Mohon tunggu...
Achmad Ashikin
Achmad Ashikin Mohon Tunggu... Guru - Konten Pendidikan

Seorang pendidik di sebuah SMP Negeri di Kabupaten Kuningan sekaligus pengelola lembaga pendidikan nonformal.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX Kurikulum 2013 Lengkap di Masa Covid-19

13 Agustus 2020   20:03 Diperbarui: 7 Juni 2021   11:21 5761
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

ANALISIS KETERKAITAN KI, KD, IPK, DAN MATERI PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                : SMP Negeri 1 Cidahu

Kelas/Semester              : IX/Semester Ganjil

Tahun Pelajaran             : 2020/2021

Mata Pelajaran               : Bahasa Indonesia

Guru Mata Pelajaran     : Ahmad Asikin, S.Pd.

Baca juga: Pentingnya Pengembangan dan Review Perangkat Pembelajaran Daring

KOMPETENSI INTI

KOMPETENSI DASAR

KECAKAPAN HIDUP

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

/TOPIK/SUB TOPIK

KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)

Literasi dan Numerasi

  • Menjelaskan isi informasi laporan percobaan
  • Mengidentifikasi ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
  • Mengidentifikasi prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
  • Mengidentifikasi isi  informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan

Struktur teks laporan percobaan

Ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan.

Model teks laporan percobaan

Menulis teks laporan percobaan

KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

4.2 Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan

KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

3.3 Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca

Pencegahan dan penanganan pandemi covid 19

Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato

Menjelaskan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato dari sudut pandang tertentu

Menganalisis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato

Menyusun  teks  pidato persuasif

Menyajikan pidato persuasif secara menarik

Tujuan pidato persuasif

Menelaah isi pidato persuasif

Struktur teks pidato persuasif

Ciri kebahasaan teks pidato: kalimat aktif,  kata tugas,  kosakata emotif, kosakata bidang ilmu, sinonim, kata benda abstrak, pembendaan.

Menulis teks pidato persuasif

Membaca teks pidato persuasif

KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

 

4.4 Menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.

KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

3.5 Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar

  • Perilaku hidup bersih dan sehat  (PHBS) dan gerakan masyarakat sehat
  • Spritual Keagamaan

Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar

Menganalisis unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks  cerita pendek

Menjelaskan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks  cerita pendek yang dibaca atau didengar

Menyusun kerangka cerita pendek berdasarkan pengalaman atau gagasan

Menyusun cerita pendek berdasarkan kerangka dengan memperhatikan struktur teks dan kebahasaan

Unsur pembangun karya sastra (cerpen)

Bentuk teks narasi (cerpen)

Struktur teks narasi (cerpen)

Kaidah kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif, kata ekspresif, majas.

Menulis teks cerpen

KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

 

4.6 Mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan

KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

3.7 Mengidentifikasi informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca

  • Kegiatan rekreasional dan aktivitas fisik
  • Penguatan karakter dan Budaya

Mengidentifikasi informasi berupa kritik  atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca

Memahami  isi informasi dengan alasan yang logis disertai bukti pendukung (hasil penelitian, data nasinal, dll)

Menjelaskan informasi tentang teks tanggapan (pujian dan kritikan) terhadap lingkungan sekitar

Merancang teks tanggapan

Menulis  teks tanggapan berupa pujian dan kritikan

Menyimpulkan teks tanggapan

Syarat memberi tanggapan

Struktur teks tanggapan

Kaidah kebahasaan teks tanggapan: kalimat aktif, kata tugas, bahasa deskripsi, bahasa penilaian

Menulis teks tanggapan berupa pujian

Menulis teks tanggapan berupa kritikan

KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

4.8 Mengungkapkan kritik, sanggahan, atau pujian dalam bentuk teks tanggapan secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan

PEMETAAN KD YANG RELEVAN DENGAN 6 KECAKAPAN HIDUP

(sesuai SE SESJEN KEMENDIKBUD 15/2020)

Nama Sekolah                : SMP Negeri 1 Cidahu

Kelas/Semester              : IX/Semester Ganjil

Tahun Pelajaran             : 2020/2021

Mata Pelajaran               : Bahasa Indonesia

Guru Mata Pelajaran     : Ahmad Asikin, S.Pd.

Baca juga: Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD pada Pembelajaran IPA

NO

KECAKAPAN HIDUP

KD

TUJUAN PEMBELAJARAN

AKTIVITAS PEMBELAJARAN

EVALUASI PEMBELAJARAN

(TUGAS/TAGIHAN)

1

Literasi dan Numerasi

3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)

Siswa dapat mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)

  • Siswa memilih salah satu percobaan yang ditugaskan dalam buku paket.
  • Siswa mengidentifikasi teks laporan hasil percobaan dari aspek kaidah kebahsaan
  • Siswa mengidentifikasi teks laporan hasil percobaan dari aspek struktur
  • Siswa melakukan percobaan yang dipilihnya
  • Siswa menulis laporan hasil percobaan yang telah dilakukannya.
  • Siswa menyetorkan hasil kerjanya, baik melalui daring ataupun luring
  • Jawablah pertanyaan yang ada pada buku paket halaman 31-32
  • Sebutkan dan jelaskan apa saja kaidah kebahasaan pada teks laporan percobaan!
  • Sebutkan dan jelaskan apa saja struktur teks laporan percobaan!
  • Buatlah teks laporan percobaan dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan yang tepat!
  • Laporkan hasil kerjamu!

4.2 Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan

Siswa dapat menulis teks laporan percobaan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan

2

Pencegahan dan penanganan pandemi Covid 19

3.3 Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca

Siswa dapat mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang pencegahan dan penanganan pandemi covid-19 yang disiapkan guru

  • Siswa membaca teks tentang pencegahan dan penanganan Covid-19 yang disiapkan guru.
  • Siswa mengidentifikasi tujuan dan isi pidato persuasif yang telah dibacanya
  • Siswa ditugaskan untuk menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif mengenai pencegahan dan penanganan pandemi covid-19 dari edia cetak maupun elektronik.
  • Siswa menulis pidato persuasif sesuai struktur dan kaidah yang tepat
  • Identifikasilah tujuan isi pidato persuasif yang telah kamu baca!
  • Identifikasilah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif mengenai pencegahan dan penanganan pandemi covid-19 dari edia cetak maupun elektronik!
  • Tulislah teks pidato persuasif sesuai struktur dan kaidah yang tepat lalu baca sambil direkam. Kemudian rekamannya kirim ke google classroom (metode daring)!

4.4 Menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.

Siswa dapat menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan mengenai pencegahan dan penanganan pandemi covid-19 dalam pidato secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.

3

  • Perilaku hidup bersih dan sehat  (PHBS) dan gerakan masyarakat sehat
  • Spritual Keagamaan

3.5 Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar

Siswa dapat mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar

  • Siswa membaca cerita pendek yang telah disiapkan oleh guru tentang prilaku hidup bersih dan sehat  (PHBS) dan gerakan masyarakat sehat
  •  Siswa mengidentifikasi unsur teks cerita pendek yang telah dibaca
  • Siswa mengidentifikasi struktur dan kaidah kaidah kebahasaan cerita pendek yang telah dibaca
  • Siswa menulis cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur dan kaidah yang benar.

  • Identifikasilah unsur-unsur teks cerita pendek yang telah kamu baca tersebut!
  • Identifikasilah struktur teks cerpen yang telah kamu baca!
  • Identifikasilah kaidah kebahasaan teks cerpen yang telah kamu baca!
  • Tulislah teks cerpen yang temanya tentang keagamaan dengan memperhatikan struktur dan kaidah yang berlaku
  • Laporkan hasil kerjamu!

4.6 Mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan

Siswa dapat mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan

4

  • Kegiatan rekreasional dan aktivitas fisik
  • Penguatan karakter dan Budaya

3.7  Mengidentifikasi informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca

Siswa dapat mengidentifikasi informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca

  • Siswa membaca atau mendengarkan teks tanggapan mengenai lingkungan hidup yang telah disiapkan oleh guru
  • Siswa mengidentifikasi syarat-syarat dalam memberikan tanggapan
  • Siswa menelaah struktur dan kaidah kebahasaan dari teks yang telah dibaca
  • Siswa menulis teks tanggapan yang isinya berupa pujian dan kritikan
  • Siswa melaporkan hasil kerjanya baik secara daring maupun luring.
  • Identifikasi teks tanggapan yang telah kamu baca, apa saja syarat jika kamu akan memberikan tanggapan?
  • Identifikasi bagaiamana struktur dan kaidah kebahasaan teks tanggapan? Jelaskan!
  • Buatlah teks tanggapan berupa pujian terhadap lingkungan sekolahmu!
  • Buatlah teks tanggapan berupa kritikan tentang lingkungan sekolahmu yang kamu anggap masih kurang dalam menjaga kebersihan!
  • Laporkan hasil pekerjaanmu!

4.8  Mengungkapkan kritik, sanggahan, atau pujian dalam bentuk teks tanggapan secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan

Siswa dapat mengungkapkan kritik, sanggahan, atau pujian dalam bentuk teks tanggapan secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan

    

PEMETAAN MATERI 

 

Nama Sekolah                : SMP Negeri 1 Cidahu

Kelas/Semester              : IX/Semester Ganjil

Tahun Pelajaran             : 2020/2021

Mata Pelajaran               : Bahasa Indonesia

Guru Mata Pelajaran     : Ahmad Asikin, S.Pd.

Baca juga: Perangkat Pembelajaran Fiqh di Madrasah

NO

KECAKAPAN HIDUP

KOMPETENSI DASAR

MATERI

METODE PEMBELAJARAN

WAKTU PELAKSANAAN

1

Literasi dan Numerasi

3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)

  • Struktur teks laporan percobaan
  • Kaidah kebahasaan teks laporan
  • Menulis teks laporan Percobaan
  • Ulangan Harian
  • Dalam jaringan
  • Luar jaringan
  • Jumat, 24 Juli 2020
  • Jumat, 07 Agustus 2020
  • Jumat, 14 Agustus 2020
  • Jumat, 21 Agustus 2020

4.2 Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan

2

Pencegahan dan penanganan pandemi Covid 19

3.3 Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca

  • Tujuan pidato persuasif
  • Menelaah isi pidato persuasif
  • Struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif
  • Menulis teks pidato persuasif
  • Ulangan Harian
  • Dalam jaringan
  • Luar jaringan
  • Jumat, 28 Agustus 2020
  • Jumat, 04 September 2020
  • Jumat, 11 September 2020

4.4 Menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.

PENILAIAN TENGAH SEMESTER

Jumat, 18 September 2020

3

  • Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan gerakan masyarakat sehat
  • Spritual Keagamaan

3.5 Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar

  • Unsur-unsur cerpen
  • Struktur cerpen
  • Kaidah kebahasaan cerpen
  • Menulis cerpen
  • Ulangan Harian
  • Dalam jaringan
  • Luar jaringan
  • Jumat, 25 September 2020
  • Jumat, 02 Oktober 2020
  • Jumat, 09 Oktober 2020
  • Jumat, 16 Oktober 2020
  • Jumat, 23 Oktober 2020

4.6 Mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan

4

  • Kegiatan rekreasional dan aktivitas fisik
  • Penguatan karakter dan Budaya

3.7  Mengidentifikasi informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca

  • Menyimpulkan teks tanggapan
  • Syarat memberi tanggapan
  • Struktur teks tanggapan
  • Kaidah kebahasaan teks tanggapan
  • Menulis tanggapan berupa pujian
  • Menulis tanggapan berupa kritikan
  • Ulangan Harian
  • Dalam jaringan
  • Luar jaringan
  • Jumat, 30 Oktober 2020
  • Jumat, 06 November 2020
  • Jumat, 13 November 2020
  • Jumat, 20 November 2020
  • Jumat, 27 November 2020
  • Jumat, 04 Desember 2020

4.8  Mengungkapkan kritik, sanggahan, atau pujian dalam bentuk teks tanggapan secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan

PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1

Jumat, 11 Desember 2020

SILABUS

 

Nama Sekolah                        : SMP Negeri 1 Cidahu

Kelas/Semester                     : IX/Semester Ganjil

Tahun Pelajaran                     : 2020/2021

Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia

Guru Mata Pelajaran           : Ahmad Asikin, S.Pd.

 

Kompetensi Inti :

  • Menunjukkan perilaku yang berterima dalam lingkungan personal, sosial budaya, akademik, dan profesi
  • Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pendek dan sederhana
  • Berkomunikasi secara interpersonal, transaksional, dan fungsional tentang diri sendiri, keluarga, serta orang, binatang, dan benda, konkret dan imajinatif, yang terdekat dengan kehidupan dan kegiatan peserta didik sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat
  • Menyususn teks lisan dan tulis, pendek dan sederhana dengan menggunakan struktur teks secara urut dan runtut serta unsur kebahasaan secara akurat, berterima, dan lancar

 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Penilaian

3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)

Fungsi teks laporan percobaan

Pengertian teks laporan percbaan

Model teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)

Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca

Struktur teks laporan percobaan

Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan.

Model teks laporan percobaan.

  • Menjelaskan isi informasi laporan percobaan
  • Mengidentifikasi ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
  • Mengidentifikasi prinsip penggunaan kata/kalimat, tanda baca/ejaan
  • Mengidentifikasi isi  informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan
  • Siswa memilih salah satu percobaan yang ditugaskan dalam buku paket.
  • Siswa melakukan percobaan yang dipihnya
  • Siswa menuliskan laporan hasil percobaan yang telah dilakukannya
  • Siswa menyetorkan hasil kerjanya, baik melalui daring ataupun luring

4 Kali Pertemuan

  • Buku Paket
  • Blog/Internet
  • Portofolio:
  • Mengidentifikasi isi, struktur dan dan kaidah kebahasaan teks laporan percobaan
  •  
  • Unjuk kerja
  • Menulis teks laporan percobaan
  •  
  • Tes Tulis
  • Pilihan ganda dan esay

4.2 Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan

  • Menyimpulkan ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
  • Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/kalimat, tanda baca/ejaan
  • Menyampaikan isi  informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan
  • Siswa memilih salah satu percobaan yang ditugaskan dalam buku paket.
  • Siswa melakukan percobaan yang dipihnya
  • Siswa menuliskan laporan hasil percobaan yang telah dilakukannya
  • Siswa menyetorkan hasil kerjanya, baik melalui daring ataupun luring
  • Buku Paket
  • Blog/Internet

3.3 Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca

Teks pidato persuasif

Simpulan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato

Struktur teks  (pidato persuasif)

Ciri-ciri kebahasaan teks pidato:kalimat aktif,  kata tugas,  kosakata emotif, kosakata bidang ilmu, sinonim, kata benda abstrak, pembendaan

Model teks pidato persuasif

Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato

Menjelaskan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato dari sudut pandang tertentu

Menganalisis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato

  • Siswa membaca teks tentang pencegahan dan penanganan covid-19 yang disiapkan guru.
  • Siswa mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari teks pidato persuasif yang  telah dibacanya
  • Siswa ditugaskan untuk mencari contoh pidato persuasif mengenai pencegahan dan penanganan pandemi covid-19 dari edia cetak maupun elektronik.
  • Siswa melaporkan hasil kerjanya baik secara daring maupun luring

3 Kali

Pertemuan

  • Buku Paket
  • Blog/Internet
  • Portofolio:
  • Mengidentifikasi isi, struktur dan dan kaidah kebahasaan teks pidato persuasif
  •  
  • Praktek
  • Membaca teks pidato persuasif
  •  
  • Tes Tulis
  • Pilihan ganda dan esay

4.4 Menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.

Menyusun  teks  pidato persuasif

Menyajikan pidato persuasif secara menarik

  • Siswa diberi tugas untuk menuangkan ide, gagasan, pikiran, arahan atau pesan mengenai pencegahan dan penanganan pandemi covid 19 dalam bentuk teks pidato dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.
  • Khusus daring: Siswa berpidato berdasarkan teks yang telah dibuat.
  • Siswa melaporkan hasil kerjanya baik secara daring maupun luring
  • Buku Paket
  • Blog/Internet

3.5 Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar

Unsur pembangun karya sastra (cerpen)

Bentuk teks narasi (cerpen)

Struktur teks narasi (cerpen)

Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas

Menulis teks cerpen

Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar

Menganalisis unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks  cerita pendek

Menjelaskan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks  cerita pendek yang dibaca atau didengar

  • Siswa membaca cerita pendek yang telah disiapkan guru atau yang dicarinya sendiri tentangperilaku hidup bersih dan sehat  (PHBS) dan gerakan masyarakat sehat
  •  Siswa mengidentifikasi unsur teks cerita pendek yang telah dibaca
  • Siswa melaporkan hasil kerjanya baik secara daring maupun luring

5 Kali Peremuan

  • Buku Paket
  • Blog/Internet
  • Portofolio:
  • Mengidentifikasi unsur-unsur cerita pendek
  •  
  • Unjuk kerja
  • Menulis teks cerpen
  •  
  • Tes Tulis
  • Pilihan ganda dan esay

4.6 Mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan

Menyusun kerangka cerita pendek berdasarkan pengalaman atau gagasan

Menyusun cerita pendek berdasarkan kerangka dengan memperhatikan struktur teks dan kebahasaan

  • Siswa ngungkapkanlah pengalaman dan gagasandalam bentuk cerita pendek (menulis cerpen)bertema spritual keagamaan dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
  • Siswa melaporkan hasil kerjanya
  • Buku Paket
  • Blog/Internet

3.7 Mengidentifikasi informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca

Fungsi teks tanggapan

Model teks tanggapan

Simpulan isi teks tanggapan berupa kritik atau pujian

Struktur teks tanggapan

Ciri-ciri kebahasaan teks tanggapan : kalimat aktif,  kata tugas,  bahasa deskripsi, bahasa penilaian.

Model teks tanggapan (puji, kritik)

Mengidentifikasi informasi berupa kritik  atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca

Memahami  isi informasi dengan alasan yang logis disertai bukti pendukung (hasil penelitian, data nasinal, dll)

Menjelaskan informasi tentang teks tanggapan (puji, kritik) terhadap sesuatu.

  • Siswa membaca atau mendengarkan contoh teks tanggapan  mengenai lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll.,yang ada di buku paket, disediakan guru, atau hasil pencariannya sendiri. .
  • Siswa mengidentifikasi informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca
  • Siswa melaporkan hasil kerjanya baik secara daring maupun luring.

6 Kali

Pertemuan

  • Buku Paket
  • Blog/Internet
  • Portofolio:
  • Mengidentifikasi isi, struktur dan dan kaidah kebahasaan teks tanggapan
  •  
  • Unjuk kerja
  • Menulis teks tanggapan
  •  
  • Tes Tulis
  • Pilihan ganda dan esay

4.8 Mengungkapkan kritik, sanggahan, atau pujian dalam bentuk teks tanggapan secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan

Merancang teks tanggapan

Menulis  teks tanggapan (puji, kritik)

  • Siswa mengungkapkan  kritik, sanggahan, atau pujian dalam bentuk teks tanggapan secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
  • Siswa melaporkan hasil kerjanya
  • Buku Paket
  • Blog/Internet

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )

 

Nama Sekolah                        : SMP Negeri 1 Cidahu

Kelas/Semester                     : IX/Semester Ganjil

Tahun Pelajaran                     : 2020/2021

Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia

Guru Mata Pelajaran           : Ahmad Asikin, S.Pd.

 

 

Kompetensi Inti :

KI 1

:

Menunjukkan perilaku yang berterima dalam lingkungan personal, sosial budaya, akademik, dan profesi

KI 2

:

Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pendek dan sederhana

KI 3

:

Berkomunikasi secara interpersonal, transaksional, dan fungsional tentang diri sendiri, keluarga, serta orang, binatang, dan benda, konkret dan imajinatif, yang terdekat dengan kehidupan dan kegiatan peserta didik sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat.

KI 4

:

Menyususn teks lisan dan tulis, pendek dan sederhana dengan menggunakan struktur teks secara urut dan runtut serta unsur kebahasaan secara akurat, berterima, dan lancar.

No

Kompetensi Dasar

Indikator

Kriteria Ketuntasan KKM

Rata-rata

Komplek

Sitas

Daya

Dukung

Intake

1

3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)

  • Menjelaskan isi informasi laporan percobaan
  • Mengidentifikasi ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
  • Mengidentifikasi prinsip penggunaan kata/kalimat, tanda baca/ejaan
  • Mengidentifikasi isi  informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan

74

75

75

74.7

KKM KD 3.1

74.7

4.2 Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan

  • Menyimpulkan ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
  • Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/kalimat, tanda baca/ejaan
  • Menyampaikan isi  informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan

75

75

74

74.7

KKM KD 4.2

74.7

KKM KD 3.1 & 4.2

74.7

2

3.3 Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca

Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato

Menjelaskan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato dari sudut pandang tertentu

Menganalisis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato

76

75

75

75.3

KKM KD 3.3

75.3

4.4 Menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.

Menyusun  teks  pidato persuasif

Menyajikan pidato persuasif secara menarik

72

77

75

74.7

KKM KD 4.4

74.7

KKM KD 3.3 & 4.4

75.0

3

3.5 Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar

Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar

Menganalisis unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks  cerita pendek

Menjelaskan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks  cerita pendek yang dibaca atau didengar

74

76

75

75.0

KKM KD 3.5

75.0

4.6 Mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan

Menyusun kerangka cerita pendek berdasarkan pengalaman atau gagasan

Menyusun cerita pendek berdasarkan kerangka dengan memperhatikan struktur teks dan kebahasaan

74

76

74

74.7

KKM KD 4.6

74.7

KKM KD 3.5 & 4.6

74.8

4

3.7 Mengidentifikasi informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca

Mengidentifikasi informasi berupa kritik  atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca

Memahami  isi informasi dengan alasan yang logis disertai bukti pendukung (hasil penelitian, data nasinal, dll)

Menjelaskan informasi tentang teks tanggapan (puji, kritik) terhadap sesuatu.

