru membimbing peserta didik untuk membandingkan hasil yang telah dipresentasikan.

Guru membimbing peserta didik untuk merefleksi kegiatan praktikum dalam pemecahan masalah tentang susunan pegas.

Guru memberikan penguatan hasil pemecahan masalah tentang hukum susunan pegas.

Guru memberikan latihan/contoh soal kepada peserta didik dalam menerapkan konsep susunan pegas.

15 menit

3.

Penutup

Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini.

Guru memberikan soal evaluasi kepada peserta didik.

  • Guru memberikan informasi tentang kegiatan pembelajaran pada pertemuan berikutnya, yaitu energi potensial pegas.

Guru memberikan pesan positif dan motivasi kepada peserta didik untuk tetap semangat belajar.

Guru menutup pembelajaran dengan memimpin berdo'a dan mengucapkan salam.

15 menit

 

  • Penilaian
  • Jenis/Teknik Penilaian
  • Sikap             : Observasi
  • Pengetahuan : Tes tertulis
  • Keterampilan            : Unjuk kerja

Mengetahui,                                                                            Lamongan, 29 September 2022

Kepala MAS Al-Muslimun                                                    Guru Mata Pelajaran

                                               

Drs. H. AGUS MUNIB, MA                                                 AHMAD FUAD ROSYIDI, S.Pd.

NIP. -                                                                                      NIP. -

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun