Mohon tunggu...
Wiwin Damayanti
Wiwin Damayanti Mohon Tunggu... Guru - SMP Muslimin Cililin

اَللّـٰــهُمَّ صَلِّ عَلٰى مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ مُحَمَّدٍ

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Inggris Fase D_Kurikulum Merdeka

27 Juni 2023   22:12 Diperbarui: 27 Juni 2023   22:36 10692
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pic: Buku Panduan Pembelajaran & Asesmen PAUD, Pendidikan Dasar, dan Menengah Tahun 2022 

https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/pdf/103338

MERUMUSKAN TUJUAN PEMBELAJARAN (TP) 

 

IDENTITAS

Satuan Pendidikan : SMP Muslimin Cililin

Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris

Fase                                : D

Penyusun                     : Wiwin Damayanti

Langkah 1. Memahami CP dengan Mengidentifikasi Kata-Kata Kunci pada CP yang Memuat Kompetensi dan Ruang Lingkup yang akan dipelajari

KALIMAT CP

KOMPETENSI

RUANG LINGKUP 

YANG AKAN DIPELAJARI

Pada akhir fase D, peserta didik menggunakan teks lisan, tulisan, dan visual dalam Bahasa Inggris untuk berinteraksi dan berkomunikasi dalam konteks yang lebih beragam dan dalam situasi formal dan informal. Peserta didik dapat menggunakan berbagai jenis teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, teks khusus (pesan singkat, iklan) dan teks otentik menjadi rujukan utama dalam mempelajari Bahasa Inggris di fase ini. Peserta didik menggunakan Bahasa Inggris untuk berdiskusi dan menyampaikan keinginan/perasaan. Pemahaman mereka terhadap teks tulisan semakin berkembang dan keterampilan inferensi mulai tampak ketika memahami informasi tersirat. Mereka memproduksi teks tulisan dan visual dalam Bahasa Inggris yang terstruktur dengan kosa kata yang lebih beragam. Mereka memahami tujuan dan pemirsa ketika memproduksi teks tulisan dan visual dalam Bahasa Inggris.

 

Menggunakan B. Inggris untuk berinteraksi dan berkomunikasi dalam konteks yang lebih beragam dan dalam situasi formal dan informal

  • Berdiskusi
  • Menyampaikan keinginan/perasaan
  • Menginferensi
  • Memahami informasi tersirat
  • Memproduksi
  • Memahami tujuan 
  • Teks narasi
  • Teks deskripsi
  • Teks prosedur
  • Teks khusus (pesan singkat, iklan)
  • Teks otentik
  • Ungkapan meminta dan memberi pendapat
  • Ungkapan membuat perbandingan
  • Ungkapan menyampaikan preferensi

 

**Memahami CP adalah langkah pertama yang sangat penting. Setiap pendidik perlu familiar dengan apa yang perlu diajarkan.

 

Langkah 2. Menentukan Ruang Lingkup yang akan dipelajari Lintas Kelas

RUANG LINGKUP 

YANG AKAN DIPELAJARI

DI FASE D

RUANG LINGKUP YANG AKAN DIPELAJARI DI FASE D LINTAS KELAS

KELAS 7

KELAS 8

KELAS 9

  • Teks narasi
  • Teks deskripsi
  • Teks prosedur
  • Teks khusus (pesan singkat, iklan)
  • Teks otentik (pengumuman, pemberitahuan, undangan)
  • Ungkapan meminta dan memberi pendapat
  • Ungkapan membuat perbandingan
  • Ungkapan menyampaikan preferensi
  • Teks deskripsi/ descriptive text
  • Ungkapan meminta dan memberi pendapat/ ekpressions of asking for and giving opinion
  • Teks prosedur/ procedure text
  • Teks khusus
  • Pesan singkat/ short meessage
  • Teks otentik
  • Pemberitahuan/ notice
  • Pengumuman/ announcement
  • Ungkapan membuat perbandingan/ ekpressions of making comparisons 
  • Teks narasi/ narrative text
  • Teks khusus
  • Iklan/ advertisement
  • Teks otentik
  • Undangan/ invitation
  • Ungkapan menyampaikan preferensi/ ekpressions of stating preferences

**Untuk menentukan ruang lingkup yang akan dipelajari lintas kelas harus berkolaborasi dengan pendidik satu fase (pendidik kelas 7, kelas 8, kelas 9).

 

Langkah 3. Menganalisis Kompetensi dan Lingkup Materi pada Masing-Masing Elemen CP

ELEMEN DALAM CP

KOMPETENSI

LINGKUP MATERI

Menyimak -- Berbicara

Pada akhir fase D, peserta didik menggunakan Bahasa Inggris untuk berinteraksi dan saling bertukar ide, pengalaman, minat, pendapat dan pandangan dengan guru, teman sebaya dan orang lain dalam berbagai macam konteks familiar yang formal dan informal. Dengan pengulangan dan pergantian kosa kata, pelajar memahami ide utama dan detil yang relevan dari diskusi atau presentasi mengenai berbagai macam topik yang telah familiar dan dalam konteks kehidupan di sekolah dan di rumah. Mereka terlibat dalam diskusi, misalnya memberikan pendapat, membuat perbandingan dan menyampaikan preferensi. Mereka menjelaskan dan memperjelas jawaban mereka menggunakan struktur kalimat dan kata kerja sederhana.

  • Memahami
  • Memberikan pendapat 
  • Membuat perbandingan
  • Menyampaikan preferensi
  • Menjelaskan

Gagasan utama dan unsur kebahasaaan mencakup kosa kata, struktur kalimat dan kata kerja sederhana dari topik yang telah familiar yang formal dan informal dalam konteks kehidupan di sekolah dan di rumah.

 

Membaca -- Memirsa 

Pada akhir fase D, peserta didik membaca dan merespon teks familiar dan tidak familiar yang mengandung struktur yang telah dipelajari dan kosakata yang familiar secara mandiri. Mereka mencari dan mengevaluasi ide utama dan informasi spesifik dalam berbagai jenis teks. Teks ini dapat berbentuk cetak atau digital, termasuk diantaranya teks visual, multimodal atau interaktif. Mereka mengidentifikasi tujuan teks dan mulai melakukan inferensi untuk memahami informasi tersirat dalam sebuah teks.

  • Mencari dan mengevaluasi
  • Mengidentifikasi
  • Melakukan inferensi
  • Memahami

Gagasan utama, informasi spesifik, informasi tersirat, tujuan, dan unsur kebahasaaan mencakup kosakata yang familiar dari teks cetak atau digital, teks visual, multimodal atau interaktif yang telah familiar dan tidak familiar.

Menulis -- Mempresentasikan

Pada akhir fase D, peserta didik mengomunikasikan ide dan pengalaman mereka melalui paragraf sederhana dan terstruktur, menunjukkan perkembangan dalam penggunaan kosa kata spesifik dan struktur kalimat sederhana. Menggunakan contoh, mereka membuat perencanaan, menulis, dan menyajikan teks informasi, imajinasi dan persuasi dengan menggunakan kalimat sederhana dan majemuk untuk menyusun argumen dan menjelaskan atau mempertahankan suatu pendapat.

  • Menggunakan  
  • Membuat perencanaan
  • Menulis
  • Menyajikan
  • Menyusun argumen
  • Menjelaskan/ mempertahankan suatu pendapat

Struktur dan unsur kebahasaaan mencakup kosa kata spesifik dan kalimat sederhana dan majemuk dari teks informasi, imajinasi dan persuasi. 

**Beberapa alternatif untuk merumuskan tujuan pembelajaran:
Alternatif 1. Merumuskan tujuan pembelajaran secara langsung berdasarkan CP
Alternatif 2. Merumuskan tujuan pembelajaran dengan menganalisis 'kompetensi' dan 'lingkup Materi' pada CP.
Alternatif 3. Merumuskan tujuan pembelajaran Lintas Elemen CP

 

Langkah 4. Mengelompokkan Hasil Analisis (Kompetensi & Ruang Lingkupnya)

KALIMAT CP

KOMPETENSI

RUANG LINGKUP 

Elemen Menyimak-Berbicara

Dengan pengulangan dan pergantian kosa kata, memahami ide utama dan detil yang relevan dari diskusi atau presentasi mengenai berbagai macam topik yang telah familiar dan dalam konteks kehidupan di sekolah dan di rumah.

Terlibat dalam diskusi, misalnya memberikan pendapat, membuat perbandingan dan menyampaikan preferensi.

Menjelaskan dan memperjelas jawaban menggunakan struktur kalimat dan kata kerja sederhana.

  • Memahami
  • Memberikan pendapat 
  • Membuat perbandingan
  • Menyampaikan preferensi
  • Menjelaskan

Gagasan utama dan unsur kebahasaaan mencakup kosa kata dari topik yang telah familiar yang formal dan informal dalam konteks kehidupan di sekolah dan di rumah.

Unsur kebahasaaan mencakup struktur kalimat dan kata kerja sederhana dari topik yang telah familiar yang formal dan informal dalam konteks kehidupan di sekolah dan di rumah.

 

Elemen Membaca-Memirsa

Mencari dan mengevaluasi ide utama dan informasi spesifik dalam berbagai jenis teks. Teks ini dapat berbentuk cetak atau digital, termasuk diantaranya teks visual, multimodal atau interaktif.

Mengidentifikasi tujuan teks dan mulai melakukan inferensi untuk memahami informasi tersirat dalam sebuah teks.

  • Mencari dan mengevaluasi
  • Mengidentifikasi
  • Melakukan inferensi
  • Memahami

Gagasan utama, informasi spesifik, informasi tersirat, tujuan, dan unsur kebahasaaan mencakup kosakata yang familiar dari teks cetak atau digital, teks visual, multimodal atau interaktif yang telah familiar dan tidak familiar.

  • Elemen Menulis-Mempresentasikan

Menggunakan contoh, membuat perencanaan, menulis, dan menyajikan teks informasi, imajinasi dan persuasi dengan menggunakan kalimat sederhana dan majemuk untuk menyusun argumen dan menjelaskan atau mempertahankan suatu pendapat.

  • Menggunakan  
  • Membuat perencanaan
  • Menulis
  • Menyajikan
  • Menyusun argumen
  • Menjelaskan/ mempertahankan suatu pendapat

Struktur dan unsur kebahasaaan mencakup kosa kata spesifik dan kalimat sederhana dan majemuk dari teks informasi, imajinasi dan persuasi.  

**Dalam mengelompokkan hasil identifikasi tergantung ruang lingkup materi dalam kalimat CP, dapat
mengelompokkan hasil identifikasi dengan ruang lingkup yang berbeda-beda
mengelompokkan hasil identifikasi dengan ruang lingkup yang sama 

Hasil Rumusan Tujuan Pembelajaran (TP) 

 

TUJUAN PEMBELAJARAN (TP)

 

  • Memahami ide utama dan detil yang relevan dari diskusi atau presentasi dengan pengulangan dan pergantian kosa kata mengenai berbagai macam topik yang telah familiar dalam konteks kehidupan di sekolah dan di rumah.
  • Memberikan pendapat, membuat perbandingan dan menyampaikan preferensi dalam diskusi mengenai berbagai macam topik yang telah familiar dalam konteks kehidupan di sekolah dan di rumah.
  • Menjelaskan dan memperjelas jawaban menggunakan struktur kalimat dan kata kerja sederhana dalam presentasi mengenai berbagai macam topik yang telah familiar dalam konteks kehidupan di sekolah dan di rumah.
  • Mencari dan mengevaluasi ide utama dan informasi spesifik dalam berbagai jenis teks berbentuk cetak atau digital, teks visual, multimodal atau interaktif.
  • Mengidentifikasi tujuan berbagai jenis teks berbentuk cetak atau digital, teks visual, multimodal atau interaktif dan mulai melakukan inferensi untuk memahami informasi tersirat.
  • Menggunakan contoh teks informasi, imajinasi dan persuasi, membuat perencanaan, menulis, dan menyajikan teks informasi, imajinasi dan persuasi dengan menggunakan kalimat sederhana dan majemuk untuk menyusun argumen dan menjelaskan atau mempertahankan suatu pendapat.

 

** Dalam tahap merumuskan tujuan pembelajaran ini, pendidik belum mengurutkan tujuan-tujuan tersebut, cukup merancang tujuan-tujuan belajar yang lebih operasional dan konkret saja terlebih dahulu. Urutan-urutan tujuan pembelajaran akan disusun pada tahap berikutnya, yakni menyusun alur tujuan pembelajaran (ATP).

 

Sumber:

Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah Tahun 2022        

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun