Mohon tunggu...
Yuliardi Budiawan
Yuliardi Budiawan Mohon Tunggu... Guru - guru madrasah

hobi badminton

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice "Terampil Maca Geguritan Melalui Media NOVID

23 Juli 2023   21:00 Diperbarui: 25 Agustus 2023   08:45 195
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

LK 3.1 Menyusun Best Practices

 

NAMA           : Yuliardi Budiawan SS

KELAS          : 03

No UKG         : 5821710037057

NIM                : 22001039317466052

 


Terampil Maca Geguritan melalui Media NOVID

 

Lokasi

MTs N 3 Wonogiri

Lingkup Pendidikan

Madrasah Tsanawiyah/Sekolah Menengah Pertama

Tujuan yang ingin dicapai

Menyeleksi dan mengartikan kata-kata sukar dalam teks geguritan

Menelaah unsur pembangun geguritan dengan tepat

Membaca 1 bait geguritan

Penulis

Yuliardi Budiawan

Tanggal

17 Juni 2023

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah

  • Kurangnya pemahaman materi dasar Geguritan
  • Kurangnya latihan membaca Geguritan
  • Pembelajaran yang monoton
  • Kurangnya informasi terkait adanya peningkatan kompetensi Guru tentang Geguritan
  • Kurangnya program peningkatan kompetensi Guru tentang Geguritan di daerah tempat domisili Guru
  • Kurang kreatifnya guru dalam membuat atau menerapkan media pembelajaran tentang Geguritan
  • Guru kurang mengenal heterogenitas peserta didik
  •  

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?

Selain bisa memotivasi diri guru sendiri dan juga diharapkan bisa menjadi referensi atau inspirasi bagi rekan guru yang lain

"Tidak ada yang namanya anak yang benci membaca; hanya ada anak-anak yang belum menemukan buku yang tepat." -- Frank Serafini.

Metode pembelajaran yang lebih bervariasi

Menurut Djamarah (2016: 90) berpendapat bahwa "Penggunaan metode mengajar yang bervariasi dapat menggairahkan belajar anak didik, pada suatu kondisi tertentu seorang anak akan merasa bosan dengan metode ceramah maka guru perlu mengalihkan suasana dengan menggunakan metode lain seperti metode tanya jawab, diskusi atau metode penugasan sehingga kebosanan dapat terobati dan suasana kegiatan pengajaran jauh dari kelesuan".

Media, alat dan bahan pembelajaran yang lebih inovatif

Proses pembelajaran yang lebih terstruktur

Pembelajaran berpusat kepada peserta didik

Pembelajaran yang dipusatkan pada siswa dapat membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan belajar seperti manajemen waktu, komunikasi, berpikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah (Krishnan, 2015)

Guru berperan sebagai fasilitator

Pembelajaran yang lebih menarik sehingga siwa lebih fokus dan tercapainya tujuan pembelajaran sesuai apa yang direncanakan

Apa yang menjadi peran dan tanggung 

jawab anda dalam praktik ini?

Melakukan identifikasi masalah pembelajaran yang terjadi di sekolah

Mencari alternatif solusi dari berbagai sumber, baik dari literatur, wawancara dengan kepala sekolah, pengawas sekolah, rekan sejawat dan pakar

Menyusun perangkat pembelajaran yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah yang terjadi yaitu rendahnya minat siswa dalam mempelajari materi Geguritan

Perangkat yang disusun adalah modul, LKPD, bahan ajar, media pembelajaran dan instrumen penilaian serta instrumen refleksi

Pelaksanaan rencana aksi yang dilakukan sebanyak 1 siklus pembelajaran di kelas yang sama

Merekam proses pembelajaran yang dilakukan dan mengedit video tersebut sesuai dengan sintaks model pembelajaran yang dilakukan

Melakukan analisis hasil pembelajaran untuk menentukan ketercapaian tujuan  pembelajaran

Melakukan refleksi pembelajaran yang sudah dilaksanakan

 

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?

Peserta didik belum terbiasa membaca Geguritan

Motivasi literasi baik peserta didik dan guru kurang

Geguritan jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Penggunaan perangkat pembelajaran dan pendekatan pembelajaran yang kurang menarik

Kurangnya kepedulian peserta didik terhadap produk inovasi

Guru kurang memanfaatkan TIK di dalam pembelajaran

 

Siapa saja yang terlibat?

Guru berperan sebagai pengajar di kelas

Rekan guru berperan sebagai partner di sekolah yang juga membantu pada saat pelaksanaan Rencana Aksi

Kepala sekolah berperan sebagai penanggung jawab dan pengarah serta penasihat saat pelaksanaan rencana aksi dari awal sampai akhir

Peserta didik berperan sebagai objek/sampel yang digunakan dalam kegiatan ini

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/strategi apa yang digunakan/bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat /Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

A. Langkah-langkah  apa  yang  dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut

Guru mengidentifikasi masalah, mengulas kajian literatur dari beberapa jurnal dan melakukan wawancara ke rekan sejawat, kepala sekolah dan pakar

Guru merumuskan solusi yang tepat

untuk menghadapi tantangan tersebut dengan NOVID. NOVID adalah kependekan dari "Nonton Video" di sini guru menayangkan sebuah video yang didownload dari youtube menampilkan Salsabila Kinanthi juara 1 lomba membaca Geguritan pelajar se DIY

Guru melakukan koordinasi dengan kepala sekolah dan wakasek kurikulum mengenai kegiatan yang akan dilakukan

Guru melakukan koordinasi dengan peserta didik yang akan dijadikan objek atau sample kegiatan ini

Pelaksanaan rencana aksi dilakukan sesuai jadwal yang ada di LMS

 

Strategi  apa  yang  digunakan

Problem Based Learning ( PBL)

Menurut jurnal 'Pembelajaran Bebasis Masalah (Problem Based Learning)' karya Hardika Saputra,

Berikut ini langkah-langkah untuk menerapkan problem based learning.

1. Orientasi Siswa pada Masalah
Pertama-tama, guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan perlengkapan yang dibutuhkan, dan memotivasi siswa untuk aktif memecahkan masalah yang dipilih.

2. Mengorganisasi Siswa untuk Belajar
Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasi tugas belajar yang berhubungan dengan masalah yang dipilih.

3. Membimbing Penyelidikan Individual dan Kelompok
Guru berperan untuk mendorong siswa mengumpulkan informasi yang sesuai dan melakukan eksperimen untuk mendapat penjelasan serta pemecahan masalah.

4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
Dalam tahap ini, guru membantu siswa merencanakan dan menyiapkan bentuk laporan yang sesuai untuk menunjukkan hasil penyelidikan. Laporan dapat berbentuk laporan tertulis, video, atau model lainnya.

5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
Langkah terakhir dari pelaksanaan problem based learning adalah guru membantu siswa melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan dan proses-proses yang sudah dilewati.

Bagaimana prosesnya

Kegiatan Awal

Guru memberi salam, doa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran

Peserta didik ditanya tentang materi minggu lalu

Peserta didik diajak melakukan ice breaking

Peserta didik diberikan pretest melalui quiziz dan hasilnya masih ada 9 anak dari total 11 anak yang belum tuntas

Kegiatan Inti

Peserta didik mengamati dan menganalisis materi Geguritan melalui video yang ditampilkan oleh guru

Peserta didik bertanya jawab dengan guru dengan santun terkait video pembelajaran Geguritan dan guru menjawab

Guru menjelaskan materi geguritan

Peserta didik dibagi kelompok masing-masing terdiri dari 4-5 anak.

Secara berkelompok Peserta didik diinstruksikan mencari kata-kata yang belum dimengerti dan mencari artinya dikamus online, dan dikerjakan dalam LKPD

Secara berkelompok Peserta didik mengumpulkan informasi tentang isi dan nilai moral Geguritan dituliskan dalam LKPD 1

Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi

Kelompok lain dan Guru membeari tanggapan terhadap hasil pengamatan kelompok yang tampil

Peserta Didik mengumpulkan LKPD

Peserta didik diberikan link soal evaluasi materi Geguritan melalui aplikasi google form, dan hasilnya tinggal 2 anak yang belum tuntas namun setelah diteliti ulang ternyata ada 1 anak yang mengerjakan 2 kali, sehingga tercatat tinggal 1 yang belum tuntas

 

Kegiatan Penutup

Peserta didik diajak secara bersama-sama menyimpulkan materi geguritan

Guru melakukan refleksi pembelajaran hari itu, peserta didik merasa pembelajaran hari itu sangat menyenangkan dan membuat mereka bersemangat

Guru memberi tugas kepada peserta didik untuk membuat video yang berisi pembacaan geguritan

Guru menutup kegiatan dengan mengucap salam dan doa

Siapa saja yang terlibat

Guru : Mengajar di kelas

Rekan guru : Membantu mempersiapkan segala sesuatu

Kameraman : Merekam kegiatan pembelajaran saat PPL

Peserta didik: Objek/sampel yang digunakan dalam kegiatan ini

Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan  strategi ini

Alat dan bahan

2 Laptop

1 Proyektor

2 tripod

3 handphone

1 speaker aktif

        LKPD

Biaya: Tidak banyak biaya yang digunakan, karena menggunakan alat     dan bahan yang ada

Waktu: Jam pelajaran sekolah.

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah- langkah yang dilakukan?

Peserta didik termotivasi untuk membaca geguritan, memiliki kemampuan editing video.

 

Apakah     hasilnya      efektif?      Atau                    tidak efektif? Mengapa?

Menurut Guru pribadi sudah efektif, karena melihat hasil dari post test dan RTL yang diberikan sudah sangat memuaskan.

 

Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan?

Dari pihak yang terlibat mengungkapkan bahwa strategi yang dilakukan sudah efektif serta dapat dilakukan secara terus menerus mengingat proses pembelajaran yang telah dilalui peserta didik sangat memberikan dampak positif untuk mereka.

Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan?

Keberhasilan pembelajaran kali ini tidak terlepas dari media yang digunakan oleh guru. Dengan NOVID peserta didik menjadi termotivasi untuk membaca geguritan. Indikator keberhasilan dari setiap strategi yang dilakukan adalah dengan tercapainya setiap tujuan yang ingin dicapai pada awal perancangan kegiatan. Tujuan tersebut kemudian dituangkan dalam setiap proses kegiatan pembelajaran sehingga  keseluruhannya dapat dinilai berhasil atau tidak. Pada akhir pembelajaran juga dilakukan refleksi sehingga guru dan peserta didik dapat bersama-sama menilai apakah kegiatan pembelajaran pada pertemuan tersebut berhasil atau tidak

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut?

Sebagai Guru harus benar-benar mempersiapkan segala sesuatu yang akan digunakan untuk mengajarkan sebuah materi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun