Dosen Pembimbing        : Wiwin Juliyanti S.E., S.Pd., M.Ak
Lokasi Observasi          : Mobil Indostation Warukkalong Jl. Raya, Toyo, Waruk Kalong, Kec. Kwadungan, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur 63283
Waktu Observasi          : 20 Juni - 22 Juni 2024
Tim Observer       : Dody Bagus Nugroho
LATAR BELAKANG
Indostation Mobile adalah penyedia layanan SPBU mini dan suku cadang sepeda motor yang telah menjadi salah satu usaha kerjasama bagi hasil yang mendukung UMKM dalam bidang otomotif, terutama sepeda motor. Indostation Mobile tersebar di berbagai daerah dan telah menjadi pilihan bagi banyak pengguna kendaraan bermotor.
TUJUAN
Menganalisis sistem antrian di Mobil Indostation Warukkalong dan meningkatkan performa sistem antrian khususnya  waktu dalam antrian dan jumlah dalam antrian.
Â
DATA DAN ASUMSI
- Jumlah pelanggan per hari: Â 50 pelanggan.
- Jumlah karyawan yang tersedia: 2 karyawan.
- Waktu pelayanan per pelanggan: Rata-rata 5 menit.
- Jam operasional toko: 14 jam per hari, terbagi menjadi 2 shift (1 karyawan / shift)
- Kedatangan pelanggan: Mengikuti distribusi Poisson.
- Waktu pelayanan: Mengikuti distribusi eksponensial.
- Rata-rata waktu tunggu: 5-10 menit
                         Â
METODOLOGI
Mengumpulkan data harian pelanggan dan waktu pelayanan di Mobil Indostation Warukkalong.
Mengamati proses pengisian bahan bakar secara langsung di Mobil Indostation Warukkalong untuk memverifikasi data.
Menggunakan model antrian Multi Channel-Single Phase yang melibatkan beberapa jalur antrian (channel) yang dialiri oleh satu fase pelayanan tunggal.
HASIL YANG DIHARAPKAN
- Waktu Tunggu Rata-rata: Mengurangi waktu tunggu rata-rata dari 5-10 menit menjadi kurang dari 5 menit.
- Menambah Mesin Pengisian: Mempercepat proses pengisian bahan bakar.
- Kepuasan Pelanggan: Meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan karena meningkatkan pelayanan karyawan dan mengurangi waktu tunggu.
Â
SKENARIO HASIL DARI TIM OBSERVER PRODI S1 MANAJEMEN FEB UNIPMA
- Penambahan Mesin:
- Menambah 1 mesin pengisian bahan bakar (total menjadi 2 mesin).
- Hasil simulasi menunjukkan penurunan waktu tunggu rata-rata menjadi 4 menit.
- Penyesuaian Jam Operasional dan Shift : Membagi jam operasional dua shift dengan tambahan karyawan pada jam sibuk.
IMPLEMENTASI DAN REKOMENDASI
- Mengoptimalkan jadwal shift karyawan untuk menyesuaikan dengan jam-jam sibuk.
- Menambah 1 mesin pengisian bahan bakar di Mobil Indostation Warukkalong dan mengimplementasikan 2 mesin pengisian bahan bakar.
Â
KESIMPULAN
Dengan menerapkan implementasi langkah-langkah di atas diharapkan dapat mengurangi waktu tunggu rata-rata, meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, dan meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan pada sistem antrian di Mobil Indostation Warukkalong
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H