73

76

75

74.7

KKM KD 3.7

74.7

4.8 Mengungkapkan kritik, sanggahan, atau pujian dalam bentuk teks tanggapan secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan

Merancang teks tanggapan

Menulis  teks tanggapan (puji, kritik)

74

76

75

75.0

KKM KD 4.8

75.0

KKM KD 3.7 & 4.8

74.8

 

PROGRAM SEMESTER

Nama Sekolah                        : SMP Negeri 1 Cidahu

Kelas/Semester                     : IX/Semester Ganjil

Tahun Pelajaran                     : 2020/2021

Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia

Guru Mata Pelajaran           : Ahmad Asikin, S.Pd.

  

Nomor KI

Materi

Alokasi Waktu

Juli

Agustus

September

Oktober

Nopember

Desember

Ket

1

2

3

4

Nomor KD

1

2

3

1

2

3

4

1

2

3

4

5

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

 

1

3.1 & 4.1

  • Struktur teks laporan percobaan
  • Kaidah kebahasaan teks laporan
  • Menulis teks laporan Percobaan

3 Kali Pertemuan

1

1

1

  • PENILAIAN HARIAN 1

1 Kali Pertemuan

1

2

3.2 & 4.2

  • Tujuan pidato persuasif
  • Menelaah isi pidato persuasif
  • Struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif
  • Menulis teks pidato persuasif

2 Kali Pertemuan

1

1

PENILAIAN HARIAN 2

1 Kali Pertemuan

1

PENILAIAN TENGAH SEMESTER

1

3

3.3 & 4.3

  • Unsur-unsur cerpen
  • Struktur cerpen
  • Kaidah kebahasaan cerpen
  • Menulis cerpen

4 Kali Pertemuan

1

1

1

1

PENILAIAN HARIAN 3

1

4

3.4 & 4.4

  • Menyimpulkan teks tanggapan
  • Syarat memberi tanggapan
  • Struktur teks tanggapan
  • Kaidah kebahasaan teks tanggapan
  • Menulis tanggapan berupa pujian
  • Menulis tanggapan berupa kritikan

5 Kali Pertemuan

1

1

1

1

1

PENILAIAN HARIAN 4

1

PENILAIAN AKHIR SEMESTER

1

Jumlah

                PROGRAM TAHUNAN

                                                                                                                                   

KOMPETENSI INTI

  • Menunjukkan perilaku yang berterima dalam lingkungan personal, sosial budaya, akademik, dan profesi
  • Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pendek dan sederhana
  • Berkomunikasi secara interpersonal, transaksional, dan fungsional tentang diri sendiri, keluarga, serta orang, binatang, dan benda, konkret dan imajinatif, yang terdekat dengan kehidupan dan kegiatan peserta didik sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat
  • Menyususn teks lisan dan tulis, pendek dan sederhana dengan menggunakan struktur teks secara urut dan runtut serta unsur kebahasaan secara akurat, berterima, dan lancar

NO

KOMPETENSI DASAR

ALOKASI WAKTU

1

3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)

4 Kali

Pertemuan

4.2 Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan

2

3.3 Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca

3 Kali

Pertemuan

4.4 Menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.

3

3.5 Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar

5 Kali

Pertemuan

4.6 Mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan

4

3.7 Mengidentifikasi informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca

6 Kali

Pertemuan

4.8 Mengungkapkan kritik, sanggahan, atau pujian dalam bentuk teks tanggapan secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan

                                                                                                                                                                                                                       Cidahu, 22 Juli 2020

                                        Kepala SMP Negeri 1 Cidahu

                                         Muslimah, S.Pd., M.M.Pd.

                                       NIP. 19620607 198403 2 006

                                                    Guru Mata Pelajaran


                                                      Ahmad Asikin, S.Pd.

       

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun