ANALISIS KETERKAITAN KI, KD, IPK, DAN MATERI PEMBELAJARAN
Nama Sekolah         : SMP Negeri 1 Cidahu
Kelas/Semester        : IX/Semester Ganjil
Tahun Pelajaran       : 2020/2021
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Guru Mata Pelajaran   : Ahmad Asikin, S.Pd.
Baca juga: Pentingnya Pengembangan dan Review Perangkat Pembelajaran Daring
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
KECAKAPAN HIDUP
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
/TOPIK/SUB TOPIK
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
Literasi dan Numerasi
- Menjelaskan isi informasi laporan percobaan
- Mengidentifikasi ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
- Mengidentifikasi prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
- Mengidentifikasi isi  informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan
Struktur teks laporan percobaan
Ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan.
Model teks laporan percobaan
Menulis teks laporan percobaan
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
4.2 Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.3 Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
Pencegahan dan penanganan pandemi covid 19
Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato
Menjelaskan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato dari sudut pandang tertentu
Menganalisis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato
Menyusun  teks  pidato persuasif
Menyajikan pidato persuasif secara menarik
Tujuan pidato persuasif
Menelaah isi pidato persuasif
Struktur teks pidato persuasif
Ciri kebahasaan teks pidato: kalimat aktif, Â kata tugas, Â kosakata emotif, kosakata bidang ilmu, sinonim, kata benda abstrak, pembendaan.
Menulis teks pidato persuasif
Membaca teks pidato persuasif
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
Â
4.4 Menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.5 Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar
- Perilaku hidup bersih dan sehat  (PHBS) dan gerakan masyarakat sehat
- Spritual Keagamaan
Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar
Menganalisis unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks  cerita pendek
Menjelaskan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks  cerita pendek yang dibaca atau didengar
Menyusun kerangka cerita pendek berdasarkan pengalaman atau gagasan
Menyusun cerita pendek berdasarkan kerangka dengan memperhatikan struktur teks dan kebahasaan
Unsur pembangun karya sastra (cerpen)
Bentuk teks narasi (cerpen)
Struktur teks narasi (cerpen)
Kaidah kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif, kata ekspresif, majas.
Menulis teks cerpen
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
Â
4.6 Mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.7 Mengidentifikasi informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca
- Kegiatan rekreasional dan aktivitas fisik
- Penguatan karakter dan Budaya
Mengidentifikasi informasi berupa kritik  atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca
Memahami  isi informasi dengan alasan yang logis disertai bukti pendukung (hasil penelitian, data nasinal, dll)
Menjelaskan informasi tentang teks tanggapan (pujian dan kritikan) terhadap lingkungan sekitar
Merancang teks tanggapan
Menulis  teks tanggapan berupa pujian dan kritikan
Menyimpulkan teks tanggapan
Syarat memberi tanggapan
Struktur teks tanggapan
Kaidah kebahasaan teks tanggapan: kalimat aktif, kata tugas, bahasa deskripsi, bahasa penilaian
Menulis teks tanggapan berupa pujian
Menulis teks tanggapan berupa kritikan
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
4.8 Mengungkapkan kritik, sanggahan, atau pujian dalam bentuk teks tanggapan secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
PEMETAAN KD YANG RELEVAN DENGAN 6 KECAKAPAN HIDUP
(sesuai SE SESJEN KEMENDIKBUD 15/2020)
Nama Sekolah         : SMP Negeri 1 Cidahu
Kelas/Semester        : IX/Semester Ganjil
Tahun Pelajaran       : 2020/2021
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Guru Mata Pelajaran   : Ahmad Asikin, S.Pd.
NO
KECAKAPAN HIDUP
KD
TUJUAN PEMBELAJARAN
AKTIVITAS PEMBELAJARAN
EVALUASI PEMBELAJARAN
(TUGAS/TAGIHAN)
1
Literasi dan Numerasi
3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
Siswa dapat mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
- Siswa memilih salah satu percobaan yang ditugaskan dalam buku paket.
- Siswa mengidentifikasi teks laporan hasil percobaan dari aspek kaidah kebahsaan
- Siswa mengidentifikasi teks laporan hasil percobaan dari aspek struktur
- Siswa melakukan percobaan yang dipilihnya
- Siswa menulis laporan hasil percobaan yang telah dilakukannya.
- Siswa menyetorkan hasil kerjanya, baik melalui daring ataupun luring
- Jawablah pertanyaan yang ada pada buku paket halaman 31-32
- Sebutkan dan jelaskan apa saja kaidah kebahasaan pada teks laporan percobaan!
- Sebutkan dan jelaskan apa saja struktur teks laporan percobaan!
- Buatlah teks laporan percobaan dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan yang tepat!
- Laporkan hasil kerjamu!
4.2 Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan
Siswa dapat menulis teks laporan percobaan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan
2
Pencegahan dan penanganan pandemi Covid 19
3.3 Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
Siswa dapat mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang pencegahan dan penanganan pandemi covid-19 yang disiapkan guru
- Siswa membaca teks tentang pencegahan dan penanganan Covid-19 yang disiapkan guru.
- Siswa mengidentifikasi tujuan dan isi pidato persuasif yang telah dibacanya
- Siswa ditugaskan untuk menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif mengenai pencegahan dan penanganan pandemi covid-19 dari edia cetak maupun elektronik.
- Siswa menulis pidato persuasif sesuai struktur dan kaidah yang tepat
- Identifikasilah tujuan isi pidato persuasif yang telah kamu baca!
- Identifikasilah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif mengenai pencegahan dan penanganan pandemi covid-19 dari edia cetak maupun elektronik!
- Tulislah teks pidato persuasif sesuai struktur dan kaidah yang tepat lalu baca sambil direkam. Kemudian rekamannya kirim ke google classroom (metode daring)!
4.4 Menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.
Siswa dapat menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan mengenai pencegahan dan penanganan pandemi covid-19 dalam pidato secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.
3
- Perilaku hidup bersih dan sehat  (PHBS) dan gerakan masyarakat sehat
- Spritual Keagamaan
3.5 Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar
Siswa dapat mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar
- Siswa membaca cerita pendek yang telah disiapkan oleh guru tentang prilaku hidup bersih dan sehat  (PHBS) dan gerakan masyarakat sehat
- Â Siswa mengidentifikasi unsur teks cerita pendek yang telah dibaca
- Siswa mengidentifikasi struktur dan kaidah kaidah kebahasaan cerita pendek yang telah dibaca
- Siswa menulis cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur dan kaidah yang benar.
- Identifikasilah unsur-unsur teks cerita pendek yang telah kamu baca tersebut!
- Identifikasilah struktur teks cerpen yang telah kamu baca!
- Identifikasilah kaidah kebahasaan teks cerpen yang telah kamu baca!
- Tulislah teks cerpen yang temanya tentang keagamaan dengan memperhatikan struktur dan kaidah yang berlaku
- Laporkan hasil kerjamu!
4.6 Mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
Siswa dapat mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
4
- Kegiatan rekreasional dan aktivitas fisik
- Penguatan karakter dan Budaya
3.7 Â Mengidentifikasi informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca
Siswa dapat mengidentifikasi informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca
- Siswa membaca atau mendengarkan teks tanggapan mengenai lingkungan hidup yang telah disiapkan oleh guru
- Siswa mengidentifikasi syarat-syarat dalam memberikan tanggapan
- Siswa menelaah struktur dan kaidah kebahasaan dari teks yang telah dibaca
- Siswa menulis teks tanggapan yang isinya berupa pujian dan kritikan
- Siswa melaporkan hasil kerjanya baik secara daring maupun luring.
- Identifikasi teks tanggapan yang telah kamu baca, apa saja syarat jika kamu akan memberikan tanggapan?
- Identifikasi bagaiamana struktur dan kaidah kebahasaan teks tanggapan? Jelaskan!
- Buatlah teks tanggapan berupa pujian terhadap lingkungan sekolahmu!
- Buatlah teks tanggapan berupa kritikan tentang lingkungan sekolahmu yang kamu anggap masih kurang dalam menjaga kebersihan!
- Laporkan hasil pekerjaanmu!
4.8 Â Mengungkapkan kritik, sanggahan, atau pujian dalam bentuk teks tanggapan secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
Siswa dapat mengungkapkan kritik, sanggahan, atau pujian dalam bentuk teks tanggapan secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
  Â
PEMETAAN MATERIÂ
Â
Nama Sekolah         : SMP Negeri 1 Cidahu
Kelas/Semester        : IX/Semester Ganjil
Tahun Pelajaran       : 2020/2021
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Guru Mata Pelajaran   : Ahmad Asikin, S.Pd.
Baca juga: Perangkat Pembelajaran Fiqh di Madrasah
NO
KECAKAPAN HIDUP
KOMPETENSI DASAR
MATERI
METODE PEMBELAJARAN
WAKTU PELAKSANAAN
1
Literasi dan Numerasi
3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
- Struktur teks laporan percobaan
- Kaidah kebahasaan teks laporan
- Menulis teks laporan Percobaan
- Ulangan Harian
- Dalam jaringan
- Luar jaringan
- Jumat, 24 Juli 2020
- Jumat, 07 Agustus 2020
- Jumat, 14 Agustus 2020
- Jumat, 21 Agustus 2020
4.2 Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan
2
Pencegahan dan penanganan pandemi Covid 19
3.3 Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
- Tujuan pidato persuasif
- Menelaah isi pidato persuasif
- Struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif
- Menulis teks pidato persuasif
- Ulangan Harian
- Dalam jaringan
- Luar jaringan
- Jumat, 28 Agustus 2020
- Jumat, 04 September 2020
- Jumat, 11 September 2020
4.4 Menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.
PENILAIAN TENGAH SEMESTER
Jumat, 18 September 2020
3
- Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan gerakan masyarakat sehat
- Spritual Keagamaan
3.5 Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar
- Unsur-unsur cerpen
- Struktur cerpen
- Kaidah kebahasaan cerpen
- Menulis cerpen
- Ulangan Harian
- Dalam jaringan
- Luar jaringan
- Jumat, 25 September 2020
- Jumat, 02 Oktober 2020
- Jumat, 09 Oktober 2020
- Jumat, 16 Oktober 2020
- Jumat, 23 Oktober 2020
4.6 Mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
4
- Kegiatan rekreasional dan aktivitas fisik
- Penguatan karakter dan Budaya
3.7 Â Mengidentifikasi informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca
- Menyimpulkan teks tanggapan
- Syarat memberi tanggapan
- Struktur teks tanggapan
- Kaidah kebahasaan teks tanggapan
- Menulis tanggapan berupa pujian
- Menulis tanggapan berupa kritikan
- Ulangan Harian
- Dalam jaringan
- Luar jaringan
- Jumat, 30 Oktober 2020
- Jumat, 06 November 2020
- Jumat, 13 November 2020
- Jumat, 20 November 2020
- Jumat, 27 November 2020
- Jumat, 04 Desember 2020
4.8 Â Mengungkapkan kritik, sanggahan, atau pujian dalam bentuk teks tanggapan secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1
Jumat, 11 Desember 2020
SILABUS
Â
Nama Sekolah             : SMP Negeri 1 Cidahu
Kelas/Semester           : IX/Semester Ganjil
Tahun Pelajaran           : 2020/2021
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Guru Mata Pelajaran      : Ahmad Asikin, S.Pd.
Â
Kompetensi Inti :
- Menunjukkan perilaku yang berterima dalam lingkungan personal, sosial budaya, akademik, dan profesi
- Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pendek dan sederhana
- Berkomunikasi secara interpersonal, transaksional, dan fungsional tentang diri sendiri, keluarga, serta orang, binatang, dan benda, konkret dan imajinatif, yang terdekat dengan kehidupan dan kegiatan peserta didik sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat
- Menyususn teks lisan dan tulis, pendek dan sederhana dengan menggunakan struktur teks secara urut dan runtut serta unsur kebahasaan secara akurat, berterima, dan lancar
Â
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
Fungsi teks laporan percobaan
Pengertian teks laporan percbaan
Model teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca
Struktur teks laporan percobaan
Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan.
Model teks laporan percobaan.
- Menjelaskan isi informasi laporan percobaan
- Mengidentifikasi ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
- Mengidentifikasi prinsip penggunaan kata/kalimat, tanda baca/ejaan
- Mengidentifikasi isi  informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan
- Siswa memilih salah satu percobaan yang ditugaskan dalam buku paket.
- Siswa melakukan percobaan yang dipihnya
- Siswa menuliskan laporan hasil percobaan yang telah dilakukannya
- Siswa menyetorkan hasil kerjanya, baik melalui daring ataupun luring
4 Kali Pertemuan
- Buku Paket
- Blog/Internet
- Portofolio:
- Mengidentifikasi isi, struktur dan dan kaidah kebahasaan teks laporan percobaan
- Â
- Unjuk kerja
- Menulis teks laporan percobaan
- Â
- Tes Tulis
- Pilihan ganda dan esay
4.2 Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan
- Menyimpulkan ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
- Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/kalimat, tanda baca/ejaan
- Menyampaikan isi  informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan
- Siswa memilih salah satu percobaan yang ditugaskan dalam buku paket.
- Siswa melakukan percobaan yang dipihnya
- Siswa menuliskan laporan hasil percobaan yang telah dilakukannya
- Siswa menyetorkan hasil kerjanya, baik melalui daring ataupun luring
- Buku Paket
- Blog/Internet
3.3 Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
Teks pidato persuasif
Simpulan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato
Struktur teks  (pidato persuasif)
Ciri-ciri kebahasaan teks pidato:kalimat aktif, Â kata tugas, Â kosakata emotif, kosakata bidang ilmu, sinonim, kata benda abstrak, pembendaan
Model teks pidato persuasif
Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato
Menjelaskan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato dari sudut pandang tertentu
Menganalisis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato
- Siswa membaca teks tentang pencegahan dan penanganan covid-19 yang disiapkan guru.
- Siswa mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari teks pidato persuasif yang  telah dibacanya
- Siswa ditugaskan untuk mencari contoh pidato persuasif mengenai pencegahan dan penanganan pandemi covid-19 dari edia cetak maupun elektronik.
- Siswa melaporkan hasil kerjanya baik secara daring maupun luring
3 Kali
Pertemuan
- Buku Paket
- Blog/Internet
- Portofolio:
- Mengidentifikasi isi, struktur dan dan kaidah kebahasaan teks pidato persuasif
- Â
- Praktek
- Membaca teks pidato persuasif
- Â
- Tes Tulis
- Pilihan ganda dan esay
4.4 Menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.
Menyusun  teks  pidato persuasif
Menyajikan pidato persuasif secara menarik
- Siswa diberi tugas untuk menuangkan ide, gagasan, pikiran, arahan atau pesan mengenai pencegahan dan penanganan pandemi covid 19 dalam bentuk teks pidato dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.
- Khusus daring: Siswa berpidato berdasarkan teks yang telah dibuat.
- Siswa melaporkan hasil kerjanya baik secara daring maupun luring
- Buku Paket
- Blog/Internet
3.5 Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar
Unsur pembangun karya sastra (cerpen)
Bentuk teks narasi (cerpen)
Struktur teks narasi (cerpen)
Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif, Â kata ekspresif, Â majas
Menulis teks cerpen
Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar
Menganalisis unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks  cerita pendek
Menjelaskan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks  cerita pendek yang dibaca atau didengar
- Siswa membaca cerita pendek yang telah disiapkan guru atau yang dicarinya sendiri tentangperilaku hidup bersih dan sehat  (PHBS) dan gerakan masyarakat sehat
- Â Siswa mengidentifikasi unsur teks cerita pendek yang telah dibaca
- Siswa melaporkan hasil kerjanya baik secara daring maupun luring
5 Kali Peremuan
- Buku Paket
- Blog/Internet
- Portofolio:
- Mengidentifikasi unsur-unsur cerita pendek
- Â
- Unjuk kerja
- Menulis teks cerpen
- Â
- Tes Tulis
- Pilihan ganda dan esay
4.6 Mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
Menyusun kerangka cerita pendek berdasarkan pengalaman atau gagasan
Menyusun cerita pendek berdasarkan kerangka dengan memperhatikan struktur teks dan kebahasaan
- Siswa ngungkapkanlah pengalaman dan gagasandalam bentuk cerita pendek (menulis cerpen)bertema spritual keagamaan dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
- Siswa melaporkan hasil kerjanya
- Buku Paket
- Blog/Internet
3.7 Mengidentifikasi informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca
Fungsi teks tanggapan
Model teks tanggapan
Simpulan isi teks tanggapan berupa kritik atau pujian
Struktur teks tanggapan
Ciri-ciri kebahasaan teks tanggapan : kalimat aktif, Â kata tugas, Â bahasa deskripsi, bahasa penilaian.
Model teks tanggapan (puji, kritik)
Mengidentifikasi informasi berupa kritik  atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca
Memahami  isi informasi dengan alasan yang logis disertai bukti pendukung (hasil penelitian, data nasinal, dll)
Menjelaskan informasi tentang teks tanggapan (puji, kritik) terhadap sesuatu.
- Siswa membaca atau mendengarkan contoh teks tanggapan  mengenai lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll.,yang ada di buku paket, disediakan guru, atau hasil pencariannya sendiri. .
- Siswa mengidentifikasi informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca
- Siswa melaporkan hasil kerjanya baik secara daring maupun luring.
6 Kali
Pertemuan
- Buku Paket
- Blog/Internet
- Portofolio:
- Mengidentifikasi isi, struktur dan dan kaidah kebahasaan teks tanggapan
- Â
- Unjuk kerja
- Menulis teks tanggapan
- Â
- Tes Tulis
- Pilihan ganda dan esay
4.8 Mengungkapkan kritik, sanggahan, atau pujian dalam bentuk teks tanggapan secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
Merancang teks tanggapan
Menulis  teks tanggapan (puji, kritik)
- Siswa mengungkapkan  kritik, sanggahan, atau pujian dalam bentuk teks tanggapan secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
- Siswa melaporkan hasil kerjanya
- Buku Paket
- Blog/Internet
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
Â
Nama Sekolah             : SMP Negeri 1 Cidahu
Kelas/Semester           : IX/Semester Ganjil
Tahun Pelajaran           : 2020/2021
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Guru Mata Pelajaran      : Ahmad Asikin, S.Pd.
Â
Â
Kompetensi Inti :
KI 1
:
Menunjukkan perilaku yang berterima dalam lingkungan personal, sosial budaya, akademik, dan profesi
KI 2
:
Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pendek dan sederhana
KI 3
:
Berkomunikasi secara interpersonal, transaksional, dan fungsional tentang diri sendiri, keluarga, serta orang, binatang, dan benda, konkret dan imajinatif, yang terdekat dengan kehidupan dan kegiatan peserta didik sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat.
KI 4
:
Menyususn teks lisan dan tulis, pendek dan sederhana dengan menggunakan struktur teks secara urut dan runtut serta unsur kebahasaan secara akurat, berterima, dan lancar.
No
Kompetensi Dasar
Indikator
Kriteria Ketuntasan KKM
Rata-rata
Komplek
Sitas
Daya
Dukung
Intake
1
3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
- Menjelaskan isi informasi laporan percobaan
- Mengidentifikasi ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
- Mengidentifikasi prinsip penggunaan kata/kalimat, tanda baca/ejaan
- Mengidentifikasi isi  informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan
74
75
75
74.7
KKM KD 3.1
74.7
4.2 Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan
- Menyimpulkan ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
- Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/kalimat, tanda baca/ejaan
- Menyampaikan isi  informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan
75
75
74
74.7
KKM KD 4.2
74.7
KKM KD 3.1 & 4.2
74.7
2
3.3 Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato
Menjelaskan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato dari sudut pandang tertentu
Menganalisis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato
76
75
75
75.3
KKM KD 3.3
75.3
4.4 Menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.
Menyusun  teks  pidato persuasif
Menyajikan pidato persuasif secara menarik
72
77
75
74.7
KKM KD 4.4
74.7
KKM KD 3.3 & 4.4
75.0
3
3.5 Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar
Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar
Menganalisis unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks  cerita pendek
Menjelaskan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks  cerita pendek yang dibaca atau didengar
74
76
75
75.0
KKM KD 3.5
75.0
4.6 Mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
Menyusun kerangka cerita pendek berdasarkan pengalaman atau gagasan
Menyusun cerita pendek berdasarkan kerangka dengan memperhatikan struktur teks dan kebahasaan
74
76
74
74.7
KKM KD 4.6
74.7
KKM KD 3.5 & 4.6
74.8
4
3.7 Mengidentifikasi informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca
Mengidentifikasi informasi berupa kritik  atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca
Memahami  isi informasi dengan alasan yang logis disertai bukti pendukung (hasil penelitian, data nasinal, dll)
Menjelaskan informasi tentang teks tanggapan (puji, kritik) terhadap sesuatu.
73
76
75
74.7
KKM KD 3.7
74.7
4.8 Mengungkapkan kritik, sanggahan, atau pujian dalam bentuk teks tanggapan secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
Merancang teks tanggapan
Menulis  teks tanggapan (puji, kritik)
74
76
75
75.0
KKM KD 4.8
75.0
KKM KD 3.7 & 4.8
74.8
Â
PROGRAM SEMESTER
Nama Sekolah             : SMP Negeri 1 Cidahu
Kelas/Semester           : IX/Semester Ganjil
Tahun Pelajaran           : 2020/2021
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Guru Mata Pelajaran      : Ahmad Asikin, S.Pd.
 Â
Nomor KI
Materi
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
Ket
1
2
3
4
Nomor KD
1
2
3
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
Â
1
3.1 & 4.1
- Struktur teks laporan percobaan
- Kaidah kebahasaan teks laporan
- Menulis teks laporan Percobaan
3 Kali Pertemuan
1
1
1
- PENILAIAN HARIAN 1
1 Kali Pertemuan
1
2
3.2 & 4.2
- Tujuan pidato persuasif
- Menelaah isi pidato persuasif
- Struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif
- Menulis teks pidato persuasif
2 Kali Pertemuan
1
1
PENILAIAN HARIAN 2
1 Kali Pertemuan
1
PENILAIAN TENGAH SEMESTER
1
3
3.3 & 4.3
- Unsur-unsur cerpen
- Struktur cerpen
- Kaidah kebahasaan cerpen
- Menulis cerpen
4 Kali Pertemuan
1
1
1
1
PENILAIAN HARIAN 3
1
4
3.4 & 4.4
- Menyimpulkan teks tanggapan
- Syarat memberi tanggapan
- Struktur teks tanggapan
- Kaidah kebahasaan teks tanggapan
- Menulis tanggapan berupa pujian
- Menulis tanggapan berupa kritikan
5 Kali Pertemuan
1
1
1
1
1
PENILAIAN HARIAN 4
1
PENILAIAN AKHIR SEMESTER
1
Jumlah
        PROGRAM TAHUNAN
                                                                 Â
KOMPETENSI INTI
- Menunjukkan perilaku yang berterima dalam lingkungan personal, sosial budaya, akademik, dan profesi
- Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pendek dan sederhana
- Berkomunikasi secara interpersonal, transaksional, dan fungsional tentang diri sendiri, keluarga, serta orang, binatang, dan benda, konkret dan imajinatif, yang terdekat dengan kehidupan dan kegiatan peserta didik sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat
- Menyususn teks lisan dan tulis, pendek dan sederhana dengan menggunakan struktur teks secara urut dan runtut serta unsur kebahasaan secara akurat, berterima, dan lancar
NO
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI WAKTU
1
3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
4 Kali
Pertemuan
4.2 Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan
2
3.3 Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
3 Kali
Pertemuan
4.4 Menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.
3
3.5 Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar
5 Kali
Pertemuan
4.6 Mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
4
3.7 Mengidentifikasi informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca
6 Kali
Pertemuan
4.8 Mengungkapkan kritik, sanggahan, atau pujian dalam bentuk teks tanggapan secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
                                                                                                            Cidahu, 22 Juli 2020
                    Kepala SMP Negeri 1 Cidahu
                     Muslimah, S.Pd., M.M.Pd.
                    NIP. 19620607 198403 2 006
                          Guru Mata Pelajaran
                           Ahmad Asikin, S.Pd.
   Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H