LK 3.1 Menyusun Best Practices
Â
NAMA Â Â Â Â Â : Yuliardi Budiawan SS
KELAS Â Â Â Â Â : 03
No UKG Â Â Â Â : 5821710037057
NIM Â Â Â Â Â Â Â Â : 22001039317466052
Â
Terampil Maca Geguritan melalui Media NOVID
Â
Lokasi
MTs N 3 Wonogiri
Lingkup Pendidikan
Madrasah Tsanawiyah/Sekolah Menengah Pertama
Tujuan yang ingin dicapai
Menyeleksi dan mengartikan kata-kata sukar dalam teks geguritan
Menelaah unsur pembangun geguritan dengan tepat
Membaca 1 bait geguritan
Penulis
Yuliardi Budiawan
Tanggal
17 Juni 2023
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah
- Kurangnya pemahaman materi dasar Geguritan
- Kurangnya latihan membaca Geguritan
- Pembelajaran yang monoton
- Kurangnya informasi terkait adanya peningkatan kompetensi Guru tentang Geguritan
- Kurangnya program peningkatan kompetensi Guru tentang Geguritan di daerah tempat domisili Guru
- Kurang kreatifnya guru dalam membuat atau menerapkan media pembelajaran tentang Geguritan
- Guru kurang mengenal heterogenitas peserta didik
- Â
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?
Selain bisa memotivasi diri guru sendiri dan juga diharapkan bisa menjadi referensi atau inspirasi bagi rekan guru yang lain
"Tidak ada yang namanya anak yang benci membaca; hanya ada anak-anak yang belum menemukan buku yang tepat." -- Frank Serafini.
Metode pembelajaran yang lebih bervariasi
Menurut Djamarah (2016: 90) berpendapat bahwa "Penggunaan metode mengajar yang bervariasi dapat menggairahkan belajar anak didik, pada suatu kondisi tertentu seorang anak akan merasa bosan dengan metode ceramah maka guru perlu mengalihkan suasana dengan menggunakan metode lain seperti metode tanya jawab, diskusi atau metode penugasan sehingga kebosanan dapat terobati dan suasana kegiatan pengajaran jauh dari kelesuan".
Media, alat dan bahan pembelajaran yang lebih inovatif
Proses pembelajaran yang lebih terstruktur
Pembelajaran berpusat kepada peserta didik
Pembelajaran yang dipusatkan pada siswa dapat membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan belajar seperti manajemen waktu, komunikasi, berpikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah (Krishnan, 2015)
Guru berperan sebagai fasilitator
Pembelajaran yang lebih menarik sehingga siwa lebih fokus dan tercapainya tujuan pembelajaran sesuai apa yang direncanakan
Apa yang menjadi peran dan tanggungÂ
jawab anda dalam praktik ini?
Melakukan identifikasi masalah pembelajaran yang terjadi di sekolah
Mencari alternatif solusi dari berbagai sumber, baik dari literatur, wawancara dengan kepala sekolah, pengawas sekolah, rekan sejawat dan pakar
Menyusun perangkat pembelajaran yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah yang terjadi yaitu rendahnya minat siswa dalam mempelajari materi Geguritan
Perangkat yang disusun adalah modul, LKPD, bahan ajar, media pembelajaran dan instrumen penilaian serta instrumen refleksi
Pelaksanaan rencana aksi yang dilakukan sebanyak 1 siklus pembelajaran di kelas yang sama
Merekam proses pembelajaran yang dilakukan dan mengedit video tersebut sesuai dengan sintaks model pembelajaran yang dilakukan
Melakukan analisis hasil pembelajaran untuk menentukan ketercapaian tujuan  pembelajaran
Melakukan refleksi pembelajaran yang sudah dilaksanakan
Â
Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?
Peserta didik belum terbiasa membaca Geguritan
Motivasi literasi baik peserta didik dan guru kurang
Geguritan jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Penggunaan perangkat pembelajaran dan pendekatan pembelajaran yang kurang menarik
Kurangnya kepedulian peserta didik terhadap produk inovasi
Guru kurang memanfaatkan TIK di dalam pembelajaran
Â
Siapa saja yang terlibat?
Guru berperan sebagai pengajar di kelas
Rekan guru berperan sebagai partner di sekolah yang juga membantu pada saat pelaksanaan Rencana Aksi
Kepala sekolah berperan sebagai penanggung jawab dan pengarah serta penasihat saat pelaksanaan rencana aksi dari awal sampai akhir
Peserta didik berperan sebagai objek/sampel yang digunakan dalam kegiatan ini
Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/strategi apa yang digunakan/bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat /Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
A. Langkah-langkah  apa  yang  dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut
Guru mengidentifikasi masalah, mengulas kajian literatur dari beberapa jurnal dan melakukan wawancara ke rekan sejawat, kepala sekolah dan pakar
Guru merumuskan solusi yang tepat
untuk menghadapi tantangan tersebut dengan NOVID. NOVID adalah kependekan dari "Nonton Video" di sini guru menayangkan sebuah video yang didownload dari youtube menampilkan Salsabila Kinanthi juara 1 lomba membaca Geguritan pelajar se DIY
Guru melakukan koordinasi dengan kepala sekolah dan wakasek kurikulum mengenai kegiatan yang akan dilakukan
Guru melakukan koordinasi dengan peserta didik yang akan dijadikan objek atau sample kegiatan ini
Pelaksanaan rencana aksi dilakukan sesuai jadwal yang ada di LMS
Â
Strategi  apa  yang  digunakan
Problem Based Learning ( PBL)
Menurut jurnal 'Pembelajaran Bebasis Masalah (Problem Based Learning)' karya Hardika Saputra,
Berikut ini langkah-langkah untuk menerapkan problem based learning.
1. Orientasi Siswa pada Masalah
Pertama-tama, guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan perlengkapan yang dibutuhkan, dan memotivasi siswa untuk aktif memecahkan masalah yang dipilih.
2. Mengorganisasi Siswa untuk Belajar
Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasi tugas belajar yang berhubungan dengan masalah yang dipilih.
3. Membimbing Penyelidikan Individual dan Kelompok
Guru berperan untuk mendorong siswa mengumpulkan informasi yang sesuai dan melakukan eksperimen untuk mendapat penjelasan serta pemecahan masalah.
4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
Dalam tahap ini, guru membantu siswa merencanakan dan menyiapkan bentuk laporan yang sesuai untuk menunjukkan hasil penyelidikan. Laporan dapat berbentuk laporan tertulis, video, atau model lainnya.
5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
Langkah terakhir dari pelaksanaan problem based learning adalah guru membantu siswa melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan dan proses-proses yang sudah dilewati.
Bagaimana prosesnya
Kegiatan Awal
Guru memberi salam, doa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran
Peserta didik ditanya tentang materi minggu lalu
Peserta didik diajak melakukan ice breaking
Peserta didik diberikan pretest melalui quiziz dan hasilnya masih ada 9 anak dari total 11 anak yang belum tuntas
Kegiatan Inti
Peserta didik mengamati dan menganalisis materi Geguritan melalui video yang ditampilkan oleh guru
Peserta didik bertanya jawab dengan guru dengan santun terkait video pembelajaran Geguritan dan guru menjawab
Guru menjelaskan materi geguritan
Peserta didik dibagi kelompok masing-masing terdiri dari 4-5 anak.
Secara berkelompok Peserta didik diinstruksikan mencari kata-kata yang belum dimengerti dan mencari artinya dikamus online, dan dikerjakan dalam LKPD
Secara berkelompok Peserta didik mengumpulkan informasi tentang isi dan nilai moral Geguritan dituliskan dalam LKPD 1
Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi
Kelompok lain dan Guru membeari tanggapan terhadap hasil pengamatan kelompok yang tampil
Peserta Didik mengumpulkan LKPD
Peserta didik diberikan link soal evaluasi materi Geguritan melalui aplikasi google form, dan hasilnya tinggal 2 anak yang belum tuntas namun setelah diteliti ulang ternyata ada 1 anak yang mengerjakan 2 kali, sehingga tercatat tinggal 1 yang belum tuntas
Â
Kegiatan Penutup
Peserta didik diajak secara bersama-sama menyimpulkan materi geguritan
Guru melakukan refleksi pembelajaran hari itu, peserta didik merasa pembelajaran hari itu sangat menyenangkan dan membuat mereka bersemangat
Guru memberi tugas kepada peserta didik untuk membuat video yang berisi pembacaan geguritan
Guru menutup kegiatan dengan mengucap salam dan doa
Siapa saja yang terlibat
Guru : Mengajar di kelas
Rekan guru : Membantu mempersiapkan segala sesuatu
Kameraman : Merekam kegiatan pembelajaran saat PPL
Peserta didik: Objek/sampel yang digunakan dalam kegiatan ini
Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan  strategi ini
Alat dan bahan
2 Laptop
1 Proyektor
2 tripod
3 handphone
1 speaker aktif
    LKPD
Biaya: Tidak banyak biaya yang digunakan, karena menggunakan alat   dan bahan yang ada
Waktu: Jam pelajaran sekolah.
Refleksi Hasil dan dampakÂ
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Â Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah- langkah yang dilakukan?
Peserta didik termotivasi untuk membaca geguritan, memiliki kemampuan editing video.
Â
Apakah   hasilnya    efektif?    Atau           tidak efektif? Mengapa?
Menurut Guru pribadi sudah efektif, karena melihat hasil dari post test dan RTL yang diberikan sudah sangat memuaskan.
Â
Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan?
Dari pihak yang terlibat mengungkapkan bahwa strategi yang dilakukan sudah efektif serta dapat dilakukan secara terus menerus mengingat proses pembelajaran yang telah dilalui peserta didik sangat memberikan dampak positif untuk mereka.
Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan?
Keberhasilan pembelajaran kali ini tidak terlepas dari media yang digunakan oleh guru. Dengan NOVID peserta didik menjadi termotivasi untuk membaca geguritan. Indikator keberhasilan dari setiap strategi yang dilakukan adalah dengan tercapainya setiap tujuan yang ingin dicapai pada awal perancangan kegiatan. Tujuan tersebut kemudian dituangkan dalam setiap proses kegiatan pembelajaran sehingga  keseluruhannya dapat dinilai berhasil atau tidak. Pada akhir pembelajaran juga dilakukan refleksi sehingga guru dan peserta didik dapat bersama-sama menilai apakah kegiatan pembelajaran pada pertemuan tersebut berhasil atau tidak
Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut?
Sebagai Guru harus benar-benar mempersiapkan segala sesuatu yang akan digunakan untuk mengajarkan sebuah materi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H