PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN PIDATO PERSUASIF MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING Â PADA KELAS IX B Â SMP NEGERI Â 1 SONGGOM TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Oleh: Takwid
ABSTRAK
Kemampuan siswa yang masih rendah dalam menelaah struktur dan kebahasaan pidato persuasif dilatarbelakangi oleh beberapa hal berikut : Motivasi siswa yang masih kurang dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan pidato persuasif. Guru belum dapat memilih model atau media pembelajaran yang manarik perhatian siswa, dan Guru kurang memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran.Â
Dalam praktik ini, guru menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning karena model Problem Based Learning cocok dalam pelaksanaan belajar-mengajar aktif khususnya dalam melakukan menelaah struktur dan kebahasaan pidato persuasif oleh siswa tingkat SMP. Model Problem Based Learning mengambil pola alih tutur yaitu siswa melakukan suatu kegiatan belajar dengan cara bekerja sama dengan siswa lain untuk mencapai tujuan bersama dan guru menjadi fasilitator.Â
Guru melakukan pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan pidato persuasif . Model  Problem Based Learning sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan pidato persuasif pada siswa. Melalui model Problem Based Learning, pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan pidato persuasif lebih berkesan bagi siswa. Pembelajaran terasa lebih menarik, membuat siswa aktif, dan lebih antusias mengikuti pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan pidato persuasif. Selain itu, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Siswa dapat memperoleh nilai di atas KKM. Dengan demikian, model  Problem Based Learning yang  digunakan guru dalam pembelajaran ini memiliki dampak yang positif bagi hasil belajar siswa yaitu dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan pidato persuasif.
Kata kunci : Struktur dan Kebahasaan Pidato, Model Problem Based Learning
A. Pendahuluan
1. Latar Belakang
Kemampuan siswa yang masih rendah dalam menelaah struktur dan kebahasaan pidato persuasif dilatarbelakangi oleh beberapa hal berikut:
- Motivasi siswa yang masih kurang dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan pidato persuasif.
- Guru belum dapat memilih model atau media pembelajaran yang manarik perhatian siswa.
- Guru kurang memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran.
2. Alasan praktik perlu dibagikan
Praktik ini penting untuk dibagikan karena model yang digunakan guru telah terbukti efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam menelaah struktur dan kebahasaan pidato persuasif. Dalam praktik ini, guru menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pola alih tutur  karena model ini  cocok dalam pelaksanaan belajar-mengajar aktif khususnya dalam melakukan menelaah struktur dan kebahasaan pidato persuasif.
Model  Problem Based Learning mengambil pola alih tutur  yaitu siswa melakukan suatu kegiatan belajar dengan cara bekerja sama dengan siswa lain untuk mencapai tujuan bersama. Siswa aktif menyelidiki dan memecahkan masalah. Pola alih tutur menggambarkan transisi dari pembelajaran konvensional ke pendekatan PBL yang lebih berpusat pada siswa.