Mohon tunggu...
Urip Widodo
Urip Widodo Mohon Tunggu... Peg BUMN - Write and read every day

Senang menulis, membaca, dan nonton film, juga ngopi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Novel Kehidupan

26 Januari 2022   11:31 Diperbarui: 26 Januari 2022   11:33 208
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Peran bercinta bikin orang mabuk kepayang

Dunia ini penuh peranan

Dunia ini bagaikan jembatan kehidupan

 

...

Di atas adalah sebagian dari syair lagu 'Panggung Sandiwara' yang pernah hits ketika dinyanyikan penyanyi asal Bandung, Nicki Astria, dan grup Band God Bless dengan Ahmad Albar sebagai vokalisnya. Pengarang lagu ini memang gitaris God Bless, Ian Antono. Tapi saya tak ingin menulis tentang lagu ini atau penyanyi yang telah membuat terkenal lagu ini. Saya lebih tertarik dengan syair dari lagu ini.

Lagu ini seperti menyadarkan kita semua, bahwa hidup itu bagai panggung sandiwara. Kehidupan di dunia ibarat sebuah cerita sandiwara yang terdiri dari berbagai kisah, ada kisah sedih, ada kisah cinta, ada kisah perjuangan, ada kisah tragis, dan kisah-kisah lainnya. Kita, manusia, tentu menjadi pemainnya yang masing-masing punya peran yang harus dilakonkan.

Semoga tidak berlebihan kalau saya mengibaratkan juga kehidupan ini sebagai sebuah novel. Sebuah novel biasanya memiliki tema, premis, outline, plot, konflik, dan tentu saja ending.

Seseorang yang akan menulis novel tentu harus memiliki tema dulu. Tema apa yang akan menjadi 'garis besar' dari cerita yang akan ditulisnya. Kemudian setelah mempunyai tema, dia harus menentukan premis dan plot cerita. Setelah itu harus dibuat outline-nya sebelum ditulis narasi lengkap yang membentuk cerita. Konflik dan ending tentu harus dimunculkan, supaya cerita itu tidak membosankan.

Lalu bagaimana hubungannya dengan kehidupan kita?

Baik. Kita mulai dengan tema. Tema besar kita, manusia, hidup di dunia ini adalah 'beribadah kepada Allah SWT', sebagaimana firman-Nya dalam surat Adz-Dzariyat ayat ke-56.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun