Mohon tunggu...
Wiwin Juliyanti
Wiwin Juliyanti Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Prodi S1 Manajemen UNIPMA

Hi! Salam Kenal :)

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kasus Riset Operasional: Sistem Antrian di Mobil Indostation Warukkalong

13 September 2024   16:20 Diperbarui: 13 September 2024   16:22 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar Logo Mobil Indostation/Goletskerja.com

Dosen Pembimbing              : Wiwin Juliyanti S.E., S.Pd., M.Ak

Lokasi Observasi                   : Mobil Indostation Warukkalong Jl. Raya, Toyo, Waruk Kalong, Kec. Kwadungan, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur 63283

Waktu Observasi                   : 20 Juni - 22 Juni 2024

Tim Observer            : Dody Bagus Nugroho

LATAR BELAKANG

Indostation Mobile adalah penyedia layanan SPBU mini dan suku cadang sepeda motor yang telah menjadi salah satu usaha kerjasama bagi hasil yang mendukung UMKM dalam bidang otomotif, terutama sepeda motor. Indostation Mobile tersebar di berbagai daerah dan telah menjadi pilihan bagi banyak pengguna kendaraan bermotor.

TUJUAN

Menganalisis sistem antrian di Mobil Indostation Warukkalong dan meningkatkan performa sistem antrian khususnya  waktu dalam antrian dan jumlah dalam antrian.

 

DATA DAN ASUMSI

  1. Jumlah pelanggan per hari:  50 pelanggan.
  2. Jumlah karyawan yang tersedia: 2 karyawan.
  3. Waktu pelayanan per pelanggan: Rata-rata 5 menit.
  4. Jam operasional toko: 14 jam per hari, terbagi menjadi 2 shift (1 karyawan / shift)
  5. Kedatangan pelanggan: Mengikuti distribusi Poisson.
  6. Waktu pelayanan: Mengikuti distribusi eksponensial.
  7. Rata-rata waktu tunggu: 5-10 menit

                                                   

METODOLOGI

Mengumpulkan data harian pelanggan dan waktu pelayanan di Mobil Indostation Warukkalong.

Mengamati proses pengisian bahan bakar secara langsung di Mobil Indostation Warukkalong untuk memverifikasi data.

Menggunakan model antrian Multi Channel-Single Phase yang melibatkan beberapa jalur antrian (channel) yang dialiri oleh satu fase pelayanan tunggal.

HASIL YANG DIHARAPKAN

  1. Waktu Tunggu Rata-rata: Mengurangi waktu tunggu rata-rata dari 5-10 menit menjadi kurang dari 5 menit.
  2. Menambah Mesin Pengisian: Mempercepat proses pengisian bahan bakar.
  3. Kepuasan Pelanggan: Meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan karena meningkatkan pelayanan karyawan dan mengurangi waktu tunggu.

 

SKENARIO HASIL DARI TIM OBSERVER PRODI S1 MANAJEMEN FEB UNIPMA

  1. Penambahan Mesin:

    • Menambah 1 mesin pengisian bahan bakar (total menjadi 2 mesin).
    • Hasil simulasi menunjukkan penurunan waktu tunggu rata-rata menjadi 4 menit.
  2. Penyesuaian Jam Operasional dan Shift : Membagi jam operasional dua shift dengan tambahan karyawan pada jam sibuk.

IMPLEMENTASI DAN REKOMENDASI

  • Mengoptimalkan jadwal shift karyawan untuk menyesuaikan dengan jam-jam sibuk.
  1. Menambah 1 mesin pengisian bahan bakar di Mobil Indostation Warukkalong dan mengimplementasikan 2 mesin pengisian bahan bakar.

 

KESIMPULAN

Dengan menerapkan implementasi langkah-langkah di atas diharapkan dapat mengurangi waktu tunggu rata-rata, meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, dan meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan pada sistem antrian di Mobil Indostation Warukkalong

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun