Mohon tunggu...
Udur Delima Sitorus
Udur Delima Sitorus Mohon Tunggu... Guru - Guru TK ELSADAI Batam

Saya seorang Guru TK yang menggeluti dunia pendidikan sejak 2006 dan sedang melaksanakan pembelajaran PPG Dalam Jabatan Kategori 1 Tahun 2022 Universitas Negeri Manado Artikel ini saya buat untuk memenuhi tugas PPG Dalam Jabatan di Universitas Negeri Manado

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Laporan Penyusunan Best Practices

3 Oktober 2022   20:21 Diperbarui: 9 Oktober 2022   19:25 272
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN KELOMPOK B DI TK ELSADAI BATAM KEPULAUAN RIAU

DISUSUN OLEH : 

                              

NAMA                         : UDUR DELIMA SITORUS, S.PD

NO UKG                  : 201502737234

KELOMPOK          : 1

PRODI                     : PPG DALJAB Angkatan 1(PGPAUD)

 

LEMBAR PENGESAHAN

"UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN KELOMPOK B DI TK ELSADAI KEPULAUAN RIAU BATAM

 

DISUSUN OLEH :

 

UDUR DELIMA SITORUS, S.PD

NO.UKG : 201502737234

 

          Dosen Pembimbing                                                                 Guru Pamong                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              

 

 Drs. Eduard J Lengkong, M.Pd                                        ANNEKE FANY KESEK,S.Pd

 

 

                                                            Mengetahui,

 

 

                                                Udur Delima Sitorus, S. Pd

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur,saya panjatkan kepada Tuhan Yesus,atas berkat dan Anugerah --Nya sehingga saya dapat menyelesaikan penulisan PTK dengan judul " UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN KELOMPOK B DI TK ELSADAI KEPULAUAN RIAU BATAM"

Penulisan Proposal ini bertujuan untuk memenuhi sebagian pengumpulan tugas program pendidikan profesi guru dalam jabatan.Proposal PTK ini mengkaji tentang penerapan model pembelajaran Problem Based Learning .

Saya menyadari sepenuhnya dalam penyusunan proposal PTK ini masih jauh dari sifat sempurna,oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan dan kemajuan penulisan Proposal PTK dimasa yang akan datang.

Terima kasih untuk semua pihak yang sudah membantu secara moril dan materil dalam penyusunan Proposal PTK ini

Semoga Tuhan Yesus senantiasa melimpahkan rahmat dan kasih karunia-Nya selalu.      

                                                                                                            

                                                                                                 Batam, 16 September 2022

 

 

                                                                                                Udur Delima Sitorus,S.Pd

 

 

DAFTAR ISI

LEMBAR PENGESAHAN.. 2

KATA PENGANTAR.. 3

DAFTAR ISI. 4

BAB I. 6

A. Latar Belakang Masalah. 6

B. RUMUSAN MASALAH.. 10

C. TUJUAN PENELITIAN.. 10

D. MANFAAT PENELITIAN.. 10

E. HIPOTESIS TINDAKAN.. 10

BAB II. 11

PELAKSANAAN PENELITIAN.. 11

A. Tempat Penelitian. 11

B. Waktu Penelitian. 11

C. Subjek Penelitian. 11

D. Prosedur Penelitian. 11

E.Pengumpulan Data. 11

F.Instrumen Penelitian. 11

BAB III. 12

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.. 12

A. Hasil Penelitian. 12

B. Pembahasan. 12

BAB IV.. 13

KESIMPULAN.. 13

DAFTAR PUSTAKA.. 14

                              

"UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN KELOMPOK B DI TK ELSADAI BATAM KEPULAUAN RIAU "

UDUR DELIMA SITORUS,S.PD

NO UKG : 201502737234

 

ABSTRAK

 

"Penelitian yang berjudul UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DI TK ELSADAI BATAM KEPULAUAN RIAU" ini bertujuan untuk mendapatkan informasi sejauh mana peningkatan pemahaman siswa dengan metode problem based learning.Adapun masalah dengan penelitian ini yakni "Adakah peningkatan kemampuan berbahasa anak dengan metode problem based learning pada kegiatan bermain peran .Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa TK B Elsadai tahun pelajran 2022/2023 yang berjumlah 12 siswa,terdiri dari 7 siswa laki- laki dan 5 siswa perempuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi yang dilakukan selama penelitian pada siklus 1 dan siklus II sedang berlangsung.Berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan,maka dapat diambil kesimpulan bahwa melalui kegiatan bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak .Peneliti mengharapkan untuk penelitian berikutnya agar dapat memilih metode yang tepat untuk mendukung terhadap materi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak .

Kata kunci : Bermain peran (Role Playing),meningkatkan bahasa anak

 

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Pendidikan Anak usia Dini menurut Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 angka 14 menyatakan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Pendidikan usia dini merupakan upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian stimulus pendidikan agar membantu perkembangan,pertumbuhan baik jasmani maupun rohani sehingga anak memiliki kesiapan memasuki pendidikan lebih lanjut.Pendidikan anak usia dini juga merupakan pendidikan formal pada masa ini sering disebut masa golden age.

Hasil penelitian mengemukakan bahwa pertumbuhan sel jaringan otak anak usia 0-4 Tahun mencapai 50% sehingga usia 8 tahun mencapai 80 persen,sebagai masa emas (golden age) yang hanya terjadi dalam perkembangan kehidupan manusia.Seiring dengan kebutuhan orang tua untuk mendidik anak- anak sejak dini,maka saat ini banyak bermunculan lembaga --lembaga pendidikan bagi anak sejak dini.Lembaga- lembaga pendidikan bagi anak sejak dini ini mengembangkan 3 fungsi yakni sebagai menumbuhkan potensi kecerdasan anak,menanamkan nilai- nilai agama dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki anak.

Bahasa merupakan "tanda atau symbol --simbol dari benda-benda serta menunjuk pada maksud-maksud tertentu".Kata-kata kalimat,selalu menampilka arti-arti tertentu.Sehubungan dengan arti symbol  bahsa dipakai juga sebagai alat untuk menghayati pengertian-pengertian dan peristiwa di masa lampau,masa kini dan masa yang akan datang.Oleh karena itu bahasa sangat besar artinya untuk anak- anak sebagai alat bantu.Karena itu keterampilan membaca,menulis dan berhitung tidak dilakukan secara klasikal,guru harus mampu menandai anak yang telah siap untuk menerima pengajaran yang lebih tinggi dan mampu yang bersifat individu atau kelompok kecil karena tidak semua anak mengalami tingkat perkembangan yang sama dan bila dipaksa dapat merugikan perkembangan anak selanjutnya.

Bahasa juga mempunyai arti sebagai alat komunikasi antar manusia baik secara lisan,maupun isyarat.bahasa merupakan symbol-simbol yang disepakati dalam komunitas masyarakat.Pengembangan bahasa untuk usia 5-6 tahun difokuskan pada 4 Aspek yakni menyimak,berbicara,membaca dan menulis.

Dengan menggunakan bahasa untuk berkomunikasi dengan orang lain anak akan mendapatkan banyak sekali kosa kata,sekaligus juga mengekspresikan dirinya,anak akan belajar sebagaimana berpartisipasi dalam suatu percakapan dan menggunakan bahasa untuk memecahkan masalah.Oleh karena itu,meningkatkan bahasa anak usia dini lebih ditekankan pada menyimak,berbicara,membaca dan menulis

Maka dari itu peneliti membahas masalah tentang kurangnya penguasaan anak dalam membaca.Dimana penelitian ini dilaksanakan di TK ELSADAI Batam Kepulauan Riau.Berdasarkan hasil observasi kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelompok B di TK ELSADAI Batam Kepulauan Riau , kemampuan berbahasa anak masih rendah.Hal itu dikarenakan beberapa factor diantaranya :Guru kurang memberikan materi pembelajaran yang menarik,bahasa yang digunakan sulit dipahami anak,alat peraga yang digunakan dalam proses pembelajaran yang kurang sesuai,pemilihan pendekatan atau media pembelajaran yang kurang efektif,anak kesulitan dalam mengeja huruf demi huruf,serta kurangnya sarana prasarana sekolah dan guru dalam meningkatkan literasi membaca.

Berdasarkan hasil observasi tersebut diatas,perlu diadakan suatu inovasi pembelajaran yang dapat membuat anak lebih tertarik dalam pembelajaran melalui hal yang mereka sukai dalam hal ini saya menggunakan media Bermain peran dan Kartu kata serta tanya jawab untuk meningkatkan kemampuan membaca awal anak.

Bermain peran atau role play adalah salah satu metode yang dapat digunakan orangtua untuk mengajarkan prinsip penting di dalam kehidupan, seperti kasih sayang, kebaikan, belas kasihan, hingga keamanan kepada anak usia dini.

Ada banyak contoh role play yang bisa dilakukan bersama anak di rumah, misalnya skenario jual dan beli, di mana si kecil berperan sebagai penjual dan orangtua sebagai pembelinya.

Kegiatan bermain peran juga memiliki manfaat Yang besar terutama untuk menunjang perkembangan bahasa anak,karena dengan bermain peran menyediakan waktu dan ruang bagi anak untuk berinteraksi dengan orang lain,mereka saling berbicara,mengeluarkan pendapat,bernegoisasi dan menemukan jalan tengah bagi setiap persoalan yang muncul tanpa harus merasa malu.Bahkan kemampuan keaksaraan juga berkembang misalnya berpura pura menulis resep obat ketika bermain peran sebagai dokter atau berpura-pura menulis menu makanan ketika berperan sebagai pelayan restoran dan berpura-pura menghitung pada saat bermain sebagai kasir.

6 Manfaat Bermain Peran Bagi Anak Usia Dini

Bermain peran lebih dari sekadar aktivitas yang menyenangkan bagi orangtua dan anak. Manfaat bermain peran untuk anak usia dini dianggap penting untuk meningkatkan keterampilan yang ia butuhkan selama masa tumbuh kembang.

Tidak heran kalau sebagian terapis anak kerap merekomendasikan bermain peran untuk membantu anak-anak melewati situasi sulit atau bahkan dalam perawatan kondisi medis seperti autisme. Berikut adalah sejumlah manfaat bermain peran untuk anak usia dini.

1. Mengasah kreativitas dan imajinasi

Bermain peran adalah metode pembelajaran yang dipercaya memiliki fungsi penting untuk keterampilan kognitif dan kreativitas anak. Sebab, aktivitas ini mampu melatih otak anak untuk menggunakan imajinasi sejak usia dini.

Saat kreativitas dan imajinasi anak terasah, kemampuan anak dalam memecahkan masalah pun dianggap meningkat.

Tidak hanya itu, imajinasi yang baik dapat membantu anak untuk menikmati buku, merencanakan hal-hal yang menyenangkan di dalam kehidupannya, hingga memahami sudut pandang orang lain tentang berbagai aspek kehidupan.

2. Meningkatkan kemampuan berbahasa dan komunikasi

Manfaat bermain peran untuk anak selanjutnya adalah meningkatkan kemampuan berbahasa dan komunikasi.

Misalnya, saat anak berpura-pura menjadi superhero favoritnya, ia akan mengucapkan berbagai kalimat yang diucapkan oleh superhero tersebut.

Permainan ini menjadi kesempatan anak untuk menghafal dan memahami kosakata baru yang nantinya dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Saat sedang mengucapkan kata-kata baru ini, si kecil dapat meningkatkan rasa percaya dirinya dengan komunikasi.

Tidak hanya itu, anak-anak dianggap bisa lebih berhati-hati dalam memilih kata-kata yang akan mereka gunakan saat bermain peran. Mereka juga dapat belajar untuk mendengar apa yang orang lain utarakan.

3. Mengembangkan kemampuan sosial dan emosional

Anak-anak cenderung mencari cara untuk berinteraksi dengan orang lain saat bermain peran. Mereka dapat mencontoh peran seseorang atau tokoh favoritnya untuk berinteraksi dengan orang lain.Situasi ini memungkinkan anak untuk berempati dan memahami orang lain yang sedang berinteraksi dengannya. Dengan begitu, ia mampu mengembangkan kemampuan sosial dan emosionalnya sehingga bisa mengontrol perilakunya.

4. Belajar untuk menyelesaikan sebuah konflik

Jangan salah, manfaat bermain peran juga penting untuk mengajarkan anak dalam menyelesaikan sebuah konflik.

Misalnya, saat anak sedang bermain peran dengan orang lain, di mana ia dan teman-temannya berusaha untuk menentukan siapa yang menjadi tokoh protagonis dan siapa yang mau menjadi antagonis.

Bersama dengan teman-temannya, si kecil dapat mencari solusinya bersama agar tidak ada konflik di antara mereka. Hal ini juga bisa mengajarkan anak tentang kerja sama.

5. Memberikan rasa tenang pada anak

Dilansir dari PBC Expo, bermain peran diyakini bisa memberikan efek tenang dan mampu meredakan perasaan stres yang ada di dalam pikiran anak.

Ini juga menjadi salah satu alasan mengapa terapis anak kerap menggunakan metode bermain peran saat sedang bersama dengan pasiennya.

6. Meningkatkan perkembangan fisik anak

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan emosional anak, ternyata bermain peran juga bisa menguntungkan perkembangan fisiknya.

Misalnya, saat anak berpura-pura menjadi pahlawan favoritnya, ia dapat berlari untuk menyelamatkan adiknya yang berpura-pura membutuhkan pertolongan. Hal ini dapat memotivasi anak untuk lebih aktif secara fisik.

Tidak hanya itu, berbagai aktivitas fisik yang dilakukan selama bermain peran juga dianggap mampu meningkatkan kemampuan motorik dan koordinasi mata anak.

Metode role playing di sekolah

Tidak hanya di kehidupan sehari-hari saja, ternyata role play juga bisa diaplikasikan sebagai metode pembelajaran di institusi pendidikan.

Pengertian role playing di dunia pendidikan adalah metode yang digunakan murid untuk mengeksplor situasi realistis sambil berinteraksi dengan murid lain dengan cara yang sudah ditentukan. Aktivitas ini diharapkan dapat membuat anak-anak di kelas bisa merasakan secara langsung apa yang sedang ia perankan.

Bahasa merupakan "tanda atau symbol --simbol dari benda-benda serta menunjuk pada maksud-maksud tertentu".Kata-kata kalimat,selalu menampilka arti-arti tertentu.Sehubungan dengan arti symbol  bahsa dipakai juga sebagai alat untuk menghayati pengertian-pengertian dan peristiwa di masa lampau,masa kini dan masa yang akan datang.Oleh karena itu bahasa sangat besar artinya untuk anak- anak sebagai alat bantu.

Oleh karena itu meningkatkan bahasa anak usia dini lebih ditekankan pada menyimak,berbicara,membaca dan menulis.Kegiatan bermain peran juga memiliki manfaat Yang besar terutama untuk menunjang perkembangan bahasa anak,karena dengan bermain peran menyediakan waktu dan ruang bagi anak untuk berinteraksi dengan orang lain,mereka saling berbicara,mengeluarkan pendapat,bernegoisasi dan menemukan jalan tengah bagi setiap persoalan yang muncul tanpa harus merasa malu.Bahkan kemampuan keaksaraan juga berkembang misalnya berpura pura menulis resep obat ketika bermain peran sebagai dokter atau berpura-pura menulis menu makanan ketika berperan sebagai pelayan restoran dan berpura-pura menghitung pada saat bermain sebagai kasir.

Bahasa juga mempunyai arti sebagai alat komunikasi antar manusia baik secara lisan,maupun isyarat.bahasa merupakan symbol-simbol yang disepakati dalam komunitas masyarakat.Pengembangan bahasa untuk usia 5-6 tahun difokuskan pada 4 Aspek yakni menyimak,berbicara,membaca dan menulis.Dengan menggunakan bahasa untuk berkomunikasi dengan orang lain anak akan mendapatkan banyak sekali kosa kata,sekaligus juga mengekspresikan dirinya,anak akan belajar sebagaimana berpartisipasi dalam suatu percakapan dan menggunakan bahasa untuk memecahkan masalah.Oleh karena itu,meningkatkan bahasa anak usia dini lebih ditekankan pada menyimak,berbicara,membaca dan menulis.

Berkaitan dengan perkembangan bahasa pada anak,masih banyak permasalahan yang dihadapi anak TK di TK ELSADAI,Kepulauan Riau Batam.Sehingga perkembangan bahasa yang dimiliki anak-anak dapata dikatakan belum berkembang secara maksimal,diantaranya masih banyak anak-anak yang belum mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan ,lebih banyak diam,dan beberapa anak belum mengenal konsep huruf,sehingga anak tersebut belum dapat mengelompokkan kata-kata yang sama,serta ketika anak --anak diminta untuk maju kedepan kelas untuk bernyanyi atau mengungkapkan pendapat atau bercerita tentang kegiatannya hari itu masih pada diam saja.

Berdsarkan latar belakang masalah,hasil wawancara dengan metode bermain peran dengan hasil dokumentasi tentang kemampauan berbahasa anak,maka penulis tertarik untuk mengetahui bagaimana penerapan metode bermain peran dalam meningkatkan bahasa anak pada TK ELSADAI ,Kepulauan Riau Batam.

B. RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan latar belakang masalah tersebut diatas,rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana penerapan metode bermain peran untuk meningkatkan kemampuan Berbahasa pada anak usia dini pada kelompok B TK ELSADAI,Batam Kepulauan Riau?

C. TUJUAN PENELITIAN

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak  melalui bermain peran pada kelompok B TK ELSADAI Kepulauan Riau Batam.

D. MANFAAT PENELITIAN

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat  bagi anak yaitu memberi semangat pada anak agar dapat mengembangkan kemampuan berbahasa,dan juga dapat mengembangkan keterampilan sosialnya,khususnya bermain yang memakai aturan dan sabar menunggu giliran.Manfaat bagi guru,yaitu pelaksanaan penelitian ini dapat melatih keterampilan sosial anak,juga dapat memanfaatkan kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan aspek perkembangan lain.

E. HIPOTESIS TINDAKAN

Berdasarkan kerangka berpikir,maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah keterampilan berbahasa dapat ditingkatkan dengan bermain peran pada kelompok B di TK ELSADAI Batam Kepulauan Riau

BAB II

PELAKSANAAN PENELITIAN

A. Tempat Penelitian

Subjek penelitian ini adalah semua anak kelompok B Taman Kanak -- kanak ELSADAI Batam Kepulauan Riau.

B. Waktu Penelitian

Penelitian dilaksanakan  di TK ELSADAI Pada bulan Juli sampai bulan Agustus 2022.

C. Subjek Penelitian

Subjek penelitian ditetapkan pada anak  TK ELSADAI Batam Kepulauan Riau dengan jumlah anak 12,terdiri dari 7 Laki-laki dan 5 Perempuan.Hal ini mendorong peneliti dengan menerapkan sebuah permainan dalam upaya meningkatkan kemampuan berbahasa anak.

D. Prosedur Penelitian

Penelitian ini dilakukan melalui prosedur penelitian yang melalui kegiatan perencanaan,tindakan,pengamatan dan refleksi.

E.Pengumpulan Data

Tehnik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah observasi,wawancara,dokumentasi dan catatan lapangan.

F.Instrumen Penelitian

Instrumen yang digunakan pada penelitian ini meliputi:

1. Lembar observasi yang berisi tentangcatatan hasil pelaksanaan kegiatan mengenai bermain peran yang sesuai dengan indicator yang dicapai.

2. Lembar observasi yang digunakan untuk mencatat pengamatan setiap kali melakukan tindakan.

3. Lembar observasi yang berisi tentang catatan pelaksanaan metode meningkatkan kemampuan berbahasa.

4. Lembar catatan lapangan yang digunakan untuk mencatat semua kejadian diluar perencanaan atau pencatatan permasalahan yang muncul pada waktu dilaksanakan kegiatan.

BAB III

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A. Hasil Penelitian

Dari hasil penelitian,yang dilakukan  pada hari Selasa 26 Juli 2022 menunjukkan bahwa terjadi peningkatan bahasa anak melalui kegiatan Bermain Peran di TK ELSADAI Batam Kepulauan Riau.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan Bermain Peran dapat meningkatkan kemampuan Bahasa anak.Anak merasa senang dan tertarik dalam pembelajaran,karena peneliti menggunakan media atau alat peraga yang menarik minat anak sehingga pembelajaran dapat tercapai.

B. Pembahasan

Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan  dapat dikatakan bahwa kemampuan berbahasa dengan bermain peran dapat meningkatkan kemampuan Berbahasa anak dapat meningkat,

BAB IV

KESIMPULAN

Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan maka ditarik kesimpulan sebagai berikut:

1.Dengan bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak di TK ELSADAI Batam Kepulauan Riau.

2. Variasi pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam peningkatan kemampuan Berbahasa melalui Bermain peran.

DAFTAR PUSTAKA

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.58 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Departemen Pendidikan Nasional 2003,Modul Pembuatan dan Penggunaan APE (Alat permainan Edukatif) Anak Usia Dini 3-6 Tahun(Jakarta DEPDIKNAS,2003)

www.sehatq .com 6 manfaat Bermain peran (Role play) yang penting untuk perkembangan anak

Martinis Yamin dan Jamilah Sabri Sanan,Panduan Pendidikan Anak Usia Dini PAUD,Jakarta:Gunung Persada,2011,h.i

Dhieni,Nurbiana.Metode Pengembangan Bahasa . Jakarta Universitas Terbuka 2011.H.27

Winda dan azizah muis,modul paud,Jakarta:universitas negeri Jakarta.2008.h.231

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
  15. 15
  16. 16
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